in

Mengenal 9 Negara Eropa Barat Yang Kaya Dan Makmur

Negara Eropa Barat  – Apa yang terbesit di pikiran Grameds jika membicarakan mengenai Benua Eropa? Tidak menutup fakta kalau setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda ketika membahas benua dengan julukan Benua Biru ini, mengingat Benua Eropa memang dikenal oleh banyak hal.

Bagi penggemar olahraga khususnya sepak bola, Benua Eropa dianggap menjadi benua yang memiliki peradaban sepak bola paling maju. Wajar saja, mengingat banyak pemain sepak bola  hebat yang dihasilkan dari benua ini. Kepopulerannya juga merata dari satu negara ke negara lainnya.

Ada juga yang mungkin menganggap kalau Benua Eropa merupakan benua dengan ciri khas seni dan arsitektur yang memukau. Ini juga wajar, terlebih jika Grameds mengetahui banyaknya seniman di masa lampau yang membuat benua ini kaya akan keanekaragaman seni khas.

Sementara itu, dari sisi ekonomi, Benua Eropa juga dianggap jauh lebih maju dibandingkan benua lainnya. Grameds bisa mencoba membandingkan sendiri perekonomian negara-negara di Benua Eropa dengan negara-negara yang ada di benua lain.

Negara Eropa Barat

Berbicara mengenai majunya perekonomian di sejumlah negara di Benua Eropa, harus diakui kalau banyak dari negara tersebut yang merupakan bagian dari negara Eropa Barat. Apa yang sebenarnya dimaksud dengan istilah “negara Eropa Barat”?

Sebenarnya, istilah ini mengacu kepada letak geografis di mana negara-negara ini berada. Jadi, Grameds bisa simpulkan kalau negara Eropa Barat adalah negara-negara yang berlokasikan di wilayah barat Benua Eropa. Namun, jika berbicara lebih mendetail lagi, maka definisinya tidak akan sesederhana itu.

Di masa lampau, seluruh negara yang masuk ke dalam kategori “negara Eropa Barat” tidak hanya dikategorikan karena letak geografis saja. Selain letak geografis, pengkategorian ini tidak bisa lepas dari sejarah panjang Benua Eropa yang melibatkan perbedaan ideologi, agama, dan paham dari negara-negara ini.

Sampai sekarang pun, masih ada pandangan berbeda mengenai mana negara yang masuk ke dalam kategori negara Eropa Barat. Terdapat beberapa skema pengkategorian negara-negara Eropa Barat yang masing-masing dikeluarkan dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), Central Intelligence Agency (CIA) dari Amerika Serikat (AS) dan Euro Voc, yaitu sejenis kamus multilingual untuk negara-negara di Eropa.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas negara-negara yang ada di Eropa Barat berdasarkan pengkategorian dari PBB. Informasi dari PBB menyatakan kalau ada 9 negara Eropa Barat, yakni Austria, Belanda, Belgia, Jerman, Liechtenstein, Luksemburg, Monako, Prancis dan Swiss.

Apa saja yang akan dibahas pada artikel ini? Pada dasarnya selain kondisi perekonomian negara-negara ini, Grameds juga akan mempelajari beberapa hal menarik yang bisa ditemukan dari negara-negara ini mulai dari sejarah, kultur, hiburan sampai dengan lokasi wisata.

Harapannya, pengetahuan Grameds mengenai beberapa bidang ilmu seperti geografi, ekonomi dan ilmu pengetahuan umum khususnya dalam topik Eropa Barat bisa semakin bertambah. Siapa tahu, kalian suatu saat nanti bisa menerapkan apa yang kalian pelajari setelah membaca artikel ini.

Jika Grameds tertarik untuk mempelajari negara-negara tidak hanya negara Eropa Barat, melainkan juga negara-negara Eropa secara keseluruhan, beberapa buku yang bisa kalian baca adalah buku “Cerdas Keliling Eropa“, buku “Sepuluh Hari Keliling Eropa” dan buku “Asal Usul Peradaban Dan Sejarah Eropa“.

 

 

Semua buku tersebut adalah buku persembahan dari kami, Gramedia, #SahabatTanpaBatas. Selain buku-buku di atas, kalian juga bisa menemukan buku-buku dan artikel lain sesuai dengan minat dan ketertarikan kalian di situs kami yakni gramedia.com.

1. Austria

Wikipedia

Negara pertama yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah Austria. Tahukah Grameds kalau Austria sebenarnya merupakan negara tempat kelahiran Adolf Hitler, salah satu pemimpin paling buruk dalam sejarah yang meletupkan Perang Dunia II?

Terlepas dari fakta tersebut, mayoritas orang menganggap kalau Jerman-lah yang berperan besar dalam salah satu peristiwa paling kelam dalam sejarah peradaban manusia ini. Meskipun demikian, saat ini baik Austria dan Jerman sudah berusaha sebaik mungkin melepas masa lalu kelam mereka.

Kembali ke topik Austria, negara ini dianggap sebagai salah satu negara paling kaya tidak hanya di Eropa, melainkan juga di dunia. Mereka bahkan sempat menyentuh posisi 14 sebagai negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia pada tahun 2009.

Layaknya sejumlah negara Benua Eropa lainnya, Austria mempunyai banyak industri di bidang teknologi dan manufaktur sebagai penopang ekonomi terbesar di negara tersebut. Beberapa benda yang mereka ekspor ke negara lain yaitu sparepart kendaraan, mesin pembuatan dan juga olahan logam.

2. Belanda

belandaWikipedia

Sebagian besar dari Grameds mengenal Belanda dengan sebutan “Negara Bunga Tulip”, mengacu kepada asal-muasal lokasi kali pertama Bunga Tulip ditemukan. Yang menarik, para sejarawan mengungkapkan kalau Bunga Tulip ternyata berasal dari Turki atau di masa itu, dikenal dengan sebutan Kerajaan Ottoman.

Hal menarik lain dari Belanda adalah fakta kalau banyak dari tempat-tempat di Belanda yang berada di bawah permukaan laut. Beberapa pantai di Belanda misalnya, rata-rata memiliki kedalaman di 6 meter sampai 7 meter di bawah permukaan laut. Ibukota Belanda, Amsterdam, juga bahkan berada di 2 meter permukaan laut.

Berbicara mengenai perekonomian Belanda, per tahun 2022 ini, Belanda berada di urutan ke-15 dalam total pendapatan per kapita. Lagi-lagi sektor industri dan manufaktur lah yang menjadi sumber utama penghasilan negara ini sekaligus sektor yang paling banyak menyerap lapangan kerja.

Selain benda-benda seperti mesin-mesin dan sparepart mobil, Belanda juga mengekspor sejumlah benda di luar sektor teknologi seperti olahan makanan dan juga olahan minyak bumi. Belanda juga banyak bekerjasama dengan negara-negara besar lain dalam ekspor barang seperti Jerman, Inggris dan Amerika Serikat.

3. Belgia

BelgiaWikipedia

Belgia adalah negara yang dikenal oleh banyak orang sebagai penghasil cokelat terlezat di dunia. Di sana bahkan terdapat sebuah perusahaan bernama “Belgian Chocolate” atau Cokelat Belgia dalam Bahasa Indonesia, yang sudah memproduksi cokelat sejak abad ke-19.

Belgian Chocolate sendiri sudah menjadi identitas negara dan merupakan bagian penting dari kultur negara Belgia. Keberadaan Belgian Chocolate menjadi salah satu daya tarik negara Eropa Barat ini dan bahkan juga berperan besar dalam pertumbuhan perekrutan khususnya di sektor pangan dan sektor pariwisata.

Lalu, apakah sektor pangan dan sektor pariwisata merupakan sektor terbesar di Belgia? Jawabannya adalah iya dan tidak. Jika berbicara mengenai sektor terbesar di Belgia, sebenarnya sektor tersebut adalah sektor teknologi, industri dan manufaktur layaknya negara-negara Benua Eropa lainnya.

Namun, Belgia mempunyai beragam benda yang menjadi bahan ekspor seperti bahan dasar pakaian, produk kimia, olahan logam dan tentunya, produk makanan. Tidak heran hingga saat ini, Belgia duduk di posisi ke-18 sebagai negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia.

4. Jerman

JermanWikipedia

Selain penjelasan mengenai Adolf Hitler yang sudah kita singgung pada pembahasan Negara Austria, apalagi hal-hal menarik yang Grameds ketahui soal Jerman? Di sini, jawaban dari kalian mungkin akan beragam karena banyak topik menarik yang bisa kita bahas soal Jerman.

Mulai dari kultur olahraga yang melekat dalam diri masyarakatnya, stereotip mengenai kecintaan mereka terhadap bir sampai-sampai membuat sebuah festival bir terbesar di dunia bernama Oktoberfest, sampai dengan kemajuan teknologi dan manufaktur mereka, banyak hal yang bisa dikaitkan dengan Jerman.

Berbicara mengenai teknologi dan manufaktur, bisa disimpulkan kalau sektor tersebut lah yang menjadi sektor terkuat negara ini. Mereka banyak mengekspor produk-produk kendaraan bermotor dan mesin-mesin ke sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Cina dan Inggris.

Perlu diketahui juga bahwa pasca Perang Dunia II, Jerman mengalami keterpurukan ekonomi yang amat buruk. Namun, perlahan tapi pasti mereka bisa membangun perekonomian negara tersebut dari awal dan kini, mereka dikenal sebagai salah satu negara adidaya di dunia.

5. Liechtenstein

LiechtensteinWikipedia

Dibandingkan dengan negara-negara yang sebelumnya kita bahas, Liechtenstein merupakan salah 2 negara Eropa Barat terkecil bersama dengan Monako yang akan kita bahas nanti. Namun, negara ini merupakan salah satu negara terkaya tidak hanya di Benua Eropa, melainkan juga di dunia.

Beberapa sumber penelitian menyatakan bahwa Liechtenstein merupakan negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia. Apa yang membuat negara dengan luas yang hanya mencapai ¼ luas Kota Jakarta, namun kekayaannya bisa sebanyak itu?

Salah satu alasannya mungkin terletak pada fakta kalau banyak dari penduduk Liechtenstein yang bekerja di luar negara mereka seperti Swiss, Jerman dan Austria. Pendapatan penduduk yang bekerja di negara lain dengan upah lebih besar ini tentunya juga akan mendongkrak pendapatan negara.

Namun, sumber penghasilan Liechtenstein tidak sampai di situ saja. Mereka juga memiliki sektor industri dan sektor teknologi yang amat baik. Mayoritas penduduk yang tinggal di dalam negara ini bekerja di sektor tersebut dan banyak mengekspor benda-benda seperti peralatan elektronik, sparepart kendaraan atau jenis teknologi lainnya.

6. Luksemburg

LuksemburgWikipedia

Apa yang Grameds ketahui soal Luksemburg? Jika ada pertanyaan tersebut, mungkin tidak banyak yang bisa menjawabnya mengingat Luksemburg bukanlah negara dengan spesialisasi atau keunikan khusus yang membuat mereka bisa dengan mudah diingat.

Meskipun demikian, Luksemburg, layaknya Liechtenstein di atas, ternyata juga masuk ke dalam daftar negara terkaya di dunia. Pendapatan per kapita mereka adalah yang tertinggi ke-2 di bawah Liechtenstein. Ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai kekayaan negara Luksemburg.

Sektor yang paling berkembang di negara ini selain sektor industrinya adalah sektor jasa. Luksemburg mempunyai sektor jasa seperti teknologi telekomunikasi dan perbankan yang amat berkembang di dalamnya, membuat negara ini banyak mendapatkan keuntungan dari sektor ini.

Selain itu, Luksemburg juga mempunyai banyak benda yang mereka bisa ekspor ke negara lain. Benda-benda ini umumnya merupakan bahan dasar seperti besi dan alumunium, karet dan kaca. Luksemburg banyak mengekspor benda-benda ini ke negara maju lainnya macam Jerman, Belgia dan Belanda.

7. Monako

MonakoWikipedia

Satu hal yang paling mencolok dari Monako adalah fakta kalau negara ini mempunyai bendera nasional yang sama dengan Indonesia. Dan faktanya, bendera nasional Monako sudah diterapkan sejak tahun 1881 oleh Raja Charles III, jauh lebih dulu sebelum Indonesia memakai bendera merah-putih ini.

Mungkin yang membedakan antara bendera Monako dan bendera Indonesia ini adalah proporsi bendera serta warnanya. Proporsi bendera Monako adalah 4:5 sehingga lebih membentuk kotak, sementara proporsi bendera Indonesia lebih lebar yaitu 2:3. Warna merah pada bendera Monako juga lebih gelap dibandingkan warna merah dalam bendera Indonesia.

Terlepas dari kesamaan warna bendera, perekonomian Monako dan perekonomian Indonesia dapat dikatakan bagaikan langit dan bumi. Tahun 2015 lalu saja, Monako sempat berada di posisi kedua sebagai negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia.

Pendapatan Monako datang kebanyakan dari sektor pariwisata dan sektor jasa. Sebagai negara pesisir, banyak turis asing yang tertarik untuk berkunjung ke Monako untuk menikmati kehidupan pesisir khas Monako. Ditambah lagi, negara ini juga memiliki industri hiburan dan industri dunia malam yang kuat, semakin menarik para turis untuk berkunjung.

8. Prancis

PrancisWikipedia

Layaknya Jerman yang kita bahas di atas, Perancis memiliki banyak hal menarik yang bisa dibahas. Negara adidaya ini memiliki topik bahasan yang menarik sesuai dengan selera orang tersebut. Mulai dari kuliner, olahraga sampai turisme, Prancis dapat dikatakan memiliki segalanya.

Kuliner Prancis dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia dan sering disasar oleh turis ketika berkunjung ke sana. Prancis juga memiliki sejumlah atlet berbakat di berbagai cabang olahraga yang terkenal dengan kemampuannya dalam bidang tersebut. Dan Prancis juga mempunyai banyak banyak lokasi menarik untuk dikunjungi.

Lalu, bagaimana dengan perekonomian Prancis? Cukup mudah untuk menduga kalau Prancis juga pastinya memiliki perekonomian negara yang amat baik. Tahun 2022 ini, mereka berada di posisi ke-26 sebagai negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia.

Sektor teknologi, sektor manufaktur, sektor teknologi dan sektor pariwisata menjadi sektor yang paling menopang perekonomian Prancis. Negara ini banyak mengekspor benda-benda seperti mesin, bahan dasar pembuatan pesawat dan bahan dasar seperti benda kimia, plastik serta produk anggur.

9. Swiss

SwissWikipedia

Dan negara terakhir yang akan kita bahas pada artikel kali adalah Swiss. Jika berbicara mengenai Swiss, pasti ada sebagian besar dari Grameds yang pernah melihat foto-foto lokasi wisata di negara ini. Rasanya tidak mungkin kalau kalian menganggap bahwa lokasi tersebut “biasa saja”.

Swiss memang mempunyai sejumlah lokasi wisata baik itu wisata dalam kota maupun wisata alam yang amat menarik dan indah untuk dilihat. Tidak heran kalau Swiss banyak didatangi turis yang ingin melihat keindahan negara Eropa Barat ini secara langsung.

Berbicara mengenai tempat wisata, sektor pariwisata memang menjadi salah satu sektor yang menopang perekonomian negara ini. Lokasi wisata di Swiss dirawat dan dijaga dengan baik, sehingga mereka bisa menghasilkan pendapatan yang tidak kecil dari sektor pariwisatanya.

Selain itu, sektor perbankan juga menjadi sektor yang menjadi penyumbang terbesar pendapatan Swiss dan menyerap banyak tenaga kerja untuk membantu perekonomian negara. Inilah alasan mengapa Swiss dianggap sebagai salah satu negara terkaya di dunia dan sempat berada di posisi ke-7 sebagai negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia.

Pembahasan mengenai negara Swiss di atas menjadi penutup artikel ini. Harapannya, setelah membaca artikel tentang negara Eropa Barat ini, Grameds mendapatkan banyak pengetahuan baru seputar geografi, ekonomi sejarah dan tentunya, ilmu pengetahuan umum yang bermanfaat untuk kalian.

Semoga Grameds selalu mendapatkan ilmu dan informasi penting #LebihDenganMembaca buku dan artikel dari kami.

Penulis: M. Adrianto S. 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy