in

Belajar Fakta-Fakta Sungai Amazon

Sungai Amazon – Negara Amerika sebagai salah satu negara yang terkenal dengan mempunyai benua besar. Dalam benua tersebut ada berbagai macam fenomena alam seperti hutan, gunung, sungai dan lain sebagainya. Untuk sungai yang terkenal biasa disebut dengan sungai Amazon.

Sungai Amazon adalah sungai terpanjang yang ada di Benua Amerika, bahkan dinobatkan sebagai sungai terpanjang di dunia juga. Karena kepopulerannya yang sudah diketahui banyak orang, maka sungai ini mempunyai berbagai macam keunikan yang dapat menarik para konsumen.

Seorang tentara Spanyol yang bernama Francisco de Orellana yang merupakan orang Eropa pertama yang menjelajahi sungai Amazon, grameds. Sungai amazon juga memiliki fakta yang unik dan sangat sayang apabila dilewatkan begitu saja.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang sungai amazon. Namun, sebelum itu, kita akan membahas tentang pengertian sungai terlebih dahulu.

Pengertian Sungai 

pixabay

Sungai merupakan aliran air yang mengalir serta bergerak dari dataran tinggi ke dataran rendah yang hingga akhirnya dengan pasokan air tersebut menuju ke lautan, danau, kolam atau bahkan sungai lain. Sehingga sungai memiliki berbagai macam ukuran yang bervariasi.

Adapuan pengertian sungai menurut para ahli:

Wikipedia 

Sungai aliran air alami biasanya air tawar. Air sungai merupakan sebuah aliran air yang terus mengalir dari hulu ke hilir, mengalir menuju samudra, laut, danau atau sungai lain. Jadi, sungai merupakan bagian dari siklus hidrologi yang air umumnya di kumpulkan di sungai dari curah hujan melalui cekungan drainase dari limpasan permukaan dan sumber-sumber lain seperti resapan air tanah, mata air serta pelepasan air yang tersimpan dalam es alami dan kantong salju.

National geographic

Sungai adalah aliran besar air alami yang mengalir. Sungai ditemukan di setiap benua dan di hampir setiap tanah. Beberapa mengalir sepanjang tahun, yang lain mengalir secara musiman. Sebuah sungai mungkin hanya beberapa kilometer panjangnya atau mungkin menjangkau sebagian besar.

Ciri-Ciri Sungai 

Secara garis besar, sungai dibagi menjadi 3 bagian. Masing-masing juga mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, antara lain:

  • Bagian Hulu

Mempunyai karakteristik aliran arus yang deras, adanya arah erosi vertical, lembah curam dengan berbentuk V, adanya air terjun namun tidak terjadi pengendapan.

The Architecture of Love | Di balik Pena

  • Bagian Tengah

Mempunyai karakteristik yang tidak begitu deras, erosi horizontal, aliran sungai yang berkelok-kelok serta mulai adanya proses sedimentasi karena kecepatan air yang berkurang.

  • Bagian Hilir

Mempunyai karakteristik dengan air sungai yang tenang, adanya sedimentasi, erosi ke arah samping atau horizontal, terjadinya proses meander serta di bagian muara terkadang berbentuk delta.

Fakta-Fakta Sungai Amazon

pixabay

Berikut ini fakta-fakta dari sungai Amazon yang perlu kamu ketahui.

1. Sumbernya berasal dari pegunungan Andes

Selama beberapa tahun terakhir, para studi penelitian menjelaskan bahwa aliran sungai Amazon berawal dari pegunungan Andes di Peru yaitu tiga sunga Mantaro atau sumber hulu yang lebih jauh. Apurimac (sumber tanpa gangguan yang paling jauh) dan maranon (sumber utama berdasarkan volume).

Sungai amazon mengalir  dari dataran tinggi Peru melintasi beberapa negara meliputi Ekuador., Kolombia, dan Venezuela sebelum akhirnya masuk ke Brazil dan mengalir keluar dari pantai Atlantik.

2. Mempunyai debit air terbesar di dunia

Sungai Amazon adalah salah satu sungai yang memiliki debit air cukup besar di dunia. Bahkan, jika ditotal, debit air di sungai Amazon lebih besar daripada debit di 7 sungai terbesar yang ada di  dunia. Rata-rata debit sungai Amazon sekitar 209.000 meter kubik per detik (7.400.000 cu ft/ s: 209.000.000 L/ dt: 55.000.000 USgal/ stk) sekitar 6.591 kilometer kubik per tahun (1.581 cu mi/a). Sungai amazon ini juga mewakili 20% dari debit sungai  global ke laut.

Kompas.com

3. Di aliran bawah, ada sungai kembar yang tersembunyi

Pada tahun 2011 lalu, sungai Amazon sempat menjadi berita utama dunia. Mengapa ya? Sungai kembar tersebut dinamakan “The Hamzah” oleh para pemimpin. The Hamzah mengalir sepanjang 4 km dan hanya mampu menawarkan 1/34 dari volume airnya meski diyakini 4 kali lebih lebar dari sungai Amazon.

 

4. Mempunyai ribuan banyak anak sungai

Selain mempunyai debit air yang besar, sungai Amazon juga mempunyai banyak anak sungai yang jumlahnya ribuan yaitu sekitar 1.100 anak sungai. Lalu, sekitar setiap sungai atau 17 sungai anak memiliki panjang 1.500 meter.

5. Rumah bagi satwa liar yang unik

Sama halnya dengan sungai nil yang terkenal dengan keragaman hayatinya, maka begitu juga dengan sungai Amazon. Sungai Amazon sebagai rumah bagi lebih dari 2.000 spesies ikan di dunia dan lebih dari 400 amfibi.

Selain itu, sungai amazon juga sebagai rumah bagi satwa-satwa liar yang unik seperti ikan piranha, coto (lumba-lumba sungai), sloth, dan sejumlah burung yang tidak terhitung jumlahnya termasuk macaw dan toucans serta masih banyak lagi.

Salah satu satwa liar yang terkenal adalah Black Caiman, merupakan buatan berwarna hitam yang terkenal sebagai pemangsa puncak di sungai Amazon. Hewan yang satu ini bisa dibilang sangatlah buas, bahkan bisa memangsa berbagai macam jenis makhluk hidup yang ada di sekelilingnya.

6. Merupakan rumah bagi salah satu ular terbesar yang ada di dunia

Tidak hanya rumah bagi satwa liar yang unik, sungai Amazon juga merupakan rumah bagi salah satu ular terbesar di dunia yaitu anaconda. Ular anaconda ini biasanya mengintai mangsanya di perairan dangkal lembah Amazon. Salah satu ular tersebut mampu memangsanya hewan yang lebih besar darinya.

7. Memiliki banyak fauna yang unik

Di dalam sungai Amazon terdapat beberapa hewan yang mempunyai keunikan tersendiri. Jika grameds hobi nonton film tentu tidak asing dengan piranha, bukan? Iya, piranha merupakan salah satu hewan yang ada di sungai Amazon. Ikan piranha yang mempunyai gigi tajam ini sangat senang hidup berkelompok dan mencari mangsa. Jadi ikan ini tidak bisa hidup individualis ya, grameds.

Selain ikan piranha ada apalagi sih di sungai amazon ini? Iya, grameds juga dapat menemukan ikan arapaima. Ikan ini merupakan ikan tawar terbesar di dunia. Penemuan ikan ini mencapai 200 kg dan 3 m. Untuk hewan-hewan lain selain ikan piranha dan ikan arapaima juga terdapat seperti lele amazon, belut listrik dan ikan candiru.

Amazon bukan hanya dikenal dengan sungainya saja, tetapi Amazon juga dikenal dengan hutannya. Buku Serba-Serbi Tahu Dunia Yuk Mengenal 20 Satwa Ganas di Hutan Amazon. Buku yang berisi tentang berbagai macam hewan di Amazon sangat pas untuk diajarkan kepada anak-anak.

 

8. Mempunyai hutan yang sangat luas

Di dalam daerah Amazon ternyata tidak hanya ada sungai saja, namun ada hutan juga. Untuk hutan di Amazon sendiri memiliki luas seluas 7.7 juta km2. Apakah grameds tahu? Bahwa luas hutan amazon ini 3 kali luas daratan Indonesia. Karena hutan ini terbilang terbesar, sehingga disebut sebagai paru-paru dunia. Selain menjadi objek wisata, hutan Amazon juga menjadi objek penelitian.

9. Sungai Amazon dapat dilalui oleh kapal besar

pixabay

Karena mempunyai lebar yang besar, yaitu mencapai 6 mil atau sekitar 9,5 km sungai ini dapat dilewati oleh kapal besar seperti kapal laut, kapal sungai dan kapal uap. Setiap kapal yang melewati sungai Amazon mempunyai kapasitas sendiri-sendiri.

10. Sungai Amazon melewati banyak negara

Sungai Amazon di juluki sebagai sungai terpanjang di Benua Amerika karena aliran air di sungai mengalir sejauh 6400 km. Ada beberapa negara yang dilewati oleh aliran sungai Amazon, seperti negara Brazil, Kolombia, Ekuador, Peru dan Bolivia.

Untuk sumber mata air sungai Amazon ini berasal dari Nevado Mismi pegunungan di Peru. Selain itu, temuan ahli juga menyatakan bahwa sumber air tersebut berasal dari gletser di Nevado mismi yang berdekatan dengan Samudera Pasifik.

11. Tidak mungkin dibangunkan jembatan

Karena merupakan sungai terpanjang di dunia, sehingga ada beberapa aktivitas penduduk disekitar sungai Amazon ini seperti transportasi bagi warga sekitar ketika menuju ke hutan.

Saat hujan, sungai Amazon ini dapat melupa hingga 9 meter. Selain itu, sungai ini yang memiliki lebar 5 meter saat curah hujan dapat bertambah hingga 30 kilometer. Oleh sebab itu, sungai Amazon tidak dapat dibangun jembatan di atasnya.

Jika kamu ingin mengetahui berbagai macam hewan yang ada di sungai Amazon, maka bisa mencari tahunya di dalam buku Why? The Amazon. Lewat buku ini, kamu akan mengetahui lebih dalam tentang habitat sungai Amazon.

 

Para Penghuni Sungai Amazon 

Selain membahas tentang fakta-fakta sungai Amazon, kita juga akan membahas tentang para penghuni sungai Amazon.

1. Anaconda Hijau

pixabay

Anaconda Hijau merupakan ular terbesar yang ada di sungai amazon. Ular jenis ini masih banyak populasinya di dunia. Panjang kaki ular anaconda hijau sekitar 17 kaki dengan berat tubuh mencapai sekitar 250 kilogram. Dengan begitu, masyarakat di daerah sungai Amazon juga mempercayai adanya spesimen-spesimen yang lebih besar dari spesies anaconda hijau tersebut.

2. Caiman hitam

pixabay

Caiman hitam merupakan seekor buaya yang hidup di sungai Amazon, Amerika Selatan. Dengan mempunyai tubuh sekitar 6 meter membuat salah satu predator jenis ini paling mengerikan yang hidup di sungai Amazon.

Buaya ini terkadang juga bisa membunuh hewan lain seperti anaconda, ikan piranha maupun manusia itu sendiri. Jadi, jika grameds berkunjung ke sungai Amazon harus berhati-hati, ya. Karena hal ini sudah pernah terjadi di tahun 2010, seorang ahli sedang membersihkan ikan diserang oleh seekor buaya. Untungnya, masih selamat meskipun harus kehilangan salah satu anggota badannya yaitu kaki.

3. Ikan piranha

pixabay

Ikan terbesar di sungai Amazon adalah ikan piranha yang memiliki gigi tajam. Ikan ini termasuk ikan air tawar yang biasanya orang menyebut dengan nama Caribes. Selain hidup di sungai Amazon, ikan piranha juga dapat ditemukan di daerah negara Venezuela. Jika grameds berkunjung ke negara tersebut dapat bertemu dengan ikan piranha.

Dalan waktu yang sedikit ikan piranha bukanlah ikan yang berbahaya, tetapi jika dalam jumlah besar ia akan mendapatkan mangsa seekor sapi hanya dalam waktu lima menit saja yang hanya menyisakan tulang-tulang seekor sapi.

4. Belut listrik

Belut listrik hampir sama dengan ikan lele, perbedaannya belut listrik ini tidak memiliki kumis seperti ikan lele. Panjang ikan ini mencapai 2,5 meter yang dapat menghasilkan tegangan listrik dari sel-sel yang berada di bawah siripnya. Listrik tersebut hanya dapat digunakan 600 volt saja.

Ketika masyarakat sekitar bertemu belut ini tidak menyebabkan kematian, tetapi bisa mengakibatkan gagal jantung, sehingga ketika terkena sengatannya dapat mengalami pingsan dan tenggelam ke dasar sungai. Hati-hati ya grameds!

Belut listrik ini hanya cukup mengeluarkan tegangan 10 volt untuk memangsa hewan lain seperti ikan, katak, burung maupun mamalia kecil lainnya. Untuk mengeluarkan tegangan yang besar saat belut listrik akan membunuh mangsanya.

5. Ikan Arapaima

Pirarucu adalah nama sebutan lain Arapaima. Pirarucu sebagai ikan tawar terbesar di dunia dan hidup di sekitar sungai Amazon, Amerika Selatan. Ikan ini dapat tumbuh di atas tiga meter dengan mempunyai berat sekitar 200 kilogram. Akan tetapi, untuk saat ini tidak ada lagi atau jarang sekali ditemukan ikan arapaima dengan tumbuh di atas dua meter. Ikan ini sering diburu oleh masyarakat sekitar untuk dijadikan konsumsi, bahkan juga untuk di ekspor ke negara lain.

6. Katak beracun

pixabay

Hanya melalui sentuhan katak beracun dikenal sebagai hewan yang sanggup membunuh manusia. Hal ini tidak mengeluarkan sengatan atau tidak ada gigitan yang beracun, hanya melalui sentuhan.

Mengapa bisa terjadi? karena katak beracun ini ada lendir berkilap yang menyelimuti tubuhnya. Jadi, grameds jangan sampai tertipu karena tampilan hewan yang berwarna indah ya.

7. Ulat bulu

Ulat bulu ini mengandung racun yang sangat berbahaya, yang bisa mengakibatkan orang meninggal setiap tahunnya padahal hanya menyentuh ulat bulu ini. Mengerikan bukan? Racun tersebut adalah racun anticoagulant (mencegah pembekuan darah) serta tekanan darah korban yang biasa terjadi mengalami kesakitan hingga dapat menyebabkan kematian.

8. Ikan Candiru

Jenis ikan vampire ini lebih berbahaya dibandingkan dengan ikan piranha, yaitu ikan candiru. Dengan mempunyai ukuran kecil 1 inci berbentuk seperti belut dan dapat tembus pandang sehingga sulit terlihat di dalam air.

Ikan candiru sebagai ikan sejenis parasite, ia dapat masuk ke selah-selah insang ikan yang lain serta akan mengeluarkan tulang belakangnya agar dapat berpegang di tempat minum darahnya insang. Oleh sebab itu, ikan candiru ini menjadi sangat berbahaya karena ia juga tertarik pada air seni atau darah.

9. Amazon Catfish

Jenis ikan jenis sebagai ikan lele yang terbesar di dunia dan hidup di sungai amazon. Ikan lele yang hidup di sungai amazon hampir setengahnya dibandingkan jenis ikan yang lain. Mereka hidup di dasar sungai yang paling dalam, tetapi ada saja yang muncul mendekati di permukaan sungai pada malam hari saja.

10. Lintah tyrannosaurus rex

Lintah yang hidup di sungai Amazon merupakan jenis lintah dari Taiwan, tidak seperti lintah lainnya. Dengan mempunyai satu baris gigi yang berada delapan gigi dengan panjang 0,13 mm, maka penemuan lintah ini mirip dengan nama dinosaurus karnivora terbuas pada masanya.

Dengan menghisap darah dan menempel pada hidung, lintah ini akan menempel hingga panjang tubuhnya mencapai 7 cm. Sedangkan jenis lintah lain akan menjatuhkan dirinya saat sudah kenyang.

Nah, itulah pengertian, fakta dan para penghuni sungai amazon ya grameds. Sungai Amazon sebagai salah satu sungai yang istimewa, unik dan menarik, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke sungai Amazon ini. Untuk grameds yang akan berkunjung ke sungai Amazon, diharapkan dapat menjaga keasrian dari sungai ini ya, sehingga flora dan fauna tidak akan merasa diganggu.

Jika Grameds masih bingung, dan membutuhkan referensi terkait tentang pengertian, fakta dan para penghuni sungai amazon secara lengkap kamu bisa mengunjungi koleksi buku di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah

 

Sumber:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Sungai_Amazon
  • https://www.superlive.id/superadventure/wilderness/5-fakta-menarik-mengenai-sungai-amazon-buat-lo-ketahui
  • https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20220531112011-199-803103/3-alasan-sungai-amazon-tak-punya-jembatan
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/eliza/sungai-amazon-agp-c1c2
  • https://www.ekor9.com/sungai-amazon/
  • https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/chania-aulia-humayrha/kenali-fakta-menarik-sungai-amazon-sungai-terpanjang-di-dunia
  • https://superapp.id/blog/uncategorized/sungai-amazon/
  • https://www.merdeka.com/gaya/6-fakta-menakjubkan-tentang-hutan-amazon-si-paru-paru-dunia.html
  • https://katadata.co.id/iftitah/berita/62a80569017aa/10-sungai-terpanjang-di-dunia-dan-fakta-uniknya
  • https://medialingkar.com/prawita-genppari-nikmati-sensasi-kedung-cowet-amazon-nya-indramayu/

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.