in

Produk Kerajinan Bahan Lunak, Apa Saja?

Produk kerajinan bahan lunak – Apakah Anda ingin bekerja menggunakan kreativitas dengan hasil yang unik? Maka jawabannya industri kerajinan tangan dan sejenisnya! Anda bisa mencoba memulai bisnis kerajinan dengan bahan lunak. Jadi apa sebenarnya kerajinan bahan lunak? Dan bagaimana cara membuat kerajinan tersebut? Berikut penjelasannya.

Pengertian Kerajinan Bahan Lunak

Secara umum, yang dimaksud dengan kerajinan bahan lunak adalah kerajinan yang dibuat dari bahan yang sifatnya lunak atau tidak keras, baik itu bahan dari limbah alami maupun yang buatan. Kerajinan dengan bahan lunak merupakan produk kerajinan yang asalnya dari bahan baku yang sifatnya lunak, lentur, lembut dan mudah untuk dibentuk apa saja.

Kerajinan dengan bahan lunak menjadi salah satu jenis kerajinan tangan yang sangat diminati oleh masyarakat. Kerajinan seperti ini termasuk dalam kategori seni tiga dimensi. Pengrajin dapat membuat produk kerajinan ini memiliki keterampilan khusus. Apalagi dengan kerajinan bahan lunak yang harus mempunyai keterampilan dan kemauan untuk mengolahnya menjadi bahan yang bermanfaat.

Macam-macam Kerajinan Bahan Lunak

Terdapat dua macam kerajinan bahan lunak yaitu bahan lunak buatan dan bahan lunak alami. Berikut penjelasannya:

  • Bahan Lunak Buatan

Bahan lunak buatan adalah suatu bahan utama dari pembuatan kerajinan tangan yang dibuat melewati proses kimiawi terlebih dahulu. Jadi, bahan lunak buatan bisa dibilang sebagai bahan pembuatan kerajinan yang diolah terlebih dahulu kemudian dicampur dengan beberapa zat kimia. Dengan begitu, bahan buatan akan lebih mudah dibentuk karena memiliki tekstur yang lembut, lunak, dan empuk.

Adapun beberapa bahan yang biasa digunakan dalam bahan lunak buatan, seperti lilin, gips, parafin, fiberglass, dan sabun. Namun, harga dari bahan buatan cukup mahal. Selain itu, cara mengolah bahan lunak buatan ini juga tidak mudah, sehingga sangat dibutuhkan keahlian khusus.

  • Bahan Lunak Alami

Jenis bahan lunak berikutnya adalah bahan lunak alami. Bahan lunak alami itu sendiri bisa dikatakan sebagai bahan baku dari pembuatan kerajinan tangan yang berasal dari alam serta tidak membutuhkan campuran bahan-bahan lainnya. Adapun yang dimaksud dengan bahan lunak alami, seperti pasir, daun, tanah liat, kulit hewan, dan sebagainya.

Fungsi Kerajinan Bahan Lunak

Pada dasarnya kegunaan produk kerajinan bahan lunak adalah fungsi pakai dan fungsi hias. Hasil kerajinan tangan yang memiliki fungsi pakai dalam suatu keperluan disebut benda pakai. Berikut ini fungsi dari kerajinan bahan lunak yaitu:

  • Benda Pakai

Maksud dari benda pakai adalah karya kerajinan yang bisa dipakai dan memiliki kegunaan untuk sesuatu. Jadi kerajinan yang dihasilkan lebih menitikberatkan pada kegunaannya, bukan hanya dinikmati keindahannya saja.

Contoh kerajinan yang dihasilkan seperti peralatan rumah tangga, wadah, busana, pot bunga, kap lampu, tempat tisu, kursi, gelas, cobek, tempat pensil, dan lain sebagainya.

  • Benda Hias

Benda hias merupakan segala bentuk kerajinan yang tentunya dibuat dengan maksud dan tujuan hanya untuk hiasan saja. Maka kerajinan benda hias menomor satukan keindahannya, bukan fungsi atau kegunaannya.

Contoh kerajinannya seperti pajangan diatas meja, pajangan yang menempel pada dinding, pajangan pada langit-langit rumah. Kerajinan ini akan menambah kesan keindahan pada setiap ruangan Anda. Biasanya, orang-orang akan berburu benda hias yang unik dan memiliki daya tarik tersendiri.

Unsur-Unsur Kerajinan Bahan Lunak

Selain itu, terdapat unsur-unsur estetika produk kerajinan bahan lunak adalah sebagai berikut yaitu:

  • Unsur Estetika

Unsur estetika atau unsur keindahan merupakan sebuah hasil nilai akhir seni yang diperoleh. Nilai dari keindahan serta keunikan yang didapat dalam sebuah karya seni memiliki sistem yaitu:

  1. Kesatuan
  2. Keselarasan
  3. Keseimbangan
  4. Kekontrasan
  • Unsur Ergonomis

Unsur Ergonomis merupakan sebuah karya yang dapat dikaitkan dengan aspek fungsi atau kegunaan. Contohnya yaitu:

  • Keamanan

Keamanan merupakan unsur penting dalam pembuatan kerajinan. Keamanan merupakan unsur jaminan bagi orang yang menggunakan hasil kerajinan tersebut. Bahan kerajinan yang dibuat harus memenuhi unsur keamanan.

Pengrajin harus memastikan bahwa barang yang dibuatnya termasuk pada unsur keamanan. Jika barang yang jadi melukai penggunanya atau pemiliknya maka tidak masuk dalam unsur ergonomis.

  • Kenyamanan

Kenyamanan merupakan rasa nyaman yang timbul jika produk kerajinan tersebut digunakan. Jika barang tersebut sudah aman, maka pengguna juga akan merasa nyaman dalam memakainya. Oleh sebab itu, bukan hanya kenyamanan, tapi keindahan juga akan didapat.

  • Penilaian Penggunaan

Produk kerajinan adalah sebuah hasil produk yang didapat dari suatu kerajinan yang sesuai dengan kegunaan atau terapannya. Jika suatu produk yang dihasilkan telah memenuhi unsur keamanan dan kenyamanan, maka penilaian dalam penggunaan akan baik. Jadi, penilaian suatu produk kerajinan akan baik.

Motif Ragam Hias Produk Kerajinan Bahan Lunak

pixabay

Dalam kerajinan berbahan lunak memiliki berbagai hasil motif ragam hias yang dapat digunakan sebagai penghias dari karya kerajinan antara lain seperti berikut:

  • Motif Realis

Motif realis merupakan hasil motif yang dibuat dengan bentuk yang nyata dan motif realis terdapat di alam sekitar seperti pada tumbuhan, binatang dan lainnya.

  • Motif Dekoratif

Motif dekoratif merupakan sebuah ragam motif yang menggambarkan dengan maksud untuk mengolah permukaan benda sehingga akan menjadikan produk lebih indah lagi.

Untuk memperoleh gambar dekoratif, maka perlu dilakukan deformasi atau penstiliran alami. Contoh motif dekoratif seperti bunga, hewan dan lainnya.

  • Motif Geometris

Motif geometris merupakan hasil sebuah motif yang teratur dan dapat diukur menggunakan alat ukur seperti bentuk segiempat, segitiga dan lainnya.

Motif geometris ini merupakan sebuah motif yang setiap sudutnya sama ukurannya dan sama keindahannya.

  • Motif Abstrak

Motif abstrak merupakan sebuah motif yang tidak dapat dikenali oleh objek. Jadi motif abstrak merupakan gambaran atau abstrak yang terdapat di alam atau hanya sebuah khayalan saja. Motif abstrak seringkali tidak memiliki ujung atau jalan yang benar-benar menggambarkan suatu bentuk. Tetapi keindahannya tetap didapat.

Teknik Pembuatan Kerajinan Bahan Lunak

Teknik yang digunakan dalam proses pembuatan produk kerajinan dari bahan lunak yang biasanya digunakan yaitu:

  • Teknik Coil (Lilit Pilin)

Teknik pertama yang akan digunakan untuk membuat produk kerajinan bahan lunak adalah teknik coil atau dikenal juga dengan teknik pilin. Pada teknik pembuatan kerajinan tangan ini, jari tangan akan bergerak seperti sedang memijat.

Teknik coil ini sendiri bisa menghasilkan bentuk kerajinan bahan lunak yang tidak selamanya simetris. Pada umumnya, teknik yang satu ini digunakan oleh para pengrajin keramik.

  • Teknik Putar

Teknik putar merupakan sebuah teknik kerajinan yang menggunakan alat putar yang menghasilkan bentuk yang simetris yaitu bulat dan silindris serta banyak variasinya.

  • Teknik Cetak

Teknik cetak merupakan sebuah teknik yang biasa dipakai oleh pengrajin keramik, dalam hal ini terdapat dua teknik pembentukan pada karya kerajinan bahan lunak.

  • Teknik Menganyam

Teknik pembuatan kerajinan bahan lunak yang selanjutnya adalah teknik menganyam. Pada teknik ini, pengrajin akan melakukan atau membuat kerajinan dengan cara menganyam. Menganyam itu sendiri memiliki berbagai macam teknik.

Biasanya, teknik menganyam ini digunakan untuk membuat kerajinan yang terbuat dari bahan bambu, rotan, dan sebagainya. Selain itu, pengrajin yang menggunakan teknik menganyam ini biasanya adalah masyarakat pedesaan.

  • Teknik Menenun

Teknik kelima dari kerajinan bahan lunak adalah teknik menenun. Pada teknik ini bisa dibilang memiliki kesamaan dengan teknik menganyam. Namun, perbedaan antara kedua teknik tersebut adalah pada alat yang digunakan untuk membuat kerajinan tangannya.

Ketika pengrajin menggunakan teknik ini biasanya akan menggunakan alat lungsin. Biasanya teknik menenun ini digunakan untuk membuat suatu pakaian.

  • Teknik Membordir

Teknik bordir merupakan sebuah hiasan dari benang kain. Sebutan lain yang mirip dengan bordir yaitu sulam.

  • Teknik Mengukir

Teknik yang ketujuh dari teknik kerajinan bahan lunak adalah teknik mengukir. Teknik mengukir ini bisa dibilang memiliki kesamaan dengan teknik memahat yang di mana pada bahan utama kerajinan akan diukir sesuai dengan pesanan atau ciri khas dari pengrajin.

Teknik ukiran ini sendiri biasanya terdiri dari beberapa jenis, seperti ukiran utuh, ukiran timbul, ukuran rendah, dan ukiran tembus. Semua jenis teknik tersebut bisa dibilang memiliki ciri khasnya masing-masing, sehingga pengrajin biasanya akan memilih teknik ukiran yang tepat dalam mengolah kerajinan tangan.

Jenis dan Contoh Kerajinan Bahan Lunak

pixabay

Berikut ini jenis dan contoh kerajinan yang biasanya paling laris di pasaran.

  • Kerajinan Serat Alami

Kerajinan dengan bahan serat alami adalah kerajinan dalam proses pembuatan memerlukan ketelatenan yang biasanya dibuat dengan teknik menganyam atau menenun.

Kerajinan ini termasuk dalam kategori serat alam adalah serat bambu atau kulit pohon. Semua produk anyaman dari serat alam, dan memiliki nilai yang sangat tinggi, dan kebanyakan pasar yang potensialnya besar adalah Eropa dan Amerika.

Contoh dari kerajinan serat alami ini adalah keranjang atau nampan yang terbuat dari anyaman bambu. Selain itu, serat alami lainnya biasanya diubah menjadi tas dan juga hiasan rumah yang memiliki nilai jual tinggi. Bahkan, bahan dari kerajinan alami ini bisa dibuat menjadi sepatu.

Meski begitu, untuk membuat kerajinan serat alami, sebaiknya gunakan keahlian khusus agar bisa menghasilkan kerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi.

  • Kerajinan Tanah Liat

Kerajinan tanah liat merupakan kerajinan yang memanfaatkan tanah liat sebagai bahan baku utamanya. Bukan hal yang rahasia lagi jika tanah liat bisa digunakan sebagai kerajinan. Bahkan hampir semua peralatan atau perabotan rumah tangga nenek moyang terdahulu terbuat dari tanah liat.

Seperti yang kita ketahui, tanah liat memiliki sifat yang mudah untuk dibentuk serta dapat bertahan dengan waktu yang cukup lama. Hal ini yang menjadikan tanah liat sebagai salah satu produk kerajinan yang cukup diminati. Selain itu, tanah liat juga sangat sulit untuk menyerap air, saat dibasahi teksturnya menjadi lengket dan sangat kuat apabila menyatu dengan tanah lainnya.

Kerajinan dari tanah liat juga memiliki keunikan tersendiri, apalagi jika ditambahkan pahatan atau lukisan yang cantik, maka nilai jualnya akan meningkat. Contoh kerajinan tanah liat antara lain guci, vas bunga, piring, mangkuk, genteng, patung, ornamen kolam ikan, dan lain sebagainya.

  • Kerajinan Kulit

Kerajinan dengan bahan dasar kulit binatang menjadi salah satu kerajinan dengan harga yang cukup mahal. Tidak hanya itu, kerajinan berbahan kulit biasanya memiliki perizinan yang cukup rumit karena menggunakan bahan dasar kulit hewan. Langkah dan cara pembuatannya juga cukup lama dan prosesnya sangat sulit.

Kulit hewan yang biasa digunakan untuk sebuah kerajinan adalah kulit sapi, rusa, kambing, ular, buaya, bahkan harimau. Ada banyak contoh tas, sabuk, jaket, dan beberapa aksesoris dalam busana lainnya.

  • Kerajinan Sabun

Bagi orang yang kreatif, selain untuk mandi sabun juga bisa menjadi salah satu bahan pembuatan kerajinan dan termasuk bahan lunak kategori buatan. Sabun berwujud padat sehingga dapat langsung diukur.

Sabun juga bisa diparut atau dihaluskan, kemudian dicampur dengan sedikit sagu dan air hingga membentuk adonan baru. Setelah itu, adonan tinggal dibentuk sesuai keinginan pengrajin seperti halnya plastisin.

Kerajinan sabun ini biasanya adalah boneka figuran, clay, dan masih banyak lagi. Adapun sabun yang lebih sering digunakan adalah sabun batangan yang biasa digunakan untuk mandi oleh kebanyakan orang.

  • Kerajinan Lilin

Jenis kerajinan bahan lunak berikutnya adalah kerajinan lilin. Kerajinan lilin ini tak jarang juga dijadikan sebagai bahan untuk membuat patung. Selain itu, kerajinan yang terbuat dari bahan lilin bisa dibilang cukup mudah, tetapi tetap harus melatih diri terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, salah satu bahan lilin yang biasa digunakan oleh anak-anak adalah lilin plastisin. Bahkan, lilin plastisin ini sering atau mudah ditemukan di toko-toko mainan. Hal ini bukan tanpa alasan karena lilin plastisin itu sendiri juga digunakan untuk membuat kerajinan sekolah.

  1. Pertama-tama cairkan terlebih dahulu lilin dengan cara memanaskannya di atas api. Setelah mencair, lilin tinggal diukir sesuai keinginan. Lilin juga bisa dibentuk dengan menggunakan cetakan.
  2. Lilin yang sudah cair bisa langsung untuk dibentuk sesuai keinginan tanpa perlu dipanaskan lagi.
  3. Salah satu contoh kerajinan lilin yang dihasilkan bisa berupa patung. Dan yang paling populer di dunia seperti patung lilin dari tokoh-tokoh terkenal dunia dari berbagai bidang profesi. Bahkan ada pula yang membuat museum patung lilin yang terkenal di beberapa Negara, dimana disana ada banyak patung lilin dari berbagai sosok terkenal.
  • Kerajinan Bubur Kertas

Jika Anda memiliki kertas atau buku-buku bekas yang sudah tidak layak pakai, maka Anda bisa gunakan sebagai bahan baku kerajinan tangan yang cantik dan pastinya memiliki nilai jual di pasaran.

Proses pembuatan adonannya juga mirip dengan kerajinan berbahan dasar sabun yaitu dengan cara dicampur dengan tepung, tetapi yang digunakan di bubur kertas adalah tepung kanji juga ditambahkan lem.

Demikian pembahasan tentang produk kerajinan bahan lunak. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu. Grameds bisa mendapatkan informasi lebih dengan membaca buku yang tersedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Sumber: 

  • https://padang.tribunnews.com/2021/08/11/jenis-dan-karakteristik-bahan-lunak-buatan/
  • https://moselo.com/blog/kerajinan-bahan-lunak/
  • https://ujiansekolah.org/jenis-bahan-lunak-yang-umum-digunakan-sebagai-kerajinan-bahan-lunak-adalah-sebagai-berikut-kecuali/
  • https://roboguru.ruangguru.com/forum/sebutkan-dan-jelaskan-teknik-pembuatan-kerajinan-tangan-dari-bahan-lunak-_FRM-ZJUUWTP5
  • https://www.pinhome.id/blog/kerajinan-bahan-lunak/
  • https://termasyhur.com/urutan-cara-membuat-kerajinan-bahan-lunak-kulit-adalah
  • https://id.theasianparent.com/kerajinan-bahan-lunak/
  • https://jawabsoal.live/baca-https-brainly.co.id/tugas/49802949
  • https://hasilcopa.com/berikut-ini-jenis-bahan-lunak-alam-yang-dapat-dijadikan-kerajinan-adalah
  • https://www.lokasi.live/soal-https-brainly.co.id/tugas/49802949


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.