in

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Turki yang Bisa Kamu Bawa Pulang Ketika Berkunjung ke Turki

Sumber: Orami

Oleh-oleh khas Turki – Setiap negara yang ada di dunia ini, pastinya memiliki tempat wisatanya masing-masing. Bahkan, di beberapa negara tempat wisatanya sudah dikenal oleh masyarakat luar negeri. Dari sekian banyak negara, salah satunya adalah Turki yang sudah cukup terkenal dengan tempat wisatanya. Tidak hanya tempat wisata saja, tetapi Turki juga dikenal oleh-oleh khas Turki.

Lalu, apa saja oleh-oleh khas Turki? Tenang saja, kamu tak perlu bingung karena artikel ini akan membahas lebih dalam tentang oleh-oleh khas Turki. Jadi, simak ulasannya sampai habis, Grameds.

Turki Tempat Wisata

oleh oleh khas turki
Sumber: Kompas.com

Negara Turki berada di antara dua benua, yaitu Eropa serta Asia. Turki bisa dibilang sebagai salah satu negara yang memiliki destinasi liburan yang cukup indah apalagi destinasi liburan Turki sedang naik daun. Selain karena tempat wisata yang unik, Turki juga terkenal dengan oleh-oleh khasnya menarik perhatian banyak turis.

Turki menjadi salah satu negara trans benua yang kerap menjadi destinasi wisata. Negara ini Terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Laut hingga daerah Balkan di Eropa Tenggara membuat negara satu ini memiliki beragam destinasi wisata.

Salah satu tempat wisata yang cukup ikonik di negara ini adalah balon udara Cappadocia. Ini merupakan wahana menaiki balon udara panas, sehingga kamu bisa melihat pemandangan alam sebelum matahari terbit.

Rasanya bukan akan kurang lengkap kalau pergi ke Turki, tetapi tidak mencoba beragam oleh-oleh khasnya. Ada banyak sekali oleh-oleh khas turki, mulai dari beragam kuliner, pakaian, hingga gantungan kunci. Oleh karena itu, ketika pergi ke Turki, sebaiknya sempatkan diri untuk berbelanja terlebih dahulu dan jangan sampai melewatkan kesempatan ini.

Bagi kamu yang masih penasaran dengan oleh-oleh khas Turki, maka pada pembahasan selanjutnya, kita akan membahas lebih lanjut tentang oleh-oleh khas Turki.

https://www.gramedia.com/products/wisata-hemat-turki?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/wisata-hemat-turki?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Oleh-oleh Khas Turki

Untuk di Turki sendiri, biasanya pusat oleh-oleh berada di sejumlah pasar tradisional. Salah satunya Grand Bazaar yang terletak di Istanbul. Grand Bazaar ini merupakan tempat oleh-oleh yang sudah ada sejak 1455, sehingga sudah sangat ikonik.

Anda bisa mendapatkan aneka keperluan mulai dari pakaian, alat rumah tangga, karpet, dan bahkan perhiasan juga menjadi perhatian wanita.

Berikut dibawah ini ragam oleh-oleh khas Turki yang wajib di borong saat liburan ke Turki nanti, antara lain:

1. Turkish Blue Eyes

oleh oleh khas turki
Sumber: 123RF

Tidak lengkap jika belum memiliki Turkish blue eyes sebagai oleh-oleh khas Turki yang pertama. Oleh-oleh yang satu ini juga dikenal dengan sebutan Nazar Boncuk. Adapun arti dari aksesori bermata biru ini adalah untuk menangkal kecemburuan dan malapetaka.

Orang Turki percaya bahwa mata biru ini bisa memberikan perlindungan kepada pemakainya dari energi buruk di sekitarnya. Adapun ini bisa dipakai sebagai aksesori kalung gantungan kunci, gelang, dan banyak lagi.

2. Turkish Delight

oleh oleh khas turki
Sumber: Kompasiana.com

Beralih ke oleh-oleh khas Turki dalam bentuk makanan. Oleh-oleh ini merupakan salah satu makanan yang wajib dicicipi khususnya untuk para wisatawan.

Turkish Delight atau lokum yang merupakan salah satu jenis makanan penutup yang ditemukan oleh Haci Bekir Effendi. Ia sudah memproduksi makanan tersebut di lingkungan Bahcekapi Istanbul sejak tahun 1777.

Turkish Delight itu sendiri merupakan camilan manis yang dikemas dalam kotak yang menyerupai permen lunak. Selain itu, camilan ini hadir dalam berbagai rasa mulai dari kacang-kacangan, lemon, kayu manis bunga mawar, dan banyak lagi. Bahkan, di sejumlah toko makanan, para wisatawan bisa mencicipinya terlebih dahulu untuk rasa yang diinginkan.

3. Baklava

oleh oleh khas turki
Sumber: Kompas.com

Baklava bisa dibilang sebagai oleh-oleh khas Turki sejenis roti kering yang disajikan dengan saus manis kacang, sirup dan madu. Baklava adalah termasuk ke dalam makanan penutup khas Turki.

Makanan yang satu ini sangat terkenal di daerah Timur Tengah, Balkan, dan Asia Selatan. Oleh-oleh khas Turki ini bisa bertahan selama tiga hari apabila kamu ingin membawanya pulang.

Untuk mendapatkan oleh-oleh ini, kamu bisa berkunjung ke berbagai tempat di Turki, terutama di Kota Gaziantep. Secara tradisional, makanan ini digunakan sebagai makanan penutup atau makanan ringan di Turki. Adapun roti Baklava saat ini bisa ditemukan dengan mudah di Jakarta untuk rasa yang tak kalah lezat.

4. Karpet Motif Turki

oleh oleh khas turki
Sumber: Rumahpedia

Buah tangan yang melekat dalam pikiran para turis saat ke Turki adalah Karpet Turki. Karpet khas Turki ini paling banyak dicari, terutama di kota Hereke. Kota ini berada di barat laut Kocaeli yang berdekatan dengan Istanbul ini ternyata lokasi pabrik karpet tertua di Turki.

Bahkan, sebagian besar karpet yang ada di istana bersejarah Istanbul diproduksi di kota ini. Untuk pasangan yang baru menikah tentu wajib memiliki karpet untuk ‘mengisi’ perlengkapan rumah tangga.

Karpet motif buatan tangan orang Turki ini menjadi daya tarik wisatawan, karena karpetnya yang memiliki detail yang sangat unik. Kemudian, warnanya yang cerah dan saling ‘bertabrakan’ menjadi ciri khas orang Turki dalam melambangkan kekayaan alamnya. Untuk ukurannya pun beragam, mulai dari ukuran mini hingga luas yang tak terhingga.

5. Sutra Foulards

Pada zaman Utsmani, kota Bursa menjadi pusat penghasil kain tenun yang bersejarah di Turki. Namun kini, Denizli menggantikan posisi kota Bursa di pasar dunia. Apabila sedang berada di Bursa, kamu bisa menuju ke Kozana untuk mencoba sutra Foulard dan syal.

6. Tembikar Iznik

Tembikar ?znik merupakan kerajinan keramik yang dihiasi dengan seni “Çini”. Seni ini berkembang dari abad ke-15 hingga akhir abad ke-17.

Jika kamu ingin mengetahui apa itu tembikar iznik, maka bisa mengunjungi Istana Topkapi di Istanbul untuk mengetahuinya. Namun, jika ingin membelinya bisa menuju ke barat laut kota Iznik.

7. Lampu Kaca Mosaik

oleh oleh khas turki
Sumber: Alibaba

Oleh-oleh khas Turki satu ini termasuk seni tradisional yang mewarnai kehidupan sehari-hari masyarakat di zaman Utsmani. Lampu kaca mosaik bisa kamu beli di Grand Bazaar atau bazar bersejarah lainnya yang ada di Turki.

8. Batu Oltu

oleh oleh khas turki
Sumber: Sultan of Bazar

Saat bertandang ke Erzurum, kamu wajib mengunjungi distrik Oltu yang sangat bersejarah. Terlebih lagi, di sana terdapat batu Oltu yang sangat indah. Batu Oltu adalah batu semi-logam mulia yang secara tradisional sudah digunakan dalam pembuatan cincin, anting, kalung, gelang, pin dasi, pipa rokok, hingga tasbih.

Selain itu, batu Oltu juga dikenal dengan sebutan amber hitam dan memiliki berat yang cukup ringan serta bisa membakar suatu benda apabila digosok ke permukaan benda.

9. Patung Miniatur Nemrut

Gunung Nemrut adalah gunung tertinggi di pegunungan Taurus Timur, Turki tenggara. Di daerah tersebut terdapat Hierro Theseion atau kuil-kuil, makam, dan rumah yang dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa yang dibangun oleh Raja Helenistik Antiochus I (69-34 SM) sebagai monumen untuk dirinya sendiri. Untuk mengenang indahnya tempat itu, kamu bisa membeli patung miniatur tersebut di sekitar kota Adiyaman.

10. Seni Ebru

oleh oleh khas turki
Sumber: Republika

Kertas marbling adalah jenis metode desain di atas permukaan air yang bisa menghasilkan suatu pola serupa dengan marmer halus atau batu lainnya. Di Turki, metode tersebut dikenal dengan “ebru”. Salah satu lokasi penghasil barang kesenian ini adalah Cappadocia.

https://www.gramedia.com/products/jalan-jalan-ke-turki?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/jalan-jalan-ke-turki?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

11. Cezve

Jika pernah menikmati kopi ala Turki, maka kamu harus membeli panci untuk membuatnya. Panci tersebut bernama Cezve yang terbuat dari tembaga, seng, atau alumunium. Untuk menemukannya, kamu hanya perlu berkunjung ke Grand Bazaar Istanbul.

12. Rempah-rempah

oleh oleh khas turki
Sumber: cheria-travel.com

Turki adalah salah satu negeri yang kaya akan rempah-rempah. Oleh karena itu, oleh-oleh khas Turki yang satu ini tak boleh dilewatkan. Kamu bisa menemukan rempah-rempah khas Turki ini di pasar tradisional. Adapun rempah-rempah Turki yang cukup populer termasuk seperti cabai merah paprika, beri kering dan banyak lagi.

Tentunya, ini sangat pas untuk racikan resep sup, soto dan masakan khas Indonesia lainnya. Bahkan di Jakarta di sejumlah supermarket sudah ada yang memiliki rempah khas Turki ini. Karena teksturnya yang kering, ini bisa disimpan dalam beberapa bulan.

13. Lampu Turki

oleh oleh khas turki
Sumber: grandturkishbazaar.com

Selain karpet, lampu menjadi elemen penting untuk pencahayaan dalam ruangan. Oleh-oleh khas Turki selanjutnya yakni lampu mozaik. Oleh-oleh yang satu ini bisa didapatkan dengan mudah, kamu hanya perlu berkunjung ke pusat oleh-oleh tradisional di Istanbul. Oleh-oleh ini sangat khas dengan warna lampu yang warna-warni dan dibalut desain corak yang beragam. Sangat cocok untuk mendekorasi rumah agar nuansa lebih ‘hangat’.

14. Saffron Bolu Lokum

oleh oleh khas turki
Sumber: mall.shopee.co.id

Sepertinya sudah tak asing lagi jika melihat tanaman kering satu ini, yakni saffron. Saat berkunjung ke kota Safranbolu dekat Laut Hitam, kamu harus mencicipi beragam variasi rasa Lokum. Sebab, kota bersejarah ini terkenal akan beragam jenis hidangan khas Turki, yaitu Saffron yang unik.

Saffron itu sendiri merupakan oleh-oleh khas Turki yang terkenal dengan ragam manfaat untuk kesehatan. Awalnya makanan ini dikenal sebagai racikan masakan, lambat laun dipakai untuk pengobatan tradisional.

Saffron dinilai lebih efektif daripada plasebo dalam mengobati gejala depresi ringan hingga sedang.

15. Caydanlik

Selain kopi, Turki juga memiliki budaya minum teh dengan menggunakan Caydanlik. Barang ini kerap digunakan untuk mengolah teh khas Turki. Caydanlik terdiri dari dua bagian, yaitu atas yang digunakan untuk merebus teh dan bawah untuk merebus air.

Caydanlik bisa ditemukan di tiap toko ketika berada di Turki. Namun, untuk bentuk yang tradisional, anda bisa mengunjungi Grand Bazaar Istanbul.

16. Cesm-i Bulbul

oleh oleh khas turki
Sumber: glassprintist.weebly.com

Cesm-i Bulbul atau mata burung bulbul adalah alat dapur tradisional yang diproduksi dengan cara melelehkan kaca berwarna-warni hingga pipih pada suhu tinggi. Pada mulanya, alat dapur ini dibuat oleh ahli pembuat kaca Ottoman yang dikirim ke Venesia oleh Sultan Ottoman Selim III.

17. Patung Miniatur Menara Maiden

Menara Maiden di Bosphorus merupakan salah satu simbol Istanbul sejak periode Bizantium di abad pertengahan. Bagian dalam menara itu sudah diubah menjadi kafe dan restoran dengan pemandangan bekas ibukota Romawi, Bizantium, dan Ottoman. Ketika kamu berkunjung ke sini, maka dapat membeli patung miniatur menara Maiden langsung di lokasi tersebut.

18. Batu Lule

Batu ini pertama kali ditemukan ahli mineralogi Jerman pada pertengahan abad ke-19 dan menjadi simbol kota Eskisehir. Batu ini memiliki kandungan magnesium dan silikon yang tinggi sehingga tak heran dapat dijadikan berbagai benda seperti pipa stilistik. Batu yang satu ini juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Turki yang perlu kamu beli.

19. Buah kering

oleh oleh khas turki
Sumber: grid.id

Dari barang-barang kini beralih ke makanan. Saat di Turki wajib berkunjung ke Malatya yang merupakan daerah penghasil hampir 85 persen aprikot di dunia. Selain itu, ketika berkunjung ke sini, kamu jangan lupa untuk membeli berbagai macam aprikot kering serta buah kering lainnya.

20. Teh Trabzon

oleh oleh khas turki
Sumber: Pixabay

Teh memang menjadi hal yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Turki. Salah satu sentra produksi teh Turki ada di daerah Laut Hitam, tepatnya di kota Trabzon. Di sana ada beragam jenis teh yang tidak bisa ditemui di daerah lain, seperti Istanbul hingga Ankara. Meski begitu, teh ini juga dijual dalam bentuk bungkusan, sehingga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

21. Marzipan

oleh oleh khas turki
Sumber: elevegan.com

Marzipan adalah olahan yang dikenalkan ke orang Eropa oleh Turki dalam bentuk “badem ezmesi” atau pasta almond. Bentuk dari Marzipan sendiri diketahui mulai dikembangkan pada masa pemerintahan Raja Suleiman. Hingga saat ini, penjual Marzipan yang paling terkenal berada di bekas ibukota Ottoman, Edirne, tepatnya di toko keluarga Kecil Zade dan Aslanzadeh.

22. Es krim Maras

oleh oleh khas turki
Sumber: Medcom.id

Saat berkunjung ke kota Kahramanmaras, jangan sampai melewatkan es krim Maras. Es krim yang tercipta secara tidak sengaja saat proses pembuatan minuman Sahlep yang terbuat dari biji anggrek itu memiliki rasa yang enak. Uniknya dari es krim ini adalah terbuat dari susu kambing dan bisa bertahan hingga tiga hari apabila didinginkan dengan es kering membuat minuman satu ini kerap dijadikan oleh-oleh.

23. Hosmerim

Makanan yang berasal dari provinsi Balikesir ini adalah sajian penutup yang sering disajikan ketika musim panas tiba. Makanan ini bisa dibilang termasuk ke dalam makanan ringan dengan kandungan semolina dan keju ini sudah ada sejak 500 tahun lalu Untuk mendapatkan makanan ini, kamu bisa mengunjungi distrik Havran Balikesir.

24. Pismaniye

oleh oleh khas turki
Sumber: IDN Times

Pi?maniye merupakan salah satu makanan Turki dengan rasa manis yang khas dan tekstur yang halus. Hidangan ini sudah dikenal sejak awal abad ke-15 ini terbuat dari campuran tepung, mentega, dan gula yang dipanggang.

25. Gantungan Kunci Khas Turki

Sama halnya dengan negara lain yang selalu souvenir khasnya masing-masing, karena di Turki Anda juga menjadikan gantungan kunci sebagai oleh-oleh khas Turki untuk dibawa pulang dan dibagi-bagikan.

Gantungan kunci ini walaupun terbilang benda yang simpel, tetapi gantungan kunci ini bisa dibilang merupakan benda yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Terlebih lagi, harga dari gantungan kunci ini relatif murah atau terjangkau.

26. Magnet Kulkas Khas Turki

Souvenir berupa magnet Turki ini memiliki ciri khasnya sendiri. Hal ini karena magnet ini memiliki desain icon-icon terkenal di negara Turki. Tidak hanya itu, harga dari souvenir yang satu ini bisa dikatakan murah meriah, tapi tetap menjadi souvenir yang hits di kalangan wisatawan asing.

https://www.gramedia.com/products/travel-and-talk-turkish?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/travel-and-talk-turkish?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penutup

Untuk pergi ke Turki pastinya membutuhkan biaya yang tidak murah. Meski begitu, ketika sampai di Turki, kamu akan menemukan berbagai macam tempat wisata yang sangat indah, sehingga liburan pun akan terasa menyenangkan.

Demikian pembahasan tentang oleh-oleh khas Turki. Setelah membaca artikel ini sampai selesai, apakah kamu tertarik untuk membeli oleh-oleh khas Turki yang sangat indah?

Jika kamu ingin mencari berbagai macam buku tentang Turki atau tempat wisata di negara lainnya, maka bisa mendapatkannya di Gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi