in

Rekomendasi Game PS3 Terbaik yang Wajib Kamu Coba Sekali Seumur Hidup

Game ps3 – PlayStation 3 atau biasa disebut PS3 menjadi konsol favorit sampai sekarang bagi para pecinta game. Kamu bisa jadi adalah salah satu orang yang bisa dengan mudah membeli konsol sekaligus berbagai jenis gamenya di toko game.

Meskipun PlayStation 4 sudah dirilis pada tahun 2013 lalu dengan berbagai fitur yang lebih menarik, tetapi Sony tetap belum benar-benar menghilangkan PS3 dari pemasukan mereka di pasar dunia.

Sony sebagai perusahaan yang memproduksi Playstation pun tetap menjual berbagai game PS3 di PlayStation Store. Perlu kamu tahu, ada banyak sekali game PS3 yang dijual dengan harga murah atau diskon. Bagi kamu yang masih memiliki atau punya rencana untuk membeli konsol PS3, Gramedia.com akan memberikan rekomendasi game PS3 terbaik yang cocok untuk mengisi waktu luangmu.

Nah, berikut ini adalah deretan game PS3 terbaik yang bisa kamu pilih untuk menemani keseharianmu. Yuk simak ulasan selengkapnya!

Rekomendasi Game PS3 Terbaik

1. Grand Theft Auto V

liputan6.com

Grand Theft Auto atau biasa disebut GTA V bisa dikatakan sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa. Seri game Grand Theft Auto yang paling populer ini masih banyak dimainkan para pecinta game hingga sekarang. Dengan grafis yang sangat ciamik dan jalan cerita yang sangat seru, game garapan Rockstar Games ini layak mendapat predikat sebagai game terbaik sepanjang masa.

Sebelum sekarang bisa dimainkan di PS4, game GTA V sudah lama dimainkan di game PS3. Dengan game ini, kamu bakal secara bergantian memainkan tiga karakter utama, yakni Franklin, Michael, dan Travis. Tiga karakter tersebut memiliki jalan ceritanya masing-masing.

Sebagus apa plot game GTA V yang digadang-gadang sebagai game terbaik sepanjang masa ini? Sebaiknya kamu langsung mainkan saja. Hal yang wajib kamu ingat sebelum memainkan game yang sangat luas ini, kamu perlu menyiapkan waktu yang cukup untuk fokus ke permainan.

Selain itu, ada baiknya kamu sudah memiliki umur yang cukup untuk memainkan GTA V. Dan, jangan lupa untuk mengakses GTA V cheat PS3 untuk menambah keseruan dalam memainkannya.

2. Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots

wikipedia

Game PS3 yang wajib kamu mainkan adalah Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots. Game yang produksi oleh Kojima Productions ini akan membuat kamu berperan sebagai Solid Snake versi tua. Meskipun demikian, Solid Snake tetaplah Solid Snake. Karakter yang dijamin tetap prima dalam menuntaskan berbagai misi yang diberikan.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

Sementara itu, di dalam game Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots diberikan berbagai perlengkapan modern. Fitur ini tentu akan menjadikan kamu semakin menambah keseruan dan bakal sulit untuk tidak ketagihan. Ditambah lagi, Kamu juga bakal dilengkapi dengan beberapa gadget yang super canggih, sebut saja seperti baju kamuflase, sebuah buddy robot, hingga Psyche Meter.

Selayaknya Metal Gear Solid seri sebelumnya, Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots tetap menyuguhkan sebuah cerita yang sangat twisted. Pengembangan di seri ini tentu akan sangat menarik daripada seri sebelumnya. Tak heran, apabila Game yang satu ini mendapatkan ulasan sempurna dan dinobatkan sebagai salah satu game stealth terbaik sepanjang masa.

3. Dead Space 2

wikipedia

Rekomendasi game PS3 selanjutnya adalah Dead Space 2. Game yang bertema tentang survival horor ini merupakan besutan dari sebuah perusahaan bernama Visceral Games. Game ini menyuguhkan cara bermain dengan sudut pandang orang ketiga. Alhasil, Dead Space 2 akan memberikan tantangan kepada pemain agar bisa bertahan hidup dari berbagai teror menakutkan yang berasal dari alien.

Dalam Dead Space 2, para pemain akan berperan sebagai Issac Clarke, seorang teknisi yang memiliki tugas untuk memperbaiki kapal luar angkasa USG Ishimura. Namun, teknisi tersebut akan mengalami hambatan yang sangat berat karena kapal luar angkasa sudah dikuasai oleh alien yang disebut Necromorphs.

Upaya untuk memperbaiki kapal luar angkasa ini akan terasa sangat mencekam. Selain itu, kamu juga akan dibekali berbagai peralatan canggih untuk menyelesaikan misi.

Dead Space 2 bisa dikatakan salah satu game yang menarik di PS3. Game ini memiliki tingkat kesulitan hingga 5 level, mulai dari casual, normal, survivalist, zealot, sampai hardcore. Nah, untuk tingkat tersulit atau hardcode, kamu sebagai pemain memiliki tantangan untuk merasakan ketakutan yang sangat luar biasa. Hal ini dikarenakan ada alien Necromorph yang jauh lebih lincah dan kuat daripada mode di bawahnya.

4. Batman: Arkham City

wikipedia

Game PS3 ini sangat cocok bagi para penggemar DC Comics, yakni Batman: Arkham City. Game ini menjadi salah satu yang paling direkomendasikan untuk kamu yang ingin memainkan konsol PS3. Dengan game ini, pemain bakal memiliki kontrol terhadap karakter  Batman buat berkeliling Gotham City hingga menjelajahi berbagai gedung-gedung tuanya.

Selayaknya karakter Batman di komik maupun filmnya, tugas Batman dalam game ini juga untuk menangkap seluruh penjahat kelas atas di sana.

Batman: Arkham City menghadirkan cara bermain yang seru dan penuh aksi serta grafis yang sangat menarik. Selain itu, ada juga beberapa side quest yang bisa kamu pilih ketika sedang bosan dengan main quest-nya. Side quest yang diberikan pun cukup unik, seperti mengumpulkan tanda dari Ridler hingga memecahkan balon dengan batarang.

5. Red Dead Redemption

wikipedia

Bagi para penggemar game seperti Grand Theft Auto pasti akan menyukai Red Dead Redemption. Red Dead Redemption menjadi satu bukti keperkasaan Rockstar Games dalam developer game. Tak heran, apabila banyak orang yang mengatakan bahwa  Rockstar Games hampir selalu berhasil dalam mengembangkan sebuah game.

Dalam Red Dead Redemption, kamu akan merasakan zaman koboi di tanah Amerika. Di sana, kamu juga bakal merasakan bagaimana usaha bertahan hidup di zaman tersebut. Ada banyak sekali misi yang harus dilakukan para koboi, misalnya membunuh binatang yang  mengganggu ternak hingga  menjadi pengembala banteng. Namun, tugas berat koboimu bakal menjadi serius pada saat seluruh musuh yang ada di dalam game telah berubah menjadi zombie.

6. The Last of Us

wikipedia

Game PS3 berikutnya merupakan The Last of Us. Salah satu game dengan genre horor dengan grafis terbaik pada zamannya. Game ini menceritakan tentang wabah penyakit yang mengubah manusia menjadi monster yang sangat mematikan.

Alhasil, pemain bakal dipaksa untuk melakukan petualangan untuk menemukan jawaban dari wabah. Tak heran, selain grafisnya yang juara, para pecinta mengakui bahwa The Last of Us menjadi salah satu game dengan jalan cerita yang sangat seru dan menegangkan.

7. Uncharted 2: Among Thieves

wikipedia

Seri game Uncharted bisa dikatakan sebagai salah satu game PS3 terbaik sepanjang masa, terutama Uncharted 2: Among Thieves. Game ini menyajikan alur cerita yang sangat kompleks dengan gameplay yang sangat seru. Selain itu, kamu juga bakal sangat menikmati grafis yang sangat luar biasa dalam game ini.

Uncharted 2: Among Thieves akan membawa masuk ke dalam cerita Nathan Drake menjelajahi alam liar. Meskipun pada seri pertama terasa masih menjadi awal terbentuknya karakter Nathan Drake. Seri kedua game ini terbukti sangat seru dan bisa bikin kamu kecanduan pada saat memainkannya.

8. Persona 5

wikipedia

Game PS3 terbaik selanjutnya ada Persona 5. Persona 5 merupakan game keenam dari seri persona yang masuk dalam Megami Tensei. Game Persona 5 memang awalnya dimasukkan untuk PS3. Bagi kamu yang sudah suka game Persona sejak dulu, maka kamu bakal makin jatuh cinta dengan Persona 5 ini. Hal ini yang menjadikan Persona 5 dianggap sebagai salah satu game RPG terbaik sepanjang masa.

Game Persona 5 ini menceritakan tentang seorang tokoh protagonis yang semenjak pindah ke Akademi Shujin, ia dan teman-temannya berhasil membangkitkan kekuatan persona untuk mengalahkan para monster. Kemudian, mereka menyamar menjadi kelompok bertopeng yang bernama “Phantom Thieves of Hearts”.

Selain itu, kamu juga bakal mengontrol kehidupan sang karakter anak SMA itu, mulai dari mencari pekerjaan sampingan, berhubungan dengan karakter lain, sampai membangun hubungan yang bisa meningkatkan kekuatanmu di Metaverse atau dunia paralel yang dipenuhi para monster jahat.

Atlus sebagai developer game ini menghadirkan banyak formula yang membuat Persona semakin dicintai para penggemarnya. Meskipun Game Persona 5 di PS3 tidak seciamik pada saat dimainkan di PS4. Namun, Persona 5 sebagai game PS3 tetap memberikan jaminan bagi kamu untuk menikmatinya.

9. Dark Souls

wikipedia

Dark Souls menjadi salah satu game yang wajib kamu coba di konsol PS3. Pasalnya, game ini dikenal sebagai game dengan tingkat kesulitan yang bisa bikin para pemainnya menjadi frustasi. Karakter yang kamu mainkan akan menghadapi berbagai boss yang ada.

Selanjutnya, kamu bisa dengan mudah terbunuh dalam beberapa kali serang saja. Nah, supaya kamu mengalahkan boss tersebut, kamu perlu bersabar dan membaca pergerakannya dengan sangat cermat.

Karakter yang akan kamu mainkan dalam game ini dijamin bisa mati berkali-kali hingga ratusan kali. Namun, disitulah letak keseruan dari Dark Souls. Kamu akan ditantang untuk menyelesaikan game ini, lengkap dengan berbagai puzzle yang ada.

Cara berpikir kreatif sangat dituntut dalam game ini. Selain itu, kamu juga memiliki kebebasan untuk menemukan cara mengalahkan musuh. Maka dari itu, kunci keberhasilan game ini adalah menjadi kreatif.

10. Call of Duty: Modern Warfare 3

wikipedia

Call of Duty: Modern Warfare 3 betul-betul tampil sangat segar sebagai game PS3. Game yang satu ini mendapatkan banyak pujian. Banyak orang juga meyakini bahwa tidak akan ada game Call of Duty tanpa Modern Warfare. Game yang rilis pada tahun 2011 ini menjadi game penutup untuk serinya.

Game yang menceritakan tentang akhir konflik antara John Price dan Makarov ini memiliki banyak kejutan, mulai dari plot-plot ceritanya hingga cerita dari mode single player yang sangat seru. Call of Duty: Modern Warfare 3 juga menjadi perintis dari keseruan dunia tembak-tembakan versi konsol. Nah, akibat anggapan game terbaik tersebut, Call of Duty dibuat versi remake-nya di PS4.

11. God of War III

wikipedia

Meskipun God of War III sudah bisa dimainkan di konsol PS4, tetapi game ini pertama kali hadir di PS3. Bagi kamu yang menyukai game God of War, tentu kamu bakal mengetahui alasan God of War III sebagai salah satu game PS3 terbaik yang pernah ada.

God of War III merupakan seri lanjutan yang menceritakan pertarungan Kratos dengan ayahnya, bernama Zeus. Seri ini merupakan merupakan konklusi pertikaian antara Kratos dan Zeus. Sony Santa Monica berhasil meracik alur cerita game ini dengan sangat luar biasa.

Selain itu, God of War III juga memiliki banyak momen memorable, seperti pada saat  adegan pembuka, Kratos yang saat itu harus memanjat gunung Olimpus melakoni pertarungan dengan Poseidon. Nah, bagi kamu belum percaya? Kamu wajib mencoba game PS3 terbaik ini.

12. Heavy Rain

wikipedia

Salah satu game PS3 yang memiliki alur yang sangat kuat yakni Heavy Rain. Heavy Rain merupakan sebuah game yang akan membuat kamu memainkan beberapa sudut pandang orang sekaligus. Beberapa orang yang kamu memainkan sekaligus itu punya jalan cerita dan karakter berbeda-beda. Menariknya, dari beberapa orang tersebut bakal menjadi satu dalam satu alur benang merah yang sama.

Cerita Heavy Rain sendiri memiliki akan berkutat soal seorang anak yang hilang di masa lalu. Setelah beberapa tahun berjalan, kasus yang sama kembali terjadi. Kamu bakal berperan sebagai salah satu detektif yang mendapatkan tugas untuk memecahkan kasus tersebut.

Game ini sangat interaktif, kamu bisa melakukan interaksi dengan berbagai objek yang ada. Namun, kamu juga perlu berhati-hati. Segala aksi dan tindakan yang kamu lakukan bisa mengubah jalan cerita. Hal tersebut bisa jadi bakal membuat karakter yang kamu mainkan bisa celaka.

13. Sleeping Dogs

wikipedia

Pada awal rilis, Sleeping Dogs menjadi game PS3 yang banyak mendapat cacian. Game ini dikenal sebagai rip off dari game GTA. Namun, berselang beberapa waktu, Sleeping Dogs justru mendapatkan banyak pujian. Salah satu pujian ini diberikan untuk alur ceritanya. Ketika memainkan game ini, Kamu akan menjadi Wei Shen, seorang polisi Hong Kong yang melakukan penyamaran sebagai Triad.

Dikarenakan memiliki kehidupan ganda, Wei Shen kebingungan untuk membela kebenaran atau teman-temannya di Triad. Namun, masalah Sleeping Dogs hingga saat ini yaitu belum ada penggarapan yang serius dari developer.

14. Portal 2

wikipedia

Dari banyak game PS3 sebelumnya, Portal 2 menjadi salah satu game terunik yang wajib direkomendasikan. Pada seri pertamanya, game ini sudah sangat dicintai oleh banyak gamer. Sebagai penerusnya, Portal 2 sukses melanjutkan keseruan yang diberikan dari seri pertama. Tak heran, apabila game yang dikembangkan oleh Valve ini menjadi salah satu game PS3 terbaik yang pernah ada.

Portal 2 menyuguhkan berbagai keseruan yang lebih besar dari Portal 1, mulai dari alur cerita yang lebih lucu, permainan yang juga lebih panjang, hingga puzzle yang lebih menantang. Ditambah lagi, Portal 2 menyajikan co-op terbaik dalam sejarah dunia game.

15. Ultra Street Fighter 4

Game PS3 berikutnya tentang genre fighting, yakni Ultra Street Fighter 4. Di dalam game ini ada 44 jagoan lama yang bisa kamu mainkan, sebut saja seperti Ryu, Ken, Dhalsim, Akuma, dan seterusnya. Tidak hanya itu, ada juga 5 jagoan baru yang wajib kamu coba, yaitu  Decapre, Elena, Hugo, Poison, dan Rolento.

Ultra Street Fighter 4 bisa dikatakan adalah puncak dari seri Street Fighter 4. Hal ini dikarenakan hadirnya karakter jagoan yang lebih lengkap dan berimbang. Pada seri ini juga dibekali grafis yang lebih menarik dan sangat memanjakan mata.

16. Journey

Journey merupakan game PS3 yang menawarkan kedamaian. Sejak dirilis pada tahun 2012 silam, game ini bisa dikatakan sebagai salah satu game terbaik yang pernah ada. Pada saat memainkan game ini, kamu bakal terhanyut dalam sebuah perjalanan spiritual. Kamu seakan-akan menjadi seorang pria misterius yang memakai jubah berwarna merah untuk menjelajahi gunung dan berselancar pasir sembari diiringi musiknya yang sangat damai.

17. Ni no Kuni: Wrath of the Witch

Rekomendasi game PS3 yang terakhir ini sangat cocok bagi kamu yang suka anime dari Studio Ghibli. Level-5 sebagai developer dari game ini melakukan kolaborasi dengan Studio Ghibli untuk membuat satu game bergenre role-playing. Alhasil, banyak karakter dalam game ini yang se-menggemaskan karakter Ghibli. Ni no Kuni: Wrath of the Witch membutuhkan waktu lebih dari 20 jam untuk diselesaikan. Namun, kamu bakal dijamin puas pada saat memainkan game ini.

Demikian penjelasan tentang game PS3 yang harus kamu mainkan. Bagi Grameds yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang game lainnya dapat membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Umam

Sumber: 

  • https://review.bukalapak.com/techno/game-playstation-3-ps3-terbaik-38989
  • https://duniagames.co.id/discover/article/game-ps3-terbaik

 



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    93% 93% 1.2k / 1.3k
  • Tidak
    6% 6% 93 / 1.3k


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.