in

Rekomendasi 8 Wisata Alam Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi

travelspromo.com

Wisata Alam Semarang – Semarang menjadi salah satu kota yang menarik untuk dikunjungi ketika liburan tiba. Hal ini tak lain, karena destinasinya yang sangat beragam mulai dari destinasi dengan nuansa alam, berbagai situs sejarah, hingga wisata budaya yang tersebar di Kabupaten hingga Kota Semarang atau bahkan hingga di berbagai daerah di wilayah Semarang.

Jika kamu masih bingung menentukan tempat wisata alam yang bagus ketika pergi ke Semarang, maka bisa simak artikel ini, Grameds. Berikut di bawah ini adalah rekomendasi beberapa tempat wisata di Semarang yang wajib kamu kunjungi, apa sajakah itu?

Rekomendasi Wisata Alam Semarang

1. Kawasan Wisata Umbul Sidomukti

Wisata Alam Semarang
travel.kompas.com

Umbul Sidomukti menjadi salah satu destinasi di Semarang yang wajib kamu kunjungi. Berdiri sejak tahun 2007. Dirangkum dari laman resmi Umbul Sidomukti, area wisata ini kemudian memiliki Taman Renang Alam yang ditunjang juga dengan Wahana Pacu Adrenalin, Cafetaria, Area outbond, dan lain-lain.

Di Kawasan Wisata Umbul Sidomukti juga terdapat pondok lesehan ikan bakar, pondok kopi atau kafe di atas awan dengan pemandangan 5 gunung, sehingga bisa melihat pemandangan sekaligus menikmati makanan yang lezat.

2. Gunung Telomoyo, Kabupaten Semarang

Wisata Alam Semarang
travel.kompas.com

Selanjutnya, tempat wisata di Semarang yang wajib kamu kunjungi adalah Gunung Telomoyo yang memiliki ketinggian 1.894 mdpl. Dirangkum dari laman Pemerintah Kabupaten Semarang, gunung ini sendiri terkenal dengan wisata Samudra Awan yang dapat disaksikan langsung dari beberapa titik.

Tak hanya itu, Gunung Telomoyo juga menjadi favorit bagi para wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, karena menawarkan panorama indah pada sejumlah gunung di sekitarnya, seperti Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Ungaran, Gunung Andong, dan Gunung Sumbing.

Selain itu, Gunung Telomoyo yang berlokasi di Desa Sepakung, Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini memiliki hutan pinus yang sangat eksotis. Wisatawan juga dapat melihat pemandangan perkampungan penduduk dari atas ketinggian.

3. Grand Maerakaca, Semarang

Wisata Alam Semarang
regional.kompas.com

Tempat wisata di Semarang selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Grand Maerakaca yang dulu bernama Puri Maerakaca. Grand Maerakaca ini berada di kawasan PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan) di Jawa Tengah, di komplek Tawang Mas Semarang Barat, letaknya tak jauh dari Pantai Marina.

Dirangkum dari laman Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah, taman ini telah diresmikan oleh Gubernur Ismail sejak tahun 1980-an. Grand Maerakaca yang merupakan Pusat Rekreasi Taman Budaya Jawa Tengah yang bisa dibilang sebagai mininya provinsi Jawa Tengah karena di dalamnya juga terdapat 35 anjungan yang kemudian menjadi cerminan dari 35 kabupaten dan kotamadya yang ada di provinsi Jawa Tengah.

Tak hanya 35 anjungan itu saja, di Grand Maerakaca juga terdapat miniatur peninggalan sejarah serta berbagai obyek wisata yang populer di Jawa Tengah seperti diantaranya Candi Borobudur, Benteng Pendhem, Masjid Menara Kudus, Masjid Agung Demak dan lain-lain. Selain itu, Grand Maerakaca juga dilengkapi dengan sarana rekreasi seperti becak air, perahu unik dengan atapnya yang berbentuk daun, area permainan anak hingga outbond.

4. Kampoeng Kopi Banaran

Wisata Alam Semarang
travel.kompas.com

Kampoeng Kopi Banaran menjadi salah satu wisata Semarang yang terletak di Area Perkebunan Kopi Kebun Getas Afdeling Assinan tepatnya di Jl. Raya Semarang – Solo Km. 35. Dirangkum dari laman Kampoeng Kopi Banaran, tempat ini kemudian berada di ketinggian 480–600 m dpl dengan suhu udara sejuk di antara 23–27 derajat Celcius.

Kampoeng Kopi Banaran juga memiliki beberapa fasilitas seperti diantaranya arena bermain anak atau Playground), Corporate Gathering, serta Jogging Track, Outbound Team Building, Kolam Renang, Gazebo, Resort & Hotel, serta Musholla, Meeting Room, Ballroom, Family Gathering, serta Jelajah Kebun dengan ATV, Off Road dan juga Kereta Wisata.

Selain itu, Kampoeng Kopi Banaran juga dikelilingi oleh panorama tujuh gunung, diantaranya adalah Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Andong, Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. Dengan begitu, wisatawan yang berkunjung juga dapat menikmati pemandangan langsung ke Rawa Pening.

5. Taman Bunga Celosia Bandungan Taman

Wisata Alam Semarang
travel.kompas.com

Salah satu wisata Semarang yang populer adalah Taman Bunga Celosia sebagai destinasi wisata di lereng kaki gunung Ungaran, Bandungan Kabupaten Semarang. Pemandangan sekitarnya sendiri sangat khas dengan pegunungan, ditambah juga dengan iklim yang sejuk kemudian membuat wisatawan berkunjung ke Taman Bunga Celosia.

Taman Bunga Celosia ini dibangun dengan konsep kekinian sebagai taman bunga, spot foto, wahana permainan dan cafe garden (kuliner). Taman Bunga Celosia ini mulai dibuka pada pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Sementara itu, harga tiketnya Taman Bunga Celosia adalah Rp. 20.000 pada weekday dan Rp. 25.000 di hari-hari weekend per orang.

6. Hutan Mangrove Pantai Maron

Wisata Alam Semarang
piknikasik.com

Destinasi wisata alam Semarang berikutnya ialah Hutan Mangrove Pantai Maron. Hutan mangrove ini juga sangat cocok dikunjungi oleh keluarga dan bagi kamu yang senang berswafoto. Pasalnya, salah satu destinasi wisata Semarang ini memiliki spot foto yang Instagramable.

Aktivitas yang dapat dilakukan di sini sendiri mulai dari menyusuri jembatan bambu yang sudah disediakan, atau bisa juga naik ke spot gazebo tinggi untuk kemudian melihat secara keseluruhan wisata alam satu ini.

7. Rawa Pening

Wisata Alam Semarang
travel.kompas.com

Rawa Pening sebagai salah satu destinasi di Semarang yang wajib dikunjungi. Rawa Pening merupakan danau alami dengan luas 2.670 hektar serta terletak di empat wilayah kecamatan di Kabupaten Semarang, yaitu pada Kecamatan Bawen, Ambarawa, Tuntang, dan Banyubiru.

Dikutip dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, Rawa Pening berada di cekungan antara Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran. Hampir setengah dari luas Rawa Pening ini dipenuhi dengan tumbuhan eceng gondok. Wisatawan dapat mencoba mengitari Rawa Pening dengan menggunakan perahu yang disewakan warga sekitar. Biaya yang dikeluarkan cukup murah, yakni hanya sebesar Rp. 30.000,- saja untuk dapat berkeliling Rawa Pening selama 40 menit.

Wisatawan juga dapat menikmati Kampung Rawa serta rumah makan apung. Selain itu, tersedia juga berbagai wahana bermain, seperti becak mini, perahu karet, juga ada bebek air, serta wisata perahu yang mengelilingi danau Rawa Pening. Objek wisata Rawa Pening ini mulai dibuka dari pukul 8 pagi hingga pukul 9 malam. Biaya tiket masuk yang dikenakan adalah sebesar Rp2.500,- per orang. Biaya yang sangat murah bukan!

8. Dusun Semilir Bandungan

travel.kompas.com

Dusun Semilir merupakan salah satu destinasi di Semarang yang memiliki konsep beragam, mulai dari wisata air, wisata permainan, wisata foto, wisata makanan, dan lain-lain. Bangunan utama di Dusun Semilir ini dan sekaligus yang menjadi salah satu daya tarik pengunjung, adalah kubah yang didesain mirip dengan Candi Borobudur.

Kemudian, ada juga wahana berupa perosotan raksasa warna-warni yang panjangnya mencapai 120 meter dengan tinggi 40 meter. Selain harus mencoba perosotan raksasa, pengunjung juga dapat menikmati sejumlah hiburan yang ditawarkan di Dusun Semilir. Tidak hanya foto-foto atau bersantai sambil berbagai bermain di beberapa wahana saja, tetapi wisatawan juga dapat menikmati live music.

Live music di Dusun Semilir juga unik karena biasanya akan diiringi dengan alat musik angklung serta saksofon. Tersedia juga berbagai wahana permainan anak-anak, mulai dari kereta, boom-boom car, trem, hingga playground yang luas. Sementara itu, pengunjung remaja dan dewasa juga dapat bermain perosotan, panahan, tembak-tembakkan hingga naik ATV, JIP, kamu juga bisa menaiki sepeda listrik, atau berwisata ke omah suwung.

Dikutip dari laman resminya, pada Juni 2022, Dusun Semilir buka setiap hari, mulai pukul 09.00 – 18.00 WIB di weekday, serta pukul 08.00 – 20.00 WIB di weekend. Sedangkan, HTM weekdays Rp30.000,- dan weekends/Tanggal Merah Rp. 40.000.

9. Agrowisata Kopeng Gunungsari

travel.kompas.com

Agrowisata Kopeng Gunungsari juga menjadi salah satu tempat wisata di Semarang yang wajib ditandatangani. Obyek wisata ini sendiri terletak di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Agrowisata Kopeng Gunungsari sendiri menyajikan perpaduan keindahan taman bunga yang berpadu dengan kebun buah jambu. Tiket masuk dibanderol dengan harga Rp. 20.000 dengan bonus makan jambu gratis. Untuk pelajar serta anak-anak, harga tiketnya adalah Rp. 10.000.

10. Saloka Theme Park

regional.kompas.com

Saloka Theme Park sebagai salah satu taman rekreasi yang terletak di Jalan Fatmawati No 154, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah. Saloka Theme Park ini berdiri di atas lahan seluas 12 Hektare, dan memiliki 25 wahana yang terbagi ke dalam 5 zona permainan, yaitu diantaranya zona Pesisir, zona Balalantar, zona Kamayayi, zona Ararya, dan zona Segara Prada.

Selain itu, terdapat beberapa pilihan restoran, café, dan foodtruck yang kemudian menawarkan berbagai makanan-minuman yang memanjakan lidah untuk bersantai. Saloka Theme Park juga memiliki pertunjukan Baru Klinthing.

Harga tiket Saloka Theme Park pada weekdays dibanderol dengan harga Rp 120.000 per orang, sementara pada weekend seharga Rp150.000 per orang. Tiket ini dapat dipesan melalui laman salokapark.com, pembayaran tiket dapat dilakukan di minimarket, bank, atau layanan pembayaran secara online. Jam buka Saloka Theme Park pada weekdays mulai pukul 10.00-18.00 WIB. Sedangkan pada weekend, wisatawan dapat menikmati permainan di Saloka Theme Park mulai pukul 10.00-19.00 WIB.

11. Klenteng Sam Po Kong

travel.kompas.com

Tempat wisata di Semarang lainnya adalah Klenteng Sam Po Kong yang terletak di Jalan Simongan Raya No.129, Bongsari, Semarang Barat, Kota Semarang. Klenteng Sam Poo Kong sebagai kelenteng yang saat masih digunakan sebagai tempat ibadah bagi para umat Khonghucu. Selain untuk tempat ibadah, Klenteng Sam Poo Kong kemudian juga dapat dikunjungi oleh wisatawan untuk melihat berbagai akulturasi budaya China dengan adat Jawa. Sam Poo Kong menjadi saksi bisu perjalanan Laksamana Cheng Ho saat ia pertama kali menginjakkan kakinya di Pulau Jawa.

12. Kota Lama Semarang

travel.kompas.com

Kota Lama Semarang menjadi destinasi berikutnya wajib kamu tandangi, terletak di Jalan Letnan Jenderal Suprapto, Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Area Kota Lama Semarang atau yang sering disebut juga sebagai Outstadt atau Little Netherland karena terdapat gedung-gedung yang dibangun sejak zaman Belanda.

Secara umum karakter bangunan di wilayah ini mengikuti bangunan-bangunan di wilayah Eropa pada sekitar tahun 1700-an. Hal ini sendiri dapat dilihat dari detail bangunan yang khas serta dari ornamen-ornamen yang identik dengan gaya Eropa. Misalnya saja dari ukuran pintu dan jendela yang luar biasa besar, juga penggunaan kaca-kaca berwarna, serta bentuk atap yang unik, hingga adanya ruang pada area bawah tanah.

Demikian 12 rekomendasi wisata alam Semarang yang wajib kamu tandangi. Lalu, wisata alam Semarang yang mana yang akan kamu kunjungi ketika hari libur tiba?

Buku-Buku Terkait

1. Wisata Kuliner Makanan Daerah Khas Semarang

“Apakah Anda pecinta wisata kuliner? Apakah Anda rindu makanan khas daerah asal Anda? Apakah Anda ingin merasakan berbagai makanan khas daerah Nusantara? Tak perlu khawatir, Anda tak perlu keliling Indonesia untuk berwisata kuliner. Anda juga tak perlu pulang ke kampung halaman untuk mengobati rasa rindu pada makanan daerah asal Anda. Anda cukup memiliki buku ini untuk menikmati wisata kuliner makanan khas Semarang.Buku ini menyajikan resep masakan yang merupakan replikasi dari sajian warung makan yang penulis kunjungi langsung ke lokasinya. Dengan memiliki buku ini Anda dapat mencicipi masakan khas Semarang tanpa harus jauh-jauh datang ke kota asalnya. Salah satu pilihan bagi para penikmat makanan Nusantara yang belum pernah atau ingin bernostalgia merasakan kelezatan masakan khas suatu daerah. Lebih penting lagi, dengan mempraktikkan resep-resep masakan yang ada di buku ini, Anda ikut melestarikan kuliner indonesia.”

2. Kuliner Semarangan

Buku Kuliner Semarangan merupakan kumpulan informasi tentang sejarah dan asal usul kuliner pada 10 Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah bagian utara, yaitu Batang, Kendal, Semarang, Demak, Kudus, Jepara, Pati, Rembang beserta Lasem, Blora, dan Grobogan beserta Purwodadi. Ternyata di berbagai daerah kuliner ini terdapat makanan yang riwayatnya unik seperti dawet yang bermula dari Kecamatan Pesantenan di Pati. Kemudian lumpia Semarang, wingko babat, dan mochi yang asal usulnya cukup unik dan kini menjadi makanan khas yang sering digunakan sebagai oleh-oleh khas Semarang. Siapa yang tidak kenal sate bumbon, sate kempleng, sate Blora, dan sate kerbau?

Di sini pun dibahas. Ada pula ulasan tentang soto Kudus yang terkenal itu ternyata simbol toleransi agama yang mengakar sejak zaman dahulu. Daerah Semarangan ini pun gudangnya produk kuliner soto, sebut saja soto bangkong, soto Jepara, soto bumbu, dan soto Rembang. Dari Lasem dan Rembang tidak ketinggalan daya tarik lontong tuyuhan dan pindang iwak tempe. Belum lagi berbagai produk kuliner khas yang terkenal seperti olahan daging sapi dari Salatiga serta aneka set menu nasi seperti nasi jangkrik dan nasi gandul. Ternyata Semarangan juga gudangnya sate, sebut saja sate bumbon, sate kempleng, sate Blora, dan sate kerbau. Ratusan hidangan lain terdiri atas berbagai kudapan dan lauk-pauk di 10 Kabupaten ini dikupas tuntas di dalam buku ini. Sungguh ragam kuliner Semarangan merupakan gambaran kekayaan kuliner Indonesia yang pantas dikagumi oleh semua anak bangsa.

3. Pecinan Semarang

“Perjalanan seribu mil diawali dengan satu langkah.” –Pepatah Cina. Terik, hiruk-pikuk kendaraan, keramaian, dan aroma hio adalah beberapa hal yang langsung tertangkap begitu memasuki kawasan Pecinan Semarang pada siang hari. Kawasan yang menyimpan sejarah panjang serta peninggalan budaya berharga ini seolah-olah terselimuti oleh aktivitas bisnis yang sekarang menguasai sepanjang jalannya, namun Pecinan Semarang tetap tidak kehilangan pesonanya. Menyusuri jalan-jalan kecil di Pecinan Semarang membawa kita menemukan jejak-jejak tradisi khas peranakan Tionghoa yang bercampur dengan kebudayaan setempat. Hingga kini, tradisi itu masih lestari. Di tengah kepadatan dan kesibukannya, Pecinan Semarang masih bisa memberikan sajian yang menarik bagi pengunjungnya. Buku ini adalah langkah pertama untuk menelusuri Pecinan Semarang, membaca kisah di setiap sudutnya, dan memanjakan mata dengan keindahannya.

Jika kamu ingin mencari buku yang berkaitan dengan Semarang terutama kulinernya, maka bisa menemukan bukunya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Sofyan

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. 20 Wisata Wonosobo Terbaik dan Wajib Dikunjungi untuk Wisata dan Healing
  2. 25 Tempat Wisata di Jakarta yang Populer
  3. 16 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kalian Kunjungi
  4. 15 Kota Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi Ketika Liburan
  5. 10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui!
  6. 12 Destinasi Kota Terindah di Dunia

Written by Ananda