in

8 Tempat Wisata di Puncak Bogor yang Seru dan Asyik

Sumber: Unsplash

Tempat wisata di Puncak – Ketika sudah memasuki periode libur, satu hal yang banyak orang lakukan untuk mengisi waktu adalah berwisata ke tempat yang jauh dari rumah mereka. Selain itu, alasan di balik perjalanan wisata itu sendiri beragam, mulai dari sekedar ingin keluar rumah, tertarik dengan lokasi wisata, hingga melepas penat.

Setiap orang memiliki preferensi wisata mereka tersendiri. Ada orang yang memilih untuk berwisata ke pantai, serta ada juga yang lebih suka pergi ke gunung. Ada orang yang senang untuk pergi ke luar negeri, dan ada juga yang ingin mencari tempat wisata di dalam negeri saja.

Terlepas dari preferensi pribadi, selama mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan dari lokasi wisata tersebut, itu semua sah-sah saja. Lagipula, pada akhirnya, tujuan seseorang berwisata adalah untuk bersenang-senang ketika memiliki waktu luang.

Tempat Wisata di Puncak

Berbicara mengenai tujuan wisata, warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya Puncak Bogor. Namun, bagi Grameds yang tinggal di daerah luar Jabodetabek, mungkin masih terasa asing dengan tempat wisata yang satu ini.

Bagi yang belum tahu, Puncak merupakan sebuah kawasan pegunungan di daerah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata paling populer bagi masyarakat Jabodetabek dan kerap dikunjungi ketika memasuki periode libur panjang.

Meskipun begitu, tidak jarang juga Grameds bisa menemukan sejumlah warga dari daerah lain yang ingin menikmati liburan di Puncak. Bahkan, sesekali kalian bisa melihat wisatawan mancanegara dari negara-negara lain yang datang dan berwisata di Puncak.

Ada banyak sekali tempat wisata di Puncak yang menjadi sasaran pengunjung ketika mereka berlibur ke Puncak. Dapat dikatakan bahwa tempat wisata di Puncak amat bervariasi, dan rasanya mustahil untuk mengunjungi seluruh tempat tersebut meskipun kalian menghabiskan waktu libur kalian di tempat ini.

Pada artikel kali ini, Grameds akan mendapatkan referensi terkait sejumlah destinasi tempat wisata di Puncak yang mungkin dapat menarik perhatian kalian. Jadi, kalian tidak perlu lagi kebingungan untuk memilih tempat mana yang perlu kalian kunjungi ketika sedang berwisata ke Puncak. Yuk kita bahas satu per satu.

1. Bukit Gantole Puncak

tempat wisata di puncak
Sumber: Kompasiana

Apakah ada di antara Grameds yang senang untuk berolahraga sambil berwisata? Jika iya, maka Bukit Gantole Puncak bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok bagi kalian. Di sana, kalian bisa melakukan olahraga gantole atau alternatif lainnya yakni paralayang.

Gantole dan paralayang ini merupakan olahraga udara di mana seseorang akan terbang menggunakan semacam alat yang menyerupai parasut. Berbeda dengan parasut yang hanya akan turun ke bawah secara perlahan, Grameds bisa mengontrol dan menggerakan alat ini ke lokasi yang kalian inginkan.

Ketika kalian terbang di Puncak, kalian akan melihat pemandangan khas Puncak yang indah dan sejuk. Ini membuat olahraga yang seharusnya bisa memacu adrenalin, menjadi lebih halus dan tenang. Melakukan gantole dan paralayang di Puncak bisa menjadi pengalaman tidak terlupakan.

2. Curug Panjang

tempat wisata di puncak
Sumber: Wikipedia

Dalam Bahasa Sunda, kata “curug” memiliki arti sebagai “air terjun”. Sebagian dari Grameds mungkin sudah mengetahui kalau daerah Puncak memiliki sejumlah kawasan curug yang indah, sejuk dan menarik perhatian banyak wisatawan. Salah satu yang paling terkenal adalah Curug Panjang.

Rasanya tidak perlu dideskripsikan terkait bagaimana keindahan dan kesejukan yang tersaji pada Curug Panjang. Karena lokasinya terletak cukup jauh ke dalam hutan dengan jalanan yang masih belum rapi, Curug Panjang dapat dikatakan sebagai keindahan alam tersembunyi.

Perjalanan ke Curug Panjang memang memerlukan waktu yang tidak sebentar. Namun, setelah sampai di sana, Grameds bisa menikmati pemandangan alam dan bahkan sekalian bermain di bawah air terjun. Curug Panjang menjadi destinasi wisata yang cocok bagi kalian yang suka berwisata alam dan bermain air.

3. Talaga Warna Puncak

tempat wisata di puncak
Sumber: TripAdvisor

Jika pemandangan Curug Panjang di atas kurang sesuai dengan ekspektasi Grameds, kalian tidak perlu khawatir tidak bisa menemukan lokasi alam yang indah dan bisa memukau mata. Puncak juga memiliki sejumlah destinasi alam lain yang terkenal akan keindahan alamnya, salah satunya adalah Talaga Warna Puncak.

Talaga merupakan kata dalam bahasa Sunda yang memiliki arti “kolam”. Hal ini sesuai dengan bentuk Talaga Warna Puncak yang memang adalah danau. Konon, Talaga Warna Puncak memiliki berbagai macam asal-usul yang membuatnya memiliki nama seperti itu.

Yang jelas, Talaga Warna Puncak adalah destinasi wisata yang terkenal dengan keindahan pemandangannya. Selain pemandangan di danau, Talaga Warna Puncak juga dikelilingi oleh pengelola yang membangun sejumlah fasilitas bagi pengunjungnya, seperti penginapan, restoran dan outbound.

4. Taman Riung Gunung

tempat wisata di puncak
Sumber: Detikcom

Satu hal yang menjadi ciri khas bagi lokasi Puncak Bogor adalah tempat ini dikelilingi sejumlah perkebunan teh, menjadikan ini sebagai pemandangan yang Grameds akan sering lihat ketika berkunjung ke tempat wisata ini. Salah satu lokasi di mana Grameds bisa melihat perkebunan teh dari dekat adalah Taman Riung Gunung.

Taman Riung Gunung pada dasarnya merupakan lokasi perkebunan teh di mana wisatawan bisa datang dan mengelilingi tempat tersebut, melihat perkebunan teh di Puncak Bogor dari dekat. Pemandangan yang mayoritas diisi oleh warna hijau ini, pastinya bisa menyegarkan mata pengunjungnya.

Selain berjalan-jalan dan berkeliling di perkebunan teh, Grameds juga bisa menikmati fasilitas lain yang disediakan pengelola Taman Riung Gunung, mulai dari penginapan, restoran, kafe, serta tempat outbound. Lokasi wisata ini cocok bagi Grameds yang sedang berjalan-jalan dengan keluarga atau teman dan ingin bersantai di Puncak Bogor.

5. Gunung Mas Puncak

tempat wisata di puncak
Sumber: Google

Tadi beberapa kali disebutkan di sejumlah tempat wisata Puncak di atas bahwa Grameds bisa menemukan fasilitas outbound. Selain di tempat-tempat di atas seperti Talaga Warna Puncak dan Taman Riung Gunung, lokasi wisata lain yang dapat dikatakan sebagai lokasi outbound paling populer di Puncak Bogor adalah Gunung Mas Puncak.

Di Gunung Mas Puncak, kalian bisa menemukan berbagai fasilitas kegiatan outbound seperti flying fox, ATV, panahan, dan halang rintang lainnya. Destinasi wisata yang satu ini sudah pasti cocok bagi penggemar aktivitas luar rumah dan ingin bisa sehat sambil berlibur.

Bagi Grameds yang tidak begitu tertarik untuk beraktivitas outbound, kalian tidak perlu khawatir tidak bisa menikmati kegiatan di sana. Di Gunung Mas Puncak, kalian juga bisa menemukan perkebunan teh yang bisa menyejukan mata. Kalian bisa menikmati pemandangan di sana sambil menunggu teman atau keluarga yang sedang melakukan outbound.

6. Kebun Raya Cibodas

tempat wisata di puncak
Sumber: Traveloka

Kebun raya merupakan tempat di mana tumbuh berbagai macam jenis tanaman, umumnya tanaman-tanaman langka yang harus dikonservasi keberadaannya. Lokasi ini cocok untuk penelitian serta destinasi wisata bagi orang-orang yang ingin belajar sambil berekreasi ketika sedang berlibur.

Di Puncak Bogor, terdapat kebun raya yang bisa Grameds kunjungi untuk mendapatkan tujuan di atas. Nama dari destinasi wisata ini adalah Kebun Raya Cibodas. Di sana, kalian bisa menemukan sejumlah tanaman langka serta beberapa monumen wisata sebagai spot berfoto.

Selain bisa mempelajari hal-hal baru khususnya di bidang tanaman, kalian juga pastinya bisa menikmati pemandangan indah yang ditawarkan oleh Kebun Raya Cibodas ini. Destinasi wisata yang satu ini cukup asyik bila dikunjungi bersama keluarga, karena kalian bisa mempelajari hal-hal baru bersama-sama.

7. Kebun Durian Warso Farm

tempat wisata di puncak
Sumber: kemenkeu.go.id

Apakah ada di antara Grameds yang suka memakan buah durian? Buah yang dikenal dengan bau menyengat ini memang tidak disukai oleh sejumlah kalangan masyarakat. Tetapi, ada juga orang-orang yang terbilang cukup fanatik terhadap buah ini, dan gemar membeli serta memakannya jika ada kesempatan.

Kebun Durian Warso Farm bisa menjadi surga bagi kalian yang menggemari buah durian. Di sana, wisatawan bisa memetik buah durian dan memakannya langsung di tempat. Tidak ada yang lebih enak bukan dibandingkan memakan buah-buahan setelah memetik langsung dari pohonnya?

Lebih dari itu, kalian bisa menemukan berbagai jenis buah durian sesuai dengan preferensi dan kesukaan kalian. Besar kemungkinan bahwa kalian yang paham betul akan buah durian, akan berada lama sekali di dalam Kebun Durian Warso Farm. Kalian mungkin akan banyak menghabiskan waktu memilah-milah serta memakan buah durian kesukaan kalian.

8. Taman Safari

tempat wisata di puncak
Sumber: Good News from Indonesia

Destinasi wisata terakhir yang akan kita bahas pada artikel ini merupakan lokasi wisata yang seharusnya sudah pernah didengar bahkan oleh masyarakat di luar Jabodetabek. Wajar saja, mengingat Taman Safari merupakan salah satu lokasi wisata legendaris tidak hanya di Puncak Bogor saja, melainkan di Indonesia.

Di tempat ini, kalian bisa masuk dan mengelilingi kandang hewan dengan mobil kalian. Tentunya, demi keamanan, kalian tidak diizinkan untuk membuka pintu maupun kaca mobil dengan alasan keamanan. Akan berbahaya jika hewan masuk ke mobil kalian atau bahkan menyerang kalian.

Selain mengelilingi kandang hewan, kalian juga bisa menikmati fasilitas layaknya kebun binatang seperti melihat hewan dari kandang, bermain wahana hewan, atau piknik di dekat kandang hewan. Taman Safari bahkan menawarkan fasilitas menginap semalam di dekat kandang hewan, yang bisa menjadi pengalaman menarik bagi pengunjung.

Alasan Harus ke Puncak

Berdasarkan penjelasan di atas, Grameds seharusnya sudah mendapatkan cukup referensi terkait tempat wisata di Puncak Bogor. Referensi di atas mungkin akan dianggap beberapa orang terlalu sedikit. Namun, tempat wisata yang disebutkan di atas sudah memiliki banyak testimoni dari pengunjung terkait keseruannya.

Meskipun begitu, mungkin ada beberapa dari Grameds yang bertanya-tanya mengapa kita harus berlibur ke Puncak Bogor? Padahal, lokasi wisata ini memiliki sejumlah kekurangan mulai dari polusi, kemacetan, keramaian dari pengunjung, dan di beberapa lokasi, sampah berserakan.

Di bawah ini, terdapat 5 alasan mengapa kalian perlu mencoba pengalaman liburan ke Puncak Bogor. Karena, terlepas dari beberapa kekurangan yang dimiliki oleh lokasi ini, terdapat juga sejumlah poin plus yang bisa Grameds temukan setelah kalian berkunjung ke lokasi ini secara langsung.

1. Banyak Lokasi Wisata Menarik

Tadi sudah disebutkan berkali-kali bahwa Puncak Bogor mempunyai banyak destinasi wisata yang dapat menarik perhatian wisatawan. Selain itu, hal ini memang benar adanya. Selain 8 rekomendasi tempat wisata yang sudah ditulis di atas, masih ada lagi tempat-tempat wisata lain yang bisa orang kunjungi di Puncak Bogor.

Beruntungnya, tempat wisata di Puncak Bogor amat bervariasi dan cocok untuk berbagai kalangan. Jadi, Grameds bisa berangkat dengan siapapun dan kalian dapat menemukan tujuan wisata sesuai dengan rombongan kalian pergi. Tidak perlu khawatir kalau kalian tidak bisa menemukan destinasi wisata yang sesuai dengan rombongan kalian.

2. Memiliki Banyak Tempat Kuliner Khas

Hal lain yang menarik banyak perhatian wisatawan akan Puncak Bogor adalah tempat ini memiliki sejumlah restoran dan makanan khas mereka tersendiri. Beberapa restoran ini bahkan bisa menjadi satu-satunya alasan kenapa wisatawan ingin mendatangi Puncak Bogor.

Selain makanannya yang enak, Grameds bisa menikmati makanan kalian sambil melihat pemandangan indah khas Puncak Bogor. Rasanya, seseorang tidak akan mau cepat-cepat pergi dari restoran di Puncak Bogor karena bisa menikmati makanan dan pemandangan secara bersamaan.

3. Destinasi Wisata Ramah Keluarga

Tadi sudah dikatakan bahwa lokasi wisata di Puncak Bogor cocok untuk Grameds yang ingin berkunjung dengan rombongan kalian seperti keluarga, teman, atau kolega kantor. Tetapi, lokasi Puncak Bogor dapat dikatakan sebagai destinasi wisata yang amat cocok dikunjungi oleh keluarga.

Grameds selain bisa menemukan berbagai tempat wisata, kalian bisa dengan mudah menemukan restoran untuk makan, dan penginapan untuk menginap jika sudah malam. Destinasi terbaik wisata yang tadi sudah disebutkan di atas juga banyak menyediakan paket wisata keluarga dengan harga masuk akal.

4. Pemandangannya Indah dan Asri

Meskipun saat ini Puncak Bogor sudah dipenuhi banyak kendaraan yang menyebabkan polusi, serta wisatawan yang kerap menjamur di tempat ini, terlebih ketika musim liburan, hal-hal tersebut tidak membuat lokasi ini bertambah buruk atau mengurangi keindahannya.

Sejumlah lokasi wisata di Puncak Bogor yang tadi kita bahas justru terkenal akan keindahan pemandangannya. Udaranya juga terkenal masih asri dan bebas dari polusi. Jadi, anggapan bahwa Puncak Bogor sudah kotor dan penuh polusi tidak sepenuhnya benar.

5. Pengalaman Liburan yang Menarik

Terakhir, setiap lokasi wisata menawarkan keunikannya tersendiri yang membuatnya berbeda dengan lokasi wisata lainnya. Beragamnya tempat wisata di Puncak Bogor memungkinkan kalian bisa mendapatkan banyak pengalaman yang kalian tidak pernah alami dalam liburan sebelumnya.

Kemungkinan pengalaman menarik ini bisa terjadi kepada siapapun dengan preferensi tujuan wisata mereka. Baik itu wisata indoor atau wisata outdoor, wisata menantang adrenalin atau wisata menikmati alam, ada pengalaman bagi kalian yang ingin mencoba datang ke Puncak Bogor.

Jadi, bagi Grameds yang khawatir akan stigma negatif dari Puncak Bogor, alangkah baiknya jika kalian mencoba datang ke tempatnya terlebih dahulu sebelum menilai hanya berdasarkan omongan orang. Siapa tahu, apa yang kalian dapat dan dengar dari Puncak Bogor, tidak sesuai dengan pengalaman kalian di sana.

Kami mempunyai sejumlah rekomendasi beberapa buku terkait wisata di Indonesia, khususnya Puncak dan Kota Bogor, agar Grameds bisa menambah referensi jika ingin berlibur. Buku-buku tersebut adalah buku “Wisata Kuliner Makanan Daerah Khas Bogor”, buku “Kamus Istilah Pariwisata Indonesia, Edisi Terbaru Dan Terlengkap”, dan buku “The Amazing Traveling – Bukan Sekadar Jalan-Jalan”.

Wisata Kuliner Makanan Daerah Khas Bogor

https://www.gramedia.com/products/conf-wisata-kuliner-makanan-daerah-khas-bogor?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

 

Kamus Istilah Pariwisata Indonesia, Edisi Terbaru Dan Terlengkap

https://www.gramedia.com/products/kamus-istilah-pariwisata-indonesia-edisi-terbaru-dan-terlen?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/kamus-istilah-pariwisata-indonesia-edisi-terbaru-dan-terlen?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

 

The Amazing Traveling – Bukan Sekadar Jalan-Jalan

https://www.gramedia.com/products/the-amazing-traveling-bukan-sekadar-jalan-jalan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Buku-buku rekomendasi Gramedia, #SahabatTanpaBatas, bisa kalian beli dan temukan di situs www.gramedia.com. Kalian bisa mendapatkan berbagai macam referensi #LebihDenganMembaca terkait liburan atau hal apapun yang kalian ingin ketahui.

Penulis: M. Adrianto S.

Baca juga:

Written by M. Hardi