in

Pengertian Ilfil dalam Bahasa Gaul, Ketahui Cara Mengatasinya

Pengertian Ilfil – Ada banyak bahasa gaul yang kerap disinggung dalam percakapan sehari-hari, salah satunya adalah “ilfil”. Meski sudah sering dibahas, masih ada beberapa orang yang belum memahami arti kata ini, sehingga, pertanyaan “apa itu ilfil?” masih sering bermunculan.

Kebanyakan orang menggunakan kata ilfil ketika membahas tentang hubungan asmara dalam konteks negatif. Namun tidak hanya asmara, kata tersebut juga bisa dipakai saat membicarakan hal lain, seperti persahabatan, pekerjaan, dan lain-lain.

Lalu, apa itu ilfil? Seperti apa contoh penggunaan katanya? Ketahui jawabannya melalui artikel di bawah ini.

Pengertian Ilfil

Ilfil adalah singkatan dari “hilang feeling” yang berarti “hilang perasaan”. Feeling sendiri merupakan kata dalam bahasa Inggris yang artinya perasaan. Kata ilfil identik dengan perasaan muak atau jijik terhadap perkataan atau perbuatan orang lain. Kata ini biasanya dilontarkan kepada seseorang yang menunjukkan perilaku, ucapan, atau pemikiran kurang menyenangkan, yang akhirnya membuat orang lain merasa kurang nyaman hingga muak.

Sebagai contoh, seorang wanita berkenalan dengan laki-laki. Lalu, laki-laki tersebut menunjukkan etika yang kurang sopan pada pertemuan pertama mereka. Wanita tersebut pun merasa “ilfil” karena tingkah laku laki-laki itu. Contoh lainnya, seorang laki-laki melihat orang di sebelahnya membuang ludah sembarangan. Hal itu membuat laki-laki tersebut merasa jijik atau “ilfil”.

Adapun arti ilfil menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yaitu kalimat yang diserap dari bahasa Inggris yang artinya timbulnya perasaan kecewa akibat telah mengetahui keburukan seseorang. Sebelum mengetahui hal tersebut, orang ini sudah merasakan suka atau tidak membencinya.

Secara umum, ilfil merupakan perasaan muak, risih, dan jijik terhadap tingkah atau perilaku seseorang yang berlebihan. Hal ini biasa diutarakan dengan cara yang cenderung kasar, bahkan jika sudah berlebihan dapat menyebabkan suatu hal yang kurang baik di mata umum.

Jika kamu sudah memahami arti dari ilfil, berikutnya akan kami berikan contoh-contoh hal yang bisa membuat seseorang menjadi ilfil, termasuk ciri-ciri ilfil dari seseorang berdasarkan perilaku yang diberikan. Contoh yang umum adalah berbicara frontal. Hal ini bisa membuat seseorang menjadi ilfil karena ucapannya tidak disaring terlebih dahulu.

Memang jujur itu baik, hanya saja pengemasan dalam sebuah kata-kata perlu dirangkai agar lebih mudah dipahami lawan bicara. Perkataan yang baik tidak akan menimbulkan salah paham. Contoh lainnya adalah memotong pembicaraan orang lain. Ini bisa membuat lawan bicara merasa ilfil, karena itu mulailah menjadi pendengar setia terlebih dahulu baru menanggapi pembicaraan lawan bicara.

Biarkan teman atau orang menyelesaikan ceritanya hingga mempersilakan kepada kalian untuk menanggapi perkataanya. Tidak jarang orang akan merasa ilfil ketika pembicaraannya ditimpal dengan pembicaraan lain ketika sedang melakukan percakapan. Ketika ada seseorang yang mengajak bicara, tetapi tidak direspons oleh lawan bicara, bukan tidak mungkin orang tersebut akan merasakan ilfil.

Alasannya, mereka membuka obrolan kepada kita untuk meminta tanggapan atas pembicaraan tersebut. Bisa dibayangkan kalau kita bicara lalu tidak direspons lawan bicara. Pastilah semua orang akan ilfil jika tidak diperhatikan. Jadi, berikan respons positif ketika sedang berbicara satu sama lain.

Salah satu hal yang kerap kali menyebabkan seseorang ilfil yang lain adalah sikap yang tak baik. Contohnya adalah ketika kita mengalami kebosanan dan ada teman yang sedang bad mood, jangan sampai kita malah mengganggunya. Hal ini bisa membuat suasana bertambah buruk dan pasti teman kita merasakan ilfil.

Masalah seperti ini sering terjadi di lingkungan kampus atau kerja. Sikap yang tak baik terhadap orang lain kerap memicu ilfil kepada orang lain. Alangkah baiknya kamu dapat menjaga sikap terhadap orang lain. Jangan egois, tetapi perhatikan perasaan orang lain!

Sekadar informasi, kata ilfil menjadi bahasa gaul yang banyak digunakan oleh anak-anak muda pada zaman sekarang, khususnya anak-anak yang tinggal di daerah perkotaan. Setelah mengetahui arti kata ilfil dan tahu cara mengatasinya, kalian jangan sampai menjadi orang yang memicu perasaan ilfil orang lain.

Sikap Laki-Laki yang Bisa Membuat Wanita Ilfil

Ada banyak hal yang dapat menjadi alasan seorang wanita merasa jatuh cinta kepada laki-laki, misalnya wajah yang tampan atau penampilannya karismatik. Namun, wanita tak hanya membutuhkan penampilan fisik. Jauh dari itu, kebanyakan wanita akan mempertimbangkan hal lain, terutama masalah sikap seorang laki-laki.

Laki-laki dengan fisik yang bagus, belum tentu dapat membuat wanita terpesona kepada mereka. Hal ini karena mungkin saja ada beberapa sikap yang membuat wanita merasa ilfil. Ilfil adalah suatu respon yang menggambarkan kemuakan kepada tingkah laku orang lain. Tak jarang, respon ini terjadi kepada wanita ketika mereka berkenalan dengan lawan jenis.

Apabila wanita sudah ilfil saat pertemuan pertama dengan laki-laki, bisa diprediksi bahwa hubungan ke depannya tidak akan berlangsung baik seperti yang diharapkan. Jadi, proses pendekatan yang dilakukan untuk menjalin hubungan serius akan sulit dilakukan.

Lalu, apa sajakah penyebab wanita merasa ilfil kepada laki-laki? Berikut sikap laki-laki yang sering tak disadari bisa membuat wanita ilfil.

1. Kurang Tata Krama

Pada pertemuan pertama, biasanya para laki-laki akan mengajak sang wanitanya kencan, misalnya dengan pergi ke kafe atau resto untuk makan berdua dan mengobrol. Namun sayangnya, tidak semua laki-laki mengetahui tata krama yang baik saat berkencan. Acara makan bersama yang mungkin akan berjalan romantis pun gagal karena wanita merasa ilfil.

Contoh kurangnya tata krama yang dimaksud, yaitu mengunyah dengan mulut terbuka, kebiasaan makan cepat, berbicara dengan mulut penuh, dan melambai-lambaikan alat makan secara tidak sadar saat berbicara.

2. Terlalu Fokus dengan Handphone

Sikap laki-laki lainnya yang bisa membuat seorang wanita ilfil adalah terlalu fokus dengan handphone. Ketika wanita berkencan bersama laki-laki, tetapi dia hanya terus fokus dengan handphonenya, sikap ini akan membuat wanita merasa tidak dihargai.

Ketika laki-laki sering kali mengecek handphone mereka dibanding mengajak wanita yang ada di hadapannya untuk berbincang, wanita itu pasti akan berpikir bahwa dirinya tak lebih menarik daripada handphone yang ada di genggaman laki-laki. Selain itu, wanita juga akan menganggap bahwa pertemuan yang diadakan terasa tidak berkesan karena kurangnya interaksi.

3. Lebih Banyak Berbicara Dibandingkan Mendengar

Sikap laki-laki yang lebih banyak berbicara dibanding mendengarkan lawan bicaranya juga dapat membuat wanita merasa ilfil. Hal ini karena wanita akan merasa bahwa sang laki-laki yang mengajaknya kencan kurang memiliki empati, padahal wanita biasanya menyukai lawan jenis yang bisa mendengarkan isi hatinya dan berharap mengerti sesuatu yang dibicarakannya.

Laki-laki yang banyak bicara juga terkesan egois karena dia tidak terlalu peduli dengan orang lain di sekitar. Selain itu, jika omongan yang dilontarkan sang laki-laki dilebih-lebihkan, sehingga terkesan berbohong dan tak masuk akal. Jika sudah seperti ini, wanita pasti akan berpikir lagi jika diajak untuk bertemu lain waktu.

4. Berbohong

Beberapa orang percaya bahwa harga diri laki-laki terletak dari perkataannya. Jadi, jika kata-kata yang keluar dari mulutnya itu berisi kebohongan, bisa dipastikan bahwa wanita akan merasa ilfil terhadapnya.

Berbohong yang dimaksud bukan hanya kebohongan besar, tetapi bisa juga kebohongan kecil yang mungkin dianggap sepele. Biasanya, dari kebohongan kecil itulah yang memicu kebohongan fatal. Kebohongan kecil yang mungkin saja tak disadari oleh laki-laki, yaitu ketika mereka ingkar janji untuk bertemu. Siapa pun wanitanya, pasti akan merasa kesal dan ilfil dan kemungkinan tidak akan mau lagi jika diajak bertemu lain waktu.

Jadi untuk para laki-laki, berkatalah jujur dan apa adanya kepada wanita. Bangun kepercayaan dengan baik agar hubungan ke depannya bisa berjalan sesuai dengan harapan.

5. Kebersihan yang Buruk

Laki-laki yang bersih dan rapi memiliki daya tarik tersendiri di mata wanita. Begitu pula sebaliknya, laki-laki yang memiliki kebersihan yang buruk akan membuat wanita merasa ilfil terhadapnya. Beberapa hal menyangkut kebersihan yang sering kali tak disadari laki-laki membuat sang wanita ilfil, yaitu kuku tangan yang kotor, rambut berantakan, baju yang tidak rapi, hingga masalah bau badan yang mengganggu.

Ingatlah bahwa kesan pertama dari penampilan adalah nilai yang utama. Jadi, persiapkanlah diri sebaik mungkin sebelum mengajak seorang wanita untuk berkencan agar mereka merasa nyaman.

6. Meremehkan dan Penuh Kritik

Sama seperti laki-laki yang terlalu banyak bicara, sikap terlalu sering meremehkan dan penuh kritik kepada orang lain juga dapat membuat wanita mudah merasa ilfil. Hal ini karena sang wanita berpikir bahwa laki-laki tersebut tidak bisa menghargai orang lain. Dia terlalu sibuk mencari sisi buruk dari orang lain dan menganggap dirinya yang paling baik, padahal belum tentu demikian adanya.

Para laki-laki perlu ingat bahwa tidak ada satu pun orang yang suka diremehkan dan dikritik secara kasar. Jika perlu, nasihatilah dengan cara yang baik dan berikan pilihan sebagai solusinya. Wanita yang ilfil dengan sikap laki-laki yang seperti ini biasanya tidak mau untuk menjadikannya sebagai pasangannya. Hal ini dikarenakan sang wanita merasa terganggu atas ucapan laki-laki yang terkadang berlebihan dan memicu sakit hati.

7. Selalu Berlebihan dan Penuh Drama

Sikap laki-laki berikutnya yang bisa membuat seorang wanita merasa ilfil, yaitu ketika sang laki-laki selalu berlebihan dan penuh drama. Sikap ini biasanya ditunjukkan jika seorang laki-laki merespon masalah sepele dengan berlebihan, baik hubungannya dengan keluarga atau mungkin temannya. Tentu saja, wanita tidak akan membuang waktunya untuk terlibat dengan hal-hal seperti itu. Wanita butuh laki-laki yang tegas dalam bersikap dan mampu membimbingnya, bukan sebaliknya.

8. Pria yang Pasif

Seorang laki-laki yang pasif menandakan bahwa dirinya tidak peduli dengan orang lain dan lingkungan sekitar, kurang empati, dan pemalas. Sikap ini tentu saja dapat membuat wanita merasa ilfil, sehingga mungkin tidak akan ingin melanjutkan hubungan ke tahap yang lebih serius. Sebaliknya, laki-laki gigih yang ditunjukkan melalui tindakannya justru akan memiliki daya tarik tersendiri di mata wanita.

9. Terlalu Cemburu Hingga Posesif

Jika kamu seseorang yang mudah cemburu, sebaiknya bicarakan terlebih dahulu dengan pasangan sebelum menjalin hubungan. Meskipun sebenarnya banyak orang yang merasa senang apabila pasangannya merasa cemburu, sebab itu berarti kamu dianggap sebagai seseorang yang berarti. Namun, apabila perasaan cemburu yang kamu miliki disebabkan oleh hal-hal sepele, tentu saja dapat menjadikan pasanganmu merasa ilfil.

Ketika seseorang merasa cemburu, biasanya akan diikuti tindakan uring-uringan hingga marah. Jika kamu tidak segera berpikir positif dan meminta penjelasannya, itu akan membuat pasanganmu merasa ilfil hingga dapat menyebabkan berakhirnya hubungan.

Nah, itulah sikap laki-laki yang sering kali membuat wanita ilfil, tetapi sering tidak disadari. Bagi para laki-laki, koreksi dan perbaiki diri.

Apa Perbedaan Bosan dengan Ilfeel terhadap Pasangan?

1. Komunikasi dengan Pasangan

Apabila kamu merasa bosan dengan pasangan, ketika berkomunikasi (terutama melalui chat), biasanya kamu akan menjawab secara singkat, bahkan kamu sering menunda waktu untuk membalas chat darinya.

Sementara itu, apabila kamu merasa ilfil dengan pasangan, biasanya disebabkan karena hal-hal tertentu yang membuatmu muak atau jijik atas perilakunya. Kamu akan cenderung mematikan data internet atau telepon secara sepihak dan berkeinginan untuk “istirahat” sebentar dengan tidur atau melaksanakan aktivitas lain.

2. Godaan dengan Orang Lain

Ketika kamu bosan dengan pasangan, tanpa disadari justru nantinya akan membuatmu lebih sering membandingkannya dengan orang lain, terutama kelebihan yang dimiliki. Namun, ketika kamu merasa ilfil dengan pasanganmu, nantinya kamu akan berpikir bahwa akan menyenangkan apabila orang lain menjadi pacarmu.

3. Ketika Bertemu Secara Langsung

Ketika kamu merasa bosan dengan pasanganmu, biasanya saat tengah bertemu langsung, masing-masing pihak akan sibuk sendiri bermain handphone. Sementara itu, apabila kamu merasa ilfil dengan pasangan, biasanya akan marah-marah meluapkan ketidaksukaanmu terhadapnya yang berkaitan dengan perilaku buruknya.

Bahasa Gaul Terbaru

Selain ilfil, masih banyak bahasa gaul lain yang sudah menjadi bagian dari percakapan keseharian, berikut beberapa contohnya:

1. Bun

Jika berselancar di media sosial, kalian mungkin akan menemukan kata bun atau bund. Kata tersebur merupakan singkatan dari “bunda” yang artinya ibu atau orang tua perempuan. Dalam konteks bahasa gaul, kata ini sering kali digunakan untuk menyebut atau memanggil orang lain. Contoh penggunaan kata ini, yaitu “besok ngumpul yuk bund”.

2. Hyung

Hyung merupakan bahasa Korea yang digunakan oleh laki-laki untuk memanggil laki-laki yang lebih tua darinya. Namun, kata ini dalam bahasa gaul bisa digunakan untuk siapa saja, baik laki-laki atau perempuan. Contoh penggunaan kata ini, yaitu “lucu banget hyung”.

3. Mutualan

Para pengguna Twitter mungkin sudah tidak asing dengan kata mutualan. Kata ini biasanya digunakan pengguna Twitter untuk menjalin pertemanan atau “saling follow”. Contoh penggunaan kata ini, yaitu “mutualan yuk” atau “nggak ada yang mau mutualan nih?”.

4. Salty

Masih membahas bahasa gaul Twitter, istilah salty biasanya ditujukan kepada seseorang yang marah atau nyinyir terhadap sesuatu. Contoh penggunaan kata ini, yaitu “no salty ya”, yang artinya “jangan nyinyir ya”.

5. Anxiety

Anxiety merupakan kata dalam bahasa Inggris yang artinya rasa takut atau gelisah. Kebanyakan orang menggunakan kata ini untuk mengekspresikan rasa takut atau cemas terhadap hal buruk yang akan datang. Contoh penggunaan kata ini, yaitu “duh gue anxiety banget nih”.

Nah, itulah ulasan mengenai pengertian ilfil dan hal-hal yang sekiranya membuat orang lain, khususnya pasanganmu dapat merasa ilfil. Setelah membaca ulasan ini, semoga kamu menyadari bahwa perlakuan-perlakuan yang berlebihan itu dapat membuat orang lain merasa ilfil.

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien