in

Ini Jumlah Kekayaan Klub Terkaya di Dunia

Klub terkaya di dunia – Pembahasan tentang sepak bola memang selalu menarik. Olahraga yang satu ini tak pernah berhenti menarik perhatian banyak orang, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua.

Salah satu topik menarik yang selalu ramai dibicarakan setiap tahunnya adalah tentang kekayaan klub sepak bola. Yup, tak sedikit klub sepak bola yang masuk ke dalam daftar klub terkaya di dunia. Apalagi yang mempunyai banyak pemain bintang, seperti Karim Benzema. Kylian Mbappe, Neymar, dan yang lainnya.

Nah, dalam artikel ini kita akan membahas tentang klub terkaya di dunia, darimana sumber pendapatannya dan siapa pemiliknya. Simak sampai selesai, ya!

Daftar Klub Terkaya di Dunia Tahun 2022

1. Real Madrid

en.wikipedia.org

Klub terkaya di dunia yang pertama saat ini menurut majalah forbes, adalah Real Madrid. Klub yang diisi beberapa pemain bintang seperti Karim Benzema, Eden Hazard, dan Vinicius Junior ini menjadi klub paling tajir sejak tahun 2021 dengan total kekayaan mencapai 4,5 miliar poundsterling.

2. Barcelona

id.wikipedia.org

Barcelona menempati posisi kedua dalam daftar klub terkaya di dunia dengan total kekayaan 4,1 miliar Poundsterling. Klub Raksasa Catalan ini, menurut Forbes, memiliki nilai valuasi yang sama dengan Real Madrid yakni sebesar US$ 5,1 miliar. Akan tetapi, valuasi Barcelona selama satu tahun hanya berada di kisaran 5% saja.

3. Manchester United

id.wikipedia.org

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Klub yang mendapat julukan “The Red Devils” ini berhasil menempati posisi ketiga dalam daftar klub terkaya di dunia dengan total kekayaan sebesar 3,65 miliar Poundsterling.

Setelah dilatih oleh manajer asal Belanda Erik Ten Hag, MU perlahan mulai menunjukkan performa baik dan kembali menjadi klub yang menakutkan di liga domestik maupun di kancah dunia.

 

4. Liverpool

id.wikipedia.org

Liverpool berada di posisi keempat sebagai klub terkaya di dunia, setelah setahun sebelumnya harus puas berada posisi kelima. Saat ini, “The Reds” mempunyai total kekayaan sebesar 3,53 miliar Poundsterling. Hal ini didorong dengan penampilan mereka di lapangan yang semakin meningkat kualitasnya dari tahun ke tahun.

5. Bayern Munchen

en.wikipedia.org

Selanjutnya ada raksasa Bundesliga Jerman, yaitu Bayern Munchen. Die Roten (julukan Bayern Munchen) menjadi klub Jerman yang mencapai kesuksesan luar biasa sepanjang sejarah persepakbolaan negara “Die Mannschaft” itu. Juara Liga Jerman musim 2021/2022 ini memiliki total kekayaan 3,39 miliar Poundsterling.

6. Manchester City

id.wikipedia.org

Posisi selanjutnya ditempati oleh klub asuhan Pep Guardiola, Manchester City. The Citizen diprediksi akan menjadi sosok yang menakutkan di musim ini setelah mendatangkan pemain asal Bundesliga, Erling Haaland.

Selain itu, dengan total kekayaan 3,37 miliar Poundsterling, bukan tidak mungkin Manchester City akan mendatangkan pemain baru lagi untuk memperkuat komposisi pemain mereka demi mempertahankan gelar juara Liga Inggris.

7. Paris Saint Germain (PSG)

id.psg.fr

Tim asal Paris, Paris Saint Germain (PSG) ada di posisi ketujuh dalam daftar klub terkaya di dunia 2022. Klub yang diperkuat oleh Lionel Messi, Kylian Mbappe, Neymar, hingga Sergio Ramos ini memiliki kekayaan sebesar 2,54 miliar Poundsterling.

8. Chelsea

id.wikipedia.org

Klub sepak bola Liga Premier Inggris yang berbasis di London ini berada di posisi kedelapan dalam daftar klub terkaya di dunia tahun 2022. Dengan total kekayaan  sebesar 2,46 miliar Poundsterling. Chelsea

9. Juventus

min.wikipedia.org

Klub raksasa asal Italia ini menempati posisi sembilan dengan total kekayaan sebesar 1,95 miliar Poundsterling. Klub yang dijuluki “Si Nyonya Tua” ini berhasil naik 2 peringkat dari posisi sebelumnya .

10. Tottenham Hotspur

id.wikipedia.org

Urutan kesepuluh ditempati oleh klub asal London Utara, Tottenham Hotspur. Tim yang diasuh oleh Antonio Conte ini mempunyai total kekayaan sebesar 1,87 miliar Poundsterling.

Sumber Pendapatan Klub Sepak Bola

pixabay.com

Sepak bola memang tidak bisa dipisahkan dari bisnis sebab sebuah klub pasti membutuhkan banyak pendapatan demi mempertahankan eksistensi dan prestasinya. Beberapa klub-klub terkaya di dunia mampu mendatangkan pemain-pemain bintang dan membayar gaji bernilai milyaran per musimnya berkat pemasukan yang tinggi.

Mereka berani dan rela merogoh kocek lebih dalam untuk seorang pemain bintang karena pemain tersebut memang bisa memberikan kontribusi penting pada prestasi klub. Nah pertanyaannya, darimana mereka mendapatkan dana untuk membeli pemain bintang, menggaji mereka, dan membeli keperluan lainnya? Berikut jawabannya!

1. Penjualan Tiket

Keuntungan yang diperoleh dari penjualan tiket mempunyai andil cukup besar untuk pendapatan setiap klub sepak bola. Terutama klub-klub yang mempunyai infrastruktur stadion dengan kapasitas puluhan ribu penonton.

Mereka bahkan siap melakukan apa saja demi membuat para fans tetap setia datang ke stadion untuk mendukung klub kesayangan mereka di setiap pertandingan.

2. Sponsor

Sponsor merupakan salah satu sumber pendapatan utama bagi sebuah klub sepak bola. Biasanya setiap klub akan menjalin kerja sama dengan brand-brand terkenal yang mempunyai banyak fans. Nilai yang didapatkan dari sponsorship pun tidak bisa dianggap remeh lho, Grameds.

Sebagai timbal baliknya, logo atau nama brand yang bekerja sama dengan klub akan terpampang di jersey pemain, bangku cadangan, hingga pembatas lapangan di stadion.

 

3. Penjualan Apparel dan Merchandise

Sumber pendapatan yang lain yaitu Apparel dan Merchandise. Di masa sekarang ini, apparel sepak bola semakin banyak dan beragam jenisnya. Oleh sebab itu, tidak menutup kemungkinan para klub-klub bisa memperoleh pemasukan yang semakin besar.

Di samping itu, penjualan Official merchandise seperti jersey, topi, syal dan atribut-atribut lain juga bisa menjadi suatu pemasukan yang cukup besar bagi klub-klub sepak bola.

Terutama klub-klub yang diisi oleh pemain bintang, penjualan apparel dan merchandise akan meledak karena menjadi buruan para penggemar fanatik. Semakin banyak suporter yang membeli merchandise, semakin banyak pula keuntungan yang masuk ke kas klub.

4. Hak Siar Televisi

Sumber pendapatan klub sepak bola yang selanjutnya adalah hak siar televisi. Setiap stasiun TV pasti ingin menyiarkan pertandingan-pertandingan sepak bola yang bergengsi secara langsung. Untuk itu mereka harus membeli hak siarnya terlebih dahulu dari penyelenggara kompetisi.

Misalnya, untuk menyiarkan pertandingan Barcelona di Liga Spanyol, stasiun tv harus membeli hak siarnya dari penyelenggara Liga Spanyol. Begitu juga jika ingin menyiarkan pertandingan bergengsi di Liga Champions, maka stasiun tv harus membeli hak siarnya dari pengelola Liga Champions.

Setelah itu dilakukan, penyelenggara akan membagikan pendapatan dari hak siar secara merata ke setiap klub yang ikut berkompetisi. Jadi, semakin banyak sebuah klub mengikuti kompetisi yang bergengsi, semakin besar pemasukan yang mereka dapatkan

5. Hadiah Juara Kompetisi

Sumber pendapatan klub sepak bola yang lainnya adalah hadiah uang dari kompetisi. Setiap klub yang mengikuti kompetisi akan mendapatkan pemasukan bagi keuangan mereka. Biasanya, setiap tim yang berhasil memenangkan pertandingan atau paling tidak mendapatkan hasil imbang, akan mendapatkan hadiah uang dari pihak penyelenggara kompetisi.

Contohnya hadiah di kompetisi bergengsi seperti Liga Champions dan Liga Europa. Di Liga Champions musim 2021/2022, tim yang lolos kualifikasi akan mendapatkan hadiah uang senilai 5 juta euro. Tim yang masuk ke group stage akan mendapatkan 15,64 juta euro dengan perhitungan 2,8 juta euro untuk setiap kemenangan dan 900 ribu euro untuk hasil imbang.

Lanjut ke perdelapan final, tim yang lolos akan mendapatkan hadiah uang sebesar 9,7 juta euro. Sedangkan di perempat final setiap tim mendapatkan 10,6 juta euro. Kemudian, tim yang lolos ke semifinal akan mendapatkan hadiah uang sebesar 12,5 juta euro. Terakhir, tim yang meraih juara 1 akan membawa pulang hadiah senilai 20 juta euro dan juara 2 sebesar 15,5 juta euro.

Pemilik Klub Terkaya di Dunia

Pixabay.com

Selain penjualan tiket, sponsor, penjualan merchandise, hak siar televisi, dan hadiah juara kompetisi. Kekuatan keuangan sebuah klub sepak bola juga didukung oleh dana dari pemiliknya. Di bawah ini ada 10 pemilik klub terkaya di dunia dengan kekayaan fantastis!

1. Public Investment Fund (PIF), Newcastle United: 320 miliar poundsterling

Public Investment Fund atau PIF adalah sebuah lembaga penampung dana umat (Sovereign Wealth Fund) milik Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang dipimpin oleh  Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

Pada bulan Oktober 2021 lalu, Mohammed bin Salman resmi menjadi pemilik baru klub Newcastle United, setelah membeli 80% sahamnya dengan nilai 300 juta Poundsterling dan mengambil alih kepemilikan “The Magpies” dari tangan Mike Ashley.

Menurut The Independent jumlah kekayaan PIF mencapai 320 miliar poundsterling. Dengan ini Newcastle United memiliki dana sangat besar untuk mendatangkan pemain berkualitas agar bisa bersaing dengan klub Premier League lainnya atau di Eropa.

 

2. Qatar Investment Authority, Paris Saint-Germain (PSG): 220 miliar poundsterling

Nama Nasser Al-Khelaifi, ketua anak perusahaan Qatar Investment Authority Grup, Qatar Sports Investments melejit usai membeli PSG pada tahun 2011 dan mendatangkan berbagai pemain bintang papan atas seperti Neymar, Lionel Messi, Kylian Mbappe, hingga Sergio Ramos.

Nasser menjadi sosok dibalik kesuksesan Paris Saint Germain (PSG) dalam beberapa tahun terakhir dan mengubah PSG menjadi salah satu tim yang ditakuti baik di Liga domestik maupun di Eropa.

3. Sheikh Mansour, Manchester City: 16,8 miliar poundsterling

Sheikh Mansour adalah anggota keluarga kerajaan asal Uni Emirat Arab dan menjadi Wakil perdana Menteri Uni Emirat Arab sekaligus seorang pemimpin perusahaan International Petroleum Investment Company. Dia  sukses membangun kerajaan bisnisnya hingga mempunyai jaringan di berbagai belahan dunia.

Sheikh Mansour membeli Manchester City pada September 2008 dan sukses mengubah klub itu menjadi tim papan atas dunia. Saat ini, Sheikh Mansour memiliki seluruh saham kekayaan The Citizen dan disebut-sebut sebagai pemilik sepak bola paling sukses di Eropa berkat pencapaian yang ditorehkan oleh Manchester City dalam beberapa tahun terakhir.

4. Dietrich Mateschitz, Red Bull Salzburg, RB Leipzig, NY Red Bull: 16,4 miliar poundsterling

Pemilik klub terkaya berikutnya dipegang oleh Dietrich Mateschitz, seorang pengusaha asal Austria yang meraih kesuksesan dari bisnis minuman energinya, Red Bull.

Pada April 2005, ia membeli klub SV Austria Salzburg, yang kemudian berganti nama menjadi Red Bull (RB) Salzburg. Empat tahun kemudian, ia mendirikan RB Leipzig yang kini menjadi salah satu tim kuat Bundesliga Jerman.

5. Andrea Agnelli & Family, Juventus: 11,4 miliar poundsterling

Andrea Agnelli merupakan pemilik tim asal Italia, Juventus, yang terkenal dengan julukan Si Nyonya Tua. Kekayaan Agnelli diperkirakan mencapai angka 15 miliar poundsterling atau sekitar Rp 291 triliun.

Agnelli sendiri merupakan putra dari Umberto Agnelli, mantan ketua Juventus. Pada bulan Mei 2010, Andrea menduduki posisi ketua dewan direksi Juventus setelah diangkat sepupu pertamanya. Agnelli juga menjadi anggota keluarga keempat yang menjalankan Si Nyonya Tua.

Keluarga Agnelli memang dikenal banyak orang setelah mendirikan perusahaan mobil terkenal, Fiat, pada tahun 1899 lalu Namun di sisi lain, keluarga ini sejak dulu memang sudah memiliki sejarah panjang dengan klub yang bermarkas di Allianz Arena itu.

6. Dietmar Hopp, Hoffenheim: 11 miliar Poundsterling

Dietmar Hopp, orang terkaya kedelapan di Jerman, merupakan pengusaha di bidang perangkat lunak dan pemrosesan data dengan kekayaan sebesar 11 miliar Poundsterling dan tercatat sebagai pemilik Hoffenheim.

Hoffenheim sendiri merupakan salah satu klub besar di Liga Jerman. Dalam waktu kurang dari 10 tahun, Hoffenheim berhasil bermain di kasta tertinggi liga Jerman dan berhasil lolos ke liga Champions pada tahun 2017-2018.

Terlepas dari kekayaan yang fantastis dan pamornya di Jerman, Hopp justru dibenci oleh penggemar sepak bola liga jerman karena dianggap membeli kesuksesan di dunia sepak bola.

7. Philip Anschutz, LA Galaxy: 8,4 miliar poundsterling

Philip Anschutz adalah orang terkaya ke-50 di Amerika Serikat, salah satu pendiri Major League Soccer dan pemilik banyak klub sepak bola di liga tersebut. Dia sempat tercatat sebagai pemilik klub Colorado Rapids, San Jose Earthquakes, Chicago Fire, D.C United dan Houston Dynamo, sebelum menjual semua sahamnya di klub-klub tersebut, dan menyisakan LA Galaxy sebagai andalannya.

Berkat keputusan Anschutz, LA Galaxy bisa bertahan menjadi salah satu klub paling sukses di Amerika Serikat dan menarik perhatian banyak orang di seluruh dunia saat mendatangkan David Beckham pada tahun 2007 lalu.

8. Stan Kroenke, Arsenal: 7,6 miliar poundsterling 

Siapa yang tidak kenal Arsenal? The Gunners yang berlaga di Liga Inggris ini  dimiliki oleh Stan Kroenke, seorang pengusaha asal Amerika Serikat, yang juga menjadi pemilik dari klub Denver Nuggets, Colorado Rapids dan LA Rams.

Kroenke membeli saham Arsenal pada 2008, dan meningkatkan kepemilikannya menjadi 62% tiga tahun kemudian. Meski mendapatkan dukungan dari kekayaan fantastis Stan Kroenke, Arsenal sedari dulu dikenal sebagai klub yang irit (pelit) dalam urusan membeli pemain di bursa transfer.

9. Zhang Jindong, Inter Milan: 6,4 miliar poundsterling

Selanjutnya, ada seorang miliarder dari China dan telah menjadi salah satu orang terkaya di dunia, Zhang Jindong. Dia menjadi bagian dari pendiri dan pemegang saham terbesar Suning Commerce Group, salah satu raksasa e-commerce di China.

Pada 6 Juni 2016, Jindong membeli saham mayoritas di klub sepak bola Italia Inter Milan. Dengan sumbangan dana yang fantastis, Inter Milan kini menjadi sebuah klub yang disegani di Italia, bahkan Eropa.

 

10. Guo Guangchang, Wolverhampton Wanderers: 5,2 miliar poundsterling

Posisi terakhir ditempati oleh pengusaha asal China yang disebut-sebut sebagai orang terkaya no-45 di China, Guo Guangchang. Guangchang adalah seorang pengusaha sekaligus salah satu pendiri Fosun International Limited.

Pada Juli 2016, Guangchang membeli klub sepak bola asal Inggris Wolverhampton Wanderes. Klub sepak bola yang berbasis di Wolverhampton, West Midlands, Inggris ini dibeli dari pemilik sebelumnya Steve Morgan dengan harga sekitar 45 juta poundsterling.

Demikian pembahasan tentang klub terkaya di dunia dan pemilik klub terkaya di dunia. Semoga semua pembahasan di atas bisa menambah wawasan kamu.

Jika ingin mencari buku tentang sepak bol, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gilang Oktaviana Putra



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.