in

Kenali Contoh Kerajinan Bahan Keras Buatan

Contoh kerajinan bahan keras buatan – Kreativitas dalam membuat suatu kerajinan sangat dibutuhkan, apalagi jika Anda memilih profesi sebagai pengrajin. Kerajinan memiliki banyak sekali macamnya, teknik dan juga bahan yang akan dibuat untuk sebuah kerajinan. Kerajinan dengan bahan keras biasanya cenderung lebih sulit dalam pembentukannya, hal ini dikarenakan memiliki sifat yang keras dan kuat.

Kerajinan dengan bahan keras biasanya membutuhkan peralatan yang harus memadai dalam pembuatannya. Jika Anda tidak memiliki alat bantu tersebut, maka akan mengalami kesulitan dalam pembuatannya. Bahan dasar keras ini bisa berupa alam maupun buatan yang memiliki pengertian dan contoh yang berbeda-beda.

Macam-Macam Bahan Keras

pixabay

Dalam membuat sebuah kerajinan bahan keras terdapat dua macam, yaitu bahan keras alam dan bahan keras buatan. Berikut ini pengertian dan juga contoh bahan keras alam dan bahan keras buatan, yaitu:

  • Kerajinan Bahan Keras Alam

Bahan keras alam merupakan jenis kerajinan yang sifatnya memang keras dan biasanya bahan ini didapatkan dari lingkungan di sekitarnya dan diolah menjadi sebuah kerajinan. Kerajinan bahan keras alam bisa dibuat dengan menggunakan bahan seperti kayu, bambu, rotan dan lainnya.

Pengolahan berbahan keras alam dapat dilakukan dengan cara membentuk suatu kerajinan yang kita inginkan. Teknik dalam pembuatan kerajinan bahan keras juga bermacam-macam, bisa dengan cara diukir, dipahat, dipotong dan lainnya.

Kerajinan dengan bahan keras alam akan bertahan lebih lama dan lebih kuat asalkan kita harus tahu dan memahami cara perawatan yang benar. Produk kerajinan bahan keras bisa menghasilkan kerajinan seperti lukisan, ornamen, dan hiasan cantik lainnya.

Selain itu, masih banyak contoh produk kerajinan dengan bahan keras alam, seperti:

  • Kerajinan Limbah dari Tempurung Kelapa 

Siapa sangka tempurung kelapa yang tadinya tidak memiliki nilai jual dapat disulap menjadi suatu kerajinan dengan nilai jual. Tempurung kelapa sendiri merupakan bahan keras. Dengan bahan baku yang cukup murah dan mudah didapatkan, kita bisa membuat kerajinan yang unik.

Lalu, untuk tempurung kelapa yang sebelumnya telah dibersihkan, maka bisa diberikan cat (sesuai selera) dan barulah kamu bisa membentuk kerajinan sesuai dengan keinginan.

Contoh yang dapat dibuat adalah kerajinan seperti, perabot rumah tangga, sendok sayur, gayung air, asbak rokok, piring, figura dan masih banyak lagi.

The Architecture of Love | Di balik Pena

  • Kerajinan Limbah dari Kayu

Kerajinan juga bisa terbuat dari limbah kayu yang sudah tidak terpakai. Kerajinan yang bisa dibuat contohnya seperti miniatur. Anda bisa membuat miniatur dengan potongan kayu bekas yang tidak terpakai lagi.

Miniatur kayu akan menirukan bentuk suatu tempat wisata dengan versi mini atau ukuran lebih kecil. Biasanya miniatur banyak dijual di tempat-tempat wisata dan menjadi salah satu pilihan untuk oleh-oleh setelah liburan.

  • Bahan Batu 

Bahan batu juga bisa dijadikan beberapa kerajinan, lho! Anda pasti sering menemukan kerajinan dengan bahan dasar bebatuan. Kerajinan dengan bahan dasar batu biasanya memiliki harga lebih mahal dari biasanya.

Contoh kerajinan yang bisa dibuat dari batu seperti patung, guci, hiasan rumah, vas bunga atau pot, lampu taman, dan lain-lain.

  • Kerajinan Bahan Keras Buatan

Selanjutnya adalah bahan keras kerajinan buatan. Kerajinan dengan bahan ini bisa kita dapatkan dari bahan olahan buatan pabrik seperti logam, kaca, keramik, fiber, dan masih banyak lagi.

Pada umumnya bahan keras buatan bisa dipakai sebagai campuran kerajinan keras alami. Kedua bahan tersebut bisa menciptakan suatu kerajinan artistik dengan nilai yang cukup tinggi. Kerajinan dengan bahan keras memiliki karakteristik berbeda seperti halus, berat, ringan, kasar, mudah patah, keras, dan sebagainya. Karakteristik tersebut tentunya penting dalam memilih suatu produk kerajinan yang sesuai.

Kerajinan dengan bahan keras bisa kita bedakan berdasarkan jenisnya, apakah kerajinan tersebut berbahan alami dan buatan. Berikut contohnya kerajinan bahan keras buatan yaitu:

  • Bahan Logam 

Kerajinan bahan keras buatan bisa dibuat dengan bahan logam. Contoh kerajinan dari bahan keras buatan logam, yaitu patung, vas bunga, miniatur kendaraan atau benda, dan masih banyak kerajinan lainnya.

  • Bahan Kaca 

Selanjutnya kerajinan bisa dibuat dengan bahan kaca. Contoh kerajinan bahan bekas kaca seperti lampu, aquarium, pot tanaman, peralatan rumah tangga, vas bunga, dan lain-lain.

  • Bahan Serat Kaca

Bahan keras serat kaca juga bisa diolah menjadi kerajinan dengan harga tinggi. Contohnya seperti patung.

Teknik Pembuatan Kerajinan Bahan Keras

pixabay

Dalam pembuatan kerajinan membutuhkan beberapa teknik. Teknik digunakan sebagai salah satu cara pembuatan bahan kerajinan apapun. Jika teknik yang digunakan benar, maka akan mendapatkan kerajinan yang bagus dan memiliki nilai tinggi.

Berikut ini teknik dalam pembuatan kerajinan bahan keras yaitu:

  • Teknik Anyam

Teknik yang pertama adalah teknik anyam. Teknik anyam merupakan teknik kerajinan yang bisa dibuat dengan cara menggabungkan atau menyilang-nyilang bahannya sehingga menjadi suatu karya.

Bahan keras dengan menggunakan teknik anyam bisa dibuat dari tumbuhan yang sudah dikeringkan, seperti lidi, rotan, akar, dan dedaunan untuk dijadikan suatu rumpun yang kuat (tampar).

  • Teknik Las

Teknik Mart

Teknik las atau welding adalah teknik penyambungan logam dengan cara mencairkan sebagian dari logam utama dan pengisi. Ruang lingkup dalam penggunaan teknik pengelasan dalam kontruksi sangat luas, meliputi perkapalan, jembatan, rangka baja, bejana tekan, pipa pesat, pipa saluran dan sebagainya.

Adapun beberapa peralatan yang dibutuhkan pada teknik las ini, seperti, arus listrik, mesin las, penjepit elektroda, tang elektroda, sepatu pelindung, sarung tangan welding, masker, blower, topeng las, dan juga kabel las.

  • Teknik Patri

Kaca Patri

Teknik patri merupakan teknik dalam penyambungan dari bahan logam yang panas dengan menggunakan bantuan dari bahan campuran atau tambahan logam. Teknik ini pada umumnya digunakan untuk mengganti pengelasan di bahan yang peka terhadap suhu yang tinggi.

Patri umumnya tersedia dalam bentuk batangan bulat, batangan pipih seperti pita, bubuk, adonan pasta, krim, lawat dan juga bentuk asalnya.

Teknik pematrian menggunakan suhu diatas 450°C dan selama pematrian logam pengisi mengalir ke celah antara bagian yang pas dengan fenomena kapilaritas. Logam pengisi dipanaskan sehingga sedikit di atas suhu lebur.

  • Teknik Bubut

Teknik bubut bisa dibilang sangat membutuhkan alat pahat bubut yang memiliki fungsi untuk membentuk suatu benda. Teknik bubut ini nantinya bisa menghasilkan kerajinan yang rapi, simetris dan bulat. Teknik bubut dilakukan dengan cara memutar benda kerja yang dikenakan pada pahat yang digerakkan secara translasi sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja.

Cara kerja pembuatan kerajinan dengan teknik bubut ini adalah dengan gerakan putar yang terjadi pada saat benda bekerja. Gerakannya itu sendiri biasanya ada yang menggunakan gerakan relatif dan ada juga yang menggunakan gerakan translasi.

Untuk gerakan translasi ini biasanya akan menggunakan pahat yang berfungsi sebagai gerak umpan. Untuk mengetahui kerajinan dari teknik bubut ini, maka kamu bisa melihatnya melalui vas bunga yang bahannya terbuat dari kayu.

Dalam membuat kerajinan dengan teknik bubut ini, sebaiknya harus diperhatikan perbandingan antara kecepatan rotasi dengan kecepatan translasi pahat. Hal ini perlu dilakukan agar bisa menghasilkan kerajinan yang bagus dan memiliki nilai jual tinggi. Oleh sebab itu, biasanya teknik bubut ini dilakukan oleh seseorang yang sudah berpengalaman agar tidak terjadi kesalahan.

  • Teknik Cor

Gopena

Teknik cor atau casting adalah sebuah cara untuk membentuk produk logam yang diinginkan dan sesuai dengan kebutuhan. Teknik cor ini merupakan proses yang dilakukan untuk menghasilkan produk atau benda melalui pencairan logam yang dituangkan pada rongga cetakan.

Pada teknik cor ini, umumnya terdapat beberapa jenis teknik atau metode pembagian. Berikut penjelasannya:

  • Teknik Tuang Berulang

Teknik ini menggunakan dua pasang cetakan dan terus diulang hingga berkali-kali. Maksud dari berulang kali supaya cetakan yang digunakan tidak perlu membuat terlebih dahulu.

  • Teknik Tuang Sekali Pakai

Teknik kedua ini biasanya dipakai pada benda logam dengan hiasan atau ornamen yang jauh lebih rumit. Cara membuatnya, pertama dengan membuat model pada tanah liat kemudian diberikan lapisan lilin.

Sehingga hasilnya akan tercipta sebuah rongga dan cairan panasnya nantinya dapat dituangkan di dalamnya. Yang mana ditunggu hingga dingin dan mengeras. Lalu, barulah keluarkan hasilnya dari cetakan, kemudian akan menghasilkan sebuah produk yang diinginkan.

  • Teknik Menempa

Teknik menempa ini seperti halnya pembuatan sebuah produk kerajinan yang bahan dasarnya logam, sehingga dapat dibentuk menggunakan teknik satu ini.

Jenis logam yang sering digunakan seperti kuningan, tembaga, perak, dan emas. Biasanya berguna untuk menghasilkan benda seperti tempat lilin, keris, teko, bahkan piring sekalipun.

Contoh Kerajinan Berbahan Keras Buatan Yang Cocok Untuk Di Rumah!

  • Ukiran Kayu

Anda bisa membuat dan memasang ukiran kayu sebagai dekorasi di rumah. Maka Anda bisa memilih jenis ukiran kayu yang disuka dengan nuansa yang ingin Anda ciptakan.

Ukiran kayu tentunya memiliki nilai seni yang tinggi, sehingga jika Anda menaruhnya di ruang tamu, kamar maupun ruangan lainnya akan menambah kesan klasik dan elegan.

  • Hiasan Dinding

Seperti yang kita ketahui bahwa hiasan dinding bisa terbuat dari bahan keras jenis apapun. Dengan ini hiasan dinding beragam, mulai dari keagamaan hingga hiasan bergambar tanaman dan hewan.

Untuk menampilkan kesan yang tradisional, Anda bisa memilih hiasan dinding dengan bahan kayu atau rotan. Akan tetapi jika Anda ingin menampilkan nuansa modern pada rumah, maka bisa menggunakan hiasan dinding dengan bahan logam ataupun kaca.

  • Batu Taman

Kerajinan bahan keras yang satu ini bisa Anda taruh di halaman yang terbuka, contohnya seperti taman dan teras rumah. Batu taman berfungsi menambah keindahan, dan akan membuat ruangan terlihat lebih nyaman dan asri.

Anda bisa memilih ukuran batu taman yang sesuai dengan halaman rumah. Jika batu taman ingin ditaruh di pinggir taman, maka lebih cocok batu dengan warna yang lebih gelap.

  • Guci

Bagi sebagian orang mungkin sudah mengetahui kerajinan guci. Guci itu sendiri bisa dibilang termasuk salah satu kerajinan bahan keras buatan. Jenis guci pun sangat beragam, yang di mana setiap jenisnya pun memiliki harganya tersendiri. Semakin bagus dari suatu jenis guci, maka harga jualnya akan semakin mahal.

Guci pun bisa diletakkan begitu saja di ruangan tertentu agar mempercantik ruangan, tetapi guci bisa juga dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan suatu barang, seperti menyimpan payung atau barang-barang lainnya.

  • Patung Kayu dan Batu

Untuk ukuran pada patung kayu dan batu biasanya cukup besar. Kerajinan satu ini bisa Anda tempatkan pada bagian luar rumah sebagai pemanis. Apabila ukurannya lebih kecil, maka bisa diletakkan di meja atau rak dinding agar dapat mempercantik suatu ruangan di rumah.

  • Peralatan Makan

Kerajinan bukan hanya berfungsi untuk mempercantik ruangan saja, tetapi juga bisa berfungsi sebagai peralatan makanan. Sudah banyak sekali peralatan makanan dengan model yang kekinian. Sehingga ketika Anda menggunakan peralatan makan yang bagus akan menambahkan kesan mewah pada makanan yang Anda sajikan.

  • Miniatur Model

Miniatur model merupakan kerajinan bahan keras berukuran kecil yang mengambil gambaran suatu objek seperti hewan, karakter, dan benda-benda lainnya di sekitar. Anda bisa meletakkannya di lemari pajangan dan juga di atas meja belajar.

  • Kap Lampu

Kap lampu menjadi salah satu pilihan kerajinan yang bisa diaplikasikan di rumah. Cobalah untuk memasang kap lampu sebagai penutup. Kap lampu bukan hanya sebagai hiasan saja, tetapi juga bisa sebagai pelindung dari lampu itu sendiri.

Anda bisa menemukan kap lampu dengan berbagai bahan dasar,seperti rotan dan bambu, yang dapat menambah kesan cantik pada ruangan.

  • Pot Tanaman

Tanaman bisa dikatakan sebagai salah satu cara agar membuat suatu ruangan atau halam rumah menjadi lebih segar. Nah, untuk menunjang tanaman, maka dibutuhkan pot tanaman yang menarik. Terlebih lagi, saat ini, pot tanaman memiliki banyak sekali variasinya.

Meski begitu, sebaiknya kamu pilih pot tanaman yang sesuai dengan kondisi halaman dan juga ruangan. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih sejuk dan pastinya akan menjadi lebih tenang ketika berada di dekat tanaman.

Pada dasarnya, setiap kerajinan pastinya memiliki tekniknya masing-masing dalam pembuatannya. Oleh sebab itu, tidak semua kerajinan akan menggunakan teknik pembuatan yang sama. Jadi, ketika kamu ingin membuat suatu kerajinan bahan keras buatan, sebaiknya tentukan tekniknya masing-masing.

Meskipun dalam membuat kerajinan bahan keras buatan terbilang gampang-gampang susah, tetapi selama melakukannya dengan sungguh-sungguh, maka akan terbiasa. Selain itu, contoh kerajinan bahan keras buatan yang telah dijelaskan sebelumnya bisa kamu dapatkan di toko-toko kerajinan yang ada di sekitar kamu.

Demikian pembahasan tentang contoh kerajinan bahan keras buatan beserta dengan teknik-tekniknya. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat sekaligus menginspirasi kamu.

Bagaimana tertarik membuat kerajinan dari bahan keras buatan? Jika iya, Grameds bisa membaca buku yang tersedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Sumber:

  • https://arthome.co.id/cara-mengelas-yang-baik-dan-benar/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Patri
  • https://workshop.co.id/teknik-pengelasan-yang-baik-dan-benar/
  • https://idkuu.com/produk-kerajinan-yang-dapat-digolongkan-dari-bahan-keras-alam-adalah
  • https://katadata.co.id/intan/berita/61ee26dfc62f6/kerajinan-bahan-keras-alami-buatan-dan-contohnya
  • https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5513704/kerajinan-bahan-keras-dan-contoh-contohnya
  • https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-teknik-kerik-dalam-mengukir/22986
  • https://hasilcopa.com/agar-menghasilkan-pengelasan-yang-baik-dan-sempurna-langkah-langkah-apa-yang-perlu-dilakukan
  • https://www.ruparupa.com/blog/10-ide-produk-kerajinan-bahan-keras-untuk-dekorasi/
  • https://termasyhur.com/teknik-cor-umumnya-diterapkan-pada-bahan-logam-yang-dicairkan-dan-dituang-ke-dalam
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_bubut


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.