in

10 Contoh Undangan Aqiqah dan Cara Membuat Undangan Aqiqah

Di dalam Agama Islam, umat muslim mengenal yang namanya aqiqah sebagai salah satu tradisi yang dilakukan untuk menyambut kelahiran seorang anak. Tradisi yang satu ini umumnya dilakukan dengan menyembelih kambing dan memotong rambut bayi sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Hukum aqiqah sendiri adalah sunnah muakkad. Itu artinya, sunah ini sangat dianjurkan di dalam Islam. Untuk melaksanakannya, seseorang biasanya akan melangsungkan sebuah acara selamatan yang berisi pengajian dan pembacaan doa bersama.

Mulai dari keluarga, kerabat, tetangga, dan juga sahabat dekat turut diundang dalam momen yang sakral ini. Untuk kamu yang berencana melangsungkan acara aqiqah, berikut ini adalah contoh undangannya yang bisa ditiru.

Cara Membuat Undangan Aqiqah

Untuk kamu yang ingin membuat undangan aqiqah tapi masih bingung dengan desain dan ukurannya. Di artikel kali ini kita akan membahas lebih lengkap mengenai cara membuat undangan aqiqah dan juga contoh undangan yang bisa kamu tiru. Meskipun terkadang tidak digunakan, namun kita harus tetap menyiapkan undangan aqiqah saat akan merayakan kelahiran anak. Yuk simak beberapa kumpulan contoh undangan aqiqah berikut ini. Kita juga akan membahas tentang ukuran, tema acara, cara membuat, dan lainnya.

Ukuran Undangan Aqiqah

Ukuran undangan aqiqah ini biasanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Akan tetapi, pada dasarnya ukuran undangan aqiqah yaitu 10x15cm atau sekitar 2600 x 2000 pixel. Setelah dicetak, pastikan undangan sudah sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Cara Membuat Undangan Aqiqah melalui Canva

Untuk bisa membuat undangan aqiqah, kita bisa menggunakan aplikasi edit foto Canva yang ada di ponsel ataupun laptop. Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu dilalui:

1. Buka Aplikasi Canva

Langkah yang pertama untuk membuat undangan aqiqah adalah dengan cara membuka aplikasi Canva yang ada di ponsel ataupun laptop. Lalu, carilah template yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila undangan tersebut ingin digunakan untuk anak perempuan, maka kamu bisa memilih desain dengan warna pink.

2. Ubah Template Desain

Setelah menentukan templatenya, kamu bisa mengubah desain sesuai dengan keinginan. Di dalam aplikasi ini, kamu bisa menambahkan foto ataupun bingkai sesuai selera. Karena akan digunakan untuk anak perempuan, kamu bisa menambahkan emotikon bunga ataupun pita supaya terlihat lebih cantik.

3. Simpan ke dalam Bentuk PDF

Apabila sudah menyelesaikan desain undangan, kamu bisa menyimpannya ke dalam format PDF ataupun PNG. Namun, jangan lupa untuk menyimpan desain mentahannya atau raw sebagai back up. Hal itu penting jika nantinya terjadi kesalahan ketika mencetaknya. Sehingga, kamu tidak perlu repot lagi membuat ulang apabila ada kesalahan dalam penulisannya.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

4. Cetak dengan Kertas Terbaik

Ketika undangan akan dicetak, pastikan kamu memilih jenis kertas yang terbaik. Hal itu bertujuan supaya undangan tersebut mempunyai hasil yang baik, sehingga bisa terbaca dengan jelas. Kamu bisa memilih jenis art paper, jasmine paper, matt paper, art carton, dan juga ivory. Sesuaikan saja jenis kertas dengan kebutuhan.

Cara Membuat Undangan Aqiqah Menggunakan Photoshop

Selain menggunakan Canva, kamu juga bisa membuat undangan aqiqah menggunakan photoshop. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat undangan aqiqah menggunakan photoshop.

1. Buat Proyek Baru

Untuk bisa membuat undangan aqiqah dengan menggunakan photoshop, maka akan lebih baik jika kamu menggunakan PC atau laptop. Langkah pertama yaitu buka aplikasi photoshop, kemudian tekan CTRL+N untuk windows dan COMMAND+N untuk macbook. Setelah itu atur ukuran sesuai dengan kebutuhan dan klik tombol OK.

2. Buat Background

Langkah selanjutnya, buatlah background. Setelah itu, bagi menjadi dua muka dan beri garis tengah. Buat grid dengan cara menekan view, lalu Guide. Berikutnya, buatlah tepian samping dengan format horizontal 3 persen dan juga 97 persen. Kemudian, buatlah guide dengan format vertikal 2 persen dan 98 persen sampai membentuk seperti buku.

3. Berikan Warna

Setelah semua guide sudah selesai, kamu bisa memberikan warna background sesuai selera. Kamu bisa menggunakan rectangular marquee tools untuk membuat gambar kotak di sisi samping kiri, kemudian ikuti batas guide yang sudah dibuat. Pilih warna menggunakan paint bucket tool dengan mengetuk dua kali set foreground, pilih pelet warna, dan kemudian tekan OK. Berilah warna dan hilangkah titik kotaknya dengan cara tekan tombol CTRL+D dan ulangi sampai membentuk sisi kotak.

4. Tambahkan Foto

Kamu juga bisa menambahkan foto anak ataupun animasi bayi sehingga akan memberikan kesan yang lucu pada undangan aqiqah. Pastikan foto ataupun animasi yang dipilih memiliki resolusi yang bagus. Sehingga hasilnya tidak blur setelah undangan dicetak.

5. Simpan ke dalam Bentuk PDF

Apabila sudah menyelesaikan desain, kamu bisa menyimpannya ke dalam format PDF atau PNG. Namun, jangan lupa untuk menyimpan desain mentahnya atau raw sebagai backup nya. Hal itu penting jika nantinya terjadi kesalahan ketika mencetaknya. Sehingga kamu tidak perlu repot lagi membuat ulang apabila terjadi kesalahan dalam penulisan.

6. Cetak dengan Kertas Terbaik

Ketika akan dicetak, pastikan untuk memilih jenis kertas yang terbaik supaya undangan bisa terbaca dengan jelas. Kamu bisa memilih jenis matt paper, art paper, jasmine paper, art carton, dan juga ivory.

Waktu Pelaksanaan Aqiqah

Waktu pelaksanaan aqiqah ini biasanya dilakukan di hari ketujuh kelahiran bayi. Hal itu berdasarkan hadist Rasulullah SAW:

Diriwayatkan oleh Samurah bin Jundub RA, Rasulullah SAW bersabda, yang mana artinya:

“Setiap bayi tergadaikan oleh aqiqahnya yang disembelih untuknya pada hati ketujuh, lalu dicukur dan diberi nama.” (HR. An-Nasa’i).

Cara menghitung hari ketujuh ini yaitu dengan menyertakan hari kelahirannya. Contohnya saja, apabila bayi lahir di Hari Senin, maka acara aqiqah bisa dilakukan di hari Minggu selanjutnya. Kemudian, bagaimana jika tidak dapat melaksanakan aqiqah tepat di hari ketujuh? Apakah bisa diganti di hari lain:

Di dalam sebuah hadist menerangkan bahwa:

“Penyembelihan hewan aqiqah bisa hari yang ke-7, hari ke-14, atau hari ke-21.”

Pernyataan tersebut dianggap sahih oleh para ulama. Tata cara aqiqah di hari ketujuh kelahiran memang bukanlah aturan yang paten. Aqiqah bisa dilakukan sampai ada kemampuan untuk melaksanakannya, bahkan saat sudah dewasa sekalipun.

Nabi Muhammad SAW juga melakukan aqiqah untuk dirinya sendiri saat Beliau sudah diangkat menjadi Nabi. Riwayat tersebut menjadi dasar diperbolehkannya seseorang untuk melakukan aqiqah untuk dirinya sendiri jika belum dilakukan oleh orang tuanya.

Contoh Undangan Aqiqah

Berikut ini adalah beberapa contoh undangan aqiqah yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk kamu yang akan melangsungkan acaranya:

1. Contoh 1

Bismillahirrahmanirrahim

Tasyakuran Aqiqah

Alhamdulillah telah lahir anak kami yang pertama dengan sehat dan selamat. Sebagai ungkapan rasa syukur dalam menerima amanah-Nya, kami laksanakan salah satu sunah Rasul yakni berupa aqiqah.

(Foto bayi)
(Nama bayi)
(Alamat atau tempat prosesi aqiqah dilangsungkan)

Tidak ada kata-kata indah selain doa dan restu. Semoga putra/putri kami kelak menjadi anak yang sholeh/sholehah, berbakti kepada kedua orang tua, berguna bagi agama, bangsa , dan negara. Aamiin.

Kami yang berbahagia
(Nama orang tua)

2. Contoh 2

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Dengan mengucap syukur alhamdulillah dan mengharap Rahmat dari Allah SWT, dengan ini kami mengundang Bapak / Ibu / Saudara / i pada acara Aqiqah Tasyakuran Kelahiran Anak kami yang bernama

(Nama bayi)
Insha Allah acara ini akan kami laksanakan pada:

Hari :
Tanggal :
Waktu :
Tempat :

Akan menjadi suatu kebahagiaan untuk kami sekeluarga jika Bapak/Ibu/Saudara /i berkenan untuk hadir dan memberikan doa keselamatan untuk putra/putri kami. Atas kehadiran dan do’a Bapak/Ibu /Saudara /i kami sampaikan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat kami,
(nama orang tua)

3. Contoh 3

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat serta karunianya kepada kami dengan lahirnya putra/putri pertama kami yang bernama:

(Nama bayi)

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu/Saudara/i sekeluarga untuk hadir dalam acara Aqiqah Tasyakuran Kelahiran putra/putri kami yang pertama. Insha Allah acara tersebut akan kami laksanakan pada:

Hari:
Tanggal:
Waktu:
Tempat :

Suatu kehormatan dan kebahagiaan tersendiri untuk kami jika Bapak/Ibu/Saudara/i berkenan untuk hadir dalam acara tersebut. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat kami
(Nama orangtua)

4. Contoh 4

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, dengan segala rahmat dan karunia-Nya telah lahir (putra/putri) kami yang (pertama/kedua …..) pada hari ………….. tanggal ………………. dengan sehat dan selamat, lancar dan penuh kemudahan.

Sebagai bentuk ungkapan syukur kepada Allah SWT atas kelahiran (putra/putri) kami yang bernama (nama anak) ini, kami keluarga besar bapak (nama bapak) mengundang bapak/ibu/saudara (i) untuk hadir di acara tasyakuran dan aqiqah putra/putri kami yang insha Allah akan dilaksanakan pada.

Hari : …………………………………………………………..
Tanggal : …………………………………………………….
Pukul : …………………………………………………………
Bertempat: ………………………………………………….

Akan menjadi suatu kebahagian dan kehormatan tersendiri untuk kami sekeluarga atas kehadiran dan doa dari bapak/ibu/saudara (I). Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat Kami
(Bapak ……………. dan keluarga)

5. Contoh 5

Assalamu’alaikum wr. wb

Alhamdulillah Wa Syukurillah telah lahir dengan sehat dan selamat, anak (pertama/kedua/ketiga) kami pada tanggal (tanggal/bulan/tahun) yang kami beri nama (Nama anak). Sebagai bentuk rasa syukur kehadirat Allah SWT, kami mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i untuk hadir dalam acara tasyakuran dan Aqiqah anak kami yang insha Allah akan dilaksanakan:

Hari/Tanggal :
Pukul :
Tempat :

Doa restu dan kehadiran Bapak/Ibu/Saudara/i akan menjadi sebuah kehormatan dan kebahagian untuk kami serta keluarga.

Atas perhatian dan doanya kami ucapkan banyak terimakasih.

Wassalamu’alaikum wr.wb

Hormat kami,
(Nama Ayah & Ibu)

6. Contoh 6

Kepada yang terhormat: (nama tamu undangan)

di tempat

Bismillahirrahmanirrahim,

Alhamdulillah telah lahir ke dunia dengan selamat, putri kedua kami yang bernama (nama anak). Sebagai ungkapan rasa syukur dalam menerima amanah-Nya, kami akan melangsungkan salah satu sunnah Rasul yang berupa aqiqah . Acara ini akan diselenggarakan pada:

Waktu:
Jam:
Tempat:

Tidak ada kata-kata yang indah selain doa dan restu dari Saudara/i. Semoga buah hati kami menjadi perempuan yang soleha, berbakti kepada kedua orang tua, dan berguna bagi agama, bangsa, serta negara.

Kami yang berbahagia,

(nama kedua orang tua)

7. Contoh 7

Assalamu’alaikum wr. wb.

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada kami. Telah lahir putri pertama kami yang bernama: (nama anak).

Sehubungan dengan hal itu, kami bermaksud untuk mengundang saudara dalam acara aqiqah tasyakuran kelahiran. Insha Allah akan kami laksanakan pada:

Waktu:
Jam:
Tempat:

Merupakan sebuah kebahagiaan dan kehormatan untuk kami jika Saudara/i berkenan untuk hadir dalam acara tersebut. Atas perhatian dan doanya, kami sampaikan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Hormat kami,
(nama kedua orang tua)

8. Contoh 8

*Bismillahirrahmanirrahim*

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tanpa mengurangi rasa hormat, izinkan kami mengundang saudara sekalian untuk hadir dan memberikan doa pada acara aqiqahan anak pertama kami yang bernama (nama anak), pada :

Hari dan Tanggal : ………………………………………………
Jam : ……………………………………………………………………..
Lokasi Acara : ………………………………………………………

Akan menjadi suatu kehormatan dan kebahagiaan untuk kami jika Bapak/Ibu/Saudara berkenan untuk hadir di acara aqiqahan ini, terimakasih atas perhatian dan waktunya.

_ Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh _

9. Contoh 9

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sebagai ungkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT atas kelahiran anak pertama kami. Insha Allah kami akan melaksanakan acara aqiqah pada:

Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Waktu : ………………………………………………………………..
Tempat : ……………………………………………………………….

Akan menjadi suatu kehormatan dan kebahagiaan untuk kami jika saudara/i sekalian berkenan hadir. Terimakasih.

Hormat kami,
Bapak …………….. sekeluarga.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

10. Contoh 10

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Dengan mensyukuri rahmat dan Ridho Allah SWT, kami sekeluarga bermaksud mengundang bapak/ibu/saudara/i untuk hadir dalam acara tasyakuran aqiqah (putra/putri) kami yang bernama:

(nama anak)

Insha Allah akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : ………………………………………………..
Pukul : ……………………………………………………………..
Tempat : …………………………………………………………..

Doa restu dan juga kehadiran bapak/ibu/saudara/i adalah suatu kehormatan dan kebahagiaan untuk kami

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hormat kami,
(Nama Ayah & Ibu)

Demikian penjelasan mengenai tata cara membuat undangan aqiqah dan juga beberapa contoh undangan aqiqah yang bisa kamu tiru atau dijadikan sebagai referensi.

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.