in

Cara Menyimpan Video dari Instagram dengan Aplikasi!

Cara menyimpan video Instagram – Di zaman yang serba modern dan juga serba mudah ini bisa dibilang semua hal bisa dilakukan melalui smartphone. Bahkan, untuk berinteraksi dengan orang lain pun, kita jadi lebih mudah, salah satunya adalah melalui Instagram. 

Di media sosial Instagram ini, kita jadi lebih mudah dalam mengekspresikan diri. Oleh sebab itu, tak sedikit orang yang bermain media sosial Instagram untuk menuangkan segala macam ide-ide yang dimiliki. 

Di Instagram sendiri ada banyak sekali fitur yang bisa dilakukan, mulai dari mengunggah gambar atau bisa juga mengunggah video. Kalau kamu lebih suka mengunggah video atau gambar? Apapun hal yang diunggah, sebaiknya disesuaikan dengan karakter kamu agar Instagram yang dimiliki memiliki ciri khas. 

 

Bahkan, di media sosial Instagram ada juga filter kamera yang bisa membuat hasil foto menjadi terlihat lebih menarik. Lalu, apakah kamu pernah menggunakan filter kamera Instagram?

Di kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Instagram dan juga cara menyimpan video dari Instagram. Nah, untuk kamu yang ingin mengetahui cara menyimpan Instagram, maka jangan lewatkan artikel ini ya. 

Untuk menyimpan video tertentu yang menarik atau lucu agar bisa ditonton secara offline tanpa harus mengakses internet ada cara mudahnya lho, grameds. Yuk simak!

Pengertian Instagram 

pixabay

Sebelum membahas tentang cara menyimpan video Instagram, maka ada baiknya kalau kita membahas tentang pengertian Instagram. Instagram bisa dikatakan sebagai media sosial yang lebih sering berupa gambar, baik itu layanan membagikan video atau gambar. 

Jika dilihat dari kata, Instagram berasal dari kata “instan” yang jika diartikan seperti model kamera polaroid yang terkenal dan juga hasil fotonya lebih mudah jadi. Dengan begitu, seseorang akan mengetahui hasil foto yang dihasilkan apakah sudah bagus atau belum. 

Sementara itu, kata “gram” itu sendiri asalnya dari kata telegram. Dengan kata lain, bisa dibilang bahwa gram di sini berarti memiliki cara kerja yang hampir sama dengan telegram, yaitu mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat dan mudah. 

Hal ini bukan tanpa alasan karena bisa diibaratkan dengan mengunggah foto ke media sosial Instagram. Namun, untuk melakukan hal itu, maka diperlukan jaringan internet yang stabil agar gambar atau foto atau video bisa terunggah dengan cepat dan hasilnya maksimal. 

The Architecture of Love | Di balik Pena

 

Di media sosial Instagram, akan memungkinkan penggunanya dalam mengunggah foto dan video dengan mudah. Bahkan, untuk mengeditnya pun cukup mudah karena Instagram sudah menyediakan filter. Jika kamu berfoto dengan teman atau dengan saudara, maka kamu bisa ngetag orang yang bersangkutan. Dengan begitu, kebersamaan pun tetap terjalin. Hal ini juga berlaku pada postingan video. 

Unggahan dapat dibagikan secara publik atau dengan pengikut yang disetujui sebelumnya. Pengguna juga dapat menjelajahi konten pengguna lain berdasarkan tag dan lokasi dan melihat konten yang sedang tren. Pengguna dapat menyukai foto serta mengikuti pengguna lain untuk menambahkan konten mereka masuk ke beranda. 

Sejarah Instagram

pixabay

Instagram sebagai layanan jejaring sosial foto dan video sharing dibuat oleh Kevin Systrom dan Mike. Jika bicara Instagram, maka kurang lengkap rasanya kalau tak membahas peluncurannya. Instagram sudah ada sejak 2010 bulan Oktober. Namun, pada awal munculnya, Instagram ini hanya dikhususkan untuk pengguna Iphone atau yang memiliki IoS. 

 

Setelah itu, di bulan April tahun 2012, mulailah Instagram merilis media sosial yang bisa digunakan di Android. Pada tanggal yang sama juga, Instagram bisa diakses melalui situs web. Tidak hanya itu, Instagram pun terus berkembang hingga akhirnya bisa digunakan di handphone dan juga Windows 10 setelah 4 tahun kemudian atau April tahun 2016. 

 

Dikarenakan banyak peminatnya, Instagram pun mulai mengembangkan aplikasinya di San Fransisco. Pada pengembangannya itu, Kevin Systrom dan Mike Krieger lebih fokus terhadap pengembangan check in HTML5 yang di mana nantinya bisa menggunakan multi fitur pada fotografi seluler.

 

Meskipun pada saat pertama pembuatannya Instagram belum tersedia untuk umum, Systrom dan Krieger mulai menguji gagasan dan mereka dengan beberapa jepretan eksperimental. 

Sehingga di hari pertama Instagram menyentuh sebagian besar komponen yang saat ini merupakan tren dibagikan pada Instagram yaitu foto makanan, foto hewan, gambar berseni dan tentu saja banyak dokumentasi tentang kehidupan sehari – hari atau acara besar. 

 

Namun, dalam hal kualitas foto pendiri mempunyai jalan panjang sebelum mencapai tingkat kepekaan saat ini menyangkut komposisi, presisi dan pengeditan. Perubahan besar dialam oleh Instagram setelah diakuisisi oleh perusahaan jejaring sosial Facebook.Inc, pada tanggal 9 April 2012. 

 

Dengan semakin berkembangnya setiap fitur yang ada pada Instagram, maka banyak pengguna yang memanfaatkannya. Misalnya saja, untuk berjualan suatu produk hingga mempromosikan karya-karya yang telah dibuat. 

 

Fitur dalam Instagram 

 

Setelah membahas tentang pengertian dan sejarah singkat Instagram, maka tak ketinggalan kalau kita akan membahas tentang fitur-fitur Instagram. Apakah kamu sudah mengetahui fitur-fitur Instagram? 

  • Explore 

Pada Juni 2012, Instagram memperkenalkan explore atau jelajahi yang menampilkan foto popular, foto yang diambil di lokasi terdekat dan sejenis dengan pencarian yang sering dilakukan pengguna. Pada fitur ini sebenarnya sudah mengalami update sekitar Juni 2015. Adapun update itu adalah bisa memperlihatkan lokasi dan juga tag teman. 

  • Video 

Fitur selanjutnya yang ada pada Instagram adalah video. Di fitur ini, pengguna bisa lebih mudah dalam membuat video. Fitur ini sudah ada sejak 2013 yang hanya bisa 15 detik saja. Namun, hingga akhirnya Instagram mengubah fitur ini yang bisa menampilkan video dengan durasi yang relatif singkat yaitu sekitar 15 sampai 60 detik saja. 

 

  • Instagram Direct 

Fitur selanjutnya dari Instagram adalah Instagram Direct. Pada fitur ini akan memudahkan pengguna dalam mengirim pesan pribadi. Dengan adanya fitur ini, maka pengguna bisa menjaga privasi pesan dari orang lain. Bahkan, fitur yang satu ini bisa juga digunakan untuk mengirim foto ke 15 orang. Sebenarnya, fitur yang satu ini sudah ada sejak 2013, yang kemudian mengalami pembaruan di tahun 2015. 

 

  • IG TV

IGTV adalah salah satu fitur yang paling baru dikeluarkan oleh Instagram. IGTV adalah video vertical yang tersedia dalam aplikasi dan situs web Instagram. Penggunaan IGTV memungkinkan bagi pengguna untuk mengunggah hingga 10 menit video dengan ukuran file hingga 650 MB dengan pengguna terverifikasi dan popular diizinkan untuk mengunggah video berdurasi hingga 60 menit dengan ukuran file hingga 5,4 MB. 

  • Instagram Stories

Fitur berikutnya yang ada pada media sosial Instagram adalah Instagram Stories. Di fitur ini, pengguna bisa mengambil foto yang kemudian bisa diberikan efek dan juga bisa dimasukkan ke Instagram Stories merekam. Meski begitu, gambar yang sudah dimasukkan ke Stories, hanya bertahan selama 24 jam saja. 

Hal ini dikarenakan selain membagikan foto dan video yang hilang setelah 24 jam, Instagram stories memungkinkan pengguna menambahkan filter seperti snapchat yang menambahkan hal-hal seperti mahkota bunga dan telinga kelinci. Namun, tidak membutuhkan waktu lama dalam delapan bulan Instagram stories mampu melampaui jumlah pengguna aktif harian snapchat. 

 

Sebagai pengguna yang sedang melakukan branding, Instagram stories dapat dijadikan alat untuk menunjang tujuan. Stories sebagai komponen penting dari penggunaan Instagram. Maka, Instagram stories merupakan cara lain untuk terhubung dengan audien target dan fakta bahwa itu muncul di bagian atas bilah pencarian dan mengambil layar penuh pengguna menghilangkan semua gangguan visual lainnya dari lapangan.  

 

Cara Download Video Instagram Online

Bagi kamu yang ingin menyimpan video dari Instagram, maka caranya bisa dibilang gampang-gampang susah. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dapatkan tautan atau link dari video yang ingin diunduh. Untuk mendapatkannya, cukup tap ikon tombol titik tiga di pojok kanan atas, kemudian pilih salin tautan atau “copy link”. Apabila sudah mempunyai salinan tautan, grameds hanya perlu mengakses situs di bawah ini untuk download Instagram video :

  • Igram.io

Cara download video Instagram adalah sebagai berikut:

  • Buka Instagram, pilih video yang ingin diunduh. 
  • Klik tombol titik tiga di pojok kanan atas.
  • Klik “salin tautan”.
  • Buka igram.io
  • Masukkan tautan yang sudah disalin ke dalam kolom “insert Instagram link here”.
  • Klik “download”.
  • Akan muncul tampilan video, klik tombol “download.mp4”.
  • Savefrom.net

Cara kedua untuk mengunduh video dari Instagram melalui situs savefrom.net. Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini. 

  • Buka Instagram, pilih video yang akan diunduh.
  • Klik tombol titik tiga di pojok kanan atas.
  • Klik “salin tautan”.
  • Buka en.savefrom.net.
  • Pada halaman utama, pilih “Instagram.com”.
  • Masukkan tautan video Instagram yang sudah disalin ke dalam kolom “paste your video link here”.
  • Klik “download”.
  • Setelah selesai diproses, klik “download MP4”.
  • Instadownloader.co

Untuk menyimpan video Instagram melalui situs instadownloader.co, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini. 

  • Buka Instagram, pilih video yang akan diunduh. 
  • Klik tombol titik tiga di pojok kanan atas. 
  • Klik “salin tautan”.
  • Buka instadownloader.co.
  • Masukkan tautan yang sudah disalin ke dalam kolom “put Instagram link here”.
  • Klik ikon “download”.
  • Klik tombol HD MP4 untuk memulai unduh video. 

Aplikasi Download Video Instagram 

 

Selain unduh instagram melalui situs atau laman, maka untuk menyimpan video Instagram bisa juga melalui aplikasi. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan video dari Instagram. 

  • InsTake Downloader

Aplikasi ini mudah digunakan dan sangat serbaguna, InsTake downloader merupakan aplikasi terbaik untuk menyimpan video Instagram. Aplikasi ini hanya berukuran 3,3 megabyte (MB) dan mempunyai lebih dari satu juta unduhan di google play store.

  • Downloader for Instagram

Downloader for Instagram adalah salah satu aplikasi favorit. Dengan 10 juta unduhan di google playstore, aplikasi ini hanya berukuran 4,9 MB dan mempunyai tampilan sederhana untuk download video dari Instagram. Caranya mudah, kamu cukup salin link dari Instagram, kemudian letakkan link di Downloader for Instagram dan sudah selesai.  

 

  • Screen Recording

Grameds juga bisa menggunakan fitur screen recording untuk menyimpan video dari Instagram ke galeri. Hal ini dapat dilakukan menggunakan ponsel berbasis android maupun iphone. 

Jika grameds menggunakan ponsel iphone bisa merekam layar (screen recording) dari control center. Sementara jika grameds pengguna android 11, bisa merekam layar dengan mengaksesnya dari daftar Quick Setting. 

Selain itu, bagi grameds pengguna android di bawah 11, kamu harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan screen recording. Misalnya AZ Screen Recorder. 

  • Story Reposter

Cara menyimpan video dari Instagram ke galeri menggunakan aplikasi selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Ios yaitu story reposter yang memungkinkan grameds dapat mengunduh video dari kisah Instagram pengguna IG lainnya dan melakukan repost story IG. 

Sama halnya dengan aplikasi story server for Instagram, grameds nantinya dapat menyimpan dan mengirim ulang video dan gambar dar berbagai cerita dari Instagram. Caranya sangat sederhana, pertama yang dilakukan adalah mencari profil yang akan diunduh videonya, kemudian klik sebelum memilih video yang ingin dan mulai unduh dengan aplikasi ini. 

 

  • Quick Reposter

Aplikasi ini dapat memungkinkan grameds memposting ulang gambar dan video serta menyimpan dan mengunduhnya secara mudah untuk repost IG. Cara menggunakannya juga cukup mudah, yaitu dengan menyalin tautan atau link entah ke gambar atau video yang akan diunduh. Setelah itu otomatis akan menyimpan ke galeri kamu. 

  • W3toys

Dengan menggunakan aplikasi W3toys, grameds bisa mengunduh video Instagram reels. Caranya sebagai berikut :

  • buka aplikasi Instagram. 
  • Pilihlah video Instagram reels yang akan disimpan. 
  • Klik ikon titik tiga di bagian bawah kanan video Instagram reels. 
  • Kemudian, pilih salin tautan dan menuju situs wetoys yang ada di laman pencarian. 
  • Tinggal salin pada kolom yang sudah disediakan dan klik download. 
  • Savefrom.net 

Dengan menyimpan video dari Instagram ke galeri dapat dilakukan melalui situs website savefrom.net. Dengan situs ini, video Instagram yang akan grameds simpan dapat dengan mudah disimpan tanpa memerlukan aplikasi tambahan sedikitpun. 

Langkah-langkahnya juga sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Instagram.
  • Cari video Instagram yang ingin grameds simpan di galeri. 
  • Kemudian klik ikon titik tiga yang berada di atas layar video. 
  • Pilih opsi salin tautan atau salin link.
  • Buka website situs savefrom.net di browser. 
  • Tempel atau paste link video Instagram pada kolom savefrom.net
  • Klik tombol unduh MP4.
  • Setelah terunduh video akan tersimpan di galeri grameds. Selesai, mudah kan?

Itulah cara menyimpan video Instagram yang dapat digunakan, ya grameds. Dengan menyimpan video Instagram yang diinginkan, pengguna bisa menonton video tersebut dengan mudah secara offline.

Jika Grameds masih bingung, dan membutuhkan referensi terkait tentang cara mendownload video dari Instagram secara lengkap kamu bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds. Semoga artikel ini menginspirasimu ya! Selamat mencoba!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah

Rujukan: 

  • https://artikel.bibit.id/teknologi1/gimana-cara-menggunakan-Instagram-downloader
  • https://katadata.co.id/sortatobing/digital/60ef917349083/7-cara-download-video-Instagram-paling-praktis
  • https://semarangku.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-314502276/savefromnet-platform-download-video-Instagram-tanpa-aplikasi-tambahan-gimana-cara-menggunakannya
  • https://materisekolahworld.blogspot.com/2021/11/sejarah-Instagram-lengkap-pengertian.html
  • https://ginasf.weebly.com/home/Instagram-menampilkan-foto-secara-instan
  • https://quizizz.com/admin/quiz/5f61918d68b40b001b01c47f/teks-cerita-sejarah-dan-teks-editorial
  • http://repository.uin-suska.ac.id/21332/6/7.%20BAB%20II.pdf/
  • https://eprints.umm.ac.id/43019/5/BAB%204.pdf/
  • https://konsultasiskripsi.com/2021/07/13/Instagram-skripsi-dan-tesis-6/
  • http://repository.uinsu.ac.id/15673/1/SKRIPSI%20-%20Nur%20Halimah%20Syafira.pdf
  • https://www.bing.com/ck/a?!&&p=200301673878f6eaJmltdHM9MTY2OTY4MDAwMCZpZ3VpZD0zM2JjZjRmZC1kNGJkLTY4ZmMtMTM4NC1lNjkxZDViZjY5NTMmaW5zaWQ9NTEzNQ&ptn=3&hsh=3&fclid=33bcf4fd-d4bd-68fc-1384-e691d5bf6953&psq=%22Pengguna+yang+mengikuti+satu+sama+lain+dapat+mengirim+pesan+pribadi+dengan+foto+dan+video.%22&u=a1aHR0cHM6Ly9lcHJpbnRzLnVtbS5hYy5pZC80MzAxOS81L0JBQiUyMDQucGRm&ntb=1
  • https://amartakarya.co.id/news-mukerremealat-alat-Instagram
  • https://www.mindaart.pro/cara-download-video-Instagram-online/
  • https://www.ongkosku.com/2022/06/mudah-dan-cepat-begini-7-cara-download.html
  • https://sellysupport.freshdesk.com/support/solutions/articles/70000505804-bagaimana-cara-mengirimkan-resi-kepada-pelanggan-
  • https://www.mindaart.pro/cara-download-video-dari-ig/
  • https://tedas.id/teknologi/tutorial/cara-menyimpan-video-dari-Instagram-ke-galeri/
  • https://aplikasinft.my.id/get-aplikasi-untuk-menyimpan-video-Instagram-png/
  • https://tribunpontianakwiki.tribunnews.com/2022/01/19/2-cara-simpan-video-Instagram-ke-galeri-ponsel?page=all
  • https://www.okeguys.com/79894/cara-membuat-sorotan-atau-highlight-baru-di-instagram/
  • https://www.orami.co.id/magazine/cara-menyimpan-video-dari-instagram

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Fandy Aprianto Rohman

Dunia sastra selalu berkembang dan mengikuti perkembangan teknologi. Saat ini, sastra mampu hidup di dunia apa pun, bahkan mampu masuk ke dunia industri kreatif, sehingga sastra dapat lebih bersifat kekinian.