in

Contoh Tanda Tangan yang Simpel, Estetik, Tips Membuatnya

Sumber: Unsplash.com

Contoh tanda tangan – Grameds, coba diingat lagi kapan pertama kali kamu belajar membuat tanda tangan. Apa ketika duduk di bangku Sekolah Dasar? Umumnya sih begitu ya, apalagi di kelas 6 setiap murid harus menandatangani ijazah.

Saat pertama kali belajar membuat tanda tangan, kita pasti melihat contoh tanda tangan milik kakak, orang tua, atau guru di sekolah untuk mencari dasarnya. Setelah itu, kita akan terus berlatih hingga mempunyai satu tanda tangan yang menurut kita paling bagus.

Menariknya, terkadang tanda tangan di SD, SMP, dan SMA bisa berbeda-beda. Hal ini wajar karena di masa sekolah, kita sedang mencari jati diri. Perubahan pola pikir, wawasan, dan referensi yang bertambah banyak terus menginspirasi kita untuk mengubah bentuk tanda tangan sendiri hingga menemukan satu yang paling final tanpa revisi lagi.

Dalam kesempatan ini, Grameds akan belajar mengenai contoh tanda tangan, sejarahnya, dan tips membuat tanda tangan yang baik dan benar. Ya siapa tahu setelah membaca tulisan ini kamu mendapatkan inspirasi yang baru. So, without further ado, let’s begin.

Tentang Tanda Tangan

Tanda tangan a.k.a signature ternyata sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Tepatnya pada tahun 3100 SM di sebuah permukaan tanah liat yang ada di daerah Sumeria. Penemuan lain tentang tanda tangan ada di Jepang pada 57 SM. Saat itu, bangsa Jepang sudah menggunakan tanda tangan “Hanko Seal” untuk keperluan meresmikan dokumen.

Beralih ke daratan Eropa di mana tanda tangan dianggap sebagai penilaian pada karya seni hingga menjadi tanda persahabatan pada masa abad ke-17. Lalu di Indonesia, tanda tangan berupa simbol pertama kali digunakan oleh Raja Airlangga, pendiri sekaligus pemimpin Kerajaan Kahuripan (1019-1042).

Raja Airlangga juga diperkirakan menjadi raja pertama yang berjasa mempopulerkan budaya meninggalkan identitas di atas batu prasasti. Ribuan tahun kemudian, di era modern saat ini, tanda tangan mencapai puncak keemasannya.

Soalnya tanda tangan digunakan untuk berbagai macam keperluan yang berhubungan persetujuan dari satu pihak. Seperti dalam dokumen pengesahan, kartu identitas, ijazah, hingga dokumen perjanjian.

Tak berhenti sampai di situ, tanda tangan kerap digunakan oleh orang terkenal untuk mengungkapkan penghargaan atau rasa sayang kepada penggemarnya. Bahkan, tidak sedikit selebriti yang menggelar acara khusus untuk berjumpa dengan fans mereka sambil memberikan tanda tangan sebagai kenang-kenangan.

Namun di luar itu semua, ada satu hal penting yang tidak boleh Grameds lupakan mengenai tanda tangan, khususnya yang ditulis di atas materai. Kamu harus berhati-hati ketika menandatangani dokumen dengan materai, sebaiknya baca dokumen tersebut secara teliti agar kamu terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.

Tidak sedikit orang yang mengalami kerugian akibat menandatangani dokumen secara sembarangan tanpa membaca isinya terlebih dulu.

Fungsi Tanda Tangan

contoh tanda tangan
Sumber: Unsplash.com

Pada dasarnya, tanda tangan memiliki tiga fungsi utama, yaitu untuk mewakili diri sendiri, menjadi pembeda antara satu orang dengan yang lainnya, dan bukti legalitas dokumen. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Mewakili Diri Sendiri

Tanda tangan dapat dijadikan sebagai bukti bahwa pemiliknya telah melakukan sebuah kesepakatan atau menyatakan persetujuannya terkait hal-hal tertentu. Dikarenakan tanda tangan itu unik, maka dia bisa dianggap mewakili pemiliknya. Dengan kata lain, kamu bisa menggunakan tanda tangan untuk membuktikan pemiliknya sudah menyetujui suatu kesepakatan.

Misalnya ketika membeli barang, kamu menerima kwitansi yang di dalamnya tertulis catatan “barang tidak dapat dikembalikan”. Ketika kamu menandatangani kwitansi tersebut, itu artinya kamu menyetujui bahwa barang yang dibeli tidak bisa dikembalikan lagi.

2. Menjadi Pembeda Antara Satu Orang dengan yang Lainnya

Tanda tangan juga bisa berfungsi sebagai pembeda antara seseorang dengan yang lainnya. Kalau hanya mengandalkan nama untuk membuktikan validitas suatu dokumen, maka kebenarannya tidak terlalu kuat.

Maka dari itu, perlu ditambahkan tanda tangan agar dokumen tersebut tidak tertukar dan memiliki perbedaan dengan yang lain. Sebab tanda tangan setiap orang pasti berbeda-beda.

Misalnya ketika kamu menerima buku pelajaran yang dipinjamkan dari sekolah, kamu bisa menambahkan tanda tangan menggunakan pensil untuk sebagai ciri tersendiri. Dengan begitu, buku milikmu tidak akan tertukar dengan buku temanmu.

Saking uniknya tanda tangan, Grameds bahkan bisa menggunakannya untuk mencari pasangan, lho. Seperti yang ditulis dalam buku Kenali Calon Pasanganmu: Dari Tanggal Lahir,Tanda Tangan karya Dimas Haryanto.

https://www.gramedia.com/products/kenali-calon-pasanganmu-dari-tanggal-lahir-tanda-tangan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/kenali-calon-pasanganmu-dari-tanggal-lahir-tanda-tangan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

3. Bukti Legalitas Dokumen

Jika kamu ingin membuat dokumen penting yang memerlukan legalitas dari seseorang, kamu bisa menggunakan tanda tangan sebagai bukti legalitasnya. Dalam hal ini, tanda tangan bersifat mengikat dan keabsahannya tetap seperti yang diatur dalam Pasal 1869 s/d Pasal 1874 KUHP atau Pasal 1 Ordonansi 1867 No. 29 tentang syarat penandatanganan dokumen.

Pasal tersebut menyatakan bahwa tanda tangan dapat dijadikan bukti kepemilikan dokumen penting atau surat berharga.

Contoh Tanda Tangan Orang Terkenal

Buat Grameds yang sedang mencari contoh tanda tangan keren, estetik, unik, dan keren, kamu bisa menjadikan tanda tangan orang terkenal sebagai inspirasi awal. Sebab, rata-rata orang terkenal memiliki tanda tangan yang khas dan tidak bisa dipalsukan sama sekali. Berikut ini beberapa di antaranya:

Thomas Jefferson

contoh tanda tangan

FYI, Thomas Jefferson merupakan salah satu tokoh yang menandatangani Deklarasi Kemerdekaan Amerika. Beliau juga pernah menjadi Presiden Amerika Serikat sebanyak dua kali.

John Adams

contoh tanda tangan

Berikutnya, ada tanda tangan dari mantan Presiden Amerika Serikat kedua, yaitu John Adams. Tanda tangan miliknya bisa dibaca dengan jelas, bersih, dan juga bebas dari coretan.

Muhammad Ali

contoh tanda tangan

Tanda tangan mantan petinju kelas dunia, Muhammad Ali, secara karakter mirip dengan milik John Adams, yaitu bersih dan dapat dibaca dengan jelas.

Charlie Chaplin

contoh tanda tangan

Contoh tanda tangan berikutnya datang dari seorang komedian terkenal, Charlie Chaplin. Tanda tangan Charlie bentuknya miring ke kanan dan cukup mudah dibaca.

Winston Churchill

contoh tanda tangan

Winston Churchill adalah Perdana Mantan Inggris di masa Perang Dunia II. Beliau juga merupakan pemimpin perang besar Inggris saat itu.

Salvador Dali

contoh tanda tangan

Salvador Dali, seorang pelukis terkenal dari Spanyol yang tanda tangannya sangat merepresentasikan jati diri penulisnya. Jika Grameds perhatikan, huruf D pada kata Dali terlihat mirip dengan tempat menaruh cat yang merupakan salah satu alat melukis.

Walt Disney

contoh tanda tangan

Berikutnya ada tanda tangan animator kartun terkenal, yaitu Walt Disney. Tanda tangan beliau dipenuhi garis dan lengkungan yang menunjukkan imajinasi seorang kartunis.

George Harrison

contoh tanda tangan

George Harrison adalah seorang gitaris terkenal yang memiliki tanda tangan cukup unik. Seperti yang kamu lihat, huruf G pada tanda tangan George terlihat mirip seperti bentuk gitar.

Grace Kelly

contoh tanda tangan

Tanda tangan milik artis terkenal sekaligus Ratu Kerajaan Monaco ini cukup berbeda dengan tanda tangan lainnya.

Tanda tangan pada dasarnya merupakan salah satu bagian dari tulisan tangan yang dapat kamu analisis. Tahukah kamu bahwa tulisan tangan ternyata dapat memengaruhi kesuksesan atau nasib kamu? Untuk membuktikannya kamu bisa belajar menganalisis tanda tangan orang terkenal di atas dengan bantuan buku Analisis Tulisan Tangan (Edisi Revisi) karangan Bayu Ludvianto.

https://www.gramedia.com/products/analisis-tulisan-tangan-edisi-revisi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/analisis-tulisan-tangan-edisi-revisi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Mengenai Tanda Tangan Simpel

Bagi sebagian orang, tanda tangan tidak harus selalu panjang atau ribet. Mereka lebih memilih tanda tangan yang simpel–bahkan asal-asalan pun tak apa–asalkan mudah diingat dan ditulis.

Orang-orang seperti itu biasanya tidak mau pusing saat belajar membuat tanda tangan. Padahal mengingat pentingnya fungsi tanda tangan, bentuk yang simpel dan mudah diingat justru berpotensi merugikan.

Kalau Grameds memiliki anggapan yang sama, coba baca beberapa kelebihan dan kekurangan tanda tangan di bawah ini. Setelah itu, pikirkan kembali apakah kamu masih ingin menggunakan bentuk yang simpel atau tidak.

Kelebihan Tanda Tangan Simpel

Kelebihan utama tanda tangan simpel adalah mudah diingat dan ditulis kembali. Oleh karena itu, orang-orang dengan daya ingat yang tidak terlalu kuat, lebih nyaman menggunakannya.

Pasalnya kalau bentuknya terlalu rumit, meskipun bisa diingat, namun belum tentu pemiliknya bisa menuliskannya kembali. Dan ini yang akan membuatnya kesulitan di beberapa situasi.

Misalnya saat membuka rekening di bank. Semua bank di Indonesia menetapkan aturan yang ketat untuk verifikasi data yang bahkan tanda tangan pun harus sama persis dengan yang ada pada KTP. Jika pihak bank menganggap ada perbedaan, maka pembukaan rekening tidak bisa diproses.

Maka dari itu, daripada urusannya terhambat hanya karena tanda tangan, mereka tidak terlalu memperdulikan bentuk tanda tangannya sendiri. Pokoknya yang penting gampang ditulis ulang, selesai.

Kekurangan Tanda Tangan Simpel

Meskipun bisa mempermudah urusan di situasi tertentu, namun menggunakan tanda tangan simpel sangat tidak dianjurkan. Alasannya? Karena keamanan data pribadi dapat menjadi korbannya.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kelebihan tanda tangan simpel adalah mudah ditulis kembali. Nah, ini bisa menjadi kesempatan emas bagi orang-orang tidak bertanggung jawab untuk memanfaatkannya.

Mereka yang punya niat jahat, bisa memalsukan tanda tangan yang simpel dengan mudah dan menggunakannya untuk kejahatan. Misalnya seperti menandatangani surat-surat pernyataan yang penting, sertifikat tanah, atau dokumen penting lainnya.

Coba lihat contoh tanda tangan simpel di bawah ini:

Ya, betul, itu adalah tanda tangan yang sering digunakan oleh guru di sekolah. Baik di daftar absen, lembar jawaban ujian, atau lembar tugas. Intinya, tanda tangan ini menunjukkan bahwa guru sudah melihat pekerjaan siswa dan menuliskan nilainya.

Bagi murid-murid nakal dan malas, kebiasaan guru menggunakan tanda tangan simpel ini dapat mereka gunakan untuk memalsukan nilai atau kehadiran. Jadi, lebih baik gunakan tanda tangan yang baik dan benar, ya.

Namun, tanda tangan yang baik dan benar itu yang seperti apa? Keep reading buat menemukan jawabannya, oke!

Tips Membuat Tanda Tangan yang Baik dan Benar

contoh tanda tangan
Sumber: Unsplash.com

Untuk mendefinisikan frasa “tanda tangan yang baik dan benar” Grameds bisa menggunakan penjelasan dari Listiani Alim dalam buku The Secret of Signature. Dia menyebut bahwa tanda tangan yang baik dan benar adalah tanda tangan yang mewakili diri sendiri dan sesuai dengan kekuatan yang ingin ditampilkan.

Jadi tanda tangan bukan hanya perkara mudah atau sulit untuk ditulis kembali, lebih dari itu, tanda tangan juga harus merepresentasikan pemiliknya sendiri. Lalu untuk membuat tanda tangan yang representatif tersebut, kamu bisa mengikuti tips-tips di bawah ini:

1. Bersih dan Bebas dari Coretan

Tanda tangan yang bersih dan bebas dari coretan menunjukkan bahwa pemiliknya adalah orang yang yakin dengan dirinya sendiri dan posisinya di masyarakat. Selain itu, tanda tangan yang bersih juga bisa meninggalkan kesan bahwa pekerjaan pemiliknya bersih.

Bahkan pada saat memulai kerja sama, tanda tangan yang bersih bisa memberikan kesan pembuka yang baik, lho. Soalnya, tanda tangan tersebut menggambarkan bahwa pemiliknya bisa bekerja dengan aturan yang jelas.

Sebaliknya, tanda tangan yang penuh coretan serta terlalu banyak noda justru menimbulkan kesan pemiliknya tidak terlalu memerdulikan dirinya dan kualitas pekerjaannya. Di samping itu, tanda tangan kotor cenderung meninggalkan kesan buruk untuk orang-orang yang membacanya.

2. Lebih Bagus Jika Bisa Dibaca oleh Orang Lain

Masih menurut Listiani Alim, tanda tangan yang bisa dibaca oleh orang lain secara tidak langsung akan membantu pembacanya untuk menilai pemilik tanda tangan. Misalnya pada saat Grameds akan memulai kerja sama dengan orang lain.

Jika suatu hari kamu menjadi orang penting atau terkenal, tanda tangan yang bisa dibaca tentunya akan meninggalkan kesan berbeda kepada penerimanya.

3. Hindari Mencoret Nama Kamu Sendiri di dalam Tanda Tangan

Beberapa orang punya kebiasan mencoret nama sendiri saat membuat tanda tangan. Tentu saja mereka punya alasannya sendiri untuk melakukan kebiasaan ini. Namun secara tidak langsung, kebiasaan tersebut dapat menimbulkan kesan bahwa pemiliknya kurang menyukai dirinya sendiri.

Mungkin pemiliknya merasa dirinya kurang baik di mata orang lain, atau mungkin merasa tidak bahagia karena alasan khusus, atau bisa juga karena pengalaman buruk di masa lalu.

4. Memperlihatkan Nama Jelas

Kamu bebas memilih bentuk tanda tangan sesuai dengan keinginanmu, namun alangkah lebih baik jika tanda tangan tersebut memperlihatkan nama jelas kamu sendiri. Pasalnya bentuk seperti ini menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang percaya diri dengan kemampuanmu sendiri.

5. Gunakan Huruf Kapital di Awal

Tips selanjutnya adalah menulis huruf awal namamu dengan menggunakan huruf kapital dan ukurannya lebih besar dari huruf lainnya. Cara ini dapat menunjukkan bahwa Grameds memiliki semangat tinggi untuk meraih apa yang kamu mau.

6. Gunakan Garis Bawah

Tanda tangan yang menggunakan garis bawah dapat menunjukkan bahwa kamu merupakan orang yang percaya tinggi sekaligus ambisius. Dan cara ini masih lebih baik dibandingkan mencoret nama sendiri di tanda tangan.

7. Tambahkan Simbol yang Unik

Agar tanda tangan kamu terlihat unik dan berbeda dari yang lain, kamu bisa menambahkan simbol unik seperti setengah lingkaran berukuran kecil untuk menggantikan titik, atau mungkin coretan “aneh” yang hanya bisa kamu tulis sendiri.

Kamu bisa menemukan korelasi antara tanda tangan dengan kepribadian lebih lengkap dalam buku Seni Belajar Grafologi Edisi Baru yang ditulis oleh Dwi Sunar Prasetyono. Dengan begitu kamu bisa tahu bagaimana cara menonjolkan kepribadian melalui tanda tangan.

https://www.gramedia.com/products/seni-belajar-grafologi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/seni-belajar-grafologi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Beberapa Hal yang Harus Kamu Perhatikan Mengenai Tanda Tangan

Terakhir, ada beberapa hal mengenai tanda tangan yang penting untuk kamu ketahui.

  1. Usahakan jangan terlalu sering mengubah tanda tangan sebab kamu akan kesulitan untuk membuktikan identitas sendiri. Terutama jika tanda tangan yang baru tidak sesuai dengan KTP, buku rekening, SIM, atau dokumen penting lainnya.
  2. Pastikan tanda tangan yang kamu pilih bisa kamu tulis kembali dengan lancar. Dan bentuknya tidak berbeda jauh dengan yang ada di KTP atau dokumen lainnya saat ditulis kembali.
  3. Hindari menggunakan tanda tangan yang bentuknya acak karena kamu mungkin akan kesulitan untuk menuliskannya kembali. Walaupun sebenarnya tidak ada yang aturan khusus yang melarang penggunaan tanda tangan rumit.

Contoh Tanda Tangan yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

Tanda Tangan Simpel

contoh tanda tangan
Sumber: paragram.id
contoh tanda tangan
Sumber: paragram.id
contoh tanda tangan
Sumber: pinterest.com
contoh tanda tangan
Sumber: pinterest.com

Tanda Tangan Estetik

contoh tanda tangan
Sumber: pinterest.com
contoh tanda tangan
Sumber: pinterest.com
contoh tanda tangan
Sumber: pinterest.com
contoh tanda tangan
Sumber: pinterest.com
contoh tanda tangan
Sumber: pinterest.com

Setiap tandang tangan yang dimiliki oleh seseorang pastinya memiliki ciri khasnya masing-masing. Oleh karena itu, setiap tanda tangan antara individu yang satu dengan yang lainnya umumnya tidak sama. Selain itu, sebelum membuat tanda tangan, sebaiknya kamu latihan dulu agar tidak ada kesalahan ketika membuat tanda tangan yang akan digunakan untuk banyak keperluan.

Jika ingin mencari berbagai macam buku tentang penulisan kreatif, maka kamu bisa mendapatkannya di Gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Semoga bermanfaat ya!

Penulis: Gilang



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi