in

Bagaimana Cara Mengunci Akun Twitter? Begini Tiga Cara Mudahnya

Cara mengunci akun Twitter – Sosial media menjadi tren terbaru yang bisa membuktikan jika kemajuan teknologi saat ini memang memberikan dampak yang cukup signifikan bagi kehidupan manusia. Salah satu sosial media yang sampai saat ini masih terus memiliki pengguna yang terus bertambah adalah Twitter.

Tak bisa dimungkiri jika keberadaan Twitter selalu bisa memberikan banyak pengalaman baru bagi setiap penggunanya. Fitur yang canggih hingga berbagai macam fasilitas lain yang terus bisa menunjang kemudahan serta keamanan privasi para penggunanya bisa dibilang mampu diberikan oleh Twitter.

Salah satu fitur yang cukup menarik dari Twitter adalah akun terkunci. Di mana setiap akun terkunci hanya bisa dilihat lini masanya oleh para pengikut serta pemilik akun tersebut. Hal ini tentunya akan menjadikan privasi yang Anda miliki tetap aman terjaga.

Bahkan, Anda bisa mengunci akun Twitter pribadi hanya dengan menggunakan smartphone saja. Keberadaan fitur tersebut memang sangat bisa menjadikan para pemilik akun untuk mengekspresikan dirinya di akun Twitter miliknya tanpa ada orang yang tahu.

Banyak hal menarik yang bisa kita bahas bersama mengenai sosial media Twitter. Nah, apa saja itu? Baca ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Twitter

pixabay

Hampir semua orang tahu akan sosial media Twitter. Hal ini karena keberadaan dari media sosial Twitter memang sudah begitu lama. Di sisi lain seiring berjalannya waktu, Twitter terus melakukan pengembangan hingga menjadikannya salah satu sosial media yang mendapatkan pengguna akun yang terus bertambah secara terus menerus.

Twitter sendiri sebenarnya adalah layanan jejaring sosial yang bisa juga dibilang sebagai microblog, mulai dari yang bisa menjadikan para penggunannya untuk melakukan pengiriman, membaca serta membalas pesan sekitar 280 karakter. Fitur ini biasanya lebih banyak kita kenal dengan sebutan tweet.

Pada awal perilisannya, Twitter hanya memberikan fitur mengirim tweet hanya sebanyak 140 karakter saja. Namun, pada tahun 2017 akhir, Twitter mulai melakukan pengembangan pada fitur tersebut hingga menjadikan proses pengiriman tweet menjadi 280 karakter.

Perlu diketahui juga jika pengguna yang tak memiliki akun  hanya bisa membaca kicauan atau tweet dari pengguna lain selama akun tersebut tidak terkunci. Namun, bagi mereka yang sudah memiliki akun bisa dengan mudah untuk menulis, membagikan hingga memberikan tombol like pada setiap tweet yang ada di lini masa.

Twitter tak hanya berbasis website saja, tetapi untuk saat ini Twitter sudah hadir dalam bentuk mobile di semua jenis sistem operasi. Fitur tweet merupakan fitur yang memungkinkan para penggunanya untuk membagikan tulisan, gambar dan lain sebagainya pada lini masa atau postingan. Sedangkan fitur retweet sendiri merupakan fitur yang bisa diartikan membagikan postingan orang lain di beranda profil kita serta lini masa.

Memiliki banyak pengguna aktif hingga saat ini menunjukkan betapa suksesnya Twitter memberikan manfaat untuk setiap penggunanya. Meski begitu, ada beberapa kondisi yang terlihat begitu gaduh hanya dari sebuah tweet dari para pengguna.

Saat ini, Twitter kerap digunakan sebagai media untuk berbagi momen, bisnis hingga politik maupun sarana untuk mengemukakan pendapat dalam berbagai hal.

Sebagai informasi, Twitter sudah berdiri sejak tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Evan Williams. Sedangkan per tahun 2019 lalu Twitter sudah memiliki jumlah pengguna sekitar 321 juta pengguna aktif. Tentunya angka tersebut akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Cara Mengunci Twitter dan Membuka Gembok Akun

pixabay

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika media sosial Twitter selalu memberikan banyak fitur menarik kepada para penggunanya. Salah satunya adalah fitur yang bisa menjadikan akun Twitter pribadi Anda menjadi terkunci.

Dengan menggunakan fitur ini, Anda hanya akan membagikan momen kepada para follower saja. Mereka yang tak menjadi pengikut akun Twitter Anda, maka tidak akan bisa melihat setiap tweet yang Anda bagikan.

Keberadaan fitur ini akan menjadikan privasi yang Anda miliki tetap terjaga. Tak heran jika beberapa orang selalu terbantu dengan adanya fitur akun Twitter terkunci ini. Ada beberapa cara mengunci Twitter yang bisa digunakan.

Dua di antaranya bisa dilakukan via smartphone dan satunya lagi bisa dilakukan via web. Nah agar Anda makin tahu, berikut adalah cara mengunci Twitter.

  • Cara Mengunci Twitter Dari iPhone

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika Twitter tak hanya berbasis website saja, tetapi saat ini Twitter sudah ada yang versi mobile. Hal ini akan memungkinkan para pemilik akun Twitter menggunakan setiap fitur yang ada jadi lebih mudah.

Salah satunya adalah fitur mengunci akun Twitter melalui ponsel iPhone atau sistem operasi iOS. Di sisi lain, Anda juga perlu tahu apa saja cara yang diperlukan untuk mengunci akun Twitter melalui iPhone.

Nah, agar Anda makin mudah, berikut adalah cara mengunci Twitter melalui iPhone.

  1. Buka Twitter yang ada di iPhone Anda.
  2. Ketuk foto profil pengguna.
  3. Pilih menu pengaturan dan privasi.
  4. Gunakan menu privasi dan keamanan.
  5. Geser tombol yang ada di bagian audiens dan penanda.
  • Cara Mengunci Akun Twitter di Android

Twitter tak hanya bisa digunakan pada ponsel dengan sistem operasi iOS saja, tetapi Twitter juga bisa digunakan pada ponsel dengan sistem operasi Android. Tentunya, pada sistem operasi Android, Twitter juga memberikan banyak fitur menarik seperti akun yang bisa dikunci.

Sebelumnya telah dijelaskan bagaimana cara mengunci akun Twitter melalui iPhone yang memiliki sistem operasi iOS. Nah, berikut ini adalah cara mengunci Twitter melalui ponsel Android.

  1. Buka aplikasi Twitter yang ada di smartphone Android Anda.
  2. Gunakan menu pengaturan dan privasi.
  3. Pilih menu privasi dan keamanan.
  4. Centang kota yang ada di bagian menu audiens dan penanda yang memiliki keterangan lindungi tweet Anda.
  • Cara Mengunci Akun Twitter Melalui Website

Pengguna Twitter tak hanya melalui mobile saja, tetapi Anda juga bisa lho menggunakan Twitter menggunakan website. Di mana Twitter dengan basis website ini akan memungkinkan Anda mengakses akun Twitter pribadi melalui website di perangkat PC, laptop dan lain sebagainya.

Tentunya fitur yang diberikan pada Twitter berbasis website ini terbilang cukup lengkap, salah satunya adalah fitur mengunci akun Twitter. Nah, jika Anda ingin mengunci akun Twitter melalui website, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

  1. Buka terlebih dahulu website resmi Twitter.
  2. Lanjutkan dengan masuk ke dalam akun Twitter Anda.
  3. Jika sudah terbuka, gunakan icon titik tiga yang ada di tampilan.
  4. Pilih menu pengaturan dan privasi.
  5. Gunakan menu privasi dan keamanan
  6. Pilih menu audiens dan penandaan.
  7. Geser tombol yang ada di samping pilihan lindungi tweet Anda.
  • Cara Membuka Gembok Akun Twitter Pribadi

Sebelumnya adalah cara mengunci Twitter melalui smartphone dan website, yang mana ketika akun Twitter Anda terkunci akan ada tanda gembok pada akun tersebut. Di sisi lain, Anda juga masih bisa membuka akun Twitter yang dibuat privasi sebelumnya.

Sebenarnya caranya cukup mudah sekali. Jika melalui website, Anda bisa mengosongkan kotak centang di samping pilihan lindungi tweet Anda. Sedangkan jika melalui smartphone, baik itu iOS atau Android hanya perlu menggeser tombol atau kosongkan kotak centang yang ada di samping pilihan Lindungi tweet Anda.

Nah, itulah beberapa cara mengunci Twitter yang bisa Anda lakukan melalui smartphone maupun website. Dengan menggunakan beberapa cara di atas, akun Twitter pribadi Anda akan bisa bisa terlindungi atau terprivasi.

Beberapa Fitur Utama Twitter

pixabay

Sebelumnya telah dijelaskan jika mengunci akun adalah salah satu fitur yang ditawarkan oleh Twitter. Sebenarnya, ada banyak fitur yang diberikan oleh Twitter disetiap pengembangan yang dilakukannya.

Tentunya tujuan dari Twitter adalah bisa memberikan manfaat yang begitu besar pada aktivitas manusia. Sampai saat ini, Twitter juga masih menjadi salah satu platform sosial media yang cukup besar di dunia.

Nah, agar Anda makin tahu apa saja fitur utama dari Twitter, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Tweet

Tweet atau kicauan adalah salah satu fitur utama yang dimiliki oleh Twitter. Secara mudahnya, fitur tweet akan memungkinkan para pengguna untuk membagikan tulisan, foto dan video maupun gif ke publik.

Tentunya setiap tweet yang dibuat oleh para pengguna Twitter akan terlihat di lini masa pengguna yang terdaftar maupun tak terdaftar. Meski begitu para pemilik akun Twitter juga bisa mengatur Batasan kiriman khusus bagi para pengikutnya.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika fitur tweet pada Twitter awalnya hanya bisa untuk 140 karakter saja. Namun, pada tahun 2017 lalu, Twitter telah melakukan pengembangan fitur tersebut hingga akhirnya bisa menjadi 280 karakter dari yang sebelumnya hanya 140 karakter saja.

2. Follow, Followers, Unfollowing

Selain fitur tweet, Twitter juga memiliki beberapa istilah baru yang diterapkan pada fitur pertemanannya yaitu pengikut dengan istilah follow, mengikuti dengan istilah followers dan membatalkan pertemanan dengan sebuah akun dengan sebutan unfollow.

Di mana fitur tersebut memiliki fungsi agar pengguna Twitter bisa saling terhubung dan berkomunikasi dengan para pengguna Twitter lainnya serta mendapatkan tweet baru secara real time.

Tak hanya itu saja, para pengguna Twitter juga bisa melakukan blokir akun yang dirasa memang menggangu atau tak disukai. Tak bisa dimungkiri jika fitur pertemanan yang ada di Twitter juga dimiliki oleh sosial media lainnya, namun mungkin hanya berbeda saja istilah yang digunakan.

3. Hashtag

Jika Anda menggunakan Twitter mungkin sudah tindak asing dengan fitur hashtag atau tagar. Dimana fitur hashtag atau tagar ini merupakan kata frasa yang akan diawali dengan penggunaan tanda “#” terhadap kata yang akan dijadikan sebuah topik bahasa di Twitter.

Di mana nantinya ketika sebuah topik yang diawali dengan hashtag dengan jumlah yang tinggi akan menjadikan topik tersebut menjadi trending. Selain itu, adanya fitur hashtag juga akan mempermudah dalam mengidentifikasi brand tertentu.

Bahkan, dalam satu hari saja, hashtag yang ada di menu trending topic akan selalu berubah sesuai dengan apa yang sedang terjadi atau topik bahasa yang sedang viral.

4. Nama Pengguna

Pada awal membuat akun Twitter, para pengguna diwajibkan untuk membuat sebuah nama pengguna atau username. Di mana nantinya adanya nama pengguna tersebut akan berfungsi untuk membedakan antara pengguna satu dengan pengguna lainnya. Selain itu, awalan username di Twitter akan menggunakan tanda “@”.

Ketika pemilik akun Twitter akan membalas tweet pengguna lain, maka mereka harus menggunakan tanda “@” sebelum mengetikkan nama pengguna lainya. Tujuanya adalah agar pengguna lain tahu jika mereka di mention melalui tweet tertentu.

5. Retweet

Twitter juga memberikan fitur retweet. Di mana fitur retweet ini bisa membantu para pengguna Twitter untuk membagikan ulang tweet yang dibuat oleh dirinya pribadi atau pengguna lainnya.

Biasanya, para pengguna akan me-retweet setiap tweet yang dirasa relevan dengan kondisi yang sedang terjadi. Tak hanya kiriman saja, tetapi pengguna juga bisa me-retweet balasan yang dibuat oleh akun lain dalam sebuah tweet yang ada.

6. Penyingkat URL

Twitter juga memberikan fitur membagikan tautan. Meskipun URL yang sebenarnya panjang, tetapi ketika dibagikan melalui Twitter secara otomatis akan diperpendek menjadi https://t.co/, yang diikuti dengan URL Shortener.

Dengan menggunakan fitur tersebut, kalian bisa tetap membagikan tulisan dengan karakter maksimal 240 tanpa perlu khawatir panjang tautan tersebut akan mengganggu banyaknya karakter.

Selain itu, Twitter juga memiliki sistem filter yang memungkinkan untuk mengidentifikasi apakah sebuah tautan yang dibagikan terindikasi berbahaya bagi pengguna atau tidak. Hal ini akan menjadikan setiap URL yang dibagikan meminimalisir penyebaran malware, serangan phishing dan jenis aktivitas berbahaya lainnya.

Nantinya, ketika URL yang dibagikan tidak aman atau unsafe, maka Twitter akan secara otomatis akan memberikan informasi berupa Warning: this link maybe unsafe.

7. Trending Topic

Twitter merupakan sosial media yang pertama kali memperkenalkan trending topic atau tren hangat. Di mana trending topic merupakan suatu keadaan yang memang sedang banyak dibicarakan oleh para pengguna Twitter dengan tagar, kata atau frasa tertentu.

Keberadaan dari trending topic di Twitter akan membantu para pengguna Twitter tahu apa yang sedang terjadi di dunia sesuai dengan letak geografis pemilik akun Twitter. Seiring berjalannya waktu, Twitter juga telah melakukan perkembangan hingga akhirnya trending topic terhindar dari adanya manipulasi.

Menariknya, trending topic Twitter juga menjadi salah satu strategi yang memberikan pengaruh pada masa dengan jumlah yang cukup besar, baik itu untuk hal positif maupun untuk hal negatif. Meski begitu, Twitter tetap akan melakukan proses pemantauan terkait dengan trending topic yang sedang dibahas.

8. Tampilan

Seiring perkembangan yang dilakukan, Twitter telah mengalami banyak perubahan. Banyak fitur unggulan terbaru yang ditawarkan oleh Twitter, salah satunya adalah tampilan lini masa atau beranda dengan tiga pilihan warna yaitu warna bawaan, temaram dan lampu mati atau dark mode.

Di mana nantinya para pengguna bisa melakukan perubahan pada warna yang ada di tampilan Twitter. Selain itu, huruf pada tampilan Twitter pribadi setiap pemilik akun juga bisa dirubah. Adanya fitur tampilan ini akan memungkikan para pengguna untuk bisa mendapatkan kenyamanan ketika menggunakan Twitter dalam kehidupan sehari-harinya.

Nah, itulah beberapa penjelasan akan Twitter. Sampai saat ini, Twitter memang masih terus memiliki banyak pengguna aktif. Bahkan, setiap hari ada akun Twitter baru yang selalu saja terus bertambah. Di sisi lain, Twitter juga mampu menghadirkan banyak fitur yang memberikan banyak kenyamanan bagi para penggunanya.

Salah satunya adalah fitur menjadikan akun pribadi terprivasi atau terkunci. Nah, seluruh penjelasan mengenai cara mengunci Twitter sudah ada di atas. Tentunya kalian bisa memilih dari beberapa cara yang ada di penjelasan tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, Grameds.

Jika ingin mencari buku tentang Twitter, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy