in

16 Sungai Terpanjang di Benua Amerika, Selain Amazon

Mungkin grameds sudah sering mendengar beberapa sungai terpanjang di benua Amerika. Bahkan, dalam beberapa film hollywood tak jarang juga menyuguhkan latar pemandangan sungai-sungai amerika ini.

Mungkin salah satu yang kamu sering dengar dan tidak asing lagi adalah sungai Amazon. Sungai Amazon ini merupakan sungai yang terpanjang kedua didunia setelah sungai Nil. Namun tidak hanya sungai amazon, masih banyak loh beberapa sungai lain yang sangat panjang yang terdapat di Benua Amerika.

Banyaknya sungai besar dan panjang didunia dipengaruhi oleh topografi daratan Amerika yang sangat luas. Benua Amerika sendiri terdiri dari 2 kawasan utama yaitu Amerika Utara dan Amerika Selatan. Hal ini juga membuat benua Amerika memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah.

Lalu, apa saja sungai terpanjang di benua Amerika? Kamu bisa temukan jawabannya pada artikel ini. Namun, sebelum membahas akan hal itu, ada baiknya kalau kita membahas tentang pengertian sungai terlebih dahulu.

Pengertian Sungai

Sungai merupakan aliran air yang berukuran besar dan memanjang dan mengalir terus menerus dari hulu hingga hilir. Aliran sungai bisa dibentuk oleh faktor-faktor alami, seperti morfologi, jenis tanah dan batuan, tingkat erosi serta struktur geologi. Sedangkan pola aliran sungai akan mengikuti hukum gravitasi dan mengikuti topografi serta dipengaruhi oleh jenis tanah, batuan, geologi, serta kemiringan yang dilalui air.

Manfaat Sungai bagi Manusia

Sungai memberikan banyak sekali manfaat tentunya yang bisa dirasakan oleh penduduk sekitar sungai. Berikut adalah manfaat sungai bagi manusia.

1. Sumber Mata Pencaharian

Sungai bisa dimanfaatkan sebagai sumber mata pencaharian, kondisi sungai bisa dijaga agar tetap bersih, sehingga ekosistem yang ada di dalamnya juga akan terjaga seperti ikan-ikan. Dengan banyaknya ikan akan menjadi sumber mata pencaharian yang manfaat bagi manusia.

2. Sarana Transportasi

Sungai yang luas dan besar juga bisa dimanfaatkan sebagai transportasi air. Selain untuk transportasi, sungai yang besar juga digunakan sebagai masyarakat untuk perdagangan. Sungai berperan untuk memindahkan atau menghubungkan barang dan manusia dari satu tempat ke tempat lainnya.

3. Sumber Pembangkit Listrik

Sungai juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber tenaga terbarukan untuk pembangkit listrik. Sungai dengan aliran yang deras kerap dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik bagi manusia.

Dengan sungai aliran deras, manusia bisa membuat pembangunan pembangkit listrik tenaga air atau biasa disingkat PLTA. Jika air sungainya deras, maka kincir air akan digerakkan oleh aliran air sungai dan mampu menggerakan generator untuk menghasilkan listrik.

4. Menampung dan Mengalirkan Air Hujan

Sungai juga berfungsi sebagai penampungan dan mengalirkan air hujan yang turun ke bumi dan mengalirkannya ke laut. Sungai yang terganggu karena adanya bangunan liar akan mengganggu, sehingga membuat fungsi penampungan dari sungai akan tidak maksimal. Jika sudah seperti itu, maka bisa menyebabkan banjir di bagian pinggir sungai.

5. Sumber Mata Air Kehidupan

Sungai bisa dimanfaatkan sebagai sumber mata air bersih untuk kelangsungan hidup manusia. Sungai dengan aliran air bersih memiliki guna untuk kebutuhan sehari-hari seperti minum, mandi, mencuci dan kebutuhan lainnya.

6. Sumber Irigasi

Sarana penyediaan air untuk memenuhi kebutuhan bagi pertanian disebut dengan irigasi. Sungai juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber irigasi pertanian. Petani dapat memanfaatkan air sungai menjadi sumber irigasi bagi tanaman padi.

7. Tempat Rekreasi

Kondisi sungai yang bersih bisa meningkatkan kualitas hidup dan menguatkan ekonomi lokal. Sungai dapat dimanfaatkan oleh manusia sebagai tempat rekreasi. Jika air sungai bersih dan tidak kotor maka sungai bisa dijadikan sebagai tempat bermain air, piknik, dan berenang.

Itulah beberapa manfaat sungai bagi manusia. Dari beberapa manfaat yang telah disebutkan dapat dikatakan bahwa sungai bisa memberikan manfaat apabila dijaga dengan baik oleh manusia.

Sungai Terpanjang di Benua Amerika

Berikut adalah berbagai daftar sungai terpanjang yang ada di Benua Amerika.

 

1.

sumber : pinterest.com

Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang di Benua Amerika. Sungai ini mengalir dari Rio Mantaro, Peru dan bermuara di Samudera Atlantik. Sungai ini juga mengaliri beberapa negara di daerah Amerika Selatan seperti Brasil, Ekuador, Kolombia dan Bolivia.

Berdasarkan penelitian menggunakan kombinasi analisis citra satelit dan investigasi lapangan, Sungai Amazon ini memiliki panjang 6.575 km. Kawasan Amazon adalah habitat bagi berbagai flora dan fauna yang sangat kaya akan keanekaragaman hayati. Salah satu hewan yang identik dengan kawasan ini adalah ikan piranha, ikan karnivora kecil yang dikenal sangat buas. Selain itu, ada juga ikan arapaima yang menyandang status ikan tawar terbesar di dunia.

Volume air yang sanggup dialirkan oleh Sungai Amazon mencapai 184.000 m3 per detik menuju Samudera Atlantik, terhitung dari Nevado Mismis. Jumlah ini membuat sungai Amazon dikatakan sebagai sungai dengan volume tertinggi dan terluas berdasarkan lebarnya. Selain itu, sungai Amazon juga terkenal dengan berbagai suku yang menghuninya namun belum teridentifikasi.

2. Sungai Mississippi – Missouri – Jefferson

sumber : pinterest.com

Selanjutnya, ada Sungai Mississippi yang terletak di Amerika Utara. Panjang sungai ini mencapai 6.275 km. Nama Mississippi diambil dari bahasa penduduk asli Amerika yang artinya Bapak Air. Sungai Mississippi – Missouri – Jefferson meliputi 2 provinsi di Kanada dan 31 negara bagian di Amerika Serikat.

Sungai ini juga merupakan salah satu ikon Amerika Serikat dan di sungai ini juga hidup berbagai flora dan fauna. Dikarenakan panjangnya dari sungai ini, maka dijadikan sebagai salah satu penopang vital bagi keberlangsungan ekonomi di Amerika Serikat.

Aliran Sungai ini berawal atau berhulu dari Danau Itasca yang berada di Minnesota Utara. Sungai Jefferson juga dianggap sebagai hulu sungai Mississippi. Aliran sungai lain seperti sungai Minnesota, Sungai St.Croix, Sungai Wisconsin, Sungai Illinois, Sungai Missouri, Sungai Ohio, Sungai Arkansas.

3. Sungai Yukon

sumber : pinterest.com

Selanjutnya, ada Sungai Yukon. Terletak di provinsi British Columbia, sungai ini memiliki panjang 3.190km. Sepanjang sungai yang mengalir sampai ke Alaska ini memiliki keindahan dan sering dijadikan sebagai tempat wisata.

Dalam bahasa lokal suku athabasca, sungai yukon ini dikenal sebagai sungai Uug Han. Dalam bahasa Inuit disebut sebagai Sungai Kuupak. Sungai ini bermanfaat bagi ekonomi masyarakat setempat.

Karena sebagian besar masyarakat mengandalkan ekosistem sungai untuk mencukupi kebutuhan mereka. Sungai Yukon kaya akan ikan salmon dan menjadi sumber protein dan energi bagi Suku Inuit dan Athabasca yang bermukim di sekitarnya.Sungai ini mengalir sampai ke pantai barat Alaska dimana ia bermuara ke Laut Bering.

4. Sungai Rio Grande

sumber : pinterest.com

Sungai RIo Grande berada di wilayah bagian barat daya dan meksiko utara. Panjang sungai Rio Grande mencapai 3.034 km. Sungai ini juga menjadi pembatas Texas dan juga negara bagian Meksiko Chihuahua, Coahuila, hingga Nuevo León dan Tamaulipas.

Sebuah bagian yang sangat pendek dari sungai ini berfungsi sebagai bagian batas antara negara bagian AS Texas dan New mexico. Jadi, tak jarang sungai ini menjadi area kabur bagi para imigran baik dari Amerika Serikat ke Meksiko ataupun sebaliknya.

Sejak pertengahan abad ke 20, konsumsi air yang berat dari pertanian dan kota bersama dengan banyak bendungan pengalihan besar di sungai telah menyisakan hanya 20% dari debit alami mengalir ke Teluk. Dekat mulut sungai, Lembah Rio Grande yang lebih rendah yang sangat di irigasi adalah daerah pertanian yang penting.

5. Sungai Parana

sumber : pinterest.com

Sungai Parana memiliki panjang mencapai 4.880 km. Aliran sungai ini melalui beberapa negara di Amerika selatan seperti Brasil, Argentina, Paraguay, Bolivia dan Uruguay. Bagi masyarakat Brazil, Argentina dan Paraguay keberadaan sungai ini sangat penting karena digunakan untuk mencukupi kebutuhan sumber air. Selain itu, perikanan di sungai ini juga memiliki potensi yang besar. Sungai Parana ini memiliki hulu sungai bernama Sungai de la Plata.

6. Sungai Mackenzie-Peace-Finlay


sumber : wikipedia.com

Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Kanada dengan panjang 1.738 km. Jika dihitung bersama dengan hulunya, sungai ini menjadi sungai terpanjang kedua di Amerika Utara karena panjangnya mencapai 4.241 km. Sungai ini dan anak-anak sungainya mengalirkan air dengan debit rata-rata mencapai 9.700 meter kubik per detik.

7. Sungai Tocantins – Araguaia

sumber : wikipedia.com

Sungai ini merupakan sungai yang berada di daerah Brazil dan melalui banyak daerah seperti para Maranhao, Goals, dan Tocantins. Panjang sungai ini mencapai 3.650 km yang terdiri dari dua sungai yaitu Sungai Tocantins dan Sungai Araguaia. Kedua sungai ini bukan termasuk anak Sungai Amazon. Meski sama sama bermuara ke Samudera Atlantik, keduanya memiliki sistem sungai yang berbeda.

8. Sungai Jurua

sumber : cocoarunner.com

Sungai Jurua adalah salah satu anak sungai Amazon. Sungai ini letaknya berada di sebelah barat Sungai Purus. Sungai Jurua memiliki panjang aliran sekitar 3.100 km.

Karakteristik Sungai Jurua dan Purus sangat mirip, meliputi pola aliran sungai yang tidak terlalu deras, berkelok-kelok dan di beberapa tempat terdapat meander. Meander adalah kelokan badan sungai yang teratur dengan arah belokan mencapai lebih dari setengah lingkaran.

Sungai ini mengalir di dua negara, yaitu Brazil dan Peru dan menjadi bagian dari ekosistem hutan lembab Jurua-Purus di sekitarnya.

9. Sungai Sao Fransisco

sumber : wikipedia.com

Sungai Sao Fransisco merupakan sungai terpanjang di kawasan Amerika Selatan. Panjang alirannya mencapai 3.180 dan pada masa sebelum kolonial disebut juga sebagai sungai Opava. Aliran air sungai Sao Francisco berasal dari pegunungan Canastrea di daerah Minas Gerais, Brazil.

Sungai ini mengalir melewati 5 negara bagian di Brazil dan bermuara di Samudera Atlantik. Selain itu, sungai ini merupakan jalur transportasi kapal oleh masyarakat sekitar sungai Sao Fransisco.

10. Sungai Purus

sumber : britannica.com

Sungai Purus adalah sungai terpanjang no 5 di Amerika selatan. Panjang sungai ini mencapai 3.211km dan merupakan salah satu cabang dari Sungai Amazon. Daerah Aliran Sungai Purus sekitar 63.167km2 yang mengalir di sepanjang perbatasan Peru dan Brazil menuju batas terluar hutan nasional Santa Rosa di Purus. Bagian tengah dan hilir sungai menjadi bagian dari ecoregion puruz varera serta alirannya termasuk dalam wilayah lindung Abufari Biological Reserve.

11. Sungai Madeira

sumber : wikipedia.com

Sungai Madeira ini memiliki panjang sekitar 3.380 km dan salah satu cabang terbesar dari sungai Amazon. Sungai ini juga memasok 15% aliran sungai Amazon. Sungai Madeira terbentuk dari gabungan sungai Mamore dan sungai Beni.

Aliran sungai ini melewati tiga negara seperti Brazil, Bolivia, dan Peru. Oleh sebab itu, sungai ini menjadi jalur transportasi perkapalan dan menjadi urat nadi distribusi barang serta penduduk sekitar. Untuk mencukupi aliran listrik warga sekitar sungai ini juga dibangun bendungan

12. Sungai Colorado

sumber : wikipedia.com

Sungai ini berada di daerah Amerika Serikat bagian Barat daya dan juga utara meksiko. Sungai ini memiliki panjang sekitar 2.330 km dan aliran sungainya mengalir ke daerah aliran sungai gersang yang cukup luas meliputi tujuh negara bagian Amerika Serikat serta dua negara bagian Meksiko.

Sungai ini bermula di tengah pegunungan rocky di amerika serikat dan terus mengalir ke barat daya melewati Grand Canyon dan bermuara di Danau Mead, perbatasan Arizona, Nevada hingga berhenti di Teluk California.

13. Sungai Paraguay

sumber : wikipedia.com

Sungai Paraguay merupakan anak sungai dari sungai parana, sungai ini memiliki panjang kurang lebih 2.695 kilometer. Meskipun sungai ini dinamakan sungai Paraguay, tetapi sungai ini bersumber di Mato Grosso (Brazil) dan tidak hanya mengalir di negara Paraguay, sungai ini juga melewati negara Brazil, Bolivia, dan Argentina.

14. Sungai Arkansas

sumber : wikipedia.com

Selain sungai Missouri, anak sungai mississippi lainnya adalah sungai arkansas. Sungai arkansas ini memiliki panjang kurang lebih 2.364 kilometer. Sungai arkansas ini juga bersumber di Pegunungan Rocky di Montana (Amerika Serikat). Sungai ini mengalir di 4 negara bagian Amerika Serikat yaitu Colorado, Kansas, Oklahoma dan Arkansas.

15. Sungai Rio Negro

sumber : pinterest.com

Sungai Rio Negro berasal dari bahasa Spanyol yang berarti Sungai Hitam. Sesuai dengan namanya, Sungai ini berada di Brasil dan sungai ini memiliki warna air yang hitam terbesar di dunia. Warna hitam dari air sungai ini seperti teh kental yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan di rawa dan hutan yang mengalami proses pembusukan, sehingga menghasilkan tingkat keasaman yang cukup tinggi.

Sungai ini merupakan salah satu anak sungai dari sungai amazon dengan panjang 2.250km dan bersumber di sungai vaupes (guaviare – kolombia)

16. Sungai Orinoko

sumber : wikipedia.com

Selanjutnya adalah sungai Orinoko yang melintas di dua negara di Amerika Selatan yaitu Venezuela dan Kolombia dengan panjang kurang lebih 2.250 kilometer. Sungai ini sejak dahulu dimanfaatkan sebagai salah satu jalur transportasi, pembangkit listrik, dan sumber air bersih bagi penduduk sekitar sungai.

Sungai ini mengalir berliku liku dan melingkar melalui hutan hujan yang lebat dan ilanos yaitu dataran rendah Venezuela, tempat hidup suku Indian selama beribu-ribu tahun yang silam. Kata Orinoko sendiri berasal dari orinoco, kosakata Indian yang berarti sungai.

Nah, grameds itu dia adalah macam-macam sungai terpanjang di benua Amerika. Tentunya banyak sungai-sungai yang tidak pernah didengar dan grameds baru tahu sekarang. Semoga semua pembahasan di atas menambah wawasan kamu.

Jika grameds ingin membaca mengenai buku tentang alam atau buku lainnya maka grameds bisa membaca dan membeli bukunya di Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Christin Devina



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy