in

Pahami Cara Daftar PeduliLindungi dan Cara Menggunakannya

Cara daftar pedulilindungi – Selama masa pandemi Covid-19, seluruh kegiatan masyarakat pun dibatasi demi menekan angka penyebaran virus Covid-19. Oleh sebab itu, pemerintah Indonesia memberlakukan lockdown di beberapa wilayah dengan kasus penyebaran virus Covid-19 yang cukup tinggi. Selain lockdown, pemerintah juga mengharuskan masyarakat mendapatkan vaksin 1,2 dan 3.

Agar penyebaran virus Covid-19 tidak merajalela dan mudah diatasi, maka pemerintah membuat aplikasi bernama PeduliLindungi. Aplikasi ini adalah sebuah platform yang digunakan dalam pelaksanaan surveilans kesehatan di Indonesia demi penangan Covid-19. Aplikasi ini sangat penting, agar masyarakat dapat bebas dan aman pergi ke berbagai tempat dan mencegah penyebaran virus Covid-19. Bagi Grameds yang belum mengetahui bagaimana cara daftar PeduliLindungi, berikut penjelasannya.

Apa Itu PeduliLindungi? 

Sumber: Sehat Negeriku-Kemenkes

PeduliLindungi merupakan suatu aplikasi yang dikembangkan untuk dapat membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan yang bertujuan untuk menghentikan penyebaran dari Coronavirus Disease atau Covid-19.

Aplikasi PeduliLindungi mengandalkan partisipasi dari masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya ketika bepergian ke suatu tempat. Tujuannya agar penelusuran riwayat kontak dengan pasien penderita Covid-19 dapat dilakukan lebih mudah.

Pengguna aplikasi PeduliLindungi juga akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan apabila ia sedang berada di keramaian atau berada di wilayah zona merah. Zona merah merupakan area atau wilayah yang telah terdata, bahwa ada pasien atau orang yang terinfeksi virus Covid-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

Maka dengan notifikasi tersebut, pengguna dari aplikasi PeduliLindungi akan berhati-hati dan secara otomatis memperketat prokes untuk dirinya sendiri. Dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi serta mengaktifkan lokasi, maka Grameds akan ikut membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk dapat menghentikan penyebaran dari Covid-19.

Dalam aplikasi PeduliLindungi, pengguna akan mendapatkan informasi mengenai area zonasi dari persebaran Covid-19, seperti merah, kuning dan hijau sesuai dengan lokasi yang dipilih oleh pengguna. Selain itu, aplikasi PeduliLindungi juga memberikan pemberitahuan apabila Grameds sedang berada di keramaian.

Aplikasi PeduliLindungi ini bukan hanya aplikasi tracer saja, pengguna yang memerlukan bantuan tenaga kesehatan dapat menggunakan fitur Teledokter untuk dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara mandiri serta melakukan konsultasi dengan tenaga kesehatan yang berkaitan dengan kondisi kesehatan pengguna.

Dengan ikut menggunakan aplikasi PeduliLindungi, maka Grameds ikut berperan dalam mencegah penyebaran Covid-19. Sebab aplikasi ini akan membantu pemerintah setempat melakukan tracing atau melacak penderita Covid-19.

Masyarakat Indonesia pun dianjurkan untuk ikut menggunakan layanan dari aplikasi PeduliLindungi ini, sehingga Grameds harus mengetahui cara daftar PeduliLindungi. Berikut penjelasannya.

Cara Kerja Aplikasi

Sebelum mengetahui cara daftar aplikasi PeduliLindungi, Grameds perlu mengetahui bagaimana cara kerja aplikasi ini. Dilansir dari laman pedulilindungi.id, berikut penjelasan mengenai cara kerja aplikasi PeduliLindungi.

  1. Ketika pengguna mengunduh aplikasi PeduliLindungi, maka sistem secara otomatis akan meminta persetujuan dari pengguna untuk segera mengaktifkan lokasi, kamera, storage hingga bluetooth.
  2. Dengan kondisi lokasi aktif, maka secara berkala aplikasi PeduliLindungi pun akan melakukan tracing atau penelusuran serta melakukan pelacakan atau tracking dari lokasi pengguna untuk dapat memberikan informasi terkait keramaian hingga status dari kesehatan pengguna.
  3. Hasil dari tracing dan tracking ini, kemudian akan digunakan oleh aplikasi serta pemerintah Indonesia untuk membantu dalam mengidentifikasi siapa saja yang perlu mendapatkan penanganan lebih lanjut agar penyebaran dari virus Covid-19 serta penyakit lainnya dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.
  4. Pengguna aplikasi PeduliLindungi memiliki kendali terhadap aktivitas jenis layanan. Antara lain adalah rekam medis, resume medis, hasil laboratorium, riwayat vaksinasi, imunisasi dan fitur-fitur lainnya.
  5. Pengguna dari aplikasi PeduliLindungi dianggap telah menyetujui PeduliLindungi untuk memproses data pribadi dari pengguna yang berasal dari fasilitas pelayanan kesehatan melalui SATUSEHAT, jika pengguna telah menekan tombol ‘Berikan Akses, Setuju, Klaim’ ataupun tanda lainnya yang serupa.

Informasi yang Dikumpulkan

Menurut Kebijakan dan Privasi dari aplikasi PeduliLindungi, berikut beberapa informasi yang dikumpulkan dalam aplikasi ini.

  1. Data pribadi yang diserahkan oleh pengguna secara mandiri ketika membuat maupun memperbarui akun PeduliLindungi adalah data nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor paspor dan nomor identitas lainnya, tanggal lahir, alamat surat elektronik (e-mail), nomor handphone, alamat, foto, password dan informasi lain.
  2. Jenis data yang terekam ketika pengguna menggunakan aplikasi PeduliLindungi, termasuk akan tetapi tidak terbatas pada hal-hal berikut ini:
  • Data lokasi sebenarnya atau perkiraan, termasuk tetapi tidak terbatas pada lokasi Wi-Fi geo location, alamat IP dan sebagainya.
  • Data aktivitas pengguna seperti pendaftaran, login, waktu, riwayat penggunaan aplikasi PeduliLindungi dan lainya.
  • Data konfigurasi atau penggunaan aplikasi PeduliLIndungi, di antaranya adalah interaksi pengguna dalam menggunakan aplikasi PeduliLindungi, pilihan yang disimpan dan pengaturan yang dipilih pengguna.
  • Data yang didapatkan dari aktivitas akses data dengan basis bluetooth, akses penyimpanan local storage serta data kontak erat dari pengguna pada fitur lacak kontak erat yang diunggah mandi oleh pengguna terdata sebagai kasus terkonfirmasi.
  • Data yang diperoleh dari aktivitas akses kamera pada perangkat pengguna dengan ketentuan telah mendapatkan persetujuan di awal ketika pengguna menggunakan aplikasi PeduliLindungi pertama kali.
  • Aplikasi PeduliLindungi akan meminta izin akses pada pengguna untuk dapat menggunakan kamera, galeri serta dokumen ketika pengguna mengunduh sertifikat vaksin, mengunggah dokumen dalam rangka untuk melengkapi pengisian Electronic Health Alert Card (e-HAC) sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. PeduliLindungi tidak akan mengambil maupun menggunakan informasi, dokumen atau data lainnya selain data-data yang telah dipilih oleh pengguna.
  1. Data yang didapatkan dari fasilitas pelayanan kesehatan serta hasil pemeriksaan lain yang telah disetujui oleh pengguna untuk dapat ditransmisikan dalam aplikasi PeduliLindungi melalui SATUSEHAT, akan tetapi tidak terbatas pada hal-hal berikut ini:
  • Identitas.
  • Rekan media elektronik maupun resume dari medis elektronik.
  • Pembiayaan kesehatan.
  • Layanan lain yang sehubungan dengan pengobatan pengguna.
  1. Data persetujuan pengguna atau consent pada penggunaan fitur dari aplikasi PeduliLindungi atau pada permintaan akses maupun pengolahan pada data pribadi pengguna melalui SATUSEHAT.
  1. Data yang didapatkan dari sumber-sumber lain, termasuk akan tetapi tidak terbatas pada lembaga pemerintahan maupun swasta sesuai dengan perintah peraturan perundang-undangan maupun perjanjian berbagai pakai data pribadi sehubungan dengan tujuan dan pemanfaatan PeduliLindungi.

Cara Daftar PeduliLindungi

Sumber: Dinkes Kalbar

Setelah mengetahui kebijakan dan privasi dari aplikasi PeduliLindungi dan Grameds menyetujui semua persyaratan dan kebijakan dari aplikasi ini, maka berikut cara daftar PeduliLindungi.

Untuk dapat menggunakan layanan dari aplikasi PeduliLindungi, Grameds harus memiliki akun atau mendaftarkan diri di aplikasi PeduliLindungi. Berikut cara daftar aplikasi PeduliLindungi.

  1. Download dan install aplikasi PeduliLindungi di Google Play Store maupun App Store.
  2. Setelah buka aplikasi PeduliLindungi dan izinkan aplikasi untuk mengakses penyimpanan, kamera serta lokasi.
  3. Lalu buatlah akun pada aplikasi PeduliLindungi dengan cara mengisi seluruh data yang diminta, seperti nomor ponsel, nama, email serta NIK pengguna.
  4. Apabila akun aplikasi PeduliLindungi telah dibuat, maka Grameds bisa langsung login atau masuk aplikasi dengan menggunakan nomor HP maupun email.
  5. Masukan kode OTP yang telah dikirimkan oleh aplikasi untuk verifikasi akun. Kode OTP biasanya akan dikirim melalui WhatsApp ataupun email yang telah didaftarkan oleh pengguna.
  6. Setelah berhasil masuk ke akun PeduliLindungi, Grameds bisa menggunakan beberapa layanan maupun fitur yang tersedia dalam aplikasi PeduliLindungi.

Cara Daftar Vaksin di PeduliLindungi

Sumber: kompas.com

Layanan PeduliLindungi tidak hanya berupa notifikasi atau pemberitahuan yang menunjukan bahwa pengguna berada dalam zona merah, kuning atau hijau dari penyebaran virus Covid-19. PeduliLindungi juga menyediakan layanan berupa daftar vaksin.

Tentu saja layanan daftar vaksin ini dapat mempermudah pengguna. Karena pengguna tidak perlu repot antri dan bahkan bisa memilih tempat vaksin terdekat dari rumah pengguna. Jika ingin menggunakan layanan satu ini, maka berikut cara daftar vaksin di PeduliLindungi.

Via Website PeduliLindungi

  1. Buka situs pedulilindungi.id
  2. Kemudian pilihlah menu pendaftara vaksinasi pada halaman utama website.
  3. Lalu pilih opsi buat akun pedulilindungi.
  4. Lakukan pendaftaran akun melalui email ataupun nomor HP.
  5. Isi data diri seperti nama lengkap, email ataupun nomor HP.
  6. Ceklis pada kolom syarat penggunaan dan kebijakan privasi. Baca seluruh isi dari halaman tersebut.
  7. Kemudian klik daftar.
  8. Masukan kode OTP yang telah dikirimkan melalui nomor HP WhatsApp atau email.
  9. Klik pilihan menu verifikasi.
  10. Jika telah memiliki akun PeduliLindungi, Grameds cukup masuk ke akun website PeduliLindungi seperti biasa.
  11. Setelah masuk ke akun Grameds, maka Grameds akan langsung diarahkan pada halaman formulir untuk mengajukan vaksinasi Covid-19.
  12. Isi formulir dan klik pilihan selanjutnya.
  13. Lakukan konfirmasi mengenai informasi dari penerima vaksin.
  14. Terakhir, masukan kode verifikasi dan proses pendaftaran vaksinasi pun telah selesai.

Via Aplikasi untuk Daftar Vaksin Covid-19 Booster

Seperti yang diketahui bahwa kini virus Covid-19 terus bermutasi, hingga pada akhirnya muncul varian-varian baru dari Virus Covid-19 dan varian terbarunya adalah XBB.

Menurut penelitian, varian baru dari Covid-19 memiliki tingkat penyebaran yang lebih tinggi dan cepat dibandingkan varian Covid-19 sebelumnya. Oleh sebab itu, pemerintah Indonesia kemudian memberikan vaksin booster untuk masyarakat.

Vaksin booster merupakan vaksinasi untuk Covid-19 usai seseorang mendapatkan vaksinasi primer dari dosis pertama serta kedua. Vaksin booster juga dikenal dengan istilah vaksin dosisi ketiga atau vaksin penguat yang tujuannya adalah untuk dapat mempertahankan tingkat kekebalan maupun menambah masa perlindungan.

Grameds bisa mendapatkan vaksin booster dengan cara mendaftar diri. Sehingga Grameds pun memiliki tiket untuk melaksanakan vaksin booster lebih dulu. Tiket pelaksanaan vaksin booster bisa diperoleh dengan mendaftarkan diri pada aplikasi maupun website PeduliLindungi.

Sebelumnya telah dijelaskan bagaimana cara mendaftarkan vaksinasi via website PeduliLindungi, berikut cara daftar vaksinasi via aplikasi PeduliLindungi.

  1. Buka aplikasi PeduliLindungi yang telah didownload dan install pada ponsel Grameds.
  2. Masuk ke aplikasi PeduliLindungi dengan menggunakan nomor HP maupun email yang telah Grameds daftarkan sebelumnya.
  3. Masukan kode OTP yang telah dikirimkan pada nomor HP atau email untuk mengkonfirmasi atau verifikasi akun.
  4. Lalu klik pada menu profil dan pilihlah status vaksinasi serta hasil tes Covid-19.
  5. Apabila status serta jadwal dari vaksinasi booster telah muncul, maka Grameds bisa melakukan cek tiket pada bagian menu riwayat dan tiket vaksin.
  6. Tiket vaksin dosis tiga atau vaksin booster yang telah Grameds dapatkan, bisa disimpan kemudian ditunjukan pada petugas di lokasi vaksinasi. Waktu serta tempat dari vaksinasi pun telah tertera dalam tiket vaksin tersebut. Grameds bisa langsung mengunjungi lokasi tersebut sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan vaksinasi.

Sebagai catatan, setelah melakukan langkah-langkah daftar vaksin melalui PeduliLindungi baik di website maupun aplikasi, Grameds akan melihat keterangan yang berbunyi mengenai jadwal serta lokasi dari vaksinasi yang akan diinformasi lebih lanjut, mengikuti ketersediaan di lokasi terkait. Sehingga pendaftar akan diminta untuk menunggu serta melakukan pengecekan tiket dari vaksinasi di website maupun aplikasi PeduliLindungi secara berkala.

Proses satu ini kemungkinan akan membutuhkan waktu berhari-hari atau bahkan tidak menutup kemungkinan proses yang dibutuhkan bisa lebih dari satu pekan.

Jika Grameds ingin atau membutuhkan jadwal vaksinasi segera, maka Grameds bisa langsung mendatangi fasilitas kesehatan setempat yang mengadakan program vaksin untuk mendaftar di tempat atau on the spot.

Cara Download dan Melihat Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi

Setelah melaksanakan vaksinasi, Grameds tentunya akan mendapatkan sertifikat vaksin. Sertifikat vaksin tersebut dapat dilihat serta didownload pada website maupun aplikasi PeduliLindungi. Berikut cara melihat dan download sertifikat vaksinasi Covid-19 di PeduliLindungi dengan mudah.

Cara Melihat Sertifikat Vaksin

  1. Bukalah website pedulilindungi.id
  2. Lalu klik masuk dengan menggunakan email maupun nomor HP yang telah Grameds daftarkan sebelumnya.
  3. Beri tanda ceklis pada kolom yang telah tersedia, lalu klik opsi masuk.
  4. Masukan kode OTP yang telah dikirimkan melalui nomor WhatsApp atau alamat email.
  5. Setelah berhasil login atau masuk ke website PeduliLindungi, maka Grameds bisa langsung masuk ke menu profile.
  6. Lalu klik menu sertifikat vaksin.
  7. Setelah itu, klik nama Grameds kemudian bukalah sertifikat yang telah tersedia.

Cara Download Sertifikat Vaksin

Sertifikat vaksinasi Covid-19 yang telah Grameds dapatkan dan Grameds lihat di website maupun aplikasi PeduliLindungi bisa Grameds simpan atau unduh pada perangkat digital yang Grameds gunakan. Cara download sertifikat vaksinasi Covid-19 pun cukup mudah, berikut caranya.

  1. Bukalah situs pedulilindungi.id
  2. Lalu klik masuk dengan menggunakan email maupun nomor HP yang telah Grameds daftarkan.
  3. Berikan tanda ceklis pada kolom yang telah tersedia dan klik opsi masuk.
  4. Masukan kode OTP yang telah dikirimkan melalui nomor WhatsApp atau email.
  5. Setelah berhasil login atau masuk ke akun PeduliLindungi Grameds, Grameds bisa langsung masuk ke menu profil.
  6. Lalu klik menu sertifikat vaksin.
  7. Setelah itu, klik nama Grameds kemudian bukalah sertifikat vaksin yang tersedia.
  8. Lalu klik pada opsi unduh sertifikat yang ada pada kanan bawah layar.
  9. Tunggu hingga proses pengunduh selesai dan sertifikat vaksin pun akan secara otomatis tersimpan pada perangkat yang Grameds gunakan.

Menurut keterangan dari Satgas Covid, apabila Grameds telah melakukan vaksinasi Covid-19, maka secara otomatis sertifikat vaksinasi pun akan termuat di dalam sistem. Akan tetapi jika belum termuat secara otomatis, maka Grameds bisa menunggu selama kurang lebih tujuh hingga 10 hari setelah melakukan vaksin.

Lalu, jika setelah menunggu selama 7-10 hari sertifikat tidak muncul, maka Grameds perlu menghubungi call center 119 dengan extension 9 untuk mendapatkan bantuan terkait.

Itulah penjelasan mengenai cara daftar pedulilindungi. Grameds bisa membaca beberapa hal terkait virus Covid-19 pada buku yang tersedia di Gramedia. Sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan berbagai macam buku sesuai keperluan Grameds.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Sumber:

https://katadata.co.id/intan/berita/620a617f1dba2/cara-daftar-pedulilindungi-dengan-mudah-dan-cepat

https://tekno.kompas.com/read/2022/02/19/14000047/cara-daftar-vaksin-online-lewat-aplikasi-dan-situs-pedulilindungi-

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20220721165640-190-824505/cara-daftar-vaksin-covid-19-online-di-pedulilindungi



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy