in

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami dan Medis

Pixabay.com

Cara Menghilangkan Kantung Mata – Memiliki wajah yang cerah tentu menjadi impian setiap orang, terutama para wanita. Sebab dengan wajah cerah, orang-orang pun akan senang ketika berinteraksi dengan kita. Bagian mata merupakan hal yang paling penting.

Wajah yang cerah juga nampak dari mata yang terang. Jadi bagi sebagian orang, memiliki kantung mata dirasa cukup mengganggu. Orang-orang biasanya lebih sering menggunakan istilah mata panda ketika terdapat kantung di bawah matanya.

Penyebab mata panda ini bermacam-macam, bisa karena kurang tidur, terpapar sinar matahari, atau hal lain yang berkaitan dengan penyakit medis. Untuk mengetahui apa saja penyebab dan bagaimana cara menghilangkan kantung mata yang efektif, simak ulasan artikel berikut ya.

Apa Saja Penyebab Kantung Mata atau Mata Panda?

Memiliki mata panda memang bukan sesuatu yang berbahaya. Namun jika ranahnya sudah penyakit medis, maka Anda perlu cemas. Berikut ini adalah penyebab rata-rata mata panda yang biasa dialami kebanyakan orang:

1. Adanya penumpukan cairan di bawah mata

Hal ini merupakan penyebab yang paling umum. Di mana terdapat cairan yang berada di ruang antar sel. Cairan tersebut akan berkumpul di bawah kelopak mata karena sesuatu beberapa faktor, seperti lemahnya kelopak mata karena faktor usia.

Penumpukan cairan tersebut juga bisa disebabkan karena konsumsi makanan yang kaya kandungan garam. Hal ini karena garam bisa menahan cairan di bagian tubuh tertentu, seperti di kelopak mata. Maka dari itu, bisa menyebabkan mata nampak seperti membengkak dan gelap.

2. Terkena paparan sinar matahari

Hal kedua yang bisa menyebabkan kantung mata adalah paparan sinar matahari. Kulit yang sering terkena paparan sinar matahari akan membentuk pigmen kecoklatan yang berfungsi sebagai pencegah kerusakan kulit. Maka dari itu, kulit akan nampak menghitam karena produksi melanin meningkat. Hal tersebut juga yang terjadi ketika wajah terlalu sering terpapar matahari. Daerah di sekitar mata akan menghitam dan menyebabkan mata panda.

3. Tidur terlalu lama atau kurang tidur

Penyebab kantung mata ketiga yaitu tidur yang terlalu lama atau justru kurang tidur. Keduanya sama-sama dapat menyebabkan kantung di bawah mata. Terutama jika kalian kurang tidur, bisa membuat kulit wajah menjadi pucat sehingga pembuluh di bawah kelopak mata menjadi gelap. Kurang tidur juga menyebabkan penumpukan cairan di bawah kelopak mata, dan membuatnya nampak gelap. Semakin kurang waktu tidur kalian, semakin nampak bengkak dan hitam kantung mata.

4. Perubahan usia

Kemudian penyebab keempat yaitu semakin lemahnya kulit dan otot kelopak mata karena usia. Karena memang, semakin bertambahnya usia, maka otot dan jaringan lain pada tubuh akan semakin melemah, tak terkecuali di bagian kantung mata. Adanya lemak yang menopang mata juga bisa berpindah ke bawah kelopak mata. Hal itulah yang membuat beberapa orang memiliki mata panda.

5. Adanya reaksi alergi

Alergi pada setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda. Alergi juga bisa menyebabkan mata menjadi bengkak dan berair. Maka bisa jadi pula cairan di kelopak mata akan berkumpul di kantung mata dan membuatnya tampak menghitam. Jika alergi membuat mata bermasalah dan kalian tidak menjauhi sumber alerginya, maka reaksinya justru bisa lebih parah.

6. Faktor Keturunan

Jika kantung mata tidak disebabkan oleh hal-hal di atas, bisa jadi kantung mata disebabkan oleh faktor Keturunan. Kantung mata genetik bisa muncul sejak kecil. Jika tak menghilang, maka bisa jadi lebih parah. Hal ini bisa berkaitan pula dengan penyakit medis tiroid. Jika sudah berkaitan dengan penyakit medis, maka sebaiknya kalian segera menemui dokter untuk mendapat pengobatan.

7. Dehidrasi

Penyebab kantung mata yang terakhir yaitu dehidrasi. Jika tubuh kalian kekurangan cairan karena dehidrasi, kulit yang ada di bawah mata akan terlihat kusam. Adapun pembuluh darah yang berada di bawahnya menjadi semakin jelas terlihat. Sehingga akan nampak kusam dan lebih gelap.

Cara Menghilangkan Kantung Mata

Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Bahan Alami

Bagi beberapa orang, kantung mata sangat mengganggu kecerahan wajah. Tak sedikit dari mereka yang kemudian menutupinya dengan make up. Namun jika kantung mata sudah cukup parah, maka akan terlihat aneh meski sudah ditutup dengan make up. Maka dari itu, berikut akan dijelaskan beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan kantung mata.

1. Memakai kantong teh celup

Pertama, kalian bisa memakai kantong teh celup. Bahan alami ini direkomendasikan karena selain murah dan mudah didapatkan, juga cukup efektif untuk menghilangkan kantung mata. Selain itu, kandungan zat tanin yang ada di dalamnya juga dapat bermanfaat untuk perawatan kulit wajah, seperti mengencangkan kulit dan juga mengecilkan pori-pori. Cara memakainya juga tidaklah sulit. Cukup celupkan kantung teh ke air dingin, kemudian letakkan pada mata selama 20 menit.

2. Terapi es batu

Selain dikenal untuk mengatasi jerawat, terapi memakai es batu juga bisa diterapkan untuk menghilangkan kantung mata. Kalian bisa mengatasi lingkaran hitam di sekitar mata dengan es batu. Dengan mengompres mata memakai es batu, kulit akan terasa lebih segar. Jika ingin menghilangkan kantung mata, caranya cukup dengan menempelkan es batu yang telah dibungkus waslap ke di bagian mata dan sekitarnya kurang lebih 15 menit. Setelah itu, kalian bisa merasakan kesegarannya pada bagian mata.

3. Menggunakan Bengkoang

Bengkoang juga dikenal bagus untuk kesehatan kulit. Siapa sangka, bengkuang ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kantung mata lo. Caranya tidaklah sulit, cukup haluskan bengkuang yang telah dicuci bersih, lalu taruh ke dalam waslap. Jika sudah, kalian bisa menempelkannya di bagian mata. Kesegaran dan rasa dingin yang didapat dari bengkuang, akan membuat mata kalian jauh lebih nyaman dari sebelumnya. Sehingga setelah selesai menempelkan bengkuang, mata kalian pun akan terasa lebih segar.

4. Memakai air mawar

Cara menghilangkan kantung mata berikutnya bisa dilakukan menggunakan air mawar. Air mawar bagus untuk kesehatan kulit, dan telah lama pula dipakai banyak orang untuk perawatan kulit wajah. Untuk menghilangkan mata panda, kalian bisa merendam kapas para air mawar, kemudian gunakan kapas untuk mengompres bagian mata kurang lebih 5-10 menit.

Dinginnya air mawar akan memberikan kesegaran bagi kulit sekitar mata. Tak usah dibilas dengan air setelah memakainya, karena air mawar bagus untuk kulit. Warna hitam dan bengkak pada bagian bawah mata dapat teratasi dengan air mawar ini.

5. Gunakan mentimun

Mentimun sangat mudah untuk ditemukan. Selain biasa dipakai untuk sayuran, buah ini juga dikenal sebagai pencerah wajah. Jika untuk mencerahkan wajah kalian bisa menghaluskan mentimun, kemudian jadikan sebagai masker. Jika ingin memanfaatkan mentimun untuk menghilangkan mata panda, cukup iris-iris mentimun dan tempelkan pada mata beberapa saat. Nantinya, kandungan yang terdapat pada mentimun akan membuat warna hitam pada sekitar mata akan lebih cerah.

6. Memperbanyak air putih

Memperbanyak air putih adalah cara paling sederhana untuk menghilangkan mata panda. Konsumsi air putih secara rutin tak hanya baik untuk kesehatan kulit, namun juga baik untuk kesehatan tubuh. Dengan banyak air putih, retensi air putih dapat dicegah. Karena dengan air putih pula, racun-racun di dalam tubuh dapat dikeluarkan. Jadi, tak hanya saat mata panda saja konsumsi air putih bagus dilakukan, namun setiap hari.

7. Menggunakan buah tomat

Cara menghilangkan kantung mata secara alami terakhir juga bisa dilakukan memakai buah tomat. Cara yang perlu kalian lakukan sama dengan menghilangkan mata panda memakai mentimun. Cukup iris-iris tipis tomat, kemudian tempelkan pada mata. Biarkan kurang lebih 30 menit lamanya. Jika sudah, ambil tomat dan buka mata. Warna hitam dan bengkak pada bagian bawah mata pun akan berkurang.

Jika ingin mempelajari lebih jauh tentang bahan-bahan alami untuk kesehatan dan kecantikan, kalian bisa membaca buku Gramedia berjudul Sehat dan Cantik Natural dengan Bahan-Bahan Alami berikut ini.

Cara Menghilangkan Kantung Mata

Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Perawatan Medis

Penyebab kantung mata atau mata panda ada beberapa hal. Begitu juga dengan pengobatannya. Ada banyak alternatif untuk menghilangkan kantung mata. Memakai bahan alami tentu jauh lebih sehat, sebab dapat meminimalisir adanya efek samping.

Selain itu, bahan-bahan alami juga jauh lebih mudah diaplikasikan dan lebih mudah didapatkan. Namun tidak semua kantung mata dapat diatasi menggunakan bahan-bahan alami. Bagi penderita mata panda yang sudah cukup parah dan tidak bisa diatasi dengan bahan alami, perawatan medis menjadi salah satu pilihannya. Kalian bisa melakukan pemeriksaan dan perawatan di dokter. Berikut ini adalah cara-cara perawatan medis untuk menghilangkan kantung mata hitam :

1. Terapi laser

Terapi laser dapat menjadi terapi yang efektif untuk menghilangkan kantung mata. Kalian bisa mengkonsultasikannya kepada dokter. Selain itu prosedur laser yang kurang invasif, layaknya laser dioda atau pewarna berdenyut dapat mengurangi adanya risiko jaringan parut ataupun efek samping lain yang potensial.

2. Krim topikal

Kemudian perawatan kedua adalah dengan menggunakan krim topikal. Krim ini memiliki agen pencerah dan bisa membantu kalian untuk mengurangi hiperpigmentasi. Adapun bahan-bahan yang dimaksud di antaranya yaitu tretinoin dan hidrokuinon, atau kombinasi dari kedua bahan. Untuk mengetahui hasil dari pemakaiannya, kalian perlu memakai krimnya sekitar 3 bulan.

3. Asam kojic

Kemudian masih ada asam kojic, yang juga dinilai dapat secara efektif mengatasi lingkaran hitam pada mata. Asam kojic ini merupakan bahan yang terbuat dari dua macam bahan jamur. Akan tetapi, apabila memakai asam kojic ini terdapat efek samping yang cukup mengganggu, yaitu munculnya kemerahan pada kulit serta dermatitis kontak.

4. Pengelupasan kimiawi

Cara menghilangkan kantung mata selanjutnya bisa dilakukan dengan cara pengelupasan kimiawi. Proses pengelupasan ini dilakukan menggunakan asam alfa hidroksi, contohnya adalah asam glikolat. Di mana asam tersebut berfungsi untuk meringankan hiperpigmentasi pada bawah mata. Adapun alternatif lain yang bisa kalian lakukan yaitu dengan chemical peeling dikombinasikan dengan krim topikal, supaya menghasilkan efek yang jauh lebih baik.

5. Filler

Proses filler untuk menghilangkan kantung mata dapat dilakukan apabila penipisan kulit ataupun hilangnya jaringan lemak menjadi penyebab munculnya lingkaran hitam pada mata. Filler ini bisa menjadi alternatif yang potensial. Biasanya dokter mata akan menyuntikkan gel asam hialuronat atau plasma yang kaya trombosit dibawah mata. Gunanya untuk mengatasi kantung mata yang menghitam.

6. Vitamin C

Siapa sangka, vitamin C ternyata juga mampu menghilangkan kantung mata. Dalam sebuah studi di amatilah efek dari sebuah lotion yang mengandung vitamin C sebanyak 10%, dalam waktu 6 bulan. Hasilnya menunjukkan, penggunaan lotion dengan kandungan vitamin c yang dioles ke kulit, terbukti mampu untuk menghilangkan warna hitam pada sekitar mata.

7. Asam azelaic

Selanjutnya juga ada asam azelaic yang bisa menghilangkan kantung mata. Kalian bisa mencoba memakai asam azelaic ini untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kantung mata. Sehingga warna hitam akibat mata panda pun dapat teratasi. Selain itu, bahan ini juga terbukti aman digunakan.

8. Operasi blepharoplasty

Terakhir, apabila masalah kantung mata hitam ini cukup parah, kalian bisa melakukan tindakan operasi. Operasi blepharoplasty ini bisa dilakukan apabila masalah pada kantung mata sudah semakin parah dan tidak bisa disembuhkan dengan cara-cara lain seperti yang disebutkan di atas.

Operasi ini dapat menghilangkan kantung mata sekaligus memperbaiki kantung mata yang bengkak. Termasuk mengurangi kelebihan kulit pada kelopak mata, baik bagian atas maupun bawah. Akan tetapi, kulit bagian bawah mata sangatlah sensitif. Sehingga kalian perlu melakukan pertimbangan matang ketika hendak mengobatinya.

Pun jika akan operasi, pastikan hanya dokter spesialis kulit bersertifikat saja yang melakukannya. Jangan lupa pula agar mengkonsultasikan semuanya dengan dokter lebih dulu. Sebab operasi kelopak mata juga dapat memiliki risiko atau efek samping seperti mata kering, infeksi, pendarahan, dan lain sebagainya.

Kantung pada mata pada dasarnya memiliki banyak penyebab. Untuk itu, perlu dilakukan pencegahan supaya aktivitas kalian sehari-hari tidak membuat muncul kantung mata. Langkah pertama, kalian bisa melakukannya dengan mengatur pola tidur.

Mata panda biasa disebabkan karena kurang tidur atau kelebihan tidur. Jadi, cobalah untuk tidur secara teratur di malam hari 7-9 jam. Posisi tidur juga dapat berpengaruh terhadap kantung mata, sebaiknya posisi tidur yang bagus adalah dengan posisi kepala yang sedikit terangkat. Jadi dengan posisi ini, akan meminimalisir penumpukan cairan pada bagian mata ketika bangun tidur.

Kemudian pencegahan kedua bisa dilakukan dengan cara menghindari minuman yang beralkohol serta berkafein. Alkohol dan kafein diketahui bisa menyebabkan dehidrasi ringan dan juga susah tidur. Termasuk membuat kantung mata dan warna hitam di sekitar mata menjadi lebih nampak.

Maka dari itu, bagi kalian yang suka mengonsumsi minuman tersebut dan merasa terganggu dengan kemunculan mata panda, sebaiknya dibatasi konsumsinya ya.

Kemudian pencegahan ketiga juga bisa dilakukan dengan cara mencukupi kebutuhan cairan serta asupan kalium pada tubuh.

Cairan tubuh dapat membantu mencegah penumpukan cairan yang menyebabkan kantung di sekitar mata. Kemudian, kalium juga bisa mengurangi risiko munculnya kantung mata. Adapun sumber makanan yang mengandung kalium di antaranya adalah sayuran hijau, yogurt, pisang, dan juga kacang.

Lalu jika kalian beraktivitas di luar ruangan dan memungkinkan untuk terkena paparan sinar matahari secara langsung, sebaiknya gunakan krim mata yang memiliki kandungan mentimun, arnica dan chamomile.

Krim dengan kandungan tersebut bisa kalian pakai untuk mengencangkan kulit dan mengurangi peradangan. Selain itu krim dengan kandungan vitamin C, K dan E juga efektif untuk menghilangkan kantung mata. Saat keluar rumah, kalian juga bisa menggunakan tabir surya dengan spf 30 supaya tidak terkena efek sinar UV. Penggunaan concealer yang mempunyai warna seperti kulit juga bisa menyamarkan warna hitam pada kantung mata.

Cara Menghilangkan Kantung Mata

Itulah penjelasan tentang cara menghilangkan kantung mata, untuk menjaga kesehatan mata sebaiknya banyak-banyak melakukan perawatan baik dari luar maupun dari dalam tubuh. Pastikan selalu tidur cukup, memastikan nutrisi yang masuk, dan selalu menjaga pola hidup sehat. Untuk lebih banyak referensi mengenai kesehatan dan perawatan mata, Grameds selalu bisa mendapatkan buku-buku terbaik di Gramedia.com. Have a nice day!

BACA JUGA:

  1. 23 Makanan untuk Kesehatan Mata dan Tips Kesehatan Mata 
  2. Mengenal Apa Itu Mata Minus, Penyebab, dan Pencegahannya 
  3. 10+ Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami 
  4. Apa yang Terjadi Jika Menatap Matahari Tanpa Pelindung Mata 
  5. Tips Menjaga Kesehatan Selama Belajar di Rumah 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda