in

14 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Secara Alami dan Medis

Sumber: lifebuoy.co.id

Cara menghilangkan bekas luka di kaki – Cara menghilangkan bekas luka yang membandel sesungguhnya sangatlah mudah. Tak hanya dengan menggunakan krim penghilang bekas luka, kamu juga dapat memanfaatkan berbagai bahan-bahan alami serta menjalani prosedur medis.

Munculnya bekas luka pada kulit sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari luka lecet yang diakibatkan terjatuh, tergores, teriris benda tajam, luka bakar, cacar air, hingga luka yang disebabkan oleh iritasi pada kulit. Bekas luka sendiri terutama yang muncul di bagian wajah, umumnya dapat mengganggu penampilan seseorang serta membuat seseorang kurang percaya diri dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, tak perlu khawatir. Bekas luka kemudian dapat diatasi dengan sejumlah cara. Cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan bahan alami bagimu yang dapat kamu manfaatkan di antaranya adalah sebagai berikut.

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki dengan Bahan Alami

1. Lidah Buaya

Cara menghilangkan bekas luka di kaki
Sumber: Unsplash

Lidah buaya menjadi salah satu tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat bagi Kesehatan kulit, sebagai salah satu tanaman dengan banyak sekali bagi kesehatan kulit. Selain dapat mengatasi berbagai masalah kulit kering yang berfungsi dalam mencerahkan kulit, lidah buaya juga dapat membantu menyamarkan serta menghilangkan bekas luka membandel.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bekas luka cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke area bekas luka, kemudian diamkan selama sekitar 30 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air bersih. Untuk mendapat hasil yang maksimal, gunakan gel lidah buaya sebanyak 2 kali sehari.

2. Madu

Cara menghilangkan bekas luka di kaki
Sumber: Kompas.com

Di balik rasanya yang manis, madu kemudian bermanfaat dalam mempercepat penyembuhan luka, sekaligus menghilangkan bekas luka yang membandel. Hal ini karena madu mengandung efek antibakteri, antioksidan serta antiradang yang baik dalam proses pemulihan luka di kulit.

Kamu cukup mengoleskan madu ke area bekas luka, lalu balut dengan perban. Setelah itu, diamkan semalaman dan lepaskan perban di pagi hari. Bersihkan kulit dengan air hangat.

3. Minyak kelapa atau Minyak zaitun

Cara menghilangkan bekas luka di kaki
Sumber: alodokter.com

Tingginya kandungan antioksidan yang terdapat di dalam minyak kelapa, minyak zaitun serta dipercaya mampu menghilangkan bekas luka, terutama yang diakibatkan oleh dermatitis maupun Jerawat.

Cara menghilangkan bekas luka di kaki
Sumber: alodokter.com

Kamu hanya cukup mengoleskan langsung minyak zaitun atau minyak kelapa ke bekas luka sambil memijit secara perlahan are tersebut selama kurang lebih 10 menit. Selanjutnya, biarkan kulit menyerap minyak selama minimal satu jam.

4. Bawang Putih

Cara menghilangkan bekas luka di kaki
Sumber: Unsplash

Bawang putih telah lama dikenal sebagai obat herbal yang mampu mengatasi berbagai masalah pada Kesehatan, termasuk di antaranya masalah yang terdapat pada kulit. Tak hanya mampu menghilangkan bekas jerawat, bawang putih juga dipercaya mampu membantu menghilangkan bekas luka yang disebabkan oleh psoriasis.

Kamu hanya harus mengoleskan bawang putih yang sebelumnya telah dijelaskan sebelumnya pada area bekas luka tersebut, kemudian diamkan dalam beberapa menit. Selain itu, kamu juga dapat mengoleskan bawang putih dengan cara mencampurkannya dengan lidah buaya atau madu.

5. Lemon

Cara menghilangkan bekas luka di kaki
Sumber: Fimela.com

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas luka pada area kaki adalah dengan menggunakan lemon. Lemon sendiri kaya akan vitamin C serta kaya antioksidan. Lemon juga memiliki kandungan asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas yang terdapat di dalam kulit, sehingga bekas luka di kaki kemudian dapat memudar secara berkala.

Cara menggunakannya sendiri sangat mudah yaitu hanya dengan mengoleskan perasaannya ke area bekas luka di kaki. Lakukan cara ini secara rutin pada malam serta pagi hari agar mendapatkan hasil yang lebih efektif.

6. Cuka Sari Apel

Cara menghilangkan bekas luka di kaki
Sumber: theconversation.com

Cuka sari apel mengandung zat asam yang berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati, mengurangi produksi sebum, mengangkat sel-sel kulit mati, serta mencegah infeksi bakteri, dan mengurangi peradangan. Oleh karenanya cairan ini dinilai efektif dalam membantu menghilangkan bekas luka membandel, terutama dalam menghilangkan bekas luka yang diakibatkan oleh jerawat.

Kamu hanya perlu mencampurkan 2 sendok teh cuka apel dengan 2 atau 3 sendok makan air putih, kemudian oleskan campuran cuka sari apel tersebut dengan menggunakan bola kapas ke kulit. Jika kulit sensitif, kamu hanya perlu membuat larutan air cuka yang lebih encer, yakni dengan 2 sendok teh cuka apel dan 5–7 sendok makan air bersih.

7. Vitamin E

Cara menghilangkan bekas luka di kaki
Sumber: hellosehat.com

Buka kapsul vitamin E pada area bekas luka dan peras minyak yang terkandung di dalamnya ke area bekas luka (kamu mungkin akan membutuhkan lebih dari satu kapsul untuk kemudian mendapatkan cukup cairan untuk cakupan penuh).

Selama kurun waktu 10 menit, pijat minyak pada luka dan sekitar bekas luka. Setelah 20 menit, bersihkan minyak tersebut dengan air hangat. Ulangi proses ini minimal 3 kali per hari.

8. Baking Soda

Cara menghilangkan bekas luka di kaki
Sumber: Kompas.com

Meski telah sering digunakan untuk membuat adonan kue agar kemudian dapat mengembang, baking soda juga dapat menjadi salah satu bahan alami yang dipercaya mampu menghilangkan bekas luka.

Kamu cukup mencampurkan baking soda dengan air suling sedikit demi sedikit hingga akhirnya berubah menjadi kental. Setelah itu, oleskan pada area bekas luka. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

9. Mentimun

Cara menghilangkan bekas luka di kaki
Sumber: Pexels

Mentimun selain enak rasanya untuk dikonsumsi sebagai lalapan, mentimun juga dapat digunakan untuk menghilangkan berbagai bekas koreng. Hal ini sendiri dikarenakan kandungan zat silika yang dimilikinya.

Zat ini juga dipercaya mampu mengikis luka bahkan menghilangkan bekasnya lebih maksimal. Perannya dalam membantu meningkatkan produksi kolagen dan atasi kerusakan yang terjadi pada area bekas luka.

Langkah-langkahnya sendiri sangat mudah, cukup Iris tipis-tipis mentimun yang masih dalam kondisi bagus. Sebelum tidur, tempelkanlah irisan mentimun ini ke seluruh bagian yang bekas luka. Diamkan kurang lebih 30 menit. Saat sudah selesai pastikan membasuhnya kembali dengan menggunakan air bersih.

10. Kentang

Cara menghilangkan bekas luka di kaki
Sumber: Kompas.com

Kentang Tak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan, kentang juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kecantikan, termasuk di antaranya menghilangkan bekas luka. Kentang memiliki kandungan enzim yang disebut juga sebagai katalase yang menekan produksi melanin berlebih pada kulit.

Selain itu, vitamin C, vitamin B6, serta potasium dan niacin yang terkandung di dalam kentang, juga menjadi pilihan tepat dalam memudarkan bintik-bintik atau pigmentasi pada kulit.

Cara menghilangkan bekas luka dengan menggunakan kentang sendiri cukup mudah, hanya dengan mengirisnya menjadi bulatan tebal. Dengan gerakan memutar, gosok irisan kentang pada area bekas luka.

Setelah irisan kentang mulai mengering, buang kemudian lanjutkan menggosok dengan irisan lain Lanjutkan kegiatan menggosok dan mengganti selama kurang lebih 20 menit. Kemudian biarkan bekas luka mengering dengan sendirinya dalam waktu 10 menit. Bilas area tersebut dengan air dingin. Ulangi proses ini setidaknya satu kali setiap hari.

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Secara Medis

Jika cara alami tak mampu menghilangkan bekas luka yang kamu miliki, kamu dapat menempuh cara medis untuk menghilangkannya. Biasanya prosedur yang disarankan akan berbeda-beda, tergantung kepada jenis luka serta dimana lokasi tersebut berada.

Berikut beberapa langkah dan cara menghilangkan bekas luka di kaki secara medis yang dapat menjadi pilihanmu.

Cara menghilangkan bekas luka di kaki
Sumber: detik.net.id

1. Dermabrasi

Dermabrasi dapat dilakukan untuk mengatasi bekas luka pada area kulit yang membuat permukaan kulit tampak tidak rata. Prosedur ini sendiri dilakukan dengan cara mengikis bagian permukaan kulit bekas luka serta merangsang pertumbuhan jaringan kulit baru, sehingga lapisan kulit kemudian tampak lebih halus dan merata.

2. Mikrodermabrasi

Prosedur ini umumnya dilakukan pada bagian luka yang lebih kecil atau dangkal, seperti luka bekas jerawat yang ringan, serta garis halus, bintik penuaan, dan masalah lainnya seperti wajah kusam. Baik dermabrasi atau mikrodermabrasi kemudian dapat dilakukan oleh dokter kecantikan atau dokter spesialis kulit.

3. Suntikan Kortikosteroid

Cara menghilangkan bekas luka di kaki
Sumber: Tempo.co

Suntikan kortikosteroid cocok bagimu dengan bekas luka hipertrofi atau luka keloid. Suntikan ini kemudian dapat membantu melunakkan jaringan bekas luka serta mengecilkan benjolan di kulit yang muncul karena bekas luka. Namun, cara menghilangkan bekas luka di kaki ini sendiri perlu dilakukan beberapa kali serta membutuhkan waktu cukup lama agar hasilnya kemudian dapat terlihat.

4. Laser Resurfacing

Laser resurfacing hampir sama dengan dermabrasi, akan membutuhkan waktu pemulihan yang lebih singkat jika dibandingkan perawatan dengan jenis laser terdahulu. Penggunaan laser jenis baru dalam perawatan kulit ini kemudian dapat memberikan hasil yang lebih halus, karena bekerja pada jaringan kolagen dalam dermis tanpa harus menghilangkan lapisan atas kulit.

Tahapan Penyembuhan Luka

Terdapat tiga tahapan dalam penyembuhan luka yang terjadi pada area tubuh yang meliputi sebagai berikut.

Tahap Inflamasi

Tahapan ini merupakan proses tubuh atau kulit yang merespon cedera dengan cara membentuk bekuan darah agar kemudian dapat menghentikan pendarahan. Selama tahap inflamasi, kulit yang terdapat di sekitar luka sangat mungkin akan memerah, terasa panas, atau bahkan nyeri.

Tahap Proliferasi

Tahapan ini merupakan bagian proses penyembuhan luka selanjutnya. Tubuh dalam kondisi ini akan memproduksi serat kolagen yang berguna untuk memperbaiki luka serta memberi kekuatan dan struktur pada area tersebut. Nantinya, jaringan epidermis yang terdapat pada lapisan kulit atas kemudian akan menutup luka serta menyatukannya sehingga membuat luka tampak kecil.

Tahapan Pematangan

Tahapan akhir dari proses penyembuhan ini kemudian dapat berlangsung dalam beberapa minggu bahkan tahun. Tergantung dari jenis luka yang dimiliki Sebab, pada tahapan pematangan ini serat kolagen kemudian membutuhkan waktu untuk dapat mengganti serat kolagen yang rusak dengan bentuk kolagen yang lebih kuat.

Buku-Buku Terkait Perawatan Kulit

Khasiat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

https://www.gramedia.com/products/khasiat-madu-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-fc?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/khasiat-madu-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-fc?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Madu seperti yang kita kenal sejak lama merupakan cairan kental yang dihasilkan oleh lebah. Madu begitu populer di masyarakat, karena beragam khasiatnya yang dikenal sejak ribuan tahun yang lalu untuk menyembuhkan penyakit, bahkan menjaga kecantikan kulit.

Khasiat madu telah disebutkan di dalam Al-Quran sejak ribuan tahun yang lalu. Buku ini menyajikan segala hal tentang madu secara lengkap, mulai dari pengenalan madu, khasiat madu, tip memilih dan menyimpan madu, sampai aneka resep ramuan untuk menyembuhkan penyakit maupun merawat kecantikan kulit dengan madu.

Buku ini dilengkapi juga dengan sejumlah nama dan alamat peternak lebah di Indonesia, jika Anda masih penasaran dengan madu asli, Anda dapat langsung berkunjung ke peternakan lebah ini guna mendapatkan madu yang benar-benar 100% asli.

Perawatan Kecantikan Kulit

https://www.gramedia.com/products/perawatan-kecantikan-kulit?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/perawatan-kecantikan-kulit?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Saat ini semakin banyak perempuan yang menyadari bahwa kulit wajah yang sehat terawat adalah dasar kecantikan yang hakiki. Karena itu mereka memberi perhatian khusus pada perawatan wajah, baik yang dilakukan sendiri maupun dengan bantuan terapis di tempat perawatan kecantikan.

Tempat-tempat perawatan kecantikan pun akhirnya berkembang pesat seiring kesadaran perempuan untuk merawat kecantikan mereka. Tak pelak, hal ini menyebabkan semakin besarnya kebutuhan akan terapis kecantikan yang terampil dan mumpuni.

Buku ini ditulis bagi mereka yang berminat memasuki dan memperdalam pengetahuan serta keterampilan dalam bidang cosmetology dan aesthetic treatment, mulai dari tingkat yang paling dasar hingga perkembangan terkini.

Di dalamnya disajikan dasar-dasar perawatan kecantikan secara komprehensif. Mulai dari dasar yang harus diketahui para terapis dalam menjalankan tugasnya, menggunakan berbagai alat penunjang dengan tepat dan terampil, hingga sikap tubuh yang tepat dalam berinteraksi dengan pelanggan.

Singkat kata, buku ini benar-benar pegangan yang tepat bagi para terapis kecantikan maupun siapa saja yang bergerak di dunia kecantikan. Buku ini disusun secara cermat, berdasarkan metode yang dikembangkan selama bertahun-tahun. Meskipun padat informasi, materi disajikan dalam bahasa yang lugas dan sederhana, yang mudah dipahami serta dipraktikkan.

Buku Buat Cewek: Dari Kecantikan, Kesehatan, Keuangan, Perawatan, Psikologi Cinta, dan Belanja

https://www.gramedia.com/products/buku-buat-cewek-dari-kecantikan-kesehatan-keuangan-peraw?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/buku-buat-cewek-dari-kecantikan-kesehatan-keuangan-peraw?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Sebagai cewek pasti banyak terlintas pertanyaan di benak kamu kan ya? Misalnya hal-hal yang berkaitan dengan rambut, dengan make up, dengan skincare dan perawatan wajah, tubuh, hingga segala hal yang berbau diet, pola makan, pola tidur, serta hal-hal berbau percintaan dan sebagainya.

Yuk, jadi pintar tentang segala hal yang kamu punya. Karena hanya dengan cara demikian kamu dapat memunculkan self love yang akan membuat diri kamu bahagia.Siapa lagi yang mengerti diri kamu selain kamu sendiri, bukan?

The Little Book of Skin Care

https://www.gramedia.com/products/the-little-book-of-skin-care-rahasia-kecantikan-korea-untu?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/the-little-book-of-skin-care-rahasia-kecantikan-korea-untu?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Rahasia di balik kulit tercantik di dunia! Semuanya dimulai dengan kulit Anda! Di Korea, kulit sehat dan bercahaya adalah bentuk kecantikan yang ideal, yang bisa didapatkan oleh siapa saja—dan filosofi bahwa kulit adalah yang utama telah mengambil alih dunia.

Dalam The Little Book of Skin Care, Charlotte Cho dari situs web kecantikan dan gaya hidup terkemuka Soko Glam memandu Anda melalui sepuluh langkah rutin perawatan kulit Korea—dan semua yang dibutuhkan—untuk kulit yang paling bening dan paling bersinar dalam hidup Anda, dengan tutorial langkah demi langkah, tip perawatan kulit, saran tentang produk di semua tingkatan harga, dan wawancara eksklusif dengan ahli kecantikan di seluruh dunia.

Anda akan suka memanjakan kulit Anda di rumah dan mempelajari rahasia di balik tampilan “no-makeup makeup” yang pernah kita lihat dan kagumi pada para wanita yang kita temui di sepanjang jalan di Seoul.

Dengan pengetahuan seorang ahli dan pendapat teman yang dipercaya, tur pribadi Charlotte melalui budaya kecantikan Korea akan membantu Anda menemukan kebahagiaan dalam rutinitas kecantikan setiap hari yang akan mengubah penampilan kulit Anda.

Demikian beberapa cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami dan medis yang bisa Grameds coba lakukan. Grameds juga bisa membaca buku-buku terkait perawatan kulit dan kecantikan dengan mengunjungi Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan produk terbaik untuk Grameds.

Penulis: Sofyan

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi