in

10+ Cara Menghilang Mata Panda Secara Alami

Young beautiful naked girl smiling hiding eye behind cucumber slice over white background. Beauty spa and cosmetology concept. Copy space.

Cara Menghilang Mata Panda Secara Alami – Aktivitas sehari-hari terkadang menguras banyak tenaga dan pikiran hingga tak jarang seseorang harus begadang untuk menyelesaikannya. Begadang sendiri terpaksa sering dilakukan bebeorang karena tanggung jawab yang diemban, tetapi beberapa orang begadang karena sudah menjadi kebiasaan.

Apabila seseorang terlalu sering begadang, bisa jadi pada akhirnya akan memunculkan lingkaran hitam di bawah mata, atau biasa disebut mata panda. Munculnya mata panda bisa jadi masalah bagi sebagian orang, pasalnya mata panda menyebabkan penampilan menjadi terlihat lusuh dan lebih tua. Namun, penyebab mata sebenarnya bukan hanya begadang, ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan munculnya mata panda.

Nah, artikel ini akan membahas tentang seluk beluk dari penyebab hingga cara untuk menghilangkan mata panda. Bagi Kamu yang ingin menghilangkan mata panda, artikel ini akan cocok sekali untukmu.

A. Penyebab munculnya mata panda

Sebelum mengetahui dan memahami bagaimana cara yang dapat Kamu lakukan untuk menghilangkan mata panda, ada baiknya Kamu terlebih dahulu mengenali penyebab munculnya lingkaran hitam di bawah mata tersebut. Hal ini perlu dilakukan karena dapat membuat Kamu lebih memahami tentang mata panda.

tombol beli buku

Mata panda sendiri biasa disebut di dalam dunia medis sebagai periorbital dark circle, muncul masalah pada kulit di daerah mata ini biasanya dikarenakan aktivitas begadang atau kesulitan tidur sehingga menjadikan seseorang tidak memiliki tidur yang berkualitas. Namun, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa penyebab dari munculnya mata panda bisa juga dikarenakan kebiasaan sehari-hari.

Tanpa disadari, beberapa kebiasaan yang Kita lakukan dapat mengakibatkan munculnya mata panda, penyebab di antaranya yaitu paparan sinar matahari yang membuat permukaan kulit menjadi tipis, kurang mengonsumsi air mineral, alergi, merokok, hingga bisa juga disebabkan oleh faktor genetik.

B. Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

Untuk menghilangkan mata panda sebenarnya tidak sulit, ada banyak cara yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasi masalah pada kulit mata ini, tanpa menggunakan bahan kimia atau alami. Nah, berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan mata panda secara alami dengan cepat dan efektif.

1. Menghindari Begadang

Cara pertama yang bisa Kamu lakukan untuk menghilangkan mata panda adalah mengurangi kebiasaan begadang. Sudah menjadi fakta yang umum diketahui banyak orang bahwa penyebab utama munculnya mata panda adalah kurang tidur atau kesulitan tidur. Oleh karena itu, cara mengatasi mata panda ini adalah dengan menghindari kebiasaan begadang dengan mengatur pola tidur yang cukup dan berkualitas.

Pada dasarnya, kebutuhan tidur setiap orang sebenarnya berbeda-beda menurut umurnya. Namun, waktu yang dibutuhkan seseorang orang untuk tidur biasanya adalah sekitar 7 hingga 8 jam per malam. Selain menghilangkan mata panda, manfaat menghindari begadang dan menggantinya dengan tidur yang cukup dapat membuatmu memiliki tubuh yang lebih sehat dan segar. Ditambah juga, tidur yang cukup dapat menjadikan tubuh Kamu memiliki daya tahan yang lebih kuat sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

2. Tidur Dengan Posisi Yang Tepat

Selain tidur yang cukup, cara selanjutnya yang bisa Kamu lakukan untuk menghilangkan mata panda adalah dengan mengatur posisi tidur. Posisi tidur yang tidak tepat bisa menjadi salah satu penyebab utama munculnya mata panda. Hal itu dikarenakan terjadi karena tidak ada cairan mata yang menggenang di bawah mata sehingga menyebabkan adanya bengkak. Oleh karena itu, cara yang dapat Kamu coba untuk menghilangkan mata panda adalah dengan mengatur posisi kepala agar berada lebih tinggi dari tubuh.

Pada saat mengatur posisi tidur dengan tepat, Kamu juga perlu memastikan bantal yang digunakan adalah bantal yang nyaman dan empuk. Hal ini akan sangat membantu Kamu dalam meningkatkan kualitas tidur, sehingga mencegah munculnya mata panda. Kamu sangat tidak disarankan untuk menggunakan bantal yang sifatnya keras dalam waktu yang panjang karena bisa menyebabkan adanya gangguan pada leher. sehingga tidak akan mengganggu kualitas tidur anda.

3. Mengompres Dengan Air Dingin Atau Es Batu

Cara ketiga yang bisa Kamu lakukan untuk menghilangkan mata panda adalah dengan mengompres menggunakan air yang dingin. Mengompres kulit di bawah dengan air dingin, dapat sangat membantu untuk meredakan bengkak sekaligus memperkecil pembuluh darah di bawah mata yang membesar. Pada akhirnya, lingkar hitam atau kantung mata yang muncul dapat diatasi secara perlahan-lahan hingga memudar dengan sendirinya.

Cara mengompres area bawah mata ini bisa dilakukan dengan menggunakan handuk kecil yang bersih. Kamu bisa menggunakan handuk tersebut untuk membungkus es batu agar dapat ditempelkan pada area bawah mata. Waktu yang dibutuhkan untuk mengompres kulit mata biasanya kurang lebih 20 menit. Kamu juga bisa langsung membasahi handuk dengan air dingin, selanjutnya Kamu dapat memeras dan menempelkan handuk tersebut di bawah mata. Lakukan cara ini hingga es batu mencair atau handuk sudah kering.

4. Mengompres Dengan Kantung Teh

Cara berikutnya yang dapat Kamu coba untuk menghilangkan mata panda yaitu dengan mengompres menggunakan kantung teh. Selain menggunakan air dingin atau es batu, memanfaatkan kantung teh bisa Kamu lakukan untuk menghilangkan bengkak pada kulit mata.

Pada saat Kamu meminum teh celup, Kamu bisa memanfaatkan kantung teh untuk mengompres mata dan menyamarkan noda hitam di bawah mata. Dalam teh kandungan kafein dan antioksidan sangat baik untuk melancarkan sirkulasi darah, memperkecil pembuluh darah, hingga mengurangi retensi cairan di daerah kulit mata bagian bawah.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, Kamu hanya perlu merendam dua kantung teh tersebut hingga dingin, baik itu teh hitam maupun teh hijau. Selanjutnya, Kamu dapat menempelkan kantung teh pada bagian bawah mata yang berwarna hitam selama 10 hingga 15 menit. Kamu juga bisa menyimpan terlebih dahulu kantung teh tersebut ke dalam kulkas agar dapat menimbulkan sensasi dingin. Lakukan cara ini secara rutin hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Menggunakan Timun

Cara kelima yang bisa Kamu lakukan untuk menghilangkan mata panda secara alami yakni dengan menggunakan timun. Timun merupakan sayuran yang sangat mudah ditemukan karena sering Kita dikonsumsi. Lebih dianjurkan untuk menggunakan timun yang masih segar karena memiliki kandungan air yang tinggi membuat lebih efektif dalam meredakan bengkak pada kantung mata.

Untuk menggunakan cara ini, Kamu cukup dengan memotong timun secara tipis-tipis dan tempelkan pada bagian bawah mata yang berwarna hitam. Proses menghilangkan mata panda dengan timun dapat dilakukan selama kurang lebih 16 menit saja. Kandungan aktif dan sesansi dingin yang terdapat di dalam timun menjadikan aman untuk digunakan secara rutin setiap hari.

6. Mengonsumsi Air Putih

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

tombol beli buku

Cara keenam yang dapat Kamu gunakan untuk menghilangkan mata panda adalah dengan mencukupi kebutuhan air putih pada tubuh. Dengan memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh, Kamu dapat menghindari dehidrasi yang pada akhirnya dapat membuat kulit yang ada di sekitar mata menjadi normal kembali. Tubuh manusia biasanya membutuhkan air sebanyak 8 gelas per hari. Namun, apabila aktivitas keseharianmu cukup mengeluarkan keringat karena berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama. Maka kebutuhan air pada tubuh juga semakin meningkat.

Air mineral atau air putih memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Selain dapat menghilangkan kulit hitam di bagian bawah mata, air putih juga sangat berperan untuk membuat pencernaan menjadi lebih lancar dan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Oleh karena itu, jika Kamu memiliki kebiasaan kurang mengnsumsi air dengan cukup, maka Kamu sangat perlu untuk membiasakan diri untuk memperbanyak minum air putih, sehingga menjaga kondisi tubuh dan merawat kulit dari dalam.

7. Mengompres Dengan Sendok Makan Dingin

Cara selanjutnya yang dapat Kamu lakukan untuk menghilangkan mata panda yaitu dengan mengompres bagian bawah mata yang hitam menggunakan sendok makan dingin. Banyak orang mungkin tidak tahu bahwa selain untuk makan, sendok juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi mata panda.

Untuk menggunakan cara ini pun bisa dikatakan cukup, Kamu hanya perlu memasukkan sendok makan yang bersih ke dalam freezer kurang lebih sekitar 15 sampai 20 menit hingga terasa dingin. Selanjutnya, Kamu bisa menempelkan sendok yang sudah dingin itu dan menekan-nekannya secara perlahan ke bagian kulit mata yang ada kantungnya. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Kamu dapat melakukan terapi sederhana ini secara hingga mata panda memudar.

8. Menggunakan Lidah Buaya

Cara kedelapan ini mungkin Kamu sudah sering mendengarnya. Cara untuk menghilangkan mata panda selanjutnya adalah dengan memanfaatkan khasiat yang ada pada lidah buaya. Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa lidah buaya sangat baik untuk digunakan sebagai bahan dari produk kecantikan. Nah, khasiatnya yang sangat luar biasa, dapat membuat lidah buaya bisa digunakan untuk mengatasi munculnya lingkaran hitam pada bagian bawah mata.

tombol beli buku

Penggunaan lidah buaya untuk memudarkan mata panda pun sangatlah mudah, Kamu dapat langsung mengoleskan lidah buaya murni sekaligus memijat dengan lembut pada bagian bawah mata selama beberapa menit. Cara ini akan lebih efektif apabila Kamu lakukan pada waktu menjelang tidur dan baru membersihkannya pada saat bangun pagi. Kamu dapat melakukan cara ini secara rutin tanpa khawatir, karena kandungan aloe vera pada lidah buaya sangat baik untuk merawat kulit.

9. Menggunakan Tomat

Cara selanjutnya untuk menghilangkan mata panda secara alami adalah dengan menggunakan tomat. Selain lidah buaya, tomat juga banyak memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Kandungan yang terdapat di dalam tomat yakni zat likopen dan beta karoten, kedua zat ini akan sangat baik untuk mengatasi kerusakan oksidatif pada jaringan kulit.

Dalam menggunakan tomat sebagai cara untuk menghilangkan mata panda adalah dengan membuat masker tomat sendiri. Hal yang pertama Kamu perlu lakukan adalah dengan cara menghaluskan tomat terlebih dahulu. Selanjutnya, ada baiknya Kamu menambahkan dengan sedikit air lemon. Pencampuran ini dilakukan agar lebih memaksimalkan masker yang Kamu buat.

Setelah kedua bahan tersebut sudah diaduk hingga membentuk pasta, Kamu dapat langsung mengoleskannya pada bagian bawah kulit mata yang berwarna hitam. Tunggu selama kurang lebih 20 menit agar mendapatkan hasil yang maksimal. Ketika dirasa sudah meresap, Kamu dapat membilas wajahmu dengan menggunakan air bersih. Lakukan cara ini 2 kali dalam satu pekan sampai warna hitam pada kulit mata memudar.

10. Menggunakan Lemon

Cara yang dapat Kamu lakukan berikutnya agar terbebas dari mata panda adalah dengan memanfaatkan lemon. Seperti yang sudah disinggung di atas, apabila lemon juga sangat baik untuk meredakan bengkak pada bagian bawah mata. Pada dasarnya, lemon memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk membantu menyehatkan tubuh. Selain sangat baik untuk kesehatan tubuh. Lemon juga sangat baik untuk menyehatkan kulit agar menjadi tampak lebih segar.

Dalam memanfaatkan lemon untuk mengatasi mata panda, Kamu dapat mengoleskan air lemon secara langsung pada bagian bawah mata yang berwarna hitam. Apabila takut perih, Kamu juga dapat menggunakan kapas yang sudah dimasukkan dalam air lemon, untuk kemudian ditempelkan di area bawah mata. Setelah sudah lebih dari 15 menit, Kamu dapat membilasnya dengan air bersih.

Cara menghilangkan mata panda dengan lemon ini dapat Kamu lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu. Supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Kamu dapat melakukan terapi ini secara rutin sebanyak 3 hingga 4 kali. Namun, cara ini sangat tidak dianjurkan bagi Kamu yang memiliki kulit sensitif. Untuk mengetahui jenis kulit termasuk sensitif atau tidak, Kamu dapat mencoba cara ini untuk area liannya. Apabila tidak ada gejala seperti iritasi, ruam, atau warna kulit menjadi merah, Kamu dapat menggunakan lemon sebagai bahan perawatan kulit.

tombol beli buku

11. Menggunakan Kentang

Bahan alami yang dapat Kamu gunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam atau kantung pada mata selanjutnya adalah kentang. Kentang pada dasarnya merupakan sayuran yang memiliki kandungan akan karbohidrat yang sangat tinggi. Karbohidrat dalam kentang sendiri ternyata juga sangat baik untuk digunakan sebagai bahan perawatan kulit supaya lebih sehat.

Sementara itu, cara penggunaan kentang untuk memudarkan lingkaran hitam pada bagian bawah mata cukup hampir mirip seperti bahan lainnya. Langkah pertama yang dapat Kamu lakukan adalah dengan menghaluskan kentang terlebih dahulu. Setelah menjadi halus, Kamu dapat mengoleskan pada area yang muncul kantung bawah mata. Pada saat kentang sudah kering, Kamu dapat membersihkan sisa kentang dengan air pada wajahmu hingga bersih.

Untuk menghilangkan mata panda dan menghasilkan kulit lebih cerah, Kamu dapat menggunakan cara ini sebanyak dua kali dalam satu minggu. Kandungan asam azelaic yang terdapat di dalam kentang sangat efektif untuk mengurangi pigmentasi sekaligus memperlambat aktivitas dari tirosinase. Secara medis, lingkaran hitam di bawah mata akan cepat hilang ketika aktivitas keduanya berhasil dihentikan.

13. Menggunakan Madu

Cara berikutnya untuk menghilangkan mata panda adalah dengan memanfaatkan kandungan polifenol pada madu. Polifenol terbukti sangat efektif untuk memperlambat aktivitas tirosinase sekaligus mengurangi pigmentasi yang terjadi di kulit bawah pada mata.

Untuk pemakaiannya, Kamu cukup mengoleskan madu pada area mata yang ada lingkaran hitamnya. Setelah menunggu sekitar 10 hingga 15 menit dan kering. Kamu dapat membersihkannya dengan menggunakan air. Lakukan cara ini secara rutin selama satu supaya mata panda cepat pudar.

14. Masker Kopi

Cara terakhir yang dapat Kamu gunakan untuk memudarkan mata panda adalah dengan menggunakan masker kopi. Kopi merupakan minuman yang kaya akan kafein. Kafein sendiri sangat efektif untuk menghilangkan mata panda. Kamu hanya perlu mencairkan bubuk kopi hingga menjadi seperti pasta. Selanjutnya, Kamu dapat mengoleskan pada bagian bawah mata. Diamkan selama 15 hingga 20 menit untuk dibersihkan. Cara ini akan sangat optimal apabila dilakukan secara rutin setiap hari.

Demikian, empat belas cara menghilangkan mata panda dengan bahan alami. Bahan-bahan tersebut tentu dapat Kamu temukan dengan mudah di rumah. Selain itu, cara ini juga sangat mudah untuk dilakukan di rumah. Selamat Mencoba.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Emka Umam