in ,

Urutan Makeup yang Benar dan Tips Menghindari Kesalahan Makeup

Sumber: Pexels

Urutan makeup – Siapa Grameds di sini yang tidak pernah melupakan makeup untuk penampilannya? Makeup atau dengan nama lain seni merias diri, merupakan bagian seni yang prosesnya dapat mengubah penampilan dengan bantuan alat dan kosmetik.

Makeup penting bagi sebagian besar wanita dalam penampilan sehari-hari. Dengan mengetahui urutan make up yang benar maka kalian juga dapat mempersingkat waktu. Tentunya, hasil riasan wajah yang dihasilkan nantinya akan lebih cantik. Jika tidak menggunakan makeup dengan urutan yang benar, makeup mu bisa saja tidak menempel atau tidak rata di bagian wajah.

Pramitha’s Make Up

https://www.gramedia.com/products/conf-membuat-game-android-dengan-unity-3d?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Selain untuk mempercantik penampilan, makeup juga bisa kamu jadikan sebagai pembantu untuk menutupi kekurangan di wajahmu seperti flek hitam, atau bekas jerawat.

Sebagai seorang wanita kalian tentu perlu tahu urutan make up yang benar. Berikut ini penjelasannya.

Urutan Makeup yang Benar

Urutan Makeup
Sumber: Pixabay

Bagi kamu remaja atau pemula yang baru tertarik untuk menggunakan makeup pasti sangat kebingungan karena berbagai jenis makeup yang ada. Jika salah step tentunya bisa membuat kulit wajahmu tidak cantik lagi. Agar kamu tidak ragu, berikut adalah urutan makeup yang benar untuk pemula.

Langkah Awal dengan Produk Skincare

Langkah ini adalah langkah yang penting agar makeup yang kamu gunakan menempel pada kulit wajahmu. Gunakan skincare yang biasa kamu gunakan dan disesuaikan dengan kondisi kulit wajah mu. Jika kamu memiliki kulit yang kering kamu bisa menggunakan kandungan hyaluronic acid agar wajah tetap lembap. Berikut adalah urutan skincare sebelum menggunakan makeup.

1. Membersihkan Wajah

Urutan Makeup
Sumber: Pexels

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan wajah, kamu dapat membersihkan wajah dengan mencuci wajah dengan sabun muka hingga bersih atau menggunakan produk micellar water.

Langkah ini akan membantu kamu untuk melunturkan kotoran, sebum, atau sel kulit mati. Sehingga tidak menyumbat di pori-pori wajah dan menimbulkan jerawat saat makeup diaplikasikan.

2. Menggunakan Pelembap

Urutan Makeup
Sumber: Pexels

Selanjutnya adalah menggunakan pelembab atau moisturizer. Sebelum kamu menggunakan bedak atau foundation kamu sangat wajib untuk menggunakan pelembab. Agar kulit kamu tidak kering dan foundation atau bedak yang kamu gunakan akan lebih menyatu dengan kulit. Selain itu pelembab juga bisa membantu kamu untuk mengontrol produksi minyak di wajah.

3. Gunakan Tabir Surya atau Sunscreen

Urutan Makeup
Sumber: Pexels

Tahapan terakhir sebelum kamu menggunakan complexion adalah menggunakan sunscreen. Sunscreen ini memiliki kandungan yang bisa membantu kamu agar tetap terlindung dari sinar matahari, sinar UV dan menangkal radikal bebas. Selain itu tabir surya yang kamu gunakan bisa membantu kamu untuk semakin melembabkan kulit dan menghindari iritasi saat memakai makeup. Kamu bisa menggunakan tabir surya setidaknya yang mengandung SPF 15.

4. Langkah Selanjutnya Complexion

Setelah menggunakan skincare, berikanlah jeda waktu 15-30 menit agar produk skincare yang kamu pakai bisa menyerap dengan baik ke kulit. Kamu bisa memulai dengan menggunakan complexion ke wajahmu. Istilah complexion ini sering kali disebut dalam dunia kecantikan untuk menyebut tentang produk yang bisa menyamarkan warna kulit, tekstur dan tampilan kulit. Berikut kamu bisa simak step selanjutnya.

5. Menggunakan Foundation

Urutan Makeup
Sumber: Pexels

Complexion yang bisa kamu gunakan pertama adalah foundation atau alas bedak. Jika kamu adalah pemula, kamu wajib ketahui dulu jenis kulit mu ya grames, apakah kulitmu kering, berminyak, normal atau kombinasi sehingga kamu bisa memilih jenis foundation sesuai dengan kondisi kulitmu.

Selain itu disarankan juga kamu memilih foundation yang memiliki tone warna setingkat lebih cerah dari warna kulit asli. Hal ini bertujuan agar saat beberapa jam setelah foundation diaplikasikan ke wajah, foundation bisa menyatu dengan warna asli kulit mu karena sudah mengalami oksidasi.

Jika kamu tidak suka menggunakan foundation karena memberikan kesan yang tebal di wajah, kamu bisa menggantinya dengan menggunakan BB Cream atau Cushion.

Ada banyak sekali pilihan foundation yang bisa kamu gunakan mulai dari yang bentuknya cair dan padat.

6. Menggunakan Concealer

Urutan Makeup
Sumber: Pexels

Setelah menggunakan foundation, kamu bisa menggunakan concealer dengan warna dua tingkat lebih cerah daripada warna kulit. Concealer memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan foundation yaitu untuk menutup kekurangan yang tidak bisa di-cover secara detail dengan foundation.

Menggunakan concealer yang dua tingkat lebih cerah akan membantu menutupi bagian-bagian yang lebih gelap seperti bawah mata kamu untuk menutupi mata panda atau flek hitam dan bekas jerawat.

Concealer ini juga memiliki tujuan lain untuk menonjolkan bagian-bagian wajah seperti dahi, tulang hidung, dan tulang pipi. Kamu bisa menggunakan concealer dengan mengusap dengan lembut menggunakan jari atau spons kecantikan.

7. Menggunakan Bedak

Urutan Makeup
Sumber: Pexels

Setelah selesai mengaplikasikan wajah dengan foundation dan concealer. Kamu bisa mengaplikasikan bedak sebagai lapisan pengunci foundation dan concealer sehingga tidak geser dan membantu mengontrol produksi minyak di wajah.

Bedak ini memberikan lapisan tipis yang lebih alami dan membuat kulit kamu menjadi basah karena foundation dan concealer tadi. kamu bisa menggunakan aplikator yang tepat agar tidak mengaplikasikan bedak terlalu banyak.

Jenis bedak yang disarankan adalah bedak tabur, karena dapat menyerap residu minyak dengan baik untuk kamu yang memiliki kulit berminyak.

Every Day Make-up: Riasan Kasual, Kuliah, dan Kerja

https://www.gramedia.com/products/conf-every-day-make-up-riasan-kasual-kuliah-dan-kerja?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-membuat-game-android-dengan-unity-3d?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Langkah Terakhir Makeup

1. Menggunakan Pensil Alis

Urutan Makeup
Sumber: Pexels

Bagi kamu yang memiliki alis yang tipis, pasti kamu sudah sering melakukan ini. Pensil alis akan membuat mata, bentuk wajah lebih menonjol. Ada banyak jenis pewarna alis yang bisa kamu gunakan dan sesuaikan dengan keinginan, misalnya pensil, powder dan gel. Pakailah pewarna alis dengan senatural mungkin, tidak terlalu tebal dan ikuti bentuk alami alis.

2. Menggunakan Eyeshadow

Urutan Makeup
Sumber: Pexels

Eyeshadow adalah kunci utama untuk membuat makeup terlihat hidup terutama bagian mata. Kamu bisa memilih warna eyeshadow yang senada dengan warna bajumu.

Untuk kamu yang sudah makeup natural kamu bisa menggunakan eyeshadow matte berwarna peach, pink, atau coklat dengan tambahan sedikit eyeshadow glitter.

Untuk hasil yang lebih lama dan warna yang dihasilkan lebih keluar, kamu bisa menggunakan concealer sebelum nya di area kelopak mata.

3. Menggunakan Eyeliner

Urutan Makeup
Sumber: Pexels

Setelah eyeshadow, sepertinya eyeliner tidak bisa dipisahkan dari rangkaian makeup. Eyeliner dapat mempertegas bentuk mata dan membuatnya terlihat tajam serta menarik secara langsung. Perpaduan eyeliner, eyeshadow dan maskara akan semakin membuat matamu terlihat lebih cantik.

Bagi kamu pemula, pemakaian eyeliner ini bisa dibilang bagian yang sulit maka dari itu kamu harus sering sering berlatih agar eyeliner yang kamu gunakan tidak terlalu tebal dan masih terlihat natural.

4. Menggunakan Maskara

Urutan Makeup
Sumber: Pexels

Setelah menggunakan eyeliner, kamu bisa menambahkan maskara untuk memberikan efek lebih tebal dan panjang pada bagian bulu mata. Sehingga matamu terlihat lebih bervolume dan lebih cantik.

Pemakaian maskara juga perlu banyak latihan lho grameds, kalau tidak akan berantakan ke daerah kelopak mata dan pasti akan sangat mengganggu.

5. Menggunakan Blush On dan Highlighter

Urutan Makeup
Sumber: Pexels

Setelah menggunakan bedak dan menyelesaikan rangkaian riasan mata, Kamu bisa menambahkan blush on di pipi mu untuk menambahkan rona warna di wajah sehingga terlihat lebih cerah dan segar.

Blush on yang kamu bisa pakai memiliki beberapa tekstur yang bisa dipilih, ada dalam bentuk padat, krim dan juga cair. Sesuaikan dengan kenyamanan kamu menggunakannya. Kamu juga bisa memilih warna pink atau peach untuk warna yang natural.

Untuk make up yang spesial seperti pergi ke pesta atau acara lain, kamu bisa menambahkan highlighter. Aplikasikan highlighter pada bagian area atas tulang pipi, tulang alis atau puncak cupid hidung dan bagian atas bibir.

6. Menggunakan Lipstik

Urutan Makeup
Sumber: Pexels

Untuk terakhir kamu bisa menggunakan lipstik agar mempercantik warna bibir dan tidak membuat penampilanmu pucat. Kamu bisa menggunakan lipstik matte atau glossy, untuk mencegah bibir kering kamu bisa menambahkan lip balm atau pelembab kemudian gunakan lipstik. Banyak warna lipstik yang bisa kamu pilih, kamu bisa menyesuaikan dengan kemana kamu pergi dan kecocokan dengan warna kulit.

7. Menggunakan Setting Spray

Urutan Makeup
Sumber: Pexels

Setting spray bertujuan untuk menjaga make up mu lebih tahan lama dan tidak mudah luntur atau crack. Kamu bisa mengaplikasikan setting spray sebagai langkah terakhir.

Aplikasikan spray dari jarak 20 cm kurang lebih dari wajah. Semprotkan secara merata ke wajah dan tunggu hingga mengering dan menyerap.

Kesalahan Makeup yang Sering Terjadi

Inilah yang bisa terjadi pada kamu jika kamu tidak mengaplikasikan makeup secara urut dan benar. Hindari beberapa kesalahan makeup ini agar kamu tidak terlihat aneh.

1. Mewarnai Alis Terlalu Tebal atau gelap

Kamu bisa mengaplikasikan pewarna alis senatural mungkin ya grameds. Jangan terlalu tebal dan terlalu gelap. Kamu bisa mewarnai nya dengan cara diusap perlahan bukan di tekan seperti kamu mewarnai di buku. Kemudian kamu bisa sikat bagian alis agar mendapat hasil natural di bagian depan.

2. Terlalu Banyak Menggunakan Concealer

Untuk menutupi mata panda, noda bekas jerawat dan flek hitam memang sangat disarankan untuk menggunakan produk yang satu ini. Tetapi jika kamu menggunakannya terlalu banyak justru akan terlihat sangat putih di bagian tertentu wajahmu.

3. Menggunakan Maskara Berlebihan

Menggunakan maskara tentunya akan membantu tampilan makeup kamu semakin memukau. Namun sayangnya kita sering menambahkan maskara yang berlebih di area bagian bawah mata. Padahal penggunaan maskara berlebihan justru akan membuat kerutan di area bawah mata.

4. Warna Foundation yang tidak sesuai

Fungsi penggunaan foundation selain menutup noda pada wajah juga membuat wajahmu lebih cerah kan Grameds. Namun jika kamu salah memilih warna foundation maka wajah kamu tentunya akan terlihat belang dan jauh berbeda dengan warna leher dan kulitmu.

Untuk menghindari hal ini, sebelum kamu membeli produk ini kamu bisa mencoba nya untuk mengoleskannya sedikit pada wajah dan mencari yang paling mendekati dengan warna kulitmu.

5. Make up dalam Ruangan yang Kurang Cahaya

Jika kamu sedang make up pasti dibutuhkan pencahayaan yang baik untuk menghasilkan tampilan yang sempurna. Jika kamu menggunakan pencahayaan ruangan dengan lampu, tentu hasilnya akan berbeda dengan make up yang berasal dari pencahayaan alami sinar matahari. Maka disarankan agar kamu mencari tempat yang memiliki pencahayaan matahari yang banyak.

6. Tidak Menggunakan Rangkaian Skincare Sebelum Makeup

Tidak jarang kita malah melewatkan hal ini ya grameds, banyak yang beranggapan bahwa dengan menggunakan primer saja sudah cukup. Namun faktanya itu tidak benar lho.

Sebelum menggunakan make up, penting untuk kamu menggunakan rangkain skincare agar kulit mu terlihat lebih lembab dan memberikan hasil yang sempurna juga untuk hasil makeup mu.
Kamu bisa memulai dengan rangkaian yang sudah dijelaskan di atas ya grameds.

7. Eyeshadow yang Tidak Merata

Kesalahan yang sering dilakukan lainnya adalah menggunakan eyeshadow dengan tidak merata. Eyeshadow yang tidak merata akan meninggalkan kesan tidak natural dan menor, kalau kamu ingin menggunakan eyeshadow, gunakan lah blending brush dan sapukan ke kanan dan ke kiri hingga merata berkali-kali.

Untuk hasil yang maksimal jangan lupa untuk menggunakan primer sebelum eyeshadow karena ini juga sering dilewatkan lho.

8. Terlalu Tebal Menggunakan Eyeliner

Eyeliner membantu kamu untuk memberikan kesan tajam dan tegas pada area mata. Namun jika kamu terlalu banyak menggunakan eyeliner maka justru akan memberikan kesan gelap di sekitar mata. Kamu bisa menggunakan eyeliner bentuk pensil untuk mengaplikasikan sehingga tidak terlalu tebal.

9. Menggunakan Blush On di Tempat yang Salah

Perlu kamu ketahui pemakaian blush on tidak berada di pipi ya. Namun kamu bisa menggunakannya dibagian tulang pipi yang terletak dekat mata. Jangan lupa pemakaian blush ini jangan terlalu tebal ya karena akan memberikan kesan berlebihan dan tidak natural. Kamu perlu mengusap nya secara tipis sehingga memberikan rona alami pada pipimu.

10. Memilih Warna Lipstik yang Salah

Lipstik akan mempengaruhi wajah mu terlihat lebih pucat atau lebih segar. Tidak salah jika kamu ingin bereksperimen dengan warna nyala dan berani, tetapi jika kamu memiliki bentuk bibir yang tebal dan sudah terisi maka diharapkan hindari warna-warna gelap karena akan membuat bibirmu terlihat sangat tebal.

Kamu juga perlu memperhatikan warna lipstik dengan warna kulit wajahmu, jangan sampai kedua warna ini menjadi sangat kontras.

11. Salah dalam Menggunakan Bronzer

Saat menggunakan bronzer, pastikan kamu mengetahui area-area wajah mana yang akan terkena matahari langsung. Biasanya area wajah yang terkena sinar matahari adalah bagian atas tulang pipi, hair line, dan garis rahang. Namun penempatan bronzer yang tidak tepat akan membuat penampilan wajah kamu justru terlihat coklat dan lebih gelap.

12. Terlalu Berlebihan dalam Mengaplikasikan Make Up

Pada bagian ini sangat fatal sekali jika kamu lakukan lho Grameds, biasanya karena tidak ingin terlihat biasa saja maka kita akan menggunakan makeup yang tidak tanggung-tanggung. Padahal jika kamu terlalu berlebihan menggunakan makeup maka wajah kamu akan terlihat lebih tua dan norak.Sebaiknya kamu tampil natural dengan menampilkan bagian salah satu wajahmu.

Let’s Make-Up by Wawa Sugimurwati

https://www.gramedia.com/products/conf-lets-make-up-by-wawa-sugimurwati?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-membuat-game-android-dengan-unity-3d?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Kini, Grameds sudah tahu urutan makeup yang benar dan apa saja yang perlu dihindari agar makeup-mu tidak terlihat aneh atau lebih tua, kan? Jangan sampai kamu melewati step-step-nya ya. Jika kamu ingin mencari tahu lebih banyak tentang buku-buku mengenai makeup atau skincare maka bisa mendapatkannya di Gramedia.com agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Christin Devina

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi