in

10 Tips Awet Muda dan Beberapa Hal yang Wajib untuk Dihindari

Tips Awet Muda – Setiap orang tentu menginginkan dirinya untuk tampil awet muda. Meskipun usia terus bertambah, namun Anda dapat menjaga diri supaya tetap sehat dan bugar. Hingga akhirnya bisa menjadikan diri Anda tampil awet muda.

Sebagian orang sibuk mencari rahasia awet muda dari berbagai sumber, misalnya internet, tayangan media, buku, dan lain sebagainya. Padahal, rahasia terlihat awet muda ini justru berasal dari kebiasaan kecil yang Anda terapkan setiap hari secara konsisten.

Hal ini dapat menjadi rutinitas sederhana, misalnya membiasakan diri jalan kaki, memperbanyak makan sayur, atau bahkan hal sederhana lainnya. Tidak hanya itu saja, asupan nutrisi juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Nah, lalu apa saja tips awet muda? Berikut adalah beberapa tips awet muda yang bisa Anda terapkan dalam sehari-hari, diantaranya:

Tips Awet Muda

1. Rajin Membersihkan dan Melembabkan Wajah

Salah satu area tubuh yang dapat digunakan untuk menebak usia seseorang yaitu wajah. Dengan secara rutin membersihkan dan melembabkan wajah ternyata dapat membantu melindungi kulit dan menjaganya tetap sehat sehingga kulit terlihat awet muda. Sedangkan kebiasaan jarang mencuci wajah seiring waktu dapat menyebabkan kulit kering sehingga wajah terlihat lebih tua.

Anda dapat membersihkan wajah secara benar dengan cara mencuci wajah dengan produk yang tepat. Anda bisa menentukan produk sesuai kebutuhan kulit dan lembut digunakan sehingga tidak mengikis kelembaban di kulit wajah. Setelah itu Anda bisa melanjutkan perawatan dengan memakai pelembab di pagi hari dan malam hari.

Anda bisa membersihkan wajah dan melembabkan wajah secara rutin minimal 2 kali sehari. Pelembab ini berguna untuk menjaga kulit supaya tidak cepat kering atau keriput. Dengan memakai keduanya kulit akan selalu sehat dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini dan berbagai masalah kulit lainnya. Misalnya hiperpigmentasi dan kanker kulit.

2. Memperbanyak Memakan Sayuran dan Buahan

Memperbanyak konsumsi sayur dan buah ternyata juga menjadi bagian dari tips awet muda. Contohnya, Likopen dalam tomat yang berguna untuk membantu memberikan perlindungan kuat terhadap sinar ultraviolet.

Sementara itu memperbanyak memakan sayuran juga tinggi akan karotenoid, misalnya beta karoten yang mampu melindungi kulit dari radiasi matahari dan radikal bebas penyebab penuaan kulit. Beberapa sumber beta karoten terbaik, yaitu labu ubi jalar, dan wortel.

Tidak hanya itu saja, terdapat beberapa sayuran yang memiliki kandungan yang cukup banyak akan vitamin C. Dimana vitamin C ini sangat penting untuk produksi kolagen dan mempunyai efek antioksidan yang cukup kuat.

Memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan juga bisa membantu menjaga seseorang terlihat awet muda contohnya saja, alpukat yang memiliki kandungan senyawa alkohol lemak poli hidroksilasi yang bisa membantu melawan peradangan, membantu memperbaiki DNA yang rusak, dan melindungi kulit dari sinar matahari. Serta kandungan lemak tak jenuh tunggal yang cukup tinggi dan antioksidan Lutein Dan zeaxanthin ini juga memberikan perlindungan tambahan terhadap kulit dan DNA.

3. Minum Teh Tiap Pagi Hari

Tips awet muda selanjutnya, yaitu meminum teh setiap pagi. berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan di BMC Complementary and Alternative Medicine, Misalnya saja yang dikutip dari best life, menyatakan bahwa teh hijau maupun putih memiliki kandungan enzim yang bisa membantu mengurangi kerutan dengan cara melindungi kulit dari kerusakan kolagen dan elastin.

4. Rajin Memakai Tabir Surya

Tips awet muda berikutnya yaitu rajin memakai tabir surya. Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh sejumlah peneliti dari Australia yang meneliti 900 pria dan wanita selama 4.5 tahun. Beberapa peneliti tersebut, menyatakan bahwa subjek yang diinstruksikan memakai tabit Surya setiap hari mempunyai lebih sedikit kerutan dan bintik hitam dibandingkan subjek yang tidak terkena.

5. Memperbanyak Minum Air Putih

Sebagian besar tubuh manusia terdiri atas air dan kulit. Tips awet muda selanjutnya, yaitu memperbanyak minum air putih. Dengan banyak minum air putih, maka Anda dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari. Sehingga kulit tidak tampak kering dan kusam, serta menciptakan kerutan.

Berdasarkan pakar kebugaran dan nutrisi menyatakan bahwa semakin terhidrasi kulit, maka akan semakin tampak berisi, halus, dan awet muda. Menjaga tubuh tetap terhidrasi juga bisa meningkatkan energi dan melawan keinginan makan makanan tidak sehat. Jadi Anda tetap dapat mudah menjalankan tujuan olahraga dan kebiasaan makan makanan yang sehat.

Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan cara minum air putih minimal sebanyak 8 gelas setiap harinya. Kebiasaan baik tersebut dapat menjadikan kulit Anda senantiasa lembab dan bercahaya, serta terhindar dari dehidrasi yang dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, memperbanyak minum air putih ini juga penting untuk melancarkan fungsi pencernaan, sirkulasi darah, dan fungsi ginjal dalam membuang racun.

6. Meluangkan Waktu Untuk Kegiatan Diluar Ruangan

Salah satu tips awet muda berikutnya, yaitu meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan di luar ruangan. Serta menggabungkan beberapa elemen alam dalam rutinitas sehari Anda seiring bertambahnya usia. Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Health & Place, menyatakan bahwa berada di dekat alam, termasuk jalan kaki di taman atau membaca buku di pinggir danau menjadikan individu yang lebih tua relatif lebih kuat secara fisik, spiritual dan aktif secara sosial. Seluruh kontribusi yang Anda lakukan terhadap kualitas hidup yang lebih baik akan dapat membantu melawan penuaan.

7. Melakukan Yoga

Olahraga dan meditasi merupakan dua dari sejumlah hal yang dapat membantu anda terlihat awet muda. Menerapkan Yoga secara rutin dapat membantu anda supaya terlihat awet muda. Menurut mayo Clinic, menyatakan bahwa menerapkan Yoga ke dalam rutinitas harian dapat membantu menurunkan stres, meningkatkan keseimbangan dan mengurangi resiko penyakit kronis, misalnya penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Seluruh aktivitas Yoga tersebut dapat membantu anda untuk menjaga diri supaya terlihat awet muda.

8. Olahraga Secara Rutin

Banyak studi telah membuktikan manfaat olahraga pada kesehatan anda secara keseluruhan. Sebuah studi menunjukkan bahwa olahraga secara rutin dapat memperlambat proses penuaan yang pada akhirnya dapat menjaga diri anda supaya terlihat awet muda. Olahraga membantu Anda mencegah kehilangan massa otot dan membuat tidur lebih nyenyak. Guna memperoleh hasil yang maksimal, Anda perlu untuk mengkombinasikan olahraga kardiovaskular bagi kesehatan jantung dan paru-paru, olahraga kekuatan untuk otot, dan peregangan untuk fleksibilitas.

9. Bersosialisasi

Meluangkan waktu untuk bertemu teman-teman terdekat juga dapat membantu menjaga diri Anda supaya terlihat awet muda, khususnya bagi individu yang mulai menua. Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences, menunjukan bahwa relasi dapat membantu mendapatkan usia yang lebih panjang dan membuat seseorang merasa lebih mudah.

10. Olahraga Otak

Tidak hanya fisik anda yang membutuhkan olahraga, bila anda ingin tetap awet muda otak juga membutuhkan olahraga. Para peneliti Kanada mempelajari dampak pelatihan kognitif terhadap orang dewasa yang lebih tua, menunjukkan bahwa melatih otak secara rutin dapat membantu mempunyai ingatan yang lebih baik daripada seseorang yang tidak melakukan olahraga otak.

Berdasarkan Harvard Health Publishing, juga menunjukan bahwa kegiatan yang bisa melatih otak, seperti mempelajari hal baru dan melatihnya secara berulang. Pengulangan merupakan strategi paling ampuh untuk pembelajaran. Akan tetapi, tidak berarti bahwa terus menerus mengingat-ingat dalam periode waktu singkat, contoh menghafal untuk ujian sekolah. Anda dapat mempelajari kembali hal-hal penting setelah periode waktu tertentu, seperti setiap hari. Hal ini akan sangat bermanfaat khususnya saat Anda mencoba untuk menguasai informasi yang sulit, misal rincian tugas kerja baru.

Beberapa Hal Yang Wajib Dihindari Agar Awet Muda

Selain beberapa tips awet muda apa Anda juga perlu menghindari beberapa Apa hal buruk yang bisa mempercepat proses penuaan. Nah, apa saja itu? Mari ketahui dan perhatikan secara bersama-sama beberapa hal yang perlu dihindari agar selalu awet muda, diantaranya sebagai berikut:

1. Rokok dan Minuman Keras

Kebiasaan merokok dan minum-minuman keras bisa membuat produksi kolagen berkurang sehingga kulit akan lebih cepat kendur dan keriput. Tidak hanya itu saja, kebiasaan buruk tersebut juga dapat mengganggu kelancaran aliran darah pada kulit sehingga menjadikan kulit kekurangan nutrisi penting untuk menjaga tetap awet muda.

2. Makanan Siap Saji

Makanan siap saji biasanya tinggi kalori, lemak, gula, garam, dan rendah nutrisi. Mengkonsumsi makanan siap saji secara berlebihan bisa mengakibatkan penumpukan kolesterol dalam darah dan meningkatkan kadar radikal bebas dalam tubuh yang menjadikan sel kulit cepat rusak.

3. Paparan Sinar Matahari dan Polusi Secara Berlebih

Menghindari paparan sinar matahari terlalu lama terutama pada pukul 10 pagi sampai 4 sore sangat penting untuk dihindari. Hal itu disebabkan pada jam tersebut intensitas radiasi sinar UV akan lebih tinggi dan dapat mengakibatkan kerusakan pada jaringan kulit.

Selain itu, Anda juga perlu menghindari paparan polusi, misalnya asap rokok dan asap kendaraan. Sebab efek polusi bagi kulit bisa mengakibatkan penuaan dini, iritasi kulit, dan kanker kulit.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Emka Umam