in

Quotes Tentang Mencintai Diri Sendiri (Self-Love)

I love me, gonna love myself, no, I don’t need anybody else”

            Hailee Steinfeld – Love Myself

Dewasa ini, banyak sekali campaign yang menggaungkan perihal self-love. Secara harfiah, self-love mempunyai arti yaitu mecintai diri sendiri. Akan tetapi, apa sih sebenarnya makna dari self-love? Dan mengapa kita perlu untuk mencintai diri kita sendiri?

Apa itu self-love?

Sebelum seseorang mampu untuk menerapkan self-love, pertama-tama, ia harus memahami terlebih dahulu perihal apa yang dimaksud dengan self-love itu sendiri. Self-love atau mencintai diri sendiri adalah suatu keadaan di mana kamu menghargai, menerima, menyayangi, dan juga bersimpati kepada dirimu sendiri. Mencintai diri sendiri juga bisa memiliki arti bahwa kamu mampu untuk menjaga dan tidak mengorbankan kesejahteraanmu untuk menyenangkan orang lain. Mencintai diri sendiri juga dapat diartikan bahwa kamu bisa memilah apa yang pantas dan apa yang tidak pantas untuk kamu dapatkan.

Mencintai diri sendiri bukan berarti mengembangkan kepribadian narsistik maupun memupuk sifat egois. Justru, ketika kamu menerima semua kelebihan sekaligus tidak merasa tinggi hati, tetapi juga mampu untuk menerima segala kekurangan diri tanpa merasa cacat itulah yang dapat dikatakan sebagai self-love.

Self-love dapat memiliki berbagai macam arti bagi tiap-tiap orang menyesuaikan dengan caranya masing-masing untuk merawat dirinya sendiri. Dengan mencari tahu dan memahami apa bentuk self-love yang paling tepat bagi dirimu maka hal tersebut akan menjadi salah satu bagian yang penting untuk menjaga kesehatan mental kamu sendiri.

Apa arti self-love untuk kamu?

Secara mudah, self-love bisa memiliki arti :

  • Mempercayai dirimu sendiri.
  • Memprioritaskan keperluan kamu.
  • Jujur perihal emosi yang sedang kamu rasakan.
  • Menanyakan serta memperhatikan perasaan kamu.
  • Membatasi diri dari lingkungan yang tidak sehat.
  • Tidak memberikan penilaian buruk terhadap diri sendiri.
  • Mengapresiasi diri sendiri setelah melalui hari-hari yang melelahkan.
  • Membela diri sendiri dari segala perbuatan tidak menyenangkan dari orang lain.
  • Memaafkan diri sendiri atas semua kesalahan yang telah terjadi.

Namun, untuk beberapa orang lainnya, self-love juga bisa diartikan sebagai self-care atau mempedulikan serta melakukan perawatan kepada diri sendiri. Untuk melakukan self-care kita juga perlu untuk bercermin sembari melihat apa yang dibutuhkan oleh diri kamu serta memilah apa yang sebaiknya dilakukan maupun tidak dilakukan. Bentuk-bentuk dari self-care yang sering dilakukan adalah :

  • Beristirahat dengan berjalan-jalan atau melakukan peregangan.
  • Melakukan olahraga rutin.
  • Melakukan diet yang sehat dan juga tetap nyaman untuk dilakukan.
  • Mengurangi bahkan memberhentikan konsumsi alkohol dan rokok.
  • Tidur tepat waktu.
  • Tidak memaksa diri sendiri untuk bekerja melebihi kemampuan.

Self-love atau mencintai diri sendiri memiliki arti bahwa kamu menerima diri kamu yang apa adanyai, memvalidasi emosi yang kamu rasakan, mengutamakan kesejahteraan fisik, kesejahteraan emosional, dan juga kesejahteraan mentalmu.

Bagaimana cara untuk mencintai diri sendiri?

Jadi sekarang kamu telah mengetahui apa itu self-love. Ketika kamu menghargai dirimu sendiri dengan baik, kamu juga secara otomatis akan cenderung memilih hal-hal yang dapat menunjang kesejahteraanmu dan juga dapat memilih urusan-urusan yang bisa kamu lakukan dengan baik. Hal-hal tersebut bisa berupa memilih makanan-makanan sehat yang sesuai dengan kebutuhanmu, berolahraga dengan baik untuk menjaga kesehatanmu, dan juga bisa dalam bentuk memutuskan toxic relationship baik itu dengan rekan kerja, teman, pasangan, bahkan saudaramu sendiri.

Cara-cara yang dapat dilakukan untuk mempraktikkan self-love meliputi ;

  • Orang yang ingin mencintai dirinya sendiri, pertama-tama yaitu wajib untuk sadar terlebih dahulu

    Sadar dalam konteks ini dapat diartikan sebagai orang tersebut harus menyadari bahwa apa yang ia lakukan terhadap dirinya sendiri bukanlah merupakan sesuatu yang baik. Misalnya, ketika kamu melakukan kesalahan yang cukup membuatmu berada di posisi menyesal, kamu akan menyalahkan dirimu sendiri, membenci dirimu sendiri, atau mungkin hingga menghukum dirimu sendiri. Dengan adanya kesalahan tersebut, kamu jadi menganggap bahwa dirimu merupakan suatu hal yang buruk dan tidak pantas untuk mendapatkan kebaikan.

    Dari titik tersebut, kamu harus sadar. Sadar bahwa menyalahkan diri sendiri tidak akan mengubah apapun, sadar bahwa semua yang terjadi di masa lampau adalah sebuah pelajaran dan tidak untuk disesali dengan berlarut-larut. Dimulai dari menyadari hal-hal tersebut, kamu akan memulai untuk menerima kesalahan yang telah kamu perbuat, memaafkan dirimu sendiri atas kejadian di masa lampau, mulai melupakan kesalahan dan membuka lembaran baru, serta tidak mengulangi kesalahan-kesalahan yang sama di masa kini maupun di masa depan. Biasanya, orang yang mencintai dirinya sendiri lebih sadar dan menerima perihal apa yang mereka pikirkan, mereka rasakan, dan mereka inginkan.

  • Melakukan segala hal berdasarkan apa yang kamu butuhkan bukan hanya berdasarkan keinginan semata

    Dengan berfokus kepada apa yang kamu butuhkan maka kamu akan terhindar dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat membuatmu terjebak di situasi yang tidak kamu ingikan. Misalnya dalam mengatur keuangan, jika kamu hanya berfokus untuk membeli apa-apa saja yang kamu butuhkan maka pengeluaranmu akan lebih sedikit dibandingkan dengan jika kamu juga membeli semua barang yang sesuai dengan keinginanmu yang bahkan mungkin barang tersebut bukanlah merupakan barang yang kamu perlukan.

    Jika kamu tidak hanya berfokus pada kebutuhanmu, maka akan terdapat kemungkinan terciptanya banyak penyesalan di masa depan. Hal-hal pemicu penyesalan tersebut nantinya akan membuatmu berada di dalam masalah dan dapat membuatmu kurang mencintai diri sendiri.

  • Mempraktikkan self-care yang baik dan benar

    Dengan mempraktikkan self-care yang baik dan benar akan membuatmu bisa untuk mencintai dirimu sendiri dengan lebih sungguh-sungguh. Misalnya ketika kamu menjaga kesehatan dengan tidur sesuai dengan waktunya, melakukan olahraga, serta menjaga pola makan dengan baik, maka kamu akan lebih jarang ataupun bahkan tidak mengeluh mengenai kesehatanmu.

    Sama halnya ketika kamu mulai bisa mengurangi atau meninggalkan interaksi dengan manusia yang toxic untuk kamu, maka kamu akan lebih jarang merasa kesulitan, jarang merasa sakit hati, dan lebih jarang berada di posisi yang sulit sehingga dapat membuatmu berada di posisi yang bisa untuk lebih bersyukur.

  • Membuat ruang untuk kebiasaan yang baik

    Mulailah untuk benar-benar peduli terhadap diri kamu sendiri, perhatikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang kamu miliki dan mulailah membenahinya. Mulailah cerminkan rasa peduli akan dirimu sendiri melalui apa yang kamu makan, mulailah berolahraga, mulailah beristirahat tepat waktu, dan hal-hal baik lainnya. Lakukanlah hal-hal tersebut bukan atas dasar bahwa “aku harus menyelesaikannya”, tetapi dengan dasar bahwa “aku peduli dengan diriku sendiri”.

Manfaat mencintai diri sendiri

Dengan mencintai diri sendiri dengan sepenuh hati, kamu bisa mendapatkan berbagai macam manfaat baik bagi diri sendiri maupun untuk orang disekitarmu. Mencintai diri sendiri dapat membuatmu terbebas dari beban-beban sosial karena kamu tidak akan membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain, pencapaianmu dengan pecapaian orang lain, dan juga kebahagiaanmu dengan kebahagiaan orang lain.

Kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengurus dirimu sendiri dan membuatnya menjadi lebih sehat baik dari segi fisik maupun dari segi mental. Kesehatan fisik dan kesehatan mental merupakan sebagian modal untuk membangun kehidupan yang lebih nyaman, tentram, dan bahagia. Selain itu, dengan energi positif yang kamu punya juga akan membuatmu merasa lebih percaya diri untuk menggapai mimpi-mimpi dan meraih kehidupan yang lebih baik.

Kutipan mengenai self-love

Untuk memudahkanmu dalam memahami self-love dengan lebih baik, berikut beberapa kutipan dari tokoh film terkenal yang dapat kamu pelajari untuk menambah insight mengenai rasa cinta terhadap diri sendiri.

1. “They can’t order me to stop dreaming.

©1950/Disney/Cinderella/All Rights Reserved.

Cinderella – Cinderella (1950)

“Mereka tidak bisa menyuruhku untuk berhenti bermimpi.”

A Dream is a Wish Your Heart Makes” bukanlah sekadar salah satu lagu dari Disney yang ikonik, tetapi juga menjadi salah tau lagu mengenai kepercayaan terhadap diri sendiri dan mengajarkan perihal bagaimana kekuatan impian dapat memberikan kekuatan kepada seseorang.

Dari lagu tersebut, kita dapat melihat Cinderella dengan rasa percaya dirinya memberi tahu kepada teman-temannya bahwa “Mereka (ibu dan saudari tirinya) tidak bisa menyuruhku untuk berhenti bermimpi.” Kutipan ini bukanlah sekadar kutipan yang bagus dalam mencintai diri sendiri, tetapi juga dapat merangkum kepribadian Cinderella dengan sempurna.

2. “I finally know where I belong.

https://www.kompas.com/

Hercules – Hercules (1997)

“Aku akhirnya mengetahui di mana seharusnya aku berada.”

Hercules menemukan kesulitan ketika ia diharuskan memilih untuk kembali menjadi dewa atau tinggal di dunia bersama gadis yang ia cintai, Meg. Alih-alih memilih untuk menjadi dewa seperti apa yang diharapkan oleh orang-orang selama ini, Hercules lebih memilih tinggal di bumi bersama Meg dan dengan senang hati ia mengatakan “Aku akhirnya mengetahui di mana seharusnya aku berada.” Kutipan ini bagus, karena Hercules akhirnya menyadari bahwa ia tidak perlu menjadi  hebat sebagai dewa, tetapi yang ia perlukan hanyalah menjadi bahagia walaupun itu berarti ia harus menjadi manusia biasa.

3. “Now I know I can be happy as a clam because I’m beautiful, baby!

https://thedisneyblog.com/

Tamatoa – Moana (2016)

“Sekarang aku tahu aku bisa bahagia sebagai seekor kerang karena aku cantik, sayang!”

Di bait pertama pada lagu yang Tomatoa nyanyikan, ia berkata bahwa ia pernah menyesali perihal dia pernah menjadi kepiting kecil yang membosankan, tetapi kemudian ia berubah dan menyanyi dengan lebih lantang “Now I Know I Can Be Happy As A Clam Because I’m Beautiful, Baby!.”

Lagu ini tidak hanya catchy, tetapi juga menggambarkan tentang self-love dan juga kepercayaan diri. Tamatoa mungkin memanglah seekor kepiting tamak yang jahat, tapi untuk perihal mencintai diri sendiri, ia adalah tokoh yang cukup menginspirasi.

4. “I’m bad and that’s good. I will never be good and that’s not bad. There’s no one I’d rather be than me.”

https://www.liputan6.com/

Wreck it Ralph – Wreck it Ralph (2012)

“Aku buruk dan itu oke. Aku tidak akan pernah menjadi baik dan itu bukanlah merupakan suatu hal yang buruk. Aku tidak mau menjadi orang lain selain diriku sendiri.”

Kutipan tersebut adalah moto yang diucapkan di video game villain’s support group. Akan tetapi, hal yang paling mengharukan adalah setelah Ralph membacakan moto tersebut, ia mempertaruhkan nyawanya dengan cara terjun ke dalam gunung api demi untuk menyelamatkan Sugar Rush. Kutipan ini membuat Ralph menyadari bahwa dia tetap bisa menjadi orang yang baik meskipun ia selalu dianggap sebagai orang jahat oleh orang lain.

5. “That’s why a bear can rest at ease with just the bare necessities of life.”

https://disney.fandom.com/

Baloo – The Jungle Book (1967)

“Begitulah mengapa seekor beruang bisa beristirahat dengan tenang hanya karena kebutuhan hidupnya terpenuhi”

The bare necessities adalah salah satu momen Disney klasik yang ikonik. Lagu tersebut bercerta mengenai hal-hal santai, merelakan, dan menjadi bahagia dengan hal-hal kecil yang ada di hidup kita. Kutipan lirik tersebut menggambarkan Baloo yang cukup merasa bahagia atas semua hal-hal kecil yang ia miliki.

6. “I never look back, darling. It distracts me from the now!”

https://www.heyuguys.com/

Edna Mode – The Incredibles (2004)

“Aku tidak pernah melihat ke belakang, sayang. Hal tersebut hanya akan menggangguku!”

Ketika Mr. Incredible mendatangi Edna untuk menambal baju super hero lamanya, Edna mengatakan “Aku tidak pernah melihat ke belakang, sayang. Hal tersebut hanya akan menggangguku!” Salah satu kunci dari mencintai diri sendiri adalah dengan tidak melihat ke masa lalu dan hanya berfokus kepada apa yang ada sekarang.

7. “Here I stand in the light of day. Let the storm rage on.”

Elsa – Frozen (2013)

Disney Studio©

“Di sini aku berdiri di terangnya hari. Biarkan badai mengamuk,”

Sebagian besar dari lagu Let It Go memang memiliki arti yang bagus terutama dalam hal mencintai diri sendiri, tetapi yang membuat lirik khusus ini menjadi highlight ialah ketika lirik tersebut dinyanyikan di bait terakhir dengan keadaan Elsa telah membangun kastilnya, mempunyai penampilan yang baru, dan juga merasa bebas untuk mengekspresikan dirinya sendiri setelah bertahun-tahun.

Rekomendasi buku tentang self-love

Berikut rekomendasi buku tentang mencintai diri sendiri yang bisa kamu baca untuk menambah wawasan, pandangan, serta informasi baru yang akan memudahkanmu untuk menerapkan self-love di kehidupan sehari-hari.

1. Imperfect : A Journey to Self Acceptance (Meira Anastasia, 2018)

Buku Imperfect merupakan buku nonfiksi self-helping yang ditulis oleh Meira Anastasia dan diterbitkan pada tahun 2018. Di buku ini, penulis (Meira Anastasia) berbagi pengalaman perihal dirinya yang mampu bangkit dari keterpurukan. Ia sempat merasa hancur akibat body shaming yang ia dapatkan dari orang-orang di sekitarnya. Di buku tersebut, Meira mengatakan bahwa salah satu cara untuk menerima diri sendiri yaitu dengan mencintai diri sendiri dan menjadi apa yang kamu inginkan. Buku Imperfect : A Journey To Self Acceptance telah diadaptasi menjadi sebuah film dengan judul Imperfect yang rilis pada tahun 2019 dan juga mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat.

2. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (Marchella FP – 2018)

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini atau juga sering dikenal sebagai NKCTHI merupakan sebuah novel flash fiction yang ditulis oleh Marchelle FP dan diterbitkan pada tahun 2018. Novel NKCTHI berisi kumpulan tulisan atau cerita mengenai berbagai pengalaman personal dari berbagai sumber. Penulis dari buku ini mengambil ribuan cerita dari berbagai macam sudut pandang. Buku ini sangat laris dan ramai bahkan sempat menjadi sebuah fenomena di internet di mana banyak quotes plesetan dari buku NKCTHI. Sama halnya dengan buku Imperfect : A Journey To Self Acceptance, buku NKCTHI juga telah diadaptasi menjadi sebuah film yang di rilis pada tahun 2020.

3. How To Respect Myself (Yoon Hong Gyun – 2020)

Buku ini berisi berbagai jenis latihan untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri. Buku ini terbagi menjadi 7 bagian yang tiap-tiap bagiannya memiliki isi yang berbeda-beda. Misalnya, pada bagian pertama dari buku tersebut berisi perihal menyadari pentingnya kepercayaan diri, pada bagian kedua membahas penanganan dari hal-hal yang bisa menurunkan kepercayaan diri, dan lain sebagainya. Setelah membaca buku ini, diharapkan pembaca dapat memiliki perspektif baru mengenai mencintai diri sendiri dengan apa adanya.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Buku & Quotes Yang Lainnya

1. Buku 2. Quotes dan Kata Bijak Lainnya

Baca juga :



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien