in

Rangkaian Kata-kata Kelulusan untuk Apresiasi Sahabat dan Orang Terdekat

Tanpa kita sadari, manusia hidup dalam berbagai fase dimana setiap fasenya memiliki sub-bab kecil yang selalu ada ujian diantaranya. Boleh jadi sub-bab ini adalah saat kita menjalani proses menuntut ilmu, atau bisa juga ujian untuk menjadi dewasa.

Untuk bisa menjadi versi terbaik diri kita, tentu salah satu caranya dengan mampu melewati ujian-ujian yang ada dalam hidup. Begitu pula dengan ujian di sekolah, ujian dalam pekerjaan dan masih banyak lagi.

Bagi mereka yang mampu lulus ‘ujian’, maka patut rasanya untuk diberikan apresiasi, untuk diri sendiri dan orang lain. Memberikan ucapan dengan kalimat yang baik, kata motivasi, adalah bentuk apresiasi serta dukungan kita bagi diri sendiri dan orang disekitar.

Sebab nyatanya, dari kata-kata kelulusan yang sederhana saja bisa memberikan kebahagiaan yang besar, lho! Terlebih lagi, apabila kabar kelulusan datangnya dari sahabat sendiri. Nah, lantas apa saja kata-kata kelulusan dan motivasi yang indah untuk apresiasi orang tersayang?

Kata-kata untuk Kelulusan dan Pertemanan

Saat masa kelulusan tiba, kita akan menentukan rencana kita selanjutnya. Dalam berbagai rencana masa depan itu, sering kali rencana-rencana itu bersinggungan dengan sahabat kita. Kemudian, akan tiba saatnya untuk kita merelakan sahabat untuk meraih mimpinya.

Oleh karena itu, beberapa kutipan kata-kata kelulusan dari seorang sahabat berikut ini bisa menjadi referensi untukmu, memberikan ucapan untuk orang tersayang.

  • “Kita adalah matahari dan bumi. Jaraknya mungkin jauh, tapi melihat sinarnya yang temaram saja sudah bisa menghangatkan hati.”
  • “Aku bahkan tak perlu mengucapkan banyak kata untuk membuatmu mengerti. Itulah persahabatan.”

Memiliki teman seperjuangan tentu menjadi hal yang paling menyenangkan. Pasalnya seorang teman akan rela menemani kita apapun keadaanya. Bagi kawan yang tengah lulus, entah lulus sekolah atau ujian profesi, para sahabat akan merasakan kebahagiaan dan kebanggan yang sama besarnya. Meskipun kadang tidak terucap.

  • “Kelulusan bukanlah perpisahan. Ini adalah perayaan besar. Perayaan atas terkabulnya doa-doa kita, perayaan yang mendebarkan. Inilah kebahagiaan.”

  • Sahabat yang sesungguhnya tak akan pernah ikut berubah. Saat kamu berubah, saat kamu marah saat kamu sukses.”
  • “Ini bukan cuma urusan angka. Tapi ada sebuah proses pendewasaan didalamnya. Menjadi bijaksana dengan merelakanmu meraih mimpi baru.”
  • “Perpisahan ini hanyalah istilah untuk mendramatisir keadaan. Nyatanya yang berbeda hanya jarak. Hati, perasaan dan harapan kita masih sama.”

Jika kamu suka membaca kata-kata motivasi maupun kutipan-kutipan indah, maka bacaan inspiratif tentang pertemanan juga bisa menjadi referensi menarik. Grameds, ada banyak kisah persahabatan yang bisa kamu baca seperti dalam novel berikut ini.

Jika pada umumnya pertemanan hadir dari sebuah pertemuan indah, namun tidak dalam kisah Yoonjae yang tak pernah menyangka akan berteman dengan Gon. Kawan di sekolahnya yang selalu membully Yoonjae, meskipun dia tahu Yoonjae mengidap alexithymia. Oleh sebab itu, apapun yang dilakukan Gon tak akan berpengaruh pada Yoonjae yang tak memiliki emosi. Dari banyaknya peristiwa dalam hidup Yoonjae, kematian nenek dan ibunya yang koma tak mengusiknya. Tapi Gon, memiliki pengaruh yang berbeda baginya.

Kata-kata Kelulusan Lucu untuk Teman

Siapa bilang jika persahabatan itu selalu tentang kekompakan dan hal-hal baik, sering kali jika sedang bersama teman banyak hal konyol yang lucu yang terjadi. Ungkapan kebahagiaan dan harapan baik pun sering kali diutarakan dengan cara yang sebaliknya.

Biasanya, sebagai sahabat dekat, kita justru malu-malu untuk menyatakan kata ucapan yang baik, sehingga quote lucu sering digunakan untuk melampiaskannya. Namun jauh dalam lubuk hati, kita sama-sama sadar bahwa teman kita memang tulus dan bahagia untuk kita.

Ungkapan perasaan pada teman bisa jadi sangat manis, atau justru kecut, sebab alih-alih memuji seorang teman lebih suka merutuki. Tentu hal itu juga yang membuat kita tak bisa melupakan partner in crime bukan? Berikut ini beberapa ungkapan atau quote lucu seputar pertemanan dan juga kelulusan yang bisa kamu berikan untuk temanmu.

  • “Kita bersama memang menantang dunia, aku dalam duniaku kamu dalam duniamu.”
  • “Berpisah denganmu aku mampu, tapi untuk melupakanmu aku tidak mampu. Kecuali jika aku menemukan orang baru.”
  • Mereka boleh saja bilang persahabatan itu mirip dengan kepompong, tapi berteman denganmu hanya aku yang menjadi kupu kupu.”
  • “Saat kamu terjatuh, aku akan mengangkatmu. Tapi jika aku sudah selesai tertawa.”

Tak bisa dimungkiri bahwa dalam pertemanan seringnya kita mengutarakan kasih sayang dengan ejekan atau hinaan. Dimana hal ini sering dianggap lucu. Maka tak jarang jika kamu memiliki sahabat justru lebih sering menghina daripada terang-terangan memujinya. Namun dalam hati kita sadar, bahwa mereka akan selalu memberikan doa terbaik.

  • “Aku dan kamu, kita sama-sama gila. Dan itu adalah satu-satunya hal yang membuat kita jadi waras menghadapi kehidupan.”
    1.  “Percayalah, kadang kenangan terindah datangnya dari dompet sahabat.”
    2.  “Kini entah bagaimana, yang jelas aku tak tahu lagi. Siapa yang pengaruhnya lebih buruk, aku atau kamu.”
  • “Saat kau sukses lebih dulu, sahabat akan memakimu dimuka tapi mendoakanmu di hati.”

Persahabatan menjadi tempat kita bersenda gurau, tempat kita mengeluh dan mengukir mimpi-mimpi yang dimiliki. Kisah seputar persahabatan ini juga banyak disukai para pembaca novel. Khususnya novel yang menceritakan tentang perjalanan para sahabat, kisah yang juga dibalut dengan komedi tapi juga mengharukan.

Bagaimana jadinya jika segerombolan kawan yang sudah sejak SMA selalu bersama, susah senang, dan bahkan tak pernah melewatkan malam minggu bahkan saat sudah bekerja, tiba-tiba memutuskan untuk ‘rehat’. Berhenti sementara waktu untuk tidak saling bertemu dan berkirim kabar selama 3 bulan. Ian, Riani, Genta, Zafran, dan Arial akan berpisah sementara waktu dan bertemu kembali untuk melakukan perjalanan menarik. Pendakian pertama kali yang tak akan pernah mereka lupakan.

Kata-kata Kelulusan  Inspiratif dari Film

Pernahkah kamu menonton sebuah film dimana ada salah satu adegan atau dialog yang sangat kamu ingat dengan jelas? Tentu film tersebut adalah film yang berkesan, sampai penonton bisa mengingatnya dengan baik.

Tak ayal dialog-dialog yang dilontarkan dalam film juga menjadi quote yang diingat. Sebab, selain kata-katanya sangat menyentuh mungkin beberapa situasi juga terasa lebih relevan. Ada banyak film tentang persahabatan dan perpisahan dengan dialog inspiratif seperti berikut ini.

  1. Tak ada yang sempurna di dunia ini.” (Seem Like it Hot – 1950)
  2. “Supaya bisa dihargai orang lain, kau harus memberikannya lebih dulu.” (Freedom Writers – 2007)
  3. “Jangan takut gagal. Ini bukan akhir dunia dan dalam banyak hal, ini bahkan langkah pertama untuk belajar sesuatu yang baik dan jadi lebih baik lagi.” (Jon Hamm)
  4. “Jangan mendengarkan ketakutanmu!” (Luca – 2021)
  5. “Bukan masalah siapa aku tapi apa yang aku lakukan itu mendefinisikan diriku.”  (Batman Begins – 2005)
  6. “Dunia tidak berputar di sekitarmu!” (Soul – 2020)

Saat menonton film Grameds pasti memiliki salah satu scene favorit. Boleh jadi karena dalam scene tersebut ada adegan yang kamu sukai, atau justru terdapat dialog yang indah.

Beberapa dialog bahkan mampu menyita perhatian penonton dan ingin memutar ulang untuk mengetahui maknanya. Apalagi dalam film tentang persahabatan, kesuksesan biasanya banyak momen inspiratif seperti dalam Pursuit of Happines.

    1. “Kau punya mimpi. Kau harus menjaganya. Saat orang tak bisa melakukan sesuatu sendiri, mereka akan bilang bahwa kau tak akan bisa juga. Jika kau ingin sesuatu, dapatkanlah. Titik.” (The Pursuit of Happiness – 2006)
    2. “Kamu tak bisa mengendalikan kenyataan.” (A Few Good Men – 1992)
    3. Kehidupan akan selalu rumit. Kalau tidak, kau akan kehabisan waktu.” (The Intouchables – 2011)
    4. “Kehidupan adalah apa yang kita pikirkan” (Being There – 1979)
    5. “Satu-satunya cara untuk meraih hal yang tidak mungkin adalah dengan percaya bahwa itu mungkin.” (Alice: Through the Looking Glass – 2016)

Kutipan kata-kata mutiara tak melulu hadir dari film atau bacaan yang berat. Bahkan sering terjadi dalam berbagai jenis film kartun atau dongeng sekalipun, memiliki scene dan dialog yang bijaksana. Beberapa dialog terkenal berikut ini sering menjadi quote yang menarik untuk post sosial media.

    1. “ Lakukan atau tidak sama sekali. Tak ada waktu untuk coba-coba.” (Star Wars – 1977)
    2. Bahkan keajaiban sekalipun membutuhkan sedikit waktu.” (Cinderella – 1950)
    3. Kita semua adalah teman, kadang itu berarti harus ada yang menyadarkan jika salah satu dari kita berbuat salah.” (Trolls)
    4. Apabila kamu terlalu fokus pada masa lalu, kamu tak akan mampu melihat apa yang ada di depanmu.” (Ratatouille – 2007)
    5. “Setelah sementara waktu, kamu akan belajar untuk melupakan ejekan orang lain dan hanya percaya pada dirimu sendiri.” (Shrek – 2001)
    6. Setiap orang itu berbeda, begitu pula kita.” (Trolls)
    7. “Meskipun beberapa orang memiliki badan yang kurus, tapi aku tau mereka memiliki hati yang gendut. Dan itulah masalahnya.” (Pitch Perfect)

Setelah menyimak kata-kata mutiara diatas kita sadar bahwa rupanya ada banyak momen penting dan bermakna dalam setiap adegan film. Terlebih lagi, kebanyakan film juga membahas seputar persahabatan dan juga perjuangan.

Ada kisah-kisah yang membahas persahabatan untuk waktu lama, ada kisah yang menceritakan tentang meraih mimpi. Seperti dalam novel Negeri 5 Menara ini.

Membicarakan persahabatan tentu tak lekang dari kisah sekumpulan anak muda yang dipertemukan dalam sebuah pondok pesantren. 6 sahabat dengan latar belakang berbeda, satu persatu memiliki mimpi masing-masing. Semuanya berkumpul menjadi kawanan yang kompak, menyelesaikan semua tugas dan ujian hingga akhirnya harus berpisah melanjutkan jalannya.

Jika 5 menara mengajarkan kita tentang indahnya persahabatan, maka novel berikut ini mengajarkan kita betapa indahnya mengikhlaskan seseorang.

Berbeda dengan kelulusan dimana kita hanya perlu merelakan untuk tak bersama kawan. Dalam novel ini mengajarkan cara merelakan yang lebih besar lagi. Ketika orang-orang yang kita sayangi akhirnya pergi selamanya. Ada rasa berat hati yang tertinggal disana.

The Things Left Behind adalah cerita tentang Han Geu Ru seorang anak laki-laki yang harus menghadapi kenyataan bahwa ayahnya meninggal dunia. Dia harus meneruskan pekerjaan ayahnya sebagai jasa pembersihan barang  orang yang sudah meninggal. Dari sana baik Geu Ru dan paman sadar, terkadang ada hal hal yang lebih bisa kita pelajari dari mereka yang pergi lebih dulu.

Kata-kata Ungkapan Kebahagiaan

Sembari merayakan kelulusan dan mengenang masa indah dengan teman, ada kalanya kita juga membahas hal-hal kecil yang membuat tertawa bahagia. Momen-momen singkat tersebut juga seringkali kita temukan dalam potongan film maupun buku-buku tentang kehidupan, persahabatan dan cinta.

Sebut saja beberapa novel menarik seperti Little Women, Scarlet Letter, Laskar Pelangi dan masih banyak lagi, yang mengandung banyak makna kehidupan dengan kutipan inspiratif.

Kisah tentang empat saudara perempuan yang tinggal dan tumbuh dengan kehidupan sederhana namun penuh kebahagiaan. Kehidupan mereka dikala itu tidak begitu mudah bagi para wanita tanpa kekuasaan. Meg memilih menikah, menjalani mimpinya menjadi penulis, Amy si pelukis berbakat lebih memilih menikah dengan lelaki kaya dan Beth tinggal bersama orang tuanya sembari berjuang untuk sembuh dari sakit. Bagaimana kisah empat saudari ini? simak lengkapnya yuk!

  1. “Kadang kamu mungkin bosan terhadap sesuatu dan bahkan tak ingin menatapnya. Tapi di dunia ini yang bisa melindungi diriku hanyalah orang-orangku. Dia adalah keluarga.” (Reply 1988 – 2015).
  2. “Buatlah hidupmu jadi luar biasa.” (Dead Poets Society – 1989).
  3. “Kamu tak butuh semua orang untuk bisa mencintaimu, kamu hanya butuh beberapa orang saja.” (The Greatest Showman – 2017).
  4. “Beberapa orang layak untuk diperjuangkan.” (Frozen – 2013).
  5.  “Aku sungguh mengagumimu.” (The Apartment – 1996).
  6. “Aku sangat mencintaimu, apa adanya kamu. ” (Bridget Jones’s Diary – 2001).
  7. “Cinta itu berarti tak perlu lagi merasa bersalah.” (Love Story – 1970).
  8. Tak perlu bersedih jika belum ada orang yang menyukaimu. Boleh jadi saat ini ada orang lain yang diam-diam menyukaimu.” (Reply 1988 – 2015).
  9. Bangunan kebakaran, orang-orang mati, tapi cinta yang sesungguhnya akan bertahan selamanya. ” (The Crow – 1994).
  10. Semua hal yang kamu butuhkan adalah aku, dan segala hal yang aku butuhkan adalah kamu.” (Sea Beast – 2022).

Kelulusan terutama wisuda memang harapan bagi banyak orang tak terkecuali diri kamu. Namun, tidak ada salahnya untuk bisa sukses sebelum kelulusan wisuda tiba. Lewat buku ini, kamu akan menjadi lebih mudah dalam menyusun kesuksesan sebelum wisuda tiba.

Dari kata-kata kelulusan dan motivasi di atas, mana yang paling kamu suka? Saat ini, ada banyak cara bisa Grameds lakukan untuk sekadar mencari kata-kata motivasi. Namun, kadang tak banyak yang bisa terdengar relevan bagi diri kita.

Oleh karena itu, biasanya ada banyak jenis buku motivasi yang didalamnya mengandung banyak kutipan indah dengan makna yang dalam. Jenis bacaan motivasi ini juga sangat beragam, seperti motivasi tentang cinta, tentang pengembangan diri sendiri dan lainnya. Kamu bisa mendapatkan banyak referensi buku motivasi lain di Gramedia.

Kesimpulan

Terlepas dari bagaimana cara penyampaiannya, adanya kutipan-kutipan yang inspiratif ini bertujuan sebagai bentuk apresiasi kita untuk orang-orang tersayang, seperti keluarga dan teman. Lebih dari itu, bagaimanapun juga sebuah kelulusan adalah pencapaian yang untuk mendapatkannya membutuhkan perjuangan.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya memberikan dukungan dan motivasi, mulai dari ucapan yang baik dan positif, doa dan bentuk dukungan lainnya untuk para sahabat.

Harapannya, kata-kata indah yang kita alamatkan untuk sahabat dan orang terdekat dapat menyejukan hati mereka. Atau setidaknya menjadi pengingat, bahwa kenangan masa lalu yang pernah kalian lewati masih menjadi momen spesial. Menjadi warna yang akan mengisi setiap fase kehidupan.

Jika ingin mencari berbagai macam buku tentang kata-kata motivasi, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Inka

Buku & Quotes Yang Lainnya

1. Buku 2. Quotes dan Kata Bijak Lainnya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy