in

Kata-Kata Bijak Berkelas Simple untuk Bangkitkan Semangat Jalani Hari

unsplash.com

Kata-Kata Bijak Berkelas – Kehidupan manusia tidak lepas dari suatu permasalahan, peristiwa, rintangan, tantangan, kesempatan, dan pengalaman. Semua itu dijadikan pelajaran hidup bagi setiap insan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari hari ke hari. Pengalaman adalah guru terbaik yang mengajarkan banyak hal, sehingga seseorang tidak akan jatuh ke lubang yang sama untuk kedua kalinya

Beberapa orang mungkin sedang menjalani fase atau merasakan kehidupan yang berat dan menyakitkan. Hidup seperti drama yang tidak ada selesainya. Apalagi bagi mereka yang kurang bersyukur, pasti akan menganggap bahwa kehidupan ini sebagai sebuah kutukan berat

Apabila sedang merasakan hal seperti itu, mungkin kita membutuhkan kata-kata bijak berkelas soal kehidupan dari para tokoh dunia yang dapat memotivasi diri. Kata-kata tersebut dapat direnungkan sehingga menjadi bahan introspeksi untuk diri kita.

Belajar dari kata-kata bijak berkelas ini, tentu dapat membantu hidup kita dalam meningkatkan pola pikir positif dan perilaku yang lebih baik. Yuk, simak deretan kata-kata bijak berkelas yang bisa bikin kamu semangat menjalani hari-hari!

1. Hidup ini sederhana, jangan dibikin rumit

“Hidup itu sederhana, kita yang membuatnya sulit.” -Confucius

Hidup itu sederhana apabila kita menjalaninya dengan sebuah kebahagiaan dan kegembiraan. Menjalani porsi hidup dengan tidak ikut campur dalam kehidupan orang lain. Hal ini sederhana, namun terkadang kita terlalu masuk dalam urusan orang lain yang bukan bagian dari hidup kita. Sehingga, hidupnya akan terasa begitu rumit dan berat.

Kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik seperti bergosip, berucap buruk, mencemooh, dan perilaku tidak benar kerap dilakukan. Kita akan menganggap diri kita rendah, hal ini yang membuat hidup kita terasa rumit dan sulit.

2. Bahagia adalah segalanya

“Hal yang paling penting adalah menikmati hidupmu menjadi bahagia apapun yang terjadi.” – Audrey Hepburn

Karena hidup kita tidak ditentukan oleh orang lain, maka kita harus bisa membuat jalan hidup kita sendiri. Kita berhak memutuskan apa yang terbaik untuk diri kita sendiri. Menjalani hidup yang kita miliki dengan sebaik mungkin sesuai dengan kebahagiaan yang kita dapatkan dari diri kita sendiri, rekan, keluarga dan lingkungan sekitar. Sehingga, tidak ada alasan untuk tidak bahagia.

3. Hidup bukan soal mencari jati diri

“Hidup itu bukan soal menemukan diri Anda sendiri, hidup itu membuat diri Anda sendiri.” -George Bernard Shaw

Terkadang kita terjebak dalam satu fase yang salah dalam hidup, yaitu fase mencari jati diri. Tidak ada jati diri yang hilang, karena jati diri dibentuk oleh setiap orang. bukan dibuat dan disembunyikan dari kita, sehingga mereka harus mencari jati diri. Seperti apa diri kita tergantung dari bagaimana kita memilih hal-hal apa saja yang berpengaruh dalam kehidupan kita.

4. Hidup merupakan panggung sandiwara nyata

“Hidup adalah mimpi bagi mereka yang bijaksana, permainan bagi mereka yang bodoh, komedi bagi mereka yang kaya dan tragedi bagi mereka yang miskin.” -Sholom Aleichem

Hidup ini suatu hal yang bisa menyenangkan atau bahkan menyakitkan. Hal ini terjadi karena perbedaan sudut pandang yang dipengaruhi oleh latar belakang setiap orang. agar kita tetap bahagia, maka harus mempunyai sudut pandang yang positif. Menganggap bahwa hidup kita patut untuk disyukuri dan dinikmati dengan segala kebahagiaan bukan hanya diisi dengan kemurungan serta duka berlarut-larut.

Kata-Kata Bijak Berkelas
unsplash.com

5. Hidup penuh misteri

“Kenyataannya, ada tidak tahu apa yang akan terajdi besok. Hidup adalah pengendaraan yang gila dan tidak ada yang menjaminnya.” -Eminem

Kita tidak bisa meramalkan masa depan sekalipun dalam satu detik ke depan. Kita bisa saja merencanakan untuk menghabiskan waktu dengan siapa dan seperti apa. Namun, kita tidak bisa menjamin pasti bisa melakukan hal tersebut dan dalam jangka waktu berapa lama kita akan hidup di dunia ini.

Oleh sebab itu, nikmati kehidupan yang kita miliki, dan syukuri serta berbahagia dengan segala hal yang kita punya akan membawa kita pada hakikatnya kehidupan yang sesungguhnya.

The Architecture of Love | Di balik Pena

6. Tujuan hidup adalah bahagia

“Tujuan hidup kita adalah menjadi bahagia.” -Dalai Lama

Kebahagiaan akan membuat hidup kita lebih berwarna, kita akan tetap bertahan meskipun sering mengalami kegagalan dalam hidup. Dengan adanya kebahagiaan setiap hari, setiap waktu, di mana pun dan kapan pun berada, sebenarnya kita sedang melawan hal-hal buruk yang akan membuat kita jatuh dan bersedih.

7. Cinta dan ilmu pengetahuan membuat hidup lebih baik

“Hidup yang baik adalah hidup yang diinspirasi oleh cinta dan dipandu oleh ilmu pengetahuan.” -Bertrand Russell

Orang mengartikan cinta sebagai suatu hal yang imajiner. Nyatanya, hal imajiner ini justru membawa kita ke kehidupan yang baik. Dengan adanya cinta, kita dapat merasakan empati dan simpati serta membuat hidup menjadi bahagia. Hidup bersama cinta dipandu dengan ilmu pengetahuan akan membuat hidup menjadi seimbang.

8. Biarkan kehidupan mengalir seperti air

“Hidup adalah serangkaian perubahan yang alami dan spontan. Jangan tolak mereka karena itu hanya membuat penyesalan dan duka biarkan realita menjadi realita. Biarkan sesuatu mengalir dengan alami ke mana pun mereka suka.” -Lao Tzu

Membiarkan sesuatu hal mengalir secara alami, sama seperti halnya kita menerima kenyataan hidup yang harus dihadapi. Setiap permasalahan pasti akan mendewasakan kita. Kita tidak perlu marah dan menolak hal-hal yang terjadi pada diri kita, sekalipun hal itu sangat menyakitkan bagi kita.

Di balik setiap kejadian atau peristiwa, ada hal-hal baru yang kita dapat mengerti ketika kita sudah bisa merelakan kenyataan sebagai sebuah kenyataan, bukan lagi sebagai mimpi.

9. Hidup ini singkat

“Anda di sini hanya untuk persinggahan yang singkat. Jangan terburu, jangan khawatir. Yakinlah bahwa Anda menghirup wangi bunga sepanjang perjalanan.”-Walter Hagen

Kehidupan kita hanya sementara. Suatu saat semua yang bernyawa pasti akan mati dan kembali kepada pencipta-Nya. Jangan menjalani hidup yang tanpa arti. Setidaknya, kita bisa kembali dengan membawa kenangan baik dan tidak terlupakan. Kita tidak harus menjadi orang kaya untuk dapat membuat kenangan yang baik, namun setidaknya kita bisa berbagi kepada mereka yang membutuhkan.

Kita juga tidak harus bekerja setiap hari sampai larut malam hingga mengorbankan jam istirahat. Cukup kerjakan sewajarnya dan semampu kita tanpa harus kehilangan momen berarti bersama keluarga. Cintai diri kita, hidup kita. Namun jangan terlalu mencintai apa yang ada di dalam hidup kita, karena kita tidak pernah tahu kapan mereka akan berhenti mencintai kita.

10. Hidup adalah cerminan diri

“Hidup adalah cermin dan akan merefleksikan kembali kepada para pemikir mengenai apa yang mereka pikirkan.” -Ernest Homes

Hidup terjadi dari apa yang kita pikirkan. Ketika kita berpikir bahagia, hidup kita akan membahagiakan. Ketika berpikir sebaliknya, kenyataannya akan seperti itu. Hidup layaknya sebuah cermin dan diri kita adalah pikiran kita sendiri. Untuk membuatnya nampak menarik dan menyenangkan, maka yang ada di dalam pikiran kita juga harus diselaraskan.

Tidak ada orang yang bahagia ketika dalam pikirannya penuh dengan duka dan pikiran-pikiran negatif. Kebahagiaan hanya datang pada mereka yang yakin bahwa hidup adalah sebuah berkat yang harus disyukuri.

11. Jalani hidup dengan apa adanya

Tidak perlu menjalani kehidupan ini secara rumit. Jalani apa yang ada, lakukan apa yang diperlukan, hindari apa yang menjadi hal-hal buruk dan berusaha menjadi orang yang terbaik bagi diri sendiri. Hidup hanya sesederhana itu, tidak menuntut kita menjadi orang yang hebat di segala bidang serta untuk kepentingan orang banyak.

12. Sikapi hidup dengan positif

“Kehidupan adalah 10 persen apa yang terjadi pada Anda dan 90 persen adalah bagaimana Anda meresponsnya.” -Lou Holtz

Hidup kita terjadi ketika kita beraksi ke suatu hal yang sederhana. Sesuatu yang baik bisa menjadi hal buruk bagi hidup kita dan sesuatu yang buruk bisa memberikan hal yang baik pada diri kita. Hasil akhir tergantung dari bagaimana kita menyikapi keadaan dari suatu kejadian yang terjadi pada diri kita. Maka, jangan heran ketika kita mengetahui ada orang yang tetap bahagia meski ditimpa banyak masalah. Mungkin kita harus belajar bagaimana caranya menyikapi secara positif pada masalah yang negatif.

13. Keterbatasan hidup adalah perilaku yang buruk

“Satu-satunya keterbatasan hidup adalah perilaku yang buruk.” -Scott Hamilton

Hal yang paling membatasi kita dengan kebahagiaan dalam hidup adalah perilaku yang buruk. Perilaku yang buruk tidak pernah membawa kita pada suatu keadaan yang baik serta menyenangkan. Kita akan dipenuhi oleh hal-hal yang tidak menyenangkan secara terus-menerus dan efeknya akan membawa kita pada kejadian yang tidak pernah positif. Pada akhirnya kita merasa bahwa hidup kita tidak menyenangkan dan tidak membahagiakan sama sekali.

14. Hargai waktu kita

“Seseorang yang berani membuang satu jam waktunya tidak mengetahui nilai dari kehidupan.” -Charles Darwin

Waktu merupakan bagian dari setiap orang yang tidak bisa diambil dan diputar kembali. Waktu satu-satunya hal yang paling berharga karena mempunyai waktu sama saja dengan mempunyai kesempatan untuk membuat hidup secara lebih baik.

Namun, ketika kita dengan mudahnya membuang waktu satu jam hanya untuk berdiam diri saja, maka kita tidak menyadari bahwa kita telah membuang satu jam untuk membuat suatu kebahagiaan.

Kata-Kata Bijak
Kompas.com

15. Ubah pikiran kita untuk hidup lebih baik

“Apa yang kita pikirkan menentukan apa yang akan terjadi pada kita. Jadi jika kita ingin mengubah hidup kita, kita perlu sedikit mengubah pikiran kita.”- Wayne Dyer

Pikiran merupakan kunci dari terjadinya kejadian dalam hidup kita. Ketika kita yakin bahwa hidup kita menyenangkan, alam akan membantu kita mewujudkan apa yang kita pikirkan. Hal ini sangat penting untuk diterapkan apabila kita menginginkan hidup yang bahagia. Hidup yang membahagiakan tidak berasal dari orang lain, namun berasal dari diri kita sendiri.

16. Ikhlas dalam melakukan segala hal

“Ia yang mengerjakan lebih dari apa yang dibayar pada suatu saat akan dibayar lebih dari apa yang ia kerjakan” – Napoleon Hill

Selalu ikhlas dalam bekerja daripada apa yang dibayarkan kepada kita saat ini, maka kita akan meraihnya sebuah hasil yang berlipat ganda pada masa yang akan datang. Buat komitmen mulai hari ini untuk selalu memberikan yang terbaik, apapun yang kita kerjakan setiap hari.

17. Pengalaman adalah guru yang berharga

“Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman”- Albert Einstein

Setiap orang pasti akan mendapatkan pengalaman barunya setiap hari. Baik pengalaman yang menyenangkan maupun menyedihkan. Dari pengalaman tersebut, pengetahuan kita akan semakin berkembang dan bertambah. Sehingga, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya.

18. Jangan mudah menyerah, optimislah

“Saya selalu mencoba untuk mengubah kemalangan menjadi kesempatan” -John D. Rockefeller

Sebagian orang merasa setiap kegagalan merupakan nasibnya. Padahal, kegagalan atau kemalangan tersebut tidak seharusnya diratapi terus menerus akan tetapi dijadikan sebagai batu loncatann untuk mencapai sebuah kesuksesan atau pribadi yang lebih baik. Jadikan kegagalan sebagai motivasi dan kesempatan untuk semakin maju.

19. Berani melangkah

“Perjalanan 1000 mil dimulai dengan satu langkah kaki”- Lao Tzu

Kita harus mulai berani melangkah. Jangan hanya bertahan di satu titik atau zona nyaman yang ada sekarang. Satu langkah yang dibuat dengan keberanian pasti akan memberikan pelajaran dan dampak baik ke depannya.

20. Mulailah berubah, jangan selalu membuat kesalahan yang sama

Seseorang yang pernah melakukan kesalahan dan tidak pernah memperbaikinya berarti ia telah melakukan suatu kesalahan. Tetapi, setiap kesalahan tentu harus disadari dan diperbaiki. Jangan pernah merasa diri kita selalu benar dan merasa orang lain yang selalu salah. Jadilah pribadi yang lebih baik dengan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan.

21. Jangan hanya bermimpi, raih kesuksesanmu segera

“Beberapa orang memimpikan kesuksesannya, sementara yang lainnya bangun setiap pagi untuk mewujudkan mimpinya” – Wayne Huizenga

Banyak orang yang hanya berharap cepat sukses tanpa berusaha. Namun, jika kita termasuk orang yang masih berusaha untuk menggapai semua mimpi-mimpi tersebut. Bersabarlah karena kesuksesan akan segera terwujud.

22. Tidak ada perjuangan yang sia-sia

“Tidak ada perjuangan yang dilakukan tanpa rasa sakit, namun Anda harus percaya bahwa rasa sakit itu hanya sesaat saja dan akan diganti dengan kebahagiaan”- Anonim

Jangan mudah putus asa dan menyerah karena perjalanan hidup tidak pernah semulus jalan tol. Selalu ada perjuangan yang harus dilakukan selama kita hidup. Akan tetapi, teruslah percaya bahwa perjuangan tersebut akan membuahkan hasil dari semua perjuangan kita akan dibayarkan.

23. Jangan selalu melihat ke atas

“Anda seringkali lupa terhadap apa saja yang sudah dimiliki, tetapi selalu mengingat apa yang dimiliki orang lain”

Di dunia ini masih banyak orang yang seringkali selalu melihat bahwa kehidupan orang lain lebih baik dan bahagia dibanding kehidupan yang dimiliki. Orang-orang termasuk kita, sering merasa bahwa masih belum mendapatkan apa yang dibutuhkan. Sedangkan orang lain terlihat mempunyai segala hal yang diperlukan. Inilah yang dinamakan rasa tidak bersyukur. Padahal kenyataannya, banyak hak yang sudah kita capai dan dapatkan. Maka, jangan pernah lupa untuk bersyukur dan jangan selalu melihat kehidupan orang lain yang hanya terlihat sebagiannya saja.

24. Batu-batu kehidupan yang berharga

“Anda tidak akan pernah belajar sabar dan berani jika di dunia ini hanya ada kebahagiaan” – Helen Keller

Jika selama ini kita merasa mengapa banyak sekali masalah atau rintangan dalam hidup, seakan-akan kita selalu bertanya kapan kebahagiaan itu datang? Namun, nyatanya dengan adanya rintangan memberikan banyak pelajaran yang mengubah diri kita menjadi lebih baik. Kita akan menjadi lebih sabar serta melatih keberanian untuk terus melangkah maju.

Demikian deretan kata-kata bijak berkelas yang bisa membuat kamu semangat menjalani hari-hari. Jika Grameds membutuhkan buku-buku terkait motivasi dan lainnya, kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia akan selalu memberikan produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah

Buku & Quotes Yang Lainnya

1. Buku 2. Quotes dan Kata Bijak Lainnya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Yufi

Saya biasa dipanggil dengan nama Yufi. Saya senang menulis karena dengan menulis wawasan saya bertambah. Tema yang saya sukai adalah tema agama Islam dan juga quotes.

Kontak media sosial Instagram saya Yufi Cantika