in

Kata-kata Bijak Untuk Diri Sendiri

Menjadi diri sendiri merupakan suatu hal yang memang harus dimiliki oleh semua orang tak terkecuali diri kamu. Namun, terkadang masih ada beberapa orang yang belum mengetahui cara menjadi diri sendiri. Jangan khawatir karena pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang cara menjadi diri sendiri dan kata bijak untuk diri sendiri. Jadi, tetap sima artikel ini sampai habis, Grameds.

 

Berdamai dengan Diri Sendiri Muthia Sayekti Berdamai dengan Diri Sendiri

Cara Menjadi Diri Sendiri

Kata bijak untuk diri sendiri

pixabay

Menjadi diri sendiri tentu harus dilakukan, hal ini karena tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Dengan itu, kita harus menerima segala kekurangan serta kelebihan yang ada dalam diri sendiri. Akan tetapi, kita seringkali bingung bagaimana caranya untuk menjadi diri sendiri. Untuk itu, berikut ini beberapa cara yang bisa Grameds terapkan untuk menjadi diri sendiri, yaitu:

1. Belajar Menerima  Dirimu Apa Adanya

Jangan pernah berpura-pura dengan menjadi orang lain untuk menutupi kekurangan yang dimiliki. Untuk menjadi diri sendiri, Anda harus bisa menerima apapun yang ada dalam diri, baik itu bagus atau maupun buruk. Seperti halnya bentuk fisik, cara bicara, potensi, kelemahan dan sebagainya.

Akan tetapi, menerima diri sendiri bukan berarti tidak mau belajar untuk lebih baik. Tentunya, setiap kekurangan yang ada pada diri harus diperbaiki dengan belajar untuk menjadi lebih baik lagi nantinya.

2. Mengenali Dirimu Sendiri

Untuk menjadi diri sendiri, maka Anda terlebih dahulu harus bisa mengenal siapa Anda sebenarnya. Ketahui apa yang kelebihan, kekurangan termasuk apa yang ingin dilakukan dalam hidup. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengetahui tujuan hidupmu.

Kelebihan yang ada pada diri perlu dikembangkan dengan usaha yang lebih keras lagi. Hal ini membantu diri Anda untuk terus menjadi lebih baik lagi.

3. Jangan Membandingkan Dirimu Dengan Orang Lain

Jangan pernah membandingkan dirimu dengan orang lain. Hal ini, sudah menjadi kebiasaan jika kita sering membandingkan diri dengan orang lain. Terkadang, perasaan iri atau menganggap orang lain lebih baik dari kita menjadi penyebab utamanya.

Maka dari itu, mulai sekarang buang kebiasaan untuk membandingkan diri dengan orang lain agar kamu bisa menghargai dirimu sendiri. Tidak semua harus tumbuh sama dengan orang lain. Setiap manusia memiliki masanya masing-masing.

4. Jangan Memikirkan Perkataan Orang Lain

Terkadang kita terlalu memikirkan apa yang dikatakan orang lain seakan-akan hidup kita bergantung pada penilaian orang lain. Kebiasaan seperti inilah yang justru membuat kita selalu berusaha agar bisa diterima orang lain sehingga kita takut akan mengikuti kata hati kita sendiri. Hal seperti ini sebaiknya dihindari jika ingin menjadi diri sendiri.

5. Mencintai Apa Yang Sedang Dikerjakan

Hal yang perlu diingat adalah sebagian besar orang tidak mencintai pekerjaannya. Jadi, Anda tidak perlu merasa untuk memaksakan diri dalam mengerjakan apa yang orang lain kerjakan. Apalagi jika hal itu sampai membuatmu Anda merasa iri dengan pekerjaan orang lain.

Ahmad Rifai Rifan Selesai dengan Diri Sendiri

Kata-Kata Bijak Untuk Diri Sendiri

Grameds, dalam menjalani kehidupan kita perlu adanya semangat. Menumbuhkan rasa semangat tentu beragam caranya, salah satunya adalah membaca katak-kata bijak atau kata-kata motivasi yang berguna untuk menjadikan diri sendiri lebih baik. Berikut ini kata-kata bijak untuk diri sendiri yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

  1. “Hidup memang penuh dengan misteri, tapi kamu harus yakin bisa memecahkannya.”
  2. “Jika kamu mencari satu orang yang akan mengubah hidupmu, lihatlah di cermin.”
  3. “Jangan takut menghadapi masa depan, hadapi dan perjuangkanlah.”
  4. “Cinta terbaik adalah jenis yang membangkitkan jiwa dan membuat kita meraih lebih banyak, yang menanam api di hati kita dan membawa kedamaian dalam pikiran kita.” -Nicholas Sparks.
  5. “Jangan puas dengan hubungan yang tidak akan membuatmu menjadi dirimu sendiri.” -Oprah Winfrey.
  6. “Tidak ada perjuangan tanpa rasa sakit, tapi percayalah sakitnya sementara dan bahagia akan terasa selamanya.”
  7. “Banggalah dengan siapa dirimu, dan jangan malu dengan cara orang lain melihatmu.”
  8. “Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya.”
  9. “Hidup bukan tentang mendapatkan apa yang kamu inginkan, tapi tentang menghargai apa yang kamu miliki dan sabar menanti apa yang akan menghampiri.”
  10. “Bermimpi lah besar dan berani gagal.”
  11. “Miliki keyakinan yang tak tergoyahkan pada dirimu untuk menjadi semua yang kamu inginkan.”
  12. “Kamu dilahirkan untuk menjadi apa adanya dirimu, bukan untuk menjadi sempurna.”
  13. “Kesulitan sebenarnya adalah mengatasi caramu berpikir tentang diri sendiri.”
  14. “Tidak perlu sempurna untuk menginspirasi orang lain. Biarkan orang lain terinspirasi oleh bagaimana kamu menangani ketidaksempurnaanmu.”
  15. “Habiskan waktu untuk memahami siapa dirimu, bagaimanapun juga satu-satunya orang yang akan benar-benar hidup bersamamu; adalah dirimu sendiri.”
  16. “Tidak ada gunanya menghukum masa depanmu karena kesalahan masa lalumu. Maafkan dirimu sendiri, tumbuhlah darinya, lalu lepaskan.”
  17. “Terkadang kita diuji bukan untuk menunjukkan kelemahan kita, tetapi untuk menemukan kekuatan kita.”
  18. “Semakin keras kamu bekerja untuk sesuatu, semakin besar perasaanmu saat mencapainya.”
  19. “Pertama, berpikirlah. Yang kedua, percayalah. Yang ketiga, mimpikan lah. Lalu yang terakhir, tantanglah” -Walt Disney.
  20. “Apalah artinya sempurna, bila ada yang sederhana namun mampu membuat bahagia.”
  21. “Jangan pernah mencintai siapa pun yang memperlakukanmu seperti orang biasa” -Oscar Wilde.
  22. “Jika kamu bisa memimpikannya, kamu bisa melakukannya” (Walt Disney).
  23. “Jadilah dirimu sendiri. Dokumen asli jauh lebih baik daripada salinan.”
  24. “Banggalah dengan siapa dirimu, dan jangan malu dengan cara orang lain melihatmu.”
  25. “Mengapa kamu harus terus mengejar mimpimu? Karena melihat raut wajah orang-orang yang mengatakan ‘kamu tidak bisa’ akan sangat berharga” -Kevin Ngo.
  26. “Mengasihi diri sendiri dimulai dengan menyukai diri sendiri, dimulai dengan menghargai diri sendiri, dimulai dengan memikirkan diri sendiri dengan cara yang positif.”
  27. “Berjanjilah padaku, kamu akan selalu ingat: Kamu lebih berani daripada yang kamu yakini, dan lebih kuat dari yang kamu kira, dan lebih pintar dari yang kamu pikirkan” -A. Milne.
  28. “Jadilah dirimu sendiri. Orang tidak harus menyukaimu, dan kamu tidak perlu peduli.”
  29. “Ketika kau melakukan sesuatu yang mulia dan indah tapi tak seorang pun memperhatikan, jangan bersedih. Karena matahari pun tampil cantik setiap pagi meski sebagian besar penontonnya masih tidur.”
  30. “Apa yang kita kira itu sebuah cobaan yang pahit seringkali menjadi berkah yang tersamarkan.” -Oscar Wilde.
  31. “Kalau mau menunggu sampai kita siap, kita akan menghabiskan sisa hidup kita hanya untuk menunggu.” -Lemony Snicket.
  32. “Ketika kamu menetapkan pikiran untuk mencapai sesuatu, kamu harus memberi kesempatan dirimu sendiri untuk menyelesaikannya.”
  33. “Hidup adalah perjuangan, perjalanan adalah suatu pembelajaran. Jika tak ada pengorbanan, lambat laun kita akan tersisihkan.”
  34. “Tidak ada seorangpun yang bisa kembali ke masa lalu dan memulai awal yang baru lagi. Tapi semua orang bisa memulai hari ini dan membuat akhir yang baru.” -Maria Robinson.
  35. “Pendidikan bukan cuma pergi ke sekolah dan mendapatkan gelar. Tapi juga soal memperluas pengetahuan dan menyerap ilmu kehidupan.” -Shakuntala Devi.
  36. “Kenapa aku pilih belajar daripada pacaran? Karena buku beda sama pacar, dia gak akan ngambek walaupun cuma di-read doang.”
  37. “Kejarlah mimpimu walau seberat apapun rintangan yang harus dilalui.”
  38. “Pembelajaran tidak didapatkan dengan kebetulan, ia harus dicari dengan semangat dan disimak dengan tekun.” – Abigail Adams.
  39. “Jangan pernah berhenti belajar karena hidup tak pernah berhenti mengajarkan.”
  40. “Mencintai diri sendiri berarti memahami bahwa kamu tidak perlu menjadi sempurna untuk menjadi baik.”
  41. “Tak perlu menjadi serba bisa, tekuni salah satu bidang yang Kamu suka dan menjadi hebat lah dengannya.”
  42. “Jatuh cinta pada dirimu adalah rahasia pertama menuju kebahagiaan” -Robert Morley.
  43. “Ketika kamu berhenti mengeluh, itu tandanya kamu sudah belajar sebuah hal sederhana, yaitu kesabaran.”
  44. “Kebahagiaan bukan milik mereka yang hidup dalam kemewahan, tapi juga milik mereka yang hidup dalam kesederhanaan tapi tak lupa berucap syukur.”
  45. “Lebih baik kehilangan dan mencintai daripada tidak pernah mencintai sama sekali.” -Hemingway.
  46. “Bahagia itu sederhana, di mana hati selalu bersyukur atas apa yang kita dapat.”
  47. “Jika kamu memiliki kemampuan untuk mencintai, cintai dirimu terlebih dahulu.” -Charles Bukowski.
  48. “Jika kamu mencari satu orang yang akan mengubah hidupmu, lihatlah di cermin.”
  49. “Pertumbuhan dimulai ketika kita mulai menerima kelemahan kita sendiri.” -Jean Vanier.
  50. “Cintailah dirimu terlebih dahulu dan semua hal lainnya menjadi sejalan. Kamu benar-benar harus mencintai diri sendiri untuk menyelesaikan apa pun di dunia ini.” -Lucille Ball.
  51. “Mereka mengatakan seseorang hanya perlu tiga hal untuk benar-benar bahagia di dunia ini: seseorang untuk dicintai, sesuatu untuk dilakukan, dan sesuatu untuk diharapkan.” -Tom Bodett.
  52. “Kamu dilahirkan untuk menjadi apa adanya dirimu, bukan untuk menjadi sempurna.”

AMAR MAULANA Cara Mudah Berdamai Dengan Diri Sendiri : Karena Bahagia Kit

Kata-Kata Bijak Untuk Diri Sendiri yang Penuh Kebahagiaan

Kata bijak untuk diri sendiri

pixabay

  1. “Percaya pada dirimu sendiri! Percayalah pada kemampuanmu! Tanpa kepercayaan diri yang rendah hati dan masuk akal terhadap kekuatan sendiri, kamu tidak akan berhasil atau bahagia.” -Norman Vincent Peale.
  2. “Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif, dan lakukan yang terbaik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa.”
  3. “Ambillah risiko, kalau menang, kamu akan senang. Kalau kamu kalah, kamu akan jadi orang bijak.”
  4. “Belajar memang melelahkan, namun akan lebih melelahkan lagi bila saat ini kamu tidak belajar.”
  5. “Dorong dirimu sendiri, karena tidak ada orang lain yang akan melakukannya untukmu.”
  6. “Jangan katakan tidak mungkin tapi katakan bagaimana caranya.”
  7. Apa yang kita kira itu sebuah cobaan yang pahit sering kali menjadi berkah yang tersamarkan.
  8. “Mereka mengatakan seseorang hanya perlu tiga hal untuk benar-benar Bahagia di dunia ini. Seseorang untuk dicintai, sesuatu untuk dilakukan dan sesuatu untuk diharapkan.”
  9. “Hidup bukan tentang dirimu sendiri. Hidup adalah tentang menciptakan diri sendiri.”
  10. “Bukan hal yang egois jika kamu mencintai diri sendiri, perhatian dengan diri sendiri, dan membuat kebahagiaanmu menjadi sebuah prioritas. Itu adalah sebuah kebutuhan.”
  11. “Tidak masalah seberapa lambat kamu berjalan selama kamu tidak berhenti.”
  12. “Kamu dilahirkan untuk menjadi apa adanya dirimu, bukan untuk menjadi sempurna.”
  13. “Ada banyak cara untuk maju, tetapi hanya satu cara untuk diam.”
  14. “Jangan berhenti ketika lelah. Berhentilah ketika selesai.”
  15. “Tindakan adalah kunci dasar untuk semua kesuksesan.”
  16. “Banyak orang yang tidak bertindak karena takut gagal, padahal tidak bertindak adalah kegagalan yang jelas sudah terjadi.”
  17. “Harta yang tidak berkah ibarat minum air laut. Jika diminum takkan pernah mengobati rasa hausmu.”
  18. “Jika hatimu sudah ikhlas maka tidak ada lagi penderitaan yang akan menyakitimu.”
  19. “Kamu adalah kesuksesan sejati jika kamu dapat mempercayai diri sendiri, mencintai diri sendiri, dan menjadi diri sendiri.”
  20. “Apa yang kita kira itu sebuah cobaan yang pahit seringkali menjadi berkah yang tersamarkan.”
  21. “Semakin awal kamu memulai pekerjaan, semakin awal pula kau akan melihat hasilnya.”
  22. “Menjadi berani berarti mengetahui bahwa ketika kamu gagal, kamu tidak gagal selamanya.”
  23. “Terkadang kita diuji bukan untuk menunjukkan kelemahan kita, tetapi untuk menemukan kekuatan kita.”
  24. “Ingatlah selalu bahwa kamu lebih berani daripada yang kamu yakini, lebih kuat dari yang terlihat, dan lebih pintar dari yang kamu kira.”
  25. “Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam.” -Abu Hamid Al Ghazali.
  26. “Kecuali kamu belajar menghadapi bayanganmu sendiri, kamu akan terus melihatnya dalam diri orang lain karena dunia di luar dirimu hanyalah cerminan dari dunia di dalam dirimu.”
  27. “Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akan kamu hidup selamanya dan melaksanakan urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok.”
  28. “Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi, kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu.” -Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.
  29. “Kunci kesuksesan adalah fokus pada tujuan, bukan hambatan.”
  30. “Ilmu adalah yang memberikan manfaat, bukan yang sekedar hanya dihafal.” -Imam Syafi’i.
  31. “Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya”. -Ki Hajar Dewantara.
  32. “Sebuah perjalanan ribuan mil dimulai dari langkah kecil.”
  33. “Kualitas bukanlah sebuah aksi. Melainkan sebuah kebiasaan.” -Aristoteles.
  34. “Lakukan pekerjaanmu dengan sepenuh hati. Maka kau akan sukses.” -Elbert Hubbard.
  35. “Kenapa kita seringkali gagal? Karena kita selalu banyak berencana dan terlalu sedikit berpikir.”
  36. “Jenius adalah gabungan dari 1% gagasan, dan 99% kerja keras.”

Kata-Kata Bijak Untuk Diri Sendiri yang Penuh Motivasi

pixabay

  1. “Makin awal kamu memulai sebuah pekerjaan, maka akan semakin awal pula kamu melihat hasil.”
  2. “Jangan berharap pekerjaanmu dimudahkan, tapi berharaplah pundakmu dikuatkan.”
  3. “Ada sesuatu yang lebih penting daripada kegagalan, yaitu mensyukuri yang telah didapat.”
  4. “Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya.”
  5. “Dalam hidup, kamu akan bertemu dua jenis orang, orang yang membangunmu dan orang yang menjatuhkanmu. Namun pada akhirnya kamu akan berterima kasih pada mereka berdua.”
  6. “Ketika kamu mulai berusaha dan melakukan pekerjaan makin awal, maka hasil yang akan kamu dapatkan pun akan semakin awal datangnya.”
  7. “Dorong dirimu sendiri, karena tidak ada orang lain yang akan melakukannya untukmu.”
  8. “Kemuliaan terbesar dalam hidup tidak terletak pada ketangguhan, tetapi dalam bangkit setiap kali kita jatuh.”
  9. “Semakin keras kamu bekerja untuk sesuatu, semakin besar perasaanmu saat mencapainya.”
  10. “Jangan tanyakan pada dirimu apa yang dibutuhkan dunia. Bertanyalah apa yang membuatmu hidup, kemudian kerjakan. Karena yang dibutuhkan dunia adalah orang yang antusias.”
  11. “Jika kamu menginginkan sesuatu yang belum pernah dimiliki dalam hidupmu. Kamu harus melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya.”
  12. “Pertama kita membentuk kebiasaan dan kebiasaan akan membentuk kita. Kalahkan kebiasaan burukmu, atau mereka akan mengalahkan kamu.”
  13. “Mulai setiap harimu dengan pikiran positif dan hati yang bersyukur.”
  14. “Cara paling mendasar dan kuat untuk terhubung dengan orang lain adalah dengan mendengarkan. Cukup Dengarkan. Mungkin hal terpenting yang bisa kita berikan kepada orang lain adalah perhatian kita.”
  15. “Kehidupan yang besar dimulai dari mimpi yang besar.”
  16. “Jika kamu mencari satu orang yang akan mengubah hidupmu, lihatlah di cermin.”
  17. “Tak perlu menjadi serba bisa, tekuni salah satu bidang yang Kamu suka dan menjadi hebat lah dengannya.”
  18. “Tidak ada perjuangan tanpa rasa sakit, tapi percayalah sakitnya sementara dan bahagia akan terasa selamanya.”

Demikian pembahasan tentang cara menjadi diri sendiri dan kata bijak untuk diri sendiri. Semoga semua pembahasan di atas bisa membuat kamu menjadi lebih semangat dalam menjalani hidup ini.

Grameds bisa mendapatkan informasi tentang self love dengan membaca buku yang tersedia di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Buku & Quotes Yang Lainnya

1. Buku 2. Quotes dan Kata Bijak Lainnya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy