in

Kata-Kata Bijak Islami Tentang Kehidupan, Kesabaran, Masalah dan Wanita

Begitu banyak kata-kata bijak islami bertaburan di sekitar kita. Sebagai umat muslim, kata bijak tidak hanya berasal dari Al Quran dan hadist.

Ada banyak tokoh-tokoh cerdas Islam yang memiliki buah pikir istimewa, diantaranya menelurkan banyak kata bijak untuk dijadikan renungan.

Nah, jika Gramedian memerlukan inspirasi dan motivasi, ini kumpulan kata bijak Islami sebagai referensi.

Kata Bijak Islami Tentang Kehidupan

novel romantis

Setiap orang pasti memimpikan punya hidup yang tentram dan bahagia. Namun, faktanya tidak seindah angan-angan. Ada banyak hal terjadi dan mungkin itu semua bukan keinginan. Meskipun demikian, Islam mengajarkan agar manusia menerima takdir tersebut dengan sabar.

Jika dipikir kembali semua hal yang terjadi pada dasarnya mempunyai makna tersendiri dan mungkin jarang ada orang memahaminya.

Bicara mengenai kehidupan, Islam mempunyai pandangan tersendiri tentang hal tersebut. Tidak hanya itu saja, agama ini juga mengajarkan kepada para umatnya untuk selalu berpikir positif meskipun banyak kesulitan yang menghadang.

Pasalnya, sesuai firman Allah SWT bahwa semua manusia akan selalu diuji dalam kehidupannya. Entah dalam bentuk kebahagiaan maupun kesedihan. Kebahagiaan merupakan dambaan semua orang, namun hal tersebut tidak perlu dikejar terus menerus, namun untuk mencapai titik bahagia sesungguhnya sudah ada pada diri kita masing-masing yang dapat Grameds pelajari pada buku The Islamic Way of Happiness.

tombol beli buku

Agar bisa mengerti tentang makna dari sebuah kehidupan, Anda dapat mencari inspirasi dari beberapa kata Islami berikut ini:

  1. Percaya lah, Allah SWT tidak akan pernah mengecewakan hamba-Nya karena janji-Nya. Jika Anda masih merasa kecewa, bisa jadi ada yang salah dengan keimananmu.
  2. Jangan mengeluh jika diberikan sebuah musibah, justru seharusnya malah bersyukur. Karena melalui kesulitan tersebut, Allah memberikan kesempatan agar Anda berubah menjadi manusia lebih baik.
  3. Ingat lah, jika Anda masih dikasih kesempatan untuk menghirup napas semua itu atas seizin Allah SWT. Ketahuilah, oksigen tersebut merupakan sebuah berkah yang mengandung tanggung jawab.
  4. Apabila terjadi sebuah hal yang tidak Anda sukai, maka senangi lah kejadian tersebut. Karena sesungguhnya itu adalah takdir Allah SWT.
  5. Jangan menjerumuskan hatimu tenggelam terus menerus dalam sebuah kesedihan di masa lampau, atau Anda tidak akan pernah siap untuk menghadapi dan menjalani hari-hari mendatang.
  6. Kunci utama dari kehidupan yang bahagia terletak pada tiga perkara yakni bersyukur dalam keadaan apapun, bersabar atas kesulitan dan ikhlas menerima segala ketetapan (takdir) Allah SWT.
  7. Tidak ada alasan bagi seseorang untuk tidak bersyukur. Karena pada dasarnya terdapat banyak hal yang membuat manusia patut mensyukurinya, dan itu menjadi lebih baik dari pada harus mengeluh.
  8. Ketika mata dan hati seseorang belum terbuka untuk mensyukuri atas apa yang dimiliki meskipun hanya sedikit, maka orang tersebut tidak akan pernah mampu memanjatkan syukur terhadap segala sesuatu apapun alasannya.
  9. Ketahuilah, sesungguhnya yang membuat seseorang merasa tertekan bukan karena kondisi hidup dengan keterbatasan maupun kekurangan. Melainkan disebabkan oleh kebiasaan mengeluh, sedangkan bersyukur justru membuat jalan menjadi lebih mudah.
  10. Memang apa salahnya jika jalan hidup ini tidak sempurna?. Bukankah Anda tahu kalau disini dunia, bukan surga.
  11. Tidak ada satu pun cara ampuh menjadi ikhlas, melainkan dengan berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Buku Terapi Berpikir Positif Islami: Mukjizat Meraih Kesuksesan D

buku berpikir positif islami

tombol beli buku

banner-promo-gramedia

Kata-kata Bijak Islami tentang Kesedihan

Ketika menjalani kehidupan, seringkali rasa kesedihan menghampiri seseorang. Entah itu dipicu karena kegagalan, ditinggal orang tercinta atau sebab lainnya. Namun, tahukah Anda jika dari kejadian tersebut dapat dijadikan sebagai sebuah pelajaran.

“.. Sesungguhnya, Dialah yang menjadikan orang tertawa dan menangis.” An Naja : 43.

Kehidupan itu tidak selalu rata dan mulus saja, dia bisa seperti pasang naik dan pasang surutnya pantai atau seperti naik roller coaster. Ada masanya kita berada di atas, semua keadaan seperti baik-baik saja, tidak ada masalah, gembira, dan jalan di depan seperti membentang mulus. Namun, kehidupan tidak hanya memberikan manis, kadang kita mengalami kepahitan.

Jika mengalami hal seperti itu, sepertinya semua buntu, rasanya sedih selalu, apapun yang kita lakukan seperti menambah masalah, dan jalan di depan seperti kelabu. Keduanya tidak bisa kita tolak.

Dalam kesulitan pasti ada kemudahan, begitu Allah bersabda. Saat senang, tentu mudah bahkan tidak perlu bersusah payah untuk membuat diri bersemangat. Namun di titik terendah kita memerlukan inspirasi dan suntikan semangat untuk menghadapinya. Berikut, kata bijak Islami yang mungkin bisa memberi penyemangat dalam masa sulit.

 

  1. Tersenyumlah, meskipun darah menetes di hatimu. – Ali bin Abi Thalib
  2. Seseorang tidak akan melupakan dua wajah dalam hidupnya: yang menolongnya saat ia memerlukannya dan yang meninggalkannya sendirian di masa sulit. – Imam Husain. a.s.
  3. Saat seseorang yang membencimu tidak bisa menemukan kesalahanmu, caramu bernlfapas pun bisa menjadi masalah untuknya – Mufti Ismail Menk
  4. Apa yang akan menjadi suratan takdir akan menjadi milikmu meskipun berada di bawah gunung. Apa yang bukan digariskan takdir tidak akan mencapaimu meskipun berada diantara dua bibirmu. – Umar Bin Khattab
  5. Kadang-kadang, kesulitan yang ingin kau hilangkan adalah sesuatu yang justru menyembuhkan, melindungi, dan menyelamatkanmu. – Yasmin Mogahed
  6. Jangan biarkan pendapat orang lain tentangmu menjadi pendapatmu atas dirimu sendiri – Nouman Ali Khan
  7. Cara terbaik untuk mengalahkan seseorang adalah dengan kesantunan. – Umar Bin Khattab
  8. Kita memiliki orang-orang yang akan tetap mencintai kita walaupun kita sudah menghancurkannya sampai berkeping-keping, dan orang-orang yang tetap akan membenci kita walaupun kita sudah menyuapinya dengan madu murni. – Ali Bin Abi Thalib
  9. Tiga hal dari tindakan mulia di dunia ini dan kelak di akhirat: maafkan dia yang telah berbuat zalim kepadamu, kunjungi dia yang telah memutuskan silaturahim denganmu, dan bersabarlah ketika dirimu tidak dipedulikan – Ja’far Ash Sadiq
  10. Jangan bersusah hati, apapun yang hilang akan datang lagi dalam bentuk lain. – Jalaluddin Rumi
  11. Cara paling mujarab untuk menghilangkan rasa kesedihan cuma satu yaitu dengan meningkatkan kualitas sholatmu. Berikan sedikit ruang, agar Anda bisa berinteraksi lebih dekat dengan Allah SWT, sehingga dapat mensyukuri nikmat yang Tuhan berikan.
  12. Ingat lah untuk tidak bahagia secara berlebihan, karena itu semua akan menyebabkanmu melupakan Tuhan. Dan jangan pula berlarut-larut dalam kesedihan, sebab hal ini justru menjerumuskanmu pada rasa putus asa serta menyalahkan Allah SWT.
  13. Merasa sedih itu perlu dan ini bukan lah hal buruk. Karena dari rasa tersebut, seseorang bisa belajar dan mengerti arti bahagia. Begitu juga dengan kehilangan Anda dapat lebih menghargai kehadiran.
  14. Ketika seseorang terlalu larut dalam kesedihan tidak jarang membuatnya lupa bahwa di dunia ini terdapat banyak hal indah yang bisa membuat hidup menjadi lebih bahagia dan berwarna.

Kata Bijak Tentang Kesabaran

Dalam menjalani sebuah kehidupan memang jalannya tidak selalu mudah, bahkan penuh dengan rintangan yang seringkali menguras emosi dan perasaan. Namun menghadapi semua kondisi sulit tersebut, Islam mengajarkan agar umatnya selalu bersabar.

Bicara mengenai sabar, kata-kata ini tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga maupun lisan. Kenapa hal itu terjadi?. Jawabannya karena, sifat tersebut sangat dibutuhkan terutama dalam menjalani kehidupan. Bahkan agama Islam sendiri juga sangat menganjurkan agar semua umatnya mempunyai karakter itu.

Islam memandang sabar merupakan sifat terpuji yang bisa mendatangkan hidup tentram dan tenang.

Namun, memang tidak bisa dipungkiri untuk melakukannya bukan perkara mudah, supaya lebih termotivasi Anda dapat mendalami karakter tersebut dari kata-kata bijak berikut ini.

“… dan bersabarlah terhadap hal apapun yang menimpamu”, demikian sabdaNya.

Ya, sifat paling baik seorang muslim dalam menghadapi masa sulit atau saat marah adalah dengan bersabar. Menahan diri dan tidak melakukan hal-hal yang akan disesali kemudian sewaktu sedang diuji kesabaran, adalah sangat penting, karena biasanya saat marah, manusia cenderung melakukan hal-hal di luar kendalinya. Nah, berikut, kata bijak islami tentang kesabaran.

  1. Jika kamu benar, tidak perlu marah. Jika salah, kamu tidak berhak marah. – Mufti Ismail Menk
  2. Keimanan itu ada dua bagian: sebagian adalah kesabaran dan sebagiannya lagi adalah rasa syukur. – Ibn Qayyim Al Jauziyah
  3. Kesabaran adalah hati yang tidak merasakan kemarahan tentang apa yang sudah digariskan dan bibir yang tidak mengeluh. – Ibnu Qayyim Al Jauziyah
  4. Sabar saat menahan marah mencegah ribuan penyesalan. – Ali Bin Abi Talib
  5. Sangat sulit untuk bersabar, tetapi membuang buah (pahala) kesabaran adalah yang terburuk – Abu Bakar
  6. Bersabarlah. Tidak peduli seberapa sulitnya, tidak peduli seberapa gelap kelihatannya jalan di depan. Sesungguhnya, dengan kesabaran akan datang kemenangan dan kesulitan akan segera hilang. – Dr. Aidh Bin Abdullah Al Qarni (buku Don’t be sad)
  7. Sabar bukan berarti hanya diam dan membiarkan kemarahan menumpuk di dalam hatimu. Kesabaran adalah membicarakan apa yang mengganggu perasaanmu tanpa kehilangan kendali atas emosimu. – Nourman Ali Khan
  8. Tidak ada dua hal yang disatukan menjadi lebih baik dari ilmu pengetahuan dan kesabaran – Muhammad s.a.w.
  9. Di balik setiap wajah yang tersenyum, ada cerita tentang kesabaran yang tidak terungkap – Iman Zaidy
  10. Aku akan bersabar, bahkan sampai kesabaran itu sendiri yang kemudian menjadi letih dengan kesabaranku. – Ali Bin Abi Thalib
  11. Ketika Allah SWT meminta Anda harus menunggu untuk sesuatu yang diinginkan, maka bersabarlah dan bersiaplah mendapatkan hal lebih baik dari permintaanmu.
  12. Tahanlah amarah, disaat ada orang lain yang mencoba untuk menjatuhkanmu. Tanggapilah dengan memberikan senyuman. Dan katakan, Anda adalah ujian yang Allah SWT berikan kepadaku.
  13. Begitu gampangnya seseorang terpancing amarahnya karena sesuatu hal yang dilakukan orang lain. Disaat seperti itu, cobalah berpikir kembali sejauh ini betapa Allah SWT telah bersabar kepadamu.
  14. Jangan salah artikan sabar sebagai sebuah sikap pasif dengan menunggu datangnya keajaiban. Karena sesungguhnya makna dari sebuah kesabaran adalah berusaha merubah keadaan dengan melakukan semua kemungkinan dan menyerahkan hasilnya kepada Allah.
  15. Jangan pernah berpikir bahwa orang kuat itu selalu menang serta tidak pernah mengalami kegagalan. Karena sesungguhnya seseorang yang hebat, adalah Anda yang tetap tegar dan selalu bangkit kembali meski dihantam beribu-ribu kesulitan.
  16. Tidak ada yang pernah menjanjikan bahwa jalan kehidupan seseorang selalu mudah serta tanpa rintangan. Namun, Allah SWT telah berjanji akan selalu dekat dan bersama dengan orang-orang sabar.
  17. Ketika seseorang mengharapkan akan kesuksesan maupun kebahagiaan. Maka disaat itu pula lah kesabaran sudah menjadi kewajiban.
  18. Tidak ada seorang pun yang bilang bahwa sabar itu mudah, namun akan sangat rugi apabila menyia-nyiakan pahala dari buah kesabaran tersebut.
  19. Amat sangat beruntung bagi orang yang mampu menahan amarah dan bersabar sebentar saja ketika dilanda masalah yang memancing emosi. Karena hal itu dapat menjauhkan Anda dari ribuan penyesalan di masa mendatang.

Kata-kata Bijak Islam Menyentuh Hati

novel romantis

Lagi galau karena sedang menghadapi masalah rumit?. Hal seperti ini memang kerap kali terjadi, bahkan sering membuat seseorang menjadi terpuruk dan putus asa. Di tengah kondisi tersebut, Islam hadir sebagai obat yang menyejukkan hati.

Islam hadir dengan membawa petunjuk bagi umatnya untuk menjalani kehidupan. Tidak hanya pedoman saja, namun agama tersebut juga mempunyai berjuta-juta kata-kata bijak yang sangat menginspirasi dan ampuh membuat hati menjadi sejuk, seperti berikut ini: 

  1. Jangan pernah merasa berduka karena kehilangan sesuatu. Yakinlah, bahwa hal itu akan kembali lagi dalam bentuk atau wujud yang berbeda.
  2. Kekayaan seseorang tidak hanya dilihat dari seberapa banyak harta dimiliki. Melainkan, orang terkaya adalah siapa saja yang dengan ikhlas menerima ketentuan (takdir) dari Allah SWT dengan senang hati.
  3. Jangan melakukan hal sia-sia dengan menjelaskan siapa dirimu, seberapa banyak hartamu, apa jabatanmu kepada orang yang membencimu, karena itu semua tidak penting dan dianggap percuma.
  4. Pernah berpikir, jika dunia ini ibaratnya seperti bayangan. Semakin berusaha untuk mengejarnya, maka hal itu justru malah lari dan menjauh. Namun sebaliknya, jika Anda membelakangi, maka semuanya justru mengikuti.
  5. Bersihkan lah hatimu dari rasa dengki. Pasalnya, perasaan tersebut justru akan menghabiskan amal kebaikanmu. Layaknya api yang membakar habis kayu bakar dalam waktu sekejap.

Kata-kata Bijak Islam Berupa Nasihat

Dalam menjalani sebuah kehidupan tidak jarang seseorang khilaf melakukan sesuatu hal yang merugikan, baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Maka dari itu, agama Islam hadir sebagai nasihat atau pengingat, agar manusia kembali ke jalan benar.

Agama Islam tidak hanya memberikan nasihat melalui Al Quran maupun hadist-hadist saja. Namun petuah-petuah tersebut juga sering disampaikan melalui syair-syair indah dan kata-kata bijak seperti berikut ini:

  1. Jika ingin mencari tempat yang paling damai di dunia, maka penuhilah hatimu dengan iman. Niscaya itu akan menjadi zona ternyaman di kehidupan ini.
  2. Jangan pernah merasa iri hati, kecuali untuk dua perkara. Pertama, orang yang diberi harta berlimpah dan dihabiskan di jalan benar. Kedua, seseorang kaya akan pengetahuan tentang Al Quran, kemudian mengamalkannya.
  3. Merasa bersalah itu boleh saja, karena sesungguhnya perasaan tersebut datangnya dari Allah SWT sebagai karunia untuk mengingatkan Anda, bahwa hal yang dikerjakan tersebut melukai jiwamu.
  4. Berusahalah untuk selalu mengucapkan kata-kata baik dan penuh kasih sayang, terutama untuk orang-orang tercinta. Karena tidak ada yang tahu, jika mungkin itu adalah saat terakhir bagi Anda.
  5. Memberikan maaf memang bukan perkara mudah, namun alangkah lebih baiknya jika sebelum tidur untuk berusaha memaafkan kesalahan orang lain. Dengan begitu, Anda dapat istirahat dengan hati yang bersih.
  6. Apabila tidak ingin melihat keturunanmu menyakiti orang lain, maka kuncinya cuma satu yakni jangan pernah tunjukkan kepada anak-anakmu bagaimana cara melakukan hal tersebut.

Kata-kata Bijak Islami Tentang Wanita

Wanita adalah pilar penting bagi umat Islam. Beberapa kata bijak dari Al Quran dan Hadits tentang bagaimana wanita diletakkan di posisi cukup penting dalam agama ini, sudah cukup banyak yang sudah kita kenal.

Wanita harus diperlukan dengan rasa hormat dan kasih sayang sepanjang hidupunya, dari sejak dia masih menjadi seorang anak perempouan, seorang istri, dan seorang ibu. Kamu harus mengingat bahwa di dunia ini hanya ada satu dirimu, dengan segala kekurangan dan kelebihanmu. Jadilah Muslimah Keren untuk dirimu sendiri!

tombol beli buku

Islam sangat memuliakan kaum hawa. Pasalnya, perempuan memiliki peranan sangat penting dalam agama ini. Bahkan Nabi Muhammad SAW, pernah mengatakan bahwa wanita merupakan tiangnya sebuah negara.

banner-promo-gramedia

Mengingat hal itu, berikut ini terdapat kata-kata bijak Islam untuk para muslimah yang dapat dijadikan sebagai renungan. Tidak hanya bagi kaum hawa saja, namun penting juga bagi pria agar memahaminya karena sejatinya dalam kehidupan semua manusia saling menjalin interaksi.

Berikut adalah cuplikan beberapa kalimat kata bijak Islami tentang wanita.

  1. Beruntunglah wanita yang anak pertamanya adalah perempuan. – Nabi Muhammad SAW
  2. Wanita bukan pakaian yang bisa kamu pakai dan lepaskan sesukamu. Mereka terhormat dan memiliki haknya sendiri. – Umar Bin Khattab
  3. Kecantikan yang kaulihat dari diriku adalah cerminan dirimu sendiri. – Jalaluddin Rumi.
  4. Seorang wanita bisa menyembunyikan cintanya selama 40 tahun, namun tidak bisa menyembunyikan kebenciannya lebih dari satu jam. Dan jika seorang wanita meneteskan air mata karena seorang pria yang telah berlaku buruk kepadanya, Malaikat akan mengutuk pria itu dalam tiap langkahnya. – Ali Bin Abi Tholib
  5. Jika pasanganmu marah, kau harus tenang. Saat seseorang menjadi api, yang lain harus menjadi air – Umar Bin Khattab
  6. Dia percaya kepadaku, saat yang lain menolakku. – Nabi Muhammad (s.a.w) berkisah tetang Khadijah
  7. Sebagian kecantikanmu terpancar dari caramu berbicara. – Ali Bin Abi Thalib
  8. Sopan santun adalah perhiasan terbaik seorang perempuan. – Fatima Azzahra
  9. Wanita diciptakan lebih murah hati daripada pria. Mereka diciptakan cantik dan tidak garang, karena kecantikan tidak suka menyakiti dan kejam kepada orang lain. Itulah mengapa wanita tampak lemah, tetapi sebetulnya tidak. Malaikat adalah makhluk ciptaanNya terkuat dan wanita lebih dekat dengan malaikat daripada pria sehingga, wanita lebih mampu daripada pria untuk membawa cahaya malaikat. – Nabi Muhammad (s.a.w.)
  10. Diantara para pria, hanya dua yang beruntung: mereka yang memiliki sahabat yang setia dan mereka yang ibunya berdoa untuknya. – Ali Bin Abi Tholib
  11. Nah, setelah tadi menyimak tentang kata bijak Islami tentang masa sulit, kesabaran, dan tentang wanita, sekarang saatnya kita membaca tentang kata bijak islami tentang hal yang lebih umum.
  12. Sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah perempuan, sedangkan sebagus-bagusnya keindahan terbaik bagi seorang wanita terletak pada rasa malunya.
  13. Begitu tingginya derajat wanita, hingga agama Islam meninggikan derajat kaum hawa dari dasar bumi sampai-sampai syurga diletakkan di bawah kakinya.
  14. Hati manusia diibaratkan seperti sebuah gelas. Jika diisi dengan cinta kepada Allah SWT, maka ruang yang tersisa untuk rasa keinginan atau obsesi terhadap kehidupan dunia jadi lebih sedikit.
  15. Tidak sembarang orang bisa melihat apalagi menyentuh seorang wanita muslimah yang mempunyai akhlak baik serta mempunyai pembawaan bijak. Perempuan sholehah tersebut ibaratnya seperti mutiara di langit ketujuh.
  16. Jangan takut jika hatimu hancur, mungkin menurutmu itu hal buruk padahal sebaliknya kejadian ini justru bagus. Karena ditengah hati yang patah, maka cahaya Allah SWT jadi lebih mudah untuk masuk ke dalamnya.

Misalnya, pengetahuan, kesederhanaan, bahasa, hubungan dengan orang di sekitar kita, atau tentang aspek-aspek tentang kehidupan. Ini dia daftarnya.

 

Kata-kata Bijak Islam Tentang Cinta & Pernikahan

Islam merupakan agama indah dan banyak mengajarkan tentang kasih sayang. Meskipun begitu, dalam ajarannya memegang kaidah sangat kuat yang mengatur bagaimana pergaulan antara lawan jenis. Bahkan cara untuk mengungkapkan isi hati.

Sedang bingung atau kesulitan merangkai kata-kata tentang cinta untuk orang tersayang?. Berikut ini terdapat beberapa contoh ucapan-ucapan bijak dalam Islam yang akan membantu Anda memahami arti kasih sayang.

Tahukah Anda jika pernikahan adalah salah satu bentuk ibadah yang paling lama di dalam agama Islam. Akad suci yang diikrarkan oleh seorang suami memiliki arti tanggung jawab sehingga membuat hubungan itu menjadi sangat istimewa.

Bagi Anda yang akan melakukan akad nikah, tidak ada salahnya untuk membaca beberapa kata bijak Islam tentang pernikahan. Dari situ terdapat banyak pembelajaran yang bisa dipetik dan menginspirasi tentang istimewanya hubungan tersebut.

  1. Di balik kesuksesan suami bukan karena ada seorang wanita di belakangnya. Karena dalam sebuah pernikahan keduanya berjalan bersama dan saling beriringan. Tidak ada yang di depan maupun belakang.
  2. Tahukah Anda makna dibalik akad nikah?. Ketika janji tersebut diucapkan, maka di saat itu pula lah seorang pria menyatakan kesiapannya untuk menerima tanggung jawab atas istrinya. Mulai dari melayani, mencintai hingga melindungi.
  3. Seorang perempuan sholehah tidak akan pernah merasa khawatir menikah dengan laki-laki karena kekurangan harta. Namun, wanita muslimah tersebut lebih takut jika harus menjalani kehidupan rumah tangga bersama lelaki yang miskin ilmu serta tanggung jawab.
  4. Buatlah pasanganmu merasa nyaman dengan jangan banyak menuntutnya untuk menjadi sempurna. Namun, berusahalah agar semua yang ada dalam diri menjadi lebih baik supaya bisa menutupi kekurangannya.
  5. Cinta merupakan salah satu rasa terindah yang diberikan oleh sang Maha Pencipta. Namun, ingatlah Allah SWT akan menguji hamba-Nya dengan hal itu. Maka, jangan berlebihan menaruh hati ke seseorang agar tidak terlalu bersedih nantinya.
  6. Cintai dan benci lah seseorang dengan sekedarnya saja, karena suatu saat orang itu bisa menjadi musuh atau bahkan kekasihmu. Sesungguhnya, Allah SWT maha membolak-balikkan hati manusia.
  7. Bisa jadi Anda membenci sesuatu padahal itu adalah hal terbaik. Begitu pula sebaliknya, mungkin yang disukai justru buruk. Sesungguhnya Allah SWT maha mengetahui yang tidak manusia pahami.
  8. Ingat lah, sesungguhnya cinta sejati justru mendorong seseorang untuk meraih surga Allah SWT. Bukan malah sebaliknya, saling bergandengan dan berjalan beriringan menuju panasnya api neraka.
  9. Sebaik-baik pasangan adalah orang yang bisa menjadi pembimbing. Mengarahkan dan membimbing menuju jalan kebenaran, selalu mengingatkan dengan penuh kasih sayang. Bukan hanya di dunia, namun juga di akhirat.

Kata-kata Islam Tentang Ilmu Pengetahuan

  1. Ilmu pengetahuan lebih baik daripada kekayaan. Pengetahuan akan melindungi dirimu, tetapi kekayaan, kamu yang harus melindunginya. – Ali Bin Abi Tholib
  2. Jika memang Allah pasti tidak akan mengabulkan doamu, lalu kenapa Dia mengijinkamu untuk memanjatkannya?
  3. Salah satu bagian dari iman adalah kesederhanaan. – Nabi Muhammad s.a.w.
  4. Jika kamu ingin mengetahui karakter seseorang, lihatlah bagaimana teman-teman bergaulnya. – Ali Bin Abi Thalib.
  5. Tiga kebiasaan yang akan menghancurkan seorang pria ataupun seorang wanita: kerakusan, kecemburuan, dan kesombongan. – Imam Abu Hamid Al Ghazali.
  6. Lidah (kata-kata) seseorang akan memberimu rasa dari hatinya. – Ibnu Al-Qayyim Al Jauziyah.
  7. Segala sesuatu akan menyusut jika digunakan, kecuali ilmu pengetahuan” – Ali Bin Abi Thalib.
  8. Ilmu pengetahuan tanpa tindakan adalah ketidakwarasan, dan tindakan tanpa ilmu pengetahuan adalah kesombongan. – Imam Abu Hamid Al Ghazali.
  9. Naikkan (level) kata-katamu, jangan naikkan nada suaramu. Hujanlah yang membuat bunga mekar, bukan petir. – Jalaluddin Rumi.
  10. Aku sungguh berharap kau tahu apa yang tersimpan dalam hatiku untukmu. Tapi, kau tidak akan pernah tahu, kecuali dari tingkah lakuku – Umar Bin Khattab
  11. Satu hal yang sangat rendah hati yang bisa kamu lakukan adalah membiarkan dirimu diajari orang lain, sebagai sikap penghargaan, meskipun kamu sudah mengetahui hal (yang diajarkan) itu. – Dr. Bilal Philips.
  12. Ketika seseorang yang kita cintai jatuh sakit, kita akan bilang bahwa itu adalah ujian, tetapi saat seseorang yang kita tidak sukai jauh sakit, kita bilang hukuman.
  13. Ketika seseorang yang kita cintai menderita karena musibah, kita bilang bahwa itu karena dia orang baik, tetapi saat seseorang yang kita tidak sukai menderita karena musibah, kita bilang karena dia melakukan kesalahan kepada orang lain. Hati-hatilah menggunakan kalimat-kalimat atas nama yang Maha Kuasa berdasarkan keinginan atau semaumu saja “ – Mufti Ismail Menk
  14. “Kepada seorang yang sedang depresi, jangan pernah kau mengatakan untuk mengobati rasa depresi mereka hanya dengan membaca Al Quran saja. Saat seseorang mengalami patah kaki, kau tidak mengatakan padanya untuk hanya membaca Al Quran tanpa pergi ke dokter. Mengapa kita menyarankan ini kepada orang-orang yang depresi di lingkungan kita? – Syakh Azhar Nasser
  15. Orang yang rakus itu pada kenyataannya adalah orang miskin, meskipun dia memiliki seisi dunia. – Wahab bin Munabbih.
  16. “Seringkali, orang dengan masa lalu yang paling buruk menjadi yang terbaik di masa depan. – Umar Bin Khattab.
  17. Ada tiga tindakan yang dianggap terhormat: merendahkan pandangan, merendahkan suara, dan melangkah dengan hati-hati. – Ali Bin Abi Thalib.
  18. Saya masih muda, luntang-lantung, dan telah meninggalkan pekerjaan sebagai seorang mekanik. Saya sungguh tidak tahu apa .”yang harus saya lakukan. Tapi suara yang tenang selalu berbisik padaku, ‘Apa pun yang kamu lakukan, pastikan itu besar dan hebat. – Moin Akhtar
  19. Jangan biarkan lidahmu mengucapkan kesalahan orang lain, karena kau punya kesalahan dan orang lain juga memiliki lidah. Jangan biarkan matamu mendapati kesalahan orang lain. Palingkan matamu dan katakan padanya: “oh mata, orang lain juga memiliki mata. – Imam Al Shafi’i.
  20. Bertanyalah karena kau ingin mengerti, bukan bertanya karena kamu ingin menemukan kesalahan. Ali bin Abi Thalib
  21. Para malaikat menurunkan sayap mereka untuk para pencari pengetahuan, yang merasa bahagia saat dia sedang belajar mencari ilmu itu. – Nabi Muhammad s.a.w.
  22. Kata-kata atau bahasa yang kotor atau kurang baik digunakan oleh orang-orang yang tidak memiliki kematangan atau kecerdasan untuk mengekspresikan diri dengan kata-kata yang lebih baik. – Nouman Ali Khan.
  23. Hidangan yang paling buruk untuk disuguhkan adalah perjamuan pernikahan yang hanya mengundang orang kaya sedangkan yang miskin tidak diundang. – Muhammad Al Bukhari
  24. Kesalahan adalah sesuatu yang kau kira itu benar untuk dilakukan tetapi ternyata hal itu salah. Dosa adalah sesuatu yang jelas-jelas kau tahu itu salah. – Imam Anwar Al Awlaki.
  25. Berikan musuhmu ribuan kesempatan untuk menjadi temanmu, tetapi jangan berikan satu kesempatan pun untuk temanmu menjadi musuhmu. – Ali Bin Abi Thalib
  26. Orang yang paling penyayang adalah yang memberikan maaf pada saat sebetulnya dia mampu untuk membalas. – Imam Husain.
  27. Tiga tanda seorang munafik adalah ketika sendirian dia malas, ketika bersama orang lain dia energik, dan dia mengejar pujian untuk semua hal yang dia kerjakan. Tiga tanda orang yang iri adalah dia mencelakakan orang yang dia tidak sukai, jika dia bertemu dengan orang tadi maka dia menyanjungnya, dan dia senang dengan kemalangan orang itu.” – Wahb Bin Munabbih
  28. Beberapa orang telah tiada, tetapi karakter mereka membuat mereka seperti tetap hidup. Yang lainnya masih hidup, tetapi karakter mereka telah membunuh mereka. – Imam Al Shafi’i.
  29. Seorang yang bijak akan berpikir sebelum bertindak, tetapi seorang yang kurang bijak akan berbicara dulu baru kemudian berpikir. – Ali bin Abi Thalib.
  30. Tidak peduli apa penampilan fisik Anda, ketika Anda memiliki kebaikan di hati Anda, Anda adalah orang paling cantik di dunia. – Mufti Ismail Menk.
  31. Kesalahan terburuk kita adalah minat kita pada kesalahan yang dibuat oleh orang lain. – Ali Bin Abi Thalib.
  32. Saat orang tidak cerdas berkata kepadaku, mereka akan cenderung menggunakan kata-kata yang kurang baik, tapi aku benci menanggapinya dengan cara yang sama. Semakin bodoh orang itu, semakin aku menjadi sabar. Persis seperti dupa; semakin habis dirinya terbakar, semakin banyak ia menyebarkan aroma wanginya. – Imam Al Shafi’i.
  33. Saat seseorang menyanjungmu padahal kamu tidak pantas mendapatkan pujian itu, maka janganlah kamu merasa aman. – Wahab bin Munabbih.
  34. Jika seseorang memujimu untuk hal-hal yang sebetulnya tidak ada padamu, maka pada dasarnya dia mencelamu untuk hal-hal yang juga sebetulnya tidak ada padamu. – Wahab Bin Munabbih.
  35. Jangan membicarakan tentang kekayaanmu di depan orang miskin.
    Jangan membicarakan tentang keadaan kesehatanmu di depan orang yang sedang sakit.
    Jangan membicarakan tentang kekuatanmu di depan orang yang lemah.
    Jangan membicarakan tentang kebahagiaanmu di depan orang yang sedang bersedih.
    Jangan membicarakan tentang kebebasan Anda di depan narapidana atau orang-orang terpenjara.
    Jangan membicarakan tentang anak-anak Anda di depan orang yang tidak memiliki anak. Jangan membicarakan tentang ibu dan ayahmu di depan anak yatim piatu.
    Karena luka hati mereka tidak bisa mereka tahan lagi. Ali Bin Abi Thalib
  36. Bersyukurlah atas siapapun yang hadir dalam hidupmu, karena masing-masing telah dikirim sebagai petunjuk dari Yang Di Atas. – Jalaluddin Rumi.

Pasti masih banyak lagi kata-kata bijak Islami di sekitar kita. Tetapi, ratusan kata bijak di atas kami harap sudah cukup untuk memberi asupan gizi batin kita. Semoga Gramedian mendapatkan inspirasi dari kata-kata bijak Islami diatas, ya.

Buku & Quotes Yang Lainnya

1. Buku 2. Quotes dan Kata Bijak Lainnya

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien


Written by Ahmad