in

18 Ide Ucapan Selamat Menikah Islami dan 7 Kado Pernikahan Islami

Sumber: kly.akamaized.net

Ucapan selamat menikah Islami – Pernikahan sebagai suatu momen terindah di setiap kehidupan manusia. Dalam agama Islam, pernikahan sendiri menjadi suatu hal yang setara dengan ibadah. Kebahagiaan dari kedua mempelai ini pun tak hanya dirasakan sendiri, ada keluarga, kerabat, serta kolega yang turut bersuka cita menyambut hari tersebut.

Alangkah baiknya jika orang-orang terdekat memberikan doa dan ucapan selamat pernikahan. Namun, merangkai ucapan pernikahan tidaklah semudah itu. Tenang saja, kamu tak perlu khawatir akan soal itu. Di dalam artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang ucapan selamat pernikahan Islami, sehingga kamu bisa memberikan ucapan pernikahan dengan penuh keyakinan.

Berikut di bawah ini beberapa ide ucapan serta kado pernikahan Islami yang dapat menjadi referensi kamu ketika ada teman atau saudara yang menikah.

Ucapan Selamat Pernikahan Islami

ucapan selamat menikah islami
Sumber: Pixabay

Pada dasarnya, ada banyak sekali ucapan selamat menikah Islami, beberapa diantaranya akan dicontohkan di bawah ini.

Ucapan Islami 1

“Ya Allah! Engkau Maha Penyayang, berikanlah pasangan yang penuh dengan kasih serta kemampuan untuk tetap bersama! Semoga kalian mendapat kehidupan suami istri yang paling bahagia. Semoga Allah merahmati kalian berdua!”

Ucapan Islami 2

“Selamat menikah. Semoga Allah kemudian akan memberimu kebahagiaan serta kegembiraan yang tak terkira, tak lupa kebahagiaan itu akan selalu ada selamanya.”

Ucapan Islami 3

“Kalian terlihat sangat bahagia. Alhamdulillah! Kebahagiaan ini sebagai indikasi cinta dan berkah Allah! Semoga awal kehidupan baru untuk kalian berdua dipenuhi dengan kebahagiaan.”

Ucapan Islami 4

“Selamat menempuh hidup baru. Semoga cinta serta kebahagiaan selalu mengisi hari-hari kalian serta menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah untuk kalian berdua.”

Ucapan Islami 5

“Tanpa percaya tak akan ada cinta di dalamnya. Karenanya tetaplah percaya antara satu sama lain serta jatuhlah bersama-sama ke dalam kebahagiaan hidup. Silakan untuk mengikuti jalan Alquran. Doa kami selalu bersamamu.”

Ucapan Islami 6

“Selamat menempuh kehidupan baru, semoga kalian akan terus menjadi keluarga yang bahagia, serta saling melengkapi satu sama lain”

Ucapan Islami 7

“Kalian berdua adalah pasangan yang sempurna. Selamat atas pernikahan yang telah kalian jalani. Allah menciptakan kalian berdua untuk satu sama lain.”

Ucapan Islami 8

“Selamat menikah! Semoga kamu berdua mendapatkan awal yang luar biasa untuk hidup yang indah bersama. Semoga Allah juga mengaruniakan jalan hidup yang lurus dan baik kepada kalian.”

Ucapan Islami 9

“Kalian merupakan pasangan sempurna seperti belahan jiwa antara satu dan yang lainnya dan bersama-sama kalian begitu kuat, sehingga kemudian tidak ada yang dapat mengalahkan. Ya Allah, jaga mereka dalam karunia-Mu!”

ucapan selamat menikah islami
Sumber: detik.net.id

Ucapan Islami 10

“Alhamdulillah! Selamat ya! Saat kalian bersatu dalam pernikahan, saya harap kalian akan selalu dipenuhi dengan kebahagiaan, cinta, dan kegembiraan! Semoga Allah merahmati rumah tangga kalian!”

Ucapan Islami 11

“Alhamdulillah, selamat atas pernikahan kalian. Semoga selalu dilimpahi dengan keberkahan, kebaikan, serta cinta. Jazakallahu khairan khatira.”

Ucapan Islami 12

“Doa-doaku akan selalu bersamamu. Semoga Allah melimpahkan keberkahannya kepada dirimu dan istrimu.”

Ucapan Islami 13

“Segala rahmat bagi Allah karena ia telah mendekatkan dua hati yang murni satu sama lainnya dan mengikatnya dalam satu ikatan pernikahan yang suci. Semoga rahmat-Nya selalu menyertai kalian berdua!”

Ucapan Islami 14

“Subhanallah! Semoga kalian berdua selalu saling memberi cinta tanpa syarat satu sama lainnya. Semoga kalian mendapatkan keberuntungan terbaik serta kehidupan terindah di depannya!”

Ucapan Islami 15

“Masya Allah, hubungan kalian adalah anugerah Allah. Selalu jujur dan setia. Saya harap kalian tetap Bersama mengarungi perjalanan cinta yang indah kedepannya. Selamat menikah!”

Ucapan Islami 16

“Alhamdulillah, selamat atas ikatan pernikahan yang kalian jalani. Semoga pernikahan kalian senantiasa akan dilimpahi dengan berkah, cinta, kebaikan, dan kebahagiaan. Jazakallahu khairan khatira.”

Ucapan Islami 17

“Assalamualaikum! Setelah sekian lama akhirnya kamu berdua memutuskan untuk mendapatkan satu sama lain seumur hidup. Ya Allah, yang Maha Pengasih dan Penyayang, letakkan cintaMu di dalam hati mereka. Selamat menikah!”

Ucapan Islami 18

“Semoga Allah akan terus melindungi rumah tangga kalian berdua dari kejahatan siapapun. Selamat menikah ya.”

Inspirasi Kado Pernikahan Islami

Jika kamu telah menentukan jenis ucapan yang akan kamu berikan, kini saatnya memilih bagaimana menyampaikan ucapan ini kepada pasangan melalui kado. Namun, sebelum menuliskannya di kartu ucapan, pahami dulu karakteristik pengantin.

Jika pengantin berteman dekat denganmu, ucapan pernikahan bisa menjadi lebih fleksibel. Kamu juga dapat menyisipkan candaan atau gurauan. Sebaliknya, jika pengantin tidak terlalu dekat denganmu, ucapan pun bisa diberikan dengan lebih formal atau serius, tak lupa tambahkan Ilustrasi atau gambar pendukung. Kamu bisa menggambar sendiri atau juga meminta bantuan penyedia jasa atau illustrator.

Selain itu, gambar yang dapat dicantumkan adalah gambar pengantin ataupun gambar lucu yang merepresentasikan pengantin. Tak lupa juga tuliskan ucapan dengan rapi. Ucapan pernikahan Islami penuh makna dapat diketik dengan menggunakan bantuan komputer, kemudian dicetak atau kamu dapat menuliskannya sendiri agar lebih personal.

Jangan lupa beri identitas pada kartu ucapan agar pengantin bisa mengetahui bahwa ucapan tersebut dari diri kamu.

Jika masih bingung kado apa yang tepat untuk diberikan kepada pengantin, maka kamu bisa simak pembahasannya di bawah ini. Berikut ini 7 rekomendasi kado pernikahan Islami yang dapat menjadi inspirasimu.

Buku

Mempersiapkan pernikahan tak hanya tentang mempersiapkan fisik, tetapi juga mental, karena pernikahan bukanlah hanya mengenai kesiapan materi, tetapi juga kedewasaan rohani dari dua insan untuk menjalankan rumah tangganya di masa depan. Salah satu cara mempersiapkan kedewasaan jiwa adalah dengan membaca buku-buku mengenai pernikahan. Nah, kamu dapat memberikan buku mengenai pernikahan kepada sahabat agar pernikahan mereka dipersiapkan dengan baik dan lebih diberkati.

Perlengkapan Sholat

Tentu saja, karena perlengkapan sholat selalu dibutuhkan oleh umat Islam, maka kado pernikahan Islami ini akan sangat bermanfaat bagi calon pengantin. Kamu bisa memberikan berbagai perlengkapan ibadah berupa mukena, sarung serta sajadah.

Saat ini, ada banyak mukena dan sarung yang sengaja didesain untuk pasangan, sehingga memiliki motif yang sama. Ketahuilah, memberikan perlengkapan sholat tak hanya sebatas memberikan kado semata. Sebab, tersimpan doa serta harapan agar kedua mempelai lebih termotivasi sekaligus agar lebih rajin beribadah.

Hiasan Kaligrafi

Sebuah ruangan akan terasa kosong serta hampa jika tidak ada hiasan yang menghiasi dindingnya. Saat calon pengantin menikah, salah satu hal yang mereka persiapkan diantaranya adalah desain interior ruangan pernikahan. Apalagi jika teman kamu adalah orang yang sangat peduli dengan penampilan ruang, maka dekorasi kaligrafi sangat cocok untuk dijadikan kado pernikahan untuk menghiasi dinding kamarnya. Kaligrafi tak hanya berfungsi sebagai hiasan dinding, tetapi juga akan menenangkan siapapun yang melihatnya.

Hiasan Dinding Ka’bah

Rumah harus menjadi tempat paling nyaman serta surga bagi penghuninya. Oleh karenanya, umat Islam harus mendekorasi rumahnya agar terlihat nyaman serta artistik. Salah satunya adalah dengan menata lukisan serta hiasan dinding lainnya. Oleh sebab itu, kamu dapat menjadikan hiasan dinding sebagai hadiah untuk pernikahan sahabat.

Telah disebutkan di atas bahwa kaligrafi dapat menjadi inspirasi untuk hadiah pernikahan. Namun, ternyata tak hanya kaligrafi saja, hiasan dinding berupa gambar Ka’bah juga dapat dijadikan kado pernikahan Islami untuk dapat memperkaya estetika ruangan pernikahan atau rumah sahabat kamu.

Buku Hadis & Sunnah Rasulullah

Hadist serta Sunnah Nabi juga merupakan pedoman hidup bagi para umat Islam. Oleh karena itu, sudah kewajiban umat Islam untuk dapat mempelajari serta memahami Hadis dan Sunnah Nabi Muhammad.

Buku-buku Hadist serta sunnah nabi benar-benar dapat dijadikan sebagai hadiah untuk sahabat atau saudara yang sedang menikah. Salah satu buku yang direkomendasikan adalah Bulughul Maram, Kumpulan Hadis dan Sunnah Nabi Muhammad SAW oleh Al-Hafiz Ibn Hajar Al-‘Asqalani. Buku ini sebagai karya besar yang terkenal dalam khazanah Islam serta menjadi buku referensi bacaan dalam memahami Islam bagi umat Islam di seluruh dunia.

Jilbab atau Pashmina

Seiring dengan berjalannya waktu model hijab ini juga terus mengalami perkembangan, dulu model hijab hanya seperti itu, kini hijab divariasikan dengan model, warna, corak serta bahan yang sangat berbeda. Sebagai sahabat muslim, kamu dapat menggunakan hijab atau pashmina sebagai inspirasi kado pernikahan sahabat atau saudara. Tak hanya menyenangkan dia dengan hadiah, tetapi kamu juga dapat membantunya untuk memperluas koleksi jilbabnya.

Baju Gamis & Baju Koko Senada

Banyak sekali busana muslim yang didesain agar lebih fashionable, tetapi tetap syar’i. Jadi mengapa tak mencoba memberikan sepasang gamis yang serasi dan pakaian cocok sebagai hadiah pernikahan untuk sahabat kamu.

Pasangan muda sangat senang ketika bisa memakai seragam atau baju couple, terutama yang dapat mereka gunakan untuk menghadiri acara-acara tertentu seperti undangan ataupun hari-hari besar seperti Hari Raya, ada kebahagiaan ketika dapat memakai baju couple agar terlihat serasi dan kompak.

Tasbih

Salah amalan umat Islam adalah adalah dzikir (mengingat) Allah SWT dengan memuji-Nya. Ketika berdzikir, umumnya kita akan menghitung pengucapan dzikir itu, kita dapat menghitungnya dengan menggunakan jari atau tasbih kita. Tasbih umumnya terbuat dari kayu, tulang dan lain sebagainya.

Kamu juga dapat membuat tasbih sebagai hadiah untuk teman atau saudara yang menikah. Karunia tasbih tak hanya unik, tetapi juga menyiratkan bahwa kamu ingin sahabatmu selalu berdzikir atau mengingat Allah SWT. Jika kamu ingin memberikan tasbih sebagai hadiah, pilihlah yang terbuat dari bahan yang bagus, seperti diantaranya kayu cendana, kayu yang terkenal dengan aromanya yang khas itu.

Oleh sebab itu, tak heran jika tasbih yang terbuat dari kayu cendana sangat dicari ataupun diminati karena masyarakat percaya dengan menggunakan tasbih cendana akan membuat zikir menjadi lebih khusyuk. Tasbih cendana yang dijual umumnya terdiri dari 33 tasbih

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memberikan Kado Nikah Islami

Hal yang harus diperhatikan sebelum memberikan hadiah Islami sendiri diantaranya adalah.

  1. Memberikan hadiah yang kiranya akan bermanfaat, sehingga hadiah atau kado yang diberikan bisa digunakan di kemudian hari dan sebaiknya sesuai dengan yang dibutuhkan pengantin (penerima hadiah). Contohnya adalah pada perlengkapan untuk ibadah, perlengkapan yang mendukung hobi serta pekerjaannya.
  2. Hadiah diberikan, sebaiknya bertujuan untuk mendekatkannya dengan Sang Pencipta. Ada banyak sekali kado bermanfaat yang dapat kamu berikan, mulai dari yang, gamis, hijab ataupun Al Quran. Terlebih lagi, kini banyak sekali model, warna, hingga ukuran tersedia dan juga brand dengan produk muslimah, mulai dari sajadah, mukena, hijab, gamis, hingga berbagai model cover alquran yang bisa menjadi referensi kado Islami.

Buku-Buku Terkait

Tuntunan Pernikahan Islami

Tuntunan Pernikahan Islami
Tuntunan Pernikahan Islami

Tuntunan Pernikahan Islami Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani Sulitkah Melaksanakan Tata Cara Pernikahan Islami? Jawabannya, tidak, karena sesungguhnya tata cara pernikahan Islami lebih sederhana dan mudah. Islam telah mengatur adab-adab (etika) bagi setiap orang yang akan melangsungkan pernikahan. Namun, dari sekian adab pernikahan yang telah diatur oleh Islam, faktanya masih banyak yang terlupakan, bahkan tidak diketahui oleh kebanyakan orang sekalipun mereka ahli ibadah. Atas dasar itu, penulis menyusun buku ini untuk menerangkan adab-adab tersebut sekaligus sebagai panduan bagi saudara-saudari kaum Muslimin agar dapat menjalani pernikahan sesuai tuntunan sunnah Nabi s.a.w. dan beroleh berkah dalam mengarungi bahtera kehidupan rumah tangga.

Tuntunan Pernikahan Islami ini merupakan karya ulama pakar hadis ternama, Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani. Melalui karyanya ini, beliau berusaha menghidupkan sunnah Nabi s.a.w. dalam penyelenggaraan pernikahan dengan memaparkan berbagai perkara yang berkaitan dengan adab pernikahan, seperti penyelenggraan walimah, kewajiban memenuhi undangan walimah, larangan saat penyelenggaraan walimah beserta sunnah-sunnahnya, adab suami kepada istri, dan diakhiri dengan nasihat untuk suami istri. Bahasan yang tuntas dan jelas serta bahasa yang mengalir, membuat buku ini mudah untuk dipahami dan dipraktikkan oleh siapa saja. Semoga buku ini bermanfaat bagi umat hingga membuat kita semakin bersemangat mengikuti sunnah Nabi Muhammad s.a.w.

Fiqh Pernikahan : Studi Pernikahan Usia Dini dalam Pandangan Ulama

 

Pergumulan sengit dan panjang terjadi dalam konteks pernikahan usia dini di antara para ulama Jawa Tengah. Sebagian besar mereka membolehkan pernikahan usia dini. Teks-teks kitab kuning dan praktik Nabi menunjukkan hal itu. Justru, membatasi pernikahan adalah pelanggaran terhadap syariat Islam, karena tidak disyariatkan Nabi Muhammad SAW. Justru, di tengah merebaknya seks bebas, sahnya pernikahan di usia dini sangat besar manfaatnya untuk menahan laju perzinahan yang terjadi di mana-mana yang didukung dengan arus informasi yang terbuka dan tanpa batas.

Sebagian ulama yang lain tidak memperbolehkan dan mendukung undang-undang pemerintah yang membatasi usia menikah perempuan 16 tahun dan laki-laki 19 tahun. Bahkan kelompok ini mendukung peningkatan usia menikah sampai 19 tahun untuk perempuan dan 21 tahun untuk laki-laki. Kelompok ini memberikan otoritas penuh pemerintah untuk mengatur urusan publik, termasuk urusan usia menikah. Alasan kelompok ini adalah pemerintah adalah pihak yang mempunyai otoritas penuh menegakkan kemaslahatan umum. Urusan menikah ini adalah urusan umum, apalagi disertai dengan riset yang menunjukkan banyaknya dampak negatif yang dirasakan akibat pernikahan anak usia dini.

Kado Pernikahan Terindah

Kado Pernikahan Terindah
Kado Pernikahan Terindah

Menikah adalah salah satu penggalan episode kehidupan seseorang yang paling bersejarah. Maka, tidak berlebihan jika siapa saja ingin menyuguhkan hadiah terbaik bagi pasangannya, atau teman dekatnya, atau saudaranya. Buku ini menyajikan menu spesial yang sangat diharapkan oleh setiap pasangan.

Buku ini berbicara mengenai empat hal yang sangat spesial: Indah dan berkahnya menikah, 9 rahasia keluarga romantis, Membangun keluarga kaya dan bahagia, Kiat praktis mengatasi masalah rumah tangga Semoga pasangan yang Anda hadiahi buku ini mendapatkan empat mutiara yang paling bergengsi ini dalam keluarga mereka. Sehingga mampu mengarungi bahtera keluarga penuh dengan sakinah, mawaddah, dan rahmah.

Itulah beberapa ucapan selamat menikah Islami dan kado pernikahan Islami yang bisa kamu berikan kepada teman, sahabat, atau saudara yang menikah. Jadi, kado pernikahan Islami apa yang akan kamu berikan?

Jika ingin mencari buku yang berkaitan dengan pernikahan, kamu bisa membelinya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Buku & Quotes Yang Lainnya

1. Buku 2. Quotes dan Kata Bijak Lainnya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi