in

20+ Kata Mutiara Pagi Hari Islami, Cocok Dijadikan Motivasi

Sebelum memulai kegiatan di pagi hari, agar semangat tetap membara kita mungkin membutuhkan sebuah kata mutiara atau kalimat penyemangat di setiap pagi. Apabila kamu adalah seorang muslim, maka kata mutiara pagi hari Islami di bawah ini bisa kamu gunakan untuk menyemangati orang-orang terdekat supaya semakin semangat untuk mengawali hari.

Apabila ada waktu tertentu di dalam sebuah hari yang banyak disukai oleh orang-orang, mungkin waktu tersebut adalah pagi hari. Di waktu tersebut, biasanya semua orang sudah terbangun dari tidurnya dan bersiap untuk menyongsong hari baru dengan semangat baru. Tapi, masih jarang orang yang menggunakan kata mutiara pagi hari Islami untuk menyambut dan mengawali hari agar lebih semangat dan berkah.

Kata mutiara yang akan dituliskan di bawah ini merupakan kumpulan semangat, doa, dan juga motivasi dalam menyambut hari dengan lebih baik. Dengan adanya doa serta motivasi untuk mengawali hari, siapapun tentu akan lebih semangat dalam mewujudkan hal apapun yang sudah diimpikan.

Pada artikel kali ini, penulis sudah merangkum berbagai macam kata mutiara pagi hari Islami yang bisa kamu gunakan untuk menyambut pagi hari ini. Tanpa berlama-lama, yuk simak kumpulan kata mutiara yang ada di bawah ini.

1. Kata Mutiara Pagi Hari yang Digunakan Sebagai Pengingat

“Cahaya matahari pagi selalu mengingatkanku pada keagungan Allah SWT. Embun dan juga kabut yang menyelimutinya mengingatkanku betapa indahnya ciptaan-Nya. Hangatnya mentari pagi selalu membuatku bersyukur atas semua nikmat yang diberikan oleh-Nya. Selamat pagi.”

Kata mutiara yang satu ini dapat kamu jadikan sebagai penyemangat untuk memulai hari dengan lebih membara. Tak hanya itu, kamu juga bisa menjadikan kata-kata tersebut sebagai pengingat untuk selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT dan tidak lupa untuk selalu mengingat keagungan dan juga kebesaran-Nya.

2. Selalu Bersyukur

“Rasa syukur yang abadi adalah ucapan syukur yang kita panjatkan saat matahari mulai muncul menerangi seisi bumi. Syukurilah kehidupan kita setiap hari. Selamat pagi, semangat menyambut hari.”

Kata mutiara pagi hari tersebut dapat kita jadikan sebagai salah satu pengingat untuk selalu bersyukur sejak mata terbuka dan pagi menyambut. Saat kita bisa memulai hari dengan rasa syukur, maka pasti seluruh hari kita akan menjadi lebih baik. Oleh sebab itu, sebelum memulai hari dengan segala kesibukan yang menanti, jangan lupa untuk bersyukur terlebih dahulu.

3. Tidak Ada Manfaat Jika Tidak Berusaha

“Jika kau tidak berusaha untuk bangun di waktu fajar, maka benar-benar tidak ada manfaatnya sama sekali kau bangun.” Yasir Qadhi

Pukul berapa biasanya kamu bangun? Apakah kamu termasuk orang-orang yang rajin bangun pagi di waktu fajar atau sering bangun kesiangan? Nah, jika berdasar pada kata mutiara di atas, bisa kita simpulkan bahwa kita harus selalu berusaha untuk bangun di waktu fajar, terlebih untuk umat Muslim. Sebab, pada waktu tersebut kita harus melaksanakan Sholat Subuh. Jadi, jika kita tidak bangun pada waktu fajar, maka hari kita akan sia-sia.

4. Buatlah Mentari Cemburu

“Sekarang setelah matamu terbuka, buatlah matahari cemburu dengan hasratmu yang membara untuk memulai hari.” Malak El-Halabi

Untuk bisa melakukan semua kesibukanmu selama satu hari, tentu kamu membutuhkan semangat yang membara. Apabila tidak memilikinya, maka kamu tidak akan bisa menyelesaikan apapun di hari itu. Jika memungkinkan, buatlah semangatmu menjadi semakin berapi-api sampai membuat matahari yang menyinari bumi kalah dengan panasnya semangatmu.

tombol beli buku

5. Tujuan Hidup

“Saat kamu bangun di waktu fajar tanpa ada niatan lain selain untuk beribadah kepada Allah SWT. Maka sesungguhnya kamu sudah menemukan tujuan dari hidup kamu hari itu.”

Apa yang terlintas dipikiran kamu saat bangun di waktu fajar? Jika berdasar pada kata mutiara di atas, apabila kamu sudah berniat untuk bangun di waktu fajar untuk melakukan ibadah kepada Allah SWT, maka sesungguhnya kamu sudah menemukan tujuan hidupmu di hari itu. Apakah kamu setuju dengan itu?

6. Jangan Kalah Dari Ayam

“Jangan sampai kalah dengan suara ayam berkokok yang sudah begitu semangat menyambut pagi, sedangkan kamu masih terlelap dalam tidur.”

Apabila kamu sudah berhasil bangun waktu fajar lalu beribadah, maka artinya kamu sudah sukses mengalahkan seekor ayam yang selalu berkokok di pagi hari. Tentu akan sangat memalukan ya jika ayam bisa bangun terlebih dahulu. Padahal manusia memiliki banyak kemampuan untuk mengusahakan bangun di waktu fajar dibandingkan dengan seekor ayam.

7. Keindahan Waktu Fajar

“Keindahan fajar bisa kita lihat dengan mengetahui bahwa Allah sudah memilih kita untuk berada diantara orang-orang sholeh yang selalu beribadah kepada-Nya, sedangkan masih banyak orang yang masih terlelap dalam tidurnya.”

Apabila kamu masih bisa terus bangun di waktu fajar dan berniat untuk beribadah kepada Allah SWT, maka bersyukurlah. Terlebih untuk kamu yang masih bisa menikmati indahnya matahari pagi yang menyinari seisi bumi. Itu artinya kamu termasuk ke dalam golongan orang-orang yang sangat beruntung diantara orang-orang yang masih terlelap dalam tidurnya saat pagi menyambut.

8. Jangan Mengeluh

“Sambut pagi hari dengan semangat yang menggebu. Jangan mengeluh tentang hari yang susah lalu. Jadikanlah hari kemarin sebagai suatu pembelajaran dan jadikan hari ini sebagai upaya untuk memperbaiki diri.”

Kadang kala, ada saja hal-hal yang bisa membuat kita mengeluh dan menyesali suatu hal yang sudah lalu. Saat kamu terbangun dari tidurmu di pagi hari dan masih memikirkan hal yang sudah terjadi di hari kemarin, maka cobalah untuk tidak mengeluh. Jadikan kesalahan yang kamu lakukan di hari kemarin sebagai pembelajaran yang perlu kamu perbaiki di hari ini.

9. Kunci Kebahagiaan

“Dengan mensyukuri hal sekecil apapun merupakan salah satu kunci hadirnya kebahagiaan di dalam hati. Masih bisa menikmati sarapan pagi adalah termasuk kedalam nikmat kecil yang diberikan oleh Allah SWT dan patut kita syukuri.”

Ingin tahu apa saja kunci kebahagiaan hari yang paling penting? Jawabannya adalah sama seperti kata mutiara di atas, yaitu dengan selalu bersyukur atas apapun yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita meski sebuah nikmat yang kecil. Mulai dari bisa bangun di pagi hari, masih bisa bernapas, melihat, dan juga masih bisa menikmati sarapan di pagi hari. Sudahkah kamu bersyukur hari ini?

tombol beli buku

10. Sebagai Pintu Berkah

“Semoga pagi hari ini menjadi pintu berkah bagi kita semua. Semoga Allah SWT selalu memudahkan segala urusan kita dan selalu melindungi kita dari mara bahaya.”

Kata mutiara pagi hari Islami yang satu ini bisa kita jadikan sebagai doa serta harapan yang baik untuk kita semua. Selain itu, kita juga bisa mengirimkan kata-kata tersebut kepada orang-orang tersayang. Ucapkanlah bahwa kamu berharap mereka akan selalu memperoleh berkah dari Allah SWT dan semoga segala urusannya selalu dimudahkan.

11. Menjadi Seperti Salju Abadi

“Di tengah gurun yang tertebak, jadilah salju abadi. Embun pagi tak akan kalahkan dinginmu, angin malam akan menggigil ketika melewatimu, oase akan jengah, dan kaktus terperangah.” Dee, Filosofi Kopi: Kumpulan Cerita dan Prosa Satu Dekade

Kata-kata di atas sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai pengingat dan renungan di setiap pagi. Dimana sebagai seorang manusia, kita sudah sepatutnya menjadi layaknya salju yang tetap abadi meski berada di tengah gurun. Walaupun tidak terduga, tapi dapat membuat suasana sekitar menjadi lebih baik.

12. Mendapatkan Kemenangan Sejati

“Ketika kau masih bertemu pagi dan putuskan diri untuk berdiri menghadapi berjuang dengan hati di jalan Illahi, maka saat itu kau telah mengakhiri hari dengan satu lagi kemenangan sejati.” Helvy Tiana Rosa, Risalah Cinta

Kata-kata mutiara di atas bisa kamu jadikan motivasi dan pembangkit semangat di pagi hari. Bahwa saat kamu memutuskan untuk selalu berjuang untuk menjalani hari dengan sepenuh hati, maka saat itu juga kamu sudah memperoleh kemenangan sejati dari diri kamu sendiri.

13. Saling Mendoakan

“Aku tidak pernah peduli apakah kamu adalah yang terbaik untuk diriku atau bukan. Tapi yang paling penting, setiap pagi aku akan selalu berdoa untuk kebaikanmu.”

Ketika sedang mendambakan seseorang yang kamu suka, pasti kamu akan berharap dia menjadi seseorang yang terbaik untuk dirimu kan. Tapi seperti yang kita ketahui bahwa tidak akan ada yang tahu bahwa dia bisa menjadi yang terbaik untuk diri kita sendiri. Walaupun begitu, tidak ada salahnya untuk selalu mendoakannya supaya mendapatkan kebaikan di dunia. Setuju?

14. Sambut Hari Dengan Secangkir Kopi

“Tiada hal yang paling indah selain secangkir kopi di pagi hari. Pagi tanpa kopi seperti halnya pagi hari tanpa adanya sinar dari mentari. Kopi pagi hari ini adalah menjaga lisan dari hal-hal yang bisa menyakiti hati. Jagalah hati dari rasa benci dan juga iri. Selamat menyambut pagi dengan secangkir kopi.”

Jika kamu adalah tipe orang yang selalu menyambut hari dengan secangkir kopi, maka kata-kata mutiara ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai ucapan di pagi hari. Dengan mengawali hari dengan ucapan yang positif, semoga saja bisa membuat harimu menjadi semakin positif.

tombol beli buku

15. Jangan Murung

“Jika pagi murung, air matamu tidak terbendung , kebahagiaanmu terpasung, maka ingatlah satu hal ini. Allah tidak akan memberi cobaan pada hamba-Nya yang tidak mampu menyelesaikannya.”

Kadang kala, ada beberapa hal yang bisa membuat kita bangun pada pagi dengan perasaan yang murung, kesal, ataupun sedih entah karena apa. Akan tetapi, jangan sampai hal itu membuat harimu menjadi hancur. Sebab, seperti yang diungkapkan oleh kutipan di atas, bahwa Allah pasti tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuan hambanya.

16. Atas Izin Allah SWT

“Sesungguhnya, nikmati pagi hari yang kamu rasakan saat ini ada karena atas izin Allah SWT supaya harimu lebih menyenangkan.”

Kata mutiara pagi hari Islami ini sangat cocok untuk kamu gunakan sebagai pengingat akan setiap kenikmatan dan juga keberkahan yang Allah berikan. Bahwa bisa bangun di pagi hari adalah karunia dari yang Maha Kuasa. Apabila tidak memperoleh izin dari Allah, maka kamu tidak akan mungkin bisa bangun di pagi hari dan menikmati keindahan pagi.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

17. Awali Pagi Dengan Rasa Sayang

“Awali pagimu dengan rasa sayang, untuk diri sendiri dan untuk orang-orang sekitarmu. Tebarkan rasa cinta dan kasih, serta senyuman manismu kepada orang-orang yang kamu temui.”

Salah satu cara terbaik untuk menyambut hari dengan gembira yaitu dengan menebarkan cinta dan kasih kepada orang-orang yang kita temui. Tak hanya kepada orang lain saja, kamu juga harus memberikan kasih sayangmu kepada diri sendiri. Dengan perasaan tersebut, kamu bisa menyebarkan rasa bahagia itu kepada siapa saja.

18. Seperti Halnya Embun yang Jatuh ke Tanah

“Pagi hari ini begitu syahdu. Embun yang jatuh dari ujung daun membawa sedikit rindunya untuk tanah, menumbuhkan pepohonan yang rindang.”

Jika kamu sedang mencari kata-kata mutiara untuk diucapkan kepada orang-orang tersayang, maka kutipan di atas bisa menjadi pilihan yang tepat. Kutipan tersebut bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan rasa rindumu kepada orang tersayang. Bahwa perasaanmu kepadanya sama seperti sebuah embun yang jatuh ke tanah. Walaupun tidak terlihat, tapi bisa memberikan dampak yang besar bagi hubungan kalian.

19. Membuka Pintu Kebahagiaan

“Sebagaimana Tuhan yang telah mengizinkanku membuka mata di pagi hari, maka bukakanlah juga jalan kebahagiaan untuk diriku hingga akhir hayat nanti.”

Setiap orang yang ada di dunia ini pasti menginginkan kebahagiaan di dalam hidupnya. Akan tetapi, terkadang ada hal-hal yang justru membuat kita tidak bisa mendapatkannya. Oleh sebab itu, sebagai sebuah doa dan motivasi, kita bisa meminta Sang Penguasa alam semesta untuk membukakan jalan menuju kebahagiaan di pagi hari.

20. Mentari Tidak Akan Pernah Melupakan Sinarnya

“Mentari pagi tidak akan pernah lupa untuk membawa sinarnya, seperti pula Dia yang tidak pernah lupa untuk memberikan nikmat kepada hambaNya. Terima kasih, syukur alhamdulillah, hari ini aku masih diizinkan untuk hidup.”

Jika kamu sedang mencari kata mutiara pagi hari Islami yang bisa digunakan untuk mengungkapkan rasa syukur, kutipan di atas sangat cocok untuk kamu pakai. Ungkapkanlah bahwa saat bangun di pagi hari, kamu selalu bersyukur karena masih diberi nikmat kehidupan dan juga sinar matahari yang sangat dari Allah SWT.

21. Doa dan Harapan

“Aku mohon pagi ini Engkau membesarkan hatiku, agar mudah kutampung harapanku sehingga terjadi keajaiban dalam hidupku, untuk keluar dari hidup rata-rata, menuju hubungan yang indah dengan sesamaku, yang penuh kegembiraan dalam pekerjaan jujur yang saling menyejahterakan satu sama lain.” Mario Teguh

Saat baru bangun dari tidur, tidak ada salahnya jika kita selalu memanjatkan doa supaya semua hal yang ada di dalam hidup menjadi lebih baik lagi. Salah satunya yaitu dengan mengucapkan kalimat motivasi dari salah satu motivator ternama di Indonesia.

tombol beli buku

22. Memberikan Hal Manis di Pagi Hari

“Mungkin sejak aku percaya bahwa jika memberi hal manis untuk diri kita tiap pagi, kita selalu siap menghadapi hal pahit yang mungkin akan terjadi nanti.” Fahrul Khakim, Hiding My Heart: Setetes Embun dari London

Segala sesuatu yang ada di dunia ini tentu ada penyeimbangnya. Saat ada hal yang buruk, pasti akan ada hal yang baik. Sehingga apabila ada hal-hal baik yang kamu peroleh pagi ini, maka janganlah terkejut jika kamu juga akan memperoleh hal yang buruk nantinya. Kita hanya perlu menyiapkan diri kita sebaik mungkin agar tetap semangat dalam menghadapi segala cobaan dan masalah yang menghampiri.

Itulah beberapa kata mutiara pagi hari Islami yang bisa kamu gunakan untuk menyambut hari agar lebih semangat. Jangan lupa untuk tebarkan cinta dan kasih kepada orang-orang sekitar ya.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

buku quotes

200 Quotes Pembingkai Mimpi

Quotes for muslim

Quotes for Muslim

kumpulan quotes dari komik

Kumpulan Quotes dari Komik @SI_BEDIL

super leadership quotes

Super Leadership Quotes

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah