in

Kata-Kata Bijak dalam Hubungan: Motivasi Hubungan Asmara

unsplash.com

Kata-Kata Bijak dalam Hubungan – Dalam sebuah relationship atau hubungan selalu ada banyak momen naik turunnya. Ada hubungan yang berjalan baik dan mulus tanpa ada banyak permasalahan yang berarti. Banyak juga hubungan yang harus melalui banyak rintangan dan permasalahan pelik.

Sehingga terkadang membuat kita ingin menyerah dan berhenti, atau bertahan dan terus melanjutkannya. Tentu, dalam hal ini semuanya akan kembali ke tujuan dan karakter tiap individunya.

Pada dasarnya, dalam sebuah hubungan berpasangan antara lelaki dan perempuan merupakan sebuah tindakan dan perasaan yang melibatkan kedua belah pihak. Sehingga baik dari segi perasaan, perilaku dan apapun yang merupakan give and take perlu dilakukan secara seimbang.

Apabila salah satunya timpang, maka akan ada kemungkinan timbulnya permasalahan. Namun, tidak pernah ada penilaian yang benar-benar akurat akan hal tersebut, mengingat hal ini melibatkan perasaan yang tidak memiliki tolok ukur yang bisa diperhitungkan.

Menjalin hubungan asmara, memang membuat kita jauh lebih bahagia karena mampu mencintai dan merasakan dicintai. Tapi selalu ada risiko yang dalam setiap apa yang kita ambil, begitu pula dalam hubungan asmara.

Setidaknya dengan kita menyadari hal tersebut, kita akan lebih mudah memahami satu sama lain serta tidak mudah menyerah apa bila hubungan dilanda badai yang kuat. Apabila sudah begitu, kadang nasihat dari orang lain ataupun kata-kata bijak bisa membantu kita untuk berpikir dan memahami keadaan.

Berikut ini kumpulan kata-kata bijak dalam hubungan yang bisa membantu kamu memperkuat dan memperbaiki jalinan asmara yang ada.

Kata-Kata Bijak dalam Hubungan
unsplash.com

Kata-Kata Bijak dalam Hubungan Asmara

Bagi beberapa orang, sebuah kata-kata bijak bisa memiliki kekuatan yang mampu menggugah perasaan mereka, atau setidaknya membantu menyadarkan hal-hal yang selama ini mereka lupakan. Oleh karena itu, berikut ulasan seputar kata-kata bijak dalam hubungan yang mungkin bisa membantu kamu dalam menjalin asmara.

Kata-Kata Bijak tentang Makna Cinta

Jika membahas kata-kata bijak tentang makna cinta itu sendiri, maka referensi kata-kata ini banyak kita pelajari dan temukan dari sastrawan legendaris, kutipan dalam karya dan masih banyak lagi. Dari banyaknya kata bijak setidaknya ada sebagian dari gagasan berikut yang relate bagi kita.

Berikut ini beberapa kata-kata bijak tentang cara manusia memandang cinta itu sendiri.

  1. Di mana ada cinta, ada kehidupan – Mahatma Gandhi.
  2. Mencintai berarti mengenali diri sendiri di dalam orang lain – Eckhart Tolle.
  3. Dalam cinta terdapat dua hal, tubuh dan kata-kata –Joyce Carol Oates
  4. Cinta adalah sebuah keinginan yang tak tertahankan yang menjadi diinginkan secara tidak tertahankan – Robert Frost.
  5. Entah dari apa hati kita terbuat, miliknya dan milikku adalah sama – Emily Bronte

Makna cinta itu sendiri sebenarnya sangat luas dan memiliki berbagai arti yang berbeda pada setiap insan yang sedang mencinta. Namun satu hal yang pasti tentang hubungan asmara adalah terdapat sebuah komitmen yang begitu besar di dalamnya.

Entah itu adalah komitmen dalam menjalin hubungan secara nyata dan serius atau komitmen dalam mencintai secara tulus pada orang tersebut. Mencintai seseorang artinya kita secara tulus memberikan seluruh hati dan pemikiran untuknya, mengikatnya dengan sebuah komitmen yang diikuti dengan berbagai kewajiban. Sebagai bentuk tanggung jawab kita pada diri sendiri dan orang yang kita libatkan dalam hidup ini.

  1. Hal terbaik untuk dipegang dalam hidup adalah satu sama lain – Audrey Hepburn.
  2. Dimana ada cinta yang besar, selalu ada kewajiban – Willa Cather.
  3. Cinta itu tidak ada hubunganya dengan apa yang kamu harap bisa didapatkan, hanya dengan apa yang kamu berikan; yang mana adalah segalanya – Katharine Hepburn
  4. Saat kamu merindukan seseorang waktu akan berjalan lambat, saat kamu mencintai seseorang waktu akan berjalan cepat – Taylor Swift.
  5. Tidak seorangpun bisa mengukur, bahkan pujangga, seberapa banyak yang bisa ditampung oleh sebuah hati – Zelda Fitzgerald.

Kata-Kata Bijak untuk yang Sedang Jatuh Hati

Tampaknya tidak ada satu orangpun yang bisa menyangkal bahwa jatuh cinta adalah hal terindah dengan segala resikonya. Namun, namanya orang sedang mencinta bahkan apapun konsekuensi dan resikonya bisa menjadi hal yang positif.

Ketika seseorang sedang jatuh cinta acap kali, kita sering melupakan semua hal selain orang yang kita cintai. Kita jadi menyukai hal-hal yang dia sukai juga, membiasakan diri dan beradaptasi sehingga menciptakan berbagai pengalaman baru yang menarik.

  1. Cinta membuat jiwamu merangkak keluar dari tempat dia bersembunyi – Zora Neale Hurston.
  2. Romantis adalah sebuah kemewahan yang mengubah debu sehari-hari menjadi kabut emas – Elinor Glyn.
  3. Selalu ada kegilaan dalam cinta, namun selalu ada alasan dalam kegilaan itu sendiri – Friedrich Nietzsche.
  4. Aku mencintainya, itulah awal dan akhir dari segalanya – F.Scott Fitzgerald.

Jatuh cinta pada seseorang memang membuat kita bahagia. Seperti sebuah sihir, cinta adalah perasaan unik yang membuat hal-hal sederhana terasa begitu indah dan eksklusif. Tidak hanya itu, ketika seseorang jatuh cinta maka orang tersebut rela melakukan segala hal demi orang yang dicintainya.

Cinta bahkan mampu membuat kita melupakan diri sendiri karena sibuk mengingat si dia yang kita cinta. Maka tidak heran jika banyak yang mengatakan cinta itu memabukkan, atau cinta itu membuat seseorang buta.

  1. Menjadi temanmu adalah salah satu yang aku inginkan, menjadi kekasihmu adalah semua yang pernah aku mimpikan – Valerie Lombardo.
  2. Tujuan hidup manusia, tidak peduli siapa yang mengendalikannya adalah untuk mencintai siapa pun yang ada disekitarnya untuk dicintai – Kurt Vonnegut.
  3. Aku lebih suka menghabiskan satu hidup denganmu, daripada menghadapi semua usia dunia ini sendirian – J.R.R Tolkien.
  4. Aku bersumpah tidak bisa mencintaimu lebih dari yang kulakukan sekarang, namun aku tahu aku akan melakukannya lagi besok – Leo Christopher.
    Padahal dari mana datangnya perasaan cinta itu sendiri tidak pernah ada yang tahu. Kita tidak bisa memaksakan sebuah perasaan untuk memilih mencintai dia atau orang lain. Bahkan kerap sekali, cinta terasa datang tiba-tiba.
    Sebab, perasaan ini bukanlah sesuatu yang bisa kita kendalikan. Sebagai manusia kita hanya bisa menerima dan menata hati.
  5. Aku tak bisa menahan untuk tidak jatuh cinta padamu – Elvis Presley.
  6. Kamu tidak bisa menyalahkan gravitasi karena jatuh cinta – Albert Einstein.

Kata-Kata Bijak dalam Hubungan

Kata-Kata Bijak tentang Patah Hati

Di dunia ini segala hal memiliki resiko dan konsekuensinya masing-masing, bahkan saat manusia jatuh hati. Terkadang tidak semua cinta memiliki akhir cerita yang indah, sebagian mungkin patah dan meninggalkan luka. Namun justru luka dan kesedihan itulah yang mendewasakan seseorang sehingga bisa belajar untuk bersikap lebih baik.

  1. Yang paling menyedihkan dari cinta adalah bahwa cinta tidak akan bertahan selamanya, jika patah hati cepat dilupakan – William Faulkner.
  2. Kadang hal baik bisa berantakan bersamaan dengan datangnya hal-hal yang jauh lebih baik – Marilyn Monroe.
  3. Patah hati adalah rasa sakit yang diperlukan untuk tumbuh sehingga kamu bisa lebih mencintai saat hal-hal yang lebih nyata datang bersamaan – J.S.B Morse.
  4. Surga tidak pernah mengabaikan tangisan dari hati yang patah – Toba Beta.
  5. Hati tidak akan pernah praktis sampai mereka dibuat tak terpatahkan – Tin Man.

Kendati tidak semua orang bisa berdamai dengan mudah atas luka hati mereka, atas harapan yang patah, tapi bukan berarti sebuah luka tidak bisa sembuh. Sama seperti ketika jatuh cinta, ketika seseorang patah hati juga akan memiliki cara yang berbeda untuk menyembuhkan perasaannya.

Tapi satu hal yang perlu kita sadari adalah semua orang pernah mengalaminya, sehingga alih-alih harus meratapinya sendirian, biarkan waktu yang menyembuhkannya. Dalam hidup sama halnya dengan kebahagiaan, kesedihan juga tidak bertahan lama. Bertahan dan move on untuk hidup di masa depan merupakan suatu pilihan yang terbaik.

  1. Jangan pernah mencintai seseorang yang memperlakukanmu seperti kamu adalah orang biasa – Oscar Wilde.
  2. Hanya waktu yang mampu menyembuhkan patah hatimu. Sebagaimana hanya waktu yang bisa menyembuhkan patah tangan dan kakinya – Miss Piggy.
  3. Kematian meninggalkan duka yang tidak dapat disembuhkan oleh siapapun, cinta meninggalkan kenangan yang tidak dapat dicuri oleh siapapun – Richard Puz.
  4. Suatu hari kamu akan ingat aku dan seberapa besar aku mencintaimu, kemudian kamu akan membenci dirimu sendiri karena telah merelakan aku pergi – Aubrey Drake Graham.

Kata-Kata Bijak dalam Hubungan

Kata Bijak dalam Hubungan yang Sedang Menghadapi Masalah

Mempertahankan hubungan cinta nyatanya tidak semudah menjalin hubungan yang baru. Ketika kamu sudah menjalin asmara bersama seseorang dalam waktu lama, ada kalanya kita ditempatkan pada situasi dimana harus menghadapi sejumlah permasalahan.

Oleh karena itu, kadang kata-kata bijak bisa membantu kamu untuk bertahan dalam menghadapi sejumlah masalah. Berikut ini beberapa kata-kata bijak yang bisa menjadi motivasi kamu untuk mempertahankan hubungan.

  1. Jika kamu menemukan seseorang yang kamu cintai dalam hidup, maka pertahankan cinta itu – Putri Diana.
  2. Saat kamu harus memilih antara bertahan atau melepaskan, maka dengarkan logikamu. Sebab jika tulus, hatimu tidak akan memberi pilihan.
  3. Selalu punya keberanian untuk percaya pada cinta sekali lagi dan selalu sekali lagi – Maya Angelou.
  4. Cinta itu bukannya menatap satu sama lain, melainkan melihat ke luar bersama dengan arah yang sama – Antoine de Saint-Exupery.
  5. Cinta itu berapi-api. Tapi entah akan menghangatkan hatimu atau membakar habis rumahmu, kamu tidak pernah tahu – Joan Crawford.

Kata-Kata Bijak dalam Hubungan yang Dikutip dari Film

Tidak jarang, ketika menghadapi sejumlah permasalahan yang menyangkut perasaan pada seseorang, kita justru mendapatkan motivasi dari film atau tayangan yang sedang kita tonton. Meskipun kebanyakan kisahnya memang fiksi, namun tidak bisa dipungkiri banyak dari kisah tentang hubungan percintaan yang ada di dalam film relate dengan kondisi kita.

Sebab, alur cerita dalam sebuah karya seperti film juga mengambil banyak inspirasi dari kehidupan nyata, sehingga wajar jika kamu akan merasa relate dengan beberapa situasi pada film. Berikut ini beberapa kalimat yang dikutip dari film yang mengandung kata-kata bijak dan petuah dalam hubungan asmara.

  1. Sebuah hubungan, menurutku seperti seekor hiu. Harus bergerak konstan kedepan atau dia akan mati. Dan menurutku, yang kita miliki ini adalah seekor hiu mati. – Alvy Singer, Annie Hall
  2. Cinta kita itu seperti udara, aku tidak bisa melihatnya tapi aku bisa merasakannya. – A Walk to Remember
  3. Medis, hukum, bisnis, teknik ini semua adalah pengerjaan yang mulia dan diperlukan untuk melanjutkan kehidupan. Tapi puisi, keindahaan, romansa, cinta ini semua adalah yang kita butuhkan untuk tetap hidup. – Dead Poet Society
  4. Tidak masalah apakah lelaki itu sempurna atau perempuan itu sempurna, selama mereka berdua bisa saling menyempurnakan satu sama lain. – Sean, Good Will Hunting
  5. Hal terbaik yang akan pernah kamu pelajari adalah mencintai dan dicintai sebagai balasannya. – Christian, Moulin Rouge
  6. Cinta adalah gairah, obsesi, seseorang yang mana kamu tidak bisa hidup tanpanya. Jika kamu tidak memulainya seperti itu, seperti apa kamu akan mengakhirinya? – Meet Joe Black
  7. Cinta berarti takkan harus membuatmu menyesal. – Love Story

Dalam hubungan percintaan, kadang semua itu dimulai dengan berbagai cara saat menyatakan cinta itu sendiri. Berbagai cara mengungkapkan perasaan dan kasih sayang juga sering ditunjukan secara bervariasi dalam sebuah film. Berikut beberapa kutipan bijak dari film tentang menyatakan cinta pada seseorang.

  1. Aku datang kesini malam ini karena ketika kamu sadar kamu ingin menghabiskan sepanjang hidupmu dengan seseorang, kamu pasti ingin memulainya secepat mungkin. – When Harry Meet Sally
  2. Bagiku, kamu sempurna. – Love Actually
  3. Kamu melengkapiku. – Jerry Maguire
  4. Kau membuatku ingin menjadi pria yang lebih baik. – as Good as It Gets
  5. Aku lebih memilih mati besok dari pada hidup seribu tahun tanpa mengenalmu. – Pocahontas
  6. Aku sangat menyukaimu. Apa adanya kamu. – Bridget Jones’s Diary
  7. Aku tak bisa menemukan hal yang tidak aku sukai tentangmu. – Eternal Sunshines of the Spotless Mind
  8. Aku harap, aku bisa menyelesaikan semua yang ada di dunia ini bersamamu. (The Great Gatsby)
  9. Aku mencintaimu tanpa tahu bagaimana, mengapa dan di mana. – Patch Adams

Ungkapan cinta yang tulus kadang juga terasa begitu memilukan, sehingga mampu membuat setiap orang yang melihatnya menjadi tersedu-sedu karena haru atau bahkan ironis. Namun, justru hal ini mampu menunjukan seberapa besar seseorang tulus mencintai.

  1. Aku benci caraku tak bisa membencimu. Tidak mendekati, tidak sedikitpun, sama sekali tidak. – 10 Things I Hate About You
  2. Andai aku tahu caranya melepaskanmu. – Brokeback Mountain
  3. Kamu tak bisa mengendalikan kenyataan. – A Few Good Men
  4. Aku mengarang tarian baru. Namanya ‘Move on Dari Hidupmu’. – Sky Corrigan, Superstar

Ketika menjalin hubungan, kadang terasa indah dan mulus, namun sering juga terjadi banyak permasalahan. Sebab, hubungan asmara melibatkan dua orang yang berbeda, maka sebenarnya ini merupakan suatu hal yang wajar.

Semakin besar cinta tumbuh diantara dua insan, semakin besar pula badai yang akan menghantamnya. Tapi bukannya untuk menyerah, jika cinta terjalin secara tulus maka hal tersebut justru membuat hubungan kamu semakin kuat.

Oleh karena itu, melalui petuah dari orang tua, saran dari kawan, sejumlah kata-kata bijak mungkin bisa memberikan pencerahan atas segala bentuk masalah yang sedang dihadapi. Jika kamu merasa kumpulan kata-kata ini masih kurang meyakinkan perasaanmu, mungkin dengan mengikuti sebuah kisah yang sama denganmu bisa membantu kamu memahami situasi.

Ada banyak kisah hubungan percintaan mulai dari yang manis hingga tragis, yang pernah dibuat di dunia ini. Banyak kisah yang dituturkan lewat karya seperti film, ada pula yang tertulis rapi dalam sebuah buku.

Jika kamu tertarik membaca kisah percintaan yang inspiratif seperti Fault in Our Stars karya John Green, atau Pride and Prejudice yang terkenal milik Jane Austen, kamu bisa mendapatkan bukunya di Gramedia!

Grameds bisa membaca buku-buku terkait kata-kata bijak maupun cerita atau kisah-kisah terkait hubungan asmara tersebut di gramedia.com. Sebab sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia akan selalu memberikan produk-produk terbaik, agar kamu memiliki infromasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Inka

 

Apa arti kata bijaksana?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata bijaksana adalah pandai dan hati-hati (cermat, teliti, dan sebagainya) apabila menghadapi kesulitan dan sebagainya. Contoh: Dengan bijaksana ia menjawab pertanyaan yang bersifat menjerat.

Apa itu motivasi dan tujuannya?

Secara umum tujuan motivasi adalah untuk menggerakkan atau menggugah seseorang agar secara sadar dan sengaja timbul keinginan dan kemampuannya untuk melakukan sesuatu sehingga dapat memperoleh hasil dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Apakah motto hidup sama dengan quotes?

Lalu, apakah motto itu sama dengan kutipan hidup? Tidak. Motto hidup berbeda dengan kutipan hidup yang sering kita dengar dari banyak orang-orang sukses atau bahkan pahlawan di seluruh penjuru dunia.

 

 

Buku & Quotes Yang Lainnya

1. Buku 2. Quotes dan Kata Bijak Lainnya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda