in

Kata-Kata Tentang Sholat yang Penuh Makna

Kata-kata tentang sholat – Umat Islam tentunya tidak asing lagi dengan perintah dari Allah yang dilakukan setiap harinya, yaitu sholat. Sholat merupakan salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat muslim, dan jika ditinggalkan, maka akan mendapatkan dosa. Dengan melakukan ibadah maka menjadi jalan untuk lebih dekat dan bertaqwa kepada Allah SWT. Apabila kita terbiasa untuk menjalankan ibadah sholat, maka tidak akan merasa terbebani karena sholat.

Shalat adalah tiang agama bagi Islam. Shalat dalam bahasa memiliki arti doa. Sedangkan menurut istilah syara’, sholat adalah salah satu macam ibadah yang terdiri dari beberapa bacaan dan perbuatan yang diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.

Sholat sendiri terdiri dari sholat wajib dan sholat sunnah. Sholat wajib adalah shalat yang harus dilakukan oleh umat muslim dan jika dilanggar akan mendapatkan dosa yang sangat besar.

Hal ini karena sholat wajib adalah perintah yang diberikan langsung oleh Allah SWT. Sedangkan sholat sunnah merupakan sholat yang apabila dikerjakan mendapatkan pahala yang setimpal dan apabila tidak dikerjakan tidak akan mendapatkan dosa.

Kata-Kata Tentang Sholat

pexels.com/Michael Burrows

Orang yang senantiasa rajin melaksanakan ibadah akan mendapatkan ketenangan dalam menjalani kehidupan serta hatinya juga akan selalu dalam kedamaian serta mendapatkan hidup dengan penuh kekuatan serta keikhlasan. Berikut ini kata-kata tentang sholat yang telah dirangkum melalui berbagai sumber, yaitu:

  1. “Ibadah shalat itu tak hanya membawa ketenangan di dunia, namun juga di akhirat.”
  2. “Jangan pernah melewatkan ibadah dan shalat. Karena ada jutaan manusia di alam kubur yang ingin dihidupkan kembali hanya untuk beribadah dan bisa sholat kembali.”
  3. “Shalat adalah obat dari segala kegelisahan.”
  4. “Shalat adalah obat bagi jiwa yang hampa, pikiran yang bimbang, dan hati yang terluka.”
  5. “Nilai seseorang itu akan dapat dilihat dari bagaimana ketaatannya kepada Allah SWT.”
  6. “Orang yang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tetapi orang yang terus istiqomah di tengah godaan dan terus beribadah kepada Allah SWT.”
  7. “Teruslah beribadah sekalipun kamu merasa dirimu tak layak. Teruslah shalat sekalipun kamu seorang pendosa.”
  8. “Dengan beribadah, seseorang akan tau cara terbaik untuk bersyukur. Dan dengan shalat maka itu akan mencerminkan siapa dirimu.”
  9. “Beribadahlah dengan ikhlas, karena dengan keterpaksaan semua akan menjadi tak nyaman. Shalatlah dengan khusyu agar mendapat keberkahan.”

Ada beberapa hal yang membedakan hadits dan juga Al-Qur’an. Al-Qur’an sendiri harus dipegang ketika kita dalam keadaan suci dari hadas kecil atau hadas besar, sedangkan hadits boleh dibaca walaupun kita tidak sedang dalam keadaan suci. Ayat-ayat Al-Qur’an adalah ayat yang harus dibaca ketika umat Islam melaksanakan shalat, sedangkan hadits tidak boleh dibaca ketika shalat.

Untuk yang ingin mencari tahu lebih dalam lagi tentang hadits… Yuk kita baca buku Hadits Shahih Bukhari – Muslim.

  1. “Bersyukurlah atas yang kamu miliki saat ini karena masih banyak orang di sekeliling kamu yang masih kurang beruntung. Lakukanlah hal itu dengan beribadah dan terus berdo’a kepada Allah SWT.”
  2. Ketika perjalanan hidup terasa membosankan. Maka Tuhan memberikan jalan melalui ibadah. Shalatlah dan dekatkan diri kepada Allah SWT.”
  3. “Potensi diri manusia bukanlah hanya sekadar alat survival, namun shalat adalah alat untuk mendekati sang pencipta kehidupan.”
  4. “Jangan berhenti menjadi baik, begitu pula dalam beribadah. Serta janganlah kamu meninggalkan shalat, karena sesungguhnya shalat itu tiang agama.”
  5. “Seandainya kamu tahu betapa dahsyatnya sujud, kamu pasti tidak akan pernah mengangkat kepalamu dari tanah.”
  6. “Jangan pernah melewatkan shalat karena ada jutaan manusia di alam kubur yang ingin dihidupkan kembali hanya untuk bersujud kepada Allah sekali lagi.”
  7. “Di antara keindahan Islam adalah kamu mendoakan saudara-saudari sesama Muslim tanpa mengenal mereka, dan sebagai gantinya malaikat turut memanjatkan doa untukmu.” – Dr. Bilal Philips
  8. “Doa yang paling cepat dikabulkan adalah doa secara sembunyi-bunyi yang dipanjatkan untuk orang lain.” – Ibnu Taimiyyah
  9. “Jika Allah berkehendak, hal itu akan terjadi. Teruslah berdoa dan jangan membuat dirimu tertekan.”
  10. “Jika pekerjaan adalah alasan kenapa kamu melewatkan shalat, maka tidak akan ada keberkahan dari penghasilan yang kamu peroleh dan pekerjaan itu tidak layak bagimu Karena salah tetap harus diutamakan.”
  11. “Sungguh aneh, telinga kita begitu sensitif saat mendengar bunyi nada dering HP, tapi seolah tuli saat mendengar panggilan untuk shalat.” – Dr. Bilal Philips
  12. “Doa itu bukan untuk mengingatkan Allah tentang masalah yang sedang kamu hadapi, tetapi doa adalah mengingatkanmu akan siapa Allah itu.”
  13. “Ketika kamu berdoa kepada Allah, lakukanlah dengan sepenuh hati, dengan keyakinan bahwa apa yang kamu minta kepada-Nya akan dikabulkan. Berdoalah dengan penuh tawakal kepada Allah, maka kamu akan menemukan dirimu berada di sisi lain.”
  14. “Shalat adalah obat bagi jiwa yang hampa, pikiran yang bimbang, dan hati yang terluka.”
  15. “Menetapkan shalat, membayar zakat dan sujud di hadapan-Nya bersama dengan mereka yang sujud.”
  16. “Dan tegakkanlah doa di kedua ujung siang hari dan menjelang malam. Sungguh, perbuatan baik menyingkirkan perbuatan salah. Itu adalah pengingat bagi mereka yang mengingat.” (Al-Quran 11: 114)
  17. “Dan ketika shalat telah selesai, bubarlah di tanah dan cari dari karunia Allah, dan ingatlah Allah sesering mungkin agar kamu berhasil.” (Al-Quran 62:10)
  18. “Dan jika kamu takut pada musuh, maka berdoalah dengan berjalan kaki atau berkuda. Tetapi, ketika kamu merasa aman, maka ingatlah Allah dalam doa karena Dia telah mengajarimu apa yang tidak kamu sebelumnya ketahui.” (Al-Quran 2: 239)
  19. “Shalat adalah rukun Islam bukan hanya bagian dari Ramadhan.”
  20. “Jadilah Muslim sepanjang hari. Bukan hanya lima kali sehari.”
  21. “Doa bukan untuk Allah, itu untuk dirimu sendiri. Allah tidak membutuhkan doa, tapi kita membutuhkannya.”
  22. “Jarak terpendek antara masalah Anda dan solusinya adalah jarak antara lutut dan lantai.”
  23. “Yang maha kuasa dan maha besar adalah Allah Yang Maha Kuasa. Carilah hanya Allah dan tidak ada orang lain.”
  24. “Semua orang menginginkan doanya dikabulkan tepat waktu, tapi masalahnya tidak ada yang mau mengerjakan shalat tepat waktu.”
  25. “Selama kamu mengingat Allah, maka kamu sedang berdoa, bahkan jika kamu berada di pasar.”
  26. “Yang paling dimuliakan tidak lain adalah Allah Yang Maha Kuasa dan tidak ada orang lain. Yang terbesar dan maha kuasa adalah hanya Allah SWT. Maka berdoalah hanya pada-Nya dan bukan dari yang lain.”
  27. “Dan mencari bantuan melalui kesabaran dan doa, dan memang, itu sulit kecuali bagi mereka yang dengan rendah hati tunduk.”
  28. “Jaga apa yang ada di antara kamu dan Allah, dan dia akan menjaga apa yang ada di antara kamu dan orang-orang.”
  29. “Doa yang dibuat di tahajud seperti anak panah yang tidak meleset dari sasarannya.” – Imam Shafie
  30. “Terkadang, yang dibutuhkan hanyalah satu doa untuk mengubah segalanya.”
  31. “Keindahan subuh adalah mengetahui bahwa Allah (SWT) memilihmu untuk berada di antara orang-orang yang menyembah-Nya sementara seluruh dunia tidur.”
  32. “Kita tidak punya hak untuk berjalan di tanahnya jika kita tidak punya waktu untuk memikirkan shalat.”
  33. “Ubah setiap kecemasan, ketakutan, dan perhatian menjadi doa. Anggap saja sebagai alasan lain untuk berada di sujud posisi di mana kamu paling dekat dengan Allah.”
  34. “Nabi SAW berkata, antara ketidakpercayaan dan iman adalah meninggalkan shalat.” – Tirmidzi
  35. “Jadilah Muslim sepanjang hari. Bukan hanya lima kali sehari.”
  36. “Doa bukan untuk Allah, itu untuk dirimu sendiri. Allah tidak membutuhkan doa, tapi kita membutuhkannya.”
  37. “Yang maha kuasa dan maha besar adalah Allah Yang Maha Kuasa. Carilah hanya Allah dan tidak ada orang lain.”
  38. “Semua orang menginginkan doanya dikabulkan tepat waktu, tapi masalahnya tidak ada yang mau mengerjakan shalat tepat waktu.”
  39. “Selama kamu mengingat Allah, kamu sedang berdoa, bahkan jika kamu berada di pasar.”
  40. “Yang paling dimuliakan tidak lain adalah Allah Yang Maha Kuasa dan tidak ada orang lain. Yang terbesar dan maha kuasa adalah hanya Allah SWT. Maka berdoalah hanya pada-Nya dan bukan dari yang lain.”
  41. “Dan mencari bantuan melalui kesabaran dan doa, dan memang, itu sulit kecuali bagi mereka yang dengan rendah hati tunduk.”

Semua umat Islam diwajibkan untuk menunaikan sholat, karena sholat merupakan rukun Islam yang kedua. Sholat wajib yang perlu dilakukan oleh seorang muslim adalah sebanyak lima waktu.

Melalui buku Kitab Pengetahuan Sholat Wajib dan Sunah, Anda dapat menggunakannya sebagai panduan untuk memahami tata cara sholat secara lengkap (sholat wajib dan sunah). Selain itu, buku ini juga dapat digunakan sebagai rujukan bagi orang-orang yang sedang belajar ilmu fikih sholat.

  1. “Doa adalah pertukaran yang luar biasa. Kamu menyerahkan kekhawatiranmu kepada Allah dan Allah menyerahkan berkah-Nya kepadamu.”
  2. “Seorang pria bertanya kepada Nabi Muhammad SAW. Apa jenis perbuatan yang terbaik disisi Tuhan. Dia menjawab, untuk berdoa tepat waktu.” – Sahih Bukhari
  3. “Dosa membawamu menjauh dari Allah. Shalat dan berdoa membawamu kembali kepada Allah.”
  4. “Nabi Muhammad SAW: Jika orang tahu tentang pahala untuk sholat isya dan fajar, mereka akan datang (ke masjid) bahkan jika mereka harus merangkak.”
  5. “Bagaimana seseorang akan mencintaimu ketika mereka bahkan tidak mencintai orang yang menciptakan kamu?”
  6. “Allah punya waktu untuk mendengarkan, maka berdoalah setiap waktu agar kamu mendapatkan rahmat-Nya.”
  7. “Doa lebih baik dari pada tidur.” -Ibn Majah
  8. “Dan setelah kamu menyelesaikan shalat, ingatlah Allah berdiri, duduk, atau berbaring di sisimu. Tetapi, ketika kamu merasa aman, tegakkan kembali doa secara teratur. Sungguh, doa telah ditetapkan atas orang-orang percaya sebuah dekrit waktu tertentu.” (Al-Quran 4: 103)
  9. “Ketika kamu berdiri untuk doamu, berdoalah seolah-olah kamu sedang mengucapkan selamat tinggal. Jangan mengatakan apapun yang kamu harus minta maaf, dan melepaskan keinginan untuk mendapatkan apa yang orang lain miliki.” – Abu Ayyub
  10. “Carilah perlindungan Allah dari setan dan segala jenis kejahatan dengan mengingat-Nya setiap saat dalam doamu. Biarkan positivisme dan getaran baik memasuki hidupmu.”
  11. “Jaga apa yang ada di antara kamu dan Allah, dan dia akan menjaga apa yang ada di antara kamu dan orang-orang.”
  12. “Doa yang dibuat di tahajud seperti anak panah yang tidak meleset dari sasarannya.” – Imam Shafie
  13. “Terkadang, yang dibutuhkan hanyalah satu doa untuk mengubah segalanya.”
  14. “Keindahan subuh adalah mengetahui bahwa Allah (SWT) memilihmu untuk berada di antara orang-orang yang menyembah-Nya sementara seluruh dunia tidur.”
  15. “Kita tidak punya hak untuk berjalan di tanahnya jika kita tidak punya waktu untuk memikirkan shalat.”
  16. “Ubah setiap kecemasan, ketakutan, dan perhatian menjadi doa. Anggap saja sebagai alasan lain untuk berada di sujud posisi di mana kamu paling dekat dengan Allah.”
  17. “Nabi SAW berkata, antara ketidakpercayaan dan iman adalah meninggalkan shalat.” – Tirmidzi
  18. “Doa adalah pertukaran yang luar biasa. Kamu menyerahkan kekhawatiranmu kepada Allah dan Allah menyerahkan berkah-Nya kepadamu.”
  19. “Seorang pria bertanya kepada Nabi Muhammad SAW. Apa jenis perbuatan yang terbaik di sisi Tuhan. Dia menjawab, untuk berdoa tepat waktu.” – Sahih Bukhari
  20. “Dosa membawamu menjauh dari Allah. Shalat dan berdoa membawamu kembali kepada Allah.”
  21. “Nabi Muhammad SAW: Jika orang tahu tentang pahala untuk sholat isya dan fajar, mereka akan datang (ke masjid) bahkan jika mereka harus merangkak.”
  22. “Bagaimana seseorang akan mencintaimu ketika mereka bahkan tidak mencintai orang yang menciptakan kamu?”

Wudhu dan shalat tidak akan selalu berkaitan. Maka dari itu, bagi seorang Muslim, ada baiknya untuk mendalami lebih lanjut lagi seputar wudhu dan shalat melalui buku Lebih Memahami Wudhu dan Sholat.

The Architecture of Love | Di balik Pena

  1. “Seandainya kamu tahu betapa dahsyatnya sujud, kamu pasti tidak akan pernah mengangkat kepalamu dari tanah.”
  2. “Jangan pernah melewatkan sholat karena ada jutaan manusia di alam kubur yang ingin dihidupkan kembali hanya untuk bersujud kepada Allah sekali lagi.”
  3. “Di antara keindahan Islam adalah kamu mendoakan saudara-saudari sesama Muslim tanpa mengenal mereka, dan sebagai gantinya malaikat turut memanjatkan doa untukmu.” – Dr. Bilal Philips
  4. “Doa yang paling cepat dikabulkan adalah doa secara sembunyi-bunyi yang dipanjatkan untuk orang lain.” – Ibnu Taimiyyah
  5. “Jika Allah berkehendak, hal itu akan terjadi. Teruslah berdoa dan jangan membuat dirimu tertekan.”
  6. “Jika pekerjaan adalah alasan kenapa kamu melewatkan shalat, maka tidak akan ada keberkahan dari penghasilan yang kamu peroleh dan pekerjaan itu tidak layak bagimu Karena salah tetap harus diutamakan.”
  7. “Sungguh aneh, telinga kita begitu sensitif saat mendengar bunyi nada dering HP, tapi seolah tuli saat mendengar panggilan untuk shalat.” – Dr. Bilal Philips
  8. “Doa itu bukan untuk mengingatkan Allah tentang masalah yang sedang kamu hadapi, tetapi doa adalah mengingatkanmu akan siapa Allah itu.”
  9. “Ketika kamu berdoa kepada Allah, lakukanlah dengan sepenuh hati, dengan keyakinan bahwa apa yang kamu minta kepada-Nya akan dikabulkan. Berdoalah dengan penuh tawakal kepada Allah, maka kamu akan menemukan dirimu berada di sisi lain.”
  10. “Shalat adalah obat bagi jiwa yang hampa, pikiran yang bimbang, dan hati yang terluka.”
  11. “Menetapkan shalat, membayar zakat dan sujud di hadapan-Nya bersama dengan mereka yang sujud.”
  12. “Dan tegakkanlah doa di kedua ujung siang hari dan menjelang malam. Sungguh, perbuatan baik menyingkirkan perbuatan salah. Itu adalah pengingat bagi mereka yang mengingat.” (Al Quran 11: 114)
  13. “Dan ketika shalat telah selesai, bubarlah di tanah dan cari dari karunia Allah, dan ingatlah Allah sesering mungkin agar kamu berhasil.” (Al Quran 62:10)
  14. “Dan jika kamu takut pada musuh, maka berdoalah dengan berjalan kaki atau berkuda. Tetapi, ketika kamu merasa aman, maka ingatlah Allah dalam doa karena Dia telah mengajarimu apa yang tidak kamu sebelumnya ketahui.” (Al Quran 2: 239)”If your job is the reason you miss Salah, there will be no blessing in your income and that job is not worth having. Salah comes first.”

(Jika pekerjaan adalah alasan kenapa kamu melewatkan shalat, maka tidak akan ada keberkahan dari penghasilan yang kamu peroleh dan pekerjaan itu tidak layak bagimu. Karena shalat tetap harus diutamakan)

  1. “If your legs can’t take you to prayer, then how do you expect them to carry you to Jannah?.” – Dr. Bilal Philips

(Jika kaki yang kamu miliki saja tidak bisa membawamu mendatangi shalat, lalu bagaimana kamu mengharapkan kakimu itu akan membawamu ke surga?.) – Dr. Bilal Philips

  1. “Strange how sensitive our ears are to the beep of our phones, yet deaf to the call of Sal?h.” – Dr. Bilal Philips

(Sungguh aneh, telinga kita begitu sensitif saat mendengar bunyi nada dering hp, tapi seolah tuli saat mendengar panggilan untuk shalat.) – Dr. Bilal Philips

  1. “Praying five times a day does not make you pious, it makes you a Muslim. If you don’t pray then ask yourself, what are you?”

(Menegakkan shalat lima kali sehari tidak serta merta menjadikanmu orang yang saleh, itu baru menjadikanmu seorang Muslim. Jika kamu tidak mengerjakan shalat maka coba tanyakan pada dirimu sendiri, kamu itu apa?)

Demikian pembahasan tentang kata-kata tentang sholat. Semoga semua pembahasan di atas dapat bermanfaat dan meningkatkan rasa rajin dalam melakukan ibadah sholat.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jika ingin mencari buku seputar sholat, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Rujukan:

  • https://m.kumparan.com/amp/inspirasi-kata/14-kata-bijak-sholat-untuk-menyemangati-diri-1y9pmz8ZJBM
  • https://www.bola.com/ragam/read/4546219/40-kata-kata-inspirasi-bijak-islami-seputar-doa-dan-salat-kunci-kehidupan
  • https://www.merdeka.com/jabar/kata-mutiara-tentang-sholat-5-waktu-inspiratif-dan-penuh-makna-mendalam-kln.html?page=3
  • https://mutiaraislam.net/kata-mutiara-islam-tentang-shalat/

 

Buku & Quotes Yang Lainnya

1. Buku 2. Quotes dan Kata Bijak Lainnya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Yufi

Saya biasa dipanggil dengan nama Yufi. Saya senang menulis karena dengan menulis wawasan saya bertambah. Tema yang saya sukai adalah tema agama Islam dan juga quotes.

Kontak media sosial Instagram saya Yufi Cantika