in

Ucapan Selamat Menikah Bahasa Arab

Ucapan selamat menikah bahasa Arab – Pernikahan adalah ibadah yang begitu suci dan mulia, di dalam agama islam sendiri pernikahan digambarkan dengan kata mitsaqan ghalizha, yaitu janji yang sangat agung. Menikah adalah salah satu sunnah dalam Islam.

Melalui ibadah pernikahanlah sepasang kekasih halal dan sah secara ikatan untuk mengarungi bahtera rumah tangga. Pernikahan tidak hanya mempertemukan dua insan laki-laki dan perempuan saja, tetapi juga dengan kedua keluarga. Maka jelaskanlah, restu dan juga ridho dari kedua orang tua adalah sesuatu yang harus dipenuhi dan diperhatikan.

Oleh karena itu, doa yang paling penting adalah doa dari wali dari masing-masing mempelai agar berkahnya pernikahan yang dijalani. Semoga senantiasa Allah Subhanahu wa ta’ala melimpahkan rahmatNya untuk kita semua.

Sebaik-baiknya doa, adalah doa yang diajarkan Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam. yang kita ikuti melalui para ulama. Barangkali, diantara kita ada yang memberikan ucapan selamat kepada pengantin dengan ucapan doa pula.

Tujuan dalam pernikahan yakni di antara untuk berjuang hidup bersama untuk melestarikan kehidupan dalam ridho Allah Ta’ala. Menikah menjadi salah satu momen paling membahagiakan bagi dua insan yang saling mencintai. Menikah juga adalah momen sakral karena setiap orang harapannya hanya terjadi sekali seumur hidup.

Pada setiap resepsi pernikahan, masyarakat kita mempunyai budaya membawa hadiah dan memberi ucapan selamat kepada mempelai pengantin baru. Lalu, ada juga yang memberikan ucapan dengan bahasa daerah, bahasa nasional (Indonesia), bahasa Inggris bahkan ada yang menggunakan bahasa Arab.

Ucapan untuk sebuah pernikahan merupakan sebuah doa untuk pernikahan tersebut. Sebaik-baiknya doa, adalah doa yang diajarkan Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam. yang kita ikuti melalui para ulama. Barangkali, diantara kita ada yang memberikan ucapan selamat kepada pengantin dengan ucapan doa pula.

 

M. M. A. al-Hanafy JANGAN TAKUT MENIKAH

Menjalani hidup bersama selamanya sampai maut memisahkan, saling mencintai dan hidup bahagia hingga memiliki keturunan yang baik dan sehat adalah keinginan dari banyak pasangan yang menikah. Harapan-harapan tersebut bukan hal yang muluk-muluk jika diusahakan bersama-sama. Bukan hal yang sulit pula jika saling mengerti.

Jika teman atau keluarga Anda baru saja menikah ucapkanlah selamat dan doakanlah yang terbaik untuk kehidupan pernikahannya. Anda bisa mengucapkannya dalam bahasa apapun salah satunya dengan bahasa Arab. Turut merayakan kebahagiaan teman atau kerabat yang menikah dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan memberikan ucapan selamat.

Namun, sering kali kita kebingungan dalam menentukan kalimat dan kata-kata yang menarik dan berkesan untuk diucapkan. Sudah mengarang dengan mengetik panjang lebar, hapus kembali sampai akhirnya bingung sendiri apakah pesan yang akan Anda kirimkan sudah tepat atau belum. Terlebih, jika Anda ingin membuat ucapan yang berkesan juga akan memikirkan penggunaan bahasa, kepercayaan, formal maupun casual.

Bagi Anda yang sedang mencari ide ucapan pernikahan yang unik dan dapat memberikan kesan yang baik, Anda bisa melihat rangkaian sejumlah ucapan pernikahan berikut.

Ucapan Selamat Menikah Islami Bahasa Arab

Ucapan selamat menikah bahasa Arab

pixabay

Dalam mengucapkan selamat menikah menggunakan bahasa apapun tidak salah. Akan tetapi, jika ada yang lebih baik maka kita ambil yang sebaik-baiknya tersebut, yaitu doa pernikahan untuk pengantin baru sesuai yang telah Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa sallam ajarkan kepada umatnya.

Berikut beberapa ucapan selamat menikah Islami dalam bahasa Arab, latin, dan artinya yaitu:

Ucapan 1

Latin: “Barakallahu laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khairin.”

Artinya: “Mudah-mudahan Allah memberkahi engkau dalam segala hal dan mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan.” (HR. Abu Dawud, Ahmad, Tirmidzi)

Adapun ucapan selamat menikah dalam bahasa Arab selain dari keterangan hadits, maka dapat menggunakan berikut ini yaitu:

Ucapan 2

Latin: “Alfu mabruk lil’arusi wal’arisi ‘ala zawajis-sa’idi.”

Artinya: “Selamat kepada kedua mempelai atas pernikahan bahagia.”

Ucapan 3

Latin: “Alfu mabruk ala ‘arusaini fil alami.”

Artinya: “Selamat untuk pengantin baru paling manis di dunia.”

Ucapan 4

Latin: “Alfu mabruk ijmali ‘arusaini.”

Artinya: “Selamat untuk pengantin baru yang paling cantik.”

Ucapan 5

Latin: “Tahanina, tamniyyatuna lakum bidawamis-saadati.”

Artinya: “Selamat, Kami berharap Anda terus bahagia.”

Ucapan 6

Latin: “Ahlat-tahani wa ajmalul-umniyyati bi munasabati zawajikuma.”

Artinya: “Selamat dan harapan terbaik atas kesempatan pernikahan Anda.” (M. Zidni Nafi’)

 Abu Salman Farhan Al-atsary Menikah untuk Bahagia: Sebuah Mahar Cinta

Ucapan Selamat Menikah Inspiratif

Ucapan selamat menikah bahasa Arab

pixabay

Kemudian, berikut ini adalah ucapan selamat menikah dalam bahasa Arab, inspiratif dan penuh harapan telah dirangkum dari berbagai sumber yaitu :

  • Alfu mabruk lil’arusi wal’arisi ‘ala zawajir-sa’idi.

Artinya: “Selamat kepada kedua mempelai atas pernikahan bahagia.”

 

  • Tahanina, tamniyyatuna lakum bidawamis-saadati.

Artinya: “Selamat, Kami berharap Anda terus bahagia.”

 

  • Alat-tahani wa ajmalul-umniyyati bi munasabati zawajikuma.

Artinya: “Selamat dan harapan terbaik atas kesempatan pernikahan Anda.” (M. Zidni Nafi’)

  • Jangan menikah hanya karena didesak umur. Menikahlah kalau kamu sudah yakin bahwa dengannya surga akan lebih dekat kepadamu.
  • Pernikahan yang bahagia adalah menyatunya dua insan yang bersedia saling mengerti, memahami, dan saling memaafkan.
  • Wanita shalihah tidak pernah takut menikah dengan lelaki yang miskin harta. Melainkan yang ditakutkan adalah menikah dengan lelaki yang miskin ilmu dan miskin tanggung jawab.
  • Tujuan dalam pernikahan bukan untuk berpikir sama, tapi untuk berpikir bersama.
  • Janganlah engkau menuntut pasanganmu untuk sempurna, tapi sempurnakanlah dirimu agar engkau mampu menutupi kekurangannya.
  • Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi Kaum yang berpikir. (QS. Ar-Rum: 21).
  • Tidak pernah didapat bunga-bunga cinta antara dua orang yang memadu cinta sebagaimana pada dua orang yang telah menikah. (HR. Ibnu Majah no: 1847, dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih Ibnu Majah no: 1497).
  • Dan pergaulilah mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah SWT menjadikan padanya kebaikan yang banyak. (QS. An-Nisa’: 19).
  • Aku akan menjamin sebuah rumah di tepi surga bagi siapa saja yang meninggalkan perdebatan meskipun dia yang benar. (HR. Abu Daud no. 4800 dan dihasankan oleh Al-Albani dalam Shahihul jami’ no.1464).
  • Tidaklah Rasulullah mencela suatu makanan sedikitpun. Seandainya beliau menyukainya, beliau menyantapnya.Jika tidak menyukainya, beliau meninggalkannya (tidak memakannya). (HR. Bukhari no. 5409 dan Muslim no. 2064).
  • Menikah adalah sebuah proses menerima kekurangan pasangan yang tidak engkau temui ketika ta’aruf dengannya.
  • Menikah adalah separuh perjalanan ketakwaan kepada Allah dan bagian dari sunnah Rasulullah.
  • Menikah adalah solusi terbaik seorang pemuda, karena dengannya sempurnalah separuh agama dan perjalanan hidup.
  • Tiada hubungan terindah seorang laki-laki dan wanita kecuali hubungan dalam pernikahan.
  • Tiada satupun cara yang dapat menyatukan dua manusia yang sedang jatuh cinta kecuali menikah.
  • Sekuat-kuatnya seorang suami, ia akan tetap membutuhkan seorang istri di belakangnya. Dan sepintar-pintarnya istri, ia akan tetap membutuhkan bimbingan suaminya.
  • Maka nikahilah wanita-wanita lain yang halal bagi kalian untuk dinikahi; (apakah) dua, tiga, atau empat. Namun, apabila kalian khawatir tidak bisa berlaku adil (di antara para istri bila sampai kalian memiliki lebih dari satu istri), nikahilah satu istri saja atau mencukupkan dengan budak perempuan yang kalian miliki. Hal itu lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya. (QS. An-Nisa’: 3).
  • Semoga Allah SWT mengumpulkan yang tercerai-berai dari kalian berdua. Dan Allah SWT bisa memberkahi kalian dan mengaruniakan kalian keturunan yang baik soleh dn soleha.
  • Semoga dari terlaksananya pernikahan ini, maka terbukalah pintu kasih sayang, ilmu, hikmah, rasa aman, dan kebahagiaan bagi kalian semua.
  • Ucapan Barakallah yang Umum Dipakai
  • Barakallahu lakum wa baraka alaikum.

Artinya: “Semoga Allah SWT bisa memberikan keberkahan bagi kalian dan melimpahkan keberkahan atas kalian.”

  • Dengan pernikahan ini, maka sempurnalah kehidupan kalian, dan warnailah pernikahan kalian dengan saling menghormati, menyayangi, dan saling menolong dalam ketaatan satu sama lain.
  • Semoga Allah SWT selalu melimpah curahkan petunjuk, rahmat, berkah kehidupan, dan rezeki yang halal, serta keturunan yang saleh dan salehah.
  • Semoga Allah SWT mempertemukan yang terbaik dari keduanya, memberikan keberkahan kepada mereka berdua, meningkatkan kualitas unggul untuk keturunannya, dan menjadikan sebagai pembuka pintu rahmat, sumber ilmu, sumber hikmah dan pemberi manfaat baik untuk seluruh umat.

 

  • Barakallahu lakum wa baraka alaikum

Artinya: “Mudah-mudahan Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan keberkahan atas kalian) Itulah ucapan yang diajarkan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa sallam.”

 

  • Allahumma baarik lahum fiimaa rozaqtahum waghfirlahum wa warhamhum

Artinya: “Ya Tuhanku (Allah) selalu berkahilah apapun yang telah kau berikan kepada mereka, ampunilah mereka dan sayangi lah mereka.”

 

Rizem Aizid Berlimpah Rezeki Setelah Menikah

Ucapan Selamat Menikah Penuh Harapan

Berikut ini adalah ucapan selamat menikah dalam bahasa Arab dan penuh harapan telah dirangkum dari berbagai sumber yaitu:

  • Barakallahu laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khairin.

Artinya: “Mudah-mudahan Allah memberkahi engkau dalam segala hal dan mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan.” (HR. Abu Dawud, Ahmad, Tirmidzi)

 

  • Alfu mabruk ala ‘arusaini fil alami.

Artinya: “Selamat untuk pengantin baru paling manis di dunia.”

 

  • Alfu mabruk ijmali ‘arusain.

Artinya: “Selamat untuk pengantin baru yang paling cantik.”

  • Tiada satupun jalan tercepat dalam mengenal sifat seseorang kecuali menikah.
  • Menikah adalah ibadah terpanjang dan terlama, karena dengan menikah engkau akan menyempurnakan setengah perjalanan agama dan kehidupanmu.
  • Sebaik-baik yang dimiliki seorang lelaki adalah istri yang setia.
  • Seorang suami ibarat rumah. Jika engkau mematuhinya, ia akan melindungi dan mencukupi kebutuhanmu. Namun, jika engkau mengkhianatinya, maka ia akan berpaling darimu.
  • Harta yang paling mulia adalah Lisan yang senantiasa berdzikir, Hati yang selalu bersyukur, dan istri yang beriman yang selalu membantunya dalam keimanannya. (HR. Tirmidzi).
  • Bertaqwalah kepada Allah dalam perkara perempuan-perempuan itu, sesungguhnya kalian telah mengambil mereka dengan amanah Allah, dan halal bagi kalian kemaluan mereka dengan kalimat Allah. (HR. Muslim).
  • Janganlah seorang laki-laki beriman membenci seorang perempuan beriman. Kalau lah ada sikap yang ia tidak sukai dari perempuan tersebut, (mesti) ada pula sikap lain dari perempuan tersebut yang ia sukai. (HR. Muslim).
  • Ketahuilah, setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap dari kalian bertanggung jawab atas yang la pimpin… seorang lelaki adalah pemimpin bagi keluarganya, dan la bertanggung jawab atas keluarganya..Ketahuilah setiap dari kalian adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas apa yang ia pimpin. (HR. Bukhari dan Muslim).
  • Barangsiapa yang mencintai karena Allah, membenci karena Allah, memberi karena Allah dan tidak memberi karena Allah, maka sungguh telah sempurna imannya. (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi).
  • Seorang suami seharusnya bisa tampil di hadapan istrinya layaknya seorang bocah. Akan tetapi ketika sang istri membutuhkannya, maka ia harus tampil layaknya seorang lelaki perkasa. (Umar bin Khattab).
  • Ketika sepasang suami istri memandang dengan cinta, Allah memandang mereka dengan belas kasihan.
  • Tidak ada cinta antara dua jiwa yang lebih besar daripada cinta antara pasangan. (Tafsir Ibnu Katsir 3/525).
  • Pria memimpikan wanita yang sempurna dan wanita memimpikan pria yang sempurna dan mereka tidak tahu bahwa Allah menciptakan mereka untuk menyempurnakan satu sama lain. (Ahmad Al Shugairi).
  • Ketika berbicara tentang pernikahan, Allah berfirman bahwa pasanganmu adalah pakaian untukmu. Sebuah pakaian mungkin atau mungkin tidak pas dengan sempurna-tapi bagaimanapun juga, itu menutupi ketidaksempurnaan, melindungi dan mempercantik. (Yasmin Mogahed).
  • Istri yang sholihah, tempat tinggal yang luas, tetangga yang baik hati, kendaraan yang nyaman. Dan empat termasuk kesengsaraan: istri yang jahat, tempat tinggal yang sempit, tetangga yang buruk, dan kendaraan yang buruk. (HR. Ibnu Hibban no: 4032, lihat Ash-Shahihah no: 282).
  • “Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi Kaum yang berpikir,” (QS. Ar-Rum: 21).
  • Dunia ini adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasannya adalah perempuan yang shalihah. (HR. Muslim).

 

  • Barakallahu lakum wa baraka alaikum. Alf Mabrouk Ala Alzifa Al Sa’eed

Artinya: “Semoga Allah selalu terlimpah curahkan berkatnya. Selamat atas pernikahan kalian.”

 

  • Barakallahu lakuma Wa jama’a bainakuma fii khair

Artinya: “Semoga Allah senantiasa selalu memberkati, melimpah curahkan kepadamu dan menghimpun engkau berdua dalam keadaan baik (bahagia).”

  • Semoga Allah SAW. Dapat selalu menguatkan ikatan serta menyatukan kalian dan memberkahi hati kalian dengan keimanan dan kecintaan untuk selamanya baik didunia dan di hingga di akhirat nanti. Selamat menikah!
  • Pada mulanya Allah menciptakan satu jiwa, kemudian dia membelahnya menjadi dua. Sehingga, Allah yang maha pengasih lagi penyayang bisa menyatukannya lagi dalam pernikahan.
  • Semoga pernikahan ini dapat menjadi dan dapat membawa kebahagiaan khususnya untuk orang-orang di sekitar, dan Semoga Allah SWT selalu merahmati dan meridhoi kalian dengan kedamaian dan kebahagiaan dunia dan akhirat.
  • Jazakallahu khairan kathira. “Alhamdulilah, selamat atas pernikahan kalian. Semoga dari awal pernikahan kalian bisa dilimpahi cinta, kebaikan dan kebahagiaan.

 

  • Barakallahu laka.

Artinya: “Mudah-mudahan Allah SAW. Dapat memberikan keberkahan kepadamu.”

  • Kuat dan luruskan niat baik, agar Allah SAW. Dapat memberi jalan kemudian untuk menuju ke dalam kebaikan terutama untuk kalian yang ingin menuju ke pernikahan.
  • Dan jadikanlah niat menikah kalian untuk ibadah dan mengikuti sunah-sunah Rasulullah SAW. Semoga pernikahan kalian langgeng dan selalu dinaungi petunjuk Allah dalam setiap langkah.

Demikian pembahasan tentang ucapan selamat menikah bahasa Arab, semoga semua pembahasan di atas dapat memudahkan kamu dalam menentukan ucapan selamat menikah.  Grameds bisa mendapatkan lebih banyak informasi tentang ucapan menikah bahasa Arab dengan membaca buku yang tersedia di.gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Buku & Quotes Yang Lainnya

1. Buku 2. Quotes dan Kata Bijak Lainnya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy