Best Seller Buku Biografi Jack Ma

Jelajahi Best Seller Buku Biografi Jack Ma dari Gramedia yang disusun berdasarkan penjualan terbanyak

ALIBABA Kerajaan yang Dibangun oleh Jack Ma

ALIBABA Kerajaan yang Dibangun oleh Jack Ma

Jack Ma Sisi-Sisi Tak Terduga Sang Godfather Bisnis China

Jack Ma: Sisi-Sisi Tak Terduga Sang Godfather Bisnis China

Why People Jack Ma

Why? People Jack Ma

Jack Ma & Alibaba

Jack Ma & Alibaba

Jangan Pernah Menyerah Kutipan Inspiratif dari Jack Ma, Pendiri Alibaba

Jangan Pernah Menyerah: Kutipan Inspiratif dari Jack Ma, Pendiri Alibaba

Jack Ma Manusia Triliun Yuan

Jack Ma Manusia Triliun Yuan

Jack Ma Pikiran, Tindakan, Pesan-Pesan Bisnis

Jack Ma : Pikiran, Tindakan, Pesan-Pesan Bisnis

Jatuh-Bangun Jack Ma

Jatuh-Bangun Jack Ma

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Tetang Best Seller Buku Biografi Jack Ma

Jelajahi Best Seller Buku Biografi Jack Ma dari Gramedia. Buku disusun berdasarkan penjualan terbanyak.

Selengkapnya

    Profil Jack Ma sebagai salah satu tokoh pengusaha sukses asal China pasti sudah diketahui oleh hampir semua orang di dunia. Namanya sering kita dengar di setiap workshop kewirausahaan dan video motivasi anak-anak muda di YouTube agar berani memulai bisnis. Nah, supaya Anda lebih mengenal lebih lengkap mari disimak biografi Jack Ma singkat berikut ini. 

     

    Jac Ma adalah tokoh inspirasional yang mampu menggerakkan hati banyak orang. Sebab, dari kecil Jack Ma bukanlah anak yang berasal dari keluarga kaya dan bahkan bisa dikatakan miskin. Namun anak tersebut mampu mengubah nasib menjadi orang paling kaya di China. 

     

    Penasaran dengan biografi Jack Ma dalam bahasa Indonesia? Temukan jawajabannya di bawah. 

     

    Profil Jack Ma, Sang CEO Alibaba

    Jack Ma adalah seorang miliader dan pengusaha sukses yang berkebangsaan Tiongkok. Ia merupakan sosok pendiri dan Chairman Eksekutif Alibaba Group. Anda pasti sudah tahu Alibaba Group bukan? Perusahaan e-commerce paling besar di China. Menurut data Januari 2020, kekayaan bersih Jack Ma mencapai US$ 44.3 Miliar. 

     

    Dengan jumlah kekayaan tersebut, Jack Ma menempati posisi ke-23 dalam daftar orang terkaya di dunia dan nomor satu di China. 

     

    Jack Ma lahir pada tanggal 10 September 1964 di Kota Hangzhou, Zhejiang, Tiongkok. Nama lahirnya adalah Ma Yun. Anak kedua dari tiga bersaudara, dia mempunyai seorang kakak laki-laki dan adik perempuan. Nama ayahnya adalah Ma Laifa dan ibunya bernama Cui Wencai. 

     

    Menurut biografi Jack Ma, Ia lahir di keluarga pendongeng tradisional dan pemusik yang sumber pendapatannya berasal dari tunjangan pensiun bulanan. Jumlah tunjangan yang diterima keluarga Jack Ma kala itu setara dengan Rp. 500 ribu per bulan. Sehingga ia tumbuh di keluarga yang serba pas-pasan. 

     

    Setelah melalui perjalanan hidup yang teramat panjang, Jack Ma berhasil mencatatkan diri sebagai warga China pertama yang terdaftar sebagai biliuner dunia dan muncul di majalah Forbes. Pada tahun 2015 lalu, Jack Ma masuk ke daftar orang paling berpengaruh di dunia menempati urutan ke-22.  

      

    Biografi Jack Ma menjadi bukti nyata dari kalimat motivasi yang sering kita dengar Form Zero to Hero. Ia juga berhasil membuktikan bahwa kerja keras tanpa batas membuahkan hasil yang luar biasa. 

     

    Kehidupan Jack Ma Semasa Kecil 

    Berbeda dari pengusaha sukses lain yang berasal dari keluarga kaya, Ma justru tumbuh di keluarga miskin dan menjalani kehidupan keras lantara minimnya uang yang dimiliki. Ia besar di lingkungan komunis yang pada waktu itu masih tertutup dengan budaya barat.  

     

    Foto masa kecil Jack Ma memperlihatkan jika ia mempunyai tubuh kecil. Dari segi akademis, Ma tidak dianugerahi kemampuan yang cemerlang. Ini dibuktikan dengan harus melakukan beberapa kali tes setiap ingin masuk ke SD, SMP dan SMA, baru kemudian bisa diterima. 

     

    Namun dibalik kekurangan tersebut, orang-orang terdekat menilainya sebagai sosok berjiwa besar. Pasalnya, Jack Ma berani melawan teman satu kelas yang tubuhnya lebih besar. Ia juga mengaku bahwa tidak pernah takut kepada anak-anak lain yang fisiknya lebih besar dan kuat. 

     

    Meskipun tumbuh di keluarga miskin dan jauh dari kata kaya, akan tetapi Ma menikmati masa kecilnya penuh kebahagiaan. Sama seperti anak-anak pada umumnya, Ia menghabiskan waktu dengan bermain permainan populer di masanya.

     

    Biografi Jack Ma mulai menunjukkan ketertarikan yang unik dan tidak dimiliki oleh teman seumurannya. Ketika berusia 12 tahun, Ma sudah berkeinginan untuk mempelajari bahasa Inggris. 

     

    Bertepatan dengan itu, China mulai membuka diri kepada dunia sehingga banyak tamu asing yang datang. Terlebih lagi Hangzhou merupakan kiblat di China. Demi mengasah kemampuannya, Ma memutuskan menjadi pemandu wisata di sebuah hotel dekat Danau Hangzhou, berjarak 160 KM dari Shanghai.  

     

    Profesi sebagai pemandu wisata membuat kemampuannya dalam berbahasa Inggris semakin bagus dan mengubah pikirannya lebih terbuka dibandingkan teman seumuran Ma. Banyak ilmu baru yang tidak bisa didapat oleh Jack Ma dari bangku sekolah dan buku.

    Perjuangan Memperoleh Pendidikan

    Sejak masuk ke jenjang pendidikan, Ma sudah diuji dengan berbagai penolakan. Itulah yang membuat dirinya mampu menjadi pribadi yang tangguh dan pantang menyerah. Berkat kegigihannya, Jack Ma berhasil lulus dari universitas.

     

    Menurut Jack Ma, dengan pendidikan yang baik maka bisa membantu mengubah kehidupan keluarganya. Maka dari itu, meski sudah terbiasa melalui rintangan sejak SD ia memutuskan untuk melanjutkan kuliah. 

     

    Di dalam biografi Jack Ma, dia pernah ditolak oleh banyak sekolah. Bahkan ketika di Sekolah Dasar, nilai matematika yang jelek membuatnya mendapat penolakan. Namun ia terus berusaha dan melanjutkan pendidikannya.   

     

    Tentu bukan hal mudah bagi Ma agar bisa mendapatkan pendidikan yang layak, melihat latar belakang keluarga dan kemampuan akademis yang biasa. Karena tidak berhasil lolos ke universitas ternama di China, maka ia berkuliah di Hangzou Teachers Institute. 

    Sebuah universitas kelas tiga atau empat di China. Itupun harus melalui dua kali penolakan, sebelum akhirnya diterima dan lulus dari Hangzou Teachers Institute pada tahun 1988. 

    Jack Ma mengatakan bahwa dirinya sempat ditolak sebanyak 10x oleh Harvard. Ini diungkapkan ketika World Economic Forum 2016. 

    Setelah lulus kuliah, Ma mengirim lamaran pekerjaan ke banyak perusahaan salah satunya di KFC. Dari 24 pelamar, 23 orang yang diterima. Itu berarti yang ditolak KFC hanya Jack Ma. Kemudian ia menekuni profesi guru bahasa Inggris karena kemampuannya di sangat baik.

    Sebagai guru bahasa Inggris, Ma mendapatkan gaji $12 per bulan. Meskipun kecil namun ia merasa senang karena dapat bercengkrama bersama banyak muridnya.   

    Biografi Jack Ma Memulai Alibaba.com

    Pada tahun 1995, Jack Ma melakukan perjalanan bisnis ke Amerika Serikat. Inilah momen pertama ia mengenal internet. Ma mencoba mengetikkan kata kunci beer dan China. Namun hasil pencarian sama sekali tidak menampilkan bir buatan China. 

    Berawal dari pengalaman tersebut, Ma kemudian membuat website khusus untuk memajang produk-produk China. Ia tidak ragu meskipun pernah gagal dua kali ketika mendirikan perusahaan dan sama sekali tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang teknologi atau komputer.

    Berselang empat tahun sesudah pencarian bir China, maka Alibaba.com resmi berdiri. Ma berusaha mendirikan perusahaan retail online paling besar di China dan bahkan dunia. 

    Di Alibaba.com Jack Ma mencoba mengubah suasana kerja menjadi lebih aktraktif dan menarik. Pada suatu waktu, Alibaba.com mendapatkan kesempatan emas untuk lebih maju dan berkembang. Ma membagikan kepada seluruh karyawannya Silly String untik dipakai bermain. 

    Biografi Jack Ma dilanjutkan dengan merintis Taobao pada tahun 2000-an. Taobao berhasil menjadi saingan eBay dan disambut baik oleh konsumen dari China. Di tahun 2005, Alibaba.com mendapatkan investasi modal sebesar $1 billion dari Yahoo. 

    Kiprah Alibaba.com di dunia retail terus berkembang pesat dari tahun ke tahun. Pada 14 September 2014, Alibaba akhirnya Go Public. Satu bulan sebelum itu, Ma dinobatkan sebagai laki-laki paling kaya di China. 

    Momen keberhasilan Ma semakin memuncak, ketika saham IPO (Alibaba.com) dirilis di bursa saham Amerika Serikat dan meroket 38%. Secara otomatis ini membuat harta Ma meningkat drastis. Kekayaan Jack Ma terus bertambah banyak setelah IPO tersebut. 

    Dari biografi Jack Ma kita bisa mengambil pelajaran bahwa tekad yang kuat dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan. Tidak peduli apakah Anda dari keluarga miskin dan kemampuan akademis buruk sekalipun.

    Kecermatan Jack Ma dalam melihat peluang dan mencari solusi juga penting untuk ditiru. Pada akhirnya, niat membantu sesama dan bermanfaat bagi banyak orang menghantarkan kita kepada kesuksesan besar.