in

Kata-kata Lucu Gokil Yang Menghibur Bikin Ketawa

Kata-kata Lucu – Tak bisa dipungkiri bahwa ketergantungan kita pada media sosial cukup tinggi. Tak terhitung grup chatting yang dipunya, belum lagi media sosial yang biasa kita buka.
Salah satu yang meramaikan percakapan media sosial adalah hujan kata-kata lucu Nyaris 24
jam tak terlewat mata menatap layar, mendapatkan kata-kata lucu bisa bikin urat syaraf tegang
jadi ambyar.

Beberapa orang banyak yang meskipun pulang lelah bekerja, namun setia menikmati
percakapan di media sosial demi mendapatkan hiburan. Bukan ga lelah, tapi memang mereka
butuh meregangkan otot setelah bekerja seharian.

Jika kebetulan kata-kata lucu kita dapatkan di grup chat maka biasanya langsung di share lagi
pada teman berharap mereka juga cekikikan.

Ngaku deh, siapa yang sering mendapatkan kata-kata lucu yang sama berulang-ulang?
Ga ada yang menolak dikasih sesuatu yang lucu? Apalagi kalau kelucuannya memang pernah
kita alami sendiri.

Biasanya ketawanya lebih ikhlas karena ingat sama diri sendiri.

Apakah kamu termasuk penikmat kata-kata lucu?Nah ini dia beberapa kata-kata lucu yang siap
kamu lumat

Kata- kata lucu gokil

kata kata lucu bermakna

Kata-kata lucu yang gokil relatif mudah diterima siapa saja. Apa lagi jika menggelitik maka tak
jarang yang baca akan manggut-manggut senang.

Kadang kita membaca sambil mikir " gue banget"

Hayo ngaku, siapa yang suka langsung kirim kalau dapat kata-kata lucu nan gokil? Enggak
perlu jauh-jauh. Menceritakan keseharian saja bisa membuat kita ikhlas tertawa

Siap? Ini dia

1. “Menurut rumus fisika, tekanan itu berbanding lurus dengan gaya, jadi kalau kamu
merasa banyak tekanan, bisa jadi itu karena kamu memang banyak gaya”
2. “Jangan semangat menanggapi gosip dari teman penggosip, karena sesungguhnya di
belakang ,kamu pernah digosipkannya juga”
3. “Ajaibnya Tukang nasi goreng, hadir saat kita tak mencari, hilang saat perut kita sedang
mencarinya”
4. “Wanita itu doyan makan, hobi banget jajan tapi kalau ditanya pengen banget langsing”
5. “Jika tak ada bahu untuk bersandar, carilah tahu pengganjal lapar”
6. “Hidup itu penuh cobaan, kalo penuh cucian itu Laundry”
7. “Belajarlah kesabaran pada emak-emak yang bolak balik mengangkat jemuran saat
musim hujan”
8. “Saat gerimis datang ingat mantan, waktu hujan turun ingat kenangan, pas banjir
menyerbu baru ingat Tuhan”
9. “Jangan berharap pada TIM SAR untuk menemukan jodohmu”
10. “Kalau hatimu terluka jangan minta surat pengantar ke BPJS, karena biaya sakit hati tak
akan ditanggung”
11. “Gosip itu berita satu kalimat yang disadur jadi sebuah artikel”
12. “Yang menakutkan bagi wanita adalah pertanyaan tentang berat badannya”
13. “Ga masalah kalau kamu ga pilih aku,memang enggak semua orang seleranya bagus”
14. “Anggaplah tantangan itu seperti rantangan yang isinya selalu ingin kamu habiskan”
15. “Menggapai dunia itu kayak makan kuaci, kenyangnya minimal tapi lelahnya maksimal”

Kata-kata lucu tentang mantan

kata kata lucu tentang mantan

Berbicara tentang mantan itu bakal panjang sepanjang jalan kenangan. Jika biasanya kita berurai air mata saat membahasnya, bagaimana kalau kali ini kita berurai air
mata karena tak kuat menahan tawa.

banner-promo-gramedia

Mantan adalah seseorang yang pernah kita sayang dan sialnya kadang masih kita sayang.
Mantan menorehkan luka, tapi terkadang kita masih ada rasa suka.

Bicara tentang mantan pasti ga ada habisnya.

Simak deh mungkin kamu juga lagi baper karena sedang ingat mantan.

16. “Tenang, kehilangan mantan gak akan selinglung kehilangan HP”
17. “Dear mantan,semenjak kau menghilang dompetku aman”
18. “Mantan itu seperti kentut , keluarnya kapan ,baunya masih tercium sampai sekarang”
19. “Mantan itu harus dilupakan ,yang harus diingat terus itu makan”
20. “Pernah menjadi mantanmu membuatku bahagia karena itu bukti bahwa aku pernah
laku”
21. “Kalau kamu adalah ulangan,maka nilaiku nol karena jawabanku menurutmu salah
semua”
22. “Mantan itu seperti tagihan hutang, ingin dilupakan tapi selalu datang”

23. “Sebelnya punya mantan sempurna itu adalah susah ngomongin kekurangannya”
24. “Mantan itu tak seperti pelajaran di sekolah yang mudah dilupakan”
25. “Modus mantan yang paling legendaris, memutuskan karena kita terlalu baik”
26. “Kenapa harus menangisi seseorang kalau kamu masih bisa tertawa bersama yang
lain?”
27. “Kamu tuh kayak remot TV, sering hilang gak jelas di mana”
28. “Lebih baik donorkan hatimu untuk yang membutuhkan soalnya kamu sering ga pakai
hati”
29. “Kamu tuh ternyata cuma sebatas dihadirkan Tuhan untukku dan bukannya ditakdirkan
bersamaku”
30. “Sialan kamu kok kamu datang cuma sekedar mampir, memangnya aku ini rest area
apa?”
31. “Meskipun kamu meninggalkanku lihat saja kita pasti bertemu di pelaminan, meskipun
aku sebagai tamu”
32. “Aku tuh laksana upil bagimu, begitu kau perjuangkan agar bisa didapatkan, tapi setelah
dapat kau hempaskan begitu saja”

Kata-kata lucu romantis

kata kata lucu romantis

Siapa sih pasangan yang enggan diberi kata romantis. Tapi yang puitis terkadang bikin miris.
Kalau kamu termasuk miskin ide dalam melempar kata-kata romantis yang manis,

Nah,mending dicoba yang lucu-lucu aja, siapa tahu dia tertawa lalu makin cinta.
Kata-kata lucu itu mampu merontokkan hati pasanganmu loh, karena tawa adalah salah satu
perekat asmara.

33. “Operasi yang ditolak dokter spesialis bedah adalah operasi pemisahan hatiku dari
hatimu”

34. “Senyummu merontokkan panu,kadas, dan kurapku, tapi sayangnya membuat kumat
penyakit jantungku”

35. “Jangan tanya arah padaku, aku sudah lama tersesat bersamamu”

36. “Silahkan kamu jalan sama dia, lihat saja nanti di pelaminan pasti bersamaku”

37. “Jangan beri aku senyum, nanti diabetesku kambuh lagi”

38. “Gagap akutku kambuh saat kamu menyapaku”

39. “Tak perlu gaya gravitasi untuk jatuh cinta padamu”

40. “Alat pengukur getaran gempa pasti langsung rusak jika digunakan untuk mengukur getaran hatiku karenamu”

41. “Gerhana cinta terjadi ketika aku yang seharusnya mendapatkan cintamu tertutup oleh
dia, selingkuhanmu dan kita berada pada satu jalan lurus”

42. “Aku akan menjadi debt collector yang akan selalu menagih hutang cintamu”

43. “Aku harus minta maaf pada semesta,karena kamu disampingku, maka matahari malu
bersinar”

44. “Dua penyakit yang kini terdeteksi karena ada kamu disisiku adalah diabetes tinggi dan
jantungan”

banner-promo-gramedia

45. “Jika bintang dilangit hilang satu, itu karena bintang itu sedang bersamaku”

46. “Lebih baik sederhana tapi sangat setia daripada banyak gaya tapi bikin hati terluka”

47. “Meskipun kamu menaikkan tekanan darah, membuat diabetes terasa dan detak
jantung kencang, namun kehadiranmu selalu kurindukan”

Kata-kata lucu receh

Receh tapi bikin ngakak kenapa enggak. Kehidupan nyata terkadang menyakitkan dijalani,tapi
lucu untuk diceritakan. Coba deh ini kata-kata lucu yang receh banget.

Sebagian mungkin kamu pernah merasakan dan pernah mengalami. Sedih saat menjalani, tapi
lucu saat diceritakan.

Dibaca baik-baik ya kata-kata lucu recehnya, semoga menginspirasi. Kesamaan cerita bukan
disengaja ya!

48. “Carilah uang, karena dia tak punya kaki untuk datang padamu”

49. “Mbah gugel mungkin hebat bisa menemukan yang kamu cari, tapi cuma ibumu yang
bisa menemukan dimana kaos kaki”

50. “Jika kesuksesan diwujudkan secara instan, mungkin mie instan tutup pabrik”

51. “Jika Hp lemot gara-gara memori penuh, sementara aku lemot gara-gara memori
kurang”

52. “Kecepatan membelanjakan uang tak sebanding dengan mencarinya”

53. “Punya khayalan itu bagus, yang bahaya ga punya otak”

54. “Ketika niat ibadah kurang tapi minat nge-ghibah lebih”

55. “Andai dompet bisa diisi ulang secara gratis”



56. “Teman yang punya hutang sulit untuk dilupakan seperti mantan”

57. “Matematika itu tak pernah dewasa, selalu minta diselesaikan masalahnya”

58. “Selama masih makan mie instan campur nasi, enggak usah janji bahagiakan anak
orang”

Kata-kata lucu khas Bapak-Bapak

Bapak-bapak itu dikenal sebagai sosok yang santai, kreatif dan lucu. Banyak sekali kata-kata
lucu khas bapak-bapak yang selalu menarik untuk disimak, dan tetap bikin ngakak.

Meskipun kita pernah membacanya beberapa kali tapi kita ga pernah bosan, ya ga sih.
Mau tahu apa saja tuh kata-kata lucu khas Bapak-bapak? Yuk dibaca, kalau misalnya mau
tertawa, lepaskan saja ya!

59. “Ketika seorang istri tidak mencari keberadaan suami dan tak menunggunya pulang,
bisa dipastikan hari itu adalah tanggal tua”

60. “Katanya suami harus balas pesan ,tapi kalau dijawab ‘Ya’ atau ‘Enggak’ doang istri
marahnya ga ketulungan”

61. “Hidup tak seindah drama Korea yang biasa kau tonton, tapi juga tak setragis sinetron
azab”

62. “Tunjukkan kasih sayang dengan menggenggam erat istrimu saat berbelanja, pastikan
dia tak salah jalan dan kalap berbelanja”

63. “Jangan membiarkan istri mencari uang sendiri, bisa-bisa isi dompetmu bersih”

64. “Marah yang menakutkan dari seorang istri adalah jika dia sudah diam saat ditanya”

65. “Kenapa istri lain lebih cantik? Karena kita bertemunya saat di luar di mana dia sudah
dandan, sementara di rumahnya pasti sama seperti istri kita selalu dasteran”

66. “Ketika keinginan istri dituruti, hanya semata tak kuasa mendengar omelannya yang
terus diulangi”

67. “Curhatan istri itu 99 % prolog, cuma 1 % isi”

68. “Susahnya mengomentari istri saat mencoba baju, dikomentari cantik dibilang bohong,
dikomentari jelek malah diomeli”

69. “Pertanyaan yang bikin istri marah adalah berapa berat badannya

70. Kalimat yang sering dilontarkan istriku, dietnya besok aja deh”

71. “Ada uang istri manis, gak ada uang istri sadis”

72. “Pulang ga bawa uang sama aja numpang tidur di kandang macan”

73. “Suka bingung sama istri, bibir manyun, ngomel ga henti-henti tapi kalau ditanya
kenapa,jawabnya pasti gapapa”

Kata-kata Lucu dalam Bentuk Dialog

Selain berbentuk kata- kata lucu khas bapak-bapak dalam kalimat, banyak juga kata-kata lucu
khas bapak-bapak dalam bentuk dialog mau tahu?

74.

Ibu: aku mau ke dokter mata

Bapak: loh matanya kenapa?

Ibu: entah kenapa tiap buka dompet kok ga bisa lihat apa-apa

75.

Bapak: gimana Ma,Kata dokter kamu sakit apa?

Ibu :Ga apa-apa pak,cuma sedikit stres, terus sama dokter dianjurkan jalan-jalan ke mall
dan membeli semua barang yang diinginkan

Bapak: besok kita ganti dokter lain

76.

Ibu: Bapak bohong,waktu kita pacaran kok ga bilang kalau bapak orang miskin

Bapak: lah, kan Bapak bilang berulang-ulang kalau Ibu adalah harta Bapak satu-
satunya, eh ibu malah bilang gombal

77.

Ibu: Pak, coba dong kayak tetangga kita , kalau suaminya mau kerja istrinya dipeluk dan
dicium

Bapak: ya Bapak mau banget lah bu, tapi kalau Bapak cium istrinya, emang gak apa-
apa?

78.

Ibu: Duh, Bapak ya enggak bilang-bilang kalau dapat uang bonus

Bapak: loh kan dah Bapak kasihin kemarin

Ibu:kalau yang di bawah lemari itu apa?

Bapak: yang mana?

Ibu: amplop putih

Bapak: oh itu duit sial Bu

Ibu: sial? Maksudnya?

Bapak: iya duit sial, udah disembunyikan eh masih ketahuan

79.

Anak: Bu banyak cewek yang suka sama aku katanya aku ganteng

Bapak: siapa dulu bapaknya

Anak: Tapi mereka langsung menjauh begitu tahu aku bokek

Ibu: Siapa dulu bapaknya

80.

Dokter: Ada keluhan apa pak?

Bapak: Saya bingung dok,tiap minum kopi kok mata kanan saya kayak ada yang nusuk-
nusuk gitu pak

Dokter: Oh kalau gitu besok pas minum kopi sendoknya disimpan ya pak

Bapak: ya dok

81.

Dokter: boleh tahu keluhannya apa pak?

Bapak: ini dok, akhir-akhir ini saya jadi pelupa

Dokter: oh gitu sejak kapan pak?

Bapak: Sejak kapan apanya? Anda siapa?

82.

Dokter : Ada keluhan apa pak?

Bapak: Tiap awal bulan saya ngerasa sakit dok

Dokter: Sakitnya di mana pak?

Bapak: Di sini dok, tiap gajian dirampok istri
(Bapak menunjukkan dompet)

83.

Guru: Maaf pak, Anak bapak menyontek saat ulangan

Bapak: Wah jangan asal nuduh

Guru: ini buktinya, pertanyaan nomor satu, kapan perang Diponegoro terjadi, Budi
menjawab tidak tahu, Anak Bapak juga menjawab tidak tahu

Bapak: Lah, tapi itu kan jawaban umum bu siapa saja bisa menjawab itu

Guru: Iya tapi pertanyaan selanjutnya, siapakah nama pahlawan yang berasal dari Kota
Bandung, Budi menjawab bukan Bapak saya

Bapak: terus kalau jawaban anak saya?

Guru: Bukan Bapaknya Budi

Kata-kata lucu menghibur

Dikala kelelahan kita rasa , disaat sedang rebahan saja maka dapat hujan kata-kata lucu nan
menghibur bisa jadi obat ya kan.

Nah kalau kata-kata lucu juga kita bagikan pada teman-teman maka pahala kita berlimpah
ganda karena membuat mereka senang juga.

84. “Jangan menyerah begitu saja pada mimpimu, karenanya lanjutkan tidur”

85. “Aku tuh bukannya malas, hanya sedang menghemat energi”

86. “Ada saatnya di suatu pagi kita menghadapi kebiasaan terbalik, bangun lelah, tapi kalau tidur malah segar”

87. “Pas teman jatuh kita malah tertawa ,giliran handphone kita yang jatuh paniknya
setengah mati”

88. “Jika ada lomba malas dan saya menang? Maka saya bakal ngirim orang buat ambil
piala”

89. “Bikin semua orang senang itu susah, yang gampang itu bikin semua orang marah”

90. “Mengerjakan soal matematika itu mirip nonton film barat tanpa terjemahan bahasa
Indonesianya”

91. “Dompetku tuh seperti bawang, pas dikupas bikin berurai air mata

92. “Kelihatannya saya sedang diam saja, padahal di kepala saya sibuk sekali”

93. “Aneh ya, malam hari kita susah tidur, pagi hari malah susah bangun”

94. “Tak perlu takut menggapai Mimpi, selama masih bisa tidur”

95. “Sukses itu bukan dilihat dari hasil yang dicapai, tapi cara kamu menggapainya”

96. “Kerja itu mengawalinya malas, begitu dikerjakan susah berhentinya”

97. “Kami warga fakir cinta menolak keras orang yang suka meninggalkan pas sayang-
sayangnya”

98. “Duduk di kursi pelaminan itu gampang, yang susah nyari orang yang mau duduk di
sebelahnya”

99. “Bahagia itu begitu sederhana, begitu kamu jalan sama pacar baru, eh tiba-tiba mantan
lewat sendirian”

100. “Belajarlah pada bulu ketek,meskipun tersembunyi dan terhimpit namun tegar
berdiri dan selalu tumbuh kembali”

buku quotes

200 Quotes Pembingkai Mimpi

Quotes for muslim

Quotes for Muslim

kumpulan quotes dari komik

Kumpulan Quotes dari Komik @SI_BEDIL

super leadership quotes

Super Leadership Quotes

Nah itu dia 100 kata-kata lucu yang bisa kamu gunakan untuk membuat seru percakapan dalam
grup chatting dan media sosial. Kalau berbagi uang kita belum bisa , bagaimana kalau kita
berbagi kata-kata lucu saja. Ingat, barang siapa bisa membahagiakan orang bisa maka siap-
siap dapat pahala.

Buku & Quotes Yang Lainnya

1. Buku 2. Quotes dan Kata Bijak Lainnya

Tebak-tebakan Lucu

Tebak-tebakan Lucu PPKM 

Berbicara tentang pandemi Covid-19 tentu tidak asing untuk kita dengar bukan? Hampir dua tahun kita melewati pandemi ini dengan banyak sekali solusi yang dihadirkan, seperti lockdown lokal, psbb, ppkm, dan lain sebagainya.

Daripada grameds pusing mikirin solusi yang tak kunjung usai. Lebih baik simak tebak-tebakan lucu dari singkatan ppkm berikut ini. Dijamin bisa bikin kamu senyum-senyum sendiri deh.

1. “Pernah Pendekatan Kemudian Menghilang”
2. “Pelan-Pelan Kehabisan Money”
3. “Pernah Penasaran Kemudian Menjauh”
4. “Pelan-Pelan Kamu Melebar”
5. “Pernah Pendekatan Kurang Maksimal”
6. “Pelan-Pelan Kamu Meng Ghosting”
7. “Pemberlakuan Pembatasan Komunikasi Mantan”
8. “Pernah Percaya Kemudian Menyesal”
9. “Pernah Putus Kembali Mesra”
10. “Perbanyak Pergi Ke Masjid”
11. “Pernah Peduli Kemudian Menghilang”
12. “Pengen Peluk Kamu Mas”
13. “Pernah Pacaran Kemudian Menyesal”
14. “Pernah Patah Karena Mengalah”
15. “Pernah Putus Karena Martabak”
16. “Pelan-Pelan Kita Menjauh”
17. “Pengen Pepet Kamu Mulu”
18. “Penjelasan Perencanaan Kapan Menikah”
19. “Perasaan Pilu Karena Merindu”
20. “Pernah Percaya Kemudian Merana”

Tebak-tebakan Lucu Kota di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang terkenal akan keindahan pulau, budaya, ras, provinsi, dan lain sebagainya. Setiap keindahan pulau yang terdapat di Indonesia tentu memiliki kota yang bisa dijadikan sebagai pusat wisata.

Tidak hanya sebagai pusat wisata saja, namun kota-kota tersebut memiliki keunikan nama dari singkatan-singkatan lucu yang diberikan oleh para netizen loh.

Sudah tidak sabar untuk membacanya, yuk simak dengan baik. Semoga terhibur ya!

1. Semarang: “Sendirian menanggung rasa sayang”
2. Bengkulu: “Bareng aja dulu siapa tau ke penghulu”
3. Kediri: “Kelamaan sendiri”
4. Jogja: “Jodoh orang gue jaga”
5. Rembang: “Remahan hati yang bimbang”
6. Manokwari: “Menahan luka yang kau bawa kemari”
7. Bekasi: “Beneran kasih hati tapi malah pergi”
8. Tembalang: “Tempel terus baru bilang sayang”
9. Surabaya: “Susah rasanya bahagia dengannya”
10. Palembang: “Pacaran lama berakhir tumbang”
11. Salatiga: “Salah aku jadi orang ketiga”
12. Magetan: “Mau move on eh keinget mantan”
13. Bandung: “Baper yang tak bisa dibendung”
14. Jepara: “Jelas cintaku padamu tidak pura-pura”
15. Purwakarta: “Pura-pura ketawa padahal menderita”
16. Kudus: “Kurasa cintamu penuh dengan modus”
17. Cileungsi: “Cinta leunyap karena gengsi”
18. Cilacap: “Cinta lama yang tak terucap”
19. Pati: “Pastikan cinta kita sampai mati”
20. Jakarta: “Jangan berkata cinta jika kau hanya berdusta”

Tebak-tebakan Lucu Bulan Puasa 

Bagi grameds yang beragama muslim tentu tidak asing lagi dengan adanya bulan puasa atau ramadhan ya. Di bulan yang suci ini umat muslim akan lebih intens untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah.

Selagi grameds mendekatkan diri kepada penciptanya, tidak ada salahnya untuk menghibur diri sendiri dan orang lain loh sambil menunggu waktu untuk berbuka. Kamu bisa membaca kata-kata lucu berikut ini untuk menghibur orang-orang terdekatmu.

Tunggu apa lagi, yuk lepaskan saja ketawamu!

1. “Kirain udah bedug magrib, nggak tahunya tetangga lagi jemur kasur”
2. “Diduga tidak kuat menunggu adzan magrib, seorang jomblo nekat adzan sendiri”
3. “Percuma banyak yang ngajak buka puasa bersama kalau nggak ada yang ngajak hidup bersama”
4. “Selamat berbuka puasa. Apapun makanannya, yang penting jangan makan ati nanti nyesek”
5. “Berbukalah dengan yang sayang, karena yang manis aja belum tentu sayang”
6. “Situ yakin tahun depan masih pengen puasa sendirian? Nggak bosen gitu cuma diucapin selamat berbuka puasa sama iklan-iklan di tv?”
7. “Ya Allah, jauhkanlah aku dari godaan warteg yang tertutup gorden”
8. “Di bulan puasa, entah mengapa suara azan lebih dinantikan dan dirindukan daripada pacar”
9. “Puasa sebulan aja kok nggak kuat. Itu jomblo berabad-abad aja kuat”
10. “Sekarang mau jomblo atau pacaran sama aja. Sama-sama nunggu adzan maghrib”
11. “Hati-hati kalau lihat kecoa pas siang. Orang puasa bisa liat kecoa kaya liat kurma”
12. “Berbukalah dengan aku. Karena selain manis, aku juga single”
13. “Berbukalah dengan yang halal karena yang manis belum tentu mau dihalalin”
14. “Es teh. Kemarin kau tampak biasa saja. Siang ini kau terlihat luar biasa!”
15. “Ngaku cowok gaul, tapi puasa nya bolong”
16. “Ngeliat kamu bawaannya pengen ngabuburit. Ngajak buru buru married.”
17. “Kamu sengaja begadang pas puasa kan? Siang tidur, pas bangun udah magrib aja”
18. “Teh botol udah. Teh poci udah. Teh manis udah. Teh Ha Er yang belum”
19. “Jenis makanan yang bikin kangen saat bulan puasa. Survey membuktikan: 0.5 persen makan gorengan, 1 persen makan temen, 98.5 persen makan siang”
20. “Maaf sedang puasa, jangan nawarin makan, minum, dan lainnya ya. Kalau bisa uangnya aja”

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad