in

Kata-Kata Bijak Untuk Anak Yang Mendidik dan Penuh Makna

Kata kata Bijak Untuk Anak – Memiliki buah hati merupakan salah satu kado terindah yang ditunggu-tunggu oleh sepasang suami istri. Nah, dengan hadirnya seorang anak akan melengkapi kebahagiaan rumah tangga dan membuatnya terasa lebih sempurna. Pada kesempatan ini, gramedia ingin menjelaskan  tentang contoh-contoh kata bijak mutiara untuk anak.   

Dibalik kesempurnaan keluarga ada tanggung jawab besar orang tua untuk membesarkan buah hatinya. Mendidik dan mengasuh anak dengan baik agar anak bisa tumbuh dewasa dengan memiliki akhlak yang mulia. 

Tentunya dengan kumpulan kata-kata mutiara untuk anak ini bisa menginspirasi semua pasangan suami istri sehingga lebih baik dalam mendidik putra putrinya. 

Tanpa banyak basa-basi, mari langsung disimak uraian selengkapnya dibawah.  

Fungsi dan tujuan kata mutiara 

Secara umum, kata-kata mutiara dan inspirasi itu diciptakan untuk mendorong seseorang agar lebih bersemangat mencapai dan mewujudkan cita-cita. Begitupun ketika diberikan kepada anak, diharapkan mereka bisa tergerak dan mengikuti pesan-pesan yang disampaikan.  

Melalui kata-kata, motivasi, inspirasi, dan inovasi akan membuat seseorang bisa belajar hal-hal yang bermanfaat. 

Terlebih untuk buah hati, dengan kata-kata dan motivasi akan membuat mereka memiliki tujuan hidup yang mulia. Seorang anak akan lebih semangat dalam menghadapi berbagai hal di kehidupannya. Baik itu dalam melewati rintangan ataupun meraih apa yang dicita-citakan.  

Kumpulan kata bijak mutiara untuk anak penting untuk seseorang dan sebaiknya mulai diperkenalkan kepada buah hati sejak dini. Tujuannya adalah agar anak Anda lebih semangat untuk mencapai tujuan hidup. Sehingga anda memiliki sebuah komitmen dalam hidup dan inovatif dalam mencapai tujuan. 

Sejatinya dalam menjalani kehidupan ini semua orang pastinya akan merasakan berbagai cobaan dan godaan. Nah, untuk bisa melewatinya dibutuhkan kata-kata mutiara agar bisa bangkit dan tidak mudah menyerah. Orang-orang yang pantang menyerah pastinya mampu mencapai apa yang dicita-citakan dalam hidup. 

Adanya kata motivasi akan membuat anak yang tadinya jatuh bisa segera bangkit lagi. Awalnya sudah menyerah dengan kata-kata mutiara mampu membuatnya langsung bangkit untuk segera melakukan hal-hal baru yang positif. 

Nah, dengan memiliki kebiasaan tersebut seorang anak akan lebih mudah untuk mencapai tujuan hidupnya. 

 

Pengertian Kata Mutiara Untuk Anak 

Kata-kata mutiara merupakan salah satu unsur bahasa yang diucapkan dan dituliskan sebagai wujud kesatuan sebuah pemikiran dan perasaan dalam bentuk bahasa yang memiliki makna mendalam. 

Kata mutiara merupakan gabungan dari kata dan mutiara. Nah, hasil dari gabungan tersebut lahirlah sebuah pengertian baru yang memiliki makna yang sangat berharga. 

banner-promo-gramedia

Sehingga, bisa juga diartikan bahwa kata mutiara merupakan kata majemuk dengan morfem pangkal kata. Sementara itu, mutiara melambangkan sebuah keindahan dan daya tarik. Siapapun yang membaca kata-kata mutiara pasti bisa melihat keindahan susunan kalimatnya. 

Kata-kata mutiara untuk anak berarti kalimat indah yang bisa menyentuh hati anak-anak. Kalimatnya mewakili segala sesuatu yang berhubungan dengan anak, mulai dari nasihat perilaku, tutur bicara, sopan santun, harapan dan lain sebagainya. 

Pengertian kata mutiara untuk anak selama ini belum banyak dipahami oleh orang tua. Buktinya, masih sangat sedikit orang tua yang memberikan wejangan-wejangan kepada anak mereka berupa kalimat indah.  

Dengan susunan kalimat yang rapi dan menarik, nasihat yang disampaikan dalam bentuk kata mutiara bisa jadi lebih mudah membekas dihati anak. Sehingga mereka akan selalu mengingat makna dari pesan yang disampaikan oleh orang tua.  

Mendidik anak bukanlah perjalanan jangka pendek dan mudah, melainkan tugas orang tua yang cukup sulit. Orang tua bertugas mengarahkan anak-anak sejak dini agar berperilaku sesuai norma dan mengerjakan hal-hal positif.

Tanpa metode yang tepat, nasihat orang tua cenderung membosankan dan membuat anak menolaknya. Oleh sebab itu, kata mutiara bisa menjadi salah satu ide yang cemerlang untuk mengajarkan nilai-nilai baik kepada buah hati.  

Pengertian kata-kata mutiara menurut para ahli 

  • Kata mutiara merupakan kumpulan kata-kata yang mampu menggetarkan hati saat anda mendengar atau membacanya.
  • Kata mutiara menjadi sebuah inspirasi dan motivasi yang mampu membangkitkan semangat seseorang untuk mencapai tujuan hidup.
  • Kata mutiara merupakan kumpulan kata-kata yang indah dan mengandung makna sehingga mampu membuka hati dan pikiran seseorang untuk tujuan yang baik.
  • Kata mutiara menjadi kumpulan kata-kata yang mengandung makna yang sangat mendalam.
  • Kata mutiara merupakan kumpulan kata yang mampu menggerakkan hati yang membaca untuk bangkit dalam menjalani kehidupan.
  • Kata mutiara adalah kumpulan kata bijak yang memiliki tingkatan kebijakan untuk taraf hidup yang lebih baik.
  • Kata mutiara menjadi kata-kata yang digunakan untuk renungan yang mendalam sehingga mampu memberikan efek positif bagi kehidupan.
  • Kata mutiara merupakan kumpulan kata-kata yang mengandung makna tersembunyi. Sehingga dibutuhkan dengan pemahaman agar anda bisa memahami arti kata-kata tersebut.

Pengertian kata bijak menurut KBBI 

Dalam bahasa Indonesia terdapat berbagai kumpulan kata-kata yang indah dan mengandung makna yang positif. Setiap kata-kata ini memiliki banyak nilai estetik dan mengandung banyak makna yang unik. Semua akan semakin kelihatan ketika anda melihatnya di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). 

Kata merupakan sebuah kumpulan huruf yang memiliki makna tertentu. Jadi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) arti kata merupakan unsur dari bahasa yang diucapkan dan ditulis dari hasil perasaan dan pemikiran yang bisa digunakan untuk kata dalam bahasa Indonesia. 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata mutiara memiliki arti sebuah permata yang memiliki bentuk bulat yang keras. Mutiara ini berasal dari kerang yang bisa terbentuk dari pasir atau benda di dalam kerang.  

Contoh kata bijak mutiara untuk anak 

Teruslah untuk terus tersenyum karena sejatinya kehidupan itu indah karena masih banyak hal yang harus disyukuri.

Setiap orang tua pastinya ingin anak-anaknya bisa tumbuh menjadi pribadi yang positif.  Nah, memberikan kata-kata bijak diharapkan bisa menjadi bekal yang cukup bagi anak-anak. Oleh karena itu, sebagai orang tua Anda perlu memperkenalkan kata-kata mutiara. Nah, semakin sering anda memberikan kata-kata mutiara, hal ini bisa sebagai penyemangat untuk anak-anak. 

Kata-kata mutiara mampu memicu anak memiliki pemikiran-pemikiran positif dalam menyikapi setiap kejadian yang dialami. Sehingga, kebiasaan berpikir positif akan selalu terbawa sampai usianya beranjak dewasa.

Baca Juga Rekomendasi Cerita Dongeng Anak Bahasa Indonesia

 

Contoh kata bijak untuk mendidik anak agar termotivasi

Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa contoh kata bijak mutiara untuk anak. Diharapkan dengan adanya kata-kata bijak mutiara ini mampu menggerakkan hati anak agar lebih baik dalam menjalani kehidupan. Selengkapnya bisa simak penjelasan dibawah : 

Kata mutiara untuk anak lebih berani mengejar mimpi

“Mimpi tidak pernah menyakiti siapa yang berani bekerja keras untuk mewujudkannya” (F.W. Woolworth)

Kata-kata ini mempunyai dorongan yang besar bagi siapapun agar terus bermimpi dan berusaha mewujudkannya. Oleh karena itu, penting bagi orang tua menanamkan pola pikir positif ini kepada anak sejak kecil. 

Nah, dengan memberikan kata-kata motivasi ini kepada anak akan membuat anak akan terus bersemangat dalam menjalani kehidupan. Sehingga anak senantiasa berusaha memperbaiki diri agar masa depan lebih cerah. 

Anak akan selalu berani untuk menjalani hal-hal baru sehingga bisa membantu meningkatkan kemampuan mereka. 

Kata bijak untuk anak sd agar tidak mengulangi kesalahan dua kali 

“Jangan takut untuk mengalami kesalahan, namun jangan sampai mengalami kesalahan yang sama” (Akio Morit).

Sedari kecil, penting bagi Anda memperkenalkan kepada buah hati bahwasannya manusia itu tempatnya salah. Sehingga, ketika anak-anak melakukan kesalahan dan gagal, beritahu jika itu hal biasa dan tidak mengapa. 

Tanamkan pada diri anak untuk tidak terbiasa meratapi kegagalan, melainkan harus bangkit lagi dan berusaha memperbaikinya.  Beritahu anak-anak Anda supaya tidak takut salah sebelum bertindak, biasakan untuk berani mencoba dahulu. 

Satu hal yang paling penting adalah pastikan untuk tidak melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang. Jika selalu melakukan kesalahan yang sama, itu berarti tidak ada kemauan memperbaiki hidup lebih baik. 

banner-promo-gramedia

Hal itulah yang mesti Anda larang dan penting diingat oleh buah hati. Dengan mengajarkan kata-kata bijak dan motivasi, maka bermanfaat untuk membantu anak lebih semangat dalam memperbaiki kesalahannya. 

Begitupun dengan pola pikir agar tidak terjun di titik kesalahan yang sama. 

Kata mutiara orang tua untuk anak

“Coba untuk tidak berusaha menjadi orang sukses, berusahalah untuk menjadi orang lebih berharga” (Albert Einstein). 

Mulai sekarang jangan menjadi orang tua yang mendorong anak-anaknya sukses, melainkan bimbinglah mereka menjadi orang-orang berharga. Hal ini sangatlah penting, karena setelah dewasa nanti mereka tidak selalu mengukur kehidupannya dengan materi dan pencapaian.

Namun dengan berapa besar manfaatnya bagi orang-orang disekeliling. Selain itu, kata motivasi ini juga mengajarkan kepada anak untuk lebih memahami proses kehidupan. 

Pastikan anak merasa bangga ketika kerja kerasanya bermanfaat bagi orang lain, bukan semata-mata banyaknya pencapaian.  

 

Kata-kata bijak untuk selalu memikirkan hal-hal yang positif 

“Tetapkan untuk memiliki tujuan dalam hidup, bangkitlah untuk melewati segala rintangan dan berpikir positif” (Robert H. Goddard)

Sejak dini, ajarkan kepada anak-anak untuk memiliki tujuan dalam hidup. Entah itu menjadi seorang guru, dokter, polisi dan lain-lain. Nah, bimbing juga mereka untuk bekerja keras demi bisa mewujudkan impian tersebut. 

Dimulai dengan mendisiplinkan anak untuk selalu belajar dan tidak boleh bermalas-malasan. Jika mendapat nilai buruk di sekolah, jangan memarahi dan biasakan anak berpikir postif. Jadikan itu pelajaran untuk hidup lebih baik kedepannya.  

Ketika usia anak-anak, ini adalah momen terbaik kepada orang tua untuk mengatur pola pikir. Jika sedari kecil sudah dilatih berpikir positif, diharapkan kedepannya terus seperti itu.  

 

Contoh kata bijak untuk anak dari ibu dan ayah

Selain memberikan kata-kata yang mampu membangkitkan semangat, ada kalanya nasehat yang Anda berikan juga harus bermakna. Yaitu berisi pesan yang mampu menyentuh hati dan mendorong anak tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dan mawas diri. 

Orang tua bisa memberikan motivasi untuk anak dalam kondisi apa saja. Nah, dengan adanya nasehat yang penuh makna akan membuat anak lebih mudah untuk memahaminya.  Jadi jangan sampai orang tua menyalahkan bahkan memarahi ketika anak mengalami kesalahan. Lebih baik anda mengarahkan pada arah yang positif. 

Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa contoh kata bijak untuk anak yang bermakna. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini : 

Ketika banyak orang menjauhimu dan menghinamu karena dampak kesalahanmu, percayalah bahwa ibu dan ayah akan selalu tetap bersamamu dan tidak akan menjauhimu. 

Semua orang tua tidak ingin kamu menjadi seperti orang tua, namun mereka ingin kalian lebih baik dari mereka. 

Ketika kamu sudah bahagia, ibumu tidak pernah memintamu untuk berbagi kebahagiaan, tetapi ketika kamu terluka ibu selalu ada untukmu dan menerima lukamu. 

Jangan terlalu berharap untuk menjadi orang yang beruntung, karena keberuntungan itu tidak akan datang bagi mereka yang diam saja. 

Jangan pernah sekali-kali menyalahkan kesedihanmu karena orang lain, karena semua kebahagian yang anda raih adalah usaha kerasmu. Jadi kebahagiaan itu datang dari dalam diri sendiri. 

Ketika hati tulus untuk terus mencintai maka mereka akan selalu bertahan, walau sulitnya perjalanan akan terus bersama untuk kebahagiaan. 

Teruslah untuk terus tersenyum karena sejatinya kehidupan itu indah karena masih banyak hal yang harus disyukuri. 

Seseorang yang menjadi juara adalah mereka yang tidak pernah menyerah untuk mendapatkannya. 

novel romantis

Contoh kata bijak mutiara untuk mendidik anak 

Poin selanjutnya adalah membahas tentang kumpulan kata bijak mutiara untuk mengasuh anak. Berisi kalimat-kalimat positif mengenai hal-hal yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anak.  



Ingat, sebagai orang tua tanggung jawab Anda adalah masa depan anak. Maka dari itu Anda perlu memahami metode yang baik dan benar dalam membentuk karakter anak sejak dini. Berikut penjelasan selengkapnya: 

Tentang memberi contoh kepada anak

“Anak membutuhkan contoh yang benar daripada kritikan”

Sebagai orang tua dalam hal mengasuh anak dan mendidiknya harus lebih sering memberikan contoh dalam melakukan berbagai tindakan. Jadi usahakan untuk tidak menyuruh atau hanya memerintahnya saja, karena akan menjadi beban bagi anak. 

Salah satu contohnya ketika anda ingin anak untuk bersih-bersih rumah, maka anda sebagai orang tua jangan menyuruhnya saja. Anda perlu melakukan aksi nyata, yaitu memberi contoh menyapu halaman, mengelap kaca, menata kamar tidur dan bila perlu mengajak anak bersama-sama membersihkan rumah.  

Menjalani kegiatan secara bersama-sama bisa menjadi langkah paling efektif dan ideal. Sebab, anak-anak melakukannya dengan penuh ceria dan dicontohkan langsung.  

Tentang arti cinta 

“Mencintai anak itu belum cukup, karena satu hal yang paling penting adalah anak sadar mereka dicintai orang tuanya”

Sebagai orang tua haruslah memberikan cinta dan kasih sayang untuk anak-anaknya. Jadi, Anda bisa menyentuh hatinya agar mereka sadar kalau orang tuanya sangat mencintainya. Sebagai contoh, menemani anak ketika makan, tidak berbohong kepada anak dan bertanya apa yang membuat mereka sedih atau menangis. 

Memberikan perhatian memang sangat penting, namun satu hal yang tidak kalah penting adalah jangan terlalu berlebihan. 

Tentang kekecewaan 

“Semakin melindungi anak dari kekecewaan, namun kekecewaan di masa depan lebih berat”

Banyak orang tua di era modern ini merasa tidak tega ketika melihat anaknya kecewa atau menangis. Banyak orang tua berusaha keras untuk membuat anaknya tidak menangis lagi dan seolah-olah mengapuskan rasa sedih atau kecewa tersebut. 

Perlu anda ketahui, membiarkan anak kecewa itu artinya Anda melatih psikologi anak. Ingatlah, kehidupan di masa mendatang anak-anak akan bertemu berbagai macam kekecewaan.  

Ketika anak sudah terbiasa mengalami kekecewaan, maka anak akan lebih mudah untuk mengatasi kekecewaan tersebut. Sehingga anda bisa bangkit lagi lebih cepat untuk hidup lebih baik. 

Masalahmu bukan yang terburuk, masih banyak diluar sana yang harus berjuang lebih keras bahkan untuk sekedar hidup.

Dalam mengasuh anak, sudah kewajiban bagi orang tua untuk memberikan pemahaman agar anak tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan tidak mudah mengeluh. Dengan begitu, anak akan selalu bersyukur di setiap kondisi.

Rekomendasi Buku Parenting & Quotes dari Gramedia

Parenting Tanpa Galau

Parenting Tanpa Galau

The Danish Way Of Parenting

The Danish Way Of Parenting

Happy Healthy Parenting

Happy Healthy Parenting

Reading Parenting

Reading Parenting

buku quotes

200 Quotes Pembingkai Mimpi

Quotes for muslim

Quotes for Muslim

kumpulan quotes dari komik

Kumpulan Quotes dari Komik @SI_BEDIL

super leadership quotes

Super Leadership Quotes

Contoh Kata Bijak Mendidik Anak Dalam Islam

Ajarkanlah Al Quran kepada anak-anakmu, maka Al Quran akan mengajarkan segalanya kepada mereka.

Maknanya adalah jangan pernah lupa untuk mengajarkan ilmu agama kepada anak. Karena agama merupakan pondasi hidup, jika agamamu lemah, maka begitupun dengan hidupmu.

 

Muliakanlah anak-anakmu dan didiklah mereka dengan baik” – Hadist

Sebagai orang tua, pasti anda akan mengharap jika suatu saat anak akan membalas jasa dan memuliakan anda bukan? Namun, kata bijak ini akan merubah pemikiran anda yang demikian. Untuk bisa menghasilkan anak yang baik dan berbudi luhur, maka anda harus memberikan segalanya yang terbaik. 

 

Waktu akan menunjukkan jalan yang benar kepada anak-anak yang dididik dengan baik. 

 

Ketahuilah, bahwa harta dan anak-anakmu hanyalah sebagai cobaan, dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang paling besar

 

Kata bijak ini akan mengingatkan anda sebagai orang tua bahwa semuanya yang ada di dunia ini hanyalah titipan yang harus anda jaga dengan baik. Keberadaan harta, termasuk juga anak terkadang diberikan hanya untuk menguji iman dan ketakwaan seseorang. 

Maka hendaknya jangan selalu terpengaruh dan fokus pada kehidupan di dunia. Namun selalu ingatlah Allah dimanapun dan kapanpun.

Baca Juga Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur (Dunia) Yang Recommended

Kata Mutiara Untuk Orang Tua Sebagai Pengingat Dalam Mengasuh Anak

Anak merupakan mutiara hati yang diberikan langsung oleh Tuhan.

Ya, anak merupakan karunia yang tidak ada nilainya dan tidak bisa ditukar dengan apapun di dunia ini. Anda harus senantiasa bersyukur telah diberikan kesempatan, karena tidak semua orang bisa mendapatkannya.

Bagaimanapun kelakuan si kecil yang menjengkelkan, jangan pernah menggerutu dan merasa terbebani. Ingatlah, karunia Tuhan harus selalu dijaga dan dirawat sebaik mungkin. Jangan mudah marah, apalagi merasa stress mengurus anak. 

Anak-anak lebih membutuhkan kehadiranmu, daripada hadiah semahal apapun di dunia ini.

Apabila anak bagaikan mutiara bagi orang tua, begitupun anak yang senantiasa menganggap orang tua sebagai segalanya. Mengalahkan apapun di dunia ini, bahkan barang termahal sekalipun.  Mereka sangat membutuhkan kehadiran, kasih sayang dan cinta kasih dari Anda. 

Oleh sebab itu, jangan hanya sibuk mencari uang untuk memenuhi keinginan anak. Luangkan waktu dan tunjukkan kasih sayang Anda sebagai orang tua. 

Kehidupan, cinta, dan canda tawa merupakan hadiah tak ternilai bagi anak-anak

Anak-anak tidak membutuhkan kehidupan mewah, barang dan mainan yang mahal, yang mereka butuhkan hanya kasih sayang dari orang tua, sama dengan arti kata sebelumnya.

 

Hadiah terbaik untuk anak adalah akar dari tanggung jawab dan sayap kemandirian

Maksudnya adalah, bekal terbaik untuk anak dalam menjalanin hidup kedepannya adalah dua hal, yaitu tanggung jawab dan kemandirian. Jika anak sudah dibekali kedua hal tersebut sejak kecil, maka dijamin mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang baik.

 

Ibu yang baik merupakan pendidikan pertama bagi anak.

Maksudnya adalah, agar berhasil mendidik anak untuk tumbuh menjadi pribadi yang baik, anda juga harus memastikan memiliki pribadi yang baik pula. Ingatlah bahwa anak merupakan pecontoh yang baik atas apa yang orang tuanya lakukan.

 

Anak bukanlah buku mewarnai, anda tidak bisa mengisinya dengan warna favorit anda.

Jangan pernah memaksakan keinginan kepada anak, biarkan anak menentukan pilihannya sendiri. Tugas anda hanya mendampinginya dengan tulus.

 

Jangan paksa anak agar menjadi seperti dirimu karena mereka tidak lahir di zamanmu” 

Setiap orang tua pasti akan memiliki harapan dan impian kepada buah hatinya kelak akan menjadi apa. Namun jangan pernah memaksakan kehendak, karena nantinya yang akan menjalani hidup adalah anak, bukan orang tua.

 

Ketika aku melampiaskan amarah pada anak-anak, aku khawatir itu yang terakhir mereka ingat.

Jangan pernah mendidik anak dengan kekerasan dan amarah, sebab apa yang anda berikan akan selalu diingat olehnya. Berikan yang terbaik agar mendapat hasil yang sama baiknya.

Buku & Quotes Yang Lainnya

1. Buku 2. Quotes dan Kata Bijak Lainnya

Demikianlah penjelasan mengenai kata bijak mutiara untuk anak yang perlu Anda pahami sebaik mungkin.  

Semoga dengan adanya penjelasan ringkas dan contoh kata bijak diatas bisa membantu Anda membentuk karakter anak yang positif dan lebih baik

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy