in

73 Kata-Kata Penutup Presentasi

Kata-kata penutup presentasi – Pernahkah Anda melakukan presentasi untuk pekerjaan maupun sebuah tugas? Biasanya, anak kuliah tidak asing dengan kegiatan satu ini.

Presentasi merupakan sebuah kegiatan dalam mengemukakan ide, gagasan, ataupun laporan di depan hadapan para audiens. Jika Anda sudah terbiasa melakukan presentasi, tentunya akan dengan mudah untuk menutup presentasi.

Akan tetapi, jika Anda baru pertama kali melakukan presentasi, maka bisa jadi hal ini akan membuat Anda mengalami kesulitan atau gugup dalam menutup presentasi. Dalam melakukan presentasi tentu kita harus mempersiapkan kebutuhan yang penting dan perlu. Seperti halnya materi dalam presentasi dan juga pembawaan dalam presentasi.

Hal yang penting dan perlu Anda miliki adalah percaya diri. Banyak orang yang justru takut dan gugup saat akan presentasi. Itulah salah satu penyebab mengapa presentasi berjalan tidak lancar dan kurang berkesan di mata audiens.

Kata-Kata Penutup Presentasi

Untuk dapat membuat sebuah presentasi yang Anda lakukan lebih berkesan di mata audiens, maka perlu Anda mempersiapkan secara matang sebuah presentasi. Salah satunya adalah dengan membuat kalimat penutup sebelum Anda akan mengakhiri sebuah presentasi yang sedang dilakukan. Berikut ini kata-kata penutup presentasi yang telah dirangkum melalui beberapa sumber:

  1. Sebagai penutup, saya ingin mengutip pernyataan dari Walt Disney. Ia mengatakan, semua impian pasti bisa Anda wujudkan jika Anda memiliki keberanian untuk mengejar mereka. Artinya, jika Anda punya impian maka genggam impian tersebut, yakini dan kejar. Percayalah bahwa impian Anda pasti bisa Anda wujudkan.
  2. Sekian presentasi saya hari ini, jika ada kurangnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga apa yang saya sampaikan berguna untuk diri saya sendiri dan banyak orang pada khususnya. Selamat siang dan terima kasih.
  3. Para hadirin, kita telah saksikan bahwa motivasi sangat berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang. Saya telah membuktikan bahwa memiliki mimpi serta keinginan yang kuat dapat mengubah hidup ke arah yang lebih baik. Jadi, sekarang giliran Anda yang membuktikannya.
  4. Akhirnya, kita telah sampai di penghujung presentasi. Terdapat beberapa poin penting yang telah dibahas seperti pentingnya melakukan investasi sejak dini. Hal ini tidak hanya penting bagi diri sendiri melainkan untuk menjamin kehidupan Anda dan keluarga Anda di masa depan.
  5. Sebelum presentasi diakhiri, kami kelompok (nama kelompok) ingin menyampaikan terima kasih atas atensi teman-teman selama kami presentasi. Semoga materi ini bisa berguna bagi kita semua.
  6. Sudah waktunya aku dan kelompokku mengakhiri presentasi yang kami tulis dengan panik 20 menit yang lalu! Sekian dan terima kasih.
  7. Akhirnya saatnya untuk mengakhiri rasa sakit luar biasa yang telah saya berikan kepada kalian semua. Waktunya untuk minum kafein! Terima kasih!
  8. Senang menyiksa kalian semua dengan statistik yang berbelit-belit dan presentasi bertele-tele. Semoga hari kalian menyenangkan.
  9. Akhirnya, setelah mempresentasikan materi yang rumit ini, waktunya saya pulang ke rumah untuk bertemu kedua orang tua saya.
  10. Saya harap kalian semua tidak dapat memahami apa pun yang telah saya katakan! Bingung? Bagus! Semoga hari kalian menyenangkan.
  11. Pada saat ini aku ingin temanku berbicara. Jadi, kuakhiri dengan mengucapkan terima kasih atas perhatian kalian semua.
  12. Saya dapat melihat bahwa waktu kita hampir habis. Jadi, untuk menyelesaikannya saya ingin mengucapkan terima kasih.
  13. Terima kasih sudah mendengarkan presentasiku. Jangan sampai kalian meremehkanku karena itu adalah pekerjaan ibuku.
  14. Sebelum mengakhiri, izinkan aku mengatakan bahwa kita semua memiliki kesamaan. Kalian tidak mengerti apa yang baru saja kupresentasikan dan aku pun sama.
  15. Mohon maaf sebelumnya jika ada salah, karena kesempurnaan hanya milik Tuhan semata.
  16. Teman-teman, kalian tidak tahu bagaimana rasanya membuat presentasi yang ditulis dengan cemerlang dan disampaikan dengan sempurna. Yah, aku pun tidak tahu. Jadi, terima kasih atas perhatian kalian semua.
  17. Terima kasih sudah mendengarkan sampai sejauh ini. Kami segera undur diri.
  18. Terima kasih atas perhatian kalian semua. Meskipun kami tahu tidak ada yang memperhatikan, tetapi tidak apa-apa.
  19. Sepertinya Teman-teman sudah mengantuk. Tenang saja, kami pun sama. Jadi, presentasinya kami sudahi sampai di sini.
  20. Semoga kalian menyimak presentasi kami dengan baik. Syukurlah, tidak ada dari kalian yang sampai tidur mendengkur.
  21. Kita akhiri kesempatan yang berbahagia ini dan semoga kalian bahagia mendengarkan presentasi kelompok kami.
  22. Buat kalian yang merasa depresi, tenang saja, presentasi kami sudah selesai sampai di sini.
  23. Terima kasih, semuanya. Izinkan kami menyampaikan salam penutup presentasi. Harap maklum jika tidak sesuai ekspektasi.
  24. Hidup terasa sepi tanpa kekasih, cukup sekian dan terima kasih.
  25. Sekian presentasi dari kelompok kami. Jika ada yang ingin bertanya, lebih baik pendam saja, karena kami sudah menjelaskan semuanya. Terima kasih.
  26. Sekian yang bisa saya sampaikan, saya pamit undur diri karena kalo maju dia nggak peka, terima kasih.
  27. Jika ada kekurangan mohon maaf, karena yang lebih hanya perasaanku kepada dia.
  28. Jika ada kekurangan saya minta maaf dan jika ada kelebihannya tidak usah dikembalikan karena saya orang yang ikhlas.
  29. Hidup kesepian tanpa kasih, cukup sekian dan terima kasih.
  30. Selesai sudah presentasi kelompok kami hari ini, seperti kamu dan dia yang selesai tanpa pernah dimulai.
  31. Cukup sampai disini presentasi ini bila ada kesalahan mohon dimaafkan, bila ada perasaan mohon diungkapkan, sekian terima kasih.
  32. Sekian yang dapat saya sampaikan, maaf jika ada kekurangan karena kesempurnaan itu lagu milik Rizky Febian.
  33. Sekian presentasi hari ini, kalau ada kesalahan mohon dimaafkan, kalau ada yang sayang mohon diungkapkan.
  34. Terima kasih atas perhatiannya, karena disini kami perempuan semua jadi kami tidak meminta maaf apabila ada kesalahan, karena perempuan selalu benar.
  35. Sekian presentasi kelompok hari ini, jika ada lebihnya itu dari saya dan jika ada kurangnya itu pasti dari teman-teman saya.
  36. Sekian yang dapat saya sampaikan, maaf jika ada kekurangan karena kesempurnaan itu lagu milik Rizky Febian.
  37. Sekian presentasi hari ini, kalau ada kesalahan mohon dimaafkan, kalau ada yang sayang mohon diungkapkan.
  38. Jika ada kekurangan saya minta maaf dan jika ada kelebihannya tidak usah dikembalikan karena saya orang yang ikhlas.
  39. Demikian beberapa hal yang bisa saya sampaikan pada kesempatan hari ini. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada tutur kata maupun tindakan yang kurang berkenan bagi Bapak dan Ibu sekalian. Dengan ini, presentasi hari ini saya tutup. Terimakasih atas kehadirannya. Wassalamualaikum wr.wb.
  40. Demikian akhir presentasi saya, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih atas kehadirannya. Wassalamualaikum wr.wb.
  41. Terima kasih atas perhatiannya, kurang lebihnya mohon maaf. Saya tutup presentasi hari ini dengan membaca hamdalah.
  42. Sekian presentasi kelompok hari ini, jika ada lebihnya itu dari saya dan jika ada kurangnya itu pasti dari teman-teman saya.
  43. Sekian presentasi kelompok saya hari ini, jika ada kurangnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga apa yang saya sampaikan berguna untuk diri saya sendiri dan teman-teman.
  44. Sebelum presentasi diakhiri, kami kelompok 4 ingin menyampaikan terima kasih atas atensi teman-teman selama kami presentasi. Semoga materi ini bisa berguna bagi kita semua.
  45. Demikian isi presentasi saya kali ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kekurangan mohon dimaafkan, karena kesempurnaan sungguh hanyalah milik Allah SWT saja.
  46. Selesai sudah presentasi kelompok kami hari ini, seperti kamu dan dia yang selesai tanpa pernah dimulai.
  47. Hidup kesepian tanpa kasih, cukup sekian dan terima kasih.
  48. Goreng ikan campur bakmi, gorengnya terpisah, jangan sekaligus. Cukup sekian presentasi kami, Semoga pemaparan materi kami berkesan.
  49. Demikianlah beberapa hal yang bisa saya sampaikan, sebelumnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada hadirin sekalian, apabila dalam penyampaian tadi mungkin ada kesalahan kata atau beberapa pernyataan yang menyinggung hadirin sekalian. Saya ini hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan.
  50. Sekian presentasi dari kami, Bu Dina membawa bonsai, lalu duduk makan stroberi, semua telah usai, saatnya kami undur diri.

Ingin mencari buku yang dapat memudahkan kamu dalam melakukan presentasi? Yap, kamu akan bisa lebih mudah melakukan presentasi dengan membaca buku Ilmu Presentasi untuk Pemula.Buku ini memuat tentang pembahasan dalam perancangan slide presentasi dengan menggunakan Microsoft PowerPoint. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan gambar step by step yang memudahkan Anda untuk membacanya.

 

  1. Sebagai penutupan, izinkan saya untuk menyampaikan satu pantun sebelum mengakhiri presentasi ini. Nasi goreng rasanya gurih, dimakan di Kota Batu. Ku ucapkan terima kasih, atas semua kasih dan perhatianmu.
  2. Demikian isi presentasi saya kali ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kekurangan mohon dimaafkan, karena kesempurnaan sungguh hanyalah milik Allah SWT.
  3. Akhirnya, kita sudah sampai di penghujung acara kali ini. Terima kasih atas perhatian saudara. Semoga kita dapat berjumpa kembali di kesempatan lain.
  4. Sebagai penutup, izinkan saya menyampaikan pantun sebelum mengakhiri presentasi. Pagi-pagi sudah makan, tidak lupa berdoa. Terima kasih kuucapkan, atas perhatian para peserta.
  5. Tak terasa kita sampai di penghujung acara hari ini. Jika ada salah kata yang saya sampaikan di sepanjang presentasi, saya ucapkan mohon maaf.
  6. Para hadirin, kita telah saksikan bahwa motivasi sangat berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang. Saya telah membuktikan bahwa memiliki mimpi serta keinginan yang kuat dapat mengubah hidup ke arah yang lebih baik. Jadi, sekarang giliran Anda yang membuktikannya.
  7. Sebelum presentasi diakhiri, kami kelompok (nama kelompok) ingin menyampaikan terima kasih atas atensi teman-teman selama kami presentasi. Semoga materi ini bisa berguna bagi kita semua.
  8. Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan. Saya berharap hasil presentasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk audiens. Bila merasa ada kekurangan dan kesalahan, saya meminta maaf karena kesempurnaan hanyalah milik Tuhan.
  9. Sebelum saya akhiri presentasi siang hari ini, saya ingin mengingatkan kembali kepada hadirin untuk tetap saling menjaga kesehatan serta melakukan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dengan begitu, semoga kita selalu diberikan kesehatan selalu oleh Tuhan Yang Maha Esa.
  10. Sebelum mengakhiri presentasi ini, saya ingin menyampaikan beberapa kesimpulan terkait penelitian yang saya lakukan. (Sampaikan kesimpulan secara singkat). Demikian presentasi ini, semoga presentasi ini dapat memberikan manfaat. Terima kasih kepada dosen pembimbing dan penguji, saya tutup presentasi penelitian skripsi saya sampai di sini.
  11. Akhirnya, kita telah sampai di penghujung presentasi. Ada beberapa poin penting yang telah dibahas seperti pentingnya melakukan investasi sejak dini. Hal ini tidak hanya penting bagi diri sendiri melainkan untuk menjamin kehidupan Anda dan keluarga Anda di masa depan.
  12. Jadi, sebelum presentasi ini diakhiri, izinkan saya mengingatkan kepada saudara untuk tetap menerapkan gaya hidup sehat. Mari mulai membenahi pola makan agar terhindar dari berbagai penyakit seperti diabetes dan kolesterol.
  13. Para hadirin, kita telah saksikan bahwa motivasi sangat berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang. Saya telah membuktikan bahwa memiliki mimpi serta keinginan yang kuat dapat mengubah hidup ke arah yang lebih baik. Jadi, sekarang giliran Anda yang membuktikannya.
  14. Sebelum presentasi diakhiri, kami kelompok (nama kelompok) ingin menyampaikan terima kasih atas atensi teman-teman selama kami presentasi. Semoga materi ini bisa berguna bagi kita semua.
  15. Akhirnya, kita telah sampai di penghujung presentasi. Terdapat beberapa poin penting yang telah dibahas seperti pentingnya melakukan investasi sejak dini. Hal ini tidak hanya penting bagi diri sendiri melainkan untuk menjamin kehidupan Anda dan keluarga Anda di masa depan.
  16. Sebagai penutup, izinkan saya menyampaikan pantun sebelum mengakhiri presentasi. Pagi-pagi sudah makan, tidak lupa berdoa. Terima kasih kuucapkan, atas perhatian para peserta.
  17. Sebelum mengakhiri presentasi, izinkan kami mengucap satu pantun yang indah. Siang-siang pergi ke kota, jangan lupa beli alpukat. Demikian presentasi kita, semoga bermanfaat.
  18. Sekian presentasi dari kami, bu Dina membawa bonsai, lalu duduk makan stroberi, semua telah usai, saatnya kami undur diri.
  19. Sekian yang dapat saya sampaikan, maaf jika ada kekurangan karena kesempurnaan itu lagu milik Rizky Febian.
  20. Sebelum presentasi diakhiri, kami akan memberi pantun kepada para peserta. Bunga mawar bunga selasih, warnanya cerah tiada duanya. Cukup sekian dan terima kasih, semoga tidak ada yang bertanya.
  21. Sekian presentasi hari ini, kalau ada kesalahan mohon dimaafkan, kalau ada yang sayang mohon diungkapkan.
  22. Jika ada kekurangan saya minta maaf dan jika ada kelebihannya tidak usah dikembalikan karena saya orang yang ikhlas.
  23. Cukup sampai disini presentasi ini bila ada kesalahan mohon dimaafkan, bila ada perasaan mohon diungkapkan, sekian terima kasih.

Presentasi bisa menjadi salah satu bentuk komunikasi ataupun sebuah kegiatan dalam berbicara dengan tujuan dalam menyampaikan sebuah pendapat, topik, maupun sebuah informasi di depan orang banyak.

Selain percaya diri, Anda perlu membekali diri dengan pengetahuan yang cukup dan juga slide presentasi yang baik sebagai penunjang presentasi Anda. Grameds bisa membaca buku Slide Presentasi ala Steve Jobs dan Membuat Presentasi 3 In 1 agar lebih mudah dan berani dalam melakukan presentasi.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Kedua buku ini, memiliki keunggulannya masing-masing. Nah, biar kamu nggak penasaran lagi dengan isi dari dua buku ini, maka langsung saja dapatkan di gramedia.com.

 

Demikian rekomendasi kata-kata penutup presentasi. Semoga semua kumpulan kata-kata di atas akan memudahkan kamu dalam mengakhiri presentasi. Jika ingin mencari buku seputar cara mudah presentasi, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Rujukan:

  • https://katadata.co.id/intan/berita/6397556bb2113/35-contoh-kata-penutup-presentasi-ini-anti-membosankan
  • https://berita.99.co/kalimat-penutup-presentasi-singkat/
  • https://www.bola.com/ragam/read/5194981/15-contoh-kalimat-penutup-presentasi-yang-menarik-untuk-disampaikan
  • https://www.idntimes.com/life/education/amp/dinda-trisnaning-ramadhani-2/rekomendasi-kalimat-penutup-presentasi?page=all#page-2

 

Buku & Quotes Yang Lainnya

1. Buku 2. Quotes dan Kata Bijak Lainnya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Yufi

Saya biasa dipanggil dengan nama Yufi. Saya senang menulis karena dengan menulis wawasan saya bertambah. Tema yang saya sukai adalah tema agama Islam dan juga quotes.

Kontak media sosial Instagram saya Yufi Cantika