in

7 Manfaat Hyaluronic Acid Bagi Kulit, Efek Samping, dan Kombinasinya

Foto oleh Jill Burrow dari Pexels

Manfaat Hyaluronic AcidTahukah Grameds jika ada banyak sekali manfaat hyaluronic acid (asam hialuronat) bagi kesehatan dan kecantikan kulit? Bagi Grameds yang masih belum familiar, hyaluronic acid merupakan zat bening dan memiliki tekstur lengket yang diproduksi oleh tubuh secara alami.

Karena memiliki berbagai manfaat, zat ini juga diproduksi secara massal untuk berbagai produk skincare, seperti pelembab, krim wajah, serum, hingga masker.

Fungsi hyaluronic acid yang paling utama ialah untuk menahan air pada jaringan kulit supaya tetap dapat terhidrasi dengan baik. Alhasil, kulit pun menjadi selalu kenyal dan lembap.

1.Apa Manfaat Hyaluronic Acid Bagi Kulit?

manfaat hyaluronic acid
Foto oleh Anna Nekrashevich dari Pexels

Mulai dari menjaga kesehatan serta kekenyalan kulit hingga dapat menyamarkan bekas jerawat, berikut ialah berbagai manfaat hyaluronic acid bagi kulit.

1. Menjaga Kesehatan dan Kekenyalan Kulit

Salah satu manfaat hyaluronic acid ialah untuk menjaga kesehatan dan kekenyalan kulit. Walaupun tubuh bisa memproduksi asam ini secara mandiri, paparan radiasi matahari, polusi udara, asap rokok, dan proses penuaan secara otomatis dapat mengurangi kadarnya di kulit.

Mengonsumsi suplemen asam hialuronat bisa mencegah penurunan tersebut dengan menambahkan beberapa kadar ekstra untuk dimasukkan ke dalam kulit.

Hal ini telah dibuktikan secara ilmiah melalui hasil penelitian yang dimuat di dalam Nutrition Journal. Dijelaskan bahwa hanya dengan mengonsumsi 120-240 mg suplemen hyaluronic acid setiap harinya dalam kurun waktu satu bulan terbukti dapat meredakan kondisi kulit kering serta meningkatkan kelembapan kulit pada orang dewasa.

Saat dioleskan ke permukaan kulit, serum yang memiliki kandungan asam ini juga dapat membantu mengurangi kemerahan, dermatitis, dan kerutan. Disamping itu, suntik filler hyaluronic acid juga bisa dilakukan oleh dokter kulit dengan tujuan untuk menjaga kesehatan kulit supaya tetap kencang serta awet muda.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

2. Melembapkan Kulit

Dapat menjaga kelembapan kulit juga termasuk sebagai manfaat hyaluronic acid bagi kulit wajah. Tak mengherankan kalau pemakaian produk skincare yang memiliki kandungan asam hialuronat, urea, gliserin, dan sorbitol, bisa menjaga kulit supaya terhidrasi dengan baik dan terasa lembap.

Berdasarkan sebuah penelitan yang dimuat dalam The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, wanita yang memakasi asam hialuronat secara topikal (oles) sebagai toner, lotion, serum, maupun krim dalam kurun waktu 8 minggu menunjukkan peningkatan hidrasi kulit mencapai hingga 96 persen.

Kemampuan asam ini untuk melembapkan kulit, tentunya memberikan manfaat bagi pemilik kulit kering.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Asam hialuronat dipercaya mampu mempercepat penyembuhan luka dengan mengendalikan tingkat peradangannya. Fungsi hyaluronic acid lainnya ialah untuk merangsang tubuh supaya membentuk lebih banyak pembuluh darah di area kulit yang rusak.

Hal tersebut juga didukung oleh beberapa penelitian yang menjelaskan bahwa mengoleskan produk perawatan kulit yang memiliki kandungan Hyaluronic acid pada luka, bisa membantu mengurangi rasa nyeri  serta ukuran luka lebih cepat apabila dibandingkan dengan plasebo.

Asam ini juga mempunyai sifat antibakteri sehingga jika dioleskan langsung ke luka terbuka dapat membantu mengurangi risiko infeksi.

4. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Penuaan bisa menurunkan elastisitas kulit dan mengubah penampilan kulit. Meski begitu, hyaluronic acid dipercaya dapat meningkatkan kekencangan maupun elastisitas kulit, dan mengurangi kedalaman kerutan di wajah.

Hal tersebut juga merupakan salah satu alasan dari penggunaan asam ini sebagai bahan baku untuk pembuatan berbagai macam produk skincare.

5. Mengandung Antioksidan

Beberapa penelitian terbaru mengungkapkan bahwa hyaluronic acid merupakan senyawa aktif yang memiliki kandungan zat antioksidan.

Ini berarti, kandungan antioksidan dalam asam hialuronat bisa membantu kulit untuk menangkal berbagai paparan zat radikal bebas yang berasal dari faktor lingkungan, contohnya asap rokok, asap kendaraan, dan populasi udara lainnya.

6. Memperlambat Tanda Penuaan

Manfaat hyaluronic acid untuk wajah berikutnya yang dapat Grameds peroleh ialah memperlambat berbagai tanda penuaan dini. Seiring dengan bertambahnya umut, kulit akan kehilangan kelembapannya serta tak terhidrasi dengan baik sehingga membuat berbagai tanda penuaan dini akan muncul.

Sebagai solusinya, Grameds dapat memakai produk skincare anti-penuaan yang memiliki kandungan asam hialuronat.

Sebuah hasil studi yang dipublikasikan melalui The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menjelaskan bahwa pemakaian produk perawatan kulit yang memiliki kandungan asam ini sebanyak 2 kali sehari dalam kurun waktu 8 minggu, bisa mengurangi kerutan hingga 40 persen.

Ada pun fungsi hyaluronic acid yang ampun menghidrasi kulit hingga 96 persen, mengencangkan kulit, serta meningkatkan elastisitas hingga 55 persen apabila dibandingkan orang yang tak memakainya.

Berbagai manfaat ini bisa membuat kulit terjaga dari berbagai tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus.

7. Menyamarkan Bekas Jerawat

Asam hialuronat dipercaya memiliki manfaat untuk menyamarkan bekas jerawat. Hyaluronic acid juga berkontribusi untuk menyamarkan bekas jerawat yang mengganggu kecantikan.

Manfaat tersebut telah dibuktikan melalui sebuah hasil studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Dermatology and Venereology.

Dijelaskan bahwa pengobatan laser CO2 yang dikombinasikan dengan pemakaian asam hialuronat topikal dalam kurun waktu 3 bulan, menunjukkan perbaikan pada tampilan bekas jerawat mulai dari yang ringan, sedang, berat, hingga signifikan.

Adakah Efek Samping Hyaluronic acid?

manfaat hyaluronic acid
Foto oleh Anna Nekrashevich dari Pexels

Pada dasarnya, pemakaian produk perawatan kulit yang memiliki kandungan asam hialuronat tergolong aman. Hal tersebut juga menjadi alasan mengapa hyaluronic acid merupakan kandungan bahan aktif yang direkomendasikan bagi seluruh tipe kulit.

Mulai dari kulit kering, rentan berjerawat, hingga kulit berminyak, semuanya dapat memperoleh manfaat ini. Di sisi lain, dilaporkan bahwa hanya terdapat sedikit efek samping hyaluronic acid. Kandungan asam ini jarang sekali menyebabkan jerawat, iritasi, rosacea, maupun reaksi alergi pada kulit.

Apabila ada efek samping yang muncul, kemungkinan dikarenakan adanya interaksi antara zat aktif ini dengan kandungan lain. Walaupun potensi reaksi alergi akibat penggunaan asam hialuronat dapat dikatakan kecil, ada baiknya Grameds tetap melakukan dengan dokter sebelum memakainya.

Terutama, jika Grameds tengah hamil, menyusui, memiliki penyakit kronis, maupun menjalani pengobatan tertentu.

Sementara itu, segera bilas kulit menggunakan air serta hentikan penggunaan produk yang memiliki kandungan asam ini kalau kulit menunjukkan adanya reaksi alergi maupun reaksi negatif lainnya.  Efek samping berupa kulit kemerahan, nyeri, memar, jerawat dan lain sebagainya juga mungkin bisa terjadi.

Dapatkah Hyaluronic acid dan AHA/BHA Dicampur?

Apabila Grameds ragu untuk mencampur asam dengan asam lain karena terlalu banyak asam mengiritasi kulit Grameds, Hyaluronic acid akan melawan efek iritasi dari asam seperti AHA dan BHA.

Kombinasi antara Hyaluronic acid dengan AHA/BHA akan menghidrasi kulit serta mengurangi risiko iritasi akibat asam AHA/BHA karena asam ini memiliki sifat yang keras saat terkena kulit. Perpaduan kedua jenis kandungan ini aman untuk Grameds dalam rutinitas perawatan kulit Grameds. BHA biasanya memiliki kadar 2% sedangkan AHA memiliki kadar 8% hingga 10%.

Apakah Hyaluronic acid Dapat Dicampur Dengan Retinol?

Retinol merupakan salah satu bahan aktif yang paling sering dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Retinol mempunyai manfaat sebagai pencerah kulit, anti penuaan, serta mampu mengatasi hiperpigmentasi.

Walau demikian, retinol bisa memicu iritasi pada kulit sensitif. Nah, menggunakan Hyaluronic acid dengan retinol bersamaan dapat mengatasi masalah ini.

Kombinasi antara retinol dengan Hyaluronic acid dapat digunakan untuk mengurangi risiko terjadinya iritasi maupun kulit kering karena terdapat kandungan Hyaluronic acid yang mampu mengatasi permasalahan ini.

Tidak semua bahan aktif bisa dikombinasikan dengan retinol karena ada beberaoa bahan aktif seperti Vitamin C, AHA, dan BHA bisa memicu terjadinya iritasi kulit jika dicampur dengan retinol. Sebaliknya, kombinasi Hyaluronic acid dengan retinol bermanfaat untuk membantu mengatasi efek buruk dari pemakaian retinol.

Dapatkah Hyaluronic acid Dapat Dicampur dengan Niacinamide?

Niacinamide adalah salah satu bahan aktif yang kerap digunakan dengan tujuan untuk mencerahkan kulit, menyeimbangkan kadar minyak, mengecilkan pori-pori kulit, serta mengatasi hiperpigmentasi pada wajah.

Kombinasi Hyaluronic acid dengan Niacinamide akan bekerja dengan baik kalau digunakan pada tipe kulit kering, kulit dehidrasi, atau kulit berminya.

Efek Niacinamide yang mengatasi sebum berlebih akan dikombinasikan oleh hyaluronic acid untuk melembabkan kulit. Hasilnya, kulit akan menjadi lebih bercahaya dan kelembapan kulit akan terjaga serta tidak membuatnya berminyak.

Apabila Grameds hendak memakai dua produk serum dengan kandungan bahan ini, gunakan Hyaluronic acid terlebih dulu untuk melembabkan kulit, lalu baru serum Niacinamide. Keduanya bisa digunakan bersama-sama maupun terpisah pada pagi dan malam hari.

Para pemilik tipe kulit kombinasi juga dapat memakai kombinasi dari kedua bahan ini, misalnya dengan memakai serum Niacinamide pada area kulit yang berminyak seperti dagu dan T-zone, kemudian Hyaluronic acid pada bagian wajah yang kering.

Apakah Hyaluronic acid Boleh Digabung Dengan Face Oil?

Menurut Dermatolog, Hyaluronic acid bisa membuat kulit menjadi lebih kencang dan segar. Hal tersebut dikarenakan zat ini bersifat aktif, sehingga kandungan ini tidak dapat dicampur secara sembarangan.

Dalam hal ini, Hyaluronic acid tak diperbolehkan untuk dicampur dengan face oil. Hal itu dikarenakan face oil memiliki tekstur yang lebih kental, sedangkan Hyaluronic acid mempunyai tekstur yang lumayan cair.

Campuran dari kedua bahan tersebut terkadang tak bisa diterima oleh kulit dengan baik. Bahkan, pada beberapa kasus pemakaian Hyaluronic acid yang bersamaan dengan Face Oil bisa membuat tekstur kulit menjadi lebih kasar.

Disamping itu, kandungan asam lemak yang terdapat pada face oil juga dapat menjadikan kulit lebih mudah teriritasi jika dikombinasikan dengan Hyaluronic acid.

Dapatkah Hyaluronic acid Boleh Digabung Vitamin C?

Baik Hyaluronic acid maupun vitamin C memiliki sifat asam serta bisa melawan berbagai tanda penuaan.

Hyaluronic acid dan vitamin C bisa mengurangi kerutan dan garis-garis halus. Lantas apakah kedua bahan ini aman untuk digunakan bersamaan? Ternyata kedua bahan ini mempunyai efek yang lebih baik jika digunakan secara bersamaan!

Beberapa studi berhasil mengungkapkan bahwa vitamin C yang dikombinasikan dengan Hyaluronic acid memberikan efek yang signifikan dalam mengurangi berbagai tanda penuaan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Vitamin C dengan konsentrasi 10% akan sangat efektif untuk mengobati atau menghilangkan berbagai tanda penuaan, terlebih lagi jika dikombinasikan dengan Hyaluronic acid.

Apakah Hyaluronic acid Bisa Dicampur Dengan Vitamin B5?

Hyaluronic acid yang dicampur dengan vitamin B5 akan sangat baik digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit kering. Kombinasi dari kedua bahan tersebut mampu meningkatkan hidrasi alami kulit sert membuatnya lebih halus dan sehat.

Hyaluronic acid yang memiliki efek pelembab kuat yang kalau dikombinasikan dengan vitamin B5 akan menciptakan perlindungan atau penghalang bagi kulit untuk menghalau radikal bebas. Dengan demikian, kulit akan menjadi lebih sehat dan terhidrasi dengan.

Sekarang Grameds sudah tidak perlu bingung lagi dengan kombinasi kandungan Hyaluronic acid-nya, kan? Sesuaikan selalu apa yang dibutuhkan oleh kulit, ya! Pilih kombinasi bahan yang sesuai bagi kulit Grameds supaya mencapai hasil yang maksimal.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Dapatkan buku seputar perawatan kecantikan di gramedia.com atau kamu bisa lihat beberapa rekomendasi buku di bawah ini ya. 

Rekomendasi Buku Terkait

1. Perawatan Kecantikan Kulit

Buku ini ditulis untuk mereka yang memiliki minat dalam memasuki serts memperdalam pengetahuan dan keterampilan di bidang cosmetology serta aesthetic treatment, mulai dari tingkat yang mendasar sampai perkembangan terkini. Dalam buku ini disajikan berbagai dasar perawatan kecantikan secara komprehensif.

Mulai dari berbagai dasar yang wajib untuk dipahami oleh para terapis saat menjalankan tugasnya, memakai berbagai alat penunjang dengan terampil dan sesuai, dan juga sikap tubuh yang baik saat hendak melakukan interaksi dengan para pelanggan. Lebih singkatnya, buku ini benar-benar merupakan buku pegangan yang harus dimiliki oleh para terapis kecantikan maupun siapa saja yang berkecimpung di dalam bidang kecantikan.

Buku ini disusun dengan cermat, menggunakan metode yang dikembangkan hingga bertahun-tahun. Walaupun padat informasi, materi yang disajikan dalam bahasa yang sederhan, lugas, mudah untuk dipahami, dan dipraktikkan

2.500 Rahasia Cantik Alami Bebas

Muka Grameds berjerawat? Bekas jerawat tidak dapat hilang? Tak perlu panik dan pusing gara-gara masalah ini. Hanya dengan melirik isi kulkas dan dapur, wajah kita dapat terbebas dari jerawat secara alami tanpa harus ke salon. Inilah waktunya beraksi untuk menampilkan kecantikan alami dengan ramuan yang dapat dengan mudah dibuat sendiri di rumah. Berbagai bahan alami yang tersedia di sekitar, dapat dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik alami yang aman dan tidak memiliki efek samping.

Ditambah lagi, kita juga dapat menghemat biaya spa dan salon yang sangat tinggi. Buku ini hadir untuk mengupas dengan lengkap mengenai serba-serbi seputar jerawat, tips praktis untuk merawat wajah serta mencegah dan mengobati jerawat, membuat masker natural dari berbagai bahan alami, daftar makanan serta minuman untuk mengusi jerawat, serta berbagai tips untuk memilih kosmetik yang tepat bagi kulit berjerawat. Disamping itu, kita juga dapat meniru beberapa resep cantik alami dari para selebriti Korea hingga Hollywood. Nah, siapa bilang penampilan cantik butuh biaya mahal?

3.Body Rebuild Sereis Edisi Perawatan Kulit

Apakah Grameds ingin memahami mengenai berbagai permasalahan kulit dan perawatannya dengan cara yang menyenangkan serta mudah dipahami? Komik ini bisa dijadikan pilihan. Berbeda dengan komik-komik yang lainnya, “Body Rebuild Series Edisi Perawatan Kulit” menjelaskan pengetahuan mengenai kulit kepada para pembacanya. Komik ini adalah salah satu bagian dari seri komik “Body Rebuild Series”, yang sebelumnya telah merilis tiga seri dengan judul:

  1. Body Rebuild Series Edisi Tanpa Sabun
  2. Body Rebuild Series Edisi Pembatasan Gula
  3. Body Rebuild Series Edisi Pembatasan Gula dan Konsumsi Daging

Masing-masing komik memakai sudut pandang medis dan kesehatan untuk pembahasannya. Disamping itu, seri “Body Rebuild Series Edisi Perawatan Kulit” memaparkan berbagai pengetahuan perihal kulit. Penjelasannya juga mudah dipahami, dandisampaikan dengan gaya yang lucu dan asik  khas komik, sehingga “Body Rebuild Series Edisi Perawatan Kulit” ini sangat direkomendasikan bagi pembaca yang ingin lebih mengenal masalah kulit, tetapi dengan sarana dan bacaan yang lebih menyenangkan. Sinopsis Buku ini mengupas serba-serbi kulit dalam bentuk komik yang penuh guyonan! Apa penyebab timbulnya jerawat? Bagaimana supaya dapat tampil lebih muda? Stres mempengaruhi kondisi kulit? Penggunaan teknologi mutakhir berupa laser dan botox bagi kulit pun dibahas di sini!

Rujukan:

  • https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-hyaluronic-acid
  • https://evamuliaclinic.com/apakah-hyaluronic-acid-boleh-dicampur-dengan-bahan-aktif-lainnya/
  • https://blog.avoskinbeauty.com/hyaluronic-acid-boleh-dicampur/

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adinda