in ,

Kata-kata Bahagia itu Sederhana dan Cara Menciptakan Kebahagiaan

Kata-Kata Bahagia Itu Sederhana – Kata ‘sederhana’ tidak sekadar perlu diucapkan, tapi perlu dipraktikkan. Sederhana dalam menjalani keseharian menjadi salah satu cara untuk mencapai hidup yang bersahaja. Bahkan, pahlawan seperti Mohammad Hatta dikenal dengan hidupnya yang sederhana. Oleh karena itulah, meski Hatta pernah berada dalam lingkaran kekuasaan, tapi tak membuatnya melakukan korupsi.

Kita juga bisa mengingat kehidupan Nabi Muhammad SAW yang dijalani dengan sederhana dan jauh dari kemewahan. Sesungguhnya, sederhana akan membuat hati tentram dan bahagia.

Sederhana membuat  kita lebih mempunyai rasa bersyukur dengan apa yang dimiliki, seadanya dan selalu berterima kasih kepada segala yang memberi kehidupan. Perlu diketahui, kemewahan dan hal-hal besar tidak menjadi tolok ukur kebahagiaan seseorang.

Hal-hal kecil yang terjadi dan dimiliki dalam hidup kita ini, sejatinya tetap bisa membantu kita untuk tetap berbahagia, yaitu dengan cara selalu bersyukur atas nikmat dan karunia yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa mencari kebahagiaan itu sangat susah. Bahkan, banyak orang sampai stres dan depresi karena merasa tidak bahagia. Setiap orang ingin mengejar kebahagiaan, tapi sedikit yang tahu dari mana kebahagiaan itu berasal.

Dengan kata-kata bahagia itu sederhana yang diulas dalam artikel ini, semoga bisa membuat Grameds merasakan kebahagiaan dengan cara yang mudah dan dengan hal-hal kecil saja. Bukan hanya itu, kata-kata bahagia itu sederhana juga akan membantu Grameds untuk kembali sadar bahwa hidup ini hanya sekali dan jadikanlah hidup yang berarti.

Dengan demikian, kita dapat lebih bersyukur dan lebih berbahagia dengan hal-hal yang sederhana juga. Setiap orang, tentunya pasti menghadapi rintangan dan tantangannya masing-masing dalam hidup. Oleh karena itu, kita jalani dengan bersyukur dan mulai berbahagia.

Ada banyak kata-kata bahagia itu sederhana yang bisa membuat kita semakin bersemangat dalam menjalani hidup yang penuh dengan kegetiran ini. Kita tentu sudah tidak asing lagi, dengan kata-kata bahagia itu sederhana.

Kata-kata bahagia itu sederhana memang terdengar sangat familiar dan sering kali diucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya itu, kalimat ini juga sering kali ditemukan di berbagai media, baik dalam media sosial, buku, iklan, maupun kata-kata bijak yang ada di internet.

Meskipun sederhana, akan tetapi kata-kata ini memang memiliki makna yang mendalam. Kebahagiaan adalah faktor yang penting dalam hidup yang harus terus diperjuangkan dengan baik.

Bukan hanya dengan giat bekerja untuk mendapatkan uang yang banyak atau berbelanja barang-barang yang mewah. Kata-kata bahagia itu sederhana akan mengajarkan setiap orang untuk selalu bersyukur dengan apa yang telah didapatkan dalam hidup ini.

Kata-kata bahagia itu sederhana dapat menjadi pedoman hidup untuk menghadapi berbagai persoalan yang rumit dalam hidup. Kita juga bisa mengirimkan atau menyebarkan kata-kata bahagia itu sederhana ini kepada anggota keluarga atau teman, atau bahkan kekasih yang sedang membutuhkan dukungan dan semangat dari kita.

https://www.pexels.com/

50 Kata-Kata yang Bisa Membuat Bahagia Itu Sederhana:

Menyadur dari Kompas.com berikut ini ada beberapa kata-kata terkait bahagia itu sederhana yang bisa disimak:

  1. “Jangan malu karena gagal, belajarlah dari kegagalan itu dan mulai lagi” – Richard Branson.
  2. “Seorang yang lemah akan dikuasai egonya, seorang yang bijaksana akan menguasai egonya, dan seorang yang cerdas akan selalu berjuang melawan egonya” – Hamza Yusuf.
  3. “Mengikuti kata hati, mendengarkan suara hatimu, berhenti peduli dengan apa yang orang lain pikirkan tentang kita” – Roy T. Bennett.
  4. “Keuntungan yang tidak pernah datang secara gratis. Kita harus membuatnya menjadi seperti yang kita inginkan!” – Ashish Patel.
  5. “Suatu hal terlihat tidak mungkin, sampai kita bisa melakukannya” – Nelson Mandela.
  6. “Mengenal diri kita sendiri merupakan awal dari semua kebijaksanaan” – Aristoteles.
  7. “Satu-satunya kebijaksanaan sejati yaitu mengetahui bahwa kita ini tidak tahu apa-apa” – Socrates.
  8. “Hitung usia kita dengan teman yang kita punyai, bukan dengan menghitung tahun. Hitung hidup kita dengan senyuman, bukan dengan air mata” – John Lennon.
  9. “Rahasia kehidupan yaitu jatuh tujuh kali dan bangkit delapan kali” -Paulo Coelho.
  10. “Lebih baik berpikir sebelum berbicara, membaca sebelum berpikir” – Fran Lebowitz.
  11. “Hal-hal yang paling sederhana juga menjadi hal-hal paling luar biasa, dan orang-orang bijak bisa melihat itu” – Paulo Coelho.
  12. “Kita bisa belajar kebijaksanaan dengan tiga metode. Pertama, melalui refleksi, yang paling mulia. Kedua, dengan meniru, yang paling mudah. Dan ketiga, oleh pengalaman, yang paling pahit” – Confucius.
  13. “Kita tidak menulis kehidupan dengan kata-kata. Kita menuliskannya dengan aksi. Apa yang kita pikir tidak penting, yang penting adalah yang kita lakukan” – Patrick Ness.
  14. “Belajarlah menyalakan lilin di momen-momen tergelap dalam hidup seseorang. Jadilah terang itu guna membantu orang lain melihat, itulah yang memberikan kehidupan sebuah makna yang terdalam” – Roy T. Bennett.
  15. “Ukuran kecerdasan merupakan kemampuan untuk berubah” – Albert Einstein.
  16. “Ini bukan karena saya pintar. Tapi saya bertahan menghadapi pertanyaan dengan lebih lama” – Albert Einstein.
  17. “Masa lalu tidak mempunyai kekuatan lebih daripada masa sekarang ini” – Eckhart Tolle.
  18. “Kegagalan merupakan pelengkap yang memberi rasa pada kesuksesan kita” – Truman Capote.
  19. “Pengetahuan berbicara, tapi kebijaksanaan bisa mendengar” – Jimi Hendrix.
  20. “Bahkan, kekuatan sesekali juga harus tunduk pada kebijaksanaan” – Rick Riordan.
  21. “Saat  sesuatu sudah selesai, maka selesai lah. Jangan melihat ke arah belakang. Nantikan tujuan kita selanjutnya” – George C. Marshall.
  22. “Hidup bukan tentang seberapa cepat kita berlari atau seberapa tinggi kita mendaki, tetapi seberapa baik kita melambung” – Vivian Komori.
  23. “Bahkan, saat kita ada keraguan, ambil lah langkah itu. Mengambil kesempatan. Kesalahan tidak pernah menjadi sebuah kegagalan, kesalahan bisa diubah menjadi sebuah kebijaksanaan.” – Cat Cora.
  24. “Apa yang kita lakukan mungkin tidak selalu membawa kebahagiaan: tetapi tidak ada kebahagiaan tanpa adanya tindakan” – Benjamin Disraeli.
  25. “Mungkin ada banyak hal yang datang kepada mereka yang menunggu, tetapi itu hanya hal-hal yang ditinggalkan oleh mereka yang berlari” – Abraham Lincoln.
  26. “Saya tidak hadir di dunia ini untuk menghidupkan keinginan kalian dan kalian juga bukan hidup di dunia ini untuk menghidupkan keinginan saya” – Bruce Lee.
  27. “Orang-orang yang bijak biasanya lebih banyak membuat kesempatan, bukan menemukan” – Francis Bacon.
  28. “Esensi menjadi manusia yaitu tidak mencari kesempurnaan” – George Orwell.
  29. “Jangan terlalu banyak mengorbankan diri kita sendiri, karena jika kita mengorbankan terlalu banyak maka tidak ada lagi yang bisa kita beri dan tidak ada orang yang akan peduli” – Karl Lagerfeld.
  30. “Ini semua bukan tentang berapa lama kita hidup di dunia, berapa banyak uang yang kita kumpulkan atau berapa besar perhatian yang kita dapat. Hal terpenting yaitu berapa banyak getaran positif yang kita bisa pancarkan untuk kehidupan” – Amit Ray.
  31. “Hal yang begitu kuat dalam hidup kita bukanlah yang kita ucapkan lewat mulut, tapi apa yang kita bisikkan pada diri sendiri” – Robert T Kiyosaki.
  32. “Hal yang membuat kita bahagia adalah perjalanannya, bukan pada tujuannya” – Dan Millman.
  33. “Seni dari kebijaksanaan merupakan tahu apa yang yang harus diabaikan” – William James.
  34. “Orang pintar tahu bagaimana cara berbicara. Orang yang bijak tahu kapan harus diam” – Roy T Bennett.
  35. “Menyadari kekuatan orang lain tidak akan menghilangkan kekuatan kita sendiri” – Joss Whedon.

tombol beli buku

  1. “Jika ada mimpi, jangan hanya diam di sana. Kumpulkan keberanian untuk percaya bahwa kita bisa sukses dan menjadikannya kenyataan” – Dr Roopleen.
  2. “Kita tidak bisa mengontrol apa yang datang pada kita, tapi kita bisa mengontrol perilaku kita terhadap apa yang datang pada kita. Dengan begitu, kita akan lebih mahir menghadapi perubahan alih-alih membiarkan perubahan menguasai kita” – Brian Tracy.
  3. “Kita tidak bisa mengajarkan orang lain segala hal. Tapi kita bisa membantu mereka menemukan diri dalam diri mereka” – Galileo.
  4. “Ketika membuat pilihan, artinya kita telah mengubah masa depan” – Deepak Chopra.
  5. “Kemarin saya pintar, jadi saya ingin mengubah dunia. Tapi hari ini saya bijaksana, jadi saya mengubah diri saya sendiri” – Rumi.
  6. “Manusia adalah sebuah misteri. Hal itu perlu diurai, dan jika kita menghabiskan seluruh hidup kita untuk mengungkapnya, jangan katakan bahwa kita hanya membuang-buang waktu. Kita mempelajari misteri itu karena ingin menjadi seorang manusia” – Fyodor Dostoyevsky.
  7. “Seseorang tidak disebut bijaksana karena berbicara dan berbicara lagi, tetapi jika dia damai, penuh kasih dan tak kenal takut maka karena itulah dia disebut bijaksana” – Buddha Gautama.
  8. “Saya percaya bahwa semua kegagalan dan frustasi di masa lalu saya sebenarnya meletakkan dasar untuk pemahaman dan menciptakan tingkat kehidupan baru yang sekarang saya nikmati” – Anthony Robbins.
  9. “Kesalahan merupakan bagian dari menjadi manusia. Hargai kesalahan kita apa adanya sebagai pelajaran hidup berharga yang hanya bisa dipelajari dengan cara yang sulit” – Al Franken.
  10. “Kebijaksanaan tidak datang dari usia, tapi dari pendidikan dan pembelajaran” – Anton Chekov.
  11. “Benci menjadi hal yang mudah, tapi cinta butuh keberanian” – Hannah Harrington.
  12. “Tidak penting dari mana kita berasal. Hal terpenting yaitu ke mana kita akan menuju” – Brian Tracy.
  13. “Saya telah gagal berulang kali dalam hidup dan itulah mengapa saya sekarang berhasil” – Michael Jordan.
  14. “Siapa pun yang berhenti belajar artinya sudah menjadi orang tua, baik pada usia dua puluh atau delapan puluh tahun. Siapapun yang terus belajar akan tetap awet muda. Hal terbesar dalam hidup adalah tentang bagaimana menjaga pikiran kita tetap muda” – Henry Ford.

 

tombol beli buku

Bagaimana Menciptakan Hidup Bahagia yang Sederhana?

Setidaknya ada enam cara agar bisa menciptakan hidup bahagia yang sederhana, seperti berikut ini:

1. Membuat Perubahan

Langkah pertama yang bisa membuat kita bahagia itu sederhana yaitu dengan mulai melakukan perubahan. Jika kita selalu melakukan apa yang selalu kita lakukan dengan konsisten.

Kita akan selalu mendapatkan apa yang selalu kita dapatkan juga. Segala sesuatu yang terjadi adalah siklus yang akan terus berlanjut. Perubahan yang terjadi akan menempatkan kita pada jalur yang baru.

Dengan begitu, apakah kita telah merasa bahagia dengan apa yang kita lakukan sekarang? Jika iya, maka lanjutkan. Apakah kita merasa membutuhkan yang lebih? Lakukan perubahan juga. Jika hal yang kita buat tidak bermanfaat atau tidak menghasilkan apa yang kita harapkan, ubahlah, carilah cara yang baik dan tepat untuk membuat kita hidup bahagia.

 2. Mengevaluasi Diri Sendiri

Langkah kedua yang bisa membuat bahagia itu sederhana yaitu dengan mengadakan evaluasi diri sendiri. Siapkan diri kita untuk mendapatkan umpan balik yang jujur dan kejam oleh karena apa yang kita lakukan sebelumnya.

Jangan lupa juga mulai belajar dari setiap kesalahan yang kita lakukan dengan tetap semangat. Jika kita mampu menilai dan mengevaluasi diri kita sendiri, apa ada pendapat orang lain miliki tentang kita?

Mulai bersyukurlah dengan kelebihan yang kita punyai dan temukan kesempatan untuk menggunakan kelebihan tersebut dengan baik dan tepat. Kita tak perlu merasa kaget dengan apa yang dikatakan oleh orang lain.

Kita itu orang yang tahu persis apa kelebihan dan kelemahan yang ada dalam diri sendiri. Oleh karena itu, kita tak perlu meminta orang lain untuk mengatakan apa kekurangan kita dan merasa kaget dan sedih saat mendengarnya.

3. Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Hal ketiga yang bisa membuat kita bahagia itu sederhana yaitu berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Kita tahu, ini pasti terjadi berkali-kali dan sering kali terjadi oleh banyak orang. Kita akan merasa senang dengan pekerjaan, sampai-sampai kita mendengar cerita orang lain yang terdengar lebih baik.

Kita juga akan merasa senang dengan pertumbuhan bisnis sampai kita mendengar kemajuan bisnis orang lain yang tumbuh dengan pesat. Kita merasa segalanya berjalan dengan cukup baik hingga rekan kerja melakukan sesuatu yang kita sukai.

Jika kita terus membandingkan diri kita dengan orang lain, maka kita telah menciptakan ketidakbahagiaan. Bahkan, beberapa orang paling sukses dan inspiratif memiliki momen di mana mereka ingin bertukar tempat dengan orang lain. Tentu ada banyak hal yang bisa kita lakukan, akan tetapi, itu berarti bahwa kita harus meninggalkan jalan yang kita pilih saat ini.

Oleh karena itu, tetaplah berada dalam jalur yang kita tempuh saat ini sampai kita melihat hasil yang nyata. Berhenti membandingkan diri kita dengan orang lain. Satu-satunya yang dapat kita bandingkan hanya keadaan diri kita sendiri saat ini dengan diri kita yang sebelumnya. Apakah kita melakukan banyak evaluasi? Apakah kita mengalami pertumbuhan dan perkembangan diri secara maksimal?

tombol beli buku

4. Menentukan Kebahagiaan Kita

Langkah keempat yang bisa membuat bahagia itu sederhana yaitu dengan menentukan definisi kebahagiaan kita sendiri. Apa yang menurut orang lain membahagiakan belum tentu akan membahagiakan juga bagi kita.

Pilihan yang kita buat dan kenyataan yang kita jalani saat ini  bisa jadi akan menjadi derita bagi orang lain, dan juga sebaliknya. Kebahagiaan yang kita cari harus didasarkan pada versi kebahagiaan kita sendiri dan bukan milik orang lain.

Apa yang membuat kita bahagia? Cobalah renungkan apa yang kita miliki. Bersyukurlah dengan segala hal yang kita miliki, baik itu pekerjaan, keluarga, kekasih, teman-teman bahkan hal-hal sederhana yang kita miliki dalam hidup. Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk bahagia.

5. Menjaga Bibir agar Tetap Rapat

Langkah kelima yang bisa membuat bahagia itu sederhana ialah dengan menjaga bibir kita dalam keadaan rapat. Lakukan apa yang telah kita rencanakan sebelum kita meminta komentar dari siapapun. Yakinkan diri kita dengan langkah yang akan kita tempuh selanjutnya sebelum kita meminta nasihat atau masukan dari orang lain.

Ketahuilah bahwa setiap kali kita menyampaikan niat dan tujuan kita , kita membiarkan diri kita dengan mudah dipengaruhi. Perjelas rencana kita, lakukan pekerjaan kita, kemudian bagikan hasilnya, bukan perjalanan. Ini akan menjaga diri kita tetap fokus dengan apa yang yang menurut kita kan bekerja secara maksimal. Jangan biarkan masukan orang lain menghalangi langkah kita untuk mengerjakan bagian kita .

6. Merancang Kehidupan Kita Sendiri

Langkah terakhir yang bisa membuat bahagia itu sederhana yaitu dengan merancang kehidupan kita sendiri. Saat kita mengucapkan kata kata bahagia itu sederhana, entah mengapa perasaan ini menjadi tenang seketika. Mungkin ini dampak dari rasa bersyukur kita atas semua yang kita miliki saat ini. Tak perlu iri dengan apa yang dicapai dan didapat orang lain, jika kita mampu bersyukur, itu sudah cukup untuk membuat kita bahagia.

tombol beli buku

Rekomendasi Buku Tentang Kata-Kata Bahagia Itu Sederhana

Buku & Quotes Yang Lainnya

1. Buku 2. Quotes dan Kata Bijak Lainnya

Berikut ini ada beberapa buku yang bisa Grameds baca tentang kata-kata bahagia itu sederhana, yaitu:

1. Bahagia Itu Sederhana (2018) karya Zikrana

tombol beli buku

Buku yang ditulis oleh Zikrana menyajikan bahagia sesederhana yang kita pikirkan.

2. Bahagia Itu Sederhana: Melatih Diri Memaksimalkan Setiap anugerah (2022) karya Sir John Lubbock

tombol beli buku

Sir John Lubbock menulis buku ini saat ada kesulitan untuk bisa berbahagia semasa muda. Buku ini akan membagikan hal-hal sederhana bagi pembaca.

3. Hidup Sederhana Berpikir Mulia (2014) karya Helen Ishwara

tombol beli buku

P.K. Ojong salah satu pendiri Kompas Gramedia merupakan sosok pria bersahaja. Buku ini menyajikan kehidupan seorang tokoh yang sederhana, tapi mampu berpikir mulia.

Jadi, apakah Grameds akan mulai menerapkan hal-hal sederhana untuk menciptakan kebahagiaan? Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap melalui buku-buku yang bisa kamu dapatkan di gramedia.com, agar “kata-kata bahagia itu sederhana” bisa dipraktikkan dan segera membawa kebahagiaan.

Penulis: Diki Mardiansyah

Baca Juga!

  1. Tips Agar Hidup Menjadi Lebih Bahagia
  2. Review Buku Hidup Damai Tanpa Berpikir Berlebihan
  3. Memahami Apa Itu Afirmasi dan Manfaatnya
  4. Arti Mood Booster yang Bikin Hari-Harimu Bahagia
  5. Penyebab Hidup Selalu Susah
  6. Review Buku How To Respect Myself
  7. Mengenal Apa Itu Filosofi Stoicism


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum