in

10 Tips Agar Hidup Menjadi Lebih Bahagia

Tips Agar Hidup Menjadi Lebih Bahagia – Hidup bahagia dapat dipastikan sebagai impian dan tujuan dari semua manusia yang hidup di dunia ini. Hidup di dunia dengan segala tantangan dan rintangan yang ada didalamnya kerap kali bisa menjadi manusia menjadi tidak bahagia. Ditengah ramainya kehidupan dengan berbagai tanggung jawab, beban, hingga tekanan sering menjadikan manusia menjadi mudah gelisah dan sedih. Efek tuntutan hidup di dunia sering kali dapat memberikan efek negatif kepada kehidupan manusia.

Namun, beberapa masalah atau tuntutan di bisa dilepaskan dalam hidup manusia. Oleh karena itu, manusia perlu memiliki kemampuan untuk bisa mengolah perasaan, pikiran, hingga diri untuk senantiasa bahagia dalam berbagai tekanan. Selama berjalannya kehidupan manusia, ada banyak orang yang telah berhasil mengatasi segala permasalahan yang dihadapinya.

tombol beli buku

Nah, artikel ini akan menjelaskan sembilan tips yang bisa Kamu lakukan agar dapat menjalani hidup dengan lebih bahagia. Sebagai manusia, kebahagiaan adalah tujuan utama. Beberapa tips yang diberikan di bawah merupakan akumulasi dari berbagai cara yang bisa dilakukan Kamu lakukan, baik dari diri sendiri maupun dari sesuatu yang ada di luar diri.

10 Tips Agar Hidup Menjadi Lebih Bahagia

Nah, berikut ini ada beberapa tips atau cara untuk hidup bahagia yang bisa dilakukan supaya pikiran menjadi waras dan otak menjadi sehat, di antaranya yaitu:

1. Tersenyum atau Perbanyak Tawa

Hidup yang bahagia dapat ditandai dengan hati seseorang yang sedang senang dan bahagia. Hati yang senang dan bahagia dapat dilihat dari ada lengkungan dari mulut seseorang yang membentuk senyum. Selain itu, tertawa merupakan salah satu tanda hati seseorang sedang sangat bergembira.

Tertawa bisa jadi obat paling ampuh untuk mengubah suasana hati menjadi lebih bahagia. Tertawa sendiri bisa dikatakan sebagai bentuk terapi ketika manusia sedang mengalami kegalauan atau kegelisahan. Oleh karena itu, seorang manusia biasanya bisa tertawa ketika bersua temannya dan setelah itu hati menjadi lebih gembira.

Dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan, ternyata ketiak manusia tertawa, maka tubuh secara langsung akan menghasilkan hormon endorfin sehingga bisa menimbulkan perasaan bahagia. Selain itu, tertawa juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan lebih efektif hingga mencapai 87%.

Di dunia yang serba menggelisahkan sekarang ini, senyum dan tertawa merupakan sebuah upaya untuk seseorang agar dapat bertahan dan menikmati kehidupan ini. Tersenyum dan tertawa menjadikan pikiran lebih merespon secara tetap positif terhadap situasi yang sedang dihadapi.

tombol beli buku

Maka dari itu, tersenyumlah, tertawalah, dan berbahagialah ketika memulai hari, setelah Anda bangun tidur di pagi hari. Tiga aktivitas tersebut telah berhasil dipercaya banyak orang untuk meningkatkan kebahagiaan dalam hidup.

2. Rutin Berolahraga

Selanjutnya, salah satu tips atau cara agar bisa hidup dengan bahagia adalah melakukan olahraga secara rutin. Terkadang terlalu banyak beban pikiran bahkan pekerjaan bisa jadi dapat menimbulkan seseorang sering mengalami stress, gejala depresi, rasa cemas, atau bahasa kerennya sekarang adalah overthinking.

Aktivitas fisik seperti olahraga ternyata merupakan salah satu tips untuk Kamu yang sedang merasa lelah dan tidak bahagia. Olahraga secara rutin ternyata sangat berpengaruh untuk mengurangi beban stres, gejala depresi, rasa cemas, hingga pikiran berlebihan. Selain itu, rutin dalam melakukan olahraga juga bisa digunakan untuk menaikkan perasaan bahagia sekaligus rasa percaya diri atau harga diri atau biasa disebut self esteem.

Agar Kamu bisa merasakan manfaat yang diberikan dari olahraga seperti hidup dengan bahagia, Kamu tidak perlu melakukan olahraga berat. Kamu cukup melakukan olahraga secara ringan saja. Beberapa jenis olahraga ringan yang bisa Kamu lakukan di antaranya yaitu jalan pagi mengelilingi kompleks rumah, melakukan peregangan ketika hendak terlelap, dan mengikuti berbagai kelas olahraga seperti yoga, zumba, dan lain sebagainya.

3. Tidur Yang Cukup

Untuk dapat membuat hati merasa menjadi lebih bahagia, Kamu bisa mencoba memperbaiki kualitas dan waktu untuk tidur. Salah satu tips agar bisa mendapatkan kebahagiaan dalam hidup adalah memiliki tidur yang cukup dan berkualitas.

Waktu yang cukup untuk beristirahat manusia pada umumnya adalah 7 hingga 9 jam per harinya. Selain waktu yang terpenuhi, Kamu perlu menyediakan tempat yang nyaman untuk semakin memuaskan tidurmu.

Beberapa langkah yang bisa Kamu lakukan dalam menambah kepuasan tidurmu yakni memastikan kamar sudah bersih dan rapi, pilihlah ruangan yang tenang, dan disarankan untuk mematikan lampu saja dikarenakan bisa meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan mata.

Selain itu, biasakanlah untuk memiliki waktu yang pasti untuk tidur. Hal itu dapat dilakukan bagi Kamu yang tidak ingin berlebihan dan menghabiskan waktu untuk tidur. Misalnya, tidur pada pukul 9 malam dan bagun tidur pada pukul 5 pagi.

4. Konsumsi Makanan Yang Sehat

Selanjutnya, salah satu cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan hidup yang bahagia adalah konsumsi makanan yang sehat. Hidup bahagia dapat diperoleh jika seseorang bisa menjaga stabilitas tubuh atau meningkatkan kesehatan pada tubuhnya. Cara yang biasanya sering dilakukan yaitu seperti memerhatikan makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Kualitas perasaan seseorang dapat dipengaruhi oleh makanan yang dimasukkan ke tubuh. Ada juga beberapa zat gizi tertentu yang sangat berkaitan erat hingga memberikan pengaruh kepada kondisi psikologis seseorang, misalnya seperti makanan yang mengandung karbohidrat cenderung melepas serotonin atau hormon kebahagiaan. Selain karbohidrat, Makanan yang mengandung protein yang tinggi bisa digunakan untuk meningkatkan konsentrasi. Makanan berprotein tinggi dapat membuat otak melepaskan senyawa yang baik seperti dopamin dan norepinefrin.

Sedangkan, makanan yang dihasilkan melalui proses pengolahan yang panjang malah bisa menimbulkan suasana hati yang buruk. Selain itu, makanan yang digoreng juga cenderung dapat lebih menimbulkan efek suasana hati yang buruk.

5. Berikan Pujian Kepada Orang Lain

Kemudian, untuk dapat hidup dengan bahagia, Kamu bisa sering memberikan pujian yang tulus kepada orang lain. Cara ini merupakan salah satu cara untuk bahagia paling mudah untuk dicoba. Memberikan pujian tidak hanya bisa menyenangkan hati orang lain, pujian kepada orang lain ternyata juga sangat bermanfaat untuk diri sendiri. Hal itu bisa membuat Kita lebih memiliki suasana yang baik karena dipengaruhi oleh orang lain.

Dalam menyampaikan pujian kepada orang lain, Kamu dapat lebih memfokuskan pujianmu pada apa saja yang dimiliki oleh seseorang tersebut. Selain menyampaikan pujian untuk fisik, Kamu juga bisa menyampaikan pujian untuk perilakunya, tutur katanya, pemikiran, dan lain sebagainya. Dengan memberikan pujian apa saja yang ada pada diri seseorang, Kamu menjadi lebih sederhana dan bisa menghargai apa yang sudah Kamu miliki.

6. Jangan Larut dalam Kesendirian

Manusia sesungguhnya merupakan representasi dari makhluk sosial. Sekalipun beberapa orang memiliki karakter sebagai introvert, namun, tetap saja seorang introvert tetap memerlukan waktu untuk bercerita dan bersosialisasi dengan satu atau dua yang dipercaya. Oleh karena itu, salah satu tips yang bisa dilakukan agar bisa tetap hidup dengan bahagia adalah tidak larut dalam kesendirian.

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar selalu merasa tidak sendirian adalah dengan cara melakukan adopsi hewan peliharaan di rumah seperti kucing atau anjing. Menurut berbagai studi, merawat hewan peliharaan akan sangat berdampak positif bagi pemilik hewan. Keberadaan hewan peliharaan juga akan memiliki pengaruh yang cukup signifikan dan bisa membahagiakan karena membuat hati Kamu menjadi lebih tenang dan bahagia.

7. Tidak Bergantung kepada HP dan Media Sosial

Dewasa kini, banyak penemuan tentang dampak buruk yang diberikan oleh media sosial terhadap kualitas hidup manusia. Seseorang yang memiliki ketergantungan dan tidak bisa melakukan kontrol terhadap kebiasaan dalam bermedia sosial akan cenderung memiliki pikiran yang negatif. Terlebih lagi bagi anak kecil atau remaja memiliki mental yang masih rentan dalam bermedia sosial, sehingga dapat mengganggu tumbuh dan kembang mereka.

Salah satu cara agar Kamu bisa semakin meningkatkan kualitas hidup dan menjadi bahagia adalah dengan cara melakukan kontrol terhadap HP dan media sosial. Banyak riset yang sudah menunjukkan bahwa seseorang yang berhasil mengabaikan dan melakukan kontrol terhadap HP dan media sosial cenderung memiliki hidup yang bahagia.

Di era yang serba digital, menggunakan HP untuk berselancar melalui sosial media memang sudah menjadi kebutuhan utama manusia. Alhasil, tidak bergantung dengan HP atau media sosial dan melakukan pengabaian terhadap kedua perangkat elektronik tersebut sama halnya menolak kemajuan peradaban. Oleh karena itu, dalam artikel ini lebih menekankan pada kontrol terhadap penggunaan HP atau sosial media sehingga tidak menimbulkan kecanduan bahkan tidak sampai ketergantungan.

Untuk memulai kebiasaan baru supaya tidak tergantung kepada HP dan media sosial, Kamu bisa mengganti kebiasaan mengoperasikan perangkat tersebut dengan membaca buku, mengunjungi tempat yang diimpikan, mengobrol dengan teman atau keluarga, atau menggunakan waktu untuk rehat atau tidur sejenak. Pemanfaat waktu selain untuk menggunakan HP dan media sosial akan sangat membantu Kamu agar menjadi lebih positif dan hidup dengan lebih bahagia.

8. Menciptakan Ritual Self Care Yang Sesuai Dengan Diri

Selanjutnya, sebagai manusia normal yang memiliki perasaan yang bisa naik juga bisa jadi turun, ada banyak cara agar seseorang bisa lebih siap dalam menghadapi perasaan dan pikiran negatif yang muncul. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan cara menciptakan ritual penolong diri sendiri atau sering disebut dengan self care.

Seperti yang diketahui bahwa perasaan setiap orang sangat beragam, dalam usaha menciptakan self care sendiri perlu disesuaikan dengan situasi dan keadaan hati seseorang yang sedang membutuhkannya. Oleh karena itu, salah satu kunci mendapatkan kebahagiaan dalam hidup adalah mengenali diri sendiri dan memiliki kemampuan mengantisipasi pemikiran maupun perasaan yang bisa merugikan diri sendiri.

tombol beli buku

Penciptaan self cara atau memberi perhatian kepada diri sendiri bukanlah sebuah aktivitas yang mahal dan ribet. Hal tersebut bisa jadi sangat fleksibel bergantung pemahaman seseorang terhadap diri mereka sendiri. Dalam melakukan ritual ini bisa dilakukan setiap saat ketika Kamu membutuhkannya, hal ini sangat baik karena memunculkan pikiran positif sehingga memberikan kebahagiaan dalam hidup.

Misalnya saja, ketika Kamu sedang merasa galau atau gelisah sehingga butuh menaikkan mood. Kamu bisa mencoba untuk melakukan sesuatu yang Kamu sukai, seperti membeli makanan kesukaanmu, memasak sendiri, membersihkan rumah, jalan-jalan sembari bertemu banyak orang baru, atau bahkan bisa juga menaikkan mood dengan menonton film seri seharian dan lain seterusnya.

9. Mengalokasikan Waktu Dan Rezeki Untuk Orang Lain

Tips selanjutnya yang bisa digunakan untuk mendapatkan kebahagian dalam hidup adalah mengalokasikan waktu dan rezeki yang Kamu miliki untuk orang lain. Sesuai dengan banyak studi yang sudah mengatakan bahwa melakukan kebaikan dengan saling berbagi sesuatu yang bisa membuat bahagia dapat membuat hati seseorang menjadi lebih bahagia.

Selain memberikan pujian kepada orang lain seperti yang sudah disampaikan di atas, salah satu tindakan yang bisa menimbul perasaan bahagia seseorang adalah dengan memberikan sebagian rezeki atau waktu yang Kamu miliki kepada orang lain. Sesuai dengan konsep bahwa manusia adalah makhluk sosial, berbagai sebagai milik Kamu dapat membuatmu menjadi lebih berarti sehingga dapat memunculkan perasaan senang dan bahagia.

Beberapa contoh yang bisa Kamu lakukan agar dapat membagikan rezeki dan waktu kepada orang lain yaitu seperti menyalurkan sumbangan atau donasi kepada seseorang, baik secara langsung maupun lewat lembaga bantuan kemanusiaan yang sudah terpercaya. Selain itu, Kamu juga bisa berbagi dengan memberi makan hewan liar di jalan maupun pasar. Kamu juga bisa mengajukan diri untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan kerelawanan yang diadakan sebuah yayasan sosial.

10. Agendakan me-time

Selanjutkan, salah satu cara yang bisa bikin Kamu bahagia ini berbeda dengan tips yang sudah disampaikan di atas sebelumnya, yakni larut dalam kesendirian. Melakukan pengagendaan untuk me-time atau menyendiri sangat berbeda dengan larut dalam kesendirian.

tombol beli buku

Larut dalam kesendirian berarti seseorang pada dasarnya sudah terlalu terbiasa untuk sendiri. Tentu hal itu tidak sehat dikarenakan kesendirian dapat menimbulkan perasaan negatif seperti tidak percaya diri, apatis, dan lain sebagainya. Sementara, me time merupakan cara seseorang yang sudah lelah berhubungan dengan orang lain. Alhasil me time bisa menjadi solusi untuk seseorang mengembalikan fokus pada dirinya sendiri.

Me time sangat cocok bagi Kamu yang setiap harus berhubungan orang atau setiap saat bekerja dengan orang lain. Me time menjadi solusi agar dapat menemukan kebahagiaan yang kamu inginkan sesungguhnya. Beberapa bentuk untuk me time bisa jadi seperti mengunjungi restoran favorit untuk menikmati suasana dan tempat tersebut, menonton film sendirian di bioskop, hingga mengunjungi berbagai tempat impian tanpa memikirkan orang lain.

Demikian adalah tips yang bisa Kamu lakukan agar hidup menjadi lebih bahagia. Sebagai manusia, kebahagiaan adalah tujuan utama. Beberapa tips yang diberikan di atas merupakan akumulasi berbagai cara yang bisa dilakukan dengan menata diri sendiri dan memperbaiki elemen di luar diri.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Emka Umam