in

Apa Itu Afirmasi dan Manfaat Melakukan Afirmasi Positif

unsplash.com

Afirmasi – Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata “afirmasi” mempunyai arti yaitu penetapan yang positif. Misalnya penegasan yang berhubungan dengan sesuatu hal yang positif. Afirmasi merupakan sebuah pernyataan-pernyataan positif yang khusus ditujukan untuk diri sendiri. Dengan adanya afirmasi ini diharapkan dapat membantu Anda untuk bisa berpikir positif dan menjauhkan diri dari sabotase diri.

Pengertian dari sabotase sendiri yaitu tindakan perusakan yang dilakukan secara terencana. Bisa saja pikiran-pikiran negatif itu muncul mendominasi pemikiran Anda. Hasilnya, Anda akan sulit untuk percaya pada diri sendiri.

Afirmasi ini ada untuk membantu Anda dalam memprogram secara ulang pikiran Anda dan menjauhkan diri Anda dari keterbatasan. Sebab, keberhasilan merupakan sebuah permainan yang memerlukan pemikiran dari dalam diri. Bila Anda berpikir bahwa Anda akan mencapai setiap tujuan, maka Anda akan menjadi seorang seperti itu.

Afirmasi
unsplash.com

Afirmasi adalah suatu bentuk komunikasi antara pikiran secara sadar maupun pikiran dari bawah alam sadar. Kata-kata positif yang muncul akan membantu Anda dalam membangun suasana yang positif. Sementara itu, kata-kata negatif muncul akan menjadikan Anda kehilangan rasa percaya diri dan menjadi seorang yang negatif. Semuanya itu tergantung pada diri sendiri. Anda mempunyai kekuatan dalam menghipnotis diri sendiri agar selalu tenang dan bisa mengendalikan pikiran sendiri. Afirmasi positif ini bisa membantu Anda dalam meningkatkan kesejahteraan bahkan keberhasilan Anda.

Teori Psikologis di Balik Afirmasi Positif

Menurut Steele tahun 1998, mengatakan bahwa salah satu teori psikologis kunci dibalik afirmasi positif yaitu self-affirmation theory. Terdapat sebuah studi empiris yang didasarkan pada gagasan bahwa manusia bisa mempertahankan rasa integritas diri dengan mengucapkan kalimat positif pada diri sendiri maupun menegaskan apa yang diyakini diri sendiri dengan cara yang positif.

Berdasarkan Cohen dan Sherman, menyatakan secara ringkas bahwa integritas diri berkaitan dengan kemanjuran diri secara keseluruhan, kemampuan manusia dalam mengontrol hasil moral dan merespon secara fleksibel saat konsep diri sendiri terancam. Sehingga Anda sebagai manusia termotivasi untuk melindungi diri Anda sendiri dari berbagai ancaman dengan menjaga integritas diri.

Identitas Diri dan Peneguhan Diri

Teori self-affirmation mempunyai tiga ide kunci yang mendukung. Hal itu perlu diingat bahwa bila Anda memahami tentang bagaimana afirmasi positif bekerja berdasarkan teori.

Pertama, Menurut Cohen dan Sherman menyatakan bahwa lewat suatu penegasan diri, Anda mempertahankan narasi ini secara fleksibel, bermoral, dan bisa beradaptasi dengan kondisi yang berbeda. Nantinya, hal itulah yang membentuk identitas diri Anda.

Anda bisa melihat diri sendiri mengadopsi berbagai identitas dan berperan secara berbeda. Hal itu berarti Anda juga bisa mendefinisikan keberhasilan dengan cara yang berbeda.

Mengapa itu hal yang baik? Sebab hal ini berarti Anda bisa melihat aspek yang berbeda dari diri Anda sebagai sesuatu yang positif dan bisa beradaptasi dengan situasi yang berbeda jauh lebih baik. Kedua teori penegasan diri berpendapat bahwa mempertahankan identitas diri tidaklah mengenai membuat luar biasa, sempurna, maupun sangat baik.

Afirmasi

Afirmasi Perlu Dilakukan

Salah satu faktor yang mengakibatkan seseorang tidak bisa mencapai potensi secara maksimal yaitu karena diri sendiri tidak bisa mengambil langkah nyata untuk mencapai tujuan dan impian yang dimiliki. Seseorang itu hanya berpikir bahwa ada batasan yang perlu diperhatikan dan hal itu perlu ditanamkan dari orang tuanya.

Guna mencapai keberhasilan dan mewujudkan tujuan yang Anda punyai, Anda perlu mempunyai keberanian untuk melangkah kedepan, apapun rintangan yang perlu dihadapi. Oleh sebab itu, afirmasi dibutuhkan supaya Anda bisa mencapai keberhasilan dari hari ke hari.

Tiap kali Anda mengatakan afirmasi positif, Anda akan mengirimkan pesan positif ke dalam pikiran alam bawah sadar. Afirmasi positif juga perlu menarik kekayaan, kesehatan yang cukup, dan bahkan kenaikan status hidup Anda.

Lalu, afirmasi apa saja yang perlu Anda katakan pada diri sendiri supaya Anda mempunyai tindakan yang benar dalam mengejar tujuan dan impian Anda?

1. Tubuhku Merupakan Tubuh yang Sehat. Saya Mempunyai Pemikiran yang Cerdas dan Jiwa yang Tentram

Tubuh yang sehat dihasilkan oleh pikiran dan juga jiwa yang sehat. Bila Anda mempunyai emosi negatif, maka hal itu akan membawa dampak pada tubuh Anda. Sebab, Anda sebagai penentu utama yang menjadi tubuh Anda yang sehat atau sakit.

Anda juga dapat menarik ijin tiap penyakit yang masuk ke dalam tubuh Anda baik secara sadar maupun tidak. Anda bisa menaklukan penyakit itu dengan mengatakan afirmasi positif pada diri sendiri. Jadi katakanlah afirmasi ini setiap hari supaya Anda selalu mempunyai tubuh, jiwa, dan pikiran yang sehat.

2. Saya Percaya Bahwa Saya Bisa Melakukan Segala Sesuatu

Anda perlu mengatakan saya percaya bahwa saya bisa melakukan segala sesuatu ini pada diri Anda setiap hari. Perkataan itu merupakan perkataan yang sangat penting dalam menumbuhkan semangat dan keberanian diri setiap harinya. Perkataan itu juga menjadikan Anda mampu untuk melakukan segala sesuatunya dan bahkan semua hal yang ada di dalam pikiran.

3. Setiap Hal yang Terjadi Saat ini Merupakan Kebaikan Bagi Saya Sendiri

Tidak ada namanya kecelakaan, korban, atau kebetulan. Sehingga Anda perlu memahami di dalam hati Anda bahwa segala sesuatu yang terjadi disebabkan adanya satu alasan guna menghasilkan sinkronisasi yang sempurna. Jadi Anda tidak boleh menganggap bahwa Anda merupakan korban atau sesuatu yang terjadi hanyalah kebetulan.

4. Saya Merupakan Arsitek dari Kehidupan Sendiri. Saya Membangun Dasarnya dan Saya yang Menentukan Isinya

Afirmasi merupakan sebuah perkataan yang perlu Anda katakan pada diri Anda sendiri tiap kali Anda bangun di pagi hari. Setiap hari adalah sebuah awal baru yang memberikan Anda kesegaran dan kesempatan untuk memberikan pengaruh. Anda bisa memilih hal yang akan Anda lakukan sepanjang harinya sebab Anda merupakan arsiteknya.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Katakan afirmasi yang menjadikan pikiran dan perasaan Anda menjadi positif tiap pagi hari. Bila Anda memulai dengan pikiran dan juga perasaan positif, maka hari Anda akan menjadi sesuatu yang sangat menakjubkan.

5. Saya Memaafkan Setiap Orang yang Merugikan Saya di Masa Lalu dan Saya Berdamai Dengannya

Hal itu berarti bahwa Anda bisa melupakan semua yang telah dilakukan seseorang dengan begitu cepat, namun ucapan ini menempatkan Anda pada suatu keadaan yang positif. Anda bisa mengambil pelajaran berharga dari setiap peristiwa.

Kemampuan Anda dalam memaafkan orang lain akan membuat Anda tergerak menjadi maju. Respon Anda tidak bergantung pada apa yang orang lain pikirkan mengenai Anda.

6. Saya Memiliki Kemampuan yang Tidak Terbatas Guna Menaklukan Tantangan

Saya mempunyai peluang yang tidak terhingga untuk sebuah keberhasilan. Sederhananya, Anda tidak mempunyai batasan apapun terkecuali Anda sendiri yang membuatnya. Hidup seperti apa yang Anda inginkan? Afirmasi positif ini akan memampukannya.

7. Hari ini, Saya Meninggalkan Kebiasaan Buruk Saya dan Menggantinya Dengan Kebiasaan Baik

Ketahui bahwa masa sulit yang Anda punyai sekarang merupakan fase kehidupan yang perlu Anda laluinya. Masa sulit tersebut akan lenyap bersama dengan kebiasaan lama ketika Anda menggantinya dengan suatu kebiasaan baru. Anda merupakan seseorang yang seutuhnya beradaptasi dengan energi kreatif dan membawa Anda pada ide dan pola pikir baru yang cemerlang.

8. Saya Mampu untuk Mencapai Hal Besar

Salah satu afirmasi yang cukup kuat yaitu dengan mengucapkan kepada diri sendiri bahwa Anda mampu untuk mencapai hal besar dalam hidup Anda. Fokuskan diri Anda terhadap visi dan impian yang Anda miliki. Sertakan emosi itu pada visi Anda. Bila Anda percaya bahwa Anda mampu untuk mencapai hal besar, maka Anda akan mampu mewujudkannya.

9. Hari ini, Saya Dipenuhi Oleh Energi dan Kebahagiaan

Kebahagiaan muncul dalam diri Anda bukan dari luar. Hal ini juga dimulai saat Anda bangun di pagi hari. Jadi, bangunlah kebiasaan untuk mengucapkan perkataan positif ini tiap pagi.

10. Saya Menerima dan Mencintai Diri Saya Sepenuhnya

Mencintai diri sendiri adalah bentuk cinta yang paling murni yang ada pada level tertinggi. Saat Anda mencintai diri sendiri, maka Anda akan mampu untuk menghargai dan mengasihi diri sendiri.

Bila Anda merasa yakin dan vangga dengan suatu hal yang Anda lakukan, maka Anda akan melihat diri Anda sebagai cahaya yang mendorong dan menginspirasi Anda dalam melakukan hal besar yang lebih baik lagi dan membawa Anda pada sebuah keberhasilan.

Diatas merupakan 10 afirmasi positif yang bisa Anda ucapkan pada diri Anda sendiri tiap harinya. Bila Anda melakukan tiap hari tanpa sadar Anda akan mampu mengerjakan dan menarik peluang untuk diri sendiri. Percayalah pada diri sendiri bahwa Anda mampu membuka tiap peluang.

Afirmasi

Manfaat Melakukan Afirmasi Positif

Afirmasi mempunyai manfaat yang sangat baik bagi seseorang bila diucapkan secara berulang maupun rutin. Berikut ini terdapat sejumlah manfaat dari afirmasi, antara lain:

1. Menimbulkan Rasa Percaya Diri

Afirmasi mempunyai manfaat untuk menjadikan seseorang lebih percaya diri lagi. Afirmasi dapat menjadi percaya diri bahwa Anda mempunyai kreativitas, dan keunggulan yang dapat Anda lakukan dalam segala rintangan yang datang tiba-tiba membuat Anda menjadi pribadi yang lebih kuat.

2. Mencegah Depresi Seseorang

Kesehatan mental wajib dijaga supaya seseorang tidak mudah depresi. Anda perlu untuk menyemangati diri sendiri itu dengan afirmasi positif supaya tidak membuat depresi dan menjadi kuat dalam menghadapi setiap masalah yang muncul

3. Meningkatkan Kesehatan

Pikiran negatif dan perilaku yang negatif dapat menjadikan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah. Pikiran negatif juga dapat menjadi seseorang menjadi stress dan overthinking, lalu membuat Anda sulit untuk tidur. Bila Anda memberikan afirmasi positif pada diri Anda sendiri, hal itu akan menjadikan diri Anda lebih bahagia. Secara sederhana, pikiran positif dan kebahagian dapat membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat, sehingga Anda tidak merasa mudah sakit.

4. Memunculkan Rasa Nyaman dan Bahagia

Ketika menyatakan afirmasi positif dapat membuat Anda lebih tenang dan yakin. Bahkan Anda dapat melewatinya tiap harinya dengan lebih kuat. Afirmasi positif bahkan dapat menjadikan seseorang menjadi lebih baik.

Cara Menerapkan Afirmasi Positif Secara Tepat

Nah, supaya manfaat afirmasi positif dapat Anda dapatkan secara maksimal, Anda perlu melakukan dengan benar. Cara melakukan afirmasi positif secara tepat, diantaranya:

1. Lakukan Secara Rutin

Guna mendapatkan manfaat afirmasi positif, tentunya Anda wajib melakukan secara rutin. Jadi, cobalah memikirkan kalimat afirmasi positif apa yang ingin Anda ulangi tiap harinya. Berikut terdapat sejumlah contoh, antara lain:

  • Aku bersyukur bisa mendapatkan pekerjaan yang layak.
  • Aku bersyukur bisa tetap sehat sampai sekarang ini.
  • Aku nyaman menjadi diri sendiri.

Ulangi afirmasi itu berulang kali di pagi hari sebelum melakukan kegiatan atau malam hari sebelum Anda tidur. Akan lebih baik lagi jika Anda mengatakan dengan suara yang sangat lantang. Sehingga Anda dapat mendengar afirmasi positif diri Anda sendiri secara jelas.

2. Sesuaikan Dengan Keadaan

Setiap kalimat positif memang bisa saja Anda jadikan sebagai afirmasi positif. Akan tetapi, alangkah baiknya Anda perlu memakai kalimat positif sesuai dengan keadaan Anda sekarang ini. Salah satu contohnya yaitu jika Anda merasa bahwa pekerjaan Anda sekarang ini kurang memenuhi kebutuhan secara finansial, Anda dapat memakai afirmasi positif, misalnya aku bersyukur mempunyai rekan kerja yang suportif dan tempat kerja yang dapat mendukung Anda untuk selalu berkembang secara terus menerus.

Hal itu bermanfaat guna mengurangi berbagai pikiran negatif yang dapat merugikan Anda. Sekaligus juga dapat mengingatkan Anda tentang hal baik yang ada di dalam hidup Anda sekarang ini.

3. Pakai Kalimat Dengan Konotasi Positif

Guna melakukan afirmasi positif, tentukan kalimat yang juga memiliki konotasi positif. Sebagai contohnya yaitu bila Anda akhir-akhir ini telah sukses untuk diet makanan manis, dibandingkan memakai kalimat “aku sudah tidak suka makan makanan manis lagi”, alangkah baiknya bisa diubah menjadi kalimat yang misalnya yaitu “saya bersyukur karena saat ini makanan yang saya makan jauh lebih sehat dibandingkan sebelumnya, sehingga tubuh saya terasa menjadi selalu sehat.”

4. Tulis Maupun Rekam Afirmasi Positif

Selain mengatakannya, afirmasi positif juga dapat Anda lakukannya dengan memakai cara lain, misalnya menulis atau merekamnya. Cobalah Anda tulis afirmasi positif Anda pada potongan kertas maupun post, setelah itu tempelkan kertas ke dalam tempat-tempat Anda yang sering dihabiskan waktu, misalnya kamar tidur cermin kamar mandi atau bahkan Anda tetap menghabiskan waktu misalnya cermin di kamar mandi atau berguna sebagai penerang kamar mandi maupun meja makan. Hal itu supaya Anda dapat memperoleh pesan positif setiap hari.

Anda juga dapat merekam suara Anda sendiri ketika mengatakan kalimat afirmasi positif. Dengan begitu, Anda dapat mendengar rekaman itu meski sedang berada di dalam keramaian, seperti ketika sedang berada di kantor maupun di kendaraan umum.

5. Kombinasikan Afirmasi Positif Dengan Tindakan yang Nyata

Melakukan afirmasi positif memang dapat meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri. Akan tetapi, perlu Anda ingat tanpa adanya tindakan yang nyata afirmasi positif yang Anda lakukan dapat saja tidak akan membawa perubahan apapun.

Jadi sertakan juga afirmasi positif dengan usaha maupun tindakan yang nyata. Sebagai contohnya yaitu jika Anda kerap merasa kesal menghadapi teman kerja Anda yang suka bertanya tentang kehidupan pribadi Anda cobalah katakan afirmasi positif, misalnya aku selalu dapat tetap tenang meski sedang merasa kesal.

Lalu, kombinasikan afirmasi positif itu dengan tindakan nyata guna mengatasi rasa kesalmu, seperti menarik nafas secara dalam-dalam maupun menghindari teman Anda untuk beberapa waktu. Dengan begitu, afirmasi positif Anda akan sukses membuat perubahan yang positif pada dalam diri Anda sendiri.

Afirmasi

Demikian informasi terkait afirmasi ini. Semoga informasi tersebut bisa menambah pengetahuan dan bisa Anda terapkan. Selamat mencoba.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda