in

3 Jenis Kutil Berbahaya dan Cara Mengobatinya yang Tepat!

Kutil di kelopak mata (Schweintechnik/Public domain).

Jenis Kutil Berbahaya – Kutil dalam istilah medis disebut dengan Papilloma. Papilloma sebenarnya merupakan salah satu jenis tumor jinak di pada kulit, yang berasal dari penebalan lapisan kulit terluar yang berlebihan.

Bentuk kutil ini bisa berbagai macam, baik besar maupun kecil. Kutil biasanya tidak sakit jika dipegang, tetapi dapat berdarah jika sudah membesar dan lecet. Kutil yang sudah besar biasanya berbentuk seperti bunga kol.

Jenis Kutil Berbahaya
Kutil yang berada di bawah kelopak mata (Schweintechnik/Public domain).

Kutil diakibatkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Virus tersebut memang menyerang kulit dan salah satu jenis penyakitnya adalah menyebabkan kutil berbentuk kecil yang berada di telapak tangan. Virus HPV bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui kulit yang rusak karena luka, sayatan, atau goresan. Selain itu, virus tersebut juga dapat tersebar melalui kontak kulit maupun berbagi barang pribadi, misalnya sapu tangan, handuk, dan pisau cukur, dengan orang lain yang telah mempunyai kutil.

Mayoritas tipe kutil umumnya tidak berbahaya dan tidak dapat berubah menjadi ganas atau kanker. Namun, ada beberapa tipe kutil tertentu yang harus diwaspadai karena dapat mengakibatkan gangguan kesehatan lain.

Seberapa Umum Keadaan Ini?

Kutil adalah salah satu penyakit kulit yang cukup umum, tetapi kerap kali menyerang orang-orang yang berusia relatif muda. Sebagian besar kasus yang dialami oleh seseorang, keadaan tersebut dapat sembuh dan menghilang dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan.

Namun demikian, ada beberapa kasus yang gejalanya sering kali dapat kambuh dan muncul kembali. Jika demikian, kalian harus pergi ke dokter kulit untuk mengobatinya.

Tanda-Tanda dan Gejala Kutil

Kutil umumnya tidak menyebabkan rasa sakit, tetapi wujudnya dapat dirasa mengganggu penampilan bagi sebagian besar orang. Namun demikian, kutil terkadang juga dapat terjepit atau berdarah jika benjolan terletak di bagian kepala dan wajah. Selain itu, ada beberapa perbedaan wujud berbagai tipe kutil antara satu dengan yang lainnya.

Gejala yang terjadi pada kutil biasa cenderung muncul di sekitar kuku, jari tangan, dan belakang telapak tangan. Mayoritas benjolannya memiliki tekstur kasar dan berwarna putih atau cokelat, terkadang juga disertai dengan titik-titik hitam yang terlihat seperti biji. Inilah yang menyebabkan kutil juga sering kali disebut dengan kutil biji.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Gejala yang terjadi pada kutil plantar di sisi lain muncul di area sekitar telapak kaki dan dapat tumbuh secara berkelompok. Kutil tipe ini sering muncul dalam wujud datar atau tumbuh menjorok ke dalam, sehingga menyebabkan cekungan. Jika kalian mengalaminya, akan terasa seperti ada kerikil yang berada di dalam sepatu.

Lain halnya dengan kutil datar, ukurannya lebih halus dan kecil dibandingkan tipe kutil lainnya. Gejalanya dapat muncul di berbagai anggota tubuh, tetapi lebih sering muncul di wajah. Laki-laki paling sering mengalaminya di daerah sekitar jenggot.

Sementara itu, kutil filiform bentuknya seperti benjolan tipis atau benang panjang yang menonjol. Benjolannya sering kali tumbuh dengan begitu cepat. Jika tumbuhnya di area kulit yang sensitif, keadaan itu dapat menyebabkan iritasi dan gatal-gatal.

Kemungkinan, ada gejala dan tanda-tanda lain yang tidak dapat disebutkan di atas. Jika kalian mempunyai kekhawatiran mengenai suatu gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter kulit yang telah tepercaya.

3 Jenis Kutil yang Berbahaya

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kutil muncul dikarenakan infeksi yang menyerang jaringan kulit. Seiring berjalannya waktu, tubuh seseorang bisa membangun sistem perlawanan untuk menyerang virus, termasuk virus yang menyebabkan kutil. Namun, keadaan tersebut membutuhkan waktu yang relatif lama, bisa beberapa bulan hingga bertahun-tahun.

Kutil dapat ditandai dengan benjolan yang agak keras dan padat di kulit. Warnanya sama halnya dengan warna kulit dan mempunyai tekstur halus maupun kasar. Benjolan itu sering kali muncul di wilayah sekitar siku, lutut, ruas jari tangan, kaki, lengan, kulit kepala, wajah, dan leher.

Sebagaimana dikutip penjelasan dari jurnal Warts (Non-Genital) yang ditulis oleh Steven King-Fan Loo, mayoritas tipe kutil lazimnya tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan. Namun, kutil dapat mengakibatkan rasa sakit dikarenakan mengiritasi saraf.

Berikut beberapa tipe kutil yang berbahaya atau dapat mengakibatkan gangguan kesehatan jika tidak segera ditangani dengan baik.

1. Kutil Periungual

Kutil periungual adalah tipe kutil yang muncul di area sekitar kuku jari tangan dan kaki. Kutil dengan tipe ini dapat terasa menyakitkan dan memengaruhi perkembangan kuku. Menurut penjelasan dari Sukhdeo Patidar di dalam jurnal berjudul Combination Treatment of Periungual Warts, kutil periungual tidak menyakitkan jika ukurannya masih kecil.

Namun, kutil tersebut dapat tumbuh lebih besar dan menyebar ke wilayah lain di anggota tubuh, sehingga mengakibatkan rasa sakit. Selain itu, kutil ini juga dapat menghalangi pertumbuhan kuku dan menyebabkan kulit di area sekitar kuku tampak terbelah. Kutil tersebut juga bisa merusak kuku maupun kutikula (lapisan kulit yang berada tepat di pangkal kuku) penderitanya.

2. Kutil Plantar

Kutil plantar adalah tipe kutil yang muncul di area bagian bawah kaki dan dapat terasa sangat menyakitkan. Tidak seperti kutil lainnya, kutil ini tumbuh ke dalam kulit. Kutil tersebut biasanya ditularkan ketika seseorang tidak memakai alas kaki dan melaksanakan kontak kulit secara langsung dengan penyebab infeksi.

Kutil plantar terlihat seperti lubang kecil di area bagian bawah kaki yang dilingkupi oleh lapisan kulit yang mengeras. Kutil ini bisa menyebabkan rasa sakit dan area kulit yang terinfeksi dapat berubah warnanya menjadi kekuning-kuningan dengan titik hitam, meskipun tidak berbahaya.

3. Kutil Kelamin

Kutil kelamin adalah salah satu infeksi menular seksual yang diidentifikasi dengan adanya pertumbuhan daging kecil di area sekitar alat kelamin. Kutil tipe ini dapat terjadi pada laki-laki maupun wanita.

Berdasarkan penjelasan dari jurnal berjudul Genital Warts yang ditulis oleh Valerie dan Yanofsky, mayoritas penyebab kutil ini berasal dari infeksi virus HPV tipe 6 dan 11, meskipun dapat juga diakibatkan oleh tipe virus HPV lainnya.

Kutil kelamin bisa saja sulit disembuhkan dan seseorang yang mengalaminya sering kali kambuh. Selain itu, keadaan ini harus diwaspadai karena dapat memacu risiko kanker penis, kanker serviks, dan kanker anus. Kutil tersebut juga dilaporkan dapat diakibatkan oleh virus HPV onkogenik yang memiliki hubungan dengan kanker di bagian anogenital, yaitu leher rahim, anus, vagina, dan penis.

Sejumlah gejala kutil kelamin yang kemungkinan dialami oleh seseorang meliputi pembengkakan kecil berwarna kecokelatan atau merah muda di area kelamin, gatal-gatal, dan perasaan tidak nyaman. Pada kasus yang serius, kutil tersebut dapat mengakibatkan perdarahan ketika berhubungan intim.

Pencegahan Kutil

Mayoritas seseorang yang mempunyai risiko gangguan HPV di sejumlah area tubuhnya akan memiliki kutil. Namun, ada beberapa langkah yang bisa dijalankan untuk menurunkan risiko permasalahan kulit ini dan mencegah penyebarannya kepada orang lain. Berikut beberapa cara pencegahan kutil yang dapat dilakukan di rumah.

  • Menggunakan alas kaki di tempat umum.
  • Menghindari kontak langsung dengan kutil (diri sendiri maupun orang lain).
  • Menghindari menggaruk kutil.
  • Menjaga kebersihan tangan.
  • Menjaga tubuh agar tidak lembap.

Obat Penghilang Kutil di Apotek

Obat penghilang kutil bisa dibeli dengan mudah di apotek terdekat. Berikut daftar obat-obat tersebut untuk kalian.

1. SIMC Plester Kutil

Obat ini merupakan plester khusus yang dapat menyembuhkan kutil dan berbagai penyakit kulit lainnya, misalnya mata ikan. Cara pemakaiannya tinggal tempatkan plester di kutil kalian dan biarkan dalam beberapa saat.

2. Callusol

Obat ini sangat direkomendasikan untuk menghilangkan kutil di kulit. Callusol dijual secara bebas di apotek, tetapi tidak dianjurkan untuk bayi atau pasien dengan gangguan ginjal. Cara pemakaiannya adalah dengan menuangkan obat ini di kapas kering, lalu usapkan di area kutil kalian.

3. Kutilos

Obat ini memiliki kandungan asam salisilat, asam laktat, dan polidocanol yang bermanfaat untuk menghilangkan kutil di kulit. Cara pemakaiannya seperti dua obat sebelumnya, yaitu bersihkan terlebih dahulu area kutil yang akan diobati, lalu tuangkan obat di kapas kering, dan tempatkan kapas itu di kutil kalian.

Cara Menghilangkan Kutil yang Efektif

Jenis Kutil Berbahaya
Kutil yang dilihat di bawah mikroskop (Nephron/Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported).

Sebagian besar kutil dapat sembuh dengan sendirinya jika virus yang menjadi penyebabnya berhasil diatasi oleh sistem imun tubuh. Namun secara estetik, keadaan tersebut memang dirasakan mengganggu bagi sebagian orang, sehingga mereka memilih untuk segera menghilangkannya.

Kutil juga sebaiknya lekas diperiksakan ke dokter kulit jika kemunculannya disertai dengan berbagai gejala lain, misalnya nyeri yang menjalar ke bagian-bagian lain di tubuh. Berikut ini beberapa cara menghilangkan kutil yang dapat dilakukan oleh dokter kulit.

1. Asam Salisilat

Dokter kulit dapat meresepkan kepada kalian asam salisilat berupa krim, gel, dan salep untuk mengikis lapisan kutil satu per satu sampai benjolan tersebut benar-benar hilang. Obat tersebut kemungkinan harus digunakan dalam beberapa minggu hingga bulan sampai kutil benar-benar bisa hilang secara tuntas.

2. Terapi Nitrogen Cair

Prosedur ini dinamakan dengan cryotherapy. Untuk melakukannya, dokter kulit akan membekukan kutil memakai cairan nitrogen. Setelah dibekukan, jaringan di kutil akan mati dan lama-kelamaan kutil akan terlepas dengan sendirinya. Prosedur tersebut perlu dilakukan beberapa kali untuk memperoleh hasil yang maksimal.

3. Terapi Imun

Prosedur yang digunakan untuk kutil yang tidak kunjung hilang dengan berbagai perawatan adalah terapi imun. Terapi tersebut akan merangsang sistem imun agar bekerja lebih baik dalam menghilangkan virus yang menjadi penyebab kutil. Pada prosedur itu, pemberian obat topikal atau obat oles berbahan diphencyprone juga bisa dilakukan. Obat tersebut akan memicu reaksi alergi ringan yang menyebabkan kutil hilang perlahan-lahan.

4. Laser

Laser bisa menghancurkan pembuluh darah yang ada di dalam kutil, menyebabkan jaringaun kutil menjadi mati, dan nantinya kutil akan terlepas dengan sendirinya.

5. Zat Kimia Tertentu

Dokter kulit juga dapat memberikan bahan kimia bernama cantharidin untuk mengatasi kutil. Bahan tersebut akan dioleskan di permukaan kutil untuk menghentikan pasokan darah ke benjolan itu. Seminggu kemudian, jaringan kutil akan mati dan kalian perlu melakukan kontrol lagi ke dokter kulit untuk membantu menyingkirkan sepenuhnya.

6. Operasi

Langkah ini biasanya ditempuh dilakukan jika kutil tidak bisa merespons berbagai perawatan di atas. Dokter kulit akan mengangkat kutil dengan memotongnya memakai pisau bedah atau membakarnya dengan listrik.

Ragam perawatan di atas dapat dipilih untuk mengobati kutil yang mungkin muncul di tubuh. Jika ingin memeriksakan benjolan mencurigakan di kulit, baik kutil atau benjolan lainnya, kalian bisa mendatangi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk memperoleh pengobatan dan pemeriksaan secara lebih rinci.

Rujukan


Itulah artikel terkait “jenis kutil berbahaya yang bisa kalian gunakan sebagai referensi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mulai dari produk lokal hingga internasional. Jika ada saran, pertanyaan, dan kritik, silakan tulis di kotak komentar bawah ini. Bagikan juga tulisan ini di akun media sosial supaya teman-teman kalian juga bisa mendapatkan manfaat yang sama.

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi, Grameds juga bisa membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan dan pengetahuan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Semoga bermanfaat!

Rekomendasi Buku dan E-Book Beserta Ulasannya

1. Terapi Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Air kelapa adalah minuman “ajaib” yang dipercaya memiliki beragam khasiat yang sangat hebat. Kalian mungkin telah mengetahui khasiat air kelapa sebagai penawar racun yang andal. Tak hanya itu, air kelapa juga memiliki beragam khasiat istimewa lainnya. Seseorang yang mengonsumsi air kelapa secara rutin dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kalian akan mendapat pengetahuan baru di dalam buku ini mengenai terapi air kelapa dan terapi minyak kelapa untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain itu, kalian juga akan mendapat tip alternatif untuk memelihara kecantikan dengan memanfaatkan minyak kelapa sebagai kosmetik alami.

2. Khasiat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Madu seperti yang kita kenal sejak lama merupakan cairan kental yang dihasilkan oleh lebah. Madu begitu populer di masyarakat karena beragam khasiatnya yang dikenal sejak ribuan tahun yang lalu untuk menyembuhkan penyakit, bahkan menjaga kecantikan kulit. Khasiat madu telah disebutkan di dalam Al-Qur’an sejak ribuan tahun yang lalu.

Buku ini menyajikan segala hal tentang madu secara lengkap, mulai dari pengenalan madu, khasiat madu, tip memilih dan menyimpan madu, sampai aneka resep ramuan untuk menyembuhkan penyakit maupun merawat kecantikan kulit dengan madu. Buku ini juga dilengkapi dengan sejumlah nama dan alamat peternak lebah di Indonesia.

Jika masih penasaran dengan madu asli, kalian dapat langsung berkunjung ke peternakan lebah ini untuk mendapatkan madu yang benar-benar 100% asli.

3. Perawatan Kecantikan Kulit

Saat ini, semakin banyak perempuan yang menyadari bahwa kulit wajah yang sehat terawat adalah dasar kecantikan yang hakiki, karena kesadaran akan kesehatan kulit tersebut menjadikan semakin banyak panduan perawatan kecantikan kulit wajah yang bisa kita lihat dari media apa pun. Inilah yang menyebabkan mereka memberi perhatian khusus kepada perawatan wajah, baik yang dilakukan sendiri maupun dengan bantuan terapis di tempat perawatan kecantikan.

Tempat-tempat perawatan kecantikan pun akhirnya berkembang pesat seiring kesadaran perempuan untuk merawat kecantikan mereka. Tak pelak, hal ini menyebabkan semakin besarnya kebutuhan akan terapis kecantikan yang terampil dan mumpuni.

Buku ini ditulis bagi mereka yang berminat memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam bidang cosmetology dan aesthetic treatment, mulai dari tingkat yang paling dasar hingga perkembangan terkini. Buku ini di dalamnya menyajikan dasar-dasar perawatan kecantikan secara komprehensif, mulai dari dasar yang harus diketahui para terapis dalam menjalankan tugasnya, menggunakan berbagai alat penunjang dengan tepat dan terampil, hingga sikap tubuh yang tepat dalam berinteraksi dengan pelanggan. Singkat kata, buku ini benar-benar pegangan yang tepat bagi para terapis kecantikan maupun siapa saja yang bergerak di dunia kecantikan.

Buku ini disusun secara cermat berdasarkan metode yang dikembangkan selama bertahun-tahun. Selain itu, materi buku ini disajikan dalam bahasa yang lugas dan sederhana, mudah dipahami, serta dipraktikkan, meskipun padat informasi.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adinda