in

8 Cara Menghilangkan Kutek Kuku yang Tepat dan Tips Memilihnya

Stephanie Ho/pexels.com

Cara Menghilangkan Kutek Kuku – Banyak orang yang memakai kutek dengan tujuan untuk mempercantik tampilan kuku. Kutek mempunya berbagai jenis gambar dan bahkan warna yang menarik.

Meski demikian, kuku menjadi kurang indah dipandang saat warna atau gambar tersebut sudah mulai pudar. Sebagai solusinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan utuk menghilangkan kutek di kuku.

Sudah tahu cara menghilangkan kutek di kuku? Belum mengetahuinya? Tak perlu khawatir, dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa cara menghilangkan kutek kuku yang pastinya bisa kamu praktekkan di rumah. Jadi, langsung aja, simak ulasan ini sampai selesai, ya.

Cara Menghilangkan Kutek Kuku

Cara Menghilangkan Kutek Kuku
Valeria Boltneva, Pexels

Terdapat sebagian orang yang menghapus kutek kuku dengan memakai aseton. Akan tetapi, bahan kimia di dalam aseton disinyalir dan merusak kuku dan membuatnya menjadi rapuh. Berikut ialah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutek yang lebih aman serta dapat Grameds lakukan di rumah.

1. Kutek Bening

Meskipun terdengar seperti komedi, Grameds dapat mencoba memakai kutek bening sebagai penghapus kutek berwarna pada kuku. Caranya ialah dengan mengaplikasikan kutek bening pada kuku berwarna serta diamkan selama 20-30 detik. Lalu, segera bersihkan menggunakan tisu atau kapas.

Apabila masih ada cat kuku yang masih menempel, ulangi sampai benar-benar bersih. Cara ini dipercaya membantu menghilangkan cat kuku yang lama.

2. Hand Sanitizer

Tahukah Grameds jika hand sanitizer dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kutek? Produk yang memiliki basis bahan dasar alkohol ini bisa Grameds coba untuk menghilangkan cat kuku, tetapi mungkin memerlukan lebih banyak waktu.

Cara untuk menghilangkan kutek dengan hand santizer ini cukup mudah, cukup dengan oles atau semprotkan hand sanitizer pada kuku dan diamkan selama satu menit. Kemudian, gosok menggunakan tisu atau kapas hingga bersih. Grameds mungkin harus mengulanginya hingga beberapa kali bila kutek terlalu tebal.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

3. Pasta Gigi

Cara menghilangkan kutek kuku berikutnya ialah dengan menggunakan pasta gigi. Sebab, pasta gigi memiliki kandungan etil asetat, yakni senyawa kimia yang secara umum juga terkandung di dalam penghilang kutek.

Untuk mencobanya, Grameds bisa menggosok kuku menggunakan pasta gigi biasa atau yang memiliki kandungan soda kue karena sifatnya abrasif. Setelah menggosok hingga beberapa menit, bersihkan dengan menggunakan kain, tisu, atau kapas.

4. Hidrogen Peroksida dan Air Hangat

Hidrogen peroksida biasa dimanfaatkan dalam berbagai produk kecantikan yang tujuannya ialah untuk mencerahkan. Bahan ini juga disinyalir berguna untuk menghilangkan kutek pada kuku. Cara membersihkan kutek kuku dengan bahan ini cukup mudah.

Grameds hanya harus merendam kuku ke campuran hidrogen peroksida dengan air hangat. Cara ini bisa membantu unyuk melembutkan kutek sehingga Grameds bisa membersihkannya hingga kuku bersih.

5. Air Lemon

Berikutnya, cara untuk menghilangkan kutek tanpa alkohol ialah dengan memakai air lemon. Bahan alami ini mempunyai sifat basa (alkalizing) serta mudah menempel pada kuku.

Untuk menghilangkan kutek kuku, Grameds cukup menjadikannya sebagai scrub. Rendam kuku ke dalam air sabun selama kurang lebih 5 menit, lalu gosok dengan memakai irisan lemon secara lembut.

Lalu, oleskan pelembap dengan tujuan unutk menjaga kondisi kuku supaya tidak rapuh dan kering setelah membersihkan kutek.

6. Hair Spray

Selain dapat digunakan pada rambut, hair spray dapat digunakan untuk menghilangkan kutek kuku. Kandungan alkohol yang ada di dalamnya dipercaya dapat membantu untuk membersihkan cat kuku.

Grameds cukup menyemprotkan hair spray ke kapas atau tisu, lalu gosokkan ke kuku. Lakukan cara tersebut hingga kutek hilang, lalu bilas menggunakan air dan berikan sedikit minyak kutikula supaya kondisi kuku tetap terjaga.

7. Cuka dan Air Perasan Lemon

Apabila air lemon dirasa masih kurang memberikan hasil yang sesuai ekspektasi, Grameds dapat mencampurnya dengan cuka. Cara menghilangkan kutek kuku ini bukanlah hal yang sulit untuk dicoba.

Campurkan 4 sendok makan (sdm) cuka dan air perasan lemon ke dalam mangkuk. Rendam kuku ke larutan tersebut dan biarkan selama 3 hingga 5 menit. Gunakan tisu atau kapas untuk menyeka cat kuku secara lembut, kemudian bilas hingga bersih.

8. Deodoran

Terakhir, cara untuk menghilangkan kutek kuku ialah dengan menggunakan deodoran semprot. Kandungan alkohol yang ada di dalam deodoran dianggap ampuh untuk membantu menghilangkan cat kuku dengan mudah.

Grameds cukup menyemprotkan sedikit deodoran ke kuku, lalu menyekanya dengan tisu atau kapas. Pastikan untuk berhati-hati ketika menyemprotkan deodoran karena memiliki risiko terkena mata.

Tips Membersihkan Kutek Kuku

cara membersihkan kutek kuku
Anna Shvets/Pexels.com

Cara menghilangkan kutek kuku dalam uraian sebelumnya mungkin masih belum berhasil. Meski begitu, cara-cara tersebut masih lebih baik daripada penggunaan aseton yang dapat memberikan efek yang buruk bagi kulit.

Proses membersihkan kutek kuku juga tak boleh dilakukan dengan sembarangan karena dapat merusak kondisi kuku serta menimbulkan iritasi pada kulit di sekitarnya. Maka dari itu, Grameds bisa mengikuti tips membersihkan kutek dengan sesuai berikut ini.

  1. Gunakan penghapus cat kuku hanya di area kuku
  2. Gunakan kapas atau tisu yang telah direndam sebelumnya supaya lebih mudah untuk digunakan
  3. Gunakan moisturizer atau pelembap setelah menggunakan pembersih kutek.
  4. Pertimbangkan juga untuk tak memakai kutek terlalu sering sehingga kuku Grameds tidak mudah rusak dan rapuh.

Tips Memilih Kutek yang Aman

Apabila Grameds hendak menggunakan kutek, pastikan untuk memilih kutek yang aman untuk dipakai.  Sama seperti memilih produk kecantikan lainnya, kutek yang sebaiknya Grameds pilih ialah yang memiliki nomor registrasi atau sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Grameds juga bisa mengecek nomor registrasi pada situs resmi BPOM. Berikut ialah beberapa jenis kutek yang dianggap aman untuk dipakai.

1. Kutek Tradisional

Kutek tradisional atau kutek klasik merupakan jenis kutek yang paling mudah ditemukan di pasaran dan sudah dijual sejak dulu. Pewarna kuku ini terbuat dari bahan polimer yang dicampur dengan pelarut. Cara memakainya pun terbilang mudah.

Grameds cukup memulas kuku dengan menggunakan kuas khusus, lalu dikeringkan dengan cara diangin-anginkan. Pelarut akan menguap ketika dikeringkan, dan lapisan polimernya mengeras.

Kutek ini umumnya tak tahan lama. Meski begitu, Grameds dapat membeli kutek tradisional jenis hybrid yang lebih awet ketimbang kuteks klasik non-hybrid.

Kutek ini secara garis besar telah memperoleh persetujuan dari para dermatologis karena lebih mudah dibersihkan sehingga Grameds tak perlu memakai pembersih kutek yang tersebut dari aseton. Penggunaan aseton dengan terlalu sering bisa menyebabkan kuku menjadi kering, rusak, dan kasar.

2. Kutek Non-toksik

Sama seperti namanya, kutek ini tak memiliki kandungan racun atau bahan-bahan kimia berbahaya yang umumnya ada di pewarna kuku. Bahan kimia yang dimaksud ialah formaldehida, formaldehida resin, champor, toluene, dan dibutil phthalate.

Formaldehida disebut sebagai zat kimia yang memiliki potensi akan mengakibatkan kanker, sedangkan champor bisa membuat Grameds keracunan jika masuk melalui mulut.

Selain itu, ada berbagai bahan lainnya berisiko menimbulkan alergi atau dermatitis kontak, terutama pada tipe kulit yang sensitif. Kutek yang tak menggunakan bahan kimia tersebut sebagai bahan bakunya juga biasa dikenal sebagai kutek five-free.

Ada juga kutek yang tidak memiliki kandungan lebih banyak bahan kimia yang dikhawatirkan meningkatkan risiko efek samping bagi kesehatan. Jenis kutek ini biasanya dilabeli sebagai kutek seven-free, 10-free, dan lain sebagainya.

Meski begitu, belum ada studi khusus yang mengungkapkan berbagai bahan tersebut bisa merusak kesehatan manusia, mengingat jumlah kadarnya pada kutek yang hanya sedikit. Meski begitu, bagi Grameds yang memiliki tipe kulit sensitif, sangat disarankan untuk memilih kutek non-toksik.

3. Kutek Halal

Kutek tradisional secara umum mempunyai lapisan yang tak dapat tembus air sehingga tidak boleh dipakai oleh perempuan muslim. Hal tersebut dikarenakan, kutek tradisional membuat air wudhu tidak masuk hingga ke lapisan paling atas dari kuku sehingga membuat penggunanya tidak sah dalam menjalankan wudhu.

Maka dari itu, beberapa produsen kosmetik berinovasi untuk membuat kutek halal, yang juga dikenal dengan nama breathable nail polish. Kutek halal ini secara umum memiliki bahan dasar air sehingga memungkinkan air dan udara dapat menembus lapisan kutek sehingga air wudhu dapat sampai ke permukaan kuku.

Walau begitu, kehalalan kutek ini masih banyak menjadi perdebatan. Secara teori, kutek menggunakan bahan dasar air memang tak menghalangi air untuk menembus lapisan cat kuku. Akan tetapi, pada praktiknya, klaim ini masih harus diteliti lebih lanjut.

Nah, itulah pembahasan kita seputar cara menghilangkan kutek di kuku hingga tips memilih kutek. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu, Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Jika ingin mencari buku seputar kecantikan, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com atau melihat beberapa rekomendasi buku terkait di bawah ini.

Rekomendasi Buku Terkait

1. Ten Ten Series: Akulah Ahlinya Makeup & Nail Art

Deskripsi Buku

Lee Jeong-yeon menulis buku yang berjudul Ten Ten Series- Akulah Ahlinya Makeup & Nail Art. Buku ini berisi perihal cara wanita menggunakan make-up sekaligus apa saja teknik-teknik make-up yang membuat wajah wanita bisa menjadi lebih cantik. Bersama dengan Nana, Grameds akan dibawa ke dunia make-up yang seru. Dengan gambar animasi yang lucu, buku ini sangat seru dan menarik untuk dibaca karena pemilihan warna yang sangat cocok. Ten Ten Series- Akulah Ahlinya Makeup & Nail Art akan membimbing Grameds supaya memiliki kemampuan make-up yang semakin meningkat.

Sinopsis

“Andai mataku menjadi lebih besar, hidungku menjadi lebih mancung, dan wajahku menjadi sedikit lebih lonjong……” Siapapun pasti ingin menjadi lebih cantik dan memesona. Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa para wanita menggunakan make-up. Tak hanya membuat wajah tampak indah, make-up juga dapat membantuk memperlihatkan karakteristik diri serta membuatnya menjadi lebih keren dan bersinar.

Akan tetapi, ternyata banyak hal yang perlu dipelajari untuk dapat jadi ahli make-up. Grameds juga harus mengetahui warna kulit, jenis kulit, dan jenis make-up yang sesuai, harus memahami berbagai jenis kosmetik serta fungsinya… Merasa pusing? Jangan khawatir. Yuk, ikuti kisah Nana yang bermimpi untuk menjadi make-up dan nail artist profesional serta temukan berbagai tips dan trik mengenai make-up.

2. Buku Pintar Merawat Kecantikan Di Rumah

cara menghilangkan kutek kuku

Deskripsi Buku

Kumpulan Tips Mudah dan Praktis Merawat Kecantikan dari Ujung Rambut sampai Ujung Kaki di Rumah

Buku ini berisi mengenai aneka tips perawatan mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki secara alami menggunakan berbagai bahan yang mudah diperoleh di pasaran

Misalnya:

  1. Cara menghaluskan setrta mengencangkan kulit wajah dengan susu dan stroberi
  2. Cara mengurangi keriput dengan pisang
  3. Cara mengatasi jerawat dengan asam jawa
  4. Menguatkan gigi dengan garam dan jahe
  5. Mengatasi kerontokan rambut dengan kemiri
  6. Menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis
  7. Menghilangkan bau badan dengan air kapur sirih
  8. Menghaluskan tumit dan kaki dengan minyak kelapa
  9. Menghilangkan bau kaki dengan kayu manis
  10. Dan masih banyak lagi

3. Buku Buat Cewek: Dari Kecantikan, Kesehatan, Keuangan, Perawatan, Psikologi Cinta, dan Belanja

cara menghilangkan kutek kuku

Deskripsi Buku

Sebagai cewek pasti banyak sekali terlintas pertanyaan di benak. Misalnya berbagai hal yang memiliki keterkaitan dengan rambut, make up, dan skincare serta perawatan wajah, tubuh, dan berbagai hal yang terkait dengan diet, pola tidur, pola makan, dan berbagai hal berbau percintaan dan lain sebagainya.

Mari, menjadi pintar perihal segala hal yang Grameds miliki. Karena cukup dengan berbagai cara tersebut Grameds bisa memicu selflove yang hedak membuat diri Grameds bahagia.Siapa lagi yang mengerti diri Grameds selain Grameds sendiri?

Manfaat Merawat Diri

Perawatan diri mengacu pada kegiata apa pun yang dilakukan untuk memelihara serta menjaga kesehatan, termasuk kesejahteraan fisik, mental, dan emosional. Walaupun mungkin terlihat seperti konsep yang jelas, perawatan diri kerap kali dikesampingkan untuk berbagai prioritas lain yang lebih mendesak seperti keluarga, pekerjaan, serta tekanan hidup sehari-hari. Menurut WHO, self care atau merawat diri merupakan kemampuan unutk memelihara kesehatan tubuh diri sendiri sebagai upaya pencegahan berbagai ragam penyakit maupun gangguan kesehatan. Baik secara mental maupun fisik.

Merawat diri bukan merupakan tindakan yang sekadar membuang-buang materi uang maupun waktu. Namun, sebaliknya, melakukan perawatan diri dapat membantu supaya lebih efektif dan produktif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan.

Merawat diri sendiri juga adalah salah satu cara paling penting untuk lebih mencintai diri sendiri. Seperti merias wajah, memakai pakaian terbaik, olahraga dengan rutin, mengonsumsi makanan sehat, dan sekadar meluangkan waktu untuk istirahat. Berbagai bentuk merawat diri bisa menjadi cara yang paling baik untuk membawa diri sendiri pada kebahagiaan.

Rujukan:

  • https://www.sehatq.com/artikel/cara-menghilangkan-kutek
  • https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kuku/cat-kuku/
  • https://www.halodoc.com/artikel/selain-aseton-ini-6-pilihan-untuk-menghapus-kuteks

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adinda