in

Cara Menghilangkan Komedo Putih dan Mengecilkan Pori-Pori

Cara menghilangkan komedo putih dan mengecilkan pori pori – Menjaga kesehatan dan tampilan kulit wajah menjadi hal yang wajib dilakukan semua orang. Sebab, semua orang tentunya menginginkan kulit wajah yang sehat. Namun, terdapat berbagai masalah kulit yang bisa mengganggu tampilan kulit wajah.

Salah satunya adalah komedo putih atau whitehead. Komedo putih merupakan jenis jerawat yang terbentuk saat minyak, sel-sel kulit mati, dan bakteri terjebak di dalam pori-pori. Pada komedo putih, terperangkap juga folikel rambut, sehingga jenis komedo ini disebut juga sebagai komedo tertutup.

Komedo menjadi jenis jerawat yang ringan yang bisa muncul di bagian tubuh mana pun. Namun, umumnya komedo putih akan muncul di bagian T-zone, yakni di kening, hidung, dan dagu. Melansir dari Cleveland Clinic, masalah kulit yang satu ini menyebabkan timbulnya benjolan-benjolan kecil yang menonjol ke dalam kulit, yang berwarna putih hingga kekuningan.

Penyebab Munculnya Komedo Putih

pixabay.com/Kjerstin_Michaela

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penyebab munculnya komedo putih adalah penyumbatan pada pori-pori. Penyumbatan ini bisa diakibatkan oleh berbagai faktor, salah satunya ialah perubahan hormon.

Perubahan hormon secara umum dipengaruhi oleh fase kehidupan dan usia seseorang, contohnya seperti masa pubertas, menstruasi, kehamilan, dan menopause. Selain itu, mengonsumsi obat-obatan seperti pil KB, juga faktor genetik bisa memengaruhi peningkatan hormon. Adapun sejumlah faktor yang bisa meningkatkan risiko terbentuknya komedo putih adalah sebagai berikut.

  • Kulit yang berminyak
  • Faktor makanan, biasanya yang mengandung susu, lemak, dan gula dalam kadar tinggi
  • Pecahnya folikel rambut akibat terlalu sering mencuci muka, memencet jerawat, chemical peeling, dan terapi laser
  • Terpapar bahan kimia, seperti propylene glycol, isopropyl myristate, dan pewarna komestik
  • Kebiasaan merokok

Cara Menghilangkan Komedo Putih

Sumber: Pexels.com/Mikhail Nilov

Lantas, bagaimana cara menghilangkan komedo putih? Melansir dari MedicalNewsToday dan Healthline, berikut beberapa cara untuk menghilangkan komedo putih.

1. Hindari kebiasaan menyentuh wajah

Jangan menyentuh wajah, terutama saat kondisi tangan kotor. Kebiasaan menyentuh wajah dapat menimbulkan keinginan untuk memencet komedo, yang bisa menyebabkan timbul jerawat meradang.

2. Cuci wajah minimal dua kali sehari

Membersihkan kulit wajah minimal dua kali sehari dapat menjadi cara menghilangkan komedo secara alami. Pastikan Anda menggunakan sabun yang lembut dan air hangat untuk mencuci wajah. Anda juga bisa menambah intensitas cuci wajah jika wajah berkeringat seperti setelah berolahraga.

3. Memilih produk skincare yang tepat

Supaya komedo putih tidak semakin banyak, pilih produk skincare yang bersifat non-komedogenik atau bebas minyak, supaya tidak menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit. Hindari juga produk skincare yang mengandung pewangi.

The Architecture of Love | Di balik Pena

4. Menerapkan pola makan sehat 

Salah satu penyebab komedo putih yang telah dipaparkan di atas adalah faktor makanan. Maka dari itu, Anda bisa menerapkan pola makan sehat sebagai upaya untuk mengatasi komedo putih. Hindari makanan yang mengandung lemak jahat seperti gorengan, berbahan dasar susu, dan berbagai makanan atau minuman manis.

5. Sering keramas dan mengganti sarung bantal secara berkala 

Pemilik kulit berkomedo putih disarankan untuk sering keramas, supaya rambut yang mungkin terkena bagian wajah tidak memperparah kondisi komedo. Selain itu, upayakan untuk mengganti sarung bantal secara rutin seminggu sekali.

6. Eksfoliasi menggunakan asam salisilat 

Menghilangkan komedo putih juga bisa dilakukan dengan eksfoliasi atau pengelupasan kulit secara berkala. Namun, Anda perlu memilih produk perawatan kulit yang bisa mengeksfoliasi secara lembut dan aman. Salah satunya produk skincare yang dapat mengangkat sel kulit mati adalah produk yang mengandung asam salisilat.

7. Menggunakan toner witch hazel 

Toner witch hazel memiliki kandungan astringen alami, yang dapat membantu mengatasi komedo putih sekaligus mencegah produksi minyak berlebih di wajah. Produk perawatan kulit ini juga memberikan efek antibakteri yang dapat mencegah peradangan pada komedo.

8. Mengoleskan produk yang mengandung tea tree oil

Mengoleskan produk skincare yang mengandung tea tree oil juga dapat membantu menghilangkan masalah kulit komedo putih. Sebab, tea tree oil mengandung zat antioksidan, antimikroba, dan antiperadangan yang efektif untuk mengatasi komedo putih.

9. Menggunakan benzoil peroksida 

Produk yang mengandung benzoil peroksida dapat digunakan sebagai obat untuk komedo putih. Formula yang satu ini bisa mencegah pori-pori tersumbat, membantu mengatasi peradangan, mengurangi produksi minyak berlebih, dan juga membasmi bakteri.

10. Menggunakan retinol 

Retinol dalam bentuk serum atau krim juga bisa membantu mengurangi peradangan dan membasmi komedo putih. Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan retinol harus dilakukan secara bertahap, mulai dari seminggu sekali, jika cocok tingkatkan lagi intensitas pemakaian menjadi dua kali seminggu. Saat sudah benar cocok dan tidak menimbulkan efek samping, baru bisa dipakai setiap hari.

Nah, itu dia Grameds 10 cara menghilangkan komedo putih. Selanjutnya, artikel ini akan membahas mengenai cara mencegah timbulnya komedo putih. Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Mencegah Timbulnya Komedo Putih

Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat menjadi kunci utama untuk mencegah timbulnya komedo putih. Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Bersihkan area yang berkomedo dengan mencuci wajah setelah beraktivitas dan sebelum tidur untuk mengangkat minyak serta sel kulit mati.
  • Memilih kosmetik dan skincare yang tidak memicu komedo (non komedogenik), terutama bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dan acne prone.
  • Terapkan double cleansing menggunakan produk pembersih wajah (micellar water, oil cleanser, balm cleanser) dan sabun khusus wajah
  • Menghindari penggunaan produk yang memiliki scrub yang kasar, karena bisa menyebabkan iritasi kulit

Grameds, itu dia cara mencegah timbulnya komedo yang bisa Anda terapkan setiap hari. Seperti yang telah dijelaskan di atas, komedo putih timbul akibat penyumbatan pada pori-pori. Salah satu dampak lain yang bisa ditimbulkan dari adanya penyumbatan pada pori-pori adalah pori-pori akan tampak lebih besar dari yang sebenarnya.

Pori-pori wajah merupakan lubang pada kulit yang berfungsi untuk mengeluarkan keringat dan minyak atau sebum alami. Pori-pori memang sejatinya bisa terlihat kasat mata, tetapi pori-pori yang besar akan menjadi sebuah masalah. Hal ini akan mengganggu penampilan kulit Anda, dan membuat aplikasi kosmetik tidak bisa menutupi pori-pori dengan sempurna.

Penyebab Pori-Pori Besar

Secara umum, penyebab pori-pori besar adalah produksi minyak yang berlebihan. Produksi minyak berlebih ini mendorong pori-pori wajah membesar untuk mengeluarkan kelebihan minyak.

Lubang yang besar itu kemudian dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, karena penumpukan minyak, kotoran, dan sel kulit mati. Walaupun bukan sebuah masalah yang berisiko dan berbahaya, keberadaan pori-pori besar akan mengganggu pemiliknya. Selain akibat produksi minyak berlebih, kemunculan pori-pori besar bisa disebabkan beberapa faktor lain. Adapun faktor lain penyebab pori-pori besar adalah sebagai berikut.

1. Faktor genetik

Salah satu penyebab pori-pori besar adalah faktor genetik atau keturunan. Jenis kulit berminyak dan kulit yang tebal adalah kondisi yang diturunkan. Hal ini berarti, jika orang tua atau saudara Anda memiliki kulit berminyak dan pori-pori wajah yang besar, maka Anda akan cenderung memiliki kondisi kulit yang sama dengan mereka.

2. Pertambahan usia

Penyebab pori-pori besar yang satu ini tidak bisa dihindari. Semakin tua usia seseorang, maka kemampuan tubuhnya untuk memproduksi kolagen dan elastin akan semakin berkurang.

Hasilnya, kulit jadi akan terlihat lebih kendur, muncul keriput, dan pori-pori jadi tampak lebih besar. Kulit kendur yang disebabkan oleh produksi kolagen melemah ini turut dipengaruhi pola aktivitas dan paparan sinar matahari selama masa muda.

3. Terpapar sinar matahari secara berlebihan

Paparan sinar matahari yang berlebih juga bisa menjadi penyebab pori-pori wajah besar. Kulit yang sering terpapar sinar matahari langsung akan mengalami penebalan, sehingga pori-pori juga akan ikut membesar.

Selain menyebabkan penebalan kulit, sinar ultraviolet (UV) juga akan melemahkan produksi kolagen. Kolagen sendiri bermanfaat untuk menjaga kulit tetap kencang dan pori-pori lebih rapat. Maka itu, produksi kolagen yang berkurang akan menimbulkan kurangnya elastisitas kulit dan membesarnya lubang pori-pori.

3. Fluktuasi hormon

Penyebab membesarnya pori-pori wajah selanjutnya ialah fluktuasi hormon. Besar atau kecil ukuran pori-pori kulit bersifat tidak tetap. Sebab, ukuran pori-pori akan senantiasa berubah mengikuti fluktuasi hormon.

Contoh yang bisa terlihat jelas adalah pada ibu hamil. Pada beberapa ibu hamil, kulit wajahnya akan terlihat makin halus dan berseri selama masa kehamilan. Namun, pada beberapa ibu hamil lainnya, perubahan hormon justru mengakibatkan kulit wajah berminyak, kusam, dan pori-pori membesar.

Selain itu, dalam siklus bulanan wanita, peningkatan kadar hormon menjelang ovulasi juga akan memberikan pengaruh terhadap kulit. Peningkatan hormon pada masa ini bisa menjadi penyebab pori-pori besar. Sebaliknya, ketika masa ovulasi sudah lewat, kadar hormon akan menurun dan pori-pori akan kembali mengecil.

4. Terlalu sering mencuci muka

Mencuci wajah menjadi hal wajib dilakukan secara rutin untuk mengangkat minyak, kotoran, dan sel kulit mati yang bisa menyebabkan pori-pori tersumbat. Meskipun kotoran dan sel kulit mati bisa menyumbat pori-pori, tetapi terlalu sering mencuci muka justru bisa menjadi penyebab pori-pori besar. Menggunakan sabun atau produk pembersih wajah yang berlebihan berpotensi mengiritasi kulit. Alhasil, kulit akan menebal dan pori-pori akan membesar.

5. Jenis kelamin

Secara alami, pori-pori wajah yang besar lebih umum dialami oleh laki-laki daripada perempuan. Hal ini disebabkan adanya perbedaan hormon pada tubuh pria dan wanita. Selain itu, kaum lelaki juga mempunyai rambut tubuh yang lebih banyak, sehingga pori-porinya juga otomatis lebih lebar.

Setelah mengenali penyebab pori-pori besar, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mengecilkan tampilan pori-pori besar? Berikut ini telah dirangkum 10 cara mengecilkan pori-pori besar. Simak uraiannya di bawah ini.

Cara Mengecilkan Pori-Pori Besar

Sumber: Pexels.com/Shiny Diamond

1. Rutin mencuci wajah 

Hal pertama yang wajib banget Anda lakukan untuk mengecilkan tampilan pori-pori adalah menjaga kebersihan kulit wajah. Sebab, pori-pori kulit yang tertumpuk oleh kotoran, minyak, dan sel kulit mati akan terlihat lebih besar.

2. Selalu menggunakan sunscreen

Seperti yang telah dijelaskan di atas, terpapar sinar matahari secara berlebih bisa menjadi penyebab pori-pori menjadi lebih besar. Semakin sering terpapar sinar matahari, maka elastisitas kulit akan berkurang. Lama-kelamaan, kulit bisa mengendur dan pori-pori terlihat lebih besar.

Oleh karena itu, selalu gunakan sunscreen, setidaknya yang memiliki SPF 30. Perlu diperhatikan bahwa penggunaan sunscreen jangan dilakukan jika ingin keluar ruangan saja. Sebab, walaupun cuaca mendung dan kita berada di dalam ruangan, paparan sinar matahari tetap bisa masuk dan memengaruhi kulit kita.

3. Menggunakan pelembap wajah

Rutin menggunakan produk pelembap juga dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah. Hal ini disebabkan pelembap yang mampu menghidrasi dan mempertahankan kadar kelembapan kulit wajah, sehingga kulit terlihat kencang. Jika kulit kencang, pori-pori pun otomatis akan mengecil.

4. Mengompres kulit dengan es batu

Es batu yang dingin dapat mengecilkan pori-pori, karena suhu yang dingin dari es batu bisa membuat pembuluh darah di kulit menyempit. Hasilnya, ukuran pori-pori akan menyusut dan terlihat lebih kecil. Namun, jika Anda tidak tahan dengan sensasi dingin dari es batu langsung, Anda bisa mencoba untuk menyimpan produk skincare di dalam kulkas sebagai alternatif untuk mendapatkan sensasi dingin di wajah.

5. Menggunakan Gel Aloe Vera 

Gel Aloe Vera dikenal mampu menyegarkan dan mencerahkan kulit. Maka dari itu, produk yang satu ini bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara untuk mengecilkan pori-pori wajah. Cara menggunakannya mudah, Anda cukup mengoleskan gel aloe vera secara merata di wajah, kemudian diamkan selama 15 sampai 20 menit hingga menyerap. Anda juga bisa menjadikannya sebagai masker dengan mengoleskannya secara tebal, kemudian membilasnya setelah beberapa waktu.

6. Memakai produk berbahan clay

Cara mengecilkan pori-pori wajah selanjutnya adalah memakai produk berbahan clay atau tanah liat. Produk berbahan clay mampu membantu mengontrol produksi minyak sekaligus menenangkan kulit yang iritasi. Produk ini juga tidak menyebabkan kulit menjadi kering, sehingga kelembapan kulit tetap terjaga dan akhirnya pori-pori bisa terlihat lebih samar.

7. Menggunakan toner yang tidak mengandung alkohol

Toner yang bebas alkohol mampu menyegarkan dan menjaga kadar keseimbangan pH kulit di wajah. Toner yang satu ini wajib digunakan oleh Anda yang memiliki kulit tipe sensitif. Toner bebas alkohol akan membantu mengontrol minyak secara aman tanpa menyebabkan iritasi kulit, sehingga, pori-pori juga bisa tampak lebih kecil.

8. Mengonsumsi makanan sehat

Keadaan kulit sangat dipengaruhi oleh pola makan. Maka dari itu, Anda harus menjaga pola makan dengan cara mengonsumsi makanan sehat. Hindari mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, supaya mengurangi produksi minyak.

Anda bisa mencoba juga untuk lebih sering mengonsumsi makanan yang kaya kolagen, seperti daging ayam, putih telur, dan kaldu tulang. Makanan ini mampu meningkatkan elastisitas kulit, sehingga pori-pori akan tampak lebih mengecil.

9. Menghindari produk skincare berbasis minyak

Produk skincare yang berbahan dasar minyak dikenal mampu melembapkan kulit secara maksimal. Namun, bagi Anda pemilik tipe kulit berminyak dan sensitif, sebaiknya menghindari produk yang berbahan dasar minyak. Sebab, oil based products dapat memicu timbulnya benjolan atau jerawat di wajah.

Pilih produk yang mudah menyerap di kulit, seperti water based skincare. Produk jenis ini akan menahan kilap di wajah dan membuatnya terlihat lebih matte. Hasilnya, ukuran pori-pori jadi lebih terkontrol.

10. Eksfoliasi wajah secara rutin

Minyak, kotoran, dan sel kulit mati berlebih dapat menyumbat pori-pori, sehingga pori-pori terlihat lebih besar. Untuk membantu membasmi penyebab penyumbatan, Anda perlu mengeksfoliasi wajah secara rutin. Anda bisa menerapkan physical exfoliate atau chemical exfoliate, sesuatu preferensi Anda. Pastikan saja untuk menggunakan produk yang lembut di kulit.

Grameds, sekian artikel cara menghilangkan komedo putih. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi Anda. Bagi Grameds yang ingin mempelajari lebih lanjut terkait perawatan kulit, Anda bisa belajar dengan membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Yuk dapatkan bukunya sekarang!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gabriel

Rujukan:

  • https://health.kompas.com/read/2022/08/09/183100168/11-cara-menghilangkan-komedo-putih-secara-alami-dan-skincare-tepat?amp=1&page=2&jxconn=1*wjq54r*other_jxampid*SXo4N0VqRDlERVRCaUFHbE43bG10MVBPNGxjZzhNWHFsa1pwS3B1TzhETUE0aUM5WlV2Yk8xa1RiMnhlcHhobA..
  • https://www.alodokter.com/komedo-putih&ved=2ahUKEwi-j6ioyrj9AhUtZWwGHQiYBTIQFnoECBwQAQ&usg=AOvVaw3HRIsvGo1kXnaA__jfeOZq
  • https://www.sehatq.com/artikel/ingin-tahu-penyebab-pori-pori-besar-berikut-biang-keladinya
  • https://www.senka.id/senka-stories/cara-mengecilkan-pori-pori-wajah

Rekomendasi Buku-Buku Terkait

Skincare 101

Cantik dengan bermodalkan penggunaan kosmetik tak lagi menjadi andalan. Cantik juga tak lagi identik dengan mahal dan rumit. Melalui perawatan sederhana yang tepat, Anda bisa mendapatkan kecantikan yang sesungguhnya, yakni kulit yang bersih, sehat, dan bercahaya. Tak memandang apapun jenis kulit Anda, selalu ada solusi bagi setiap permasalahan.

Dalam buku Skincare 101 ini, Anda bisa menemukan tahapan lengkap perawatan kulit sesuai jenisnya, ramuan alami untuk kulit yang dapat dibuat sendiri di rumah, rangkaian perawatan anti aging, rekomendasi makanan sumber nutrisi bagi kulit, daftar kandungan dalam kosmetik beserta skala urutannya, dan cara memilih klinik kecantikan yang sesuai.

All About Skincare

Buku All About Skincare akan memaparkan segala informasi yang ingin Anda ketahui mengenai skincare. Mulai dari mengenal jenis kulit wajah Anda, mengenal kandungan-kandungan yang ada dalam produk perawatan kulit, termasuk bahan-bahan yang harus dihindari, rekomendasi makanan yang bisa memberi nutrisi bagi kulit Anda, dan cara menggunakan produk-produk skincare dengan tepat sehingga manfaatnya maksimal untuk kulit Anda. Yuk segera dapatkan buku ini dan wujudkan kulit sehat Anda.

Rahasia Perawatan Kulit Wajah

Kulit yang bersih, sehat, dan halus pasti menjadi dambaan semua wanita, termasuk Anda. Kulit yang sehat akan membuat wanita terlihat lebih segar, cantik, bahkan awet muda. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, dibutuhkan perawatan untuk menjaga kesehatan kulit.

Yang menjadi pertanyaan ialah, bagaimana cara merawat kulit dengan benar? Buku ini adalah jawabannya, karena buku ini akan membahas semua rahasia perawatan kulit wajah dengan penjelasan yang sederhana dan mudah dimengerti. Selain itu, buku ini juga dilengkapi informasi tentang daftar zat dan kosmetik yang berbahaya versi BPOM.

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adinda