in

9 Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Cepat

9 Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Cepat – Mempunyai kondisi mulut dan gigi yang bersih dan juga sehat, tentu menjadi impian semua orang. Terlebih untuk orang-orang yang dituntut untuk sering berbicara di depan umum. Pasalnya, kesehatan dan kebersihan gigi menjadi salah satu hal yang dapat mempengaruhi penampilan kita loh.

Oleh karena itu, banyak orang yang sekarang ini berusaha untuk mencari cara memutihkan gigi, baik itu secara alami atau secara medis. Perlu diingat bahwa perawatan gigi tidak cukup hanya dengan menggosok gigi dengan sikat dan pasta gigi saja.

Kita juga perlu menghindari berbagai macam kebiasaan buruk yang bisa mengakibatkan kondisi gigi menjadi cepat menguning dan banyak karang gigi. Akan tetapi, jika gigi kamu sudah terlanjur berubah warna, sebaiknya kamu melakukan beberapa cara sederhana yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi secara alami. Kamu bisa melakukan cara ini di rumah saja.

Jika berbicara mengenai cara memutihkan gigi secara alami, terdapat beberapa bahan yang ada di rumah, bisa kamu gunakan untuk itu. Kira-kira bahan apa saja yang dapat digunakan untuk membantu dalam memutihkan gigi secara alami? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. Tapi sebelum mengetahui bahan apa saja yang bisa digunakan, penulis akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai beberapa hal yang bisa menyebabkan gigi dapat berwarna kuning.

A. Beberapa Penyebab Gigi Bisa Berwarna Kuning

Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang dapat membuat gigi menjadi berwarna kuning, mulai dari gaya hidup, faktor usia, dan lainnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang perlu kamu pahami.

tombol beli buku

1. Usia

Seiring dengan bertambahnya usia, warna gigi pun juga sebenarnya akan cenderung semakin berubah warna menjadi kuning. Sebab, lapisan pada enamel gigi yang berwarna putih akan semakin menipis. Sehingga lapisan pada dentin gigi yang berwarna kuning akan semakin terlihat. Hal tersebut akan lebih parah apabila kamu tidak menjaga kebersihan gigi serta mulut dengan baik.

2. Minuman Dan Makanan Tertentu

Teh, kopi, wine, buah citrus, minuman bersoda, dan makanan serta minuman yang tinggi akan gula bisa menyebabkan pudarnya warna alami pada gigi kamu. Adanya kandungan zat warna atau kromogen di dalam makanan dan minuman tersebut bisa menyebabkan noda di bagian lapisan enamel gigi.

Selain itu, tingkat keasaman makanan atau minuman juga bisa mempengaruhi warna pada gigi kamu. Perlu kamu pahami, bahwa gigi mempunyai pori-pori seperti halnya kulit ataupun spons.

Jadi, apapun makanan atau minuman berwarna yang kamu masukkan ke dalam mulut akan terserap ke dalam pori-pori gigi. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa apabila makanan dan minuman tertentu bisa meninggalkan bekas noda sebuah baju, maka hal yang sama juga akan terjadi pada gigi kamu.

3. Merokok

Kebiasaan merokok atau hanya mengunyah tembakau bisa menyebabkan gigi berubah warna menjadi kecoklatan atau bahkan jika sudah parah gigi akan menjadi berwarna kehitaman. Hal tersebut terjadi karena adanya kandungan nikotin dan juga tar yang ada di dalam tembakau. Kandungan tersebut nantinya bisa menempel pada enamel gigi apabila dikonsumsi terlalu sering. Dengan begitu, warna gigi alami kamu akan semakin memudar.

4. Kebersihan Gigi Yang Buruk

Jarang atau tidak pernah sikat gigi, flossing gigi, atau berkumur dengan antiseptik akan menyebabkan penumpukan plak dan juga bisa memunculkan noda pada gigi. Hal tersebut yang menjadi salah satu penyebab gigi kamu mengalami perubahan warna.

5. Penyakit Tertentu

Gigi berlubang atau karies gigi bisa menyebabkan perubahan pada warna gigi. Selain itu, perawatan medis seperti kemoterapi dan juga radiasi kepala atau leher juga bisa menjadi penyebab hal-hal serupa.

6. Obat-obatan

Antibiotik doksisiklin dan juga tetrasiklin diketahui bisa merusak gigi saat diberikan kepada anak-anak yang struktur giginya masih dalam proses perkembangan. Dengan menggunakan obat kumur yang memiliki kandungan klorheksidin dan cetylpyridinium klorida juga dapat meninggalkan noda di gigi. Bahkan, penggunaan obat antipsikotik, obat antihistamin, dan obat untuk tekanan darah tinggi juga dianggap bisa menyebabkan perubahan warna pada gigi.

7. Mengalami Cedera

Kerusakan pada gigi yang diakibatkan oleh cedera tertentu bisa mengganggu pembentukan enamel pada gigi. Terlebih jika hal tersebut terjadi pada anak-anak yang giginya masih dalam proses pertumbuhan.

8. Terlalu Banyak Fluoride

Fluoride memang diperlukan untuk membantu kita dalam mencegah kerusakan gigi. Akan tetapi, jika penggunaannya berlebihan, maka juga tidak baik untuk kesehatan gigi. Penggunaan fluoride yang terlalu berlebihan baik secara alami atau dari pasta gigi, obat kumur, atau gel fluoride, maka akan menyebabkan perubahan warna di gigi kamu.

B. Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Warna gigi yang sudah terlanjur menguning memang akan sangat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir lagi. Sebab, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memutihkan gigi kembali secara alami tanpa perlu ke klinik gigi dan mengeluarkan biaya yang mahal. Berikut ini adalah beberapa cara memutihkan gigi dengan mudah di rumah saja.

1. Menjaga Kebersihan Gigi Dan Mulut

tombol beli buku

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat gigi menjadi putih kembali secara alami adalah dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik. Salah satu caranya yaitu dengan menyikat gigi secara rutin, minimal dua kali dalam sehari.

Hal tersebut bisa membantu kamu dalam mencegah dan mengurangi penumpukan noda yang bisa menyebabkan gigi terlihat lebih kuning. Setelah menyikat gigi, selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan sisa makanan yang masih tertinggal di sela-sela gigi menggunakan benang gigi. Apabila diperlukan, gunakan mouthwash untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

2. Membersihkan Gigi Menggunakan Baking Soda

Membersihkan gigi menggunakan pasta yang dibuat dari baking soda sudah lama dipercaya bermanfaat untuk memutihkan gigi secara alami. Oleh sebab itu, tak sedikit produk pasta gigi yang menambahkan kandungan baking soda sebagai salah satu bahan utamanya.

Selain bisa dengan membeli produk pasta gigi yang memiliki kandungan baking sodanya, kamu juga bisa membuat racikannya sendiri di rumah. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan dua sendok teh air. Kemudian racikan tersebut sudah bisa kamu gunakan untuk membersihkan gigi.

Baking soda dipercaya memiliki khasiat sebagai pemutih alami. Sehingga kerap dijadikan sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi. Bahan kue ini mempunyai sifat abrasif ringan yaitu bisa membantu dalam menghilangkan noda yang ada di permukaan gigi.

Tak hanya itu, baking soda juga bisa membuat lingkungan basa di mulut. Dimana hal tersebut dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Akan tetapi, cara memutihkan gigi dengan baking soda membutuhkan proses dan tidak akan langsung terlihat hasilnya dalam sekali pakai.

Tapi perlu kamu pahami bahwa sampai sekarang, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa menyikat atau menggosok gigi menggunakan baking soda bisa membuat gigi semakin putih.

Akan tetapi, ada sebuah studi yang diunggah di The Journal of Clinical Dentistry, dimana studi tersebut menemukan bahwa pasta gigi yang memiliki kandungan baking soda secara signifikan lebih efektif untuk menghilangkan warna kuning pada gigi dibandingkan dengan pasta gigi yang tidak memiliki kandungan baking soda.

3. Mengonsumsi Buah Yang Mengandung Asam Malat

Asam malat adalah salah satu zat alami yang ada di dalam buah yang dianggap mampu memutihkan dan mengurangi noda di gigi. Untuk mendapatkan manfaat dari asam malat ini, kamu bisa mengonsumsi jenis buah seperti semangka, apel, atau stroberi.

Selain mengonsumsi buah yang memiliki kandungan asam malat. Kamu juga bisa mencoba buah jeruk, nanas, dan juga pepaya yang juga dinilai bisa membantu dalam memutihkan gigi secara alami.

4. Buah Stroberi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa buah stroberi adalah salah satu buah yang bisa membantu dalam memutihkan gigi. Dari sebuah penelitian yang sudah dipublikasikan di jurnal Operative Dentistry mengungkapkan bahwa kandungan asam malat, astringent, dan vitamin C yang ada di dalam buah stroberi bisa membantu dalam mengembalikan warna putih gigi sekaligus bisa menghilangkan plak yang mengganggu kesehatan gigi.

Cara untuk menggunakan buah stroberi untuk memutihkan gigi cukup mudah. Kamu hanya perlu melumatkan buah stroberi dan pakai sebagai pasta gigi saat kamu membersihkan gigi. Lakukan cara tersebut minimal dia kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

5. Berkumur Dengan Minyak Nabati

Dengan berkumur menggunakan minyak nabati, seperti minyak kelapa, bisa menjadi salah satu pilihan untuk kamu yang ingin membuat warna gigi menjadi lebih putih. Pasalnya, minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat yang bisa mengurangi peradangan pada mulut dan bisa membunuh bakteri yang menyebabkan penumpukan plak dan juga kerusakan pada gigi.

Apabila kamu tertarik untuk mencoba cara ini, kamu bisa berkumur dengan minyak nabati atau melakukan oil pulling dengan menggunakan 1 sendok makan minyak kelapa selama 15 hingga 20 menit setiap harinya. Akan tetapi, kamu tetap harus hati-hati supaya minyak kelapa tidak tertelan. Setelah selesai berkumur, buanglah minyak kelapa dan bersihkan mulut kamu dengan menggunakan sikat gigi seperti biasanya.

Selain dengan cara berkumur dengan minyak kelapa, kamu juga bisa mengoleskan minyak kelapa di permukaan gigi secara merata. Kemudian diamkan selama 20 menit dan bersihkan mulut dengan cara berkumur. Cara tersebut juga bisa membantu dalam memutihkan gigi secara alami.

6. Bubuk Kunyit

Kunyit memang bisa menimbulkan noda yang membandel pada baju atau pakaian lain, tapi tidak pada gigi. Justru bahan alami yang satu ini bisa menghilangkan noda yang ada pada gigi sekaligus mencerahkan warna gigi secara alami.

Caranya yaitu dengan membasahi sikat gigi dan taburkan bubuk kunyit di permukaan sikat gigi. Kemudian sikat gigi kamu menggunakan ramuan tersebut seperti biasa.

Setelah itu diamkan sampai lima menit dan bersihkan mulut dengan cara berkumur. Selanjutnya, sikatlah gigi menggunakan pasta gigi seperti biasa. Melakukan cara tersebut secara rutin supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Menggunakan Arang Aktif

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan gigi adalah dengan menggunakan arang. Jadi, ternyata arang aktif atau activated charcoal mempunyai pori-pori yang berdaya serap tinggi.

Kemampuannya tersebut bisa mengikat zat yang bisa membuat gigi berubah menjadi lebih putih. Selain itu, bahan tersebut juga sangat baik untuk menjaga kadar keasaman pada mulut dan membantu dalam mencegah karang gigi. Cara penggunaannya yaitu dengan menggunakan arang aktif dengan menaburkannya ke atas sikat gigi atau campurkan dengan air untuk berkumur.

8. Menggunakan Daun Sirih

tombol beli buku

Daun sirih adalah salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan gigi secara alami. Ada berbagai macam manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengunyah daun sirih. Salah satunya yaitu untuk mencegah bau mulut dan menjaga kesehatan gigi dan juga gusi.

Cara penggunaannya yaitu dengan memakai 2 atau 3 daun dan gosokkan dengan lembut ke permukaan gigi. Daun sirih merupakan antiseptik alami yang dapat membantu dalam membersihkan gigi dan bahkan bisa mengangkat kotoran yang membandel. Tak hanya itu, daun sirih juga bisa menjaga kesegaran napasmu setiap hari.

9. Berhenti Merokok

Tembakau yang ada di dalam rokok adalah salah satu hal yang bisa menyebabkan noda pada gigi dan sulit untuk dibersihkan. Dalam jangka waktu yang panjang, rokok bisa menyebabkan masalah kesehatan pada mulut, seperti kanker mulut ataupun radang gusi dan penyakit mulut lain.

Tak hanya bisa memutihkan gigi secara perlahan, berhenti merokok juga bisa membantu tubuh kamu menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam risiko penyakit lain.

Selain berhenti merokok, kamu juga sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi minuman dan makanan yang bisa merubah warna gigi. Seperti halnya kopi, teh, minuman bersoda, dan lainnya. Apabila memungkinkan, gunakan sedotan saat menimunga atau langsung sikat gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman tersebut.

C. Hal-hal yang Harus Diperhatikan Untuk Memutihkan Gigi Secara Alami

Selain menggunakan cara alami untuk membuat gigi menjadi lebih putih. Terdapat beberapa cara lain yang dapat kamu lakukan sebagai langkah untuk menjaga kebersihan gigi secara rutin. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

tombol beli buku

1. Sikat gigi menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride sebanyak dua kali dalam sehari. Fluoride bisa membantu dalam proses remineralisasi gigi. Sehingga akan membantu penampilan gigi menjadi lebih cerah dan juga dapat mencegah gigi berlubang.

2. Memilih produk perawatan gigi yang dibuat khusus untuk memutihkan gigi. Seperti pasta gigi pemutih ataupun obat kumur yang mengandung hidrogen peroksida yang dapat mempercepat proses pemutihan gigi melalui proses oksidasi.

3. Kurangi minuman yang berwarna gelap seperti kopi, teh, atau minuman bersoda.

4. Kurangi konsumsi makanan yang tinggi akan gula yang bisa memicu tumbuhnya bakteri Streptococcus mutans yang dapat menyebabkan timbulnya plak dan juga radang gusi.

5. Rutin konsumsi buah dan sayuran untuk membantu mengurangi plak gigi. Kemudian konsumsi makanan yang tinggi kalsium, seperti brokoli, susu, keju dan lainnya yang bisa melindungi gigi dari erosi gigi.

6. Kurangi rokok atau produk tembakau

7. Rutin periksa gigi ke dokter gigi minimal enam bulan sekali.

Berbagai cara memutihkan gigi secara alami memang sudah terbukti melalui berbagai penelitian bisa mengurangi plak dan noda pada gigi. Akan tetapi, tingkat efektivitas setelah menggunakan cara tersebut mungkin tidak selalu sesuai dengan harapan kamu.

Oleh karena itu. American Dental Association menyarankan untuk melakukan prosedur memutihkan gigi melalui perawatan dokter gigi, seperti halnya veneer ataupun dengan bonding, setrip pemutih dan pasta gigi pemutih sesuai dengan resep dokter.

Rekomendasi Buku & Artikel

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Emka Umam