in

Arti Mawar Hitam serta Filosofinya yang Jauh dari Kata Romantis

(Nenesita1/Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported).

Arti Mawar Hitam – Bicara tentang bunga, pastinya banyak sekali jenisnya yang indah dan wangi. Namun, perlu diketahui bahwa beberapa bunga juga memiliki makna. Tidak hanya dari jenisnya saja, tetapi makna dari suatu bunga juga dapat dilihat dari warnanya. Makna dari suatu bunga ada yang bermakna baik dan ada juga yang bermakna kurang baik.

Kalian mungkin jarang menemui bunga mawar yang bewarna hitam dalam kehidupan sehari-hari. Warna hitam di sisi lain sering kali dikaitkan dengan kedukaan. Namun, bunga mawar hitam tidak hanya memiliki makna kedukaan saja.

Apakah kalian mau tahu tentang arti dan fakta bunga mawar hitam? Silakan simak uraian di bawah ini hingga selesai.

Arti Mawar Hitam

Arti Mawar Hitam
(KPFC/Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International).

Bunga mawar hitam tidak selalu melambangkan kedukaan, walaupun mempunyai warna hitam. Bunga tersebut memiliki makna sebagai penyampai pesan yang penuh arti dan sangat mendalam. Bunga tersebut memiliki simbol sebagai berikut.

1. Simbol untuk Kehidupan Baru yang Lebih Baik

Bunga mawar hitam melambangkan suatu harapan seseorang supaya dapat menghapuskan kedukaan yang sedang dirasakannya dan lekas membuat lembaran terbaru kehidupannya yang penuh dengan pengharapan. Selain itu, bunga tersebut juga memberikan isyarat bahwa suatu kesedihan dan kesusahan yang sedang dialami tidak akan terus berlanjut, dikarenakan akan lekas selesai dan digantikan dengan sesuatu yang semakin cerah.

Kalian dapat memberikan bunga ini kepada orang lain yang dikasihi maupun seseorang yang sedang mengalami kebingungan akibat kesedihan yang dialaminya. Bunga itu dapat kamu berikan kepadanya dan menjadi doa agar dia bisa menjalani kehidupannya dengan lebih baik lagi.

Selain diberikan sebagai hadiah kepada orang lain, kamu juga bisa menghadiahkan mawar hitam kepada dirimu sendiri. Mawar hitam juga memiliki arti terlahir kembali. Mawar hitam memberi pesan jika kamu bisa mengakhiri kebiasaan buruk yang ada di dalam diri dengan cara menggantikan kebiasaan yang lebih baik lagi. Harapannya, kehidupan yang sedang kamu jalani menjadi lebih baik lagi.

2. Lambang Kesetiaan

Warna menawan bunga mawar hitam adalah daya tarik utamanya agar seseorang dapat memilikinya. Selain penampilannya yang khas, setangkai bunga mawar hitam menjadi alasan penguat bagi seseorang agar memilikinya. Mawar hitam menyampaikan pesan kesetiaan. Warnanya yang hitam akan terus bertahan, meskipun dibaurkan dengan ragam wana yang lain. Hal itulah yang menjadi dasar makna dari mawar hitam sebagai perlambang rasa setia.

Namun, makna dari bunga mawar hitam ini belum bisa dipatenkan. Beragam arti dan makna dimiliki oleh bunga tersebut. Selain melambangkan perasaaan cinta, bunga ini juga sering dikaitkan dengan kedukaan dan makna lainnya.

3. Berkabung dan Perpisahan

Warna hitam sejak lama sering kali disandingkan dengan kematian dan juga perasaan berkabung atau kepiluan di dalam diri. Begitu juga dengan mawar hitam, jenis mawar ini sering kali diartikan sebagai bunga kematian dan melambangkan perasaan berkabung yang dirasakan karena kepergian seseorang. Bunga mawar hitam terkadang juga dijadikan simbol perpisahan.

4. Tragedi Percintaan

Memberikan bunga mawar hitam dalam hubungan percintaan merupakan penanda selesainya relasi yang telah dijalin. Bunga mawar tersebut berhubungan dengan alur percintaan yang tragis. Oleh karena itu, kalian wajib hati-hati jika memberikannya kepada seseorang yang terkasih.

5. Dendam dan Kebencian

Penerimaan bunga mawar hitam juga dihubungkan dengan suatu perasaan benci dan dendam terpendam. Namun demikian, isyarat tersebut tidak dapat diisyaratkan secara penuh.

6. Keberanian dan Perlawanan

Makna lain dari bunga mawar hitam adalah keberanian, perlawanan, dan kekuatan. Arti ini sudah dipegang sejak lama oleh bangsa Irlandia. Mawar hitam dijadikan simbol kegigihan dan keberanian bangsa Irlandia ketika melawan Inggris.

Keunikan dari mawar hitam tidak berhenti hanya di tampilannya saja, makna dan arti dari bunga juga belum bisa ditafsirkan dengan jelas. Banyak makna yang terkandung di dalamnya, tergantung niatan dari si pengirim dan momen dalam pengirimannya. Sebaiknya, kiriman buket mawar hitam dilengkapi dengan catatan yang menjelaskan niat dari si pengirim agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Fakta Bunga Mawar Hitam

Arti Mawar Hitam
(Nenesita1/Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported).

Mayoritas masyarakat berpendapat jika bunga ini merupakan suatu mitos dan tidak dapat dijumpai eksistensinya. Beberapa fakta dari jenis mawar ini berikut harus kamu ketahui.

1. Bunga yang Asli Berwarna Merah Gelap

Bunga mawar yang dikelompokkan sebagai mawar hitam tidak mempunyai warna hitam yang asli. Mawar jenis ini tumbuh dengan warna asli, yaitu warna sangat gelap seperti merah marun, merah tua, dan ungu. Hal itu disebabkan tidak adanya ragam gen yang cocok dengan genom spesies mawar dengan warna asli hitam pekat.

2. Bunga Asli dari Halfeti, Turki

Banyak orang yang beranggapan jika bunga mawar hitam dapat dijumpai di wilayah Haifeti, Turki. Namun, bunga ini kenyataannya hanya memiliki kelopak bunga bewarna gelap dan warnanya mengalami perubahan karena kondisi tanah tempat bunga ini hidup, sehingga berubah menjadi warna yang lebih gelap.

3. Hidup Hanya pada Dua Musim

Bunga mawar hitam hanya bisa hidup pada dua musim, yaitu musim semi dan musim panas, sedangkan bunga ini akan layu dan mati pada musim dingin dan gugur.

4. Tidak Memiliki Makna yang Pasti

Bunga mawar hitam tidak mempunyai arti dan makna yang bisa dipatenkan. Beragam tafsir disampaikan terhadap jenis mawar ini. Pemaknaannya tergantung dari pesan dan momen pemberian bunga mawar tersebut.

Bunga mawar hitam tidak dapat ditemukan di dalam kehidupan yang konkret. Hal ini dikarenakan tidak ditemukannya jenis gen tertentu yang mampu menghasilkan bunga mawar bewarna hitam pekat. Namun, kamu tetap bisa menemui bunga mawar bewarna gelap di kehidupan nyata, seperti Black Baccara Rose, Midnight Blue Rose, dan Black Jade Rose.

Wilayah yang dipercaya sebagai tempat tumbuh bunga tersebut adalah Haifeti, Turki. Namun demikian, jenis mawar yang dijumpai merupakan bunga mawar yang memiliki kelopak berwarna pekat dan tidak benar-benar gelap seperti yang ramai diperbincangkan.

Faktanya, tiada ragam bunga mawar yang memiliki warna hitam gelap. Bunga mawar di Halfeti, Turki memiliki kelopak yang bewarna lebih gelap dikarenakan kandungan unsur hara yang terdapat di tanahnya, sehingga merubah warna kelopaknya menjadi lebih gelap.

Cara Membuat Bunga Mawar Hitam

Bagi kamu pencinta bunga mawar, jenis bunga ini dapat kalian temui dengan melakukan beberapa usaha, walaupun tidak bisa ditemui secara alami dalam kehidupan sehari-hari. Cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat bunga mawar hitam, yaitu:

1. Penggunaan Cat Semprot Khusus

Alternatif pertama untuk menghasilkan bunga mawar bewarna hitam adalah menggunakan cat semprot khusus. Kamu bisa menyemprotkan cat tersebut kepada bunga mawar biasa setelah catnya mengering, Kamu akan memiliki bunga mawar hitam. Cara tersebut dianggap paling gampang dikarenakan hanya memerlukan dua bahan yang dapat ditemukan dengan usaha yang relatif sedikit.

2. Merendamnya ke dalam Air

Piranti yang harus kalian siapkan untuk membuat bunga mawar hitam dengan cara kedua ini adalah vas bunga yang telah diisi air. Caranya adalah dengan memasukkan bunga mawar ke dalam vas yang berisi air. Selanjutnya, kamu harus menunggu semalaman dan keesokan harinya kamu akan mendapati kelopak bunga berubah warna menjadi lebih gelap, walaupun tidak sepenuhnya berubah warna menjadi hitam.

3. Penggunaan Cairan Pewarna Khusus

Cara menggunakan cairan pewarna khusus sering kali dilakukan oleh para florist. Cara ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan bunga mawar yang diinginkan. Jika ingin menghasilkan bunga mawar hitam dengan cara ini, kamu harus mempersiapkan cairan pewarna khusus.

Cairan ini digunakan untuk menyiram bunga mawar yang sedang tumbuh. Jika disiram secara rutin dengan cairan pewarna khusus ini, bunga mawar yang tumbuh akan memiliki warna kelopak yang lebih gelap.

Kamu masih bisa menikmati keindahan dari bunga mawar hitam, walaupun tidak bisa ditemukan secara alami di dunia nyata. Bunga mawar dengan warna elegan ini bisa dijadikan hadiah istimewa untuk orang terkasih.

Kamu juga harus menyelipkan surat yang berisi pesan yang ingin disampaikan agar tidak terjadi kesalahan penafsiran. Hal ini dikarenakan makna dari bunga mawar ini belum bisa digeneralkan dan dipatenkan.

Itulah artikel terkait arti mawar hitam yang bisa kalian gunakan sebagai referensi. Jika ada saran, pertanyaan, dan kritik, silakan tulis di kotak komentar bawah ini. Bagikan juga tulisan ini di akun media sosial supaya teman-teman kalian juga bisa mendapatkan manfaat yang sama.

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi, Grameds juga bisa membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan dan pengetahuan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Semoga bermanfaat!

Rekomendasi Buku dan E-Book Terkait

1. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Selama beberapa tahun belakangan, Mark Manson—melalui blognya yang sangat populer—telah membantu mengoreksi harapan-harapan delusional kita, baik mengenai diri kita sendiri maupun dunia. Kini, dia menuangkan buah pikirannya yang keren itu di dalam buku hebat ini.

Kita hanya memiliki kepedulian dengan jumlah yang terbatas dalam hidup ini. Oleh karena itu, kalian harus bijaksana dalam menentukan kepedulian”. Manson menciptakan momen perbincangan yang serius dan mendalam, dibungkus dengan cerita-cerita yang menghibur dan “kekinian”, serta humor yang cadas. Buku ini merupakan tamparan di wajah yang menyegarkan untuk kita semua, supaya kita bisa mulai menjalani kehidupan yang lebih memuaskan dan apa adanya.

2. Di Tepi Sungai Piedra Aku Duduk dan Menangis

Cinta adalah perangkap. Ketika ia muncul, Nita hanya melihat cahayanya, bukan sisi gelapnya“.

Begitulah yang semula dipercaya Pilar. Namun, apa yang terjadi ketika dia bertemu kembali dengan kekasihnya setelah 11 terpisah? Waktu menjadikan Pilar wanita yang tegar dan mandiri, sedangkan cinta pertamanya menjelma menjadi pemimpin spiritual yang tampan dan karismatik. Pilar telah belajar mengendalikan perasaan-perasaannya dengan sangat baik, sedangkan kekasihnya memilih religi sebagai pelarian bagi konflik-konflik batinnya.

Kini, mereka bertemu kembali dan memutuskan melakukan perjalanan bersama-sama. Perjalanan itu tidak mudah, sebab dipenuhi sikap menyalahkan dan penolakan yang muncul kembali setelah lebih dari 10 tahun terkubur dalam-dalam di hati mereka. Akhirnya, di tepi Sungai Piedra, cinta mereka sekali lagi dihadapkan kepada pertanyaan-pertanyaan terpenting yang bisa disodorkan kehidupan.

3. Srimenanti

Arti Mawar Hitam

Saya pernah ditanya wartawan, “Lukisanmu termasuk aliran apa?” Saya malas dan tidak tertarik menjawab pertanyaan semacam itu. Saya tidak tertarik kepada label. Hari-hari ini, kegemaran bermain label kembali merajalela dan banyak orang lupa atau tidak menyadari bahayanya. Diam-diam saya jeri menanggung beban yang diakibatkan oleh permainan label dan stigma. Namun, bagaimanapun saya mencintai hidup ini. Pada saat-saat rentan hati, ingin rasanya saya pergi mengasingkan diri. Pergi jauh ke sebuah pelukan dan berlabuh di bahu seseorang, tetapi pelukan siapa, bahu siapa?

Tentang Penulis

Joko Pinurbo (lahir 11 Mei 1962) adalah seorang penyair Indonesia. Puisinya adalah campuran narasi, ironi, dan refleksi diri. Dia berasal dari keluarga seorang guru SD. Dia lulus dari Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Sanata Dharma Yogyakarta pada 1987. Dia kemudian mengajar di almamaternya sambil membantu majalah budaya Basis. Dia pernah menjadi editor Base, Slot, dan Sadhar terbitan Universitas Sanata Dharma. Selain itu, dia juga bekerja di PT Grasindo Yogyakarta.

Saat ini, dia bekerja sebagai editor Scholastic Script Bank sambil menjadi sukarelawan di beberapa institusi swasta dan membantu jurnal Poetry. Karyanya dimuat di berbagai surat kabar, majalah, jurnal, antologi dan buku. Kumpulan puisinya Celana (1999) dan Di Bawah Kibaran Sarung (2001).

Pada 2001, dia memenangkan Penghargaan Buku Terbaik Dewan Kesenian Jakarta, Hadiah Sastra Lontar, dan Penghargaan Sih (Penghargaan Puisi Terbaik Jurnal Puisi). Dia juga terpilih sebagai tokoh sastra di majalah Tempo. Dia sering tampil dalam diskusi dan pembacaan puisi di berbagai tempat dan forum, antara lain Festival Puisi Transnasional di Jakarta (2001), Festival Sastra Winternachten di Belanda (2002), dan Festival Puisi Internasional di Solo (2002).

4. Rasuk

Arti Mawar Hitam

Novel Rasuk adalah novel karya Risa Saraswati yang bercerita tentang Langgir Janaka. Langgir Janaka adalah gadis cantik yang mengalami kesepian dalam gelap. Dia tetap merasa tidak nyaman, meskipun memiliki sahabat-sahabat yang setia. Langgir sering kali berbeda pendapat dengan ibunya, lalu menyebabkannya sampai bertengkar dengan sang ibu. Langgir beranggapan jika ibunya tidak lagi menyayanginya karena telah memiliki pasangan baru dan memiliki seorang bayi.

Ketidaknyamanan Langgir berdampak buruk kepada kisah Langgir dengan sahabat-sahabatnya yaitu, Lintang Kasih, Sekar Tanjung, dan Francisca Inggrid. Menurut kacamata Langgir, ketiga sahabatnya adalah sosok yang sempurna dan memiliki kehidupan yang sempurna juga. Hal tersebut membuat dirinya iri dengan kehidupan ketiga sahabatnya. Dalam posisi tersebut, Langgir masih memiliki seorang sahabat bernama Abimanyu. Abi selalu menjadi tempat curahan hati Langgir dan membuat dirinya merasa nyaman. Keduanya pun mulai mencari tempat untuk bisa berduaan karena merasa dekat.

Mereka pergi berlibur menuju sebuah vila di Karma Rinjani. Sesampainya di vila, Langgir menemukan Inggrid, ternyata Abi juga mengajaknya. Hal tersebut menggagalkan rencana Langgir yang ingin berduaan dengan Abi.

Sejak saat itulah, Langgir menjadi marah. Untuk meluapkan kekesalannya, Langgir melakukan hal yang berbahaya. Hal yang bisa membahayakan nyawa banyak orang, termasuk orang-orang yang dicintainya. Apa yang dilakukan Langgir hingga bisa membahayakan nyawanya dan nyawa orang lain? Mampukah teman-temannya menyelamatkan Langgir?

Novel ini direkomendasikan untuk pembaca yang menyukai genre horor.

Sinopsis Buku

Semenjak kepergian sang ayah, Langgir Janaka, gadis remaja yang sering merasa kesepian dan merasa tidak ada satu hal pun dalam hidupnya berjalan dengan baik. Hari-harinya dipenuhi kutukan bagi nasib buruk. Kalimat “Tuhan tidak adil” seolah-olah menjadi mantra dalam batinnya.

Langgir iri dan ingin kisahnya lebih seperti para sahabatnya: Sekar Tanjung, seorang anak pungut yang dilimpahi kasih sayang keluarga angkatnya; Lintang Kasih, seorang anak yang memiliki orang tua kaya dan sering bepergian ke luar negeri; dan Fransisca Inggrid, perempuan cantik yang selalu menemukan kemudahan dalam hidupnya.

Namun, bagaimana jika keinginan itu menjadi nyata? Rohnya merasuk ke dalam tubuh orang lain. Menjalani hidup sebagai orang lain, lalu menelan suka duka yang bukan miliknya, sedangkan raganya sendiri tersembunyi entah di mana. Kini, Langgir sadar harga yang dibayar untuk keinginan itu… Terlalu besar!

Hidup ini begitu semrawut, hingga sering kali aku mengutuk-Nya! Mungkin Kau bosan mendengar hati ini menjerit dan memaki. Mereka bilang Kau mendengar semua keluh umat-Mu, betul begitu? Lantas, dari sekian banyak garis hidup manusia yang Kau gambar, mengapa harus hidupku yang kau gores berliku?

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Veronika N

Ketika bicara tentang hubungan, pastinya akan selalu menarik untuk dibahas. Saya pun juga senang membuat tulisan dengan tema relationship.