in

Apa itu Serum? Manfaat serta Cara Memakainya

Apa itu Serum? – Selayaknya seperti tubuh, wajah juga memerlukan asupan nutrisi yang bisa dipenuhi dengan makanan serta dalam perawatan kulit wajah. Salah satu yang perlu dipertimbangkan untuk masuk ke dalam sebuah perawatan ialah serum wajah. 

 

Apa itu Serum Wajah?

Serum wajah merupakan sebuah cairan yang bertekstur ringan dan pada umumnya tidak mengandung minyak, yang dapat diserap oleh kulit. Serum hadir dalam berbagai bentuk krim, gel, dan juga bahkan dibuat dengan konsistensi yang mirip seperti air.

Fungsi sebuah serum wajah dianggap efektif untuk menyelesaikan masalah kulit tertentu, seperti, bintik, kerutan, kulit kering, dan juga noda hitam pada wajah, serta jerawat.

Pada sebotol serum, biasanya banyak mengandung bahan aktif, seperti zat anti penuaan, peptida, antioksidan, asam kojic (pencerah kulit), asam glikolat, hyaluronic acid, dan berbagai vitamin seperti vitamin A, C, dan E.

Serum wajah tidak memuat bahan-bahan pelembab oklusif atau kedap udara, seperti petrolatum ataupun minyak mineral yang melindungi air dari penguapan.

Serum pun juga terdapat kandungan agen pelumas dan pengental, seperti kacang atau minyak biji-bijian, yang lebih sedikit dibanding pelembab wajah biasa lainnya, serum pada umumnya bertekstur lebih ringan sehingga mudah diserap oleh kulit. Kita pun masih bisa menggunakan produk perawatan kulit lain untuk melapisinya.

Cairan serum ini dianggap lebih efektif dibandingkan pelembab atau pun krim wajah karena mengandung konsentrat bahan aktif yang lebih tinggi. Selain itu juga, serum memiliki kumpulan molekul bahan aktif yang lebih kecil dibanding produk perawatan kulit wajah lainnya.

Ukuran pada bahan aktif yang kecil tersebut membuat serum menjadi lebih mudah serta cepat masuk ke pori-pori pada wajah. Sehingga, tak heran apabila sebotol kecil serum memiliki harga terbilang lebih mahal dibandingkan pelembab wajah.

 

Apa bedanya serum dengan pelembab biasa?

Kita mungkin menyadari bahwa satu botol serum memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari sebuah pelembab wajah biasa. Zat-zat aktif didalamnya memiliki peran besar dalam menentukan perbedaan ukuran pada sebuah serum wajah dengan pelembab wajah umumnya.

Bahan-bahan aktif yang termuat dalam botol kecil serum lebih banyak dan sangat terkonsentrasi dibanding kandungan bahan aktif pada pelembab. Hal ini karena serum tidak ditambahkan bahan-bahan ‘berat’ yang sering ditambahkan di dalam pelembab.

Serum wajah yang memiliki kualitas bagus hanya terkandung bahan-bahan inti yang diperlukan. Produk ini tidak mengandung bahan-bahan pelembab oklusif alias kedap udara, misalnya petrolatum ataupun minyak mineral yang melindungi kandungan air dari penguapan.

Sebotol serum juga mengandung lebih sedikit pelumas dan pengental, seperti kacang atau minyak biji-bijian. Dikarenakan konsentrasinya yang tinggi, ini juga menjadi sebuah alasan mengapa harga sebotol serum tergolong diatas harga sebuah pelembab wajah pada umumnya.

Dibandingkan pelembab, sebagian besar produk serum wajah juga berbahan dasar air. Hal ini untuk menghilangkan unsur minyak sama sekali yang bisa menyumbat pori-pori dan juga menjadi penyebab pada jerawat sejumlah orang.

 

Kamu bisa mempelajari tentang Perawatan Kecantikan Kulit
karya WINDIYATI, S.PD, Windiyati, S.Pd

Perawatan Kecantikan Kulit
Perawatan Kecantikan Kulit

 

 

Tips memilih serum wajah terbaik

Serum dan juga pelembab membantu kulit dengan cara berbeda. Ada juga yang cukup dengan menggunakan serum untuk menyediakan nutrisi, sedangkan yang lainnya memerlukan pertolongan pada serum serta pelembab sekaligus.

Dibawah ini adalah macam macam kebutuhan serum untuk masing-masing tipe kulit wajah.

1. Kulit berminyak

Bagi kulit berminyak, serum wajah ini dapat menyediakan segala isi kebaikannya demi kulit sehat tanpa kandungan minyak yang umum ditemukan di pelembab wajah. Sehingga pada artinya pemakaian serum bisa memberikan kelembaban yang cukup tanpa perlu menambahkan pelembab lagi.

Dengan memakai serum, juga bisa memfokuskan merawat secara spesifik untuk area yang bermasalah diantaranya melakukan eksfoliasi pada wajah, akibat noda hitam, serta mengatasi masalah kulit umum lain tanpa perlu mencemaskan kelebihan minyak.

Serum yang terbaik untuk tipe kulit berminyak sebaiknya memuat setidaknya satu di antara bahan  aktif umum, seperti hyaluronic acid, vitamin C, gliserin, salicylic acid, niacinamide, dan asam laktat.

2. Kulit kering dan sensitif

Serum juga memiliki fungsi penting dalam melembabkan kulit, maka cara pemakaiannya pun diperlukan untuk orang dengan kulit wajah kering dan juga sensitif. Namun, untuk pemilik jenis kulit ini perlunya menunggu 15 menit setelah mencuci muka, sebelum memakai serum.

Hal ini bertujuan untuk serum tidak terlalu cepat masuk ke dalam kulit sehingga menghindari dari iritasi. Orang-orang dengan kondisi kulit eksim dan rosacea pun perlu berdiskusi dengan dokter sebelum menggunakan produk ini karena konsentrasi zat aktif yang tinggi mungkin juga dapat memperparah kondisi pada kulit.

Pemilik kulit kering dan juga sensitif perlu lebih hati-hati dalam memilih komposisi pada serum. Umumnya, bahan-bahan aktif yang disarankan adalah niacinamide, gliserin, panthenol, hyaluronic acid, dan minyak atau ekstrak tumbuhan.

3. Kulit normal dan kombinasi

Jika kondisi kulit baik-baik saja jika hanya dengan memakai pelembab biasa, kita tak perlu memaksakan untuk menggunakan serum. Meskipun bukan berarti yang berkulit normal ataupun kombinasi yang tidak bisa ataupun tidak boleh menggunakan serum.

Bagi para pemilik kulit kombinasi, penggunaan serum dapat memberikan kelembaban wajah yang paling berminyak di sekitar dahi, hidung, dan dagu. Serum juga bisa mengatasi masalah kulit pada kulit normal sekalipun.

Serum wajah yang bagus untuk kulit normal dan kombinasi sebenarnya sama dengan serum untuk kulit berminyak. Namun, mungkin harus mencoba beberapa produk sebelum menemukan yang paling cocok untuk kulit kita.

4. Kulit yang mengalami penuaan

Hampir pada setiap orang bisa mengambil manfaat dari serum, termasuk mereka yang mengalami penuaan pada kulit. Hanya butuh mencari jenis serum yang sesuai dengan kondisi pada kulit.

Jika memiliki masalah kulit yang ingin diperbaiki, seperti noda hitam yang di akibatkan penuaan dini, atau keriput dan garis halus, dengan menambahkan serum pada ritual kecantikan harian dapat membantu meningkatkan penampilan kulit.

Carilah serum yang bisa memberikan manfaat dari pada kandungan kolagen, ceramide, dan niacinamide, retinol. Kita juga bisa mencari serum yang banyak kandungan asam berupa asam laktat, asam glikolat, dan hyaluronic acid.

 

Kamu bisa mempelajari tentang The Little Book of Skin Care, Charlotte Cho dari situs web kecantikan dan gaya hidup
karya Charlotte Cho

The Little Book of Skin Care, Charlotte Cho dari situs web kecantikan dan gaya hidup
The Little Book of Skin Care, Charlotte Cho dari situs web kecantikan dan gaya hidup

 

 

Manfaat Serum Wajah

Hingga saat ini pilihan serum wajah yang tersedia berbagai formula yang bisa membantu mengatasi masalah kulit dan juga merawat kulit, sehingga pada penggunaan serum sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Manfaat pada serum wajah pun akan dapat dirasakan sesuai kandungan ada dalam produk tersebut.

Berikut ini beberapa manfaat serum wajah yang penting untuk diketahui:

1. Melembabkan Kulit Wajah

Manfaat pertama dari serum pada wajah ialah untuk melembabkan kulit. Kandungan pada serum dan viskositas serum yang lebih tipis dan ringan sehingga serum akan mudah menyerap dan efektif melembabkan kulit mencapai 96 persen.

Jika memiliki kulit kering, sebaiknya menggunakan serum yang memiliki kandungan niacinamide, hyaluronic acid, dan juga vitamin E.

Serum wajah dengan kandungan tersebut bisa mengatasi masalah pada kulit wajah kering dan juga efektif melembabkan. Selain itu juga, serum dapat menetralkan kulit wajah kembali agar memiliki kelembaban yang tepat dan tidak terlalu berminyak.

2. Menghilangkan Bintik atau Flek Hitam

Seiring dengan bertambahnya usia, bintik hitam di wajah akan muncul karena sinar ultraviolet (UV). Bintik atau flek hitam pada wajah dapat menyebabkan kulit wajah akan terlihat lebih kusam.

Dilansir dari Healthline, penggunaan serum wajah yang mengandung vitamin E, vitamin C, asam ferulic, dan juga teh hijau, yang dilakukan secara teratur bisa mengurangi flek hitam pada wajah. Selain itu pun juga serum bekerja untuk mencegah dari kerusakan oksidatif dari sinar ultraviolet (UV) pada kulit wajah.

3. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat dari serum wajah selanjutnya adalah bisa mencerahkan kulit. Mungkin juga merasa kulit kusam adalah salah satu masalah pada wajah yang paling banyak dikeluhkan. Namun tak perlu khawatir, serum wajah bisa membantu mengatasi masalah ini.

KIta dapat memilih serum wajah dengan kandungan vitamin C, AHA, niacinamide, dan glycolic acid yang bisa membuat kulit wajah tak lagi terlihat kusam dan lebih cerah.

4. Mengurangi Kerutan dan Tanda Penuaan

Garis halus serta kerutan pada wajah menjadi dua jenis tanda penuaan. Dengan munculnya tampilan garis halus dan juga kerutan ini mungkin akan bisa mengurangi rasa percaya diri. Manfaat pada serum wajah juga bisa bekerja untuk mengurangi ataupun bahkan menunda tanda-tanda penuaan dini.

Sebagai contoh, berdasar penelitian Journal of Cosmetic Dermatology menemukan bahwa adanya peningkatan signifikan terkait pada warna kulit, kecerahan, elastisitas, kelembutan kulit, dan berkurangnya kerutan setelah 50 orang yang berpartisipasi berusia 30 hingga 65 tahun menggunakan serum yang mengandung vitamin C, E, dan juga ekstrak sel kultur daun raspberry.

Selain pada kandungan-kandungan tersebut, KIta juga bisa memilih serum yang mengandung bahan seperti asam ferulat, retinol, glycolic acid dan juga hyaluronic acid untuk mengantisipasi penuaan dini dan juga mengatasi kerutan.

5. Sebagai Antioksidan

Radikal bebas bisa merusak kulit wajah di masa dep,  jika tidak melakukan perawatan yang tepat.

Serum pada wajah yang mengandung bahan seperti vitamin C dan juga vitamin C sangat efektif untuk membantu sebagai antioksidan yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UVA dan UVB.

6. Merawat Kulit Berjerawat

Jika memiliki kulit yang cukup sensitif dan juga mudah berjerawat, maka menggunakan serum adalah menjadi pilihan yang sangat tepat.

Manfaat pada serum wajah salah satunya yaitu bisa menenangkan kulit yang sensitif. Dengan tekstur yang ringan, serum bisa efektif merawat kulit yang sering berjerawat dan berminyak.

Manfaat serum wajah yang mengandung benzoil peroksida, retinol, dan juga asam salisilat bisa membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat berpotensi menimbulkan jerawat.

7. Mengangkat Sel Kulit Mati

Fungsi lainnya dari menggunakan serum wajah adalah bisa membantu mengangkat sel kulit mati atau yang sudah biasa disebut dengan eksfoliasi.

Kandungan AHA dan BHA seperti asam malat dan asam laktat bisa menjadi solusi untuk mengangkat sel kulit mati di wajah. Bahan yang terkandung di dalam serum bisa melapisi kulit wajah agar bisa kembali terasa lebih halus.

 

Cara Memakai Serum Wajah

Selayaknya menggunakan produk perawatan kulit lainnya, cara memakai serum wajah juga memiliki aturan tersendiri. Supaya serum bekerja efektif, dibawah ini merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam cara memakai serum wajah.

1. Bersihkan Wajah

Untuk menggunakan serum wajah, kita dapat langsung mengaplikasikan ke wajah setelah menggunakan pembersih wajah, setelah sabun dan juga toner.

Serum pada wajah adalah sebuah produk ringan yang mengandung banyak bahan aktif dengan konsentrasi yang tinggi. Bahan ini tentunya menyerap dengan cepat ke dalam kulit dan juga akan berfungsi efektif setelah membersihkan kulit wajah.

2. Sebagai Lapisan Dasar

Cara menggunakan serum wajah terbaik agar bisa berfungsi maksimal adalah menjadikannya lapisan dasar di bawah bagian produk perawatan yang lebih berat seperti pelembab wajah, sunscreen, dan juga setelah itu barulah menggunakan produk riasan lainnya.

Pada umumnya, satu botol serum wajah mengandung bahan-bahan aktif seperti antioksidan, dengan berbagai macam jenis Vitamin, hyaluronic acid, peptida, pencerah kulit (asam kojic), dan juga asam glikolat, dan bahan lainnya.

Maka dari itu, serum akan dianggap sebagai produk yang lebih efektif bila dibandingkan dengan pelembab biasa maupun krim pada wajah karena pada kandungan konsentrat bahan aktifnya.

Demikian, berdasarkan penelitian Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology pada tahun 2011 lalu menyarankan untuk selalu menggunakan pelembab dan juga serum sebagai perawatan kulit wajah.

Setelah sudah menggunakan serum, dianjurkan untuk melapisi serum dengan pelembab wajah agar bisa dapat perawatan kulit wajah yang maksimal.

3. Frekuensi Pemakaian

Frekuensi dari penggunaan serum pada wajah bisa dipakai satu atau dua kali sehari, bergantung tujuan dan juga kandungan produk serum. Terdapat banyak jenis serum, dan masing-masing serum tersebut mengandung bahan dan tujuan yang unik.

Dari beberapa serum yang diformulasikan untuk bisa membantu mencerahkan kulit ataupun mengurangi flek. Sementara itu, ada juga serum yang fokus hanya pada peningkatan hidrasi atau melawan tanda-tanda akan penuaan kulit.

Serum antioksidan dan juga anti pigmentasi akan bekerja paling baik jika digunakan pada pagi hari. Serum ini juga akan membantu melindungi kulit dari radikal bebas, polusi serta sinar matahari.

Sedangkan untuk serum anti penuaan paling cocok diaplikasikan pada malam hari. Hal tersebut memungkinkan kandungan pada serum bisa bekerja sesuai dengan tempo harian tubuh untuk perbaikan serta pergantian kulit.

4. Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Masalah Kulit

Dengan penggunaan serum yang rutin berpotensi untuk bisa memberikan hasil yang diinginkan dan terasa akan dampaknya. Konsentrasi pada bahan aktif yang akan lebih tinggi pun juga mungkin bisa memberikan hasil yang jauh akan lebih terlihat, bila dibandingkan dengan jenis produk kulit lainnya, misalnya pelembab biasa.

Untuk bisa merasakan manfaat yang efektif dari pemakaian serum dalam perawatan kulit wajah, dan harus terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan kulit wajah sendiri. Selanjutnya, pilihlah produk serum wajah yang memiliki kandungan atau bahan yang sesuai agar tidak memberikan dampak buruk pada kulit wajah.

Dengan mengetahui kandungan dalam serum yang akan digunakan, serum wajah akan bisa berfungsi maksimal untuk merawat kulit wajah dan juga mengatasi masalah.

Kita juga dapat menilai efektivitas produk yang akan digunakan dengan memperhatikan serta mengecek ulasan konsumen yang pernah memakai produk tersebut.

 

Kamu bisa mempelajari tentang Fikih Kecantikan
karya Dr. H. Aam Amiruddin

Fikih Kecantikan
Fikih Kecantikan

 

 

Kesalahan penggunaan serum yang menyalahi fungsi

Kesalahan dalam memilih serta mengikuti langkah penggunaan serum bisa mengurangi fungsinya pada kulit. Sehingga, pastikan untuk menghindari kesalahan saat menggunakan serum.

1. Tidak menggunakan pelembab

Serum tentunya mengandung bahan-bahan aktif yang melembabkan kulit wajah, namun bukan berarti Kita boleh meninggalkan pelembab sama sekali. Sebabnya, produk pelembab tersebut bisa membantu penyerapan skincare berikutnya, termasuk serum.

2. Menggunakan pelembab sebelum serum

Jika menggunakan pelembab sebelum serum, maka akan lebih sulit bagi bahan aktif serum untuk bisa menembus kulit. Jadi, ikutilah tahapan dalam pemakaian produk skincare dengan serum terlebih dulu. Dan juga selalu gunakan pelembab pada akhir perawatan.

3. Hanya menggunakan serum yang mahal

Serum mahal belum tentu yang terbaik bagi kulit kita. Namun, tidak dipungkiri juga bahwa serum yang mahal bisa mengandung bahan yang berkualitas tinggi. Daripada hanya melihat harga, ada baiknya juga fokus terhadap bahan aktif yang diperlukan.

4. Menggunakannya pada kulit yang terdampak penyakit

Pemakaian serum pada kulit yang terdampak rosacea, eksim, dan sebagainya bisa memperparah gejala. Mungkin harus berdiskusi dahulu dengan dokter atau pun tidak menggunakannya sama sekali.

5. Menggunakannya terlalu banyak

Serum tentu mempunyai fungsi yang penting bagi kulit, namun bukan berarti kita harus menggunakannya dalam jumlah banyak. Cukup gunakannya dalam beberapa tetes pada malam hari dan juga pijat secara merata ke seluruh bagian wajah.

Terlepas dari ada berapa banyak tahapan skincare yang diterapkan, serum wajah merupakan menjadi produk dasar yang sebaiknya tidak dilewatkan. Penggunaan serum sendiri untuk tipe kulit dan juga masalahnya yang tepat bisa memberikan hasil lebih optimal.

Apabila dalam penggunaan serum wajah justru menimbulkan efek samping berupa ruam, kemerahan, dan juga rasa gatal, maka segera hentikan pemakaian.

Kemudian, konsultasikan kembali dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dan juga saran pemakaian perawatan yang tepat.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rafi