Teori

5 Teori Mesin Waktu dan Pembahasan Tentang Time Travel

Mesin Waktu
Written by Ananda

Mesin Waktu – Di zaman yang modern ini mungkin masih ada beberapa orang meyakini bahwa seseorang bisa melakukan perjalanan ke masa lalu. Adapun perjalanan itu biasanya dilakukan dengan menggunakan mesin waktu. Bahkan, sudah ada beberapa teori mesin waktu yang dipercaya kalau perjalanan ke masa lalu itu bisa dilakukan.

Mesin Waktu

Bagi sebagian orang mungkin tidak percaya bahwa bisa kembali ke masa lalu dengan menggunakan mesin waktu. Namun, perjalanan ke masa lalu kemungkinan besar bisa diwujudkan karena sekelompok ilmuwan University of Queensland, Australia berhasil membuat simulasikan dua foton, partikel tunggal cahaya dasar yang dapat berinteraksi ketika melakukan perjalanan waktu.

Simulasi perjalanan waktu ke masa lalu ini seringkali dianggap bisa terjadi karena pada level kuantum partikel terkecil yang sudah tidak bisa dibagi lagi. Kemudian, foton juga termasuk ke dalam hal yang yang mengikuti mekanisme dalam hukum kuantum. Pada uji coba yang telah dilakukan oleh peneliti untuk mesin waktu ini menggunakan dua foton untuk mensimulasikan partikel kuantum, sehingga bisa mengarungi perjalanan ke masa lampau dengan mesin waktu.

Peneliti yang mendalami perilaku foton, kemudian dapat mengungkapkan suatu kemungkinan terhadap aspek aneh dari fisika modern.

Ketika sudah masuk proses simulasi, salah satu foton akan diproyeksikan supaya bisa melakukan perjalanan ke masa lalu lewat terowongan mesin waktu atau wormhole. Selain itu, foton tersebut juga bisa diproyeksikan terhadap foton lainnya yang lebih tua.

Sementara itu, foton kedua dirancang untuk mengarungi perjalanan waktu dengan menggunakan mode normal. Meski begitu, foton kedua ini masih bisa berinteraksi dengan dengan foton lainnya yang terjebak di lingkaran waktu atau kurva waktu tertutup/CTC dan di lubang mesin waktu.

Lalu, dari tahapan yang telah dilakukan itu, perilaku foton kedua bisa mempelajari perilaku dari foton pertama. Dari hasil itu, ternyata ada hasil simulasi yang memperlihatkan bahwa perjalanan waktu pada tingkat kuantum terbuka kemungkinan besar akan terjadi. Kemudian, sifat partikel kuantum berubah menjadi tak pasti atau bisa dibilang kabur, sehingga menghasilkan ruang gerak yang cukup guna menghindari situasi perjalanan waktu yang tidak konsisten.

Sedangkan para peneliti lain, Martin Ringbauer dari University of Queensland mengatakan bahwa temuan tim mereka ini tak selaras dengan teori Relativitas Umum dan Mekanika Umum dari fisikawan kondang Albert Einstein.

Menurut Martin Ringbauer, Albert Einstein hanya menjelaskan tentang skema dunia dalam skala yang sangat besar, sedangkan mekanika kuantum itu sendiri dianggap sebagai suatu penggambaran yang baik pada skala yang lebih kecil dari atom dan molekul.

Kemudian, berdasarkan simulasi tim peneliti, skema perjalanan mesin waktu yang telah dilakukan hanya ada pada partikel kecil saja atau pada partikel; dengan tingkat kuantum serta foton yang lebih kecil dari atom. Jadi, simulasi terbaru ini bisa dibilang kalau belum dapat menjelaskan tentang partikel yang lebih besar, seperti lebih besar dari atom.

Pada dasarnya, potensi perjalanan mesin waktu pada tingkat kuantum sendiri telah diprediksi ilmuwan beberapa dekade lalu. Lebih tepatnya, sekitar tahun 1991, telah muncul prediksi mesin waktu pada tingkat partikel terkecil itu. Peneliti ini mendasarkan kepada perilaku partikel kuantum yang hampir berada di luar alam fisika. Kemudian, penelitian terbaru University of Queensland juga sudah dipublikasikan pada Jurnal Nature Communications.

Jawaban Sains Jika Mesin Waktu Ditemukan?

Mesin Waktu

pixabay.com

Perjalanan waktu ke masa lalu serta masa depan memang sepertinya sudah menjadi impian dari banyak orang walaupun hal ini masih mustahil untuk dilakukan. Namun, bagaimana tanggapan sains mengenai hal tersebut. Apa yang akan terjadi apabila ternyata mesin waktu sudah ditemukan? Akankah dunia ini akan mengalami kekacauan global? Daripada kamu penasaran dengan jawabannya, maka bisa simak ulasan singkatnya di bawah ini.

1. Kembali ke masa lalu jelas menjadi hal yang sangat mengerikan

Ahli fisika dari Universitas Connecticut, Professor Ron Mallett ini pernah menyatakan pendapatnya bahwa mesin waktu dapat diciptakan di masa yang akan datang. Hal ini seperti diulas dalam laman BBC News, kalau ia beranggapan bahwa kembali masa lalu bisa terjadi di masa depan karena semua ilmu pengetahuan sudah bisa mendapatkan jawaban pastinya.

Tentu saja, kembali ke masa lalu dalam rangka memperbaiki keadaan adalah impian dari banyak orang. Namun, kembali ke masa lalu juga dapat juga menjadi hal yang mengerikan. Bayangkan saja, jika kamu sudah berusia 80 tahun serta mengunjungi dirimu sendiri di masa lalu pada saat usiamu masih belia, maka bisa dibilang itu merupakan suatu hal yang aneh atau bahkan menyeramkan dalam hidup kamu. Hal ini dikarenakan, hal sekecil apapun yang diubah di masa lalu bisa mengubah kehidupan di masa depan atau lebih parahnya bisa melenyapkan masa depan.

2. Tersesat jauh di masa lalu adalah bencana

Mesin Waktu

pixabay.com

Jika suatu saat nanti ternyata kamu sedang melakukan perjalanan waktu dengan menggunakan mesin waktu ke masa lalu, maka sebaiknya pastikan tanggal dan juga tahun yang dituju benar dan tidak salah. Hal ini perlu dipastikan atau diprogram dengan baik karena kalau tanggal dan tahun salah, maka kamu bisa saja tersesat di masa lalu.

Bahkan, tak menutup kemungkinan kalau kamu bisa tersesat ke zaman Romawi atau zaman Yunani Kuno. Jika kamu tiba-tiba muncul pada zaman itu, maka bisa membuat gaduh dan bingung orang-orang yang ada di masa lalu. Selain itu, tak menutup kemungkinan kalau kamu akan dianggap sebagai penyihir atau dewa karena bisa datang dari masa depan.

Jika kamu kurang beruntung, maka bisa saja kamu ditangkap, kemudian diarak oleh penduduk setempat untuk diadili secara brutal. Sudah dapat dipastikan bahwa para prajurit zaman Romawi, Yunani, Persia, dan Alexander Agung bukanlah tandingan dari manusia modern saat ini.

Ada banyak pendapat dari laman Science Borealis yang sebetulnya cukup masuk akal, yaitu beberapa pakar kemudian menyatakan bahwa mesin waktu dapat diciptakan dengan konsep tiket sekali jalan.

3. Pergi ke masa depan jauh lebih aman dan masuk akal

Jika ke masa lalu adalah ide buruk, maka hal yang sama mungkin tak berlaku jika seseorang pergi ke masa depan. Terdapat beberapa alasan kenapa pergi ke masa depan lebih aman bila dibandingkan dengan pergi ke masa lalu, yaitu:

Pola pikir manusia pada masa depan sudah sangat terbuka serta lebih bisa menerima keberadaan mesin waktu dengan baik.

Kedua, pergi ke masa depan merupakan perjalanan aman yang paling masuk akal. Dilansir dari laman Space, secara teori, berwisata ke masa depan diyakini sebagai suatu langkah yang paling masuk akal daripada pergi ke masa lalu. Dengan wahana yang super cepat yang berada di bawah kecepatan cahaya pun, manusia sudah bisa melakukan perjalanan ke masa depan walaupun dalam jangkauan waktu yang pendek.

Mesin Waktu

asset-a.grid.id

4. Mungkin alien dan UFO merupakan manusia dari masa depan

Mesin Waktu

pixabay.com

Misteri alien yang hingga saat ini belum terungkap, sehingga mungkin saja berkaitan dengan manusia dari masa depan. Bisa saja, ratusan ribu ataupun jutaan tahun di masa depan, manusia sudah berevolusi menjadi organisme yang berbeda dengan manusia yang ada pada saat ini.

Di saat yang sama pula, sudah diciptakan mesin waktu yang bisa mengizinkan siapapun untuk dapat menjelajahi masa lalu dengan wahana khusus. Tunggu dulu, ini bukan saja imajinasi.

Pasalnya, pendapat ini justru keluar dari seorang profesor biologi yang bernama Michael Masters. Guru besar biologi serta antropologi dari Montana Technological University tersebut menyatakan bahwa ada banyak hal yang berkaitan dengan mengenai evolusi manusia di masa depan serta salah satunya dapat dikatakan mirip dengan alien yang berkepala besar.

5. Dunia akan kacau dan hancur

Jika mesin waktu diciptakan serta mulai diproduksi secara massal, bisa jadi itu juga akan menjadi menghancurkan dunia dalam waktu dekat. Kemudian, orang-orang dari masa lalu bisa saja merusak tatanan sejarah yang sudah ada. Selain itu, bisa jadi orang-orang masa lalu pergi ke masa depan dengan membawa teknologi canggih yang bisa menghancurkan peradaban manusia.

Pastinya, mesin waktu hanya akan membawa banyak keburukan dibanding kebaikannya. Untungnya saja, banyak ilmuwan cerdas yang kemudian menyatakan bahwa perjalanan waktu itu sangat sulit, bahkan mustahil untuk dilakukan.

Mendiang Stephen Hawking pernah berpendapat bahwa perjalanan waktu sangat berkaitan erat dengan ruang dan dimensi. Itu artinya, jika melakukan perjalanan waktu, seharusnya kita akan berada pada satu dimensi yang berbeda dan tidak akan mengganggu sejarah yang sudah terbentuk.

Beberapa poin penjelasan di atas kemudian mungkin masih belum cukup untuk menerangkan mengenai konsep mesin waktu serta berbagai dampak yang akan ditimbulkan.

Teori Mesin Waktu yang Meyakinkan

Mesin Waktu

pixabay.com

Hingga saat ini, mesin waktu sendiri masih menjadi science-fiction yang paling relevan di dunia nyata. Beberapa orang percaya bahwa mesin waktu benar adanya, tetapi beberapa yang lain menganggapnya sebagai mitos. Lalu, apa sih bukti-bukti yang menunjukkan bahwa mesin waktu itu ada, berikut beberapa diantaranya:

1. Klaim manusia yang datang dari masa depan

Sebuah media express.co.uk pada bulan November 2017 memberitakan bahwa ada seseorang yang mengaku datang dari tahun 2028. Seorang pria yang bernama Noah ini mengatakan bahwa dirinya rela membahayakan dirinya sendiri untuk bisa kembali ke masa kini hanya demi bisa memperingatkan orang-orang bahwa mesin waktu itu benar-benar ada.

“Saya tidak sedang berupaya menipu siapapun, tujuan utama saya datang ke sini adalah membuktikan bahwa mesin waktu itu benar-benar ada dan saya adalah orang yang menjelajahi waktu,” ungkap Noah pada sebuah video yang diunggah di akun Youtube.

Selain itu, Noah juga mengaku bahwa karena perjalanan menjelajah waktunya, sehingga ia menderita penyakit mental anoreksia dan depresi. Lebih lanjut Noah mengklaim bahwa dirinya harus mengonsumsi obat-obatan agar terlihat lebih muda dari usia aslinya yang sudah berumur 50 tahun.

2. Pria hipster nongol di foto jadul

Foto di atas merupakan foto yang diambil ketika acara pembukaan jembatan South Fork di British Columbia atau lebih tepatnya sekitar 1840-an. Jika kamu mengamatinya lebih jauh, maka seorang pria itu memiliki tampilan gaya di zaman milenium. Jika kamu amati lebih dekat seorang pria itu lebih sebagai orang yang datang dari era milenium.

3. Foto seorang wanita memegang smartphone di tahun 1928

Bukti lainnya bahwa teori mesin waktu itu ada, yaitu adanya wanita yang menggunakan handphone. Padahal di zaman itu belum ditemukan teknologi handphone. Foto ini sendiri berasal dari kemudian cuplikan film bisu terkenal, Charlie Chaplin.

4. The Philadelphia Experiment

Eksperimen ini sendiri dimaksudkan untuk membuat kapal Eldridge USS tidak terdeteksi oleh radar musuh. Menurut para awak kapal, kapal ini memang seperti menghilang dan seketika menjelajah waktu dengan sangat cepat. Seluruh awak kapal yang satu dengan yang lainnya kemudian memiliki alasan serta versi cerita yang sama satu sama lainnya.

5. The Cape Scott Story

The Cape Scott Story merupakan kisah teori yang menampilkan bukti tentang mesin waktu yang paling banyak dipercayai. Di foto itu, terdapat seorang pria yang duduk di atas batu dengan mengenakan kaos, celana pendek, serta rambut panjang seperti manusia yang hidup pada zaman sekarang pada umumnya.

Padahal orang-orang di sekitarnya hanya menggunakan busana orang-orang di tahun 1917-an. Tidak ada yang tahu siapa orang itu dan mengapa ia berdandan seperti demikian. Foto ini digunakan sebagai sampul buku The Cape Scott Story dan banyak orang mempercayai bahwa mesin waktu memang benar-benar ada.

Penutup

Ada atau tidak adanya teori mesin waktu sudah seharusnya bagi manusia untuk selalu berbuat baik dan tidak merugikan orang lain. Bagi sebagian orang teori mesin waktu memang benar adanya, tetapi ada juga yang beranggapan bahwa teori mesin waktu tidak benar-benar ada. Untuk meyakini kalau teori mesin waktu itu ada atau tidak, dikembalikan kepada pembaca.

Jadi, apakah kamu termasuk orang yang percaya terhadap teori mesin waktu atau tidak mempercayainya? Demikian pembahasan tentang mesin waktu dan teori mesin waktu.

Buku-Buku Terkait

1. Mesin Waktu Al Quran: Menyelisik Informasi dari Lauh Mahfuzh

Nabi Muhammad SAW diutus kepada suatu kaum yang ummi. Mereka tidak mengenal baca tulis, tetapi sangat maju di bidang sastra. Oleh karena itu, beliau dibekali dengan al-Qur’an. Seandainya seluruh manusia bersatu untuk merangkai kata-kata yang dapat menandingi ayat al-Qur’an, niscaya mereka tidak akan mampu. Kehebatan al –Qur’an tidak hanya pada keindahan bahasanya. Namun, al-Qur’an juga menghadirkan informasi tentang berbagai hal yang sudah terjadi, sedang terjadi, dan yang akan terjadi di alam semesta sesuai dengan faktanya. Salah satu surah yang bisa membawa kita menyelami hal itu adalah surah al-Waqi’ah. Buku ini akan membawa anda menyelami lautan makna surah al-Waqi’ah. Anda akan mendapatkan sejumlah pembahasan menarik, di antaranya:

  • Misteri keutamaan surah al-Waqi’ah; apakah mampu mencegah kefakiran?
  • Kiamat menurut berbagai peradaban dan agama
  • Apakah umur bisa diperpanjang?
  • Misteri Tulang ekor (Coccyx)
  • Bagaimana Allah menghidupkan kembali segala sesuatu yang mati?
  • Kiamat dalam Bahasa fisika
  • Berbagai peristiwa yang telah menjadi fakta sejarah yang lebih dulu diinformasikan oleh al-Qur’an
  • Kenapa untuk berfotosintesis tumbuhan perlu daun berwarna hijau, bukan hitam? Semoga dengan menyelami lautan makna surah al-Waqi’ah melalui buku ini, iman dan ilmu Anda semakin bertambah dan keyakinan Anda akan kebenaran al-Qur’an menjadi semakin kukuh.

2. A Brief History of Time: Sejarah Singkat Waktu

“Inilah salah satu buku sains terpenting yang ditulis oleh satu di antara para ilmuwan besar zaman kita, Stephen Hawking. Dalam buku ini Hawking membahas pertanyaan-pertanyaan besar seperti: Bagaimana alam semesta bermula—dan apa yang memulainya? Apakah waktu itu, dan apakah ia selalu bergerak maju? Adakah ujung alam semesta, dalam ruang maupun waktu? Adakah dimensi lain dalam alam semesta? Apa yang terjadi ketika alam semesta berakhir? Lewat penulisan yang bisa dimengerti semua orang, A Brief History of Time mengajak kita menjelajahi dunia ajaib lubang hitam dan kuark, anti zat dan “panah waktu”, ledakan besar dan peran Tuhan di alam semesta beserta segala kemungkinan yang luar biasa dan tak terduga. Dengan penggambaran yang menarik dan menggugah imajinasi, Stephen Hawking membawa kita makin dekat ke rahasia pamungkas penciptaan alam semesta.

3. Seni Mengelola Waktu

Satu-satunya hal yang tidak berhenti di dunia ini adalah waktu. la terus berjalan tanpa mengenal lelah, bahkan ia bisa terlewat begitu saja ketika kita lengah atau terlena karena sangat menikmati suatu momen atau mungkin ketika merasa bosan karena sesuatu yang ditunggu tak kunjung datang. Waktu, bisa menjadi jahat ataupun sebaliknya, tergantung bagaimana cara kita menyikapi dan melihatnya. “Time is a created thing. To say ‘I don’t have time,’ is like saying, ‘I don’t want to.” Kutipan dari Lao Tzu mengingatkan kita bahwa waktu itu adalah persoalan untuk menciptakan sesuatu. Sampai kapan kita akan menyangkal bahwa kita tidak mempunyai waktu, sedangkan pada faktanya ada banyak sekali waktu yang bisa dihabiskan dalam hidup ini? Apakah Anda akan merasa bahagia jika hidup seperti itu terus-menerus? Simak bagaimana cara yang tepat untuk mengatur waktu di hidup Anda lewat buku ini. Tak hanya itu, Anda juga akan belajar bagaimana cara yang tepat untuk menghabiskan tiap detik, menit, dan jam dalam hidup Anda tanpa adanya penyesalan. Selamat menghabiskan waktu dengan buku ini!

Jika ingin mencari berbagai macam tentang waktu atau genre lainnya, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. Manajemen Waktu: Pengertian, Karakteristik, dan Caranya 
  2. Pembagian Waktu di Indonesia WIB, WITA, WIT 
  3. Perbedaan Waktu Indonesia dan Amerika serta Pembagian Zona Waktu 
  4. Review Novel Garis Waktu – Fiersa Besari 
  5. Kapan Waktu yang Tepat untuk Membaca Buku? 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien