Best Seller Buku Autobiografi

Jelajahi Best Seller Buku Autobiografi dari Gramedia yang disusun berdasarkan penjualan terbanyak

Autobiografi Mahatma Gandhi

Alex Ferguson - Autobiografi Saya

Ajaib, Nyata, Terkadang Lucu. Fragmen Autobiografi Toeti Heraty

The Autobiography of Eleanor Roosevelt

Panda Nababan, Lahir sebagai Petarung (Buku I & II)

Art Above The Art

Terdidik (Educated) - Sebuah Memoar

Cerita tentang Saya dan Orang-Orang Sekitar Saya

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

gramedia best seller

Tentang Best Seller Buku Autobiografi

Jelajahi Best Seller Buku Autobiografi dari Gramedia. Buku disusun berdasarkan penjualan terbanyak.

Selengkapnya

    Secara umum, buku autobiografi memiliki kemiripan dengan buku biografi, yaitu berisi mengenai kisah perjalanan hidup atau riwayat hidup seseorang. Kedua jenis buku nonfiksi ini dapat memberikan motivasi dan membangkitkan semangat bagi para pembacanya. Namun, buku autobiografi tidak sepenuhnya memiliki kesamaan dengan buku biografi. Buku autobiografi memiliki ciri tersendiri yang membedakannya dengan buku biografi. Berikut adalah penjelasan mengenai buku autobiografi.

     

    Pengertian Buku Autobiografi

    Autobiografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu autos yang memiliki arti sendiri, bios yang yang memiliki arti hidup, dan graphein yang memiliki arti menulis.Eriyanto dalam buku Analisis Jaringan Komunikasi (2014), mengungkapkan bahwa autobiografi adalah catatan yang berisi mengenai riwayat hidup yang ditulis oleh diri tokoh itu sendiri. Autobiografi dapat dianggap bersifat subyektif karena berdasarkan pandangan hidup tokoh itu sendiri. Autobiografi pada umumnya akan dimuat ke dalam bentuk buku sebagai catatan kehidupan yang diceritakan oleh dirinya sendiri.

    Buku autobiografi merupakan buku yang berisi gambaran mengenai berbagai kejadian atau peristiwa yang telah dilalui oleh seseorang dalam hidupnya dan ditulis oleh orang itu sendiri. Buku autobiografi menceritakan mengenai kisah dari pengalaman dan perjalanan hidup seseorang mulai dari masa kecil hingga dewasa yang ditulis oleh dirinya sendiri. Berbagai kisah mengenai lika-liku kehidupan seseorang yang berusaha melalui masa-masa sulit, mengalami kegagalan dan kesedihan, hingga bisa mencapai kebahagiaan dan kesuksesan di masa kini tergambarkan dalam buku autobiografi. Seorang penulis dalam menuangkan kisahnya di buku autobiografi umumnya menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai tokoh utama dalam cerita.

    Buku autobiografi merupakan buku nonfiksi naratif yang ceritanya benar-benar terjadi. Namun, buku ini juga mencakup berbagai elemen penceritaan, seperti protagonis, konflik utama, serta pemeran karakter yang menarik. Kisah dalam buku autobiografi lebih berfokus pada fakta dibandingkan dengan emosi. Penulis buku autobiografi juga sering kali dibantu oleh penulis lain untuk dapat memberikan kisah yang faktual dan objektif. Kisah hidup dalam buku autobiografi umumnya diangkat dari kisah saat penulis masih muda, yang mencakup kronologi dari berbagai kejadian dan peristiwa relevan sepanjang hidup penulis yang dijelaskan secara rinci dan mendetail.

     

    Ciri-Ciri Buku Autobiografi

    Buku autobiografi memiliki beberapa ciri yang membedakannya dengan jenis buku lain. Berikut adalah beberapa ciri dari buku autobiografi.

    1. Berisi mengenai riwayat hidup atau perjalanan hidup seseorang

    Buku autobiografi memiliki ciri berupa kisah dari kehidupan seseorang yang dimulai dari masa kecil atau masa sulit hingga masa dewasa atau masa saat mencapai keberhasilan.

    2. Ditulis sendiri oleh orang yang bersangkutan atau dengan bantuan penulis lain

    Buku autobiografi ditulis berdasarkan pengalaman hidup yang telah dilalui oleh penulis atau tokoh yang bersangkutan. Penulisan atau penyusunan buku autobiografi juga dapat dibantu oleh penulis lain sesuai dengan penuturan dari penulis utama atau tokoh yang bersangkutan.

    3. Ditulis untuk membuat orang lain termotivasi

    Buku autobiografi menampilkan informasi mengenai perjalanan hidup seseorang menuju keberhasilan yang diharapkan dapat memberikan motivasi dan dampak positif lain kepada pembaca.

    4. Menampilkan informasi yang bersifat positif

    Peristiwa atau kejadian yang diceritakan dalam buku autobiografi umumnya bersifat positif yang dapat ditulis dalam rangka pencitraan seorang tokoh politik. Buku ini umumnya memuat berbagai data atau bukti pendukung, seperti prestasi, penghargaan, dan lainnya.

    5. Ditulis agar orang lain dapat lebih mengenal tokoh tersebut

    Riwayat perjalanan hidup atau pengalaman hidup yang dikisahkan dalam buku autobiografi dapat membuat pembaca lebih mengenal tokoh beserta kisah hidupnya. Dengan mengetahui kisah hidup tokoh tersebut, pembaca diharapkan dapat mengambil hikmah dan pelajaran pelajaran berharga yang terkandung di dalamnya.

    6. Umumnya ditulis dengan menggunakan sudut pandang orang pertama

    Penulis umumnya menggunakan sudut pandang orang pertama, seperti aku atau saya, dalam menuangkan kisahnya di buku autobiografi. Namun, juga terdapat buku autobiografi yang ditulis menggunakan sudut pandang lain yang dianggap lebih cocok atau sesuai.

     

    Tujuan Buku Autobiografi

    Buku autobiografi memiliki tujuan dalam penulisannya. Tujuan dari buku autobiografi meliputi beberapa hal berikut ini.

    1. Buku autobiografi ditulis untuk mengenang kisah hidup dan memperkenalkan diri sendiri secara lebih detail dan mendalam kepada orang lain.
    2. Buku autobiografi ditulis untuk memberikan pelajaran dan motivasi dengan menampilkan gambaran dari kisah-kisah inspiratif seseorang yang meraih keberhasilan dan kesuksesan dalam bidang tertentu, baik dalam karir, bisnis, politik, maupun bidang lainnya.
    3. Buku autobiografi dapat ditulis sebagai bahan pencitraan seseorang kepada masyarakat.

     

    Manfaat Buku Autobiografi

    Buku autobiografi memiliki manfaat bagi penulis maupun pembaca. Berikut adalah beberapa manfaat dari buku autobiografi.

    1. Buku autobiografi dapat bermanfaat bagi penulis sebagai bahan refleksi untuk mengenang dan memahami masa lalu yang lebih baik.
    2. Buku autobiografi dapat membantu penulis untuk lupa dan beranjak dari kejadian buruk di masa lalu.
    3. Buku autobiografi dapat membantu penulis mengetahui mengenai bagaimana cara orang lain menilai dirinya.
    4. Buku autobiografi dapat membantu penulis menyadari perubahan yang terjadi di dalam dirinya dari masa ke masa.
    5. Buku dapat membantu penulis untuk melihat dan menyadari kesalahan di masa lalu serta memperbaiki dan menghindari terjadinya kesalahan yang sama.
    6. Buku autobiografi dapat membantu pembaca untuk mendapatkan motivasi dan semangat hidup.
    7. Buku autobiografi dapat membantu pembaca untuk menghindari hal atau kesalahan yang dilakukan penulis dalam perjalanan hidupnya.
    8. Buku autobiografi dapat membantu pembaca untuk memahami hal yang baik dan tidak baik dalam menjalani hidup.

     

    Jenis-Jenis Buku Autobiografi

    Teks autobiografi terbagi menjadi beberapa jenis yang meliputi:

    1. Autobiografi Fiksi

    Autobiografi fiksi merupakan autobiografi yang ditulis untuk mendefinisikan novel mengenai seorang tokoh fiktif yang ditulis dan dibuat seolah-olah tokoh fiktif tersebut benar-benar menceritakan kisah hidupnya sendiri.

    2. Autobiografi Palsu

    Autobiografi palsu biasanya ditulis dengan menggambarkan penderitaan buruk yang diduga dialami penulis dalam menjalani hidupnya. Penderitaan ini dapat berupa masalah keluarga maupun kekerasan atau penindasan yang dialami dalam kehidupan sosial atau politik.

    3. Autobiografi sebagai Kritik Totalitarianisme

    Autobiografi jenis ini ditulis oleh korban dan penentang rezim totaliter sebagai bentuk kritik yang mencolok pada sebuah rezim atas penindasan yang mereka lakukan.

    4. Autobiografi Seseorang yang Tidak Terkenal

    Autobiografi jenis ini merupakan kisah hidup yang ditulis oleh orang yang tidak terkenal untuk dibagikan kepada masyarakat umum.

    5. Autobiografi Sensasional

    Autobiografi sensasional merupakan autobiografi dari atlet profesional modern, selebriti, atau politisi yang umumnya ditulis oleh pengarang pada orang lain yang secara rutin diterbitkan.

     

    Perbedaan Buku Autobiografi dan Buku biografi

    Meskipun sama-sama berisi mengenai perjalanan hidup atau pengalaman hidup seseorang, terdapat beberapa perbedaan antara buku autobiografi dengan buku biografi. Berikut adalah perbedaan dari buku autobiografi dan buku biografi.

    1. Buku autobiografi berisi mengenai perjalanan hidup atau pengalaman hidup seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri atau dibantu oleh penulis lain, yang ditulis berdasarkan pengalaman atau ingatan tokoh itu sendiri. Sementara itu,buku biografi berisi mengenai perjalanan hidup atau pengalaman hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain.
    2. Buku autobiografi sering kali berisi mengenai kisah hidup seorang tokoh, dari masa sulit hingga mencapai keberhasilan. Sementara itu, buku biografi sering kali berisi mengenai tokoh terkenal dengan banyak jasa, karya, ataupun pemikiran yang bermanfaat bagi orang lain.
    3. Buku autobiografi ditulis berdasarkan ingatan penulis dan umumnya buku ini hanya memberikan informasi yang sifatnya positif saja. Bahkan, tidak jarang buku autobiografi yang dibuat sebagai bahan pencitraan seorang tokoh politik. Sementara itu, buku biografi ditulis dengan bersumber pada literatur, dokumen penting, atau mencari tahu dari berbagai narasumber sebagai saksi yang menjelaskan peristiwa dan fakta yang terjadi dalam perjalanan hidup seorang tokoh.
    4. Buku autobiografi umumnya dibuat untuk mengenalkan atau memberitahu kepada masyarakat mengenai perjalanan atau pengalaman apa yang telah dilalui seseorang dalam hidupnya untuk dapat diambil hikmah dan dijadikan pelajaran yang berharga bagi pembaca. Sementara itu, buku biografi umumnya berisi mengenai informasi yang mengandung hikmah, motivasi, dan sejarah penting yang dapat dijadikan sebagai pembelajaran dan pedoman bagi para pembacanya.
    5. Buku autobiografi umumnya ditulis dengan menggunakan sudut pandang orang pertama. Sementara itu, buku biografi umumnya ditulis dengan menggunakan sudut pandang orang ketiga.

     

    Struktur Buku Autobiografi

    Terdapat beberapa struktur penting yang harus ada dalam sebuah teks autobiografi. Di antaranya, yaitu:

    1. Judul

    Dalam menulis buku autobiografi penulis perlu menentukan judul yang sesuai dengan dengan kisah atau cerita yang akan dibahas. Pada umumnya, judul buku autobiografi diambil dari nama tokoh atau nama penulis, tetapi judul juga dapat dalam bentuk judul lainnya.

    2. Latar Belakang Keluarga

    Setelah judul, buku autobiografi dapat diawali dengan latar belakang keluarga tokoh atau penulis. Latar belakang keluarga dapat berisi mengenai latar belakang dari kedua orang tua penulis, pekerjaan orang tua penulis, tanggal lahir dan tempat tinggal, kakak atau adik penulis, peristiwa atau kejadian yang berkaitan dengan keluarga, dan lain sebagainya.

    3. Latar Belakang Pendidikan

    Setelah latar belakang keluarga, buku autobiografi dapat dilanjutkan dengan latar belakang pendidikan tokoh atau penulis. Latar belakang pendidikan berisi mengenai riwayat pendidikan tokoh, seperti nama sekolah atau instansi pendidikan, tahun masuk atau lulus dalam pendidikan yang ditempuh, dan lain sebagainya.

    4. Latar Belakang Prestasi

    Setelah latar belakang pendidikan, bagian selanjutnya adalah latar belakang prestasi. Latar belakang prestasi berisi mengenai semua prestasi yang berhasil dicapai oleh penulis, mulai dari kecil hingga saat buku ini ditulis. Prestasi yang dimasukkan dapat berupa prestasi ketika di sekolah, prestasi dalam hobi yang dilakukan, prestasi dalam bidang pekerjaan, dan bentuk prestasi lainnya.

    5. Latar Belakang Pekerjaan

    Setelah latar belakang prestasi, bagian selanjutnya adalah latar belakang pekerjaan. Latar belakang pekerjaan berisi mengenai penjelasan secara mendalam mengenai pekerjaan yang telah dilakukan penulis, seperti bidang pekerjaan, kapan mulai bekerja, seperti apa tugas dalam pekerjaan tersebut, dan lain sebagainya. Namun, penulis autobiografi yang belum bekerja atau masih seorang pelajar dapat menghilangkan struktur atau bagian ini.

    6. Latar Belakang Hasil Karya

    Bagian terakhir dalam buku autobiografi adalah pencantuman karya yang telah dihasilkan penulis. Hasil karya dapat berupa karya ilmiah, karya seni, atau hasil karya lainnya. Namun, penulis yang masih seorang pelajar atau belum memiliki hasil karya dapat menghilangkan struktur atau bagian ini.

     

    Cara Menulis Autobiografi

    Berikut adalah beberapa urutan sederhana untuk menulis teks autobiografi.

    1. Memilih kisah atau peristiwa penting yang akan ditulis
    2. Membuat garis besar atau garis waktu dari kisah yang akan ditulis
    3. Menentukan tujuan penulisan dari kisah yang akan ditulis
    4. Mencari dan mengumpulkan data dan informasi yang diperlukan
    5. Menuliskan pengalaman dalam sebuah konteks pelajaran bagi orang lain
    6. Menyusun kerangka atau outline autobiografi dan mengembangkannya