Feature Penelitian Teori

Supranatural: Pengertian, Macam-Macam, dan Tanda-Tanda Seseorang Memiliki Kemampuan Ini

supranatural adalah
Written by M. Hardi

Supranatural adalah – Percaya ga percaya, kita hidup berdampingan dengan mereka yang berbeda dimensi dengan kita. Supranatural memang merupakan fenomena yang sama sekali tidak umum diluar batas kemampuan yang bisa dipahami oleh manusia. Ada beberapa orang yang memang dilahirkan dengan kemampuan ini dan dianugerahi dengan level dominan. Banyak orang yang ternyata beranggapan bahwa anugerah atau kemampuan itu adalah hebat namun para pemiliknya bahkan berharap mereka tidak bisa melakukannya.

Mereka yang memiliki kemampuan ini harus terbiasa dengan hal yang tidak dirasakan orang lain hingga akhirnya mereka bisa mengontrol, terkadang juga ada tanggung jawab lebih yang dibebankan kepada mereka sesuai kemampuannya. Pada artikel ini akan dibahas mengenai supranatural secara lebih lengkap. Simak artikel dibawah ini

Pengertian Supranatural

Dalam bahasa Indonesia, kata baku dari supranatural adalah supernatural. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), supernatural /su·per·na·tu·ral/ a ajaib (tidak dapat diterangkan dengan akal sehat); gaib;

Perkenanan Supernatural

https://www.gramedia.com/products/perkenanan-supernatural?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Secara umum, Supranatural adalah sebuah kejadian atau kegiatan yang berhubungan dengan alam beserta isinya serta melampaui daya nalar manusia pada umumnya, melawan kejadian sehari hari dan membuat seseorang tidak bisa berpikir secara normal seperti orang lain pada umumnya. hal tersebut berhubungan dengan energi-energi baik dan jahat, makhluk-makhluk gaib, ilmu-ilmu serta kegiatan yang diluar nalar manusia dan kejadian alam sehari-hari. Kemampuan spesial tersebut juga ada berbagai lho grameds.

Macam-Macam Kemampuan Supranatural

supranatural adalah

Sumber: Pixabay

Setiap orang yang memiliki anugrah atau kemampuan spesial ini bisa saja sama atau berbeda dengan apa yang dimiliki oleh orang lain, berikut adalah kemampuan yang spesial itu.

1. Melihat Sesuatu yang Gaib

Jika kamu berada di jalanan yang kosong dan sepi namun kamu merasa sesak seperti berada di pasar malam karena seperti banyak yang berlalu lalang, Bagaimana perasaan mu? Mungkin jalan itu kosong dan sepi bagi mereka yang tidak memiliki anugrah, tetapi bagi kamu jalanan itu penuh dan juga kamu terganggu dengan “mereka” yang lewat dengan seenaknya dan muncul tiba-tiba.

Seringkali orang yang memiliki kemampuan ini mengeluh “tidak ada gunanya melihat apa yang tidak bisa dilihat orang lain! Nantinya malah akan dianggap aneh”. Bagaimana rasanya jika kamu sedang berkumpul dengan teman-temanmu tapi ada “makhluk” yang nyempil dekat temanmu? Ngeri ya grameds.

2. Membaca Pikiran Seseorang

supranatural adalah

Sumber: Pixabay

Mungkin bagi sebagian orang, bisa melihat pikiran orang lain adalah hal yang keren. Namun, jika kamu memiliki kelebihan ini juga tidak gampang dilakukan. Kamu harus memiliki hati dan mental yang kuat. Kamu juga tidak boleh baper apalagi overthinking.

Ketika kamu mampu membaca pikiran seseorang, kamu akan menguak sisi asli setiap orang. Seringkali kamu bahkan akan menemukan orang-orang yang diluar baik, tetapi ternyata memiliki maksud dan niat yang buruk. Dengan begitu, bisa membuat kamu menjadi lebih waspada terhadap setiap orang.

Namun, jika itu adalah teman terdekatmu atau orang terdekatmu, apa yang akan kamu lakukan? Pasti akan ada perang batin yang kamu alami. Bahkan jika ada orang lain yang bilang menyayangi atau berbuat baik kepada mu tetapi memiliki niat yang buruk.

3. Melihat Aura Orang Lain

Mengetahui kondisi orang lain tanpa mereka perlu menceritakan memang akan membantu kamu lebih mudah dalam bersikap kepadanya. Menurut mereka yang bisa melihat warna-warna aura dikabarkan hal tersebut dalam bentuk spektrum-spektrum warna. Jika kamu berada di dalam keramaian itu akan menjadi hal yang cukup mengganggu dan menyiksa. Seseorang yang memiliki aura yang buruk karena sedang ada dalam kondisi atau mood yang buruk juga bisa mempengaruhi semangat kamu dalam beraktivitas.

4. Muksa, Lepas dari Tubuh Ketika Tidur

Secara internasional, istilah ini lebih sering dikenal dengan astral projection seperti yang terjadi pada film-film horor. Dalam keadaan tertentu dan momen yang pas kamu bisa melepaskan roh dari tubuhmu.

Menurut orang Jawa, hal ini disebut dengan muksa. Jadi, tubuh kamu benar-benar ditinggalkan dan gak bernyawa lagi, tapi bukan berarti kamu mati ya. Karena jika mati berarti roh kamu berada di alam lain sedangkan muksa, roh kamu hanya terlepas dan bisa beraktivitas bebas jika sudah bisa mengontrolnya. Bgai kamu yang sering melakukannya pasti kamu akan merasakan lelah seperti habis lari.

5. Merasakan Energi Ataupun Rasa Dari Sekelilingnya

supranatural adalah

Sumber: Pixabay

Bagi mereka yang mampu merasakan energi, sebenarnya hampir sama dengan mampu melihat aura. Namun, jika aura mengandalkan indera penglihatan, sementara energi itu mengandalkan indera perasa. Kamu bisa mengetahui kehadiran seseorang atau “sesuatu” di ruangan yang sama denganmu.

Bahkan, kamu akan bisa mengetahui jika ada yang akan mengagetkanmu. Masalahnya kamu akan sering merasakan perubahan rasa energi sesuai orang yang berbeda-beda dan menurut mereka yang bisa melakukan, hal itu membuatnya tidak nyaman.

Namun kebanyakan dari mereka justru mempermainkan perasaanmu, hingga kamu jadi merinding. Merinding itu sebenarnya adalah wujud dari proteksi alamiah kamu melalui aura yang mengusir tamu yang tidak diundang. Semakin besar keberanianmu, maka semakin kuat auramu mengusir mereka dan rasa merinding tadi pun semakin menghilang.

6. Memiliki Alter-Ego yang Bisa “Dipanggil” Sampai Menjadi Doppelganger

Ini berbeda dengan kepribadian ganda ya grameds, jika kepribadian ganda adalah kelainan psikologis. Sementara dalam hal ini cenderung ke arah supranatural yang di mana kepribadian yang lain itu akan muncul sesuai kondisi yang dibutuhkan dan pada level tertentu bisa di kontrol kehadirannya.

TIdak hanya itu, beberapa orang yang memiliki kemampuan ini bisa berada di dua tempat yang berbeda dalam waktu yang bersamaan lho. Masalahnya jika dalam kondisi seperti itu, terkadang sosok yang lainnya ini bisa jadi ga ke kontrol lho dan bisa saja melakukan apapun sementara nanti nama kamu yang akan menjadi buruk karena perbuatannya.

7. Mengubah Energi Baik Untuk Kesembuhan Orang

Beberapa orang memang diberikan kemampuan untuk memanipulasi energi alam agar bisa digunakan sebagai penyembuh. Media yang digunakan juga berbagai macam bisa air, udara atau benda-benda lainnya. Partikel-partikel yang bisa dikontrol itu akan digunakan untuk menormalkan/memperbaiki metabolisme tubuh yang tidak normal.

Namun, biasanya kemampuan ini cepat menyebar dari mulut ke mulut yang akhirnya malah orang yang memilikinya membuka pengobatan alternatif dan dijadikan usaha. Di sisi lain, tidak semua orang percaya dengan metode yang diluar nalar manusia.

Dimensi Alam Supranatural di Era Pandemi

https://www.gramedia.com/products/dimensi-alam-supranatural-di-era-pandemi?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

8. Dilindungi Oleh Suatu Bentuk yang Akan Mencelakai Orang Yang Menyakiti

Kamu pasti pernah mendengar jika setiap orang memiliki penjaga khususnya masing-masing. “Sesuatu” yang terus mengikutimu ini punya tujuan yang berbeda-beda loh karena tidak semuanya mengganggu dan berniat buruk. Ada yang mungkin mengikutimu karena hanya sekedar tertarik. Ada yang mengikutimu karena memiliki tujuan untuk melindungi. Bagi “sesuatu” yang melindungimu secara berlebihan,ia bahkan bisa mencelakai orang-orang yang menyakitimu baik disengaja maupun tidak disengaja. Itulah masalahnya, bahkan orang-orang terdekatmu akan ikut dicelakai kalau mereka menyakitimu walau itu tidak disengaja ya.

9. Memindahkan Benda di luar Jangkauan Sentuhan

Kemampuan ini biasanya dimiliki oleh mereka yang berprofesi sebagai pawang hujan. Perlu gramedia ketahui, pawang hujan bukan seseorang yang mampu mengendalikan cuaca, ia diberi kemampuan untuk memindahkan benda yang berada diluar jangkauan tangan. Dalam hal ini adalah awan yang dipindahkan ke tempat lain agar di tempat itu tidak turun hujan atau sebaliknya. Namun biasanya bagi mereka yang bisa melakukan itu sering sekali malah2 dimanfaatkan oleh orang sekitarnya.

10. Diberi Penglihatan Masa Depan

supranatural adalah

Sumber: Pixabay

Apakah kamu pernah menonton film Final Destination? atau film lain yang menceritakan tentang seseorang yang bisa melihat masa depan? banyak orang yang mungkin berharap bisa memiliki kemampuan ini untuk bisa memenangkan lotre atau taruhan atau tender atau mengetahui suatu hal lebih awal.

Namun, yang tidak diketahui oleh banyak orang adalah begitu kompleksnya jalan hidup bisa berubah hanya berdasarkan perubahan keputusan atau aksi kecil. Ketika kita berhadapan dengan suatu kejadian yang tidak terjadi, kita ga mungkin bisa mempertimbangkan kejadian beruntun setelahnya karena semua kemungkinan akan berubah juga. Itulah yang akan membuat seseorang dengan kemampuan ini menjadi tertekan.

11. Sering Merasakan Dejavu

Untuk hal yang satu ini sebenarnya adalah bakat istimewa. Dejavu merupakan kondisi dimana seseorang merasakan pernah melakukan hal serupa sebelumnya, padahal kenyataannya orang tersebut baru pertama kali melakukannya.

Dalam ilmu jiwa, dejavu adalah perasaan yang berasal dari pandangannya sendiri. Perasaan dejavu merupakan sebuah peringatan bahwa orang tersebut telah menangkap indera keenam, namun gagal. Jadi, saat kamu benar-benar mengalami hal tersebut, perasaan akan visi tadi meluap-luap hingga kamu merasa mengalami suatu kejadian dua kali.

12. Pernah Bermimpi dan Menjadi Kenyataan

Jika Anda telah mengalami mimpi dan menjadi kenyataan, maka ini adalah salah satu tanda kemampuan supranatural menjadi aktif. Mimpi itu sebenarnya adalah pandangan kita tentang waktu yang belum terjadi. Indera keenam kita, yang mungkin lebih rendah dari nafsu duniawi, hanya dapat memperingatkan kita melalui otak dan menyadari peringatan itu melalui mimpi.

Nah, itu dia adalah macam-macam kemampuan supranatural secara umum. Tidak hanya secara umum, dalam Primbon Jawa juga ada beberapa ciri yang menandakan seseorang memiliki anugerah atau kemampuan supranatural. Pada pembahasan selanjutnya, kita akan membahas tanda-tanda seseorang memiliki kemampuan supranatural berdasarkan Primbon Jawa.

Bagaimana Berjalan di dalam Kuasa Supernatural Tuhan

https://www.gramedia.com/products/bagaimana-berjalan-di-dalam-kuasa-supernatural-tuhan?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Tanda-Tanda Orang yang Memiliki Kemampuan Supranatural menurut Primbon Jawa

Jika kamu melihat beberapa orang terdekat memiliki beberapa tanda di bawah ini, maka kemungkinan orang tersebut memiliki kemampuan supranatural. Berikut ini, tanda-tanda seseorang memiliki kemampuan supranatural.

1. Tangan Terasa Panas dan Bergetar

Ciri-ciri yang satu ini dapat dilihat saat tangan terasa tidak biasa atau terlihat bergetar dan agak panas.

2. Dada Panas dan Bergetar

Sama seperti sebelumnya, orang dengan kekuatan supranatural dadanya akan terasa panas.

3. Kaki Panas dan Bergetar

Tangan, kaki dan dada merupakan sumber dari kekuatan alam yang akan bisa terlihat.

4. Bermimpi Sosok Bijak dan Berwatak

Jika seseorang pernah bermimpi bertemu sosok yang memiliki perawakan orang tua dan suci kemudian diberi sesuatu maka itu merupakan tanda ciri-cirinya. Orang-orang yang bermimpi mengenai hal tersebut dipercaya akan memiliki kekuatan supranatural di dalam dirinya.

5. Kekuatan Supranatural yang Tanpa Disadari

Orang dengan ciri-ciri ini dipercaya memiliki kekuatan atau kemampuan supranatural.Namun orang-orang seperti ini jarang menyadari bahwa mereka telah memiliki kekuatan tersebut. Seperti contoh orang ini mendadak mampu mengobati orang sakit atau tiba-tiba mendadak mampu memanggil makhluk gaib.

Semua hal ini terjadi dengan tiba-tiba tanpa orang ini sadari bahwa dia memiliki kekuatan supranatural. Bahkan, dia mampu melihat dunia astral atau dunia yang tak kasat mata. Jika punya ciri-ciri ini, maka seseorang tersebut memiliki kekuatan supranatural dalam dirinya.

Ciri-Ciri Anaky yang Memiliki Kemampuan Supranatural

supranatural adalah

Sumber: Pexels

Kemampuan supranatural bisa diketahui sejak kecil lho Grameds, Hal ini bisa diketahui sejak dini sejak ia kecil sehingga orangtua bisa memberikan arahan kepada anaknya. berikut ini adalah ciri-ciri anak yang memiliki kemampuan supranatural

1. Lebih Dewasa

Biasanya anak yang memiliki kemampuan supranatural memiliki pemikiran lebih dewasa daripada umurnya. Bisa jadi cara berpikirnya adalah pembawaan dari kehidupannya di masa lampau.

2. Tanda Lahir Khusus

Anak itu memiliki tanda lahir khusus atau toh. Biasanya berada di bagian dada atau bagian kening.

3. Rasa Percaya Diri yang Tinggi

Anak tersebut memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Ketika anak itu merasa kalau sudah mempunyai kemampuan, kadang-kadang jika disuruh untuk melakukan sesuatu ngeyelan. Biasanya di umur lima tahun atau umur balita. Karena menurut dia apa yang dilakukan itu memang sudah paling benar.

4. Sering Bermain Sendiri

Anak yang suka bermain sendiri itu bisa menjadi tanda anak tersebut mempunyai bakat khusus terutama adalah dalam bidang supranatural .Dia terkadang lebih suka bermain sendiri ketimbang bersama teman-teman sebaya. Anak umur 12 tahun ke bawah akan lebih kelihatan.

5. Pemikir

Karena anak ini sering berpikir sesuatu, anak tersebut sering sakit kepala. Mungkin karena pembawaan yang daya pikirnya terlalu tinggi dibandingkan dengan anak seusianya.

6. Empati

Anak yang memiliki kekuatan supranatural adalah memiliki rasa empati yang tinggi. Anak itu cenderung sangat peka terhadap sesuatu dan mandiri.

7. Bisa Melihat Masa Depan

Terkadang yang dibicarakan oleh anak-anak adalah mengenai hal-hal yang masih bersifat masa depan. Bahkan menurut orang lain itu tidak masuk akal.

8. Pemberontak

Anak tersebut suka memberontak dan suka memaksakan sesuatu. Dia juga tidak suka bila di atur-atur.

9. Memiliki Teman Khayalan

Anak terkadang sering terlihat berbicara sendiri padahal anak itu sedang sendirian. Beberapa anak tersebut mempunyai teman khayalan. Anak itu bisa melihat makhluk gaib yang tidak akan bisa dilihat oleh orang-orang dewasa.

10. Cerdas

Anak yang memiliki kemampuan supranatural terkadang cerdas dengan segala keunikannya. Terkadang dia jago melukis dan menggambar atau bisa juga dalam bidang seni lainnya. Selain bidang seni, dia juga cerdas dalam hitung-hitungan yang sulit diselesaikan pada umurnya.

11. Mudah Bosan

Anak tersebut juga sering merasa bosan ketika melakukan sesuatu. Dan terkadang untuk mengusir rasa bosannya, dia melakukan hal-hal yang aneh.

Kemampuan supranatural boleh kamu percaya atau tidak. Meski begitu, jika memiliki kemampuan ini, sebaiknya digunakan untuk membantu orang lain bukan malah untuk mencelakai orang lain.

Transformasi Supernatural

https://www.gramedia.com/products/transformasi-supernatural?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Nah Grameds itu dia adalah penjelasan lengkap mengenai supranatural. Kita bisa mengendalikan apa kemampuan itu, sehingga hal hal yang lain tidak mengganggu kita. Grameds juga bisa membaca buku-buku mengenai supranatural atau yang lainnya dengan mengunjungi Gramedia.com agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Christin Devina

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien