Agama Islam

Memahami Doa Kesembuhan Untuk Diri Sendiri dan Orang Sakit

Doa Kesembuhan
Written by Ananda

Doa Kesembuhan – Sakit adalah Ujian dari Allah SWT. Manusia tentu tidak selamanya akan hidup sehat. Menjaga pola hidup sehat dengan makan-makanan bergizi ditambah suplemen vitamin adalah bagian dari ikhtiar kita untuk tetap sehat agar dapat melakukan aktivitas sehari-hari.

Namun, bukan berarti dengan begitu kita bisa terhindar dari penyakit. Pada dasarnya, manusia bisa mencegah terserang penyakit dengan hidup sehat serta olahraga yang cukup. Selain itu, tidak lupa pula untuk berdoa kepada Allah SWT. Di dalam agama Islam ada banyak sekali doa yang berkaitan dengan kesehatan, salah satunya adalah doa meminta kesembuhan.

Pada artikel ini, kita akan membahas lebih jauh tentang doa meminta kesembuhan yang bisa dilafalkan ketika sedang sakit. Berikut penjelasan lengkapnya.

Penyakit yang Datang

Terkadang, ada saja orang yang sudah menerapkan pola hidup sehat tetapi masih bisa terkena penyakit. Bahkan, Rasulullah SAW sebagai manusia terbaik di muka bumi ini pernah mengalami sakit. Sakit adalah hal yang wajar dialami seorang manusia.

Terkadang, Allah menguji hamba-Nya dengan sakit sebagai bentuk kasih sayang. Sebagai orang yang beriman, ketika sedang mengalami sakit tentunya kita harus tetap berikhtiar dengan berobat untuk ikhtiar lahir.

Adapun untuk ikhtiar batin, tentunya kita lakukan dengan berdoa memohon kesembuhan kepada Allah agar segera diangkat penyakitnya. Sebagaimana yang pernah Rasulullah SAW lakukan ketika sahabatnya sedang sakit, beliau melafalkan doa-doa untuk kesembuhan sahabatnya tersebut.

Ketika sedang sakit, ada dua hal yang bisa kita usahakan yaitu dengan cara berobat ke dokter serta berdoa kepada Tuhan. Ada kalanya kita berusaha sekuat tenaga untuk melakukan segala cara agar sembuh dari penyakit, tetapi sebagai manusia, terkadang ada beberapa hal di luar kendali kita.

Ketika sudah berikhtiar dengan pergi ke rumah sakit atau minum obat, maka tambahkan doa meminta kesembuhan agar segera sehat. Allah SWT menyukai orang-orang yang berdoa kepada-Nya. Begitu pula ketika kamu, pacarmu, atau orangtua yang sakit maka amalkan doa meminta kesembuhan.

Hal tersebut membuat kita akhirnya hanya bisa pasrah kepada Allah SWT. Ada beberapa doa yang bisa kita panjatkan agar diangkat penyakit yang mengidap diri kita.

Rasa sakit adalah ujian dari Allah SWT. Agama menganjurkan agar membaca doa saat merasakan sakit. Tentunya meminta ampunan dan kesembuhan agar rasa sakit atau penyakit yang kita alami bisa disembuhkan. Bacalah doa minta kesembuhan saat sedang sakit

Dalam sebuah hadits dari Jabir bin Abdullah ia berkata, Rasulullah SAW bersabda bahwa setiap penyakit bisa diatasi asalkan meminta pertolongan kepada Allah SWT. Bunyi sabda Rasulullah SAW sebagai berikut;

“Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya, maka dia akan sembuh dengan seizin Allah Subhanahu wa ta’ala.” (HR. Muslim)

Allah SWT berfirman dalam Surat Al Baqarah ayat 186:

Artinya: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 186)

Kemudian, dalam sebuah hadits dari Jabir bin Abdullah ia berkata, Rasulullah SAW bersabda;

“Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya, maka dia akan sembuh dengan seizin Allah Subhanahu wa ta’ala.” (HR. Muslim)

Doa Minta Kesembuhan

Doa Kesembuhan

unsplash.com

1. Doa Kesembuhan untuk Diri Sendiri

Membaca doa saat sakit juga merupakan ikhtiar agar diberi kesembuhan oleh Allah SWT karena sejatinya hanya Allah yang maha menyembuhkan. Dalam Islam, sakit merupakan qada dan qadarnya Allah SWT. Penyakit juga bisa berarti sebuah ujian bagi seorang hamba.

Meski demikian, bukan berarti kita hanya bisa pasrah di kala sakit, tetapi juga wajib berikhtiar. Selain berobat secara medis, kita juga dianjurkan membaca doa meminta kesembuhan saat sakit agar diringankan penyakitnya.

Bacalah doa kesembuhan untuk diri sendiri agar lekas sembuh. Coba baca doa kesembuhan berikut ini yaitu:

Allahumma rabbannaasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syaafi. Laa syafiya illā anta syifaa an lā yughaadiru saqaman.

Artinya: “Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit ini, sembuhkan lah, hanya Engkau lah yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan selain kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit.”

Selain itu, Rasulullah SAW mengajarkan doa untuk kesembuhan. Bacalah doa ini sambil memegang bagian tertentu yang sakit di tubuh kita:

Bismillāh

Artinya: “Dengan nama Allah.”

A’ūdzu billāhi wa qudratihī min syarri mā ajidu wa uhādziru, (dibaca 7 kali).

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan ku khawatirkan.”

Atau Anda bisa membaca doa dari Surat Al-Anbiya ayat 83 yang berbunyi:

Rabbahu anni massaniyadh-durru wa anta arhamur-rohimin

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang diantara semua yang penyayang.”

2. Doa Meminta Kesembuhan untuk Pasangan atau Pacar yang Sakit

Doanya yaitu:

Allāhummasyfi Sa’dan. Allāhummasyfi Sa’dan. Allāhummasyfi Sa’dan.

Artinya: “Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad. Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad.”

Kata ‘Sa’dan’ dalam doa meminta kesembuhan bisa diganti nama pacarmu yang sedang sakit.

Selain itu, kamu juga bisa melantunkan doa di bawah ini:

Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.

Artinya: “Wahai (sebut nama pacar yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.”

3. Doa Meminta Kesembuhan untuk Orang Tua yang Sakit

Doanya yaitu:

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a Illa syifaauka, syifaan laa yughaadiru saqamaa

Artinya: “Ya Allah, hilangkanlah penyakit dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

4. Doa Rasulullah untuk Keluarganya yang Sakit

Allāhumma rabbana nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri,”

Doa di atas sebagaimana diriwayatkan dalam Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA. (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

5. Doa Meminta Kesembuhan Saat Jenguk Teman yang Sakit

Doanya yaitu:

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yasyfiyaka.

Artinya: “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arsy yang megah agar menyembuhkanmu.”

Yakinlah dengan membaca doa meminta kesembuhan bisa langsung dikabulkan oleh Allah SWT, amin.

6. Doa Rasulullah di Hadapan Orang yang Sakit

Doanya yaitu:

Doa KesembuhanAs’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yasyfiyaka.

Artinya: “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu,”

Abu Dawud dan At-Tirmidzi meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW menganjurkan doa diatas dibaca sebanyak 7 kali di hadapan orang yang sakit. (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 114).

Selain memohon kesembuhan orang yang sedang sakit. Kita juga dapat berdoa untuk memohon ampunan, perlindungan agama dan raga bagi mereka yang sedang sakit.

Doa KesembuhanSyafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.

Artinya, “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia,”

Doa diatas dibaca Rasulullah SAW ketika menjenguk sahabat Salman Al-Farisi RA sebagaimana riwayat Ibnu Sunni. (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115).

7. Doa Nabi Ayub Saat Diuji Sakit Oleh Allah SWT

Terdapat satu riwayat yang diabadikan dalam Al-Qur’an yang mengisahkan tentang Nabi Ayub AS. Nabi Ayub AS diuji oleh Allah SWT menderita penyakit yang tidak bisa sembuh selama bertahun-tahun.

Namun, Nabi Ayub tidak pernah menyerah dan terus memohon kesembuhan dengan selalu memanjatkan bacaan doa supaya diberi kesembuhan.

Doa Nabi Ayub supaya diberi kesembuhan terabadikan dalam Al-Qur’an Surat Al Anbiya ayat 83. Berikut lafal doa diangkat penyakit:

“Robbi inni massani yad durru wa anta arhamar roohimiin.”

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.”

Selanjutnya, ada bacaan doa diangkat penyakit dan diberi kesembuhan lainnya:

“Bismillah, bismillah, bismillah. A’udzu bi izzatillahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadziru. As’alullahal ‘azhima rabbal ‘arsyil ‘adhim an yasyfiyaka.”

Artinya: “Dengan nama Allah, dengan nama Allah, dengan nama Allah, aku lindungi kamu berkat kemuliaan Allah dan qudrah-Nya dari kejahatan barang yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan. Aku memohon kepada Allah Yang Maha Besar, Tuhan Arasy yang maha besar supaya Dia menyembuhkanmu.”

Doa Kesembuhan

Dzikir Penyembuh Penyakit

Doa Kesembuhan

unsplash.com

Ada sejumlah dzikir penyembuh segala penyakit yang penting untuk diketahui dan diamalkan setiap Muslim. Amalan dzikir tertentu bisa menjadi sarana berikhtiar mengharap kesembuhan agar Allah SWT mengangkat suatu penyakit.

Secara harfiah, dzikir artinya menyebut, menuturkan, mengingat, atau mengerti setiap perbuatan baik. Menurut istilah, dzikir adalah ucapan lisan, gerakan raga maupun getaran hati sesuai dengan cara-cara yang diajarkan agama guna mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dzikir bisa diartikan sebagai puji-pujian yang dilakukan seorang mukmin kepada Allah dan dilafalkan secara berulang-ulang. Tak hanya mengucap puji-pujian, zikir juga bisa dilakukan dengan mengucapkan doa-doa atau ayat-ayat Allah.

Dzikir dapat menjadi sarana ikhtiar untuk mengharap kesembuhan untuk diangkat dari penyakit. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa segala penyakit pasti ada penawar atau obatnya. Hal ini mengingatkan bahwa sebagai seorang mukmin hendaknya selalu tabah dan tak berhenti berharap kepada Allah ketika sedang mendapat cobaan berupa penyakit.

Surat-surat di dalam Al Quran tidak diragukan lagi kebenarannya. Ada beberapa yang surat-surat Al-Quran yang diyakini dapat menyembuhkan penyakit.

Mengamalkan Surah Al Mu’awwidzat (Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas)

Dalam agama Islam yang di mana surat Al-Quran menjadi pedoman hidup, maka beberapa suratnya diyakini bisa dibaca untuk memberikan kesembuhan atas penyakit yang sedang diderita. Adapun surat-surat Al-Quran yang dimaksud, yaitu Surat Al Muawwidzat, antara lain Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq, dan surat An-Nas. Ketiga surat tersebut merupakan surat penutup Al-Quran dan memiliki keutamaan serta fadhilah yang agung.

Surat ini dapat dijadikan pelindung dari godaan setan, sihir, bahkan untuk menghindari kejahatan manusia. Melansir dari laman Tafsir Al Quran, dua surah ini bisa dijadikan sebagai penjagaan sekaligus obat. Hal itu diterangkan oleh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir al-Munir.

Pandangan tersebut disandarkan pada hadis dari Aisyah tentang kebiasaan Rasulullah membaca surah al-Ikhlas, surah al-Falaq dan surah an-Nas sebelum tidur.

Doa KesembuhanArtinya: “Dari Aisyah ra bahwasanya nabi Muhammad saw jika pergi ke tempat tidur beliau setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangan beliau, kemudian beliau meniupkan dalam terbukanya dan membaca surah al-Ikhlas, surah al-Falaq dan surah an-Nas. Kemudian dengan kedua telapak tangan tersebut, beliau mengusap tubuh beliau, dimulai dari kepala dan wajah serta anggota tubuh lainnya. Beliau melakukan hal itu sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari).

Zikir Doa Nabi Ayyub AS

Dalam surah Al-Anbiya Ayat 83 menerangkan tentang doa Nabi Ayyub ‘alaihissalam saat mendapat ujian berat ditimpa penyakit bertahun-tahun. Nabi Ayyub AS lalu bermunajat kepada Allah dan diabadikan dalam Al-Qur’an:

Doa KesembuhanArtinya: “Dan (ingatlah kisah) Ayyub, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, ‘(Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang.” (Surah Al-Anbiya: 83)

Doa yang dilafalkan Nabi Ayyub AS sebagai sarana bermunajat memohon kesembuhan kepada Allah adalah sebagai berikut ini.

Doa KesembuhanLatin: Allahumma Inni Massaniyadh-dhurru wa Anta Arhamur Rohimin.

Artinya: “Ya Allah Tuhanku, sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua penyayang.”

Itulah zikir penyembuh segala penyakit yang bisa diamalkan agar mendapat kesembuhan. Berdzikir mengharap kesembuhan hendaknya dilakukan dengan ikhlas semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah agar segera diangkat penyakitnya. Wallahualam bisawab.

Doa Kesembuhan

Penutup

Sudah menjadi semua orang kalau kesehatan merupakan suatu hal yang sangat diinginkan. Oleh sebab itu, ketika sedang sakit umat Islam akan membaca doa kesembuhan agar penyakit bisa hilang, sehingga badan pun menjadi lebih sehat dan mudah beraktivitas. Demikian pembahasan tentang doa kesembuhan, semoga pembahasan yang ada di dalam artikel ini bisa bermanfaat bagi Grameds.

Grameds bisa mendapatkan lebih banyak informasi dengan membaca buku yang tersedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. Kumpulan Doa Sehari-Hari untuk Memudahkan Aktivitas 
  2. Memahami Doa Kedua Orang Tua Beserta dengan Artinya 
  3. 5 Doa Setelah Sholat Dhuha Agar Hidup Lebih Baik 
  4. Daftar Doa untuk Orang yang Meninggal Dunia dan Manfaatnya 
  5. Zikir dan Doa Setelah Salat Lima Waktu 
  6. Kumpulan Buku Dzikir Pagi dan Petang Best Seller 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien