Teori

Teori Bumi Datar : Hoaks dan Pertanyaan Sanggahan

teori hoaks bumi datar
Written by Ricky

Hoaks teori bumi datar – Bumi adalah planet ketiga dari Matahari dan terbesar kelima dari delapan planet di tata surya kita. Bumi juga merupakan planet terbesar dari empat planet di tata surya kita. Bumi terkadang disebut dunia atau planet biru.

Bumi terbentuk sekitar 4,54 miliar tahun yang lalu, dan kehidupan muncul di permukaannya setidaknya 3,5 miliar tahun yang lalu. Biosfer Bumi secara perlahan mengubah atmosfer dan kondisi fisik dasar lainnya, memungkinkan regenerasi organisme hidup dan pembentukan lapisan ozon.

Lapisan ozon menghalangi radiasi matahari yang berbahaya bersama dengan medan magnet Bumi, memungkinkan organisme mikroskopis untuk beregenerasi dengan aman di darat. Sifat fisik, sejarah geologi, dan orbit Bumi memungkinkan kelangsungan kehidupan.

Bumi adalah rumah bagi jutaan makhluk hidup, termasuk manusia. Sumber daya mineral Bumi dan produk biosfer lainnya membantu menyediakan sumber daya untuk mendukung populasi dunia. Wilayah yang dihuni oleh penduduk umi ini terbagi menjadi 200 negara berdaulat yang berinteraksi melalui diplomasi, perjalanan, perdagangan, dan aksi militer.

Dari sekian banyak ilmu pengetahuan yang telah menjelaskan karakteristik Bumi beserta biosfernya. Ada sebagian orang yang menganggap Bumi itu datar. Hal ini bertentangan dengan hal yang selama ini kita pelajari bahwa Bumi berbentuk bulat pepat.

beli sekarangBuku ini sekilas merespons atas buku Flat-Erath Conspiracy karya Eric Dubay (USA) dan video konspirasi Bumi Datar buatan Boss Darling (Indonesia). Buku ini akan menghadirkan penjelasan dari sisi Aqidah, Tafsir< Sains, Sejarah hingga bagaimana cara menghadapi Elit Global.

Oleh karena itu, kali ini Gramedia akan memberikan beberapa teori dan anggapan bagi sebagian orang yang mempercayai bahwa Bumi memiliki bentuk datar. Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja teori hoaks dari Bumi datar, mari simak ulasan berikut.

Teori Hoaks Bumi Datar

Masih ada sebagian orang percaya bahwa Bumi itu datar. Mereka telah menentang hal yang selama ini telah dipelajari, bahkan mereka juga otomatis menentang teori dari ilmuwan terdahulu yang telah meneliti Bumi. Berikut adalah teori-teori hoaks dari Bumi datar.

1. Bumi Tidak Memiliki Gravitasi

Newton dan Einstein akan sangat marah jika mereka tahu bahwa teori mereka telah dibantah oleh para penganut Bumi datar. Bagaimana sebuah benda bisa jatuh ke tanah? Mereka akan mengatakan bahwa itu adalah hal yang wajar, bukan karena gravitasi.

Teori Bumi datar memiliki banyak alasan yang tidak logis untuk pertanyaan ini, seperti gaya elektromagnetik, tekanan atmosfer, dan kepadatan benda yang lebih berat dari sekitarnya. Untuk menyangkal jawaban versi “ilmiah” mereka, terutama untuk alasan terakhir, kita hanya perlu bertanya mengapa kapal dapat mengapung di atas air tanpa meniadakan gravitasi.

Mereka berpendapat bahwa bukti bahwa Bumi itu datar adalah fakta, karena sejauh ini para ilmuwan belum dapat menjelaskan secara lengkap cara kerja gravitasi. Alasan yang “lucu”, seperti menganggap kanker tidak ada karena kalian tidak tahu bagaimana reaksinya.

2. Pendaratan di Bulan Pertama Merupakan Tipuan

“Pendaratan bulan pertama yang dirancang oleh Neill Armstrong adalah teori konspirasi jadul!” Itulah pendapat dari teori Bumi datar. Semua ini dapat ditempa oleh teknologi, seperti yang dilakukan Hollywood dalam film.

Mereka juga menganggap bahwa dengan adanya Photoshop membuat pemalsuan akan lebih mudah. Bahkan, mereka juga merasa bahwa astronaut dibayar oleh pemerintah untuk membohongi para manusia di Bumi. Mungkin menarik bagi astronaut mengajak mereka untuk naik pesawat ruang angkasa.

3. Bumi Datar Tidak Memiliki Tepi

Salah satu hal utama yang diyakini kelompok ini adalah bahwa Bumi itu datar dan tidak bulat. Terlepas dari perkataan kuno Pythagoras, Plato, Aristoteles, dan bukti terbaru bahwa komunikasi modern dibangun di atas Bumi yang bulat, mereka masih mengklaim bahwa Bumi itu datar karena kelihatannya seperti itu.

Sebenarnya sangat mudah untuk membuktikan bahwa Bumi tidak datar tanpa mengandalkan ilmu pengetahuan dan kepercayaan para pemikir Yunani kuno. Lihat bagaimana bayangan Bumi dapat membuat bulan terlihat seperti terbelah.

Fakta lain terlihat dari gambar kapal yang berdiri sejajar dengan matahari di atas ufuk. Hal paling sederhana adalah kalian dapat melihat kelengkungan planet Bumi jika kalian naik pesawat. Mungkin bukti paling nyata adalah fakta bahwa di awal perjalanan kalian bisa lurus ke satu arah dan kembali ke tempat yang sama.

Penganut Bumi datar percaya bahwa orang berjalan dalam lingkaran daripada garis lurus. Mereka juga percaya bahwa hanya ada satu kutub, Kutub Utara. Antartika adalah perbatasan dunia yang tak terbatas.

4. Matahari dan Bulan Berukuran Sama Besar

Mereka percaya bahwa bulan dan matahari memiliki ukuran yang sama. Untuk membuktikan hipotesis mereka, beberapa penduduk Bumi menghabiskan banyak waktu untuk mengatur ulang matahari.

Mengenai siklus waktu yang menyebabkan siang dan malam, mereka percaya bahwa matahari dan bulan adalah “lampu”. Mereka bergantian “memandikan” Bumi dalam terang dan gelap. Gagasan ini tidak menjelaskan bagaimana matahari dan bulan dapat terbit dan terbenam, atau jeda waktu yang terjadi di bagian lain dunia.

5. Satelit Adalah Kepalsuan

Gravitasi tidak ada, pendaratan di bulan palsu, dan bahkan satelit pun tidak nyata. GPS yang biasa digunakan untuk menentukan lokasi kita di peta elektronik juga dikatakan tidak ada. Mereka pikir itu semua palsu.

Jadi apa penjelasan “ilmiah” mereka untuk ini? Pseudo-satelit, atau sratolite adalah istilah merek dagang untuk stasiun pangkalan dan balon udara yang digunakan orang untuk “memalsukan” bahwa Bumi itu bulat.

Klaim mereka tampaknya adalah bahwa Amerika Serikat berhasil menerbangkan balon di atas Korea Utara untuk merekam aktivitas misil dan program nuklirnya.

6. Bumi Bulat Adalah Konspirasi NASA

Penganut Bumi datar percaya bahwa permukaan Bumi itu datar. Mereka mengklaim bahwa Bumi bulat adalah konspirasi Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan lembaga pemerintah lainnya.

Menurut teori Bumi datar yang terkenal mengatakan bahwa Bumi adalah piringan dengan Kutub Utara di tengah dan Kutub Selatan, dinding es setinggi 150 kaki di sekeliling lingkaran. Menurut mereka, personel NASA melindungi dinding es agar orang tidak naik ke piringan dan tidak jatuh.

7. Foto Bumi Bulat Adalah Hasil Edit

Komunitas Bumi datar percaya bahwa foto-foto yang menunjukkan kebulatan Bumi telah diedit. Mereka juga mengatakan bahwa perangkat GPS dirancang untuk mengelabui pilot pesawat agar percaya bahwa mereka terbang dalam garis lurus di sekitar bola, meskipun mereka benar-benar terbang dalam lingkaran di piringan Bumi.

Tidak ada pernyataan resmi tentang motif di balik teori Bumi datar. Tetapi, para pendukung teori Bumi datar percaya itu ada hubungannya dengan keuangan.

“Singkatnya, secara logis jauh lebih murah untuk memalsukan daripada benar-benar memiliki program luar angkasa. Jadi mereka yang mendapat keuntungan konspirasi dari pendanaan yang diterima NASA dan badan antariksa lainnya dari pemerintah,” Pendapat mereka mengenai pemalsuan adanya bumi bulat yang diambil dari halaman FAQ situs web Bumi datar.

8. Matahari dan Bulan Mengelilingi Bumi

Teori Bumi datar menggambarkan siklus siang dan malam yang terjadi dalam setiap hari karena pergerakan matahari dan bulan. Matahari dan bulan adalah bola berukuran 51 kilometer yang bergerak dalam lingkaran 3.000 mil (4.828 km) di atas bidang Bumi. Mereka percaya bahwa ada “antimoon” tak terlihat yang memakan bulan selama gerhana bulan.

Pertanyaan Sanggahan Untuk Para Penganut Bumi Datar

Berikut adalah pertanyaan bagi para penganut Bumi datar. Pertanyaan ini tentu untuk meyakinkan mereka apakah teori yang telah mereka percaya itu sesuai dengan fakta ilmiah yang ada. Berikut adalah pertanyaan sanggahan untuk para penganut Bumi datar.

beli sekarangPerdebatan bentuk Bumi ini dalam tataran praktis ternyata memengaruhi paradigma dalam penentuan arah kiblat umat Islam. Namun, hal tersebut dapat ditengahi melalui suatu kaidah sains sederhana yang di dalam e-book  ini diuraikan melalui teori dialektika.

1. Bagaimana Cara Satelit dan GPS Bekerja Jika Bumi Itu Datar?

GPS atau Global Positioning System adalah peta digital yang berkaitan dengan navigasi, peta digital atau chart dan sistem pelacakan berdasarkan citra satelit. Science Learn mencatat bahwa setidaknya ada empat satelit yang harus mengorbit Bumi untuk membuat peta secara digital.

Cara kerja satelit adalah mengelilingi objek (planet) yang berbentuk lingkaran, bukan datar. Inilah mengapa teori relativitas Einstein berlaku di sini, yaitu bahwa kecepatan satelit harus mampu mengatasi apa yang disebut distorsi ruang dan waktu.

Kecepatan satelit di orbit adalah 14.000 hingga 20.000 km/jam. Kecepatan gerak ini harus terjadi di orbit di sekitar planet berbentuk bulat. Jika bentuknya datar, segitiga atau trapesium, maka gerakan satelit tidak mungkin terjadi pada orbit suatu benda (planet).

Ada para pendukung teori bumi datar yang mengatakan bahwa peta GPS bisa didapatkan dari menara yang ada di bumi. Jika demikian, bagaimana menara menangkap objek waktu nyata di berbagai wilayah di Bumi? Selain itu, tidak ada satu pun menara di Bumi ini yang mencapai langit.

2. Bagaimana Penjelasan Mengenai Gravitasi dan Pembentukan Planet Masa Purba Jika Bumi Berbentuk Datar?

Gravitasi merupakan salah satu kekuatan fundamental alam yang dapat membentuk planet bahkan alam semesta. Situs ilmu fisika menjelaskan bahwa setiap benda memiliki tarikan gravitasi yang berbeda. Namun, gravitasi selalu hadir dalam benda-benda dengan massa. Hal ini dibuktikan dengan hukum gravitasi Newton dan teori relativitas Einstein.

Satu-satunya bentuk gravitasi logis dalam pembentukan planet-planet tua adalah bentuk bulat. Objek dan senyawa di alam semesta berkumpul dan terus berputar karena tarikan gravitasi yang besar, akhirnya menciptakan planet yang bulat.

Penjelasan ini adalah penjelasan ilmiah tentang hubungan antara gravitasi dan pembentukan planet. Lantas bagaimana penjelasan teori bumi datar ini dari sudut pandang gravitasi? Apakah konsep gravitasi berbeda antara bumi datar dan bumi bulat?

3. Bagaimana Penjelasan Perbedaan Waktu dalam Teori Bumi Datar?

Para ilmuwan sering mengandalkan sains untuk memberikan bukti yang valid tentang Bumi yang bulat. Di satu sisi, mereka yang mengaku ahli teori bumi datar tidak pernah memberikan bukti yang sah kepada pihak lain.

Bagaimana teori Bumi Datar menjelaskan sistem kerja dan perbedaan waktu yang dialami oleh Bumi? Bagaimana dengan matahari terbit dan terbenam? Kenapa bisa terjadi siang atau malam? Semuanya tidak bisa dijawab dengan jelas oleh teori bumi datar.

Yang ada sebenarnya adalah kebalikan dari beban pembuktian. Ilmuwan Bumi bulat terus memberikan bukti. Mungkin teori bumi datar yang harus memberikan bukti yang valid untuk menyangkal teori bumi bulat.

Faktanya, teori Bumi datar telah menantang sains beberapa kali, tetapi gagal dengan sendirinya, seperti yang dijelaskan di halaman Live Science. Ujung-ujungnya, teori ini hanya berkutat pada kesimpulan yang menjurus pada pseudosains, bahkan teori konspirasi.

4. Apakah Ada Foto Asli dari Bumi Datar?

Sanggahan ilmiah ini tampak seperti sanggahan tanpa akhir yang tidak akan pernah bisa dijawab oleh teori Bumi datar. Jikabumi memang berbentuk datar maka tunjukkan foto asli yang mengatakan bumi itu datar. Namun sayang hasilnya tidak ada. Untuk mendukung teori ini, tidak ada foto asli yang dapat ditampilkan.

Faktanya, semua foto dan bukti menunjukkan bahwa bumi itu bulat. Tentu saja, dengan asumsi foto itu palsu, teori bumi datar dengan cepat menyangkalnya. Jadi, apakah mereka memiliki gambaran bumi datar yang sebenarnya?

Ada banyak astronaut dan kosmonaut dari berbagai negara di dunia yang telah bekerja di luar angkasa dan membuktikan bahwa Bumi itu bulat. Paling tidak, Flat Earth Society perlu mengirimkan astronaut untuk membuktikan bahwa Bumi itu datar.

5. Sebuah Teori Harus Dapat Diuji

Pernyataan tanpa bukti, penelitian, asumsi dan paradigma hanyalah pernyataan pribadi. Sementara itu, sebuah teori ilmiah harus diuji kebenarannya. Jika teori ini dapat dipatahkan maka teori ilmiah baru akan digunakan sebagai landasan ilmiah terbaru dan paling valid.

Polos dan sederhana, bukan? Tes dan pembuktian ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, sains tidak bisa hanya mengandalkan klaim sepihak tanpa bukti dan pengujian empiris. Teori Bumi datar seperti klaim yang tidak didasarkan pada bukti empiris dan pengujian. Bukti yang lemah dan kurangnya pengujian membuat teori Bumi datar hanya menjadi klaim pribadi tanpa dasar empiris yang jelas.

beli sekarangDalam buku ini, Eric Dubay mengungkap bukti-bukti ilmiah tak terbantahkan bahwa bumi itu datar, bukan bulat. Jika kalian penasaran mengenai pendapat dari Eric Dubay mengenai bentuk bumi, kalian bisa membaca dan melihat apa saja bukti-bukti yang disertakan.

Grameds, demikianlah artikel mengenai bumi datar beserta teori dan pertanyaan sanggahan terhadap penganut teori bumi datar. Tentu orang-orang yang memiliki ilmu pengetahuan yang banyak akan mengatakan bahwa bumi itu berbentuk bulat, karena bukti tersebut sudah sering kita lihat.

Jika kalian ingin mempelajari lebih dalam mengenai bumi dan juga antariksa atau pun ilmu sains lain, kalian bisa membeli buku yang tersedia di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan buku berkualitas yang bisa kalian miliki. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien